in ,

30 Makanan Internasional Paling Enak

Makanan Internasional Paling Enak – Hampir setiap negara memiliki ciri khasnya masing-masing, salah satunya adalah makanan. Makanan yang terkenal enak dan memiliki karakter unik pasti akan disukai oleh banyak orang. Tak heran apabila ada makanan yang awalnya hanya dikenal secara nasional kemudian perlahan dikenal sebagai makanan internasional.

Sebagai ciri khas dari sebuah negara, makanan internasional memiliki perbedaan pada bagian bahan-bahan yang digunakan. Bahan-bahan makanan internasional biasanya berasal sumber daya asli daerah atau negara tersebut, baik itu berupa cita rasa hingga bentuk yang identik dari negara.

Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak makanan internasional yang tersebar dan disajikan di berbagai tempat di belahan dunia. Maka dari itu, kamu bisa menemukan makanan internasional di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Nah, berikut ini adalah deretan makanan internasional paling enak dari berbagai negara yang wajib kamu coba selama hidup.

Makanan Internasional Paling Enak

1. Rendang, Indonesia

Rendang adalah makanan internasional yang berasal dari indonesia. Makanan yang berasal dari daerah Minangkabau ini bisa dikatakan sangat mudah untuk dibuat. Pada tahun 2011 silam, rendang atau sering juga disebut randang masuk dalam 50 makanan paling enak di dunia versi CNN.

500 resep masakan terfavorit

500 resep masakan terfavorit

Masakan daging ini memiliki cita rasa yang kaya akan rempah-rempah. Sebagai makanan yang terbuat dari bahan dan bumbu alami, rendang terbilang makanan yang cukup awet. Selain itu, berbagai jenis bahan selain daging dan santan antara lain yaitu, serai, lengkuas, laos, kunyit, jahe, bawang putih dan bawang merah, dan masih banyak lagi.

2. Kimchi, Korea

Makanan internasional selanjutnya berasal dari negeri ginseng yaitu Kimchi. Bagi kamu yang sering atau suka dengan drama korea, tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis makanan internasional. Kimchi sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu makanan tradisional dari Korea.

Kimchi merupakan makanan dengan bahan dasar dari asinan sayuran yang sudah dilakukan proses fermentasi. Maka dari itu, pembuatan kimchi hanya membutuhkan beberapa bahan sayuran yang sering digunakan sehari-hari misalnya seperti sawi putih, lobak, atau sesuai dengan selera pembuatnya.

Kimchi juga termasuk ke dalam jenis makanan yang memiliki kandungan serat cukup tinggi tetapi berkalori rendah. Hal ini disebabkan hampir setiap bahan dari kimchi terbuat dari sayuran, mulai dari bawang bombai, bawang putih, cabai dan masih banyak lagi. Kimchi merupakan makanan yang kaya akan vitamin A, B1, B2, kalsium, zat besi dan bakteri baik lainnya. Tak heran, apabila kimchi tercatat sebagai salah satu dari lima makanan paling sehat di dunia versi Health Magazine.

3. Kebab, Turki

Makanan internasional paling berikutnya berasal dari negara Timur Tengah, yakni Turki. Kebab sendiri merupakan istilah yang berasal dari bahasa Arab, yaitu kabab atau bisa diartikan sebagai daging goreng. Seiring dengan berjalannya waktu, kebab yang awalnya berbahan dasar daging goreng telah mengalami berbagai modifikasi hingga memiliki bentuk seperti sekarang ini, yakni daging panggang atau bakar yang ditusuk memakai tusukkan.

Kebab sendiri biasanya menggunakan daging dari domba maupun sapi. Namun, terkadang ada juga kebab yang memakai bahan dasar daging kambing, ikan, ayam, bahkan bisa juga kerang. Selain ditusuk, kebab juga bisa disajikan sebagai isian untuk burger.

4. Gelato, Italia

Gelato dari negara Italia menjadi makanan internasional berikut yang patut kamu coba sekali seumur hidup. Gelato sendiri merupakan istilah dari bahasa Italia yang memiliki makna “beku.” Es krim gelato bisa dikatakan sebagai makanan paling nikmat dan unik di dunia sehingga sangat berbeda dengan es krim pada umumnya. Hal ini dikarenakan kandungan lemak yang cukup rendah pada makanan ini.

Tidak hanya itu, es krim gelato tidak terlalu memiliki gelembung udaranya sebanyak es krim yang ada pada umumnya. Tak heran apabila banyak orang yang menyukai es krim gelato karena tekstruk yang lebih padat daripada biasanya. Es krim gelato sangat cocok menjadi pilihan kamu pada saat ingin mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang rendah.

5. Croissant, Perancis

Croissant merupakan makanan internasional paling enak selanjutnya dari Perancis. Pastry atau kue kering ini memiliki bentuk menyerupai bulan sabit dengan rasa yang gurih dan renyah. Dalam sejarahnya, croissant merupakan makanan yang dimasak untuk melakukan perayaan kemenangan pasukan Perancis.

Meskipun di Perancis dijual tanpa mentega dan isi, croissant mengalami beberapa perubahan untuk di luar negeri, seperti penambahan cokelat, isi daging dan masih banyak lagi. Kue kering yang masuk dalam daftar makanan terlezat di dunia ini sangat cocok dinikmati pada saat bersantai bersama keluarga atau teman.

6. Jerk Chicken, Jamaika

Makanan internasional berikutnya ini berasal dari benua Afrika yakni Jerk Chicken, Jerk chicken sendiri pada dasarnya adalah sebuah gaya atau metode yang digunakan orang Jamaika dalam memasak daging. Cara memasaknya yaitu dengan mencampur berbagai bumbu tradisional berupa rempah-rempah panas untuk memasak daging kering dan daging basah.

Cara memasak tersebut berhasil menghadirkan kenikmatan pada daging. Ditambah lagi, penggunaan bumbu dan rempah yang panas dan melekat di tulang menajdikan makanan ini sangat menggoda untuk memanjakan lidah. Jerk chicken biasanya akan disajikan dengan tambahan irisan jeruk nipis dan daun bawang hijau yang mempercantik tampilan dan meningkatkan cita rasa dari jerk chicken.

7. Lasagna, Italia

Italia sudah lama terkenal berkat beragam makanan internasional yang cukup mudah untuk dibuat, tetapi menyajikan rasa yang lezat nan mantap. Lasagna menjadi salah satu sajian klasik paling enak dari negeri para gladiator ini. Lasagna merupakan makanan yang terbuat dari olahan pasta yang biasanya diisi dengan makanan laut, daging maupun sayuran.

Sementara itu, bahan yang digunakan untuk membuat adonan kulit lasagna berasal dari tepung terigu. Kulit lasagna diketahui akan semakin nikmat apabila disantap pada saat masih dalam keadaan panas. Makanan tradisional asal Italia ini akan disusun berbentuk lapisan-lapisan untuk kemudian dimakan bersama saus.

8. Hamburger, Jerman

Makanan paling enak di dunia selanjutnya berasal dari Jerman, yakni hamburger. Hamburger sendiri sudah sangat populer di berbagai belahan dunia. Dengan varian isi yang beragam di antara dua potongan roti berbentuk bundar, biasanya akan diisi dengan daging, selada, keju, tomat, asinan, sosis, ham dan bawang bombay.

Makanan ini termasuk ke dalam jenis makanan bergizi. Tak heran, apabila hamburger menjadi salah satu menu yang sering masuk ke dalam daftar menu sarapan dan makan siang di negara-negara Eropa. Pada saat dihidangkan, hamburger akan disertai dengan saus tomat, saus cabai atau mayonnaise.

9. Black Pudding, Inggris

Black pudding menjadi makanan internasional paling enak berikut, makanan yang berasal dari negeri ratu elizabeth ini merupakan makanan sejenis sosis tradisional dengan bahan dasar dari darah segar yang belum menggumpal. Sosis tradisional dari Inggris ini biasanya juga dibuat dari darah babi kering serta lemak. Ada banyak orang yang sangat suka dengan sensasi kuat yang disajikan oleh sosis tertua ini.

10. Hot Dog, Amerika Serikat

Hot dog merupakan makanan internasional yang biasa disajikan sebagai camilan negara Amerika Serikat. Hot dog sendiri memiliki bentuk berupa roti dengan sosis yang lebih lembut dan berbentuk panjang. Di dalam sosis biasa ditambahkan, selada, keju, buah zaitun, bawang dan potongan kubis serta ada hiasan mayones di bagian atas isiannya.

11. Sushi, Jepang

Sushi bisa dikatakan sebagai salah satu kuliner khas Jepang. Makanan ini terbuat dari olahan nasi yang memiliki tekstur lembut dengan rasa yang masam. Nasi dari sushi sendiri memiliki rasa yang nasi dipengaruhi oleh campuran cuka beras, garam dan gula. Setelah itu, sushi akan dibentuk bersama daging, makanan laut atau neta hingga sayur mentah atau matang.

12. Chili Crab, Singapura

Tak mau ketinggalan, Singapura juga memiliki makanan internasionalnya sendiri yaitu chilli crab atau kepiting cabai. Makanan ini dikenal dengan cita rasa pedasnya yang sangat nikmat dan sering dihidangkan bersama roti mantau. Bahan dasar makanan ini adalah kepiting lumpur atau soka yang dibakar sampai lunak dengan menggunakan berbagai jenis bumbu. Tak heran, Chili crab disebut juga sebagai rajanya hidangan kepiting.

13. Penang Assam Laksa, Malaysia

Penam Assam Laksa menjadi makanan internasional khas Malaysia yang sudah banyak diketahui oleh para wisatawan mancanegara. Kudapan ini sendiri berisi mie atau bihun yang diberi tambahan topping berupa ikan makarel, nanas, selada, cabai dan timun. Mi dari penang assam laksa biasanya disiram dengan kuah kental asam pedas hingga memunculkan kesegaran toppingnya.

14. Masala Dosa, India

Masala dosa merupakan makanan khas asal India yang memiliki bentuk seperti lekker crepes yang ada di Indonesia. Makanan ini biasa disajikan sebagai menu sarapan atau makan malam orang India. Hanya saja, masala dosa menggunakan kacang dan hasil fermentasi beras sebagai bahan dasar pembuatannya. Makanan ini juga diketahui memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah dan karbohidrat yang tinggi.

15. Lechon, Filipina

Lechon menjadi hidangan favorit masyarakat Filipina yang selalu digunakan untuk menyambut natal maupun festival lainnya. Makanan ini berbahan dasar daging babi. Daging babi yang dipanggang di atas arang akan diputar sehingga bisa menghasilkan kulit yang renyah.

Sebelum dipanggang, perut babi akan dikeluarkan isinya. Selanjutnya, babi akan dibumbui supaya lebih gurih dan lezat. Selain menjadi makanan nasional warga Filipina, lechon juga menjadi sajian wajib ketika acara pernikahan dan ulang tahun.

16. Dim Sum, Hongkong

Dim Sum merupakan makanan andalan dari Hong Kong yang cukup terkenal di berbagai belahan dunia. Makanan khas Hong Kong yang terbuat dari adonan tepung beras ini dibuat dengan cara dikukus, digoreng atau dipanggang. Setelah itu, dim sum akan disajikan dalam wadah bambu dengan saus atau kecap. Dim sum akan lebih nikmat, apabila di dalamnya terdapat sayuran, udang, ayam hingga babi.

17. Tom Yum Goong, Thailand

Tom yum goong ini merupakan makanan khas Thailand yang berbentuk sup dengan bahan dasar dari ayam, udang, ikan, jamur atau hasil kombinasi dari berbagai makanan laut. Masakan ini diketahui memiliki dua versi kuah, yakni pertama dengan perpaduan antara rasa gurih, asam dan pedas yang sama. Sementara, kedua dengan kuah bening atau tanpa santan dan versi kuah bersantan.

18. Pho, Vietnam

Bergeser ke Vietnam, makanan internasional khas dari Vietnam adalah pho. Pho sendiri merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras dengan kuah kaldu sapi bening untuk dibuat mie. Makanan ini biasanya diberi irisan daging sapi tipis sebagai topping. Selanjutnya, pho akan nikmat disantap bersama daun ketumbar dan irisan jeruk nipis. Aroma aromatik yang nikmat dan taburan rempah yang lezat menjadikan pho cocok untuk memanjakan lidah.

19. Kroketten, Belanda

Kroketten sudah banyak dikenal di berbagai negara Eropa. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan unik. Kroketten sendiri dibuat dengan cara menggoreng campuran daging dan kentang yang dicincang. Kemudian, bahan tadi dicampur bumbu dan dibentuk bulat seperti roket dan dilumuri dengan tepung roti. Makanan ini sangat cocok untuk para pelancong.

20. Poutine, Kanada

Makanan internasional paling enak khas Kanada ini memiliki hari festival yang diadakan di semua kota negara Kanada setiap tahunnya. Poutine sendiri merupakan makanan ringan dengan bahan dasar kentang campuran rasa asin, manis dan pedas. Kentang goreng pada poutine akan ditambahkan dengan keju dan sayuran. Selanjutnya, poutine akan ditambahkan daging dan saus pedas tebal dan lezat

21. Veggie Spring Rolls, China

Veggie Spring Rolls merupakan makanan internasional dari China yang sangat cocok untuk seorang vegetarian. Makanan satu ini sangat mirip dengan lumpia yang ada di Indonesia. Hanya saja, kulit yang digunakan pada veggie spring rolls akan dikukus dan diisi dengan berbagai sayuran yang masih mentah. Beberapa sayurannya yaitu kol, selada, wortel, tauge dan timun yang masih segar dan sudah bersih. Selanjutnya, makanan ini akan ditaburi sedikit wijen dan disajikan bersama kecap asin serta saus pedas.

22. Frites, Belgia

Frites merupakan makanan yang terbuat dari olahan kentang goreng khas negara Belgia. Makanan ini terbuat dari beberapa potongan kentang yang digoreng dan dimakan dengan berbagai jenis saus sesuai selera. Namun, Belgia memiliki cara tersendiri untuk menyajikan frites dengan cara memasukkannya ke dalam wadah berbentuk kerucut bersama saus. Tak heran, apabila makanan ini menjadi salah satu makanan yang sangat terkenal di Eropa.

23. Hummus, Arab Saudi

Hummus menjadi salah satu makanan internasional dari Arab Saudi. Makanan ini memiliki bentuk seperti selai gurih yang terbuat khusus dari kacang khas tanah arab. Hummus ini sendiri memiliki teksturnya yang lembut dan cocok dinikmati sebagai pelengkap dengan cita rasa yang enak dan gurih. Makanan ini akan disajikan dengan campuran garam, bawang putih, minyak zaitun, sari perasan limau dan tahini atau wijen giling.

24. Tortilla, Spanyol

Tortilla merupakan makanan internasional masyarakat Spanyol yang tidak menggunakan daging sebagai komponen utamanya. Makanan ini termasuk sebagai hidangan vegetarian dan sangat disukai untuk menu sarapan warga Spanyol.

Tortilla sendiri terbuat dari berbagai bahan seperti kentang, tomat, paprika dan bawang bombay. Setelah sudah tercampur, sayuran tersebut ditambah sedikit minyak zaitun, merica dan garam sebagai sentuhan terakhirnya.

25. Tacos, Meksiko

Tacos merupakan makanan yang terdiri dari lipatan roti tortila yang diisi dengan keju, daun selada, tomat, hingga daging seperti sapi, ayam atau babi. Masyarakat Meksiko sendiri biasanya menggunakan saus salsa atau saus guacamole untuk menambah kenikmatan makanan. Sementara, untuk topping dapat berupa tomat, daging cincang, selada, bawang, daun seledri atau saus sendiri.

26. Melktert, Afrika

Melktert adalah salah satu makanan khas Afrika yang terkenal dengan teksturnya yang halus dan ringan. Kuliner dan lezat yang lezat ini berasal dari Afrika yang biasa disajikan sebagai hidangan penutup atau hidangan penutup.

Krim mengisi adonan melterot atau tart susu terbuat dari tepung, gula, sedikit telur dan lebih banyak susu. Selain itu, jenis puding makanan ini menggunakan kayu manis untuk campuran susu dan taburan.

27. Lamington, Australia

Kue ini sering dikenal sebagai kue nasional Australia. Kue ini terbuat dari kue spons yang dilapisi dengan cokelat dan ditaburi dengan kelapa parut kering. Tapi sekarang Lamington memiliki banyak varian rasa, seperti Stawberry dan Raspberry. Tidak jarang kue ini juga disajikan dengan krim kocok atau selai untuk menambah kekayaannya. Lamington biasanya disajikan ketika acara teh atau teh sore di sore hari. Lamington juga sering ditemukan sebagai hidangan khusus selama acara amal di Australia.

28. Crayfish Food, Swedia

Crayfish merupakan makanan yang terbuat dari udang karang terkenal dengan beragam cara pengolahan untuk dinikmati di meja makan. Makanan ini memiliki penyajian berupa sejenis sup, bisques (sup kental dari kaldu padat) dan etouffees (teknik peleburan hidangan bersama nasi). Sebagai hidangan khas Skandinavia, makanan ini memiliki daging udang yang terasa gurih dan lezat ketika disantap. Kesederhanaan masakan khas Swedia terpancar jelas dari makanan seafood satu ini.

39. Tzatziki, Yunani

Tzatziki menjadi salah satu makanan terlezat yang ada di Yunani. Makanan yang memiliki bentuk saus krim putih kental ini akan memberikan rasa lebih segar dan enak pada roti yang disebut roti pita.

Kelezatan Tzatziki didapat dari bahan yang digunakan untuk menambah keunikan dan rasa yang khas. Bahannya berupa potongan oregano, timun dan bawang bombay yang dicampur dengan olive oil serta yoghurt.

30. Bacalaitos, Puerto Rico

Makanan internasional paling enak berikutnya berasal dari Puerto Rico yaitu bacalaitos. Makanan ini terbuat dari campuran ikan ikan cod, adonan tepung, bedak kue, rempah-rempah (adobo) dan air. Dalam proses masakan bacalaitos, wajan dilakukan menggunakan panci sehingga dimasak secara menyeluruh. Seperti dalam bahasa Inggris yang menyebut camilan ini dengan kentang goreng goreng.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Makanan Internasional Paling Enak

Written by Emka Umam