in

10 Manfaat Mengisi TTS (Teka-Teki Silang)

Manfaat Mengisi TTS – Grameds, pernahkah kalian bermain TTS (Teka-Teki Silang) sebelumnya? Jika pernah maka kalian sudah tidak asing lagi dengan salah satu permainan pengasah otak ini. Benar sekali, TTS merupakan suatu permainan yang melatih kemampuan otak dengan menyambung setiap huruf dari sebuah kata dengan huruf lain. Dari hasil penyambungan ini akan ditemukan kata baru yang sedang dicari. Wah, seru sekali ya, Grameds

Banyak orang, baik dewasa, remaja, maupun anak-anak yang melakukan permainan ini dengan tujuan mengisi waktu luang. Biasanya orang bisa menemukan permainan TTS di lembar koran, majalah, buku atau satu set permainan TTS.

Selain itu, kebanyakan dari kita menyukai permainan ini karena membuat diri merasa tertantang dan penasaran dengan kata berikutnya yang belum ditemukan. Grameds penasaran dengan permainan TTS ini? Yuk, kita baca penjelasannya!

https://pixabay.com/

Pengertian TTS

TTS merupakan singkatan dari teka-teki silang, yaitu salah satu permainan kata yang dibentuk dari kotaK-kotak kosong; ruang hitam dan ruang putih. Biasanya orang akan diminta mengisi ruang kosong dengan kata yang memiliki kesinambungan dengan huruf dari kata sebelumnya sehingga terbentuklah frasa baru. Adapun tujuan dari permainan TTS adalah menemukan atau mencari sebuah kata baru dari petunjuk pada setiap kata sebelumnya.

TTS memiliki format berbeda-beda pada setiap negara. Untuk format TTS di Indonesia mengikuti yang ada di Britania Raya, India, Australia, dan Afrika Selatan, yaitu sebuah format dengan bentuk anyaman yang memiliki kotak-kotak putih dan hitam. Jika diperhatikan lebih jelas, maka bisa kita lihat 25% berisi kotak hitam dan 50% huruf tidak saling menyilang, sisanya merupakan bagian yang berkesinambungan.

[algolia_carousel]

Berbeda dengan desain TTS di Amerika yang lebih banyak memiliki ruang atau kotak putih untuk diisi. Namun, untuk tata cara pengisiannya tetap mengikuti kaidah menurun dan mendatar. Itulah pengertian singkat dari permainan TTS.

tombol beli buku

Sejarah Lahirnya TTS

TTS atau teka-teki silang pertama kali ditemukan oleh seorang jurnalis asal Liverpool. Ia adalah Arthur Wyne yang bekerja di kantor koran New York. Awalnya ia ditugaskan untuk membuat sebuah permainan yang akan dimuat dalam koran agar para pembaca tertarik membaca koran tersebut.

Akhirnya, ia mulai mencari sumber referensi permainan yang dapat dinikmati oleh pembaca. Hingga kemudian Arthur menemukan sebuah permainan kuno yang bernama Pompeii atau anak-anak di Amerika sering menyebutnya sebagai Magic Square. Dari sinilah muncul ide untuk membuat permainan TTS.

TTS sendiri merupakan permainan penyusunan kata. Untuk pertama kali permainan tersebut terbit di surat kabar New York edisi Minggu pada tahun 1913, yaitu kantor tempat Arthur bekerja. Banyak orang yang ternyata menikmati permainan tersebut, sehingga mendorong Arthur untuk terus membuatnya.

Ia membuat desain permainan TTS dalam bentuk pola kristal berlian. Dalam permainan ini ditulis secara mendatar dan menurun. Hingga akhirnya TTS menjadi sebuah permainan yang populer di Amerika dan banyak lapisan masyarakat menikmatinya.

Pada tahun 1920, setelah mengetahui TTS menjadi bahan perbincangan banyak orang, maka surat kabar lain di Amerika ikut menerbitkan permainan tersebut. Setelah makin terkenal dan diketahui banyak orang Amerika, TTS mengalami perkembangan di Eropa. Dan untuk pertama kalinya pada tahun 1922, TTS dimuat di Majalah Pearson’s Magazine.

