in

Namsan Tower, Sejarah, Destinasi Wisata Hingga 5 Fakta Menariknya

Sumber: Pexels

Namsan Tower – Korea Selatan tak hanya terkenal akan serial dramanya saja. Namun Korea Selatan juga terkenal dengan berbagai banguan fantastisnya. Salah satunya adalah bangunan Namsan Tower atau biasa disebut dengan N Seoul Tower.

N Seoul Tower sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang begitu populer di Kota Seoul. Kepopulerannya tak hanya bagi para penduduk lokal saja. Namun hingga wisatawan mancanegara juga sudah banyak mengetahui keberadaan N Seoul Tower atau Namsan Tower ini.

N Seoul Tower berada di atas gunung Namsan dengan ketinggian 479 M di atas permukaan laut. Sedangkan untuk ketinggian dari menara N Seoul Tower adalah sekitar 237 M. Memiliki ketinggian yang begitu tinggi menjadikan N Seoul Tower atau Namsan Tower sebagai landmark paling mencolok di Kota Seoul.

Masih banyak hal menarik yang dimiliki oleh N Seoul Tower atau Namsan Tower yang akan dijelaskan dalam artikel ini secara lebih luas lagi.

N Seoul Tower

namsan tower
Sumber: Pixabay

N Seoul Tower merupakan menara yang berdiri kokoh di atas Gunung Namsan Seoul Korea selatan. N Seoul Tower jika dihitung dari lantai dasarnya memiliki tinggi sekitar 777 kaki. Keberadaan dari N Seoul Tower mampu memberikan suguhan pemandangan kota Seoul 360 derajat lho.

Selain itu N Seoul Tower juga digunakan sebagai pemancar gelombang radio pertama di Korea Selatan. Saat ini menara tersebut juga masih memancarkan sinyal media seperti SBS, MB, KBS, dan FM.

Awal pembangunan N Seoul Tower dimulai pada tahun 1969 dan mulai pertama kali beroperasi adalah pada tahun 1971. Sedangkan untuk observatorium yang dimiliki oleh menara N Seoul Tower dibangun pada tahun 1975 dan dibuka untuk umum pada tahun 1980.

Pada tahun 2001, N Seoul Tower mampu menerima lebih dari 20 juta pengunjung lho. Awalnya nama N Seoul Tower adalah Namsan Tower. Namun pada tahun 2005, nama tersebut berganti menjadi N Seoul Tower.

Huruf N pada N Seoul Tower adalah kepanjangan dari kata Namsan, New (baru) dan Nature atau alam. Sebuah survei pada tahun 2012 lalu yang dilakukan oleh koa ini menunjukkan hasil jika N Seoul Tower dinobatkan sebagai objek wisata nomor satu di Seoul Korea Selatan bagi para pengunjung.

Sedangkan untuk saat ini, N Seoul Tower mampu menerima sebanyak 8,4 juta pengunjung dalam satu tahunnya.

Tak hanya menjadi destinasi wisata yang begitu iconic di Seoul Korea Selatan saja. Namun keberadaan dari N Seoul Tower juga begitu cantik ketika dilihat dari kejauhan pada waktu malam hari. Selain itu adanya teknologi lampu LED terbaru mampu menjadikan N Seoul Tower terlihat memiliki berbagai macam warna dan pola.

Saat ini kawasan di sekitar N Seoul Tower selalu dilindungi sehingga mampu menampilkan suasana harmonis antara alam dan peradaban abad ke-21. Selain itu untuk keberadaan lalu lintas kendaraan juga dibatasi. Hal ini dilakukan agar bisa menjaga kondisi Gunung Namsan agar bisa tetap bersih dan hijau.

Objek Wisata Serta Aktivitas di Menara N Seoul Tower

namsan tower
Sumber: Pixabay

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika N Seoul Tower merupakan suatu ikon pariwisata dan budaya yang begitu khas di Seoul Korea Selatan.Menara ini tak hanya memberikan suasana yang begitu menyenangkan untuk menikmati indahnya kota saja.

Namun keberadaan N Seoul Tower juga bisa digunakan untuk mempelajari Korea Selatan khususnya Kota Seoul ketika kalian berkunjung ke menara tersebut. Menariknya ada beberapa tempat makan yang begitu cocok digunakan untuk segala jenis wisatawan.

Bahkan kalian juga akan menemukan banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sekitaran menara N Seoul Tower jika memang kalian ini melanjutkan setelah selesai mengunjungi menara tersebut. Beberapa objek wisata yang ditawarkan oleh N Seoul Tower adalah sebagai berikut ini.

1. Observatorium N Seoul Tower

Observatorium N Seoul Tower menjadi daya tarik utama yang diberikan oleh menara N Seoul Tower. Kalian bisa menikmati suasana kota dari ketinggian hanya dengan berada di Observatorium N Seoul Tower.

Observatorium N Seoul Tower memiliki 3 lantai dengan dinding serta lantai yang terbuat dari kaca. Karena lantai dan dinding yang terbuat dari kaca tersebutlah, kalian bisa melihat pemandangan 360 derajat secara bebas.

Bahkan, kalian bisa melihat berbagai macam tempat menarik hanya dari tempat duduk yang tersedia di sekitaran jendela Observatorium N Seoul Tower. Selain itu ada juga Observatorium digital yang berada di lantai empat.

Pada lantai ini, kalian akan diberikan fasilitas berupa teleskop bertenaga tinggi yang memungkinkan kalian gunakan untuk melihat keindahan kota dari berbagai arah dengan begitu mudah.

Observatorium N Seoul Tower memiliki ham operasional sepanjang hari mulai pukul 10.00 hingga 23.00 waktu setempat khusus untuk hari Minggu Hingga Jumat. Sedangkan untuk hari sabtu akan dibuka mulai pukul 10.00 hingga tengah malam waktu setempat.

Perlu diketahui juga jika akses masuk ke dalam Observatorium N Seoul Tower akan ditutup setengah jam terlebih dahulu sebelum jam tutup. Oleh karena itu pastikan selalu jika sedang berkunjung ke Observatorium N Seoul Tower harus berada di luar menara setidaknya 30 menit sebelum waktu tutup jam operasionalnya.

Untuk bisa masuk ke dalam Observatorium N Seoul Tower pada pengunjung menggunakan tiket masuk. Harga dari tiket masuk ke area Observatorium N Seoul Tower adalah sekitar 10.000 won bagi pengunjung dengan usia di atas 13 tahun.

Sedangkan untuk anak dengan usia tiga hingga 12 tahun seta lansia di atas 65 tahun akan mendapatkan harga tiket masuk Observatorium N Seoul Tower sebesar 8.000 won saja.

2. Hanbok Culture Experience Center

Ketika kalian masuk ke dalam area N Seoul Tower, maka kalian akan langsung disambut Hanbok Culture Experience Center yang berada di lobi. Hanbok Culture Experience Center adalah pusat budaya yang memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk bisa merasakan dua pengalaman berbeda dari budaya Dinasti Joseon.

Ketika kalian berada di Hanbok Culture Experience Center, kalian bisa mencoba mengenakan pakaian serta aksesoris tradisional dan berfoto di area zona foto yang sudah tersedia. Selain itu ada juga Traditional Wedding Experience yang bisa memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk mengenakan pakaian pengantin tradisional dan berfoto dengan bantuan fotografer profesional.
Hanbok Culture Experience Center memiliki jam operasional pukul 11.00 hingga 22.00 waktu setempat. Sedangkan untuk biaya tiket masuk adalah sebesar 4.000 won bagi pengunjung yang berusia 14 tahun.

Sedangkan untuk pengunjung yang berusia di bawah 13 tahun akan mendapatkan harga tiket sebesar 1.000 won untuk bisa masuk ke Hanbok Culture Experience Center. Khusus untuk anak di bawah 7 tahun bisa masuk ke dalam Hanbok Culture Experience Center secara gratis.
Perlu diketahui juga jika harga tiket yang berlaku tersebut belum termasuk harga penyewaan Hanbok di Hanbok Culture Experience Center. Ada biaya tambahan jika ingin menyewa pakaian di Hanbok Culture Experience Center maupun Traditional Wedding Experience.

3. Gembok Cinta

Selain bisa mengunjungi Observatorium N Seoul Tower, salah satu aktivitas terbaik yang ditawarkan oleh menawara N Seoul Tower bagi para pasangan adalah memasang gembok pada area pagar di sekitar plaza.

Nantinya para penasangan bisa menuliskan nama, inisial bahkan pesan pendek pada gembok mereka sebelum memasangkannya di pagar sebagai bentuk simbol cinta yang selalu abadi. Aktivitas ini juga kerap disebut dengan istilah Gembok Cinta, yang mana sampai saat ini Gembok Cinta masih terus diminati oleh para pengunjung N Seoul Tower.

Jika kalian tak memiliki gembok untuk dipasangkan di area pagar plaza N Seoul Tower, maka tak perlu bingung akan hal tersebut. Pasalnya kalian bisa membeli dengan mudah gembok tersebut di outlet toko cindera mata.

4. Tempat Makan

Setiap destinasi wisata tentunya selalu identik dengan yang namanya tempat makan. Baik itu makanan khas maupun makanan internasional juga bisa kalian dapatkan dengan mudah ketika berkunjung ke N Seoul Tower.

Sweet Bar adalah salah satu tempat yang begitu favorit digunakan para pengunjung untuk membeli minuman maupun kudapan manis atau asin seperti popcorn. Selain itu ada juga berbagai macam restoran yang menyediakan tempat duduk santai untuk kalian gunakan sembari menikmati makanan pilihan.

Kalian juga bisa menikmati beberapa makanan seperti mie khas Korea di Cheiljemyunso, burger khas Amerika di N Burger, masakan khas Italia di THE PLACE Dining, restoran mewah khas Perancis di n.Grill serta restoran prasmanan khas Korea di HANCOOK.

Sedangkan bagi kalian yang ingin menikmati pemandangan malam di Kota Seoul Korea selatan. Maka kalian tak boleh melewatkan untuk mengunjungi premium sky lounge N TERRACE sembari meneguk koktail.

https://www.gramedia.com/products/summer-in-seoul-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

5. Taman Namsan

Taman Namsan merupakan sebuah taman umum yang terhampar luas di area sepanjang lereng Gunung Namsan sekitar N Seoul Tower. Kalian bisa menikmati pemandangan kota Seoul dari setiap sudut Taman Namsan.

Selain itu ada juga lokasi yang bisa digunakan untuk berpiknik maupun untuk jalur pendakian. Setiap harinya Taman Namsan mampu mendapatkan pengunjung hingga lebih dari 20.000 orang.

Taman Namsan sendiri dibuka setiap hari yang juga menyuguhkan berbagai macam fasilitas. Mulai dari kebun raya, perpustakaan, toko makanan ringan, telaga dan fasilitas olahraga. Taman Namsan juga salah satu tempat yang begitu menyenangkan untuk dikunjungi sebelum atau setelah kalian dari N Seoul Tower.

6. Namsangol Hanok Village

Namsangol Hanok Village berada tepat di bagian utara Gunung Namsan dan tak jauh dari menara N Seoul Tower. Namsangol Hanok Village sendiri merupakan destinasi yang begitu sempurna bagi kalian yang ingin mengunjungi menara N Seoul Tower.

Namsangol Hanok Village akan memberikan kalian pengalaman tradisional maupun teknologi modern di Seoul. Namsangol Hanok Village memiliki lima rumah tradisional yang telah selesai dari tahap renovasi hingga menyerupai tampilan asli rumah pada masa Dinasti Joseon.

Selain itu Namsangol Hanok Village juga memiliki kebun tradisional Korea, plaza hingga panggung yang biasa digunakan untuk pertunjukan seni. Selain itu tempat ini juga cocok banget digunakan untuk sekedar berjalan-jalan santai sambil melakukan berbagai macam kegiatan kebudayaan seperti mengenakan pakaian tradisional Hanbok, mengikuti upacara teh, menyaksikan taekwondo hingga menghadiri upacara pernikahan tradisional.

Menariknya untuk bisa masuk ke dalam area Namsangol Hanok Village tak dikenakan biaya seperserpun dan buka setiap hari kecuali hari senin. Sedangkan untuk jam operasional dari Namsangol Hanok Village adalah pukul 09.00 hingga 21.00 waktu setempat pada bulan April hingga Oktober.

Lalu khusus untuk bulan November hingga Maret, Namsangol Hanok Village memiliki jam operasional mulai pukul 09.00 hingga 20.00 waktu setempat. Khusus untuk kebun tradisional yang berada di Namsangol Hanok Village dibuka setiap hari selama 24 jam.

Fakta Menarik N Seoul Tower

namsan tower
Sumber: Pixabay

Setelah mengetahui tentang beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi ketika berada N Seoul Tower. Berikutnya kita juga akan mempelajari bersama tentang fakta-fakta menarik dari N Seoul Tower. Pasalnya N Seoul Tower memiliki beberapa fakta menarik yang tak boleh kalian lewatkan.
Lantas apa saja fakta menarik dari N Seoul Tower? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Jadi Salah Satu Destinasi Wisata Seoul yang Ramai Pengunjung

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika N Seoul Tower atau Namsan Tower merupakan ikon yang begitu khas di Kota Seoul. Bahkan N Seoul Tower juga menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi setiap tahunnya oleh para wisatawan khususnya turis asing.

Para pengunjung bisa melihat secara langsung keindahan Kota Seoul dari Observatorium N Seoul Tower di ketinggian sekitar 138 M. Selain itu di atas menara N Seoul Tower juga terdapat restoran yang bisa menampung sekitar 184 orang. Hal ini akan mempermudah kalian untuk melihat keindahan Kota Seoul sembari menikmati hidangan lezat.

2. Pernah Menjadi Pemancar Radio

Sebelum dibuka untuk umum pada tahun 1980 hingga dijadikan objek wisata yang bisa menawarkan pemandangan indah dari Kota Seolh melalui puncak menara N Seoul Tower. Awalnya N Seoul Tower pada than 1969, menara tersebut digunakan untuk pemancar radio dan televisi lho.

3. Perubahan Lampu Sebagai Penanda Kondisi Udara Terkini

Siapa sangka warna lampu di N Seoul Tower atau Namsan Tower di malam hari yang bisa berubah-ubah tersebut bisa dijadikan tanda kondisi udara terkini. Warna lampu biru ada N Seoul Tower akan menandakan bahwa kondisi cuaca sedang baik.

Lalu untuk warna lampu hijau menandakan jika kondisi udara terkini tidak terlalu baik dan disarankan untuk menggunakan masker. Sedangkan untuk warna lampu merah menandakan jika kualitas udara terkini sangat buruk dan disarankan bagi masyarakat untuk tidak keluar rumah.

https://www.gramedia.com/products/keliling-korea-selatan-mulai-dari-rp-2-jutaan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

4. Adanya Gembok Cinta yang Terkenal

Sebelumnya juga sudah dijelaskan jika N Seoul Tower atau Namsan Tower merupakan tempat favorit bagi para pasangan yang sedang jatuh cinta. Hal ini tak lain karena di N Seoul Tower terdapat tradisi memasangkan gembok cinta di area pagar plaza.

Biasanya para pengunjung sudah mempersiapkan gembok yang sudah ditulis namanya dan pasangannya. Selanjutnya akan dikunci pada area yang tersedia dan berikutnya kunci tersebut akan dilempar ke area bawah gunung.

Akan tetapi, pada beberapa tahun terakhir ini, pemerintah Korea Selatan mempersiapkan sebuah kotak yang digunakan untuk tempat membuang kunci karena dikhawatirkan pada area gunung semakin lama akan ada banyak tumpukan kunci gembok hingga menjadi sampah.

5. Kerap Jadi Lokasi Syuting Drama Korea

Mengusung konsep romantik menjadikan N Seoul Tower kerap dijadikan lokasi syuting drama Korea. Para penggemar drama Korea tentunya juga tak asing dengan lokasi N Seoul Tower atau Namsan Tower. Beberapa drama Korea yang pernah menggunakan N Seoul Tower sebagai lokasi syuting adalah seperti Boys Over Flower dan My Love From the Star.

Nah itulah beberapa fakta menarik yang dimiliki oleh N Seoul Tower atau Namsan Tower di Seoul Korea Selatan. Setelah mengetahui fakta-fakta tentang Namsan Tower, apakah kamu akan berencana untuk pergi ke sana dan melihat Namsan Tower secara langsung?

Mengetahui lebih dalam tentang budaya Korea Selatan tidak ada salahnya. Jika kamu ingin mencari buku tentang Korea Selatan bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi