in

Review Buku Sapiens: Mengulas Sejarah Manusia

Genpi.co

Review Buku Sapiens – Sejarah menjadi pelajaran yang sangat unik untuk kita pahami. Dengan belajar sejarah maka akan membuat kita memiliki pemikiran yang terbuka dan adil dalam melakukan suatu perbuatan. Sejarah juga memperluas cakrawala, membantu kita dalam memahami suatu fenomena secara utuh. Ini lah yang akan kita ketahui dari review buku Sapiens berikut.

Buku Sapiens karya Yuval Noah Harari membahas mengenai riwayat singkat umat manusia, yang mana dimulai sejak masa pra sejarah sampai dengan penjelasan prediksi berakhirnya umat manusia. Buku sapiens ini sudah dicetak hingga jutaan eksemplar dan juga diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Sejarah umat manusia mulai dari Homo Erectus, Homo Neanderthal, hingga Homo Sapiens dibahas dengan gamblang.

Yuval Noah Harari juga menceritakan tentang perilaku dan pendekatan historis dalam kajian ilmiah. Setidaknya ada tiga revolusi penting yang turut membentuk jalannya sejarah dunia menurut Yuval, yang pertama adalah Revolusi Kognitif yang dimulai sejak 70.000 tahun yang lalu, Revolusi Agrikultur yang tumbuh sejak 12.000 tahun yang lalu dan Revolusi Saintifik yang tumbuh sejak 500 tahun yang lalu dan besar kemungkinan revolusi ini akan mengakhiri sejarah dan benar-benar memulai sesuatu yang baru.

Review Buku Sapiens

Profil Penulis Buku Sapiens

Dr. Yuval Noah Harari merupakan seorang profesor sejarah yang bisa dibilang bukunya berhasil dan masih banyak dibicarakan hingga detik ini. Yuval Noah Harari lahir pada 24 Februari tahun 1976. Beliau merupakan seorang sejarawan Israel yang juga menjabat sebagai profesor di Departemen Sejarah Universitas Ibrani Yerusalem.

Yuval Noah Harari adalah penulis buku yang berjudul Sapiens: A Brief History of Humankind tahun 2014 dan Homo Deus: A Brief History of Tomorrow tahun 2015. Buku Sapiens berisi tentang sejarah manusia semenjak terjadinya “revolusi kognitif”, sekitar 50.000 tahun yang lalu, yaitu saat Homo sapiens menyingkirkan Neanderthal, menguasai linguistik kognitif, mengembangkan masyarakat yang terstruktur dan menjadi predator puncak. Dan kemudian terjadi revolusi agrikultur dan kini manusia semakin diperkuat oleh revolusi ilmiah.

Sementara itu, buku Homo Deus berkisah tentang prediksi manusia mengenai masa depan yang dilengkapi dengan latar belakang sejarahnya. Buku ini juga masuk ke dalam daftar bacaan orang orang berpengaruh di dunia seperti Bill Gates, Mantan Presiden USA-Barack Obama, Mark Zuckerberg dan Oprah Winfrey. Di Indonesia sendiri, beberapa artis seperti Maudy Ayunda dan Ariel Noah masuk dalam deretan artis yang juga membaca buku Sapiens, Riwayat Singkat Umat Manusia.

Sinopsis Buku Sapiens: A Brief History of Humankind

Pada 100.000 tahun yang lalu, setidaknya terdapat enam spesies manusia penghuni bumi. Dan pada hari ini hanya terdapat satu. Kita, Homo Sapiens.

Bagaimana spesies kita berhasil dalam pertempuran untuk mendominasi? Mengapa nenek moyang kita yang mencari makan berkumpul untuk menciptakan kota dan kerajaan? Bagaimana kita bisa percaya pada dewa, bangsa dan hak asasi manusia; mempercayai uang, buku, dan hukum; dan diperbudak oleh birokrasi, jadwal dan konsumerisme?

Seperti apa dunia kita di milenium yang akan datang?

Dalam Buku Sapiens, Dr Yuval Noah Harari mencakup seluruh sejarah manusia, dan juga manusia pertama yang berjalan di bumi hingga terobosan radikal dan terkadang menghancurkan-Revolusi Kognitif, Pertanian, dan Ilmiah. Menggambar pada wawasan dari biologi, antropologi, paleontologi dan ekonomi, ia mengeksplorasi bagaimana arus sejarah telah membentuk masyarakat manusia kita, hewan dan tumbuhan di sekitar kita, dan bahkan kepribadian kita.

Sudahkah kita menjadi lebih bahagia seiring dengan terbukanya sejarah? Bisakah kita membebaskan perilaku kita dari warisan nenek moyang kita? Dan apa, jika ada, yang dapat kita lakukan untuk mempengaruhi perjalanan abad yang akan datang?

Berani, luas jangkauannya, dan provokatif, Sapiens menantang semua yang kita pikir kita ketahui tentang menjadi manusia: pikiran kita, tindakan kita, kekuatan kita, dan masa depan kita.

Untuk pemahaman lebih lanjut mengenai sapiens, Grameds bisa membaca dan membeli bukunya yang tersedia di gramedia.com.

Review Buku Sapiens

Sinopsis Buku Sapiens: Kelahiran Umat Manusia

Buku Sapiens ini merupakan adaptasi grafis yang menjadi salah satu buku sejarah populer paling berpengaruh di dunia. Bagaimana cara Homo Sapiens berkembang menjadi penguasa planet Bumi, mampu melakukan berbagai hal luar biasa seperti membelah atom, terbang ke Bulan, dan merekayasa genetika kehidupan? Untuk mengetahuinya, kita harus melihat gambaran besar: keseluruhan sejarah spesies manusia.

Ahli sejarah Yuval Noah Harari bercerita mengenai kelahiran dan evolusi umat manusia, menjelajahi bagaimana biologi dan sejarah membentuk kita dan mempertinggi pemahaman kita mengenai apa artinya menjadi “manusia”. Adaptasi grafis ini menyajikan kembali dan memperluas isi edisi asli buku Sapiens, dalam format komik yang menarik, kocak, dan enak disimak.

Untuk pemahaman lebih lanjut mengenai Sapiens, Grameds bisa membaca dan membeli bukunya yang tersedia di gramedia.com.

Review Buku Sapiens

Sinopsis Buku Sapiens Grafis vol. 2: Pilar-pilar Peradaban

Sapiens Grafis Volume 1 membahas kemunculan Homo Sapiens di Bumi dan bagaimana Sapiens berubah dari spesies biasa saja menjadi makhluk hidup dominan di dunia. Volume 2 ini membicarakan bagaimana cara pertanian, sebagai upaya Homo Sapiens menopang populasinya yang semakin membesar, malah memunculkan imperium, hak milik, kesenjangan, serta berbagai penderitaan akibat perang dan penyakit.

Buku Sapiens ini juga membahas peran tulisan, angka, dan fiksi dalam mendukung peradaban yang makin lama makin besar dan rumit. Lagi-lagi ahli sejarah Yuval Noah Harari bercerita mengenai kelahiran dan evolusi umat manusia, menjelajahi bagaimana biologi dan sejarah membentuk kita serta mempertinggi pemahaman kita mengenai apa artinya menjadi “manusia”. Adaptasi grafis ini menyajikan kembali dan memperluas isi edisi asli Sapiens dalam format komik yang menarik, kocak, dan enak disimak.

Untuk pemahaman lebih lanjut mengenai sapiens, Grameds bisa membaca dan membeli bukunya yang tersedia di gramedia.com.

Review Buku Sapiens

Sinopsis Buku Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia

Buku Sapiens: Riwayat Singkat Manusia adalah sebuah buku karya Yuval Noah Harari, yang mulanya diterbitkan dalam bahasa Ibrani di Israel pada tahun 2011. Yang berdasarkan pada serangkaian ceramah yang diajarkan oleh Harari di Universitas Ibrani Yerusalem dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris pada tahun 2014.

Berfokus pada Homo Sapiens, buku tersebut mengisahkan tentang sejarah umat manusia, dimulai dari zaman batu sampai abad ke-21. Selama dua setengah juta tahun lamanya, berbagai spesies manusia yang hidup dan punah di Bumi. Dan sampai pada akhirnya hanya tersisa satu, Homo Sapiens.

Homo sapiens merupakan manusia bijaksana yang sejak ratusan ribu tahun lalu. Namun spesies ini bisa menyebar ke seluruh dunia dan beranak-pinak hingga berjumlah 7 miliar, dan kini menjadi kekuatan alam yang dapat mengubah kondisi planet. Apa penyebabnya?

Sapiens membahas sisi yang tak banyak diungkit buku sejarah atau evolusi manusia lain: bagaimana manusia berangkat dari sekadar satu spesies hewan menjadi makhluk berperadaban, melalui tiga revolusi—Kognitif, Pertanian, dan Sains.

Buku ini membuat kita menelusuri peran bahasa, pertanian, sampai gosip dan fiksi dalam kesuksesan manusia, juga arti kebahagiaan manusia dan ujung riwayat spesies kita.

“Menarik dan provokatif membuat kita sadar bahwa kita baru sebentar hadir di Bumi ini, bahwa pertanian dan sains baru-baru saja ada, dan sebaiknya kita jangan menganggap enteng semua itu.” – Presiden Barack Obama

Agar memiliki pemahaman lebih lanjut mengenai Sapiens, Grameds bisa membaca dan membeli bukunya yang tersedia di gramedia.com.

Review Buku Sapiens

Sinopsis Buku Sapiens A Graphic History: The Birth of Humankind

Pada seratus ribu tahun yang lalu, setidaknya terdapat enam spesies manusia yang berbeda menghuni bumi. Namun, pada hari ini hanya terdapat satu homo sapiens. Apa yang akan terjadi dengan yang lain? Dan apa kemungkinan yang terjadi pada kita? Di Dalam volume pertama adaptasi bergambar penuh warna dari bukunya yang inovatif ini.

Yuval Harari menceritakan kisah penciptaan dan evolusi umat manusia, menjelajahi cara-cara biologi dan sejarah telah mendefinisikan kita dan meningkatkan pemahaman kita tentang apa artinya menjadi “manusia.” Dari memeriksa peran yang dimainkan manusia yang berevolusi dalam ekosistem global hingga memetakan kebangkitan kerajaan, Sapiens menantang kita untuk mempertimbangkan kembali kepercayaan yang diterima, menghubungkan perkembangan masa lalu dengan masalah kontemporer, dan melihat peristiwa tertentu dalam konteks gagasan yang lebih besar.

Buku ini Menampilkan 256 halaman ilustrasi penuh warna dan teks yang mudah dipahami yang mencakup bagian pertama dari edisi asli full-length, adaptasi dari buku yang memperluas pikiran ini melanjutkan percakapan yang sedang berlangsung saat memperkenalkan ide-ide Harari kepada pembaca baru yang luas.

Pahami lebih lanjut mengenai Sapiens, dengan membaca dan membeli bukunya yang tersedia di gramedia.com.

Review Buku Sapiens

Kelebihan Buku Sapiens Karya Yuval Noah Harari

Buku Sapiens karya Yuval Noah Harari disajikan dengan bahasa yang ringan, bahasa yang mudah dipahami, diberikan sentuhan humor dan perandaian yang juga menarik. Buku Sapiens ini ditulis dengan organisasi ide yang rapi dengan pengklasifikasian sejarah sehingga sangat mudah untuk dipahami. Yuval Noah Harari sebagai penulis, juga menjelaskan bahwa terdapat tiga revolusi penting, yang mana ketiganya saling linear membentuk jalannya sejarah peradaban manusia.

Buku Sapiens memiliki implikasi yang besar dalam memberikan sebuah paradigma baru dalam melihat dan juga memahami dunia. Sapiens memberikan wacana yang merangsang dan memikat pikiran para pembacanya, terdapat tiga wacana yang menurut saya begitu berpengaruh di alam pikiran saya yang akan coba saya tulis dan bagikan disini. Homo Sapiens sebagai spesies paling mematikan akan memulai ketiga wacana ini.

Hal menarik lainnya dari buku Sapiens ini, mengutip dari apa yang disampaikan oleh Dr. Yuval Noah Harari dalam buku ini, bahwa kurangnya pengetahuan tentang kehidupan prasejarah telah menciptakan lubang besar dalam pemahaman kita terhadap sejarah manusia. Pemahaman yang bisa menjadi kritik bagi manusia zaman sekarang yang dengan tindakannya dapat mengancam kelangsungan umat manusia lainnya.

Kekurangan Buku Sapiens Karya Yuval Noah Harari

Meski disampaikan dengan bahasa yang menyenangkan, tapi semua buku Sapiens menuntut para pembacanya untuk memiliki sikap dan pikiran yang terbuka, menyeluruh, dan detail. Jika tidak, buku ini seperti membenturkan beberapa pikiran yang bisa membuat proses membaca jadi kurang menyenangkan.

Pesan Moral dalam Buku Sapiens

Hal yang paling pertama akan kita temui adalah fakta bahwa manusia pertama kali berevolusi sekitar 2,5 juta tahun yang lalu di Afrika. Hal ini terbukti dengan ditemukannya alat perkakas terbuat dari batu. Kemudian sekitar 2 juta sampai 10.000 tahun yang lalu, beberapa spesies manusia mengalami evolusi dan mereka hidup menyebar dari benua Afrika ke Eropa dan Asia.

Tantangan perubahan makanan dan iklim yang masing masing spesies hadapi sehingga dapat mengubah DNA, tubuh dan otak. Walaupun semua spesies ini berasal dari satu leluhur. Di awal evolusi, spesies manusia berada di tengah rantai makanan sampai 400.000 tahun yang lalu dan tidak melampaui puncak rantai makanan sampai 100.000 tahun yang lalu.

Berbeda dengan hewan yang bisa berada di puncak secara berkala setelah jutaan tahun, sementara manusia sangat cepat bisa sampai berada di puncak tentu saja ini signifikan. Oleh sebab itu sejarah manusia dibentuk oleh tiga revolusi besar yaitu revolusi kognitif (70.000 tahun yang lalu), revolusi pertanian(10 ribu tahun yang lalu), dan revolusi ilmiah (500 tahun yang lalu).

Kemajuan yang terjadi dalam kehidupan Manusia dalam beberapa revolusi selama masa revolusi kognitif, kondisi psikologis manusia terbentuk dan berevolusi dalam periode ini. Di masa ini homo Sapiens berevolusi dan homo Neanderthalensis menjadi punah. Perubahan lain yang signifikan terjadi adalah sejak revolusi kognitif, manusia hidup dalam dua realita yaitu realita fisik dan realita imajinasi.

Itulah yang memunculkan adanya mitos dan kemampuan berkomunikasi yang menyebabkan mereka dapat membentuk komunitas yang awalnya saling bekerja sama untuk memburu hewan sebagai bahan makanan. Pada perkembangan berikutnya, keterampilan linguistik yang didapat Sapiens dari Revolusi Kognitif sekitar tujuh puluh ribu tahun lalu ini membuat Sapiens memiliki kemampuan untuk berbicara tentang fiksi, berbicara tentang segala jenis entitas yang belum pernah mereka lihat dan sentuh sekalipun.

Kemampuan menciptakan mitos lah yang menjadi penyebab mengapa Sapiens menguasai Dunia. Riset dalam bidang sosiologi juga menunjukkan bahwa maksimum dalam ukuran “alamiah” yang diikat oleh gosip adalah sekitar 150 individu. Sebagian besar anggota tidak mungkin bisa mengenal intim, atau menggosip secara efektif tentang lebih dari 150 anggota. Sapiens mengakali keterbatasan ini dengan mengarang mitos. Mitos memberi Sapiens kemampuan yang belum ada sebelumnya untuk bekerja sama secara fleksibel dalam jumlah yang besar.

Negara Indonesia adalah mitos yang berakar dari mitos kebangsaan bersama masyarakat Indonesia, Pancasila adalah mitos yang diciptakan Soekarno untuk menciptakan keteraturan sosial rakyat Indonesia sehingga mereka bisa bekerjasama dengan baik, Rupiah adalah mitos yang dibuat sebagai medium untuk tujuan pertukaran barang dan jasa. Ketiganya tidak memiliki prinsip validitas objektif, ketiganya hanya eksis di dalam imajinasi kolektif kita.

Mereka juga mengembangkan kemampuan untuk menciptakan alat perburuan yang lebih efektif dan sistem tukar barang. Homo Sapiens menjelajah mengarungi samudera dan kemudian sampai di daratan Australia dan Amerika. Selain itu mereka juga mulai mendomestikasi yang digunakan untuk teman berburu.

Demikian review buku Sapiens dan jika berbicara mengenai sejarah Sapiens maka tidak ada habisnya untuk kita menguliknya lebih dalam. Grameds bisa membaca dan dapatkan buku Sapiens juga buku-buku serupa lainnya yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Written by Ananda