in

Profil 7 Member NCT Dream, Senior Muda Di K-Pop Generasi 4

https://smtown-nctzens.fandom.com/

Member NCT Dream – Jika terdapat pertanyaan seputar K-Pop tentang siapa yang paling senior diantara idol K-Pop generasi 4 ini, kira-kira apa jawaban Grameds? Apabila Grameds menjawab NCT Dream, maka jawaban tersebut adalah benar!

Yap, NCT Dream yang tentunya masih merupakan “cabang” asli dari NCT (Neo Culture Technology) besutan SM Entertainment. Dapat dikatakan bahwa NCT Dream ini adalah sub-unit NCT yang membernya masih berusia remaja, sehingga konsep comeback mereka pun tak akan jauh dari kisah masa muda.

Ditambah lagi salah satu member NCT Dream yang paling muda itu lahir di tahun 2002, sementara member NCT yang paling tua yakni Taeil lahir di tahun 1994.

Member NCT Dream

Mulanya, konsep sub-unit NCT Dream ini memberlakukan sistem graduation alias kelulusan untuk member yang sudah berusia diatas 20 tahun. Singkatnya, member NCT Dream yang sudah berusia lebih dari 20 tahun, akan lulus dan keluar dari grup NCT Dream.

Mengingat member dalam grup NCT awalnya memang unlimited alias tanpa batas dan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Atas dasar itulah, member NCT Dream pun akan “tergantikan” satu persatu.

Pemberlakuan sistem graduation tersebut pertama kali dialami oleh Mark Lee pada 2020 lalu. Berhubung Mark Lee sudah berusia lebih dari 20 tahun, maka dirinya akan “lulus” dari grup NCT Dream dan ternyata hal itu mengundang banyak kontra dari para penggemar. Alhasil, pihak agensi pun menyatakan bahwa sistem graduation tersebut ditiadakan dan Mark Lee dapat kembali menjadi member sekaligus leader NCT Dream.

Lantas, siapa saja sih ketujuh member NCT Dream yang tidak boleh tergantikan dan digantikan satu sama lain menurut penggemar? Apa saja pula fakta-fakta menarik seputar ketujuh member NCT Dream? Yuk, kepoin semuanya melalui ulasan berikut ini!

Member NCT Dream
https://nakamotens.tumblr.com/

Yuk, Berkenalan Dengan 7 Member NCT Dream

1. Mark Lee

Member NCT Dream
https://smtown-nctzens.fandom.com/

Mark adalah member NCT Dream yang berasal dari Toronto, Kanada dengan nama korea Lee Minhyung, lahir pada 2 Agustus 1999. Mark lebih dikenal dengan nama Mark Lee dan dirinya resmi diperkenalkan sebagai bagian dari proyek SM Rookies pada tahun 2013.

Mark menjadi satu-satunya anggota yang debut di tiga sub-unit berturut-turut, yakni NCT U, NCT Dream, dan NCT 127. Tidak hanya itu saja, bahkan pada tahun 2017, Mark Lee turut berpartisipasi sebagai kontestan dalam salah satu survival show High School Rapper di saluran Mnet.

Saking berbakatnya, Mark Lee juga turut menjadi anggota dalam boy group baru bentukan SM Entertainment, SuperM, bersama dua member NCT lainnya yakni Taeyong dan Ten. Di sub-unit NCT Dream, Mark Lee berperan sebagai leader.

Pada tahun 2018 lalu, tepatnya saat NCT Dream melangsungkan comeback “We Go Up”, Mark dinyatakan lulus (graduated) dari grup. Namun akhirnya, pihak SM Entertainment menghapus konsep graduation tersebut, sehingga Mark Lee bergabung kembali di NCT Dream.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Biodata dan Profil Mark Lee

https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Mark Lee
  • Nama Korea: Lee Min Hyung
  • Nama Panggung: Mark
  • Tanggal Lahir: 2 Agustus 1999
  • Zodiak: Leo
  • Zodiak China: Kelinci (Rabbit)
  • Tinggi Badan: 175 cm (5’7”)
  • Golongan Darah: A
  • Kewarganegaraan: Kanada
  • Pendidikan: School of Performing Arts Seoul (SOPA)
  • MBTI: INFJ
  • Akun Instagram: @onyourm__ark

20+ Fakta Menarik Tentang Mark Lee

  1. Mark Lee lahir di Toronto, Kanada.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan seorang kakak laki-laki yang lahir pada tahun 1996.
  3. Sejak lahir, Mark telah tinggal di Toronto hingga usianya 7 tahun. Setelah itu, dirinya pindah ke New York hingga usia 12 tahun. Lalu pindah kembali ke Kanada dan tinggal di Vancouver hingga usianya 15 tahun.
  4. Pada tahun 2012, tepatnya saat Mark berusia 13 tahun, dirinya mengikuti SM Global Audition yang diadakan di Vancouver dan berhasil lolos.
  5. Berhubung Mark telah lolos audisi SM Entertainment, maka dirinya pun pindah ke Korea Selatan dan memulai masa pelatihannya sambil bersekolah di SOPA.
  6. Pada tahun 2013, keluarga Mark memutuskan untuk kembali ke Korea Selatan dan tinggal di wilayah Gangnam.
  7. Hingga saat ini, Mark telah menjalani promosi di 4 sub-unit berbeda yakni NCT 127, NCT U, NCT Dream, dan SuperM.
  8. Di NCT Dream, Mark berperan sebagai leader (pemimpin) sekaligus face of the group.
  9. Mark menjadi idol K-Pop kedua yang memiliki kewarganegaraan Korea-Kanada. Diketahui yang pertama adalah Henry Super Junior M.
  10. Para penggemar tahu bahwa Mark adalah penganut agama Kristen yang taat. Mark juga sering membaca Alkitab dan memilih ayat Alkitab ‘Exodus 9:16’ sebagai ayat favoritnya.
  11. Mark selalu berperan aktif dalam penulisan lirik lagu-lagu NCT sub-unit apapun.
  12. Sejak kecil, Mark memang selalu bermimpi ingin menjadi seorang penyanyi. Mengingat ayahnya adalah lulusan jurusan musik dan ibunya pandai bermain piano.
  13. Berteman akrab dengan Laun ex-ONF dan Mina GUGUDAN karena berada di sekolah yang sama. Mark juga satu kelas dengan idol K-Pop lain seperti Donghyun GOLDEN CHILD, Arin OH MY GIRL, Kangmin ROMEO, dan Gaeul FAVORITE.
  14. Pada 17 Desember 2013 menjadi waktu dimana Mark diperkenalkan sebagai bagian dari proyek SM Rookies.
  15. Mark dikenal sebagai sosok yang sopan, rajin, pekerja keras, santun, ceria, positif, dan lugu. Anggota SM Rookies pun pernah memberikan penghargaan kepada Mark sebagai ‘Trainee King’ karena ketekunannya dalam berlatih.
  16. Mark adalah member NCT Dream yang mudah tertawa dan suara tawanya pun unik.
  17. Musisi favoritnya adalah Justin Bieber, Beyonce, John Mayer, dan Coldplay.
  18. Senior di SM Entertainment yang paling Mark hormati adalah BoA dan TVXQ.
  19. Mark sangat suka dengan buah semangka.
  20. Kadang-kadang, Mark akan berbicara dalam bahasa Inggris ketika mengobrol dengan Ten, Johnny, dan Jaehyun.
  21. 4 member NCT Dream yakni Mark, Jeno, Haechan, dan Jaemin sama-sama bersekolah di SOPA dan mereka dijuluki sebagai F4 SOPA.
  22. Saat pertama kali NCT Dream menerima trofi kemenangan dari The Show, Mark menangis dalam perjalanan pulang ke Seoul.
  23. Lagu solonya yang berjudul “Child” dalam proyek STATION: NCT LAB langsung trending di berbagai sosial media dan tangga lagu dunia.

2. Renjun

Member NCT Dream
https://smtown-nctzens.fandom.com/

Renjun adalah anggota yang berasal dari Tiongkok dan memiliki nama asli Huang Renjun, lahir pada 23 Maret 2000. Renjun merupakan lulusan dari Jilin Korean Ethnic School, yang menjadi sekolah khusus untuk kalangan etnis Korea di China.

Berbeda dengan member NCT Dream maupun NCT lainnya, Renjun tidak tergabung dalam proyek  SM Rookies, melainkan SM Hidden Trainee.

Pada saat masih diberlakukan sistem graduation untuk para member NCT Dream dan Mark Lee yang kala itu menjadi leader, dinyatakan lulus dari grup. Alhasil, Renjun pun digadang-gadang sebagai leader baru di NCT Dream. Namun berhubung Mark “kembali” ke grup, maka Renjun tidak jadi mendapatkan peran sebagai leader.

Renjun sendiri resmi berada dalam unit NCT Dream dan NCT U terutama untuk mempromosikan lagu “From Home” yang merupakan bagian dari proyek ‘NCT 2020: Resonance’.

Biodata dan Profil Renjun

https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Huáng Rénjùn
  • Nama Korea: Hwang In Joon
  • Nama Panggung: Renjun
  • Tanggal Lahir: 23 Maret 2000
  • Zodiak: Aries
  • Zodiak China: Naga (Dragon)
  • Tinggi Badan: 171 cm (5’6”)
  • Golongan Darah: O
  • Kewarganegaraan: China
  • Pendidikan: Beijing Contemporary Music School
  • Akun Instagram: @yellow_3to3
  • Akun Weibo: Renjun

