in

Prospek Investasi Emas, Apakah Bagus?

Prospek Investasi Emas – Investasi emas memang bukan hal baru bagi masyarakat yang telah memahami prospek atau peluang keuntungan dari investasi tersebut. Nilai dari logam mulia emas diperkirakan naik pada setiap tahunnya.

Investasi menggunakan logam mulia emas ini dinilai praktis dan mudah dilakukan oleh siapa pun yang mempunyai modalnya. Terutama bagi mereka yang telah memikirkan kebutuhan dalam jangka panjang, misalnya pendidikan anak atau membeli rumah, tentu saja bisa didapatkan dari investasi emas ini.

Hal tersebut karena logam mulia emas mampu memberikan keuntungan yang menjanjikan dalam jangka beberapa tahun saja, selain mudah dicairkan, logam mulia emas juga memiliki harga yang cenderung naik pada tiap tahunnya. Apabila nilai dari logam mulia emas tersebut turun, digit penurunan tersebut tidak terlalu signifikan.

Lalu, pada tahun 2022 ini, bagaimana ya prospek atau peluang keuntungan dari investasi emas ini? Bagaimana pula tips yang dapat dilakukan oleh para investor?

Yuk simak uraian berikut!

[algolia_carousel]

Mengapa Memilih Investasi Emas?

Dilansir dari https://www.pegadaian.co.id/ investasi emas memiliki beberapa keuntungan bagi investornya, yakni sebagai berikut,

  1. Harga jual dan buyback yang kompetitif. Harga buyback emas adalah harga beli di tempat dimana kamu menjual kembali emas kepada mereka.
  2. Tersedia di seluruh outlet Pegadaian. Bahkan juga bisa dilakukan melalui Pegadaian Digital Service, Agen Pegadaian, hingga Marketplace.
  3. Nasabah atau investor dapat melakukan buyback mulai dari 1 gram.
  4. Biaya administrasi dan pengelolaannya ringan.
  5. Nasabah atau investor dapat melakukan pembelian Tabungan Emas atau top-up mulai dari 0,01 gram.
  6. Jika kamu melakukan investasi emas di Pegadaian, emas dijamin karatase 24 karat.
  7. Nasabah atau investor dapat melakukan transfer ke rekening Tabungan Emas mulai dari 0,1 gram.
  8. Pengelolaannya secara profesional dan transparan.
  9. Emas memiliki bentuk fisik sehingga dapat dibawa pulang atau disimpan di dalam rumah.

Peluang Keuntungan Investasi Emas

Memang pada tahun 2021 lalu, harga emas malah mengalami penurunan, tetapi pada tahun 2022 ini, para investor emas yakin dan optimis bahwa harga emas akan kembali melesat tinggi.

Apakah Grameds mengetahui PT Aneka Tambang (Antam)? PT Aneka Tambang ini merupakan perusahaan BUMN yang memproduksi emas. Nah, pada tahun 2022 ini, harga emas batangan yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang ini mengalami kenaikan yang cukup tajam, lho…

Hal tersebut dijelaskan dalam situs resmi PT Aneka Tambang bahwa pada awal tahun 2022 ini, harga emas batangan dengan ukuran 1 gram naik menjadi Rp945.000. Dibandingkan pada akhir tahun 2021, harga emas batangan tersebut naik sekitar Rp7.000 atau 0,75 persen, karena sebelumnya adalah seharga Rp938.000 per gram.

Melihat hal tersebut, pada tahun 2022 ini diperkirakan investasi emas akan memiliki prospek yang menguntungkan terhadap investornya. Pasalnya, harga emas itu akan terus-menerus meningkat, bahkan terdapat kemungkinan adanya peningkatan yang tinggi ketika terjadi inflasi di suatu negara.

tombol beli buku

Tips Mendapatkan Harga Emas Terbaik

1. Cek Harga Emas Terlebih Dahulu

Untuk melakukan pengecekan harga emas ini dapat dilakukan di situs-situs resmi, misalnya Butik Emas Antam, Pegadaian, marketplace, atau toko emas di sekitarmu yang terpercaya. Kamu harus cermat dalam mendapatkan informasi mengenai harga emas baik itu per gram, setengah gram, lima gram, hingga seratus gram.

Setelah kamu mendapatkan informasi mengenai harga emas, coba bandingkan dengan informasi di berita ekonomi terkini yang membahas mengenai emas. Hal tersebut karena harga emas dalam negeri akan selalu dipengaruhi oleh harga emas dunia.

2. Pilih Cara Investasi Emas

Terdapat beberapa cara untuk menginvestasikan emas, yakni dengan membeli langsung di Butik Emas Antam, di toko emas yang terpercaya, di marketplace, atau bahkan membuka tabungan emas di Pegadaian.

3. Pilih Cara Penyimpanan Investasi Emas

Terdapat beberapa cara untuk menyimpan investasi emas ini, misalnya disimpan di dalam rumah. Apabila hendak disimpan di dalam rumah, kamu harus memiliki brankas atau safety box supaya aman.

Selain itu, kamu juga dapat menyimpannya di Pegadaian dan memanfaatkan layanan Brankas LM dari Antam dan Safe Deposit Box di bank.

4. Pilih Waktu Untuk Mencairkan Emas

Minimal menyimpan investasi emas adalah sekitar lima tahun. Jika kamu menginginkan hasil yang lebih menguntungkan, kamu dapat menyimpannya untuk waktu yang lebih lama lagi. Namun, jangan lupa untuk selalu mengecek harga emas dalam negeri dan harga emas dunia, ya….

Tips Investasi Emas yang Aman dan Menguntungkan

1. Membeli Perhiasan Emas

Pada zaman dahulu, beberapa orang memang sudah melakukan investasi dengan menyimpan perhiasan emas guna kebutuhan jangka panjang dan menjualnya kembali ketika harga emas tengah tinggi. Nah, cara tersebut tentu saja dapat kamu lakukan pada era sekarang ini lho…

Perhiasan emas yang dinilai dapat memberikan keuntungan adalah yang berupa perhiasan emas tanpa hiasan, misalnya batu permata. Hal tersebut karena emas yang dihias dengan batu permata, umumnya harganya akan jatuh karena yang dihitung adalah logam emasnya saja. Selain itu, kemurnian emasnya harus mencapai 23 atau 24 karat ya…

Setelah membeli perhiasan emas, jangan lupa untuk meminta surat keterangan mengenai informasi detail dari perhiasan emas tersebut.

2. Membeli Emas Batangan atau Logam Mulia

Selain perhiasan emas, investasi emas yang tengah populer saat ini adalah berbentuk emas batangan atau logam mulia. Hal tersebut karena emas jenis itu diproduksi dan dijual langsung oleh produsen emas serta dilengkapi sertifikat, maka nilai dan mutunya jelas terjamin.

Perusahaan yang terkenal akan produksi emas batangannya adalah PT Aneka Tambang (Antam) dan UBS. Untuk memperoleh emas batangan yang diproduksi dari perusahaan-perusahaan tersebut dengan membelinya di agen terpercaya, misalnya Pegadaian.

3. Menabung Emas di Bank

Menabung di bank itu tidak selalu dalam bentuk uang lho… Dalam bentuk emas juga bisa!

Saat ini, sudah terdapat beberapa bank yang menyediakan layanan khusus untuk menabung emas, bahkan memberikan layanan terpisah bagi nasabah yang hendak menabung emas, contohnya adalah BNI dan BRI yang menyediakan tabungan emas dari PT Aneka Tambang (Antam).

Sebelum menabung emas di bank, kamu harus menentukan tujuan dari tabungan tersebut. Misalnya untuk biaya pendidikan anak, travelling ke negara lain, naik haji, modal usaha, dan lain-lain.

[algolia_carousel page=2]

Apabila kamu telah menyetujui syarat, ketentuan, dan tawaran dari bank terkait investasi emas ini, jangan lupa untuk selalu mengecek perkembangan nilai harga emas dalam negeri dan harga emas dunia ya…

4. Investasi Emas Melalui Aplikasi Resmi

Di era digital ini, tentu saja investasi emas dapat dilakukan melalui aplikasi digital. Namun, kamu tetap harus berhati-hati dalam memilih aplikasi yang menawarkan investasi emas supaya tidak terjebak dalam investasi bodong.

Terdapat dua aplikasi resmi yang dapat digunakan untuk investasi emas, yakni Antam Logam Mulia dan Pegadaian. Hanya dengan bermodalkan smartphone saja, kamu sudah dapat mendaftarkan diri untuk berinvestasi emas.

tombol beli buku

Nah, itulah prospek atau peluang keuntungan dari investasi emas. Jika Grameds tertarik untuk melakukan investasi emas ini, yuk segera realisasikan. Hal tersebut supaya masa depan Grameds lebih terjamin.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum