in

6 Cara Sederhana Memulai Gaya Hidup Sehat Paling Mudah

Cara Sederhana Memulai Gaya Hidup Sehat – Halo Grameds, pandemi akibat merebaknya virus Corona telah mengubah banyak tatanan aktivitas harian dengan cara yang tidak pernah diperkirakan oleh siapapun. Sebagai dampak pandemi ini, banyak orang harus lebih banyak melakukan aktivitas dari rumah guna meminimalkan risiko terpaparnya virus ini, dan untuk mengurangi jatuhnya korban akibat terpapar virus Corona. Kebiasaan baru dengan melakukan aktivitas dari rumah secara perlahan, malah memunculkan kebiasaan baru juga untuk mengabaikan gaya hidup sehat.

Sebagai contoh, karena terlalu banyak di rumah, akibatnya kurang melakukan aktivitas untuk menggerakkan anggota tubuh secara fisik. Selain itu karena terlalu banyak beraktivitas dengan media daring, maka asupan makanan yang dipilih adalah makanan yang mudah diperoleh.

Ilustrasi masa pandemi.
Ilustrasi masa pandemi. Sumber: unida.ac.id

Makanan tersebut boleh dibilang hanya diperlukan sedikit usaha, misalnya mengonsumsi camilan, junk food, atau makanan instan lainnya yang hanya memberikan kepuasan pada lidah, tanpa memperhatikan kualitas, maupun kandungan gizi pada makanan tersebut.

Dengan melihat kondisi di atas, maka hal tersebut berpotensi untuk menuju ke arah gaya hidup yang tidak sehat. Padahal di masa pandemi ini, sangat diperlukan menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh, agar tubuh memiliki benteng untuk menangkal datangnya berbagai macam penyakit, termasuk serangan virus Corona.

Lalu, seperti apa cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan pola dan gaya hidup sehat? Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai cara-cara mempertahankan gaya hidup sehat, ada baiknya kita pahami lebih dalam, apa arti gaya hidup sehat itu sendiri. Beberapa pakar mengemukakan definisi masing-masing terhadap gaya hidup sehat. Kita bahas mulai dari definisi mengenai gaya hidup terlebih dahulu ya, Grameds.

Yuk , Hidup Sehat
Yuk , Hidup Sehat

tombol beli buku

Pengertian Gaya Hidup Sehat Menurut Beberapa Pakar

1. Kottler

Dalam Sakinah, 2002, mengatakan jika gaya hidup merupakan gambaran keseluruhan dirii seseorang yang berinteraksi dengan lingkungannya.

2. Menurut Plummer (1983)

Gaya hidup merupakan cara hidup individu yang diidentifikasikan oleh bagaimana orang menghabiskan waktu mereka (aktivitas), apa yang mereka anggap penting dalam hidupnya (ketertarikan) dan apa yang mereka pikirkan tentang dunia sekitarnya.

3. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Gaya hidup adalah pola tingkah laku sehari-hari segolongan manusia di dalam masyarakat.

4. Kus Irianto (2004: 22)

Gaya hidup sehat merupakan suatu praktek kebiasaan hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari, baik saat siswa berada di kelas, maupun di luar kelas.

5. Depkes RI (1997)

Gaya hidup sehat merupakan segala upaya untuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindari kebiasaan yang buruk yang dapat mengganggu kesehatan.

Dari beberapa definisi mengenai gaya hidup sehat dapat dikatakan bahwa masyarakat yang telah menerapkan pola hidup sehat, memiliki gaya hidup masing-masing terhadap perilaku hidup sehat ini. Pada intinya, gaya hidup sehat merupakan suatu pilihan sederhana yang sangat tepat untuk dijalankan.

Masyarakat merasakan, bahwa apa yang mereka lakukan dengan menjalankan pola hidup sehat ini, adalah suatu bentuk kehidupan dengan pola makan, pikiran, kebiasaan dan lingkungan yang sehat. Secara mendasar diartikan sehat dalam segala hal yang kita kerjakan, untuk memberikan hasil yang baik dan positif. Hingga berikutnya, sampai pada pengertian bahwa hidup sehat adalah hidup dengan fisik, psikologi, lingkungan dan finansial yang sehat, cukup dan baik.

Cara Mulai Gaya Hidup Sehat

Banyak orang menganggap bahwa kesehatan hanya berbicara soal fisik. Namun sejatinya bukan hanya fisik, tetapi juga secara mental. Banyak diantara kita yang tidak begitu paham, bagaimana caranya untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat, secara fisik dan mental.

gramedia back to kampus

Padahal jika kita melihat banyak orang bisa memiliki usia yang panjang, kuncinya adalah hidup sehat dan bahagia. Lalu, cara menuju pada gaya hidup sehat, seperti apa ya? Simak beberapa langkah sederhana yang dapat kita gunakan untuk menerapkan gaya hidup sehat ya, Grameds.

1. Hindari stres

Ilustrasi Stres
Ilustrasi Stres. Sumber: suara.com

Stres merupakan suatu gangguan yang muncul akibat adanya suatu tekanan dalam perasaan atau pikiran seseorang. Pemicu stres sangat beragam, mulai dari masalah keluarga, masalah keuangan, masalah pekerjaan, masalah percintaan, stres karena masalah akademik, bahkan muncul karena penyakit yang diderita.

Di masa pandemi ini banyak juga orang menjadi stres karena kehilangan pekerjaan, tidak dapat beraktivitas bebas di luar rumah, bahkan banyaknya tuntutan tugas yang dialami oleh pelajar karena menggunakan sistem belajar daring.

Masing-masing individu memiliki cara merespon yang berbeda-beda ketika stres. Namun perlu diingat bahwa stres berkepanjangan dapat melemahkan imun, hingga berlanjut pada gangguan fisik seseorang. Maka dari itu, dibutuhkan suatu usaha untuk mengelola stres tersebut. Untuk itu, diusahakan sedapat mungkin mengurangi atau menghindari segala hal yang berpotensi menimbulkan stres pada diri kita.

Memberi jeda sejenak bagi diri kita sendiri dari semua aktivitas yang sedang dikerjakan adalah hal yang wajar. Saat kita mengalami suatu tekanan, cobalah memberi waktu untuk diri kita hening, atur nafas perlahan, tarik dan hembuskan, hingga merasa nyaman dan rileks. Aktivitas yang seperti ini telah terbukti dapat menurunkan kadar kortisol yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Setelah merasa nyaman, rileks, dan tenang maka secara tidak sadar kita dapat menyusun perencanaan dengan lebih terarah. Langkah selanjutnya yang dapat kita lakukan untuk mengelola stres mungkin dengan mendatangi kawan, saat kita sudah merasa tenang, akan memperoleh penerimaan yang baik daripada ketika kita masih dalam keadaan bingung dan cemas.

Kalian juga dapat memilih kegiatan yang dapat membuat diri kalian nyaman, misalnya melukis, membaca, memasak, bahkan sekadar berjalan di ruang terbuka, atau kegiatan apapun yang dapat digunakan untuk mengelola stres dan kecemasan.

Memahami Dan Mengelola Emosi
Memahami Dan Mengelola Emosi

tombol beli buku

2. Bijak dalam memilih makanan

Makanan Sehat
Makanan Sehat. Sumber: alodokter.com

Secara umum, makanan sangat dibutuhkan oleh manusia untuk bertahan hidup. Banyak sekali jenis makanan yang dikonsumsi oleh manusia dan setiap makanan yang dikonsumsi tersebut akan membawa dampak tersendiri bagi tubuh manusia. Maka dari itu, sangatlah penting bagi kalian, untuk memerhatikan jenis-jenis makanan yang akan dikonsumsi agar dampak yang diperoleh merupakan perwujudan gaya hidup sehat.

Agar tidak keliru dalam mengonsumsi makanan, sebaiknya pastikan jika makanan yang tersaji dalam piring kalian sudah sesuai dengan takaran pemenuhan gizi yang seimbang ya, Grameds, seperti karbohidrat, serat, protein, dan lemak yang baik.

Agar tidak bosan dengan sajian yang ada, kalian dapat mengombinasikan makanan yang akan kalian konsumsi dengan bahan yang lain, misalnya mengganti makanan pokok dengan kentang, ubi, jagung, atau bahan makanan yang mengandung karbohidrat yang lain, tidak harus selalu nasi.

Mengonsumsi makanan juga harus memerhatikan porsi atau takaran jumlah. Agar tubuh sehat, bukan berarti harus mengonsumsi makanan dengan porsi yang banyak atau berlebih. Memerhatikan porsi makan merupakan bentuk pencegahan dari kegemukan, dan serangan penyakit kronis. Kalian harus ingat ya, Grameds, sesuatu yang berlebihan, sudah tentu tidak baik bagi tubuh kita.

Memilah jenis makanan yang akan dikonsumsi sangatlah penting, begitu pula dalam mengolah makanan tersebut. Hindari terlalu sering mengonsumsi makanan yang pengolahannya menggunakan teknik digoreng, karena akan memicu timbunan lemak jenuh yang berakibat pada tingginya kolesterol dalam tubuh. Lebih disarankan, jika kalian mengolahnya dengan cara dikukus, direbus, atau ditumis.

Selain itu tidak disarankan untuk menunda waktu makan, karena menunda waktu makan akan memperlambat metabolisme tubuh, sehingga tubuh kita akan terasa lemas. Menunda makan juga menyebabkan naiknya asam lambung. Kebiasaan buruk ini berpotensi meningkatkan resiko munculnya berbagai macam penyakit.

1001 Makanan Sehat
1001 Makanan Sehat

3. Ambil waktu untuk berolahraga setiap hari

Olahraga di Rumah
Olahraga di Rumah. Sumber: cnnindonesia.com

Agar tubuh kita tetap bugar dan sehat, maka sangat dianjurkan untuk berolahraga. Bahkan organisasi kesehatan dunia (WHO) merekomendasikan durasi waktu berolahraga selama 250 menit atau 2,5 jam setiap minggunya. Di tengah pandemi seperti ini, masyarakat sangat disarankan untuk menyediakan waktu berolahraga.

Sekadar melakukan aktivitas olah fisik juga merupakan kegiatan olah raga. Pilih jenis olahraga yang kalian suka, tetapi harus juga disesuaikan dengan kondisi saat ini. Tidak harus ke lokasi olahraga yang berbayar, yang penting olahraga ini dapat membangun semangat gaya hidup sehat kalian.

Kalian dapat memilih beberapa jenis olahraga yang berguna untuk membakar kalori yang mengendap di tubuh. Misalnya jalan santai, lari-lari kecil, bersepeda, atau berenang sehingga oksigen yang masuk ke tubuh akan lebih banyak.

Setelah berolahraga, tubuh terasa lebih bugar. Rutinitas gerak tubuh sekecil apapun seperti ini, akan menjadi sebuah gaya hidup menuju kesehatan pikiran, tubuh, dan jiwa.

50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga
50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga

tombol beli buku



4. Kurangi konsumsi gula mulai hari ini 

Ilustrasi Mengurangi Konsumsi Gula
Ilustrasi Mengurangi Konsumsi Gula. Sumber: orami.co.id

Grameds, jika kalian masih merasa nyaman mengonsumsi es krim, permen, cupcake, minuman kemasan yang dominan manis rasanya, dan makanan manis lainnya, kalian harus mulai pasang rambu-rambu mulai saat ini. Makanan atau minuman tersebut sangatlah menggoda lidah untuk dinikmati, tetapi beberapa penyakit telah mengintai. Jika kalian terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula berlebih.

Konsumsi dan asupan gula dalam tubuh yang berlebihan berpotensi memicu munculnya penyakit diabetes. Diabetes merangsang munculnya penyakit-penyakit lain yang menyertai tubuh, diantaranya adalah penyakit jantung dan stroke. Sangatlah disarankan untuk mulai mengurangi konsumsi gula sejak hari ini.

Perlahan, jika kalian minum teh atau kopi, kurangi takarannya. Jika biasanya dalam satu gelas teh atau kopi menggunakan 2 sendok makan gula, kurangi porsinya menjadi satu sendok makan saja. Setelah terbiasa, kalian bisa menikmati minuman kalian, tanpa menggunakan gula. Bahkan menurut kebanyakan penikmat kopi mengatakan, kopi akan terasa nikmat bila diminum tanpa menggunakan gula, bukan?

Begitu juga kebiasaan minum minuman kemasan atau minuman instan. Minuman kemasan memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Sangat disarankan kalian untuk mengonsumsi buah segar, selain lebih sehat, kandungan gula pada buah segar lebih rendah daripada kandungan gula pada minuman kemasan. Bukan hanya gula ya, Grameds, hal yang perlu kalian kurangi atau hindari termasuk juga kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol.

5. Banyak minum air mineral

Air Mineral
Air Mineral. Sumber: alodokter.com

Grameds, kita semua tahu bahwa komposisi dalam tubuh kita 60 persennya adalah air. Air dalam tubuh kita akan keluar menjadi urin, keringat, air mata, dan juga melalui setiap hembusan nafas kita. Ini yang menandakan, bahwa asupan air sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Maka dari itu, kita harus memastikan, bahwa kebutuhan cairan dalam tubuh kita harus selalu terpenuhi setiap hari. Asupan cairan dibutuhkan bukan hanya sekadar untuk mencegah dehidrasi, tetapi lebih jauh, agar kita juga mengurangi konsumsi minuman manis.

Cara yang paling sederhana bawalah botol minuman kemanapun  kalian pergi, selipkan di ransel atau pada tas tersendiri. Selain lebih bersih, membawa air mineral dari rumah tentunya lebih sehat. Karena kalian pasti tahu proses memasaknya. Jika kalian di rumah, sediakan juga air mineral pada gelas bertutup di meja belajar, meja kerja, atau kamar tidur, agar mudah dijangkau dan terlihat.

Keajaiban Air Mineral Bagi Kesehatan
Keajaiban Air Mineral Bagi Kesehatan

tombol beli buku

6. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup
Tidur yang cukup. Sumber: suara.com

Adaptasi kebiasaan baru dengan aktivitas dari rumah membuat kita seolah tidak perlu lagi untuk bagun pagi. Kebiasaan ini yang harus kita waspadai, karena banyak dari kita justru malah menggunakan waktunya di malam hari untuk begadang dengan bermedsos, main game online atau mengerjakan hal lain. Hal ini membuat waktu tidur kita berkurang.

Padahal menurut pakar, tidur merupakan kebutuhan paling mendasar untuk menuju pola hidup sehat. Jadi serajin apapun kita berolahraga, dan se berkualitas apapun asupan gizi yang kalian serap, semuanya akan sia-sia jika kalian sendiri kurang tidur. Terjaga pada malam hari kemudian tidur di keesokan paginya, merupakan suatu kebiasaan yang tidak baik dan bisa merusak kesehatan.

Tidur memiliki fungsi restoratif, yaitu suatu fungsi pemulihan kembali bagian-bagian tubuh yang lelah, merangsang pertumbuhan, serta pemeliharaan kesehatan tubuh. Proses tidur jika memiliki waktu yang cukup dan lingkungan yang tepat akan menghasilkan efek yang luar biasa. Jika proses ini tidak berjalan sempurna, maka akan berdampak pada kesehatan tubuh. Akibatnya akan terjadi penurunan fungsi kekebalan tubuh, selera makan, suasana hati, hingga pengaruh pada kondisi fisik.

Perlu Grameds ketahui, orang yang punya kebiasaan begadang cenderung tidak melakukan aktivitas fisik di keesokan harinya, karena harus bertukar waktu antara tidur dan beraktivitas. Jika kalian memiliki kebiasaan begadang, maka ubahlah kebiasaan itu secara perlahan sampai tubuh kalian terbiasa dan kalian dapat beraktivitas normal. Durasi tidur malam ideal yang disarankan adalah sekitar 8 jam per malam, agar tubuh kita kembali bugar untuk kembali beraktivitas dengan baik.

Waspada Susah Tidur
Waspada Susah Tidur

tombol beli buku

Nah, tadi sekelumit cerita bagaimana memulai gaya hidup sehat. Di masa pandemi ini, kita semua diajak untuk beradaptasi pada pola kebiasaan baru yang mengajak kita untuk beraktivitas dari rumah. Untuk mengatasi rasa bosan, dan ingin tetap bugar, yuk lihat koleksi sepeda di sini, serta dapatkan juga promo-promo menarik terkait dengan gaya hidup sehat.

Perpanjangan PPKM level 4, masih menganjurkan kita untuk banyak berada di rumah. Untuk kalian pecinta bacaan berkualitas, nikmati fasilitas menarik untuk membaca e-book Gramedia Digital. Kalian akan dimanjakan dengan bacaan-bacaan yang dapat kalian akses secara bebas selama 7 hari ke depan, melalui free trial, info lengkap silakan lihat di sini.



Pilih semua paket menarik yang kalian sukai, selama perpanjangan PPKM di bulan Agustus ini. Berbagai macam promo telah menunggu kehadiranmu, Gramedia hadir untuk kalian, sebagai #SahabatTanpaBatas.

Baca juga artikel terkait “Cara Memulai Gaya Hidup Sehat” :

Penulis : Andy Hermawan

Temukan lebih banyak info mengenai pandemi dengan buku ini

Mengarungi Badai Pandemi
Mengarungi Badai Pandemi

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih