in

Rekomendasi Buku UMKM, Kembangkan UMKM

Rekomendasi Buku UMKM – Usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM adalah salah satu praktik usaha yang cukup populer di kalangan masyarakat. Jumlah pegiat UMKM yang cukup banyak menjadikan sektor bisnis ini sebagai salah satu roda penggerak perekonomian negara.

UMKM merupakan kegiatan usaha ataupun bisnis yang dilakukan oleh individu atau perorangan, rumah tangga, ataupun badan usaha kecil. Penggolongannya berdasarkan jumlah omzet yang diperoleh per tahunnya, besar kekayaan ataupun aset yang dimiliki, dan jumlah karyawan yang dipekerjakan.

Tidak semua usaha dapat dikategorikan sebagai UMKM, ada juga beberapa usaha yang digolongkan sebagai jenis usaha besar. Karena besar kekayaan bersih atau omzet yang diperoleh per tahunnya lebih besar dibandingkan dengan usaha menengah.

Usaha besar tersebut meliputi usaha patungan, nasional milik negara ataupun swasta, dan juga usaha asing yang beroperasi di Indonesia. Pengertian atau definisi dan juga aturan lengkap mengenai UMKM sudah dirumuskan di dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 mengenai usaha, mikro, kecil, dan menengah.

Apa Itu Usaha Mikro?

Menurut UU Nomor 20 Tahun 2008, menjelaskan bahwa usaha mikro merupakan sebuah usaha produktif milik perorangan atau badan usaha perorangan yang sudah memenuhi kriteria usaha mikro sebagaimana yang telah diatur di dalam undang-undang.

Maksimal omzet dari usaha mikro ini yaitu sejumlah Rp. 300 juta dengan besaran aset yaitu Rp. 50 juta, diluar tanah dan bangunan. Dari pengelolaan keuangannya, tidak sedikit usaha mikro yang menggabungkan keuangan usaha dan keuangan pribadi pemiliknya. Itu artinya, usaha mikro belum menerapkan sistem yang profesional. Contoh dari usaha mikro antara lain, warung kopi, pedagang di pasar, pedagang asongan, pangkas rambut, dan lain sebagainya.

Pengertian Usaha Kecil

Usaha kecil merupakan usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri dan dilakukan oleh perorangan ataupun badan usaha yang bukan merupakan anak dari perusahaan atau cabang perusahaan yang dikuasai, dimiliki, dan menjadi bagian, baik itu langsung ataupun tidak langsung dari usaha menengah yang memenuhi kriteria usaha kecil sebagaimana diatur di dalam undang-undang.

Umumnya, jumlah kekayaan bersih usaha kecil yaitu berkisar antara Rp. 50 juta hingga Rp. 500 juta dengan total penjualan per tahun antara Rp. 300 juta hingga Rp. 2,5 miliar. Adapun perbedaan antara usaha mikro dan kecil dapat kita lihat dari pengelolaan keuangannya. Dimana di dalam usaha kecil, pengelolaan keuangan dilakukan dengan cara yang lebih terorganisir dan profesional. Untuk contoh dari usaha kecil antara lain, restoran kecil, katering, bengkel motor, dan lain sebagainya.

Definisi Usaha Menengah

Usaha menengah merupakan usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri dan dilakukan oleh perorangan ataupun badan usaha yang bukan termasuk anak perusahaan ataupun cabang perusahaan yang dikuasai, dimiliki, dan menjadi bagian dari usaha kecil atau besar dengan besaran kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana yang telah diatur di dalam undang-undang.

Adapun kriteria usaha menengah ini yaitu mempunyai kekayaan bersih lebih dari Rp 500 juga hingga yang paling besar adalah Rp. 10 miliar, tidak termasuk tanah dan bangunan. Tak hanya itu saja, usaha menengah juga mempunyai hasil penjualan tahunan lebih dari Rp. 2,5 miliar hingga yang paling besar adalah Rp. 50 miliar.

Untuk ciri-ciri usaha menengah dapat kita lihat dari pengelolaan keuangan yang lebih profesional dan juga sudah mempunyai legalitas. Untuk contoh usaha menengah antara lain, restoran besar, perusahaan pembuatan roti, toko bangunan, dan lain sebagainya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Rekomendasi Buku UMKM atau Kewirausahaan

Dalam menunjang persiapan membangun usaha ataupun bisnis, tentu kita memerlukan panduan yang lengkap agar proses yang akan dijalani dapat kita pelajari terlebih dahulu. Nah, bagi Anda yang sedang mencari buku UMKM ataupun kewirausahaan guna meningkatkan semangat mewujudkan mimpi menjadi seorang entrepreneur, kali ini kita akan bahas di artikel ini, yakni rekomendasi buku UMKM yang bisa Anda baca di rumah untuk meningkatkan skill kewirausahaan.

Sekarang ini, sedang populer anak-anak muda yang mulai membangun bisnis kecil-kecilan. Bahkan tidak tanggung-tanggung, ada yang masih duduk dibangku SMA tapi sudah banyak mencoba melakukan wirausaha.

Hal tersebut bisa kita lihat dari banyaknya pemilik usaha yang merambah ke banyak bidang. Mulai dari menjual hasil kerajinan dan juga masakan, menjadi reseller, menjadi dropshipper, dan lain sebagainya. Kemudian didukung dengan adanya kemudahan teknologi yang berkembang dengan sangat pesat.

Tentunya, bisa digunakan untuk ajang promosi bisnis gratis tanpa perlu membayar mahal agensi iklan. Semua itu dapat dilakukan dengan mudah pastinya, karena adanya teknologi informasi yang sangat mudah diakses semua kalangan.

Seperti yang kita tahu bahwa menjalankan usaha atau menjadi seorang entrepreneur tidak bisa instan. Harus ada usaha yang kita lakukan, salah satunya adalah membaca buku UMKM ataupun kewirausahaan. Setidaknya, kita bisa memperoleh banyak tips dan juga trik yang dapat meningkatkan hasil penjualan kita.

Umumnya, rekomendasi buku kewirausahaan membahas tentang bagaimana tips dan trik dalam membangun sebuah usaha dari awal. Kenapa kita harus membaca buku tersebut? Karena sebagai perintis usaha yang masih mencoba menjalankan sebuah bisnis, pastinya kita perlu ilmu agar tidak salah dalam menentukan strategi. Menjadi seorang pengusaha mudah tidak selalu sekadar belajar praktis saja. Tapi kita kita butuh belajar teori jika ingin menjadi pengusaha sukses.

Untuk Anda yang masih bingun mencari buku yang membahas mengenai persiapan membangun UMKM, berikut ini adalah beberapa rekomendasi buku UMKM yang dapat Anda baca di rumah. Yuk simak informasi lengkapnya:

UMKM 4.0 : Strategi UMKM Memasuki Era Digital

Rekomendasi Buku UMKM

Buku ini memberikan wawasan dan gambaran untuk calon UMKM tentang era revolusi digital 4.0. Dengan membaca buku ini pelaku UMKM akan mendapatkan wawasan dan panduan, antara lain:

  • UMKM dapat mengetahui gambaran era revolusi industri0 seperti kemajuan dalam teknologi.
  • UMKM dapat mengetahui tentang karakter konsumen, selain itu dapat mengetahui solusi dari persaingan usaha yang ketat di era 4.0.
  • UMKM dapat mengetahui cara pengelolaan dan perhitungan keuangan usaha agar dapat berkembang ke skala yang lebih tinggi dengan dasar pondasi keuangan yang kuat dan efisiensi.

Perluasan Akses Keuangan UMKM Berbasis Tekfin di Indonesia

Rekomendasi Buku UMKM

Buku ini mengupas tuntas tentang pertumbuhan teknologi dan digital yang pesat menjadi salah satu faktor semakin berkembangnya perusahaan keuangan berbasis teknologi di Indonesia. Keberadaan teknologi finansial (tekfin) sebagai terobosan inovasi layanan keuangan yang berbasis digital serta memperluas akses layanan keuangan masyarakat, tak terkecuali bagi UMKM.

Selain itu, buku ini juga mengupas langkah-langkah dalam mengkaji potensi keberadaan Tekfin dalam memperluas keuangan bagi UMKM. Tidak hanya itu, buku ini juga mencoba memaparkan bagaimana implementasi Tekfin di lapangan serta kendala maupun tantangan yang dihadapi.

 

UMKM Adalah Kunci : Membangkitkan Sektor UMKM untuk Kemajuan Ekonomi Indonesia

Rekomendasi Buku UMKM

Buku ini mengeksplorasi berbagai aspek penting terkait UMKM Indonesia mencakup kontribusi terhadap perekonomian, tantangan, digitalisasi dan isu-isu relevan terkait UU Cipta Kerja.

Deskripsi mengenai peran UMKM dalam perekonomian Indonesia menggambarkan bahwa tugas pengembangan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian adalah suatu kebutuhan. Lebih dari 60 juta UMKM di seluruh Indonesia dapat menjadi peluang kerja bagi jutaan penduduk, peluang peningkatan pendapatan bagi masyarakat dan menjadi motor pertumbuhan ekonomi nasional.

Penulis secara gamblang memaparkan kedudukan sektor UMKM dalam perekonomian nasional dan mengidentifikasi berbagai opsi kebijakan yang dapat dilakukan Pemerintah untuk pengembangan sektor ini.

Sebagai pimpinan OJK, arti penting UMKM dalam perekonomian nasional dan masyarakat Indonesia. Gagasan dan ide Pak Amir Uskara dalam buku ini sejalan dengan semangat dan kebijakan OJK untuk mendukung pengembangan UMKM.

 

Digitalisasi UMKM Topang Pemulihan Ekonomi – Litbang Kompas

Rekomendasi Buku UMKM

Pandemi Covid-19 membuat masyarakat untuk diminta membatasi mobilitas dan diharuskan untuk bekerja dari rumah. Keadaan ini membuat usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM anjlok secara tiba-tiba. Namun, sebagian pengusaha berusaha untuk bertahan dengan memanfaatkan teknologi digital.

Strategi Bisnis dan Manajemen Risiko dalam Pengembangan UMKM di Indonesia

Buku ini membahas berbagai kendala dan permasalahan UMKM di Indonesia. Masih minimnya UMKM yang mampu bersaing di pasar global memang masih menjadi permasalahan utama. Meskipun demikian, kita perlu memandang hal tersebut sebagai sebuah tantangan besar yang harus segera diselesaikan. Terlebih saat ini kita sedang memasuki masa revolusi industri 4.0.

Fenomena dunia tanpa batas yang sedang terjadi sudah seharusnya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pelaku UMKM di Indonesia dan bukan menjadi suatu hambatan. Buku ini dapat menjadi referensi yang sangat membantu, khususnya bagi para pelaku UMKM atau penggiat wirausaha nasional untuk dapat segera mendorong terciptanya UMKM 4.0 di Indonesia yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar global.

Perkembangan Investasi dan Ekspor Produk UMKM dalam Era Ekonomi Digital

Buku perkembangan investasi dan ekspor produk UMKM dalam era ekonomi digital ditujukan untuk memberikan catatan-catatan menyangkut informasi pengetahuan, isu dan gagasan yang perlu mendapatkan perhatian khususnya dalam pengembangan investasi dan ekspor kini dan ke depan.

Dalam membedah potensi dan perkembangan investasi dan perdagangan diungkapkan juga bagaimana perkembangan dan pemanfaatan teknologi atau ekonomi digital memberikan pengaruh terhadap usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan industri kreatif kerajinan.

Secara lebih spesifik yang diungkapkan dan dianalisis dalam buku ini terkait lima topik. Pertama, membahas investasi dan sistem pengelolaan investasi pemerintah. Kedua, terkait perkembangan, kendala dan upaya mengembangkan investasi pada sektor padat karya.

Ketiga, mendiskusikan perkembangan investasi syariah dan manfaatnya bagi masyarakat. Keempat, mengungkapkan perkembangan dan potensi fintech dan perannya pada UMKM. Kelima, mengupas tentang bagaimana pemanfaatan e-commerce dalam mendorong ekspor produk kerajinan.

 

Pengembangan UMKM Kebijakan, Strategi, Digital Marketing dan Model Bisnis UMKM

Buku ini membahas pengembangan UMKM (usaha kecil, mikro, dan menengah) dengan topi utama yaitu kebijakan UMKM, strategi pengembangan, digital marketing, dan model bisnis UMKM.

Itulah beberapa rekomendasi buku UMKM yang bisa bikin perasaan kita tenang, Grameds. Apalagi di masa pandemi seperti ini memang tidak mudah untuk membuat diri ini tenang. Akan tetapi, setidaknya kita harus berusaha. Jika ada waktu senggang ada baiknya Grameds membaca buku-buku UMKM di atas agar bisa membantu mengurangi kecemasan kamu.

Strategi & Kebijakan Pengembangan UMKM

“Strategi dan Kebijakan Pengembangan UMKM (Upaya Meningkatkan Daya Saing UMKM Nasional di Era MEA)” yang ditulis oleh Saudara Rio F. Wilantara,SH.,M.A yang dibimbing langsung oleh Prof. Dr. Rully Indrawan, M.Si. Buku ini memberikan informasi tambahan tentang besarnya kontribusi UMKM dalam pembangunan ekonomi nasional. Buku ini juga menjelaskan tentang bagaimana besarnya tantangan yang dihadapi untuk membangun, memberdayakan, dan memberikan penguatan terhadap keberlangsungan UMKM.”

Kewirausahaan Di Era Revolusi Industri 4.0

Buku Kewirausahaan ini bermanfaat banget untuk mahasiswa yang sedang mempelajari kewirausahaan, atau generasi millenial yg ingin merintis bisnis serta dosen karena tersedia Power Point untuk membantu dalam proses belajar mengajar. Terdiri dari 11 buku ini punya tema “And Entrepreneurship for All”. Mulai kewirausahaan zaman baheula hingga revolusi industri 4.0 dibahas tuntas di buku ini. Mulai pengusaha millenial hingga womenpreneur dikupas habis di buku ini. Mulai peranan FinTech hingga business model canvas dalam bisnis dikuliti rapi di buku ini.

Penulis buku yang multi profesi, mulai dosen, penulis, trainer, hingga pengusaha, mampu menyajikan konsep dan langkah aplikatif untuk memulai dan mengembangkan bisnis dengan cara sederhana dan menyenangkan. Buku ini tak hanya layak dibaca oleh kalangan akademisi, namun juga praktisi yang paham bahwa berbisnis di era revolusi industri butuh manual book yang tepat. Dan inilah manual book yang tepat.

Buku Kewirausahaan dan Manajemen Strategi UKM Pedesaan

Untuk Anda yang mempunyai tujuan mulia yaitu ingin memberdayakan masyarakat desa yang masih belum diberdayakan. Maka dari itu, Anda dapat belajar dari buku yang berjudul Kewirausahaan dan Manajemen Strategis UKM Pedesaan karya Ika Sari Dewi dan Sihombing. Jadi, buku yang satu ini akan mengajak Anda untuk memberdayakan masyarakat yang ada di pedesaan melalui UKM pedesaan. Pastinya, melalui banyak aktivitas yang menghasilkan.

Buku dengan tebal 181 halaman ini juga membahas mengenai pemasaran. Seperti yang kita tahu bahwa selama ini pemasaran adalah kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh seorang wirausaha. Baik itu wirausaha yang dilakukan dibidang jasa ataupun barang. Adapun hal yang menarik dari buku yang satu ini adalah kita akan belajar mengenai bagaimana cara dalam melakukan analisis pasar, cara memulai usaha untuk masyarakat pedesaan, dan lain sebagainya.

