in

Profil Lee Haechan NCT, Sang Mood Maker Di Grup

https://smtown-nctzens.fandom.com/

Lee Haechan – Nama Lee Haechan sepertinya sudah tidak asing lagi didengar di telinga para penggemar K-Pop. Eksistensinya telah dikenal publik sejak menjadi bagian dari SM Rookies dan berhasil debut bersama boygrup ternama besutan SM Entertainment, NCT.

Tidak hanya itu saja, kepribadiannya yang ceria sekaligus suara merdunya membuat Lee Haechan atau yang biasa disapa dengan nama Haechan ini begitu digandrungi oleh muda-mudi dari seluruh dunia. Tak terkecuali negara Indonesia yang tentunya terkena dampak Korean Wave.

Yap, Indonesia sering dijadikan ‘sasaran empuk’ sebagai tempat konser NCT dan tentunya mendapatkan respon positif dari para NCTzen Indonesia.

Ditambah lagi, pihak SM Entertainment memang telah mengadakan kerjasama dengan Indonesia dan bahkan mendirikan kantornya di Indonesia. Itulah mengapa, banyak yang menganggap bahwa NCTzen Indonesia begitu beruntung karena adanya kerjasama tersebut.

Bagi para NCTzen Indonesia, sosok Haechan sering dielu-elukan sebagai sosok idol K-Pop yang memiliki wajah lokal. Hal itu semakin didukung ketika Haechan bersama member NCT lain menyebutkan nama lokal mereka masing-masing setiap ada acara di Indonesia. Lee Haechan sendiri memiliki nama lokal yakni Haikal.

Lantas, bagaimana sih perjalanan karir dari seorang Lee Haechan yang memiliki julukan Full Sun ini hingga dapat debut bersama NCT? Apa saja fakta-fakta menarik dari Haechan? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini supaya Grameds semakin jatuh cinta dengan pesona Lee Haechan alias Haikal!

Biodata dan Profil Lee Haechan

Lee Haechan NCT
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Lee Dong Hyuk
  • Nama Panggung: Haechan
  • Tanggal Lahir: 6 Juni 2000
  • Zodiak: Gemini
  • Zodiak China: Naga (Dragon)
  • Tinggi Badan: 174 cm (5’7”)
  • Golongan Darah: AB
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan: Seoul School of Performing Arts
  • MBTI: ENFP
  • Sub Unit: NCT 127, NCT Dream, NCT U
  • Akun Instagram: @haechanahceah

Perjalanan Karir Lee Haechan

2013: Mengikuti Audisi SM Entertainment

Lee Haechan
https://smtown.fandom.com/

Sejak kecil, Ibu Haechan memang selalu mendorong anak pertamanya itu mewujudkan impiannya sebagai penyanyi. Yap, Haechan benar-benar tumbuh di keluarga yang mendukung segala mimpinya.

Atas dasar itulah, Haechan di usia ke-13 tahun, begitu berani mengikuti audisi di SM Entertainment yang dielu-elukan sebagai agensi hiburan idol K-Pop terbesar di Korea Selatan. Saat audisi, Haechan membawakan lagu “Hello” milik solois Huh Gak.

Audisi yang diikuti Haechan bukanlah audisi biasa, melainkan ‘Saturday Auditions’ yang dianggap sebagai audisi paling sulit untuk dapat lolos. Hal tersebut karena selama audisi, dinilai secara langsung oleh Lee Soo Man, pendiri SM Entertainment. Namun siapa sangka, Haechan langsung dapat lolos ke babak selanjutnya!

FYI aja nih, ada beberapa idol K-Pop lain yang berhasil lolos melalui ‘Saturday Auditions’ ini yakni Seulgi dan Yeri RED VELVET, dan Jungwoo NCT.

2014: Diperkenalkan Sebagai Bagian Dari Proyek SM Rookies

Lee Haechan
https://www.koreaboo.com/

Pada 17 Juli, Haechan akhirnya diperkenalkan ke publik sebagai bagian dari proyek pre-debut SM Entertainment bertajuk SM Rookies. FYI aja nih, sebagian besar member NCT dan Red Velvet itu juga menjadi bagian dari SM Rookies ini terlebih dahulu hingga akhirnya dapat debut di grup masing-masing.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Setahun kemudian, Haechan dan member NCT yang kala itu masih menjadi bagian dari SM Rookies, juga didapuk sebagai Mouseketeer di program “The Mickey Mouse Club” yang tayang di Disney Channel Korea. Program acara ini memiliki konsep berupa penampilan musik dan menari oleh para Mouseketeer.

Para Mouseketeer ini terdiri dari 9 member SM Rookies yakni Mark Lee, Jeno, Haechan, Jaemin, Jisung, Koeun, Hina, Herin, dan Lami. Sayangnya, keempat trainee perempuan SM Rookies ini tidak bisa debut di bawah naungan SM Entertainment.

2016: Berhasil Debut Bersama NCT 127 dan NCT Dream

Lee Haechan
https://smtown-nctzens.fandom.com/

Tepat pada 7 Juli, akhirnya Haechan berhasil debut bersama grup NCT dengan unit NCT 127 yang berbasis di Seoul. Nomor “127” itu mengacu pada koordinat garis bujur kota Seoul.

NCT 127 ini beranggotakan 10 member yakni Taeil, Johnny, Taeyong, Yuta, Jaehyun, Doyoung, Winwin, Jungwoo, Mark, dan Haechan. Di grup tersebut, Haechan memiliki posisi sebagai vokalis utama dan penari utama. Debut NCT 127 merilis lagu utama berjudul “Fire Truck” dan beberapa lagu lainnya seperti “Once Again” serta “Switch”. Lagu debut mereka langsung menduduki puncak Gaon Music Chart dan peringkat ke-2 di Billboard World Albums Chart dengan total penjualan lebih dari 80.000 album.

Sebulan setelah itu, tepatnya pada 18 Agustus, pihak SM Entertainment merilis pengumuman akan debutnya unit NCT Dream yang beranggotakan 7 member. Ketujuh member NCT Dream itu adalah Haechan, Mark, Jaemin, Jeno, Renjun, Chenle, dan Jisung.

FYI aja nih, sub-unit NCT Dream memang digadang-gadang hanya beranggotakan member yang masih remaja saja. Tidak hanya itu saja, bahkan dahulu saat masih awal debut, pihak SM Entertainment menjelaskan bahwa hanya di unit NCT Dream ini diadakan sistem graduate.

Artinya, member NCT Dream yang sudah berusia lebih dari 20 tahun, akan “lulus” dari sub-unit tersebut. Itu berarti, member NCT Dream akan mengalami pergantian secara terus-menerus mengingat sistem member NCT itu memang tidak terbatas. Namun akhirnya, pada tahun 2020, sistem graduate pada NCT Dream resmi diubah. Alhasil, member NCT Dream tetap bertujuh dan tidak akan diubah lagi.

Selain itu, sistem member NCT yang unlimited alias tidak terbatas juga dihentikan seiring dengan berita akuisisi SM Entertainment yang terjadi akhir-akhir ini.

2018: Berpartisipasi Dalam Proyek NCT 2018

Lee Haechan
https://smtown-nctzens.fandom.com/

Pada tahun 2018, pihak SM Entertainment memperkenalkan adanya proyek NCT 2018 yang melibatkan seluruh 18 member NCT. Pada proyek ini sekaligus memperkenalkan 3 member NCT baru yakni Kun, Lucas, dan Jungwoo. Lee Haechan tentu saja turut andil dalam proyek ini termasuk dalam lagu “Go” (NCT Dream), “Touch” (NCT 127), dan “Black On Black” (NCT 2018).

Pada tahun ini pula, Jungwoo yang merupakan member baru di NCT, turut ditambahkan sebagai member tetap NCT 127. FYI aja nih, sub-unit NCT 127 dan NCT Dream saja lah yang memiliki member tetap dan tidak diubah-ubah lagi.

2019: Debut Bersama NCT U Untuk Proyek SM Station

https://twitter.com/allkpop

Pada tahun 2019 ini, Lee Haechan resmi debut bersama sub-unit NCT U yang beranggotakan Taeil, Doyoung, dan Jaehyun untuk lagu berjudul “Coming Home” yang merupakan bagian dari proyek SM Station X.

Sistem member NCT ini mungkin sedikit membingungkan bagi orang awam. Singkatnya, member sub-unit NCT U memang dapat berubah-ubah sesuai dengan comeback dan lagu yang akan dirilis. NCT U mengacu “kesatuan member” supaya setiap member dapat ‘merasakan’ debut dengan orang dan genre musik berbeda.

Pada tahun 2019 pula menjadi tahun debutnya unit NCT yang berbasis di Tiongkok yakni WayV. Member WayV ini ada 7 yakni Kun, Winwin, Ten, Lucas, Hendery, Xiaojun, dan YangYang. Berhubung sub-unit ini berbasis di Tiongkok, maka mereka akan berada dibawah naungan Label V yang memang telah berkolaborasi dengan SM Entertainment.

2020: Berpartisipasi Dalam Proyek NCT 2020

Lee Haechan
https://smtown-nctzens.fandom.com/

Pada tahun 2020, Lee Haechan lagi-lagi berpartisipasi dalam proyek NCT 2020 yang tentunya sekaligus memperkenalkan 2 member baru yakni Sungchan dan Shotaro sehingga total keseluruhan member NCT adalah 23 orang, termasuk member WayV.

Proyek NCT 2020 ini pada dasarnya sama kok konsepnya dengan NCT 2018 yang mana menggabungkan seluruh member dari sub-unit yang ada menjadi satu penampilan. Pada proyek NCT 2020 ini merilis album bertajuk NCT 2020: Resonance dengan lagu utama “Resonance” dan beberapa lagu lainnya seperti “Make A Wish (Birthday Song), “90’s Song”, “Work It”, “Raise The Roof”, dan “Misfit”

Lee Haechan sendiri telah turut andil dalam lagu “Resonance” dan “90’s Song”.

Kehidupan Pribadi Lee Haechan

Latar Belakang Keluarga

Lee Haechan lahir dengan nama asli Lee Donghyuck pada 6 Juni 2000 di kota Seoul, Korea Selatan. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, seorang adik perempuan, dan dua adik laki-laki. Saat usia Haechan masih 7 tahun, keluarganya pindah ke Pulau Jeju sampai usianya 12 tahun.

Riwayat Pendidikan

https://www.koreaboo.com/

Lee Haechan sempat mengenyam pendidikan di Sekolah Menengah Hoguk dan lanjut di Seoul School of Performing Arts (SOPA). Haechan bersekolah bersama dua member NCT lainnya, Jeno dan Jaemin. Sayangnya, Haechan tidak dapat melanjutkan sekolah sampai lulus sehingga harus putus sekolah.

Banyak spekulasi yang menyatakan bahwa alasan Lee Haechan putus sekolah di SOPA karena padatnya jadwal bersama NCT.

Rehat Sejenak Karena Palpitasi Jantung

Lee Haechan
https://www.koreaboo.com/

Dilansir dari soompi.com, Lee Haechan alias Haechan NCT akan kembali menjalankan aktivitas bersama NCT 127 untuk promosi comeback yang akan datang. Pada awal Januari 2023 kemarin, Haechan sempat dinyatakan hiatus karena masalah kesehatannya. Diduga kuat, Haechan mengalami palpitasi jantung. Akibatnya, Haechan juga tidak ikut tur NCT 127 di Amerika Serikat dan Amerika Latin.

Akhirnya pada 27 Januari, SM Entertainment mengumumkan bahwa kondisi Haechan sudah membaik dan dapat kembali beraktivitas bersama comeback NCT 127. NCT 127 memang dijadwalkan akan comeback dengan album berjudul “Ay-Yo” dan “2 Baddies” pada 30 Januari 2023.

20+ Fakta Menarik Seputar Lee Haechan

https://nanasarea.tumblr.com/
  1. Lee Haechan lahir di kota Seoul, tetapi dibesarkan di Pulau Jeju.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, satu adik perempuan, dan dua adik laki-laki.
  3. Haechan debut bersama NCT pada 10 Juli 2016 di unit NCT 127 setelah perkenalan Yuta dan Winwin.
  4. Hingga saat ini, Haechan telah menjadi bagian dari sub-unit NCT U, NCT 127, dan NCT Dream.
  5. Haechan telah bergabung di SM Entertainment sejak tahun 2013, tepatnya saat dirinya duduk di kelas 1 sekolah menengah.
  6. Pada tahun 2015, Haechan muncul acara realitas EXO 90:2014 di episode 7.
  7. Saat masih kecil, Haechan mengaku bahwa dirinya telah belajar balet, jazz, dan tari kontemporer.
  8. Haechan memiliki kepribadian yang ceria, cerah, selalu berpikir positif, dan mudah bergaul, sehingga sangat cocok untuk berada di variety show apapun.
  9. Hobinya adalah sepak bola dan game komputer maupun ponsel (Overwatch, PUBG, League of Legend, dan Kart Rider)
  10. Haechan suka mengoleksi piringan hitam, sama seperti Jaehyun. Pada hari ulang tahunnya pun, Doyoung sempat memberikan kado kepada Haechan sebuah set meja putar.
  11. Haechan juga suka mengoleksi parfum.
  12. Makanan favorit: rebusan kimchi babi.
  13. Haechan suka memasak, terutama untuk member NCT Dream lainnya.
  14. Memiliki 3 tahi lalat yang terletak di pipi kanannya.
  15. Sempat meluncurkan konten pribadi ‘Radio Haechan 37,5MHz’ di saluran Youtube resmi NCT.
  16. Haechan adalah seorang fans SHINee alias Shawol. Dirinya juga mengatakan bahwa album pertama yang dibelinya adalah Juliet milik SHINee dan menjadikan grup senior tersebut sebagai panutannya.
  17. Haechan mengaku bahwa hanya Mark Lee saja yang memanggilnya dengan nama Donghyuck. Mereka berdua pun sangat akrab karena selalu bersama sejak trainee.
  18. Lee Haechan menjadi bagian dari ’00z’ bersama dengan member yang lahir pada tahun 2000 lainnya yakni Renjun, Jeno, dan Jaemin.
  19. Di sekolah, Haechan paling suka mata pelajaran musik dan tidak menyukai mata pelajaran sains.
  20. Mark, Haechan, Jeno, dan Jaemin adalah siswa di SOPA. Mereka bahkan dielu-elukan sebagai F4 SOPA sebelum akhirnya Haechan, Jeno dan Jaemin berhenti sekolah. Hanya Mark hanya yang lulus dari SOPA.
  21. Alasan Haechan tidak menggunakan nama aslinya sebagai nama panggung adalah karena dia berpikir bahwa penggemar asing pasti akan merasa kesulitan untuk mengucapkan nama “Donghyuck”.
  22. Haechan memiliki bekas luka kecil di kedua matanya yang didapatkannya setelah memukul tempat tidur saat dia masih kecil. Selain itu, ada juga bekas luka yang disebabkan oleh pukulan mikrofon Jeno saat berlatih di atas panggung selama era “Fire Truck”.
  23. Saat masih kecil, rambut Haechan keriting dan sering diejek oleh teman-temannya karena hal tersebut.

Demikian pembahasan tentang Lee Haechan. Semoga semua pembahasan di atas dapat menginspirasi kamu, Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

NCT merupakan salah satu boy group Korea yang sudah dikenal oleh banyak orang dan memiliki fans yang cukup banyak dari berbagai negara, termasuk negara Indonesia. Bagi Grameds yang ingin mencari tahu lebih banyak tentang NCT, maka bisa mencari tahunya pada buku-buku seputar NCT yang bisa didapatkan di gramedia.com.

6 Rekomendasi Buku Terkait

1. NCT TO THE WORLD

Siapa sih yang enggak kenal Taeyong? Salah satu member dari boy group yang hampir pasti jadi bahan pembicaraan kalangan penggila idol-idol di bawah naungan SM Entertainment. Satu lagi adik seperguruan dari TVXQ, Super Junior, Shinee, dan EXO… NCT!!!

Boy group satu ini sejak awal debut mencuri perhatian K-popers karena konsepnya yang unik. Penasaran seperti apa perjalanan mereka dari tahun 2016 hingga saat ini? Yuk, simak perjuangan pria-pria imut ini dalam NCT TO THE WORLD!

2. NCT The Superhumans

NCT The Superhumans adalah album mini dari boyband Korea Selatan NCT 127, yang dirilis pada 24 Mei 2019 oleh SM Entertainment. Album ini memuat single utama “Superhuman” dan lima lagu lainnya. NCT berkonsep boy grup dengan jumlah member yang tak terhingga. Mereka pun terbagi ke dalam beberapa sub-unit yang tidak hanya beraktivitas di Korea Selatan saja.

Melalui program pelatihan buatan SM Entertainment, SM Rookies, NCT dipersiapkan sejak tahun 2013. Perekrutan member NCT dilakukan lewat berbagai cara, mulai dari perekrutan jalanan, rekomendasi pribadi hingga lewat program SM Global Audition.

Secara keseluruhan, hingga saat ini NCT sudah memiliki 21 member. Mereka adalah Taeil, Johnny, Taeyong, Yuta, Kun, Doyoung, Ten, Jaehyun, Winwin, Jungwoo. Lucas, Mark, Xiaojun, Hendery, Renjun, Jeno, Haechan, Jaemin, Yangyang, Chenle dan Jisung. Meskipun terdiri dari banyak member, SM Entertainment tentu tidak sembarangan memilih mereka. Tak hanya visual mereka yang menggetarkan hati banyak penggemar wanita, kemampuan menyanyi dan menari mereka pun tak kalah mempesona.

3. NCT Multiverse Group

“To the world”, tentu salam ini sudah sangat kalian kenal. Dan tentunya kalian semua tidak asing lagi dengan grup yang memiliki penampakan dan penampilan super enerjik ini. Selain itu, parasnya yang rupawan ditambah dengan bakatnya yang luar biasa di bidang musik menjadikan NCT menjadi grup dengan talenta lengkap.

Tidak hanya penampilan NCT yang terlihat keren, tetapi siapa sangka NCT juga memiliki keunikan lain, yaitu dengan jumlah anggota yang tidak terbatas, ditambah dengan sub unit yang anggotanya berubah-ubah, menjadikan saling berkolaborasi menjadi ciri khas NCT.

NCT, nama grup ini sudah sangat dikenal di Indonesia. NCT adalah grup bentukan dari SM Entertainment dengan jumlah anggota terbanyak dan sering berubah-ubah. Musik yang disuguhkan NCT pun beraneka ragam mulai dari bubblegum pop, EDM, ballad sampai hip hop, namun dengan tetap mengusung tempo musik yang adiktif dan juga easy listening di telinga para penggemarnya.

Buku ini juga menunjukkan semangat untuk terus maju, hal ini dibuktikan dengan popularitas NCT di kancah hiburan Korea yang tetap semakin mendominasi, meskipun persaingannya juga sangat ketat.

4. The Big 3 New Lords In K-Pop

Pop Korea (Hangul: ???) adalah sub-genre musik pop yang berasal dari Korea Selatan. Pop Korea dan Drama Korea merupakan dua bagian yang tak terpisahkan dari Gelombang Korea, yang menyebar di berbagai negara di seluruh dunia. Korean Pop atau musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Genre dari musik yang dimaksud pun beragam, bisa dari hip-hop, jazz, rock, electronic dance, dan lain sebagainya.

Sebagai pecinta K-pop, pasti kalian nggak asing dengan sebutan “The Big 3”. Yup, tiga agensi K-pop yang terdiri dari SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Tapi kali ini, bukan The Big 3 K-pop Agency yang akan kita bahas, melainkan “The Big 3” grup idol cowok yang mendominasi dunia K-pop sepanjang tahun 2017 hingga saat ini.

5. 9 In 1 K-Pop United: K-Pop Makes One

9 K-Pop Idols in one place? It will bring you nine times the euphoria, nine times the addiction, and nine times your sense of belonging.

Stay seated and follow this journey to the ultimate experience of K-Pop. We, the K-Pop fans, united because of one, the music. So, together we are stronger! K-Pop makes one.

6. SuperM: The Avengers Of K-Pop

The Avengers of K-Pop? Ini bukan kisah tentang para superhero dengan kekuatan ajaibnya, melainkan ini adalah awal mula dari cerita ‘mereka,’ SuperM. Kisah 7 cowok tampan dengan tarian dan suara merdu mereka, yang mampu menghipnotis para kaum hawa. Ibarat para superhero yang memiliki cerita dan filmnya sendiri sebelum bergabung di “Avengers,” begitu pun para anggota SuperM.

Para 7 cowok tampan di SuperM terdiri dari; Baekhyun, Kai, Lucas, Mark Lee, Taemin, Taeyong, dan Ten. Mereka pun masih tergabung dalam grup asli mereka di bawah SM Entertainment yaitu EXO, NCT, SHINEE, dan Wavy, tetapi mereka juga mempunyai misi khusus. Sebuah misi untuk mengibarkan bendera “SuperM” ke penjuru dunia.

Jadi, apa sajakah ‘kekuatan’ yang dimiliki oleh SuperM ini? Lalu, kenapa mereka diberi julukan “The Avengers of K-Pop” oleh banyak orang? Dan mampukah mereka membawa nama “SuperM” terbang jauh dan menaklukan dunia? Mari temukan jawabannya di sini!

Sumber:

https://smtown.fandom.com/

https://smtown-nctzens.fandom.com/

https://id.wikipedia.org/

https://kpopwiki.org/

Baca juga:

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.