in

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Singkong

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Singkong – Sayuran ini merupakan salah satu sumber protein utama untuk menjadikan mengatasi kekurangan pada gizi protein seluruh dunia. Pada faktanya daun singkong merupakan salah satu sumber protein yang tinggi. Hal ini dikarenakan kebanyakan dari sumber protein hewani lebih banyak terkandung dibanding protein nabati.

Singkong merupakan tanaman yang dapat tumbuh melalui umbi batang. Tumbuhan singkong ini adalah golongan Euphorbiaceae. Daun singkong yang memiliki banyak sekali nutrisi yang terkandung di dalamnya. Daun singkong mengandung kaya akan protein, mineral serta vitamin.

Daun singkong memiliki nama lain, yaitu:

  • Jatrophamanihot L.,
  • Jenifa Manihot (L.) Kunth,
  • Manihot Utilissima Poh,
  • Manihotaipi Poh,
  • Manihotmanihot (L.) Cockerell,
  • Manihot Melanosis Muell. Arg

Fakta Menarik Dari Daun Singkong

Daun singkong sendiri dikonsumsi sebagai sayuran di lebih dari 60% negara Afrika dan juga di beberapa negara di Asia, seperti Filipina, Indonesia, dan Malaysia. Sebagian dari daerah Afrika juga ditumbuhi oleh tumbuhan singkong, di mulai dari daerah Senegal sampai Mozambik.

Daun singkong sendiri telah dikonsumsi sebagai sumber protein dan juga mikronutrien lainya dengan banyak berbagai bumbu dan juga cara memasaknya. Angka konsumsi daun singkong terus meningkat dari tahun ke tahun. Diperkirakan daya konsumsi masyarakat terhadap daun singkong ini bisa mencapai 0,5-0,7 juta/tahun.

Di berbagai negara, daun singkong sendiri sudah dianggap sebagai makanan bagi golongan masyarakat yang status ekonomi yang rendah dan hanya dimakan ketika sumber sayuran lain tidak tersedia di rumah. Sehingga pada pemanfaatan daun singkong sendiri sebagai sumber nutrisi belum bisa dilakukan secara maksimal.

Namun di berbagai penelitian ilmiah, menunjukkan bahwa banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi daun singkong. Untuk mengatasinya diperlukan edukasi dan juga penyebaran informasi mengenai manfaat dari daun singkong sendiri bagi kesehatan tubuh.

United States Department of Agriculture (USDA) mengatakan bahwa tumbuhan singkong ini memiliki karakteristik yang unik. Tumbuhan ini bisa mencapai ketinggian maksimal pada 7 meter dengan batang daun hingga selebar 20 cm. Umbi pada singkong terbilang besar dengan tipikal warna kecoklatan yang pekat .

Habitat dari tumbuhan singkong sendiri adalah daerah dengan iklim yang lembab hangat. Suhu sangat berpengaruh pada tumbuhnya singkong. Pertumbuhan dari singkong akan mengalami penurunan bila berada pada suhu 10°C. Kondisi terbaik untuk menanam singkong adalah pada ketinggian 150 di bawah permukaan laut dan juga dengan keadaan suhu rata-rata 25-27°C.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Kamus Kesehatan dan Lingkungan
karya Kamus Kesehatan dan Lingkungan

Kamus Kesehatan dan Lingkungan
Kamus Kesehatan dan Lingkungan

 

 

Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

Umumnya daun singkong ini memiliki manfaat beragam untuk kesehatan. Dilansir dari jurnal Trends in Food Science & Technology, menuliskan bahwa daun singkong kaya akan vitamin, mineral, serta protein untuk tubuh.

Daun singkong menjadi sumber karbohidrat dan serat yang baik untuk tubuh. Manfaat juga didapatkan oleh para ibu hamil dan juga sebagai kecantikan kulit seseorang.

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Di masa seperti ini, tubuh akan memerlukan imunitas yang baik untuk mencegah berbagai infeksi penyakit tertentu. Salah satu kandungan dalam daun singkong yang baik untuk kesehatan, yaitu folat serta vitamin C.

Manfaat dari daun singkong ini mampu memperkuat sistem imun tubuh. Vitamin C di dalamnya membantu sistem kekebalan dengan cara menyerang inti virus dan bakteri. Daun singkong ini juga merupakan antioksidan yang dikenal baik untuk memangkas radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang diketahui memiliki kaitan dengan risiko terjadinya kanker.

Sehingga, folat akan membantu produksi sel dalam tubuh, membantu dalam pembuatan materi genetik untuk kehidupan dan mencegah mutasi DNA.

 

2. Membantu Menyembuhkan Luka

Ketahuilah bahwa daun singkong sangat baik untuk menyembuhkan luka? Dikarenakan daun singkong telah memiliki banyak sekali nutrisi yang membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Untuk manfaat maksimal, bisa dengan mengolah daun singkong menjadi pengobatan yang alami untuk membantu menyembuhkan luka.

Langkahnya dengan menghancurkan daun singkong dengan memberikan sedikit gel lidah buaya dan dibuat hingga menjadi pasta halus. Kemudian, oleskan pasta ini pada luka. Bisa juga memanfaatkan batang singkongnya untuk menyembuhkan luka.

Dari pasta halus tersebut yang terbuat dari daun dan juga gel, parut sebagian dari umbi singkong. Jika luka akibat luka bakar, peras ampas rimpang singkong tersebut dan oleskan setiap hari ke luka.

 

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Banyak hal yang bisa menyebabkan kehilangan nafsu makan. Beberapa penyebabnya, termasuk karena penyakit mental serta fisik. Jika kehilangan nafsu makan yang berlebih, maka hal ini bisa menyebabkan penurunan berat badan atau kekurangan gizi.

Kehilangan nafsu makan berlebih juga bisa menyebabkan frustasi, terutama terhadap orang yang kekurangan berat badan dan berusaha menambah berat badan ataupun membangun massa tubuh. Jika saat ini sedang mengalami masalah pada nafsu makan, cobalah untuk mengkonsumsi daun singkong.

Daun singkong akan memulihkan nafsu makan. Dengan cara, membuat ramuan daun singkong dengan jahe dan juga diminum setiap pagi setelah bangun tidur. Selain itu pun, ada cara lain dengan cara mengkonsumsi lebih banyak serat. Untuk daun singkong menjadi makanan yang kaya akan serat.

Diet tinggi akan serat terbukti bisa meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi asupan kalori untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Meskipun makanan yang tinggi akan serat selalu direkomendasikan dalam diet seimbang, namun jenis makanan ini akan bisa memperlambat pencernaan dan juga akan membuat merasa kenyang lebih lama.

Makan diet rendah akan serat bisa mencegah merasa terlalu kenyang, dan mungkin juga bisa membantu makan lebih banyak pada siang hari.

 

4. Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil

Para Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lebih optimal demi perkembangan janin dan menjaga kesehatan tubuhnya sendiri. Sehingga, salah satu makanan yang bisa dikonsumsi saat sedang hamil yaitu daun singkong.

Wanita hamil perlu membutuhkan banyak vitamin C serta folat, yang bisa didapatkan melalui makanan ataupun suplemen. Makanan yang bisa dipilih, yakni daun singkong. Secangkir singkong mengandung sebanyak 15 persen dari kebutuhan folat harian dan juga 47 persen kebutuhan kalsium harian. Daun singkong sendiri memiliki rasa yang hambar, jadi mungkin merasa enggan untuk memakannya.

Tidak perlu khawatir lagi, cobalah potong-potong sedikit daunnya dan masak dengan daging serta sayur yang di rebusan. Dengan cara ini, akan membuat makanan lebih enak dari daun singkong. Namun perlu diingat jangan pernah mengkonsumsi singkong yang mentah.

Mengutip dari Medical News Today, singkong mentah ini karena mengandung bentuk sianida alami, yang beracun jika tertelan. Merendam dan juga memasak singkong membuat senyawa ini tidak berbahaya. Sehingga, ketika memakan singkong mentah atau tidak diolah dengan benar dapat menyebabkan efek samping yang parah.

 

5. Membantu Mengobati Penyakit Rematik

Penyakit rematik merupakan kondisi yang menyerang otot dan persendian. Ternyata, dalam kandungan daun singkong ini mampu membantu mengobati penyakit rematik. Dilansir dari laman Hospital for Special Surgery, ungkapnya daun singkong kaya akan magnesium.

Diet tinggi akan magnesium menyebabkan penurunan tingkat tekanan darah yang mengurangi kemungkinan penyakit rematik sepanjang hidup. Singkong bisa disebutkan sebagai pemasok lebih dari sepertiga kebutuhan magnesium per porsi harian.

Cara mengolah daun singkong menjadi obat alami untuk atasi rematik adalah dengan mengambil 150 gram daun singkong, garam, sedikit serai, dan 15 gram jahe. Kemudian rebus bahan-bahan tersebut dalam satu liter air sampai volumenya berkurang mencapai sekitar 400ccs. Minum ramuan ini setiap paginya untuk mencegah penyakit rematik.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Farm Bigbook: Budi Daya Dan Pascapanen Tanaman Obat Unggulan
karya H. Rahmat Rukmana Dan H. Herdi Yudirachaman

Farm Bigbook: Budi Daya Dan Pascapanen Tanaman Obat Unggulan
Farm Bigbook: Budi Daya Dan Pascapanen Tanaman Obat Unggulan

 

 

6. Manfaat Daun Singkong untuk Kecantikan Kulit

Merawat kecantikan khususnya pada kulit yang tidak hanya membutuhkan perawatan dari luar, melainkan juga dari dalam. Dengan mengatur pola makan yang sehat dan tepat bernutrisi untuk kulit.

Manfaat daun singkong sendiri juga terdapat meningkatkan kesehatan kulit hingga mencegah penuaan dini. Singkong memiliki kandungan mineral dan juga efek farmakologis yang bisa menjadikan sebagai antioksidan. Hal tersebutlah yang membuat singkong mampu mempercepat proses penyembuhan dari luka atau noda bekas jerawat.

Selain itu, kandungan singkong sendiri terdiri dari saripati yang bersifat sama seperti bengkoang yang bisa membantu mendinginkan serta mencerahkan kulit wajah. Tidak hanya daunnya, kulit dari singkong juga bisa sebagai eksfoliator alami.

Caranya, dengan mengupas tipis dari kulit singkong dan juga di tumbuk agar teksturnya menjadi lebih halus. Aplikasikan hal ini pada wajah juga leher, dan tunggu hingga selama beberapa menit. Setelah setengah kering, gosok juga secara perlahan dan bilas hingga bersih.

Selain daun singkong, ternyata ada banyak lagi sayuran lainnya yang baik untuk kesehatan kulit. Salah satunya adalah wortel. Wortel ini dikenal mengandung beta karoten dalam kadar yang tinggi yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Wortel ini harus ada dan dikonsumsi secara rutin karena bisa membuat kulit bersinar, menghindari keriput dan juga memperbaiki tampilan kulit.

Selain itu juga, ada juga bayam yang ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Dengan mengkonsumsi bayam dan memberikan asupan antioksidan sebagai pencegah keriput serta memperkuat jaringan kulit, serta mengeluarkan racun dari tubuh hingga membuat kulit lebih cerah. Rebus bayam sebelum dikonsumsi atau buat jus bayam untuk diminum.

 

7. Membantu Mencegah Kwashiorkor

Kwashiorkor merupakan sebuah kondisi yang terjadi akibat seseorang kekurangan asupan protein, paling rentan dialami oleh anak-anak. Malnutrisi ini bisa mengakibatkan kondisi yang dinamakan busung lapar.

Manfaat dari daun singkong selanjutnya yaitu bisa membantu melawan Kwashiorkor. Dilansir dari studi yang diungkapkan dalam Institute of Food Technologists, daun singkong kaya akan protein lisin.

Daun singkong sendiri dapat melawan kondisi dari kekurangan protein seperti Kwashiorkor. Namun, bergantung pada singkong sebagai satu-satunya sumber protein yang bisa berbahaya jika daunnya tidak dimasak dengan benar.

Ada bukti yang menunjukkan bahwa singkong mengandung glikosida sianogenik. Hal ini menyebabkan hilangnya kekuatan penglihatan dan keracunan sianida. Jadi, pada umbi dan daunnya harus dicuci bersih, dan juga dimasak sampai matang sebelum dimakan.

 

8. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Daun singkong bisa menjadi sayuran yang terkenal kaya akan seratnya. Singkong mengandung serat yang tidak dapat larut dalam air. Singkong bisa membantu dalam penyerapan racun yang masuk ke usus. Hal ini yang kemudian mampu untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan membuat tubuh tetap sehat.

“Makan banyak akan serat serta sayuran hijau memungkinkan kita mengembangkan mikrobioma usus yang ideal,” kata Linda Lee, kepala staf dari Johns Hopkins Aramco Healthcare, ahli Gastroenterologi.

Daun singkong sendiri sangat menjadi sayuran yang kaya serat, sehingga bisa membantu dalam mempertahankan berat badan yang ideal. Kandungan pada serat yang tinggi dalam singkong ini membantu tetap kenyang untuk waktu yang lebih lama dan juga mencegah untuk makan berlebihan.

 

9. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat dari daun singkong sendiri lainnya yang tidak kalah penting adalah mampu meningkatkan metabolisme pada tubuh. Hal ini karena kandungan protein, mineral, dan juga vitamin dalam daun singkong berfungsi sebagai menjaga sistem metabolisme tubuh.

Cara lainnya yang mendukung metabolisme pada tubuh lebih sehat yaitu dengan rutin berolahraga. Melakukan olahraga kardio tiga hingga lima kali dalam seminggu bisa mampu menambah rate metabolisme tubuh.

Tidak perlu menjalankannya setiap hari, cukup dua hingga tiga kali seminggu. Setelah terbiasa, akan bisa meningkatkan frekuensi dan juga lamanya berolahraga. Dilansir dari Mayo Clinic, rekomendasi dari olahraga yang baik minimal 150 menit per-minggu untuk olahraga. Dapat kita lakukan juga setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang atau 75 menit dari aktivitas aerobik berat dalam seminggu, atau kombinasi aktivitas sedang dan berat.

 

10. Baik untuk Kesehatan Mata

Daun singkong sendiri diketahui mengandung beta-karoten, yang dapat diketahui manfaatnya adalah baik untuk kesehatan mata. Singkong dengan kaya akan vitamin A dan juga senyawa seperti beta karotennya yang akan meningkatkan kesehatan mata untuk masa depan.

Sehingga, manfaat dari daun singkong ini bisa mampu mencegah kebutaan serta penglihatan yang buruk di masa yang mendatang.

 

Kamu bisa mempelajari tentang My Potential Business: Cara Jitu Jadi Raja Singkong
karya Redaksi Trubus

My Potential Business: Cara Jitu Jadi Raja Singkong
My Potential Business: Cara Jitu Jadi Raja Singkong

 

 

Efek Samping Daun Singkong 

Daun singkong memiliki banyak sekali manfaat dan juga nutrisinya hampir sama seperti kangkung, bayam, dan daun katuk. Jika dikonsumsi secara berlebihan dan cara memasak tidak benar daun ini juga bisa beracun dan akan sangat berbahaya bagi tubuh. Berikut merupakan beberapa bahaya daun singkong:

 

1. Daun singkong asam beracun

Pada daun singkong mengandung asam hidrosianat tinggi yang beracun. Kandungan ini bisa baru akan menghilang jika daun singkong dimasak minimal 10 menit dan membuang air rebusan daun singkong.

 

2. Tidak boleh dikonsumsi berlebihan

Daun singkong tidak dianjurkan dikonsumsi berlebih untuk orang yang menderita hipertensi (tekanan darah tinggi). Kurangi konsumsi daun singkong yang dibuat dengan santan. Makanlah daun singkong sebagai lalapan dan juga batasi untuk pencegahan hipertensi.

 

3. Meningkatkan kadar asam urat

Mengutip dari Medic Pole.com, daun singkong sendiri mengandung purin yang bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Purin juga dapat berdampak pada nyeri sendi, sehingga pastikan untuk tetap membatasi makan daun singkong jika menderita asam urat.

 

4. Keracunan makanan

Daun singkong yang mengandung senyawa kimia linamarin dan lotaustralin. Kedua senyawa tersebut bisa menjadi racun sianida yang bisa berdampak pada iritasi jaringan tubuh. Daun singkong ini juga bisa menyebabkan mual, keracunan, dan muntah.

 

5. Sakit kepala

Jika dimakan secara berlebihan, daun singkong bisa mengakibatkan sakit kepala. Kedua senyawa linamarin dan lotaustralin pun bisa menjadi racun yang menghambat aliran darah. Aliran darah yang bisa terhambat dari area kepala dan juga memicu otot saraf menjadi kaku. Hal ini bisa jadi menyebabkan sakit kepala terus-menerus.

6. Meningkatkan kadar kolesterol

Beberapa orang yang memiliki kolesterol tinggi pada darah, dianjurkan untuk membatasi makan daun singkong. Daun singkong sendiri bisa meningkatkan kadar kolesterol dari penyebab penyumbatan pembuluh darah.

7. Sakit perut

Konsumsi daun singkong yang berlebihan bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Asam lambung ini bisa meningkat dan mengakibatkan iritasi. Iritasi yang terjadi karena senyawa kimia pada daun singkong yang bisa menyebabkan mual, sakit perut, dan juga muntah.

Daun singkong merupakan jenis tanaman dengan berbagai manfaat pada tubuh. Sangat populer dijadikan bahan berbagai metode pengolahan yang dapat dihidangkan dengan lezat. Akan tetapi, perlu diingat kembali bahwa mengkonsumsi daun singkong dianjurkan secara tidak berlebihan karena efek samping yang terkandung di dalamnya.

Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rafi