20+ Fakta Menarik Tentang Renjun

  1. Renjun lahir kota Jilin, China.
  2. Keluarganya hanya terdiri atas ayah dan ibunya saja sebab Renjun adalah anak tunggal.
  3. Pada tahun 2015, Renjun resmi menjadi trainee SM Entertainment setelah lulus SM Global Audition yang diadakan di kota Tiongkok.
  4. Saat ini, Renjun turut andil dalam sub-unit NCT Dream dan NCT U.
  5. Kepribadian Renjun biasanya akan tenang dan pendiam. Namun jika sudah bersama member NCT Dream maupun NCT lainnya yang disenanginya, maka Renjun akan berubah menjadi sosok yang cerewet dan bersemangat.
  6. Saat pertama kali NCT Dream menerima trofi kemenangan, Renjun menangis terisak-isak.
  7. Renjun lolos audisi SM Entertainment karena bakat menarinya.
  8. Renjun menjadi bagian dari ‘innocent line’ bersama Winwin dan Jungwoo.
  9. Meskipun Renjun adalah member asing, dirinya justru fasih dalam berbahasa Korea. Tak jarang, Renjun akan membantu menerjemahkan untuk anggota Tionghoa lainnya dan itu membuatnya mendapatkan julukan ‘The little translator kid’.
  10. Sebenarnya, Renjun adalah orang Korea-Cina alias Tionghoa etnis Korea. Itulah sebabnya, sejak sekolah dasar maupun di rumah, dirinya selalu dididik menggunakan bahasa Korea dan China.
  11. Renjun bersama Haechan, Jeno, dan Jaemin tergabung dalam 00z dalam grup NCT Dream karena sama-sama lahir di tahun 2000.
  12. Renjun sangat dekat dengan Mark dan bergantung kepada sosok leader tersebut.
  13. Sejak 5 Agustus 2019 hingga 11 Oktober 2020, Renjun didapuk sebagai DJ Radio untuk acara ‘Akdong Seoul’ dan memiliki julukan RenD (Renjun + DJ).
  14. Saat ini, keluarganya telah pindah ke Korea Selatan dan tinggal di wilayah Ansan, Gyeonggi-do.
  15. Renjun sangat suka dengan karakter animasi Moomin.
  16. Sejak kecil, Renjun telah bercita-cita menjadi seorang penyanyi, terutama setelah menonton penampilan EXO. Siapa sangka jika saat ini, EXO justru menjadi seniornya di agensi yang sama.
  17. Lagu favoritnya dari grup EXO adalah “Don’t Go” dan “Angel”. Lagu tersebut didengarkannya secara terus-menerus saat masih menjadi trainee.
  18. Makanan China favoritnya adalah hot pot, sementara makanan Korea favoritnya adalah ayam goreng.
  19. Renjun sangat ingin memelihara seekor rubah gurun.
  20. Renjun sangat mengidolakan Lay EXO.
  21. Sejak kecil, Renjun telah belajar tari balet dan tari kontemporer.

3. Jeno

Member NCT Dream
https://smtown-nctzens.fandom.com/

Jeno mempunyai nama asli Lee Je-No, lahir pada 23 April 2000 di Seoul, Korea Selatan. Pada tahun 2013, Jeno diperkenalkan sebagai bagian dari proyek SM Rookies. Sebenarnya, Jeno adalah seorang aktor cilik yang terkenal karena membintangi iklan produk susu.

Pada tahun 2016, Jeno resmi debut menjadi member NCT Dream. Jeno juga turut didapuk sebagai MC untuk program musik SBS The Show bersama Yeeun CLC pada tahun 2018. Jeno turut andil dalam proyek ‘NCT 2020: Resonance’, tepatnya dalam NCT U dengan single berjudul “90’s Love”.

https://www.koreaboo.com/

Pada tahun 2019 lalu, Jeno bersama Jaemin datang ke Indonesia selama tiga hari untuk syuting sebuah variety show Good Neighbors, tepatnya di Bekasi. Dalam acara tersebut, Jeno dan Jaemin menjadi relawan yang membantu seorang remaja bernama Pudori dan Slamet. Tidak hanya itu saja, bahkan Jeno dan Jaemin turut menjadi pemulung untuk aksi kemanusiaan ini.

Biodata dan Profil Jeno

https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Lee Je No
  • Nama Panggung: Jeno
  • Tanggal Lahir: 23 April 2000
  • Zodiak: Taurus
  • Zodiak China: Naga (Dragon)
  • Tinggi Badan: 176,8 cm (5’8”)
  • Golongan Darah: A
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan: Seoul School of Performing Arts (SOPA)
  • MBTI: ISFP
  • Akun Instagram: @leejen_o_423

20+ Fakta Menarik Tentang Jeno

  1. Jeno lahir di Incheon dan dibesarkan di kota Ilsan.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan seorang kakak perempuan yang lahir di tahun 1997.
  3. Di grup NCT Dream, Jeno berperan sebagai main rapper, lead dancer, dan sub vokal.
  4. Sejak kecil, Jeno sudah aktif menjadi model iklan terutama produk susu.
  5. Pada Juni 2013, saat Jeno duduk di bangku kelas 1 SMP, dirinya resmi bergabung dengan SM Entertainment. Masih di tahun yang sama, Jeno bersama Taeyong diperkenalkan sebagai bagian dari proyek SM Rookies.
  6. Sebelum debut menjadi member NCT, Jeno telah tampil di acara Mickey Mouse Club bersama member SM Rookies lainnya.
  7. Jeno adalah member yang tidak mudah menangis.
  8. Wajah tampan Jeno diakui oleh member NCT Dream sebagai visual yang rupawan.
  9. Memiliki tahi lalat yang berada di bawah mata kanannya.
  10. Banyak penggemar yang mengatakan bahwa Jeno begitu mirip dengan Donghae Super Junior. Sejak saat itulah, Jeno dan Donghae sering berfoto bersama. Pada 2021 lalu, Donghae merilis lagu solonya yang berjudul “California Love”  dan berkolaborasi dengan Jeno.
  11. Sejak era “We Go Up”, Jeno selalu turut andil dalam penulisan lagu-lagu NCT Dream terutama di bagian rap.
  12. Banyak orang mengira nama ‘Jeno’ adalah nama panggung, padahal sebenarnya itu adalah nama aslinya sejak lahir.
  13. Jeno menjadikan Minho SHINee dan Donghae Super Junior sebagai senior yang paling dihormatinya.
  14. Hobi: menonton One Piece, bermain gitar, dan menonton film.
  15. Mata pelajaran favoritnya adalah sains, sementara mata pelajaran yang paling tidak disukainya adalah matematika.
  16. Pada 2018 hingga 2019, Jeno menjadi MC untuk program musik SBS MTV ‘The Show’ bersama Yeeun CLC.
  17. 4 member NCT Dream yakni Jeno, Mark, Haechan, dan Jaemin sama-sama bersekolah di SOPA dan mereka dijuluki sebagai F4 SOPA. Namun Jeno, Jaemin, dan Haechan harus berhenti dari sekolah karena padatnya jadwal.
  18. Jeno sangat suka makan agar-agar.
  19. Sering bermain mobile game seperti PlayerUnknown’s Battleground dan senjata favoritnya adalah Groza.
  20. Meskipun terlihat kurus, tetapi tubuh Jeno sangat berotot.
  21. Pada tahun 2020, Jeno menjalani operasi lasik karena memiliki penglihatan yang buruk.

4. Haechan

Member NCT Dream
https://smtown-nctzens.fandom.com/

Haechan mempunyai nama asli Lee Dong-Hyuck, lahir pada 6 Juni 2000 di Jeju, Korea Selatan. Pada tahun 2014, Haechan berhasil diperkenalkan sebagai bagian dari SM Rookies. Bersama Mark, Haechan juga tergabung dalam tiga sub-unit NCT, yakni NCT 127, NCT Dream, dan NCT U.

Haechan dikenal sebagai sosok yang humoris dan memiliki suara yang merdu, bahkan dirinya mengakui bahwa Lee Soo-Man juga sangat menyukai suaranya dalam pelatihan trainee di setiap minggunya. Pada tahun 2022 ini, Haechan merilis soundtrack berjudul “Good Person” dan langsung menduduki di tangga lagu karena suara merdunya.

Biodata dan Profil Haechan

https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Lee Dong Hyuk
  • Nama Panggung: Haechan
  • Tanggal Lahir: 6 Juni 2000
  • Zodiak: Gemini
  • Zodiak China: Naga (Dragon)
  • Tinggi Badan: 174 cm (5’7”)
  • Golongan Darah: AB
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan: Seoul School of Performing Arts
  • MBTI: ENFP
  • Akun Instagram: @haechanahceah

20+ Fakta Menarik Seputar Lee Haechan

  1. Lee Haechan lahir di kota Seoul, tetapi dibesarkan di Pulau Jeju.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, satu adik perempuan, dan dua adik laki-laki.
  3. Haechan debut bersama NCT pada 10 Juli 2016 di unit NCT 127 setelah perkenalan Yuta dan Winwin.
  4. Hingga saat ini, Haechan telah menjadi bagian dari sub-unit NCT U, NCT 127, dan NCT Dream.
  5. Haechan telah bergabung di SM Entertainment sejak tahun 2013, tepatnya saat dirinya duduk di kelas 1 sekolah menengah.
  6. Pada tahun 2015, Haechan muncul acara realitas EXO 90:2014 di episode 7.
  7. Saat masih kecil, Haechan mengaku bahwa dirinya telah belajar balet, jazz, dan tari kontemporer.
  8. Haechan memiliki kepribadian yang ceria, cerah, selalu berpikir positif, dan mudah bergaul, sehingga sangat cocok untuk berada di variety show apapun.
  9. Hobinya adalah sepak bola dan game komputer maupun ponsel (Overwatch, PUBG, League of Legend, dan Kart Rider)
  10. Haechan suka mengoleksi piringan hitam, sama seperti Jaehyun. Pada hari ulang tahunnya pun, Doyoung sempat memberikan kado kepada Haechan sebuah set meja putar.
  11. Haechan juga suka mengoleksi parfum.
  12. Makanan favorit: rebusan kimchi babi.
  13. Haechan suka memasak, terutama untuk member NCT Dream lainnya.
  14. Memiliki 3 tahi lalat yang terletak di pipi kanannya.
  15. Sempat meluncurkan konten pribadi ‘Radio Haechan 37,5MHz’ di saluran Youtube resmi NCT.
  16. Haechan adalah seorang fans SHINee alias Shawol. Dirinya juga mengatakan bahwa album pertama yang dibelinya adalah Juliet milik SHINee dan menjadikan grup senior tersebut sebagai panutannya.
  17. Haechan mengaku bahwa hanya Mark Lee saja yang memanggilnya dengan nama Donghyuck. Mereka berdua pun sangat akrab karena selalu bersama sejak trainee.
  18. Lee Haechan menjadi bagian dari 00z bersama dengan member yang lahir pada tahun 2000 lainnya yakni Renjun, Jeno, dan Jaemin.
  19. Di sekolah, Haechan paling suka mata pelajaran musik dan tidak menyukai mata pelajaran sains.
  20. Mark, Haechan, Jeno, dan Jaemin adalah siswa di SOPA. Mereka bahkan dielu-elukan sebagai F4 SOPA sebelum akhirnya Haechan, Jeno dan Jaemin berhenti sekolah. Hanya Mark hanya yang lulus dari SOPA.
  21. Alasan Haechan tidak menggunakan nama aslinya sebagai nama panggung adalah karena dia berpikir bahwa penggemar asing pasti akan merasa kesulitan untuk mengucapkan nama “Donghyuck”.
  22. Haechan memiliki bekas luka kecil di kedua matanya yang didapatkannya setelah memukul tempat tidur saat dia masih kecil. Selain itu, ada juga bekas luka yang disebabkan oleh pukulan mikrofon Jeno saat berlatih di atas panggung selama era “Fire Truck”.
  23. Saat masih kecil, rambut Haechan keriting dan sering diejek oleh teman-temannya karena hal tersebut.

5. Jaemin

Member NCT Dream
https://smtown-nctzens.fandom.com/

Jaemin memiliki nama asli Na Jae-Min, lahir pada 13 Agustus 2000 di Seoul, Korea Selatan. Pada tahun 2015, Jaemin diperkenalkan sebagai bagian SM Rookies. Saat ini, Jaemin tergabung dalam NCT Dream.

Pada tahun 2017, tepat pada comeback NCT Dream untuk promosi lagu “The First and Last”, Jaemin tidak dapat berpartisipasi karena masalah kesehatan. Namun, dalam comeback selanjutnya, Jaemin dinyatakan sudah sembuh dan dapat mengikuti jadwal comeback “We Go Up”.

https://jakpost.net/

Bersama dengan Jeno, dirinya mengikuti aksi kemanusiaan lewat sebuah acara Good Neighbours di Bekasi. Di sana, dirinya bertemu dengan Pudori dan Slamet, yang bahkan turut serta dalam kegiatan memulung dan mencuci pakaian di pinggir sungai. Aksi ini jelas mendapatkan banyak pujian dari khalayak ramai.

Biodata dan Profil Jaemin

https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Na Jae Min
  • Nama Panggung: Jaemin
  • Tanggal Lahir: 13 Agustus 2000
  • Zodiak: Leo
  • Zodiak China: Naga (Dragon)
  • Tinggi Badan: 177 cm (5’8”)
  • Golongan Darah: AB
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan: Seoul of Performing Arts (SOPA)
  • MBTI: ISFJ-T
  • Akun Instagram: @na.jaemin0813

20+ Fakta Menarik Tentang Jaemin

  1. Jaemin lahir di wilayah Jeonju dan dibesarkan di kota Incheon.
  2. Keluarganya hanya terdiri atas ayah dan ibunya saja, sebab Jaemin adalah anak tunggal.
  3. Hingga saat ini, Jaemin telah masuk dalam sub-unit NCT Dream dan NCT U terutama ketika era ‘NCT 2020: Resonance’ untuk lagu “Make A Wish” dan “Work It”.
  4. Pada 3 Juni 2013 adalah waktu dimana Jaemin resmi bergabung dengan SM Entertainment. Dua tahun kemudian tepatnya pada April 2015, barulah Jaemin diperkenalkan sebagai bagian dari proyek SM Rookies.
  5. Jaemin di-casting oleh staf SM Entertainment ketika dirinya tengah menjalani pekerjaan sukarela (volunteer) di Kanal Ara Gyeongin.
  6. Sama halnya dengan member NCT Dream dan NCT lainnya yang masuk dalam bagian proyek SM Rookies, Jaemin pun juga muncul di program ‘Mickey Mouse Club’.
  7. Jaemin termasuk dalam ‘visual line’ grup NCT.
  8. Menurut Jeno, Jaemin adalah member NCT Dream yang paling tampan.
  9. Pada tahun 2016, Jaemin sempat memakai kawat gigi dalam (lingual).
  10. Banyak orang yang berspekulasi bahwa wajah Jaemin begitu mirip dengan aktor ternama Nam Goong Min.
  11. Jaemin menjadi salah satu member NCT yang terbaik dalam hal fanservice. Ketika acara fansign, Jaemin sering menunjukkan rasa cintanya kepada para penggemar.
  12. Pada tahun 2016 hingga 2018, Jaemin dinyatakan hiatus dari NCT Dream karena harus menjalani perawatan disk hernia.
  13. Jaemin sempat mengatakan bahwa jika tidak menjadi seorang idol K-Pop, maka dirinya akan menjadi seorang speed skater. Pada masa predebutnya, Jaemin memang dikatakan pernah menjuarai juara kedua dalam kompetisi speed skater kategori lintasan pendek.
  14. Jaemin adalah seorang SONE alias penggemar Girls’ Generation. Biasnya adalah Tiffany.
  15. Jaemin juga merupakan penggemar berat penyanyi Ariana Grande. Ketika melakukan V Live dengan para penggemar, Jaemin sering merekomendasikan lagu-lagu Ariana Grande.
  16. Mata pelajaran favoritnya adalah Pendidikan Jasmani (Olahraga), sementara mata pelajaran yang tidak disukainya adalah sosiologi.
  17. Memiliki hobi mengoleksi sepatu dan pakaian langka.
  18. Mark, Haechan, Jeno, dan Jaemin adalah siswa di SOPA. Mereka bahkan dielu-elukan sebagai F4 SOPA sebelum akhirnya Haechan, Jeno dan Jaemin berhenti sekolah. Hanya Mark hanya yang lulus dari SOPA.
  19. Jaemin suka menonton film bergenre horor.
  20. Role model: Kai EXO.
  21. Jaemin termasuk member yang pandai mengungkapkan kasih sayang kepada para member lainnya karena dirinya tumbuh di keluarga yang penuh kasih sayang. Terlebih lagi, di keluarganya pun Jaemin adalah anak tunggal.
  22. Sangat suka minum kopi, bahkan bisa minum sekitar 6 cangkir kopi setiap harinya.
  23. Jaemin tidak suka dengan es krim rasa choco mint dan susu.
  24. Dari semua member NCT Dream, Jaemin adalah yang paling ahli dalam olahraga panco.
  25. Hingga saat ini, Jaemin menjadi satu-satunya member NCT Dream yang telah debut di dunia akting. Hal itu dibuktikan dengan menjadi peran utama di sebuah web drama berjudul Way To Dislike You.
  26. Jaemin termasuk pandai dalam mengelola keuangan. Dirinya memiliki tabungan terpisah antara uang tunai, uang pensiun, hingga uang untuk urusan rumah.

6. Chenle

https://smtown-nctzens.fandom.com/

Chenle adalah anggota yang berasal dari Shanghai, Tiongkok dan memiliki nama asli Zhong Chenle, lahir pada 22 November 2002. Pada tahun 2016, SM Entertainment mengumumkan bahwa Chenle akan debut bersama NCT Dream.

Sebelum bergabung bersama NCT, Chenle adalah penyanyi cilik yang terkenal di Shanghai karena suaranya yang merdu. Banyak beredar video predebut Chenle yang menampilkan dirinya berada di panggung besar.

Tidak hanya memiliki bakat dan karya yang luar biasa, ternyata Chenle adalah cucu dari salah satu pebisnis yang kaya dan sukses di Tiongkok. Dapat dikatakan bahwa Chenle merupakan keturunan konglomerat.

Biodata dan Profil Chenle

https://kpopping.com/
  •  Nama Asli: Zh?ng Chénlè
  • Nama Korea: Jong Jin Rak
  • Nama Panggung: Chenle
  • Tanggal Lahir: 22 November 2001
  • Zodiak: Scorpio
  • Zodiak China: Ular (Snake)
  • Tinggi Badan: 176 cm (5’7”)
  • Golongan Darah: O
  • Kewarganegaraan: China
  • Pendidikan: Beijing Contemporary Music School
  • MBTI: INFP-T
  • Akun Instagram: @kh1000le
  • Akun Weibo: Chenle

20+ Fakta Menarik Tentang Chenle

  1. Chenle lahir dan besar di Shanghai, Cina.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan seorang kakak laki-laki yang lahir di tahun 1988.
  3. Hingga saat ini, Chenle telah tergabung dalam sub-unit NCT Dream dan NCT U untuk lagu “From Home”.
  4. Pada tahun 2016, Chenle resmi bergabung dengan SM Entertainment. Di tahun itu pula, Chenle dinyatakan debut sebagai member NCT Dream.
  5. Sebelum debut, Chenle memang adalah seorang penyanyi berbakat di China. Dirinya pernah berpartisipasi dalam sebuah ajang pencarian bakat. Pihak SM Entertainment yang mengetahui eksistensinya pun men-castingnya melalui panggilan telepon kepada ibunya.
  6. Sejak kecil, Chenle memang sering bergabung dalam ajang pencarian bakat seperti British Got Talent versi China dan Voice Kids versi China.
  7. Berkat partisipasinya dalam beberapa ajang pencarian bakat, Chenle memiliki banyak penggemar dan sering mengadakan fanmeet sekaligus merilis album miliknya sendiri.
  8. Nama fandomnya sebelum debut menjadi member NCT Dream adalah Little Sun.
  9. Setelah kepindahannya ke Korea Selatan untuk menjalani trainee, Chenle langsung belajar Bahasa Korea dan cepat mengerti hanya dalam waktu beberapa bulan saja.
  10. Chenle termasuk member NCT yang cerdas dan kepribadiannya pun ceria, ramah, percaya diri, dan penuh sisi positif.
  11. Memiliki lesung pipi ketika tengah tersenyum.
  12. Chenle mendapatkan julukan ‘Dolphin’ karena suara tawanya yang unik seperti lumba-lumba.
  13. Chenle selalu berambisi kuat untuk menang dalam sebuah permainan atau misi.
  14. Chenle pernah didapuk sebagai penyanyi yang mengisi acara peringatan 40 tahun hubungan diplomatik antara Austria dan China. Kala itu, Chenle menyanyikan OST musikal Cats berjudul “Memory” di Gedung Konser Wiener Musikverein, Vienna, Austria. Dalam konser peringatan hubungan diplomatik tersebut, Chenle menjadi penyanyi termuda.
  15. Pada tahun 2013, Chenle ternyata pernah bertemu dengan rekannya Jisung di sebuah Konser Anak Internasional yang diadakan di Tiongkok. Siapa sangka jika keduanya sekarang menjadi rekan akrab di grup NCT Dream.
  16. Sejak Oktober 2020, Chenle menggantikan Renjun menjadi DJ Radio TBS ‘Akdong Seoul’ dengan julukan LeD (Chenle + DJ).
  17. Hobi: bermain basket, mendengarkan musik, bermain piano, dan hiking.
  18. Chenle termasuk member NCT yang seorang polyglot alias dapat menguasai banyak bahasa yakni Cina, Korea, Jepang, dan Inggris.
  19. Chenle sangat mengidolakan pemain NBA Stephen Curry.
  20. Sebenarnya, Chenle sangat ingin memelihara anak anjing, tetapi ibunya tidak mengizinkannya.
  21. Chenle tidak suka minuman berkarbonasi.
  22. Pada 7 April 2019 lalu, Chenle resmi menjadi paman karena keponakannya telah lahir.
  23. Berteman akrab dengan Jun dan The9 SEVENTEEN karena sama-sama berasal dari China.
  24. Ibu Chenle telah membeli rumah di Seoul supaya dapat tinggal bersamanya. Jika ibunya kembali ke China, maka Chenle akan tinggal bersama dengan bibinya. Hal ini diungkapkan dalam acara One Night Sleepover Trip.
  25. Diketahui bahwa keluarga Chenle sangat kaya karena memiliki apartemen mewah dan luas di China. Hal ini diungkapkan dalam acara One Night Sleepover Trip.

7. Jisung

Member NCT Dream
https://smtown-nctzens.fandom.com/

Jisung memiliki nama asli Park Ji-Sung, lahir pada 5 Februari 2002 di Seoul, Korea Selatan. Pada tahun 2013, Jisung diperkenalkan sebagai anggota SM Rookies dan dua tahun selanjutnya, dirinya tampil dalam MV milik Yunho TVXQ berjudul “Champagne”.

Pada tahun 2016, Jisung debut dalam unit NCT Dream sebagai anggota termuda karena pada saat itu, umurnya baru menginjak 14 tahun. Meskipun begitu, Jisung membuktikan kemampuan dan bakatnya dalam menari sehingga dirinya menjadi main-dancer.

Sayangnya, pada promosi NCT 2020: RESONANCE, Jisung mengalami cedera lutut, sehingga tidak dapat mengikuti serangkaian promosi tersebut. Meskipun begitu, dirinya juga ikut andil dalam NCT U terutama untuk lagu “Work It”.

Biodata dan Profil Jisung

https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Park Ji Sung
  • Nama Panggung: Jisung
  • Tanggal Lahir: 5 Februari 2002
  • Zodiak: Aquarius
  • Zodiak China: Ular (Snake)
  • Tinggi Badan: 180 cm (5’9”)
  • Golongan Darah: O
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan: High School Graduation Equivalency Examination (GED)
  • MBTI: INFP
  • Akun Instagram: –

20+ Fakta Menarik Tentang Jisung

  1. Jisung lahir dan dibesarkan di kota Seoul.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan seorang kakak laki-laki bernama Park Jihwan yang lahir di tahun 1988.
  3. Hingga saat ini, Jisung telah tergabung dalam sub-unit NCT Dream dan NCT U untuk proyek NCT 2020: Resonance pada lagu “Work It”,
  4. Sebelum debut, Jisung adalah seorang aktor cilik dan member dari Poppin’ Hyunjoon Kids Crew. Pihak SM Entertainment pun men-castingnya setelah penampilan Jisung di acara Dance 9 pada tahun 2013.
  5. Sejak SD, Jisung telah belajar tari poppin’ dan b-boying.
  6. Atas keterampilan menarinya yang keren, Jisung kerap dijadikan center dalam grup NCT.
  7. Saat debut bersama member NCT Dream, Jisung disebut-sebut sebagai idol K-Pop termuda karena debut di usia 14 tahun.
  8. Sejak menjadi trainee hingga sekarang, tinggi badan Jisung selalu bertambah. Saat pertama kali menjadi trainee tingginya adalah 145 cm dan sekarang telah bertambah menjadi 180 cm.
  9. Jisung mudah merasa canggung ketika berada bersama orang asing.
  10. Jisung mudah takut sehingga tidak dapat menaiki wahana yang ada di taman hiburan.
  11. Sejak kecil, Jisung kerap tampil menari di berbagai program TV. Mulai dari Show Me the Money pada episode 3 (2012), sebagai penari cadangan di Immortal Songs pada episode 104 (2013), turut berakting dalam drama Deep Rooted Tree (2011), berpartisipasi di acara menari khusus idol Dancing High (2013), dan lainnya.
  12. U-Know Yunho TVXQ, Kai EXO, dan Taemin SHINee adalah sosok senior di agensi yang sangat dihormati oleh Jisung.
  13. Mata pelajaran favoritnya semasa sekolah adalah Pendidikan Jasmani (Olahraga) dan Ilmu Sosial.
  14. Telapak tangan Jisung sangat besar, yakni berukuran 20 cm.
  15. Sangat suka es krim rasa choco-mint.
  16. Bagi Jisung, lagu “Angel” milik EXO adalah lagu yang menginspirasinya untuk menjadi seorang penyanyi. Hingga sekarang pun, Jisung masih sering mendengarkan lagu tersebut.
  17. Memiliki kebiasaan menyentuh cambangnya dan meletakkan rambutnya di belakang telinga.
  18. Pada Februari 2020 lalu, Jisung melakukan siaran langsung melalui VLive dan mengatakan bahwa dirinya tengah merayakan ulang tahun ke-19 dan akan segera mendapatkan KTP.
  19. Jisung mengaku bahwa dirinya memiliki sedikit teman karena masa sekolahnya hanya sebentar. Terlebih lagi, saat sekolah lanjutan pun Jisung hanya menjalani tes GED (jika di Indonesia disebut dengan sistem kejar paket).
  20. Sejak SMP, Jisung sudah keluar dari sekolah dan mengambil tes GED untuk ijazah sekolah menengah sekaligus sekolah menengah atas.
  21. Jisung gemar memainkan game League of Legends dan game Agar.io.
  22. Pada awal tahun 2020, Jisung menjadi satu-satunya member NCT yang masih berada di bawah umur.
  23. Di dorm, Jisung berbagi kamar dengan Renjun. Teman kamar sebelumnya adalah Jaemin.
  24. Pada November 2020, pihak SM Entertainment mengumumkan bahwa Jisung akan hiatus sementara karena mengalami cedera lutut.

Itulah beberapa fakta menarik dari para member NCT Dream. Semoga semua pembahasan di atas, dapat menginspirasi kamu, Grameds.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jika ingin mencari buku yang berkaitan dengan boyband Korea, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Atau melihat beberapa rekomendasi buku di bawah ini.

5 Rekomendasi Buku Terkait

1. NCT TO THE WORLD

Siapa sih yang enggak kenal Taeyong? Salah satu member dari boy group yang hampir pasti jadi bahan pembicaraan kalangan penggila idol-idol di bawah naungan SM Entertainment. Satu lagi adik seperguruan dari TVXQ, Super Junior, Shinee, dan EXO… NCT!!!

Boy group satu ini sejak awal debut mencuri perhatian K-popers karena konsepnya yang unik. Penasaran seperti apa perjalanan mereka dari tahun 2016 hingga saat ini? Yuk, simak perjuangan pria-pria imut ini dalam NCT TO THE WORLD!

2. NCT The Superhumans

NCT The Superhumans adalah album mini dari boyband Korea Selatan NCT 127, yang dirilis pada 24 Mei 2019 oleh SM Entertainment. Album ini memuat single utama “Superhuman” dan lima lagu lainnya. NCT berkonsep boy grup dengan jumlah member yang tak terhingga. Mereka pun terbagi ke dalam beberapa sub-unit yang tidak hanya beraktivitas di Korea Selatan saja.

Melalui program pelatihan buatan SM Entertainment, SM Rookies, NCT dipersiapkan sejak tahun 2013. Perekrutan member NCT dilakukan lewat berbagai cara, mulai dari perekrutan jalanan, rekomendasi pribadi hingga lewat program SM Global Audition.

3. NCT Multiverse Group

“To the world”, tentu salam ini sudah sangat kalian kenal. Dan tentunya kalian semua tidak asing lagi dengan grup yang memiliki penampakan dan penampilan super enerjik ini. Selain itu, parasnya yang rupawan ditambah dengan bakatnya yang luar biasa di bidang musik menjadikan NCT menjadi grup dengan talenta lengkap. Tidak hanya penampilan NCT yang terlihat keren, namun siapa sangka NCT juga memiliki keunikan lain, yaitu dengan jumlah anggota yang tidak terbatas, ditambah dengan sub unit yang anggotanya berubah-ubah, menjadikan saling berkolaborasi menjadi ciri khas NCT.

NCT, nama grup ini sudah sangat dikenal di Indonesia. NCT adalah grup bentukan dari SM Entertainment dengan jumlah anggota terbanyak dan sering berubah-ubah. Musik yang disuguhkan NCT pun beraneka ragam mulai dari bubblegum pop, EDM, ballad sampai hip hop, namun dengan tetap mengusung tempo musik yang adiktif dan juga easy listening di telinga para penggemarnya.

Buku ini juga menunjukkan semangat untuk terus maju, hal ini dibuktikan dengan popularitas NCT di kancah hiburan Korea yang tetap semakin mendominasi, meskipun persaingannya juga sangat ketat.

4. The Big 3 New Lords In K-Pop

Pop Korea adalah sub-genre musik pop yang berasal dari Korea Selatan. Pop Korea dan Drama Korea merupakan dua bagian yang tak terpisahkan dari Gelombang Korea, yang menyebar di berbagai negara di seluruh dunia. Korean Pop atau musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Genre dari musik yang dimaksud pun beragam, bisa dari hip-hop, jazz, rock, electronic dance, dan lain sebagainya.

Sebagai pecinta K-pop, pasti kalian nggak asing dengan sebutan “The Big 3”. Yup, tiga agensi K-pop yang terdiri dari SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Tapi kali ini, bukan The Big 3 K-pop Agency yang akan kita bahas, melainkan “The Big 3” grup idol cowok yang mendominasi dunia K-pop sepanjang tahun 2017 hingga saat ini.

5. SuperM: The Avengers Of K-Pop

The Avengers of K-Pop? Ini bukan kisah tentang para superhero dengan kekuatan ajaibnya, melainkan ini adalah awal mula dari cerita ‘mereka,’ SuperM. Kisah 7 cowok tampan dengan tarian dan suara merdu mereka, yang mampu menghipnotis para kaum hawa. Ibarat para superhero yang memiliki cerita dan filmnya sendiri sebelum bergabung di “Avengers,” begitu pun para anggota SuperM.

Para 7 cowok tampan di SuperM terdiri dari; Baekhyun, Kai, Lucas, Mark Lee, Taemin, Taeyong, dan Ten. Mereka pun masih tergabung dalam grup asli mereka di bawah SM Entertainment yaitu EXO, NCT, SHINEE, dan Wavy, tetapi mereka juga mempunyai misi khusus. Sebuah misi untuk mengibarkan bendera “SuperM” ke penjuru dunia.

Jadi, apa sajakah ‘kekuatan’ yang dimiliki oleh SuperM ini? Lalu, kenapa mereka diberi julukan “The Avengers of K-Pop” oleh banyak orang? Dan mampukah mereka membawa nama “SuperM” terbang jauh dan menaklukan dunia? Mari temukan jawabannya di sini!

Sumber:

https://smtown-nctzens.fandom.com/

https://kprofiles.com/

https://en.kepoper.com/



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.