in ,

Mengenal Ragam Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Kamu Coba

KSMTour.com

Makanan Khas Kalimantan – Kalimantan merupakan salah satu pulau yang ada di Indonesia. Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi. Pulau Kalimantan dibagi menjadi wilayah Indonesia (73%), Malaysia (26%), dan Brunei (1%). Pulau Kalimantan terkenal dengan julukan “Pulau Seribu Sungai” karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini.

Selain itu, Kalimantan terkenal akan destinasi wisatanya yang menjadi surga para pecinta alam. Begitu juga dengan warisan budayanya yang masih kental. Selain menyimpan keindahan alamnya yang menakjubkan, ternyata Kalimantan pun memiliki keunikan lainnya.

Disamping itu, makanan khas Kalimantan memiliki sajian yang berbeda di tiap daerah masing-masing, yang mana keunikan tersebut salah satunya terdapat pada olahan kulinernya. Memadukan antara berbagai sumber daya alam yang ada dengan rempah khasnya, membuat makanan khas Kalimantan memiliki cita rasa yang begitu lezat.

Kalimantan punya beragam jenis kuliner yang rasanya khas dan tidak mengecewakan. Makanan khas Kalimantan ini juga bisa ditemukan di seluruh wilayah Kalimantan. Setiap daerahnya punya makanan khas yang enak dan wajib Anda coba.

Jika kamu masih bingung makanan khas Kalimantan apa saja, maka bisa simak artikel ini, Grameds.

Macam-Macam Makanan Khas Kalimantan

Berikut makanan khas Kalimantan ini menjadi makanan wajib yang harus Anda coba adalah sebagai berikut:

1. Ketupat Kandangan

Makanan Khas Kalimantan
Pegipegi

Makanan khas dari Kandangan, Kalimantan Selatan ini juga punya rasa otentik. Makanan ini berbahan dasar ketupat. Ketupat yang digunakan pada Ketupat kandangan di sini memiliki kuah yang lebih keruh lantaran terdapat tambahan berupa santan. Cita rasa yang diciptakan tentunya lebih nikmat dan gurih.

Kalau biasanya ketupat disajikan bersama ayam atau daging, maka ketupat kandangan ini disajikan bersama ikan. Ikan yang digunakan dalam ketupat kandangan adalah jenis ikan gabus. Ikan gabus ini dimasak dengan cara dipanggang terlebih dahulu sebelum dimasak dengan kuah santan yang penuh bumbu.

2. Chai Kue

Makanan Khas Kalimantan
Kumparan

Chai kue atau choi pan adalah snack dari Kalimantan yang banyak terpengaruh budaya Tiongkok. Makanan gurih dengan isian lobak dan ebi ini punya rasa unik. Apalagi kalau dimakan bersama sambalnya yang pedas plus asam. Rasanya kamu tidak akan pernah berhenti mengunyah. Makanan khas Kalimantan ini jadi salah satu makanan yang paling dikangenin orang asli Pontianak.

3. Manday Kalimantan

Makanan Khas Kalimantan
Kaskus

Bisa dikatakan jika manday hampir mirip dengan Gudeg yang ada di Jogja. Adapun yang membedakan antara dua hidangan ini terdapat pada bahan utamanya. Manday atau mandai ini terbuat dari kulit buah cempedak. Makanan ini dibuat dengan cara diasinkan selama beberapa hari. Manday bisa dikonsumsi dengan cara digoreng terlebih dahulu.

Makanan khas Kalimantan ini cukup unik jika dibandingkan dengan kuliner lainnya. Cita rasa yang diciptakan dari Manday pun sangat khas, sehingga mampu menimbulkan kelezatannya sendiri. Jadi, tak ayal jika banyak sekali pelancong yang datang jauh jauh hanya untuk mencicipinya secara langsung.

4. Bubur Pedas

Makanan Khas Kalimantan
Detikcom

Bubur pedas masakan khas Kalimantan ini berbeda dengan bubur yang sering Anda makan. Meski namanya berupa Bubur Pedas, tapi ketika menyantap makanan khas Kalimantan. Meskipun namanya bubur pedas, tetap rasa bubur ini sama sekali nggak pedas.

Bubur ini sebenarnya hampir mirip dengan bubur manado yang di dalamnya banyak sayur-sayuran. Bubur pedas ini adalah sarapan khas di Kalimantan Barat, bubur ini paling enak disantap bersama ikan teri plus jeruk nipis. Bahkan, banyak yang menyamakannya dengan Bubur Manado, lantaran banyaknya sayur mayur yang digunakan di dalamnya.

5. Pengkang

Makanan Khas Kalimantan
borneo24.com

Kue unik lainnya yang bisa dicicipi ketika berada di Kalimantan yakni Pengkang. Kue unik ini juga hanya bisa ditemukan di Kalimantan Barat saja. Pengkang terbuat dari ketan yang isiannya adalah udang ebi. Mirip lemper sih tapi bedanya pengkang ini bentuknya segitiga dan dimakan bersama saus kerang yang pedas. Pengkang juga sering dijadikan oleh-oleh khas dari Pontianak.

6. Hekeng Kalimantan

Makanan Khas Kalimantan
borneo24.com

Makanan selanjutnya yang tidak bisa dilewatkan ketika berada di Kalimantan yakni Hekeng. Dibuat dengan campuran bahan seperti daging babi dan udang, sehingga menciptakan rasa yang sangat lezat dan gurih. Hekeng masakan khas Tiongkok-Pontianak ini juga wajib kamu coba.

Biasanya, hekeng terbuat dari campuran berbagai macam daging mulai dari babi sampai udang. Bila dicicipi, tekstur dan rasanya mirip dengan siomay, bedanya hekeng biasanya digoreng kering dan disantap bersama kuah asam manis.

7. Soto Banjar

Makanan Khas Kalimantan
Detikcom

Kuliner yang satu ini mungkin sudah cukup familiar di telinga masyarakat seantero nusantara. Bagaimana tidak, kini keberadaan Soto Banjar tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Akan tetapi, rasa yang otentik hanya bisa didapatkan ketika menyantapnya secara langsung di Kalimantan.

Kuahnya yang kental dan sedikit keruh, membuatnya disukai oleh banyak orang. Soto khas suku Banjar ini juga punya rasa unik dan berbeda dengan soto yang biasa Anda makan. Soto berkuah kuning bening ini kaya akan rasa rempah-rempah khasnya kayu manis. Biasanya, soto tidak dimasak dengan kayu manis makanya rasa soto banjar ini berbeda dengan soto ayam yang biasa Anda makan.

8. Kalumpe

Makanan Khas Kalimantan
Pegipegi

Kalumpe adalah kuliner khas dari daun singkong yang dimasak dengan santan. Sayur daun singkong yang dimasak dengan santan mungkin bisa Anda temui juga di makanan Padang atau Sumatera. Kalau di Kalimantan sayur singkong dengan santan ini diberi nama kalumpe.

Daun singkong di kalumpe ini biasanya diolah dengan cara ditumbuk lalu dimasak bersama dengan santan dan rempah-rempah. Penumbukan tersebut bertujuan agar daun singkong bisa menyerap bumbu dari berbagai jenis rempah dengan mudah. Jadi tak heran jika cita rasanya begitu lezat.

9. Bingka Barandam

Makanan Khas Kalimantan
cookpad.com

Bingka menjadi kue tradisional asal Kalimantan yang memiliki rasa manis, lembut, serta sedikit berlemak. Biasanya Bingka disajikan bersamaan dengan camilan serta beberapa kue khas lainnya. Kue khas Kalimantan yang juga tidak boleh ketinggalan adalah bingka barandam. Kue manis asal Banjar ini sebenarnya nggak terlalu sulit untuk dibuat. Anda hanya perlu tepung, telur, gula dan kayu manis.

Dengan empat bahan sederhana tersebut, Anda sudah bisa merasakan legitnya bingka barandam. Makanan ini juga andalan warga Banjar untuk menjamu tamu yang datang ke rumah, apalagi kalau tamunya dari luar kota kue ini pasti nggak bakal terlewat untuk disajikan. Masyarakat setempat pun kerap menghidangkan makanan khas Kalimantan ini di setiap acara besar seperti pernikana atau yang lainnya.

10. Nasi Bekepor

Makanan Khas Kalimantan
Herstory

Ingin merasakan sajian khas Raja Kalimantan? Salah satu masakan yang disukai raja-raja di Kalimantan adalah nasi bekepor. Jangan khawatir, lantaran kini Nasi Bekepor telah dijajakan di berbagai tempat khususnya di Pulau Kalimantan.

Nasi khas raja-raja ini rasanya mirip nasi liwet yang penuh rasa santan. Kalau nasi liwet dimakan bersama ayam goreng, nasi bekepor ini dimakan bersama daging masak bumi hangus yang enggak kalah enak.

11. Mie Sagu

Bukan hanya Indonesia bagian timur saja yang menjadikan sagu menjadi makanan pokok. Kalimantan ternyata juga punya masakan khas yang terbuat dari sagu yaitu mie sagu. Mie sagu ini biasanya disajikan dengan cara digoreng atau dimasak dengan kuah. Meski berbeda, namun di antara keduanya memiliki cita rasa khas yang tak bisa dijumpai di beberapa daerah lainnya.

12. Juhu Umbut Sawit

Makanan Khas Kalimantan
genpi.co

Sayur khas Kalimantan Tengah ini juga wajib kamu coba, juhu umbut sawit ini dibuat dengan menggunakan umbut atau pohon kelapa muda. Bahan dasarnya ini mungkin sulit untuk ditemukan di daerah lain karena memang pohon kelapa nggak biasa digunakan untuk bahan masakan. Juhu umbut sawit ini biasanya dimasak dengan santan, dan umumnya, juhu umbut sawit akan menjadi menu wajib di acara-acara pernikahan adat.

13. Sate Payau

phinemo.com

Sate payau ini sangat terkenal di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan menjadi makanan favorit warga Kutai Kartanegara. Sate payau ini sebenarnya adalah sate daging rusa yang dibumbui dengan bumbu kacang dan kecap. Penggunaan daging rusa ini memang tidak biasa dan pasti membuat Anda penasaran. Cukup ekstrim memang, tapi pada kenyataannya, olahan satu ini cukup populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

14. Iwak Pakasam

Makanan Khas Kalimantan
tribunnews.com

Iwak pakasam terbuat dari ikan sungai yang difermentasi, biasanya ikan selalu dimasak dalam keadaan segar. Iwak Pakasam merupakan olahan kuliner yang menggunakan ikan tawar, seperti ikan haruan, ikan gabus, ikan mangki, ikan sepat, atau ikan papuyu.

Dalam pengolahannya, ikan tersebut diawetkan terlebih dahulu dengan ditaburi garam dan beras ketan. Bila telah memasuki waktu tertentu, ikan yang telah diawetkan tersebut dimasak lalu diberikan bumbu khas lainnya. Setelah digoreng kering iwak pakasam ini punya rasa yang menyegarkan.

15. Amparan Tatak

Makanan Khas Kalimantan
resepkoki.id

Kue khas dari banjar amparan Tatak menjadi hidangan selanjutnya yang kerap dihadirkan di setiap ada perayaan penting, seperti pernikahan atau syukuran. Amparan tatak terbuat dari tepung beras dan santan, kue ini rasanya mirip dengan kue pisang yang dibungkus dalam daun pisang. Bedanya amparan tatak ini dibuatnya dengan porsi besar.

16. Kerupuk Basah

KSMTour.com

Siapa yang tidak tahu jika Kalimantan menyuguhkan beragam keunikan yang patut untuk ditelusuri. Salah satunya olahan kulinernya yang begitu khas. Makanan ini akan mengingatkan Anda pada pempek di Palembang. Kerupuk basah sama-sama berbahan dasar ikan dan biasanya dimasak hanya dengan cara dikukus.

Mungkin ini mirip dengan pempek yang belum digoreng rasanya pun mirip dengan pempek. Perbedaannya, terletak pada penyajiannya, yang mana makanan khas Kalimantan ini tidak perlu digoreng lagi dan langsung disajikan bersamaan dengan bumbu khasnya.

17. Ayam Cincane

cookpad.com

Satu makanan khas Kalimantan Timur yang juga nggak boleh terlewat adalah ayam cincane. Namanya memang unik sesuai dengan rasanya nih. Ayam cincane ini disajikan di acara-acara penting masyarakat Samarinda. Ayam yang sekilas mirip dengan ayam balado ini punya ciri khas warna merah dan rasa yang penuh bumbu rempah.

18. Lawa

direktori-wisata.com

Satu makanan yang juga jadi makanan khas Kalimantan khususnya Kalimantan Utara. Lawa adalah salah satu makanan khas Kalimantan Utara yang wajib dicoba. Kuliner khas satu ini berasal dari Kerajaan Bulungan jadi memang masakannya unik dan istimewa banget nih. Lawa berbahan dasar sayuran seperti timur kadang ada juga dari rumput laut. Sayuran atau rumput laut ini dibumbui dengan kelapa sangrai dan udang galah, jadi rasanya gurih dan menyegarkan.

19. Lek Tau Suan

KSMTour.com

Anda yang sedang berlibur atau berkunjung ke Kalimantan Barat harus mencicipi makanan yang satu ini. Lek tau suan adalah salah satu makanan yang populer di kota Pontianak. Sajian berkuah yang terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan gula dan pandan ini dihidangkan dengan cakwe. Rasa gurih dan manisnya ini bakal bikin kangen banget.

20. Bangamat

Kuliner yang satu ini mungkin baru pertama kali Anda dengar. Bangamat adalah salah satu makanan khas Kalimantan Tengah yang terbuat dari kelelawar. Hampir sama dengan masakan khas Manado, Bangamat ini juga mengandalkan daging kelelawar yang dimasak dengan bumbu rempah khas.

21. Garang Asem Banjar

Kalimantan terkenal sebagai pulau yang memiliki berbagai olahan ikan tawarnya yang sungguh luar biasa. Yang mana salah satunya yakni Garang Asem Banjar. Bila di lihat dari penampilannya, makanan ini memang tidak jauh beda dengan sayur asem. Hanya saja terdapat ikan tawar dan bumbu lainnya yang membuat cita rasanya begitu khas.

22. Kelepon Martapura

Britagar

Klepon menjadi makanan selanjutnya yang sangat familiar di telinga pribumi. Bagaimana tidak, panganan satu ini bukan hanya ada di Kalimantan saja melainkan terkenal di Pulau Jawa pula. Akan tetapi, Kelepon Martapura asal Kalimantan ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok dengan klepon lainnya. Yakni ukurannya yang lebih kecil dan teksturnya yang kenyal.

23. Ganggang Humbut

Ganggang Humbut merupakan hidangan kuliner unik yang wajib untuk dicoba. Hal ini lantaran bahan utama yang digunakan merupakan inti dari pohon kelapa dan diolah menjadi sayur. Mungkin terdengar cukup aneh, tetapi untuk cita rasa makanan khas Kalimantan ini tidak bisa diragukan lagi. Dalam sekali suapan, Anda akan merasakan perpaduan yang sangat sempurna.

24. Patin Baubar Kalimantan

minapuli.com

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini memang menggunakan Ikan Patin sebagai bahan utamanya. Patin yang siap untuk diolah sebelumnya diiris menjadi beberapa bahan lalu diberikan berbagai rempah sebagai bumbunya. Setelah itu, dibungkus menggunakan daun pisang. Selanjutnya dibakar dengan tungku serta bara api yang masih menyala.

25. Gence Ruan

cookpad.com

Masyarakat diluar Kalimantan pasti akan bingung dengan nama makanan yang satu ini. ‘Gence’ merupakan sambal goreng khas Kalimantan Timur dan ‘ruan’ berarti ikan haruan atau ikan gabus. Gence Ruan diolah dengan cara melumuri sambal goreng khas Kalimantan pada ikan yang akan disajikan.

Sajian khas daerah Kutai Kartanegara ini memang menggoda dari segi tampilan, begitu juga rasanya yang tak hanya pedas tapi juga nikmat dari gurihnya ikan gabus. Selain dapat disantap dengan nasi hangat, gence ruan juga biasa disajikan bersama olahan tumis sayur pakis yang segar.

26. Rabo Ruan

Secara tampilan, makanan khas Kalimantan ini terlihat seperti serundeng atau abon. Namun, Rabo Ruan tidak terbuat dari daging sapi seperti abon, melainkan terbuat dari ikan Gabus atau ikan Haruan. Sudah dipastikan bahwa makanan ini memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Rabu Ruan menjadi bahan utama dari Gence Ruan. Hidangan ini dapat dinikmati bersama nasi hangat, dijamin akan membuat Anda ketagihan.

27. Bingka Kalimantan

SuaraBatam

Beragam kue Bingka memang sangat populer di Kalimantan karena cita rasanya yang manis dan bertekstur lembut. Kudapan yang berbahan dasar tepung terigu dan santan ini juga memiliki variasi rasa yang beragam, tergantung bahan tambahan yang digunakan. Beberapa bahan yang biasa ditambahkan yaitu tapai, labu, kentang, pandan dan masih banyak lagi. Kue bingka Kalimantan banyak dijual di toko kue yang tersebar di kota Samarinda.

Demikian pembahasan tentang makanan khas Kalimantan. Jika Grameds pergi ke Kalimantan jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Kalimantan, ya!

Untuk mendapatkan informasi lebih, Grameds bisa membaca buku yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. 17 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia
  2. 10 Makanan Khas Jawa Timur yang Terkenal Kelezatannya
  3. 9 Makanan Khas Jakarta yang Wajib Dicoba! 
  4. 22 Makanan Khas Jawa Barat Paling Favorit, Bikin Ketagihan! 
  5. 12 Makanan Khas Jawa Tengah yang Wajib Dicoba! 
  6. 10 Makanan Khas Batam Terenak Penggugah Selera 
  7. 16 Rekomendasi Makanan Khas Bekasi yang Wajib Kamu Coba 
  8. 12 Rekomendasi Makanan Khas Lombok yang Wajib untuk Dicoba 

Written by Ananda