Perkembangannya yang begitu pesat membuat TTS menjadi sebuah kontroversi di Amerika. Pasalnya, orang-orang Amerika banyak menghabiskan waktunya untuk memainkan permainan ini. The Times menjadi salah satu media yang mengeluarkan artikel bahwa TTS dapat menghancurkan jam kerja individu.

Namun, adanya artikel tersebut tidak berdampak apapun pada kepopuleran TTS. Terbukti TTS semakin dikenal di banyak negara, bahkan mengalami perkembangan yang signifikan baik dari segi bahasa maupun pola penulisan. Para ahli juga membuat penelitian yang berkaitan dengan keuntungan bermain TTS pada kecerdasan kognitif, sehingga makin membuat TTS dipercaya sebagai permainan pengasah otak.

Permainan TTS sendiri memiliki banyak variasi baik yang menampilkan definisi kata, permainan kata, pengetahuan umum, maupun anagram. Selain itu, TTS memiliki berbagai tema di dalamnya seperti musik, sastra, olahraga, geografi, dan lainnya. Pada akhirnya permainan TTS ini dapat dinikmati oleh banyak orang hingga detik ini.

tombol beli buku

Manfaat Mengisi TTS

Dengan banyaknya manfaat mengisi teka-teki silang, hampir semuanya berkaitan dengan kesehatan otak, mental, dan daya ingat. Meskipun tidak banyak berkaitan langsung dengan kesehatan fisik, mengisi teka-teki silang memiliki banyak manfaat yang seringkali dianggap sepele. Kalian pasti tidak mau kan di saat sudah menua nanti badan kalian sehat dan bugar, namun daya ingat melemah?

Grameds, di bawah ini merupakan manfaat dari mengisi teka-teki silang yang penting untuk kita ketahui.

1. Mempertajam Daya Ingat 

Saat mengisi teka-teki silang, Grameds pasti dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan yang memaksa kalian untuk menggali memori. Baik itu memori lama atau baru, tentu hal ini dapat merangsang daya ingat kalian terhadap peristiwa atau sesuatu. Misalnya, kalian harus memutar kembali ingatan mengenai nama tokoh, peristiwa, istilah, nama kota, dan lainnya.

2. Mengurangi Resiko Alzheimer dan Demensia

Selain mempertajam daya ingat, bermain teka-teki silang dapat mengurangi risiko seseorang mengalami Alzheimer dan Demensia. Kedua penyakit ini berkaitan dengan ingatan. Alzheimer merupakan salah satu jenis demensia. Sementara demensia sendiri merupakan istilah lain dari penyakit pikun.

Sebuah penelitian yang tergabung dalam Journal of the International Neuropsychological Society mampu membuktikan bahwa permainan teka-teki silang memiliki peran penting. Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa TTS dapat memperlambat terkikisnya ingatan pada orang-orang lanjut usia (lansia) yang menderita demensia.

Mengisi teka teki silang atau TTS merupakan salah satu permainan yang merangsang kesehatan mental dan mengasah otak untuk selalu berfikir. Orang-orang lansia yang rajin melakukan keduanya dapat mengurangi resiko mengalami gangguan kognitif dan Alzheimer. Selain mengisi TTS, bermain catur juga dapat mengurangi resiko Alzheimer.

3. Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Orang-orang yang rajin bermain teka-teki silang rata-rata memiliki daya pikir dan analisa yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak bermain TTS. Selain itu, mereka yang rajin memainkannya, termasuk para lansia, memiliki kemampuan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Bagaimana tidak? Setiap mengisi TTS, mereka akan terus mencari jawaban hingga berhasil tanpa mau diganggu meski hanya untuk makan.

4. Mencari Pemecahan Masalah

Kode-kode tertentu dalam permainan ini bagaikan sebuah clue untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan teka-teki silang. Sebagaimana kita tahu, setiap jenis TTS memiliki pendekatan yang berbeda untuk menyelesaikannya. Oleh karena itu, para pemain TTS akan dituntut untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang berbeda. Hal ini membantu para pemain TTS memiliki perhitungan yang kuat dalam menyelesaikan masalah.

Kebiasaan mengisi TTS merangsang kemampuan para pemainnya terampil dalam menghadapi masalah yang sesungguhnya dalam hidup. Karena terbiasa menyelesaikan masalah, maka tidak heran apabila orang-orang yang bermain TTS mempunyai banyak alternatif solusi. Tidak hanya itu, para pengisi TTS terbiasa mengeksplor apapun untuk mendapatkan jawaban, seperti membaca artikel atau bertanya kepada orang lain.

tombol beli buku

[algolia_carousel page=2]

5. Memperkaya Kosakata

Selama mengisi TTS, kalian dituntut mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalamnya. Terkadang, sebuah jawaban berasal dari beberapa istilah yang berbeda meskipun maksudnya sama. Misalkan untuk clue tempat tinggal atau menginap, jawaban bisa saja rumah, hotel, apartemen, mess, kos, dan istana.

Seandainya tidak cocok, maka kalian harus mencari istilah lain sehingga jawaban kalian sesuai dengan kotak yang ada di TTS. Eksplorasi seperti ini tentu saja akan mengantarkan kalian pada pengetahuan-pengetahuan baru. Maka, tidak heran jika para pengisi TTS kaya akan kosakata.

6. Mempertahankan Kemampuan Kognitif

Mengisi teka-teki silang secara rutin, setidaknya dalam satu pekan selama 90 menit, diyakini dapat mempertahankan bahkan bisa meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Bagaimana tidak? Kemampuan berpikir, menghubungkan satu kosakata dengan lainnya, dan menyikapi keberhasilan atau kegagalan seakan dilatih selama mengisi TTS.

Serangkaian proses yang dilalui oleh para pengisi TTS memaksa otak bekerja untuk memroses banyak hal. Maka tidak heran bila orang-orang yang rajin mengisi TTS masih memiliki kemampuan kognitif yang baik. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki kemampuan negosiasi yang baik.

7. Mengurangi Stres

Dari kacamata kesehatan mental, bermain TTS secara wajar dapat memberikan dampak positif terhadap emosi. Tidak bisa dipungkiri bahwa permainan TTS memiliki keseruan yang mengasah kecerdasan. Keseruan tersebut dapat membantu kalian dalam mengurangi risiko stres.

Beberapa studi ilmiah mendukung kesimpulan tersebut. Disebutkan bahwa aktivitas yang mengasah kemampuan kognitif terbukti efektif dalam mengurangi kecemasan. Dibandingkan dengan menonton televisi atau belanja, bermain TTS memiliki efektivitas yang lebih tinggi.

Begitu kalian menemukan jawaban yang sesuai, tubuh akan memproduksi hormon dopamin. Adanya hormon ini memberikan rasa nyaman sehingga suasana hati kalian menjadi lebih baik. Akibatnya, kalian dapat bekerja lebih optimal.

8. Menghangatkan Hubungan

Mengisi TTS sudah cukup seru, lho.. Namun, mengisinya dengan membentuk kelompok sepertinya lebih seru. Ada interaksi sosial selama pengisian TTS.

Selama mencari jawaban, kalian pasti melakukan diskusi, memberi saran, atau sekadar bercanda. Komunikasi yang terjalin selama permainan dapat mencairkan suasana. Tentunya hal ini memiliki dampak yang positif untuk hubungan sosial kalian dengan orang lain.

Kebahagiaan dapat dirasakan bersama begitu kalian tahu bahwa jawaban kalian benar. Atau kesedihan pun dapat dirasakan bersama begitu tahu bahwa jawaban kalian salah. Rasa kebersamaan pada momen-momen ini akan tumbuh dan dapat menghangatkan hubungan kalian.

Kelebihan permainan TTS ini data dimainkan kapan saja, di mana saja, dan dengan siapa saja. Bahkan, di tempat umum dengan orang asing saat menunggu pesawat datang, kalian bisa memainkannya. Tapi kalian perlu memastikan dulu orang yang akan kalian ajak bermain sedang baik-baik saja dan tidak terganggu dengan tawaran kalian.

9. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Setiap keberhasilan yang kalian capai akan memberikan rasa percaya diri kalian. Semakin banyak keberhasilan yang dicapai, semakin tinggi pula kepercayaan diri yang kalian miliki. Kepercayaan diri merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap individu.

Saat berhasil mengerjakan TTS dengan benar, maka kepercayaan diri kalian akan meningkat dengan pesat. Kepercayaan diri dapat mengundang rasa bahagia karena berhasil mencapai tujuan. Oleh karena itu, banyak orang yang semakin giat mengisi TTS setelah meraih keberhasilan pada permainan sebelumnya.

tombol beli buku

 

10. Meningkatkan Kedisiplinan Diri

Permainan ini juga dapat digunakan untuk melatih kedisiplinan diri. Misalnya, sebuah TTS pada umumnya dapat diselesaikan dalam waktu satu jam. Saat mengerjakan TTS, disadari atau tidak, kalian akan berkomitmen terhadap diri kalian sendiri.

Kalian bertekad untuk mengisi TTS paling lama satu jam saja. Maka kalian akan fokus dan tidak terganggu untuk melakukan apapun selain menyelesaikan TTS. Apabila kalian terganggu melakukan pekerjaan lain, komitmen kalian tidak akan tercapai.

Melihat kondisi di atas, berhasil atau tidak tercapainya komitmen kalian bergantung pada kedisiplinan diri. Bagi kalian yang terbiasa dengan kedisiplinan, tentu komitmen tersebut dapat dipenuhi dengan mudah. Oleh karena itu, bermain TTS dapat melatih diri kalian untuk disiplin.

11. Menghadirkan Rasa Nyaman

Bagi para penakluk tantangan, permainan TTS perlu kalian coba. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan beberapa clue yang tersedia dapat menjadi tantangan tersendiri untuk kalian taklukkan. Bahkan kalian bisa saja merasa bodoh dan frustasi saat kalian tidak menemukan petunjuk.

Namun, jika kalian terus berusaha untuk mencapai tujuan, bisa dengan berkolaborasi dengan orang lain, mungkin saja kalian akan mendapatkan petunjuk.  Setelah beberapa kali pasang surut berjuang, kalian berhasil menemukan jawaban. Bayangkan betapa nyaman dan damainya hati kalian di saat itu.

Begitu tantangan tersebut dapat kalian atasi, rasa nyaman mengalir di dalam dada kalian.

Bagaimana Grameds? Banyak sekali ya manfaat yang bakal kalian dapatkan dengan mengisi TTS. Manfaat yang kita ulas di atas sekilas tampak sepele, tetapi sebenarnya penting untuk menjaga daya ingat, kesehatan mental, dan kesehatan otak.

Sebanyak apapun manfaat mengisi TTS untuk kesehatan, tetap saja segala sesuatu harus sesuai porsinya. Mengisi TTS secara berlebihan hingga lupa waktu dan tanggung jawab justru dapat menimbulkan masalah baru. Tentu kalian perlu menakar sendiri berapa lama waktu yang benar-benar tepat untuk mengisi TTS.

Agar tidak mengganggu aktivitas utama kalian, pengisian TTS sangat direkomendasikan di waktu-waktu tertentu. Misalnya saat kalian sedang menunggu seseorang atau antrean, bosan dengan rutinitas sehari-hari, atau senggang tidak ada pekerjaan. Permainan TTS ini juga disarankan untuk orang-orang yang sudah pensiun dari pekerjaan.

Kesimpulan 

Itulah penjelasan singkat mengenai TTS ya, Grameds. Bagi kalian yang sudah sering memainkannya pasti lebih bisa membayangkan bagaimana permainan tersebut. TTS menjadi permainan yang banyak digemari oleh beragam lapisan masyarakat, karena permainan ini membuat orang mengisi dengan menebak dan mencari sebuah kata yang memiliki kesinambungan dari huruf-huruf di kata sebelumnya.

Permainan TTS ini juga memiliki banyak manfaat seperti yang telah dijelaskan di atas. Manfaat-manfaat tersebut tidak sedikit membuat orang semakin bertambah pengetahuan dan terlatih untuk berpikir cepat. Selain itu, TTS juga menjadi permainan yang bukan sekadar menghibur, melainkan meningkatkan kemampuan kognitif seseorang juga.

tombol beli buku

Nah, sampai di sini dulu ya, Grameds, penjelasan terkait TTS. Jika Grameds ingin mengetahui lebih jauh terkait TTS maupun ingin memainkannya, maka Grameds dapat mulai mencarinya di toko buku Gramedia atau mengunjungi link gramedia.com. Gramedia akan terus menjaga semangat untuk menjadi #SahabatTanpaBatas dengan menyajikan buku-buku terbaik untuk kalian.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Mutiani Eka Astutik

Baca Juga!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum