in

Review Novel “One of Us is Next” Karya Karen M. McManus

Detail  Buku “One of Us is Next”:

Judul: One of Us is Next

Genre: Young Adult Fiction & Thriller

Penulis: Karen M. McManus

Penerjemah: Angelic ZaiZai

Bahasa: Indonesia

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit: 1 February 2021

Jumlah Halaman: 400 halaman

Berat Buku: 0.25 Kg

Lebar Buku: 13.5 Cm

Panjang Buku: 20 Cm

ISBN: 9786020640501

Harga Buku: Rp 113.000

Novel “One of Us is Next”

Sinopsis Novel “One of Us is Next”

Bayview High lagi-lagi dibuat geger dengan pesan yang dikirim ke ponsel semua murid. Isinya ajakan untuk bermain Jujur atau Tantangan secara bergilir. Jika ajakan itu tidak kauacuhkan, rahasiamu akan terungkap. Ketika terpilih menjadi pemain pertama, hidup Phoebe hancur. Rahasianya yang terungkap membuat semua hal dalam hidupnya jadi kacau balau. Maeve juga dibuat penasaran dengan si pengirim pesan.

Siapa dalang di balik semua ini hingga mengganggu persahabatannya dengan Knox? Tiba-tiba seorang murid tewas. Meski polisi memutuskan kejadian tersebut hanya kecelakaan, tidak demikian bagi Phoebe, Maeve, dan Knox. Pengirim pesan itu harus ditemukan. Atau permainan tersebut akan berujung pada kematian lain.

Novel “One of Us is Next”

Penulis Novel “One of Us is Next”

Karen McManus,

Karen sejak saat masih dibangku sekolah memiliki hobi menulis namun Karen saat itu masih menjadikannya hobi saja, sampai akhirnya ia menikah dan memiliki anak Karen memutuskan untuk memulai membuat novel dan menyelesaikannya dan buku pertama yang menjadi debutnya adalah buku One of Us is Lying yang saat itu mendapatkan reaksi dan tanggapan yang sangat baik sehingga akhirnya buku debut Karen McManus masuk ke dalam deretan New York Times Bestseller. Dimana buku ini juga mendapat rating di angka 4,06 pada situs Goodreads dan situs Amazon mencapai rating 4,5. Buku One of Us is Lying saat ini sudah ada chapter duanya juga dan kabarnya buku ini akan diangkat menjadi tv series.

Novel “One of Us is Next”

Tokoh dalam Novel “One of Us is Next”

-Maeve

-Phoebe

-Knox

-Kakak Knox

-Owen

-Emma

-Cooper

-Eli

-Ashton

-Bethany

-Sean

-Brandon

-Nate

-Addy

-Ibu Addy

-Liz

Dan tokoh-tokoh “One of Us is Next” lainnya

Novel “One of Us is Next”

Review Novel “One of Us is Next”

Semenjak kasus kematian di Bayview High School Simon Keller ditutup pada 18 bulan yang lalu, Addy, Nate, Browny, dan Cooper sudah lulu dari bangku sekolah Bayview High School dan melanjutkan kehidupan mereka masing-masing. Namun Bayview High School tidak seperti dulu sekolah Bayview High School tetap dihantui oleh drama yang terjadi. Berbeda dengan sudut pandang dari buku Karen Mcmanus sebelumnya yang mengisahkan empat tokoh karakter dari buku “One of Us is Lying” yaitu Addy, Nate, Browny dan Cooper, buku “One of Us is Next” akan mengisahkan tiga siswa yang berbeda yaitu Maeve yang merupakan adik dari tokoh Browny, Knox dan Phoebe.

Banyaknya akun gosip yang bermunculan karena kasus Simon beberapa waktu lalu, akun gossip kerap mencoba mengambil keuntungan dari apa yang sudah terjadi namun hal itu sudah gagal. Namun tiba-tiba muncul akun yang memperkenalkan dirinya sebagai akum yang berbeda dari akun gossip lainnya, dimana akun ini memiliki nama “Truth or Dare” akun ini akan mengirimkan pesan permainan kepada seluruh siswa dari Bayview High school. Namun kemunculan aku ini tidak ingin dihiraukan oleh Maeve dan sahabatnya Knox, sampai akhirnya teman mereka yang bekekerja di tempat dinner dan menjadi tempat yang menjadi tempat mereka berkumpul yaitu Phoebe. Menjadi sasaran darin permainan Truth or Dare tersebut, dari sanalah kerumitan dari kisah buku ioni menjadi berlanjut dan ntah bagaimana nama Phoebe dan Knox tercatat dalam permainan itu.

Penulis dari karya “One of Us is Next” Karen Mcmanus ingin memberikan suatu penawaran kerumitan yang lebih kompleks dan diluar dari ketiga karakter utama ini terdapat juga beberapa karakter pendukung lainnya yang memiliki peran yang bisa dikatakan memberi andil besar dalam keutuhan jalan cerita kisah buku ini dan juga pelibatan orang tua, rekan kerja dan masa lalu. Buku  “One of Us is Next” juga mengajak kita pembacanya untuk mengetahui dalang dari permainan Truth or Dare serta memberikan sisi romantis yang disematkan di antara para tokoh karakter buku ini dan melibatkan pemeran dari buku sebelumnya “One of Us is Lying” yaitu tokoh karakter Nate dan brown, Addy dan cooperv yang ternyata kisah mereka masih berlanjut di dalam buku ini

Novel “One of Us is Next”

Kelebihan dan Kekurangan Novel “One of Us is Next”

Kelebihan,

-Pembentukan karakter dan tokoh dalam buku ini, dimana Karen membuatnya unik walau ketika awal terlihat basic seperti pada umumnya tokoh dari teenlit, namun ternyata tokoh-tokohnya memiliki latar belakang yang unik dan menarik.

-Plot twist bagi kalian yang menyukai plot twist dalam cerita buku ini akan sering muncul dan akan memuaskan logika kalian pembacanya.

-Sudut pandang cerita dalam buku ini pada awalnya agak membingungkan dan sedikit canggung karena sering dan banyaknya pergantian sudut pandang dalam cerita namun itu hanya ada di bagian pertengahan cerita menuju akhir cerita, bagi kalian yang kurang menikmatinya bisa sedikit skip bagian tersebut.

-Gaya penulisan dari Karen terbilang unik khas dari kisah misteri yang terbilang keren dan hal tersebut menjadi salah satu point plus dan juga daya tarik.

-kasus dalam cerita ini terbilang sederhana sehingga dapat dicerna dengan baik oleh kita pembacanya, namun pembawaan dari alur ceritanya juga terasa pedas dan panas dan kita pembacanya pasti akan disibukkan dengan dugaan-dugaan siapa dalang dibalik pengirim pesan tersebut.

-selipan kisah romantis ala anak sekolah menengah di antara para karakter juga bisa dinikmati oleh kita pembacanya

Kekurangan,

-alur yang dibawakan oleh Karen walau terbilang unik dan keren, serta penulisan yang baik namun terbilang bertele-tele dan lambar sehingga tidak semua dari kita pembacanya memiliki kesabaran dalam pembawaan plot dalam cerita ini, bisa dibilang tidak terlalu penting dan akan memberikan kesan bosan di awal kisah buku ini

-buku yang ditulis oleh Karen ini juga memunculkan beberapa tokoh karakter yang bisa dibilang banyak namun wasted dan tidak memberikan pengaruh dalam kisah buku ini

-Selipan genre romantis yang ada dalam buku ini cenderung masuk kedalam kategori dewasa, padahal tokoh-tokoh dalam cerita ini masih dalam kategori remaja.

Novel “One of Us is Next”

Nah, itulah review buku karya Karen McManus dengan karyanya yaitu One of Us Is Next Grameds. Seperti yang dapat dilihat dari kelebihan dan juga kekurangan pada buku novel  One of Us Is Next  mengenai kehidupan siswa Bayview High School yang lagi-lagi dibuat geger dengan pesan yang dikirim ke ponsel semua murid. Isinya ajakan untuk bermain Jujur atau Tantangan secara bergilir. Jika ajakan itu tidak kauacuhkan, rahasiamu akan terungkap. Ketika terpilih menjadi pemain pertama, hidup Phoebe hancur. Rahasianya yang terungkap membuat semua hal dalam hidupnya jadi kacau balau. Maeve juga dibuat penasaran dengan si pengirim pesan.

Jika Grameds ingin mencari informasi lebih dalam mengenai buku One of Us Is Next karya Karen McManus ini maupun buku-buku bergenre Young Adult Fiction & Thriller, kalian dapat membaca berbagai buku yang ada di Gramedia yang pastinya mudah dipahami dan kaya akan informasi.

Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu membantu Grameds.

Semoga bermanfaat!

Written by Chelsea