Sehingga masyarakat desa akan lebih terberdayakan dan menjadi masyarakat yang lebih potensial serta dapat menghasilkan pemasukan. Ternyata, ada beberapa rahasia mengenai bagaimana memperoleh uang dalam melakukan wirausaha. Salah satunya yaitu dengan membuat strategi pemasaran, melakukan manajemen keuangan secara lebih disiplin dan jangan lupa untuk melakukan studi kasus.

Buku Kewirausahaan Pendidikan

Jika di atas kita sudah membahas mengenai buku kewirausahaan UMKM, kali ini kita akan membahas mengenai buku kewirausahaan pendidikan. Salah satunya yaitu buku Kewirausahaan Pendidikan ini. Buku ini memang sedikit berbeda dengan , karena lebih menekankan pada pembangunan bangsa sebagai lulusan pencipta, bukannya sebagai konsumen. Seperti yang kita tahu selama ini, bahwa sebagian besar masyarakat masih berorientasi untuk mencari pekerjaan dan menjadi seorang pegawai. Kita justru melupakan hal terpenting yaitu menciptakan lapangan kerja.

Bayangkan jika sebagian besar orang lebih tertarik untuk menjadi seorang wirausaha dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Dengan begitu, angka pengangguran di Indonesia akan berkurang dan tidak sebanyak sekarang. Sementara itu, inilah yang menjadi sebuah tantangan tersendiri yang harus kita hadapi sekarang. Oleh karena itu, dibutuhkan nyali yang besar. Ada upaya untuk mengurangi hal tersebut. Di dalam buku ini, kita akan diajarkan tentang bagaimana cara menciptakan kreativitas dan juga inovasi. Lalu, ditambah dengan bekal sikap kewirausahaan yang matang. Supaya tidak gagap saat berada di lapangan untuk menjalankan usaha.

UMKM Dalam Era Transformasi Digital

Perubahan teknologi yang saat ini mencapai fase Revolusi Industri ke-4 berdampak pada semua aspek kehidupan manusia dan menetukan perkembangan ekonomi secara global. Kemunculan teknologi intelijen buatan, bukan hanya berdampak pada terciptanya mesin-mesin baru melainkan perubahan cara-cara produksi secara menyeluruh hingga hubungan industrial dalam ketenagaerjaan yang baru.

Begitu juga dengan kebutuhan tenaga kerja kemudian menjadi lebih kompleks, bukan hanya mampu mengerjakan satu atau dua jenis keterampilan khusus, tetapi kemampuan untuk beradaptasi dan menyelesaikan suatu masalah yang komplek menjadi kebutuhan yang harus dimiliki oleh tenaga kerja.

Di tengah perbincangan mengenai disruption, terutaa yang mengguncang teknologi industry manufaktur di Indonesia, muncul optimisme tentang peluang ekonomi baru yang tumbuh dari UMKM. Hal ini seperti dua kutub yang saling menjauh, di satu sisi industry manufaktur mengalami guncangan hebat karena kecenderungan robotisasi dan digitalisasi yang menyebabkan PHK buruh pabrik secara bertahap, maka di sisi lain UMKM justru seperti menggeliat karena era digital menciptakan rantai pasar baru dan meningkatkan produksi dan tenaga kerja serta terciptanya lapangan usaha baru.

Manajemen Kewirausahaan Furnitur

Apakah Anda memiliki keterampilan di bidang funitur? Apabila iya, alangkah lebih baik jangan diabaikan begitu saja. Sebab, keterampilan ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha. Anda dapat membuat berbagai macam funitur yang unik dan menarik, kemudian menjualnya. Pastinya, dari sini Anda sudah bisa memperoleh uang dari menjual furnitur karya Anda sendiri. Nah, ada satu judul buku kewirausahaan yang bisa Anda baca. Buku tersebut berjudul manajemen kewirausahaan furnitur, karya Nathanael Sitanggang dan Putri Lynna A. Luthan.

Buku yang satu ini membahas mengenai berbagai macam cara dalam memulai bisnis furnitur. Adapun hal yang perlu Anda perhatikan yaitu melakukan bisnis furnitur dan makanan tentu akan sangat berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari strateginya melalui buku ini. Misalnya saja di bab dua, Anda akan belajar mengenai proses furnitur dan kayu. Hal ini tentu akan menambah pengetahuan Anda. Untuk hal yang paling penting ketika melakukan usaha bisnis furnitur yaitu berkaitan dengan pembelian bahan baki dan juga keawetan kayunya. Nah, di dalam bab ini juga akan membahas mengenai tips dan caranya. Perlu Anda pahami juga, pembelian kayu untuk furnitur juga berbeda, tidak sama seperti saat kita membeli bangunan untuk rumah atau yang lainnya.

Buku Manajemen Usaha Kecil dan Kewirausahaan

Buku kewirausahaan ini wajib Anda miliki, terlebih untuk Anda yang sedang menjalankan usaha kecil UMKM. Yakni buku dengan judul Manajemen Usaha Kecil dan Kewirausahaan karya Dyanasari dan Asnah. Buku yang satu ini akan mengajak Anda untuk mengetahui bagaimana cara melihat demografi kewirausahaan. Mungkin saja Anda belum tahu bagaimana cara melihat demografi itu seperti apa? Anda bisa mempelajarinya melalui buku ini.

Adapun hal yang paling penting dan dapat mempengaruhi hasil produk usaha kecil Anda yaitu kemampuan dalam mengamati perubahan dan juga fleksibel dengan adanya perubahan zaman. Setidaknya, di dalam buku ini bisa mendorong Anda supaya terus melakukan inovasi agar tidak ketinggalan zaman. Tentunya, konsumen akan menyukai sesuatu yang baru, bukan sesuatu yang bersifat jadul atau ketinggalan zaman. Untuk itu, buku ini akan memberitahu Anda bagaimana cara atur strateginya.

Khususnya untuk Anda yang memiliki bisnis waralaba, buku ini sangat cocok untuk dibaca. Kenapa? Karena di buku ini akan dibahas mengenai bagaimana cara membangun merk dan bagaimana cara melakukan promosi atau pemasaran yang tepat dan juga efektif.

Buku Kewirausahaan Industri

Ternyata ada banyak sekali buku kewirausahaan seperti yang sudah kita bahas di atas. Kali ini, kita akan mengulas buku kewirausahaan industri karya Edy Dwi Kurniati. Terdapat beberapa hal yang akan dipelajari di buku ini. Salah salah satunya yaitu dengan mempelajari buku pendidikan, cara mengembangkan kewirausahaan di bidang industri, cara mengenali karakteristik, dan lain sebagainya.

Jika menyinggung mengenai istilah kewirausahaan industri, sebenarnya untuk jangkauannya adalah wirausaha tingkat mikro, makro, dan meso. Dari ketiganya, tentu Anda sudah sering mendengar bukan? Atau mungkin saja, Anda adalah salah satu orang pemilik usaha yang termasuk dalam jangkauan ketiganya. Apakah Anda tahu bahwa setiap tingkatnya membutuhkan studi? Misalnya saja untuk studi mikro yang mempunyai fokus tanggung jawab untuk memberikan motivasi pada calon ataupun pelaku wirausaha yang masih merintis.

Lalu, bagaimana dengan studi kewirausahaan tingkat meso? Tentunya studi tersebut lebih menekan pada perspektif perusahaan. Setidaknya ada beberapa perspektif umum yang meliputi keuangan, akses pasar, teknologi, manajerial, dan networking. Sementara perspektif makro lebih berfokus pada bagaimana cara mengembangkan pasar kewirausahaan seperti melihat adanya peluang, keuntungan, kesempatan, dan juga melihat sektor industrinya sendiri.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

 

Written by Lely Azizah