in

15 Manfaat Susu Beruang Bagi Kesehatan

Manfaat Susu Beruang – Grameds, apakah kamu tahu manfaat susu beruang? Susu beruang cukup populer dikalangan masyarakat awam di Indonesia. Hal itu dikarenakan susu beruang ini menjadi salah satu minuman pilihan yang biasa dijadikan sebagai obat ketika sedang sakit.

Akan tetapi, susu beruang merupakan susu sapi yang telah melalui proses sterilisasi yang baik, sehingga kandungan yang terdapat di dalam susu ini menjadi lebih sehat dari susu biasa. Artikel ini akan membahas mengenai apa saja manfaat dari susu beruang bagi kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat susu beruang bagi kesehatan:

1. Membersihkan Organ Darah dan Tubuh

Manfaat susu beruang: Membersihkan Organ Darah dan TubuhManfaat susu beruang yang pertama adalah dapat membersihkan organ darah. Pasalnya di dalam susu beruang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Inilah  yang membuat susu beruang ini sangat bermanfaat untuk membuat aliran darah menjadi bersih.

Lebih dari itu, susu beruang juga bisa berguna untuk membersihkan organ tubuh seperti perut, rongga dada, hati, dan banyak organ dalam lainnya.

2. Menetralkan Racun dalam Tubuh

Tubuh manusia di dalamnya memiliki racun yang berasal dari banyak hal. Racun tersebut dapat berasal dari makanan, pikiran, dan banyak hal lainnya. Susu beruang juga ternyata memiliki manfaat untuk dapat menetralkan racun yang terdapat di dalam tubuh. Penetralisir racun ini berasal dari kandungan mineral yang ada di dalam susu beruang.

Kandungan lainnya juga berperan untuk menetralkan racun. Seperti kandungan zat gizi yang ada dalam susu beruang, juga berasal dari proses sterilisasi yang baik.

3. Menjaga Kadar Kolesterol

Seperti susu sapi pada umumnya, susu hasil sterilisasi ini juga memiliki kandungan lemak di dalamnya. Lemak yang terkandung dalam susu beruang adalah lemak jenuh. Maka ketika lemak jenuh tersebut bertemu dan bersintesis dengan protein, lemak tersebut akan menjadi lemak yang bermanfaat bagi tubuh.

Maka dari itu, lemak jenuh yang terkandung tersebut memiliki manfaat untuk menurunkan risiko penyakit. Penyakit yang dicegah adalah penyakit yang berakibat dari kandungan kolesterol yang tinggi di tubuh manusia. Manfaat susu beruang ini dapat menurunkan kadar kolesterol.

Susu Fermentasi Kedelai Dan Madu Potensi Untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang Wanita Menopause
Susu Fermentasi Kedelai Dan Madu Potensi Untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang Wanita Menopause

tombol beli buku

Buku ini akan membahas mengenai cara meningkatkan kesehatan tulang wanita menopause. Setiap wanita akan mengalami masa menopause dan dengan meningkatnya usia harapan hidup menjadi 70 tahun menyebabkan sebagian besar wanita akan menjalani sepertiga hidupnya pada masa menopause. Pada masa menopause wanita akan mengalami masalah masalah kesehatan terutama penurunan massa tulang. Oleh karena itu kesehatan wanita menopause perlu mendapatkan perhatian. Salah satu upaya untuk meningkatkan status kesehatan wanita menopause adalah melalui pemenuhan gizi seimbang dan konsumsi pangan fungsional.

4. Mengoptimalkan Fungsi Kerja Otak

Manfaat susu beruang selanjutnya juga kearah fungsi kerja otak. Secara umum, susu memang memiliki manfaat yang sangat baik terhadap fungsi kerja otak. Begitu juga halnya dengan susu beruang.

Susu beruang juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk membuat otak agar terstimulasi lebih aktif. Ini akan berakibat pada kinerja otak. Sehingga kinerja otak akan menjadi lebih maksimal dalam berpikir apabila kita mengonsumsi susu beruang secara rutin.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat susu beruang untuk meningkatkan kekebalan tubuh banyak dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Terlebih ketika masa pandemic ini. Hal ini karena kekebalan tubuh sangat penting untuk tetap bertahan. Sehingga tubuh tidak terjangkit virus.

Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam susu beruang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu mengonsumsi susu beruang secara rutin sangat dianjurkan dalam kondisi apapun. Fungsinya adalah supaya tubuh tidak terserang penyakit.

6. Mengurangi Pengeroposan Kulit

Susu beruang memiliki banyak kandungan, dengan begitu susu beruang juga memiliki manfaat yang banyak. Dalam mengurangi pengeroposan kulit, kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E sangat membantu dalam proses regenerasi kulit. Sehingga manfaat susu beruang juga dapat mengurangi pengeroposan kulit. Selain mencegah pengeroposan, kandungan tersebut juga membantu dalam mencegah kerusakan sel yang lebih cepat.

7. Mempercepat Pemulihan Sakit Tifus

Manfaat susu beruang: Mempercepat Pemulihan Sakit TifusPenyakit tifus menjadi salah satu penyakit yang banyak diidap oleh kebanyakan orang yang mengalami kelelahan setelah melewati banyak aktivitas yang berat. Selain itu, penyakit tifus ini juga dapat disebabkan karena makan makanan yang tidak higienis. Munculnya penyakit tifus adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia.

Dalam hal ini manfaat susu beruang salah satunya untuk membantu proses pembersihan usus. Sehingga mengonsumsi susu beruang secara rutin juga dapat membantu mencegah terjangkit penyakit tifus.

8. Menyembuhkan Flu dan Sakit Paru-Paru

Paru-paru menjadi salah satu organ dalam yang sering terpapar akan virus yang masuk melalui rongga pernapasan. Di dalam susu beruang memiliki kandungan vitamin kompleks yang mempunyai manfaat yang besar. Manfaat tersebut sangat berguna dalam merawat sel paru-paru.

Selain itu vitamin tersebut juga dapat menjauhkan paru-paru dari serangan virus. Paru-paru juga dapat terhindari dari paparan debu yang masuk dari luar. Terakhir, vitamin C yang terkandung juga sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap vit dan terhindar dari virus flu. Manfaat susu beruang yang diminum secara teratur dapat membantu menyembuhkan flu dan penyakit paru-paru.

9. Mengurangi Dampak Merokok

Ada banyak dampak rokok yang diakibatkan kepada tubuh perokok. Dampak tersebut tidak jarang banyak mengakibatkan penyakit yang sangat serius. Beberapa dampak seperti dapat terjadi. Contohnya seperti serangan bakteri, karang gigi dan gigi kuning, batuk dan sedak, serta bau mulut.

Racun-racun yang bertumpuk di paru-paru dapat diatasi dengan mengkonsumsi susu beruang secara rutin. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan yang sangat bermanfaat untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan dari merokok. Sehingga manfaat susu beruang bisa didapatkan oleh organ tubuh yang rusak akibat rokok.

Baca Juga:

10. Baik untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil sudah menjadi keharusan untuk tetap menerima banyaknya asupan yang memiliki kandungan bergizi. Hal itu berguna untuk ketahanan dari sang Ibu dan bagi janinnya. Oleh karena itu susu, beruang menjadi salah satu jawaban untuk memberikan manfaat bagi ibu hamil.

Seperti memenuhi kebutuhan protein bagi janin dan mengatasi gejala asam lambung. Manfaat susu beruang bagi ibu hamil juga dapat mengurangi potensi kelainan tulang pada anak atau risiko rakitis. Lebih lanjut, susu beruang dapat mendukung pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi di dalam kandungan.

Teknologi Susu, Daging Dan Telur
Teknologi Susu, Daging Dan Telur

tombol beli buku

Buku ini ditulis untuk secara khusus untuk memberikan wawasan dan pengetahuan seputar perkembangan teknologi penanganan, pengawetan, maupun pengolahan pangan hewani.

11. Mengatasi Jerawat

Jerawat menjadi masalah yang cukup serius bagi sebagian orang. Terlebih bagi anak remaja yang masih lebih menginginkan untuk keluar rumah. Jangan salah, jerawat juga akan berdampak terhadap kekebalan tubuh dan kondisi tubuh.

Ternyata, manfaat susu beruang juga dapat untuk mengatasi munculnya jerawat. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan menggunakan susu beruang ini sebagai masker wajah yang dicampurkan dengan bahan-bahan yang alami. Jika kamu rutin menggunakannya, maka jerawat akan mudah teratasi.

12. Melembabkan Kulit Wajah

Melembabkan kulit wajah biasa ditargetkan untuk kecantikan. Untuk itu, susu beruang menjadi salah satu pilihan baik untuk membuat kulit wajah menjadi lembab. Selain itu, manfaat susu beruang juga dapat membuat wajah tetap sehat.

Wajah menjadi agar tidak kering. Kandungan AHA serta vitamin yang terkandung di dalam susu beruang memiliki kemampuan menghidrasi kulit agar tetap sehat dan tidak kering.

13. Menghaluskan Kulit Wajah

Dengan mengkonsumsi susu beruang secara rutin kita akan mendapatkan banyak manfaat yang akan diterima oleh tubuh. Selain untuk melembabkan wajah, mengkonsumsi susu beruang juga memiliki kandungan nutrisi. Manfaat susu beruang salah satunya dapat membantu proses regenerasi kulit. Sehingga akan membuat kulit wajah menjadi lebih halus.

14. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Manfaat susu beruang: Mengurangi Risiko OsteoporosisMenjaga kesehatan tulang sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh dan tetap bisa beraktivitas dengan normal. Risiko penyakit tulang biasa terjadi dikarenakan gaya hidup dan aktivitas yang terlalu berat serta kurangnya perhatian akan kondisi tulang.

Susu beruang memiliki peran untuk menjaga kesehatan tulang apabila rajin dikonsumsi secara rutin. Dengan begitu juga hal ini dapat menghindarkan kita dari risiko pengeroposan tulang serta radang sendi. Sehingga manfaat susu beruang dapat mengurangi risiko osteoporosis.

15. Membuat Tidur Lebih Nyaman

Seringkali pada beberapa orang mengalami gangguan akan pola tidurnya. Hal ini biasa disebabkan karena beban pikiran serta aktivitas yang tidak ada hentinya. Masalah tidur ini tentunya juga akan sangat berdampak pada kesehatan otak.

Tidak hanya itu, kurang tidur akan mengganggu kebugaran tubuh. Serta dapat mengurangi stamina yang digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Akan tetapi manfaat susu beruang dapat menghindari dari gangguan tidur.

Jika tidak terdapat gangguan tidur, maka akan membuat tidur lebih lelap. Kandungan zat gizi yang tinggi di dalam susu beruang mampu membuat tubuh menjadi rileks dan menciptakan ketenangan. Melalui hal itu, tubuh juga akan mampu beristirahat dengan sewajarnya. Manfaatnya adalah akan membuat tidur menjadi lebih nyaman dan lelap.

Itulah 15 manfaat dari susu beruang. Meskipun memiliki banyak manfaat, tetapi harus mengonsumsinya sesuai takaran yang pas. Jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsinya.

Temukan artikel menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan artikel menarik. Gramedia juga akan memberikan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Susu & Kesehatan Manusia: Mitos & Fakta
Susu & Kesehatan Manusia: Mitos & Fakta

tombol beli buku

Dalam buku ini, disajikan berbagai hasil penelitian mengenai susu agar para pembaca sekaligus konsumen susu, dapat menentukan pilihan yang tepat untuk membeli dan mengonsumsi susu. Susu dan produk susu merupakan pangan alami yang sangat bergizi yang memberi asupan kalsium, kalium, mineral, vitamin, serta protein yang esensial bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih