in

Pengertian dan Kata-Kata Filosofis tentang Bunga yang Penuh Inspirasi

Pengertian dan Kata-Kata Filosofis tentang Bunga – Indahnya bunga sering kali membuat kita terpana. Selain warnanya yang menawan, ada banyak jenis bunga yang memiliki aroma harum semerbak. Bukan saja indah dipandang, melainkan ada sejumlah filosofi bunga yang mempunyai makna mendalam.

Beberapa jenis bunga juga sering dijadikan sebagai simbol atau lambang tentang sesuatu, misalnya saja simbol cinta, kasih sayang, ketulusan, persahabatan, atau kesedihan. Ya, banyak jenis bunga memiliki arti tersendiri seperti mawar, melati, lili, tulip, dan seterusnya.

Selain melambangkan sesuatu, ada beragam referensi kata-kata tentang bunga yang menggambarkan betapa keindahannya menyimpan pesan bermakna. Kata-kata tentang bunga tersebut bisa dijadikan referensi atau inspirasi buat kalian.

Berikut ini ada sejumlah kata-kata tentang bunga yang singkat dan penuh filosofi. Kata-kata tersebut dapat kalian jadikan takarir di sosial media, quotes, atau pun kata mutiara. Yuk, simak inspirasi kata-kata filosofis tentang bunga. Namun, sebelumnya akan dipaparkan terlebih dahulu mengenai pengertian dari bunga itu sendiri.

Pengertian Bunga

Bunga adalah bagian dari tanaman yang umumnya berpenampilan indah dan mengeluarkan aroma wangi. Bunga adalah salah satu organ tumbuhan yang mempunyai fungsi biologis. Fungsi biologis bunga adalah untuk memicu proses reproduksi tanaman, yaitu dengan cara mempertemukan serbuk sari dan putik.

Dalam proses penyerbukan, bunga juga mendapat bantuan dari pihak ketiga di luar tanaman, yaitu dari angin atau serangga, seperti kupu-kupu dan lebah. Cara reproduksi ini tergantung dari jenis tanamannya, ada yang mampu bereproduksi secara mandiri dan ada yang membutuhkan bantuan dari luar.

Jenis bunga terbagi menjadi bunga tunggal dan majemuk. Satu tangkai bunga tunggal hanya mendukung satu bunga, sedangkan satu tangkai bunga majemuk dapat mendukung banyak bunga. Bunga majemuk disebut sebagai inflorescence. Beberapa contoh bunga tersebut adalah bunga matahari dan anthurium yang sebenarnya merupakan kumpulan dari beberapa bunga atau majemuk, tetapi tampak seperti satu kesatuan bunga tunggal.

Bunga memiliki fungsi yang sangat penting, karena di bagian bunga proses penyerbukan dan pembuahan terjadi. Setelah terjadi pembuahan, tanaman dapat berkembang biak dengan mengeluarkan buah. Dikarenakan bentuk umumnya yang cantik, bunga juga sering dijadikan sebagai tanaman hias agar keindahannya dapat kita nikmati.

Filosofi Bunga

Baik di belahan bumi bagian Barat maupun Timur, beragam bunga memiliki makna simbolis di balik keindahannya. Ilmu memberi makna tertentu kepada bunga dinamakan dengan floriogfari.

Beberapa contoh makna bunga yang paling populer di belahan bumi bagian Barat antara lain:

  • Bunga mawar merah adalah simbol dari cinta, keindahan, dan hasrat. Inilah yang menyebabkan bunga mawar merah sering digunakan untuk mengungkapkan perasaan antar pasangan atau diberikan kepada orang tua, anak, dan orang terkasih lainnya.
  • Bunga poppy merah adalah simbol berduka cita di Inggris, Selandia Baru, Australia, dan Kanada. Bunga ini digunakan untuk menghormati para pejuang yang gugur dalam perang.
  • Bunga lili adalah simbol dari kebangkitan atau kehidupan yang digunakan saat acara pemakaman. Bunga ini juga diasosiasikan dengan bintang dan matahari karena kelopaknya yang tampak bersinar.
  • Bunga aster adalah simbol dari kepolosan.

Dikarenakan spesies bunga yang sangat beragam dan warna-warninya, bunga menjadi subjek yang penting bagi banyak seniman sejak dahulu kala. Beberapa lukisan dengan bunga sebagai subjek yang paling populer adalah seri Sunflowers karya Vincent Van Gogh dan seri bunga teratai karya Monet. Selain dijadikan subjek lukisan, bunga juga dikeringkan dan dipres agar menjadi awet dan dibuat menjadi karya seni tiga dimensi.

Sementara itu, beberapa makna bunga di belahan bumi bagian Timur antara lain:

  • Bunga sakura merupakan simbol dari harapan karena warnanya yang cerah dan jika mekar secara bersamaan akan menghadirkan suasana romantisme tersendiri. Bunga sakura juga menjadi pengingat bahwa kehidupan yang dimiliki saat ini patut disyukuri.
  • Bunga lotus di Tiongkok merupakan simbol dari pencerahan, bangkit dari rasa sakit, kemurnian, dan kekosongan dari dosa. Bunga ini juga sangat lekat dengan kepercayaan Buddha.
  • Bunga kamboja merupakan bunga yang sangat lekat dengan masyarakat Hindu Bali. Bunga kamboja digunakan untuk menunjukkan kesucian hati saat memuja Sang Hyang Widi Wasa. Inilah yang membuat pohon kamboja selalu ditanam di setiap pura yang berada di Bali.
  • Bunga melati merupakan lambang kesucian dan cinta yang manis.
  • Bunga anyelir di Korea merupakan simbol untuk mengungkapkan rasa terima kasih dari anak kepada orang tua. Bunga ini akan diberikan sebagai hadiah setiap perayaan hari orang tua, bisa dalam bentuk buket besar yang cantik, bunga tangkai, maupun dalam bentuk yang sudah dikeringkan.

Gerard Lebrun, seorang tokoh romantisme yang dikenal dengan novel dan puisinya, menyatakan jika bunga adalah perhiasan dari bumi, setiap bunga adalah jiwa yang mekar di alam. Keanggunan dan kelembutan dibawa bunga membuat kita semua kagum dan gembira. Bunga merupakan hadiah yang melambangkan kasih sayang dan bagi orang-orang yang istimewa dalam kehidupan.

Keindahan aroma bunga sendiri memang dapat memberikan kesejukan, seakan-akan ada kedamaian dalam tatanan pernyataan kasih yang indah dan menyentuh. Setiap jenis bunga memiliki makna dan simbolisme tersendiri.

Berikut disebutkan lima jenis bunga dan maknanya.

Pertama, bunga mawar. Bunga yang disenangi oleh sebagian besar wanita. Tak hanya cantik, mawar juga harum. Bunga mawar sering dipilih sebagai hadiah. Bagi kalangan tertentu, bunga mawar merupakan lambang cinta. Ini tercermin dalam pergaulan, misalnya seseorang yang memberikan setangkai mawar merah kepada gadis pujaannya, berarti mengisyaratkan pernyataan cinta.

Kedua, bunga melati. Bunga yang disimbolkan dengan cinta, tetapi beberapa budaya menganggap bunga melati mewakili apresiasi dan keberuntungan. Bunga ini juga kerap digunakan dalam upacara pernikahan karena mewakili kesucian. Sementara itu, bunga melati yang dipakai dalam acara pemakaman melambangkan perpisahan.

Ketiga, bunga tulip. Bunga yang berasal dari Belanda ini tak hanya cantik, tetapi juga elegan. Bunga itu memiliki makna berbeda-beda sesuai dengan warnanya. Tulip merah dikaitkan dengan cinta yang dalam, tulip ungu itu melambangkan simbol elegan dan kesempurnaan, dan tulip putih melambangkan kesucian dan kerendahan hat.

Keempat, bunga matahari. Bunga yang melambangkan kesetian. Ini sama seperti karakternya, yaitu selalu tumbuh mengikuti arah cahaya matahari. Bunga ini juga dikenal sebagai bunga yang identik dengan rasa bahagia, sehingga bisa menjadi hadiah yang sempurna untuk menyampaikan harapan atas hadirnya hari yang membawa kebahagian bagi seseorang.

Kelima, bunga anggrek. Bunga yang mewakili cinta, kemewahan, dan keindahan yang langka. Anggrek pink memiliki makna suka cita dan kebahagian, anggrek ungu memiliki makna rasa hormat dan kekaguman, dan anggrek putih memiliki kekaguman atau keindahan.

Ada kata bijak yang menyatakan bahwa “bunga mawar butuh waktu untuk mekar”. Kata-kata tersebut memiliki makna jika tidak ada sesuatu yang instan untuk didapatkan. Sesuatu yang indah membutuhkan proses, sama halnya seperti tatanan kehidupan kita semua: ada impian dan harapan mendapatkan kesuksesan, tetapi semua ini ada proses dan waktu tersendiri untuk mendapatkannya. Pepatah India turut menambahkan jika “semua bunga masa depan, ada di benih hari ini”.

Kata-Kata Filosofis tentang Bunga

Sejumlah jenis bunga yang kita temui juga mengandung filosofi tertentu, misalnya saja bunga mawar melambangkan perasaan cinta, kebahagiaan, atau ketulusan. Selain itu, melalui kata-kata filosofis tentang bunga berikut ini bisa menginspirasimu bahwa ada makna mendalam yang bisa kalian pahami dari setangkai bunga.

Kata-kata filosofis tentang bunga berikut ini dirangkai dengan kalimat singkat dan tidak bertele-tele, sehingga kalian dapat menjadikan kata-kata tersebut sebagai inspirasi untuk takarir media sosial, quotes, atau pesan singkat untuk diberikan kepada orang tersayang.

Sejumlah kata-kata tentang bunga di bawah ini menggambarkan keindahannya yang menawan, misalnya saja keindahan warnanya, bentuknya, atau maknanya. Yuk, simak ulasannya mengenai kata-kata filosofis tentang bunga yang indah berikut.

  1. Setiap bunga mekar pada waktunya sendiri (Ken Petti).
  2. Jangan biarkan ilalang tinggi membayangi bunga-bunga indah di tamanmu (Steve Maraboli).
  3. Bahkan bunga terkecil pun bisa memiliki akar yang paling kuat (Shannon Mullen).
  4. Selalu ada bunga bagi mereka yang ingin melihatnya (Henri Matisse).
  5. Dalam kegembiraan dan kesedihan, bunga adalah teman setia kita (Anne Frank).
  6. Betapa sepinya tempat itu memiliki dunia tanpa bunga liar (Roland R. Kemler).
  7. Semua bunga masa depan ada di benih hari ini (Pepatah India).
  8. Cintaku kepadamu mekar setiap hari (Inggit Putria Marga).
  9. Setiap bunga adalah jiwa yang mekar di alam (Gerard De Nerval).
  10. Hidup adalah bunga dan cinta adalah madunya (Victor Hugo).
  11. Cinta adalah bunga yang harus kalian biarkan tumbuh (Bagus Dwi Danto).
  12. Bunga adalah senyuman dari surga (Maria Teresa Bojaxhiu).
  13. Setiap bunga mekar dengan kecepatannya sendiri (Suzy Kassem).
  14. Bunga tumbuh pada saat-saat gelap (Corita Kent).
  15. Kebahagiaan mekar dari dalam seperti halnya bunga (Xu Xi).
  16. Kesopanan adalah bunga kemanusiaan (Joseph Joubert).
  17. Bumi tertawa dengan bunga (Ralph Waldo Emerson).
  18. Dalam suka dan duka, bunga adalah teman setia kita (Zelda Sayre Fitzgerald).
  19. Bukalah mekarnya hatimu dan jadilah anugerah keindahan bagi dunia (Bryant Mc.Gill).
  20. Bunga adalah pernyataan bangga bahwa secercah keindahan melebihi nilai semua utilitas di dunia (Tjoe Bou San).
  21. Bunga seperti teman; mereka membawa warna ke dunia kalian (Albert Chinualumogo Achebe).
  22. Saya lebih suka memakai bunga di rambut saya, daripada berlian di leher saya (Siti Munjiyah).
  23. Ketika bunga mekar, di situlah ada harapan (Lady Bird Johnson).
  24. Cinta itu seperti bunga; persahabatan itu seperti pohon pelindung (Samuel Taylor Coleridge).
  25. Bunga itu seperti teman; mereka memberi warna kepada dunia kalian (Stella Dorothea Gibbons).
  26. Bunga tidak khawatir tentang cara mereka akan mekar. Mereka hanya terbuka dan mengarah ke cahaya dan itu membuat mereka indah (Jim Carrey).
  27. Dia seperti bunga liar; cantik, garang, dan bebas (Mikie Hara).
  28. Jika kita hanya melihat durinya saja, kita bisa kehilangan keindahan bunga mawar dan keharumannya (Jonathan Allen Lethem).
  29. Bunga itu pernah indah, walaupun sekarang hanya bersisa tangkainya saja (Siti Walidah).
  30. Betapa indahnya bunga warna-warni di taman, tetapi keindahan itu hanya dapat dirasakan oleh mereka yang menghargai perbedaan (Soe Tjen Marching).
  31. Jika bunga tak seindah yang kubayangkan, berilah keindahan yang kuinginkan (Masashi Kishimoto).
  32. Orang Jepang berkata, “Jika ingin bunga itu indah, ia harus dibudidayakan” (Lester Cole).
  33. Menanam taman berbunga berarti percaya kepada hari esok (Audrey Hepburn).
  34. Setiap bunga harus tumbuh melalui tanah (Laurie Jean Sennott).
  35. Jangan menunggu seseorang membawakanmu bunga. Tanam kebunmu sendiri dan hiasi jiwamu sendiri (Luther Burbank).
  36. Bunga tumbuh kembali, bahkan setelah diinjak. Aku juga demikian (Saori Hara).
  37. Jika kita dapat melihat keajaiban setangkai bunga dengan jelas, seluruh hidup kita akan berubah (Buddha).
  38. Bunga selalu membuat orang lebih baik, lebih bahagia, dan lebih membantu. Mereka adalah sinar matahari, makanan, dan obat bagi jiwa (Luther Burbank).
  39. Cinta itu seperti bunga liar; itu sering ditemukan di tempat yang paling tidak terduga (Arthur Rimbaud).
  40. Banyak mata melewati padang rumput, tetapi sedikit yang melihat bunga di dalamnya (Paul Verlaine).
  41. Lakukan sesuatu hari ini yang akan mendorongmu untuk mekar (Nisfanda Bella Vizta).
  42. Cinta itu seperti bunga indah yang mungkin tidak akan kusentuh, tetapi aromanya membuat taman menjadi tempat yang menyenangkan (Helen Keller).
  43. Dikarenakan tiap bunga mempunya arti, masing-masing juga membawa pesannya sendiri (Suratmi Susanta).
  44. Jangan bandingkan prosesmu dengan orang lain karena tak semua bunga tumbuh dan mekar secara bersamaan (Avelin Mulyati).
  45. Bunga tidak menggunakan kata-kata untuk mengumumkan kedatangannya ke dunia; mereka hanya mekar (Matshona Dhliwayo).
  46. Kebun dan bunga memiliki cara untuk menyatukan orang dan menarik mereka dari rumah (Clare Ansberry).
  47. Bunga membisikkan kecantikan kepada dunia, bahkan saat mereka memudar, layu, dan jatuh (Sunwolf).
  48. Bunga tidak bisa mekar tanpa sinar matahari, sedangkan manusia tidak bisa hidup tanpa cinta (Max Muller).
  49. Pikiran itu seperti bunga; mereka terbuka hanya pada waktu yang tepat (Stephen Richards).
  50. Kebahagiaan yang dipegang adalah benihnya, kebahagiaan yang dibagikan adalah bunganya (John Harrigan).
  51. Bunga adalah musik tanah dari bibir bumi yang diucapkan tanpa suara (Edwin Curran).
  52. Kupu-kupu adalah bunga yang terbang, sedangkan bunga adalah kupu-kupu yang ditambatkan (Ecouchard Le Brun).
  53. Bunga yang mekar di gurun membuktikan kepada dunia bahwa seberapa besar kesulitan yang dihadapi dapat diatasi (Franciscus Georgius Josephus Van Lith).
  54. Bunga tidak berpikir untuk bersaing dengan bunga di sebelahnya. Bunga mekar begitu saja (Zen Shin).
  55. Orang yang optimis melihat mawar di balik duri, sedangkan orang pesimis melihat duri di balik mawar (Nawal As-Sa’dawi).
  56. Bunga mawar tidak mempropagandakan harum semerbaknya, dengan sendirinya harum semerbaknya itu tersebar di sekelilingnya (Soekarno).
  57. Di gurun pasir tanpa batas, aku kehilangan jiwaku, dan menemukan bunga mawar ini (Jalaluddin Rumi).
  58. Orang-orang optimis melihat bunga mawar, bukan durinya. Orang-orang pesimis terpaku kepada duri dan melupakan mawarnya (Kahlil Gibran).
  59. Sekumpulan angin yang berbisik di antara kepak sepasang merpati juga nyanyian mistis tetes hujan saat pertunangan bunga dan kupu-kupu. Jika pernah kau mendenganya, begitulah aku kepadamu (Asma Nadia).
  60. Hiduplah seperti bunga dandelion. Dandelion tidak secantik mawar, tidak seindah lili, dan tidak seabadi edelweis. Dandelion tidak memiliki mahkota yang membuatnya tampak menarik. Dandelion juga tidak sewangi melati. Namun, dandelion adalah bunga paling kuat. Dia tetap bisa tumbuh di antara rerumputan liar dan celah batu. Dandelion terlihat rapuh, tetapi begitu kuat, begitu indah, dan begitu berani. Berani menentang sang angin, terbang tinggi, begitu tinggi menjelajah angkasa sampai akhirnya tiba di suatu tempat untuk dapat tumbuh membentuk kehidupan baru (Erisca Febriani).

Nah, itulah filosofi dan kumpulan kata-kata filosofis tentang bunga yang menggambarkan keindahannya yang sangat menginspirasi. Kata-kata tentang bunga di atas bisa kalian jadikan renungan, sekaligus motivasi positif dalam menjalani kehidupan.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien