in

Rekomendasi Makanan Khas Bangka Belitung yang Wajib Dicoba

Tribun Travel

Makanan Khas Bangka Belitung – Setiap daerah di Indonesia pastinya memiliki kebudayaannya masing-masing. Bukan hanya budaya saja, tetapi setiap daerah di Indonesia juga memiliki makanan khasnya masing-masing. Begitu juga daerah Bangka Belitung yang memiliki makanan khasnya. Lalu, apakah kamu sudah mengetahui makanan khas Bangka Belitung?

Bangka Belitung bukan hanya dikenal dengan keindahan lautnya yang sangat memesona, tetapi banyak hal di sana yang bisa menjadi destinasi wisata. Bangka Belitung itu sendiri termasuk ke dalam pulau Sumatera. Pada zaman dulu, pulau Bangka dan pulau Belitung termasuk ke dalam Sumatera Selatan.

Selain pantai dan wisatanya, ternyata Bangka Belitung juga dikenal karena kulinernya yang sangat lezat, mulai dari makanan ringan hingga makanan yang bisa dijadikan sebagai “buah tangan” atau oleh-oleh. Oleh sebab itu, apabila kamu berkesempatan liburan ke Bangka Belitung jangan lupa untuk mencoba makanan khas daerah sana.

Bahkan, kamu bisa mencoba berbagai macam cita rasa, mulai dari makanan khas Melayu hingga makanan khas Bangak Belitung itu sendiri. Beragamnya makanan khas Bangka Belitung ini bisa dikarenakan adanya berbagai macam bahan masakan, mulai dari rempah-rempah. Selain itu, disebabkan juga karena adanya pengaruh dari berbagai masyarakat, seperti masyarakat Sumatera Selatan dan masyarakat Tionghoa.

Oleh sebab itu, ketika mencoba makanan khas Bangka Belitung rasanya akan sangat kental dengan rempah-rempah, sehingga akan menambah nafsu makan. Apakah kamu pernah mencoba makanan khas Bangka Belitung?

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang makanan khas Bangka Belitung.

Makanan Khas Bangka Belitung

Berikut ini deretan makanan khas Bangka Belitung yang wajib Anda coba, yaitu:

1. Lempah Kuning

Makanan Khas Bangka Belitung
wonderful.pangkalpinangkota.go.id

Bagi kamu pencinta makan ikan tentu bisa mencoba makanan khas Bangka Belitung yang satu ini. Kuliner khas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Makanan yang satu ini bisa dibilang memiliki cita rasa yang khusus karena pada umumnya terbuat dari bahan utama ikan atau produk laut Bangka Belitung.

Makanan yang satu ini bisa dibilang salah satu makanan Bangka Belitung yang berbahan dasar ikan laut. Bahkan, makanan yang satu ini mudah kamu temukan. Hal ini karena Bangka Belitung dekat laut, sehingga makanan Bangka Belitung sudah sangat dikenal dengan hasil olahan lautnya

Makanan Lempah Kuning ini oleh masyarakat Bangka Belitung sering juga disebut dengan nama Ganga terutama di masyarakat di pulau Belitung. Makanan yang satu ini biasanya akan disajikan dengan kuah yang berwarna kuning, sehingga akan meningkatkan selera makan.

Adapun kuah dari makanan yang satu ini, seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, cabai, dan, bahan-bahan rempah lainnya. Selain itu, ada juga yang memberikan potongan nanas. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa segar pada masakan.

Adapun ikan yang digunakan pada masakan ini biasanya adalah ikan tenggiri atau ikan kakap merah. Oleh sebab itu, bukan hanya kuahnya saja yang nikmat tapi daging ikannya pun akan terasa nikmat. Terlebih lagi, apabila makanan ini dikonsumsi dengan nasi.

2. Belacan Belitung

Makanan Khas Bangka Belitung
Indonesia Kaya

Selain makanan yang berkuah, makanan khas Bangka Belitung juga ada yang dikenal dengan makanan Belacan. Bahkan, makanan yang satu ini, bukan hanya dapat dinikmati di Bangka Belitung saja, tetapi juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Aroma dan cita rasa dari makanan yang satu ini bisa dibilang sangatlah khas. Oleh sebab itu, tak salah apabila banyak orang yang mencari makanan yang satu ini, apakah kamu salah satunya?

Makanan yang satu ini biasanya akan diberi bumbu tambahan dan juga sambal. Oleh sebab itu, ketika menikmati makanan yang satu ini, kamu akan merasa ketagihan. Bumbu yang khas ini merupakan ciri khas dari makanan ini. Selain itu, Belacan bisa dibilang salah satu olahan yang terbuat karena fermentasi hasil laut. Belacan itu sendiri sering ditemukan di desa Sijuk.

3. Rusip Bangka Belitung

Makanan Khas Bangka Belitung
Indonesia Kaya

Selain lempah kuning, makanan khas Bangka Belitung yang berkuah lainnya adalah Rusip, apakah kamu pernah mencobanya atau memasaknya di rumah? Selain itu, makanan yang satu ini bisa dibilang berbeda dengan belacan. Dikutip dari laman Pemerintah Daerah Bangka Tengah makanan khas Bangka Belitung yang satu ini adalah sejenis sambal yang terbuat dari ikan teri yang kemudian difermentasi dengan menggunakan garam, air gula aren, dan juga air kerak nasi.

Dikarenakan cara pembuatan yang khusus, maka makanan yang satu ini bisa dibilang mempunyai aroma yang sangat khas. Bahkan, sangat pas jika dikonsumsi dengan nasi. Akan lebih mantap lagi, apabila kamu menambahkan irisan cabai, perasan jeruk, dan juga bawang merah.

4. Mie Bangka Belitung

Makanan Khas Bangka Belitung
detik.com

Siapa yang tidak kenal dengan mie apalagi mie ini sudah sangat dikenal oleh banyak orang atau bahkan sudah banyak orang yang menyukainya. Ternyata makanan mie ini bisa dibilang menjadi salah satu makanan khas Bangka Belitung. Salah satu mie yang menjadi makanan khas Bangka Belitung adalah mie Bangka Belitung.

Adapun yang membedakan mie Bangka Belitung dengan mie dari daerah lain adalah kaldu dari kuahnya yang dibuat secara khusus sesuai dengan cita rasa Bangka Belitung. Selain itu, mie yang satu ini biasanya disajikan dengan topping daging ayam, daging sapi, atau bahkan makanan laut.

Banyaknya topping ini akan menambah kenikmatan dalam menyantap mie. Jadi, kamu lebih suka memilih topping yang mana?

5. Mie Koba

Makanan Khas Bangka Belitung
cookpad.com

Ternyata mie khas Bangka Belitung ada yang lain, yaitu mie koba. Apakah kamu pernah mendengar mie yang satu ini? Mie ini sendiri bisa dibilang sangatlah unik terutama pada kuahnya karena kuah dari mie ini terbuat dari kaldu ikan tenggiri.

Dalam pembuatannya, ikan tenggiri akan direbus yang kemudian akan digiling halus. Setelah itu, ikan tenggiri yang sudah dihaluskan akan direbus kembali dengan bumbu rempah-rempah khas Bangka Belitung. Adapun bumbu rempah-rempah yang biasa digunakan seperti, cengkeh, pala, kayu manis, ketumbar, dan sebagainya.

Bahkan, untuk meningkatkan cita rasa dari mie ini biasanya akan diberikan perasan jeruk kunci atau bisa juga perasan jeruk nipis. Dengan begitu, aroma amis pada ikan akan sedikit hilang, sehingga yang tidak suka bau amis ikan tetap nikmat ketika menyantapnya.

6. Sup Gangan Bangka Belitung

Makanan Khas Bangka Belitung
Resep Mamiku

Makanan khas Bangka Belitung yang berkuah selanjutnya adalah Sup Gangan. Ketika kamu pergi ke Bangka Belitung, maka tidak boleh melewatkan makanan yang satu ini. Terlebih lagi, aroma dan rasa dari makanan berkuah ini sangat pas untuk menggugah selera. Selain itu, sangat pas untuk dimakan bersama nasi.

Adapun bahan utama dari makanan ini, seperti ikan tenggiri, kunyit, lengkuas, bawang merah, bawang putih, cabai, dan beberapa rempah lainnya. Akan lebih nikmat apabila makanan ini diolah dengan cita rasa pedas atau bisa disesuaikan dengan selera.

Dikarenakan perpaduan rempah-rempah yang sangat beragam, maka makanan yang satu ini bisa dibilang aroma amisnya tidak terlalu terasa. Oleh sebab itu, untuk kamu yang tidak begitu suka aroma amis ikan, tetap bisa menikmatinya. Makanan ini memang lebih pas dengan bahan utama ikan, tetapi sebagian orang memasaknya dengan daging sapi.

7. Lakso Bangka Belitung

Makanan Khas Bangka Belitung
cookpad.com

Selain kedua mie yang telah disebutkan, ternyata ada juga mie Bangka Belitung yang bisa dibilang namanya cukup terkenal, yaitu lakso. Apakah kamu sudah tahu olahan lakso? Lakso itu sendiri merupakan mie yang terbuat dari terigu yang kemudian dicampur dengan tepung beras dan juga tepung sagu. Uniknya lagi, makanan yang satu ini bisa dibilang warnanya adalah putih.

Meskipun berwarna putih, tetapi mie lakso ini tetap nikmat. Terlebih lagi, makanan yang satu ini kuahnya berbahan dasar kaldu ikan yang dicampur dengan beberapa rempah, seperti kunyit, bawang merah, ketumbar, kemiri, dan sebagainya. Oleh sebab itu, makanan yang satu ini sangat pas untuk dikonsumsi ketika hujan.

8. Pantiaw Bangka Belitung

Makanan Khas Bangka Belitung
Tribun Travel

Nah, bagi kamu yang sangat suka dengan kwetiau, ternyata di Bangka Belitung ada makanan yang sangat mirip dengan kwetiau. Meskipun memiliki yang hampir sama dengan kwetiau, tetapi cara penyajiannya dengan pantiaw berbeda.

Adapun makanan yang mirip dengan kwetiau adalah pantiaw. Pantiaw sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu pantiaw yang terbuat dari tepung beras dan pantiaw yang terbuat dari tepung gandum. Warna dari pantiaw ini sendiri hampir sama dengan warna putih susu.

Uniknya lagi, makanan khas Bangka Belitung ini bisa dikonsumsi dengan keadaan basah atau kering. Jika dimakan dengan keadaan basah, biasanya akan diberikan kuah dan juga bakwan rebus. Oleh sebab itu, ketika memakannya, kamu akan terasa lebih nikmat.

9. Berego Bangka Belitung

Makanan Khas Bangka Belitung
Merah Putih

Selain ada makanan yang mirip kwetiau, ternyata di Bangka Belitung terdapat makanan yang mirip dengan lontong opor, yaitu berego. Makanan khas Bangka Belitung ini bisa dibilang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke sana. Meskipun terlihat seperti lontong, tetapi sebenarnya makanan ini terbuat dari tepung sagu dan tepung beras.

Selain itu, kuah dari makanan ini bisa dibilang sangat khas dengan Bangka Belitung yang terkenal dengan bahan-bahan lautnya. Oleh sebab itu, kuah dari makanan ini terbuat dari kari ikan.

Pada umumnya, hampir sebagian besar masyarakat Bangka Belitung ini akan menyajikan berego bersamaan dengan gangan dan juga lakso. Lalu, apakah kamu pernah mencoba makanan berego?

10. Siput Gonggong Bangka Belitung

Grid.ID

Jika kamu ingin merasakan kuliner yang berbeda dengan daripada biasanya, maka bisa mencicipi siput gonggong. Makanan khas Bangka Belitung ini bisa dibilang sangatlah unik karena bahan utamanya adalah siput itu sendiri.

Bahkan, makanan ini mudah kamu temukan di Bangka Belitung. Selain itu, makanan ini diolah dengan cara direbus atau bisa juga digoreng. Akan lebih nikmat lagi apabila kamu memakannya dengan sambal.

Selain menjadi makanan yang unik, ternyata siput gonggong ini hidup di laut. Adapun cara makan siput ini, kamu harus mengeluarkan daging siput dengan tusuk gigi. Terkadang ada juga yang menyajikannya dengan kuah kaldu.

11. Bong Li Piang Bangka Belitung

Good News From Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa masyarakat Bangka Belitung ini sebagian ada yang berbudaya Tiongkok. Oleh sebab itu, terkadang ada beberapa makanan yang berasal dari perpaduan Indonesia dan Tiongkok, salah satunya adalah Bong Li Piang.

Makanan khas Bangka Belitung ini terbuat dari santan, nanas, gula aren, dan tepung terigu. Jika kamu ke Bangka Belitung rasanya kurang lengkap kalau tidak mencicipi makanan ini.

Kue yang satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan juga rasanya yang sangat manis dan biasanya diisi dengan selai nanas. Namun, tidak sedikit juga yang mengisinya dengan berbagai varian.

Dikarenakan berbentuk kue, maka makanan ini sering dijadikan oleh-oleh. Apakah kamu tertarik untuk membelinya?

12. Rujak Daun Ubi Kembang Pepaya

budayaindonesia.org

Siapa yang tak kenal rujak atau bahkan bisa dibilang kalau masakan yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat khas apalagi makanan ini sering disukai oleh para wanita. Salah satu rujak yang khas dari Bangka Belitung adalah rujak daun ubi. Selain daun ubi, rujak ini juga diberikan dengan kembang pepaya. Oleh sebab itu, ketika makan makanan ini, akan terlihat unik karena bahan isian rujak adalah daun-daunan bukan buah.

Makanan yang satu ini bisa dibilang sangat sayang untuk dilewatkan. Jadi, ketika pergi ke Bangka Belitung, sebaiknya kamu sempatkan diri untuk membeli rujak daun ubi ini. Setelah mengetahui makanan rujak daun ubi, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

13. Sambal Lingkung Bangka Belitung

Tribun Wiki

Jika kamu ingin membawa makanan yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bangka Belitung, maka sambal lingkung bisa menjadi jawabannya. Sambal yang satu ini memiliki tekstur yang hampir sama dengan abon, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai teman dari makan utama sehari-hari.

Sambal likung itu sendiri terbuat dari ikan mayong, ikan tenggiri, atau ikan parang. Setiap ikan pastinya memiliki rasanya sendiri, sehingga kamu bisa membelinya sesuai dengan selera juga.

Kemudian, ikan-ikan yang telah dipilih itu dikukus. Selain itu, ada juga yang mengolahnya dengan cara direbus yang kemudian dihaluskan. Setelah dihaluskan, bahan utama itu ditumis dan diberi berbagai macam bumbu rempah. .

Makanan yang satu ini memang akan lebih nikmat, jika dimakan bersamaan dengan makanan utama atau lebih tepatnya sebagai pendamping nasi. Namun, ternyata sambal lingkung ini bisa kamu gado saja, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai camilan.

14. Kricu Bangka Belitung

Zona Bangka Belitung

Makanan khas Bangka Belitung yang bisa kamu jadikan oleh-oleh maupun camilan lainnya adalah Kricu, yang terbuat dari telur cumi. Makanan yang satu ini bisa dibilang memiliki tekstur seperti kue kering pada umumnya, yaitu renyah. Adapun rasa dari kue ini, seperti gurih dan ada sedikit manisnya.

Makanan khas Bangka Belitung ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Bahan dari makanan ini, seperti telur cumi, telur ayam, bumbu penyedap, dan garam.

15. Lempok Cempedak

cookpad.com

Salah satu makanan khas Bangka Belitung yang bisa dibilang adalah lempok cempedok paling banyak diburu oleh wisatawan. Hal ini karena makanan ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh atau camilan di rumah. Sesuai dengan namanya, lempok atau dodol ini terbuat dari buah cempedak yang memiliki cita rasa legit dengan tekstur yang kenyal.

Demikian pembahasan tentang makanan khas Bangka Belitung. Setelah membaca artikel ini sampai selesai, semoga saja kamu jadi lebih mudah dalam memilih makanan khas Bangka Belitung ketika berkunjung ke sana.

Grameds bisa mendapatkan informasi mengenai Bangka Belitung lebih banyak lagi dengan membaca buku yang tersedia di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. 17 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia 
  2. 20 Makanan Tradisional Indonesia yang Wajib Dicoba Saat Liburan 
  3. 14 Makanan Khas Solo dan Ciri Khasnya
  4. 9 Makanan Khas Jakarta yang Wajib Dicoba 
  5. Mengenal Ragam Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Dicoba 
  6. 22 Makanan Khas Jawa Barat Paling Favorit, Bikin Ketagihan! 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda