in

30 Rekomendasi Lagu Korea Terbaik dan Enak Didengar Untukmu!

https://www.korea.net/

Lagu Korea – Industri musik Korea Selatan alias K-Pop saat ini benar-benar telah berkembang pesat. Topik pembicaraan tentang K-Pop pasti akan selalu ramai diminati oleh muda-mudi karena memang basis penggemarnya telah menyebar hingga di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.

Lihat saja konten-konten di sosial media yang menyelipkan K-Pop, pasti akan selalu ramai engagement-nya.

Atas dasar itulah, lagu-lagu Korea pun pastinya akan selalu gaduh di postingan sosial media manapun dan biasanya dijadikan sebagai backsound.

Tak jarang, lagu-lagu Korea tersebut akan dijadikan sebagai challenge di sosial media TikTok yang ternyata secara tidak langsung menjadi teknik pemasaran lagu Korea tersebut. Coba deh cek playlist Spotify milikmu, pasti setidaknya ada satu atau dua lagu Korea yang ada.

Dari banyaknya lagu Korea yang beredar di pasaran, rata-rata memang memiliki lirik yang mampu membuat pendengarnya langsung takjub karena terjemahannya begitu relate dengan kehidupan.

Namun ada juga lagu Korea yang memiliki musik energetik dan easy-listening sehingga bertahan hingga bertahun-tahun lamanya. Lantas, apa saja sih lagu-lagu Korea yang patut didengarkan saat sedih maupun senang? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini!

11 Lagu Korea Tentang Perpisahan

Lagu Korea
https://aminoapps.com/

1. DAY6 – Letting Go

Lagu korea tentang perpisahan yang pertama datang dari DAY6. Grup band DAY6 memang ahlinya meremukkan hati para pendengar yang tengah berada dalam momen perpisahan ya

Salah satu lagunya yang cocok didengarkan untuk “menikmati” perpisahan dengan kekasih adalah Letting Go. Sesuai dengan judulnya, lagu ini memberikan pengertian kepada pendengarnya bahwa kita harus rela melepaskan kekasih untuk pergi, terlebih lagi jika hubungan sudah tidak bisa dipertahankan.

Lirik lagunya sederhana saja kok, tetapi maknanya begitu mendalam terutama bagi mereka yang tengah berpisah dengan sang pujaan hati.

2. Taeyeon – Fine

Lagu korea tentang perpisahan yang kedua datang dari soloist Taeyeon dengan judul Fine. Lagu ini benar-benar cocok deh untuk menggambarkan putus cinta alias perpisahan dengan sang pujaan hati. Tidak hanya itu saja, bahkan dari Music Video-nya saja diperlihatkan bagaimana perpisahan yang sesungguhnya, meskipun rasanya sangat sakit ya… 

Cocok deh didengarkan untuk “menikmati” masa perpisahan yang ternyata sangat menyakitkan itu. Lagu milik Taeyeon yang juga menggambarkan tentang momen perpisahan lainnya adalah What Do I Call You.

The Architecture of Love | Di balik Pena

3. IU – Ending Scene

Penyanyi solois wanita yang juga memiliki lagu Korea tentang perpisahan dengan makna yang amat mendalam adalah IU dan lagunya Ending Scene. Dalam lagu ini, secara tidak langsung memang menceritakan bagaimana rasanya cinta yang bertepuk sebelah tangan.

Yap, seseorang yang kita cintai ternyata tidak mencintai diri kita sebaliknya. Jika sudah begitu, hal yang harus dilakukan adalah merelakannya pergi. Doakan saja bahwa dirimu dan dirinya, akan menemukan cintanya masing-masing, di masa depan kelak.

As much as you were lonely 

I really hope you meet someone 

Who will love you more than you 

I’m sorry that she’s not me 

It’s not easy to give

4. Chen EXO – Beautiful Goodbye

Sesuai dengan judulnya, salah satu member EXO yang juga menjadi solois ini pernah merilis lagu debutnya berjudul Beautiful Goodbye yang menyiratkan pesan perpisahan. Lagu Korea yang satu ini mengisahkan bahwa momen perpisahan itu akan selalu ada, terutama kepada sang pujaan hati. Jika momen itu datang, ucapkan hal-hal baik kepadanya, sehingga perpisahanmu dan dengannya akan menjadi “perpisahan yang manis”.

5. BIGBANG – Flower Road

Sebenarnya, lagu Korea dari boyband legendaris BIGBANG yang berjudul Flower Road ini benar-benar mengisahkan perpisahan. Yap, lagu ini dirilis tepat sebelum para membernya akan melangsungkan wajib militer pada tahun 2018 lalu.

Lagu perpisahan ini ditujukan kepada fandom mereka, V.I.P dan berhasil menduduki tangga lagu teratas di sejumlah negara. Selama wajib militer, keempat member BIGBANG akan hiatus terlebih dahulu.

6. 2NE1 – Goodbye

Salah satu girlband legendaris dari YG Entertainment, 2Ne1 ini resmi bubar pada tahun 2017 lalu. Untuk mengenang segala momen yang terjadi di antara mereka dan para penggemar, mulai sejak debut hingga bubar, akhirnya rilislah lagu berjudul Goodbye.

Sesuai dengan judulnya, maka lagu ini berisikan perpisahan antara keempat member dengan Blackjacks. Setelah bubar, masing-masing member akan menjalani aktivitas individu, mulai dari menjadi solois hingga menjadi aktris.

7. Red Velvet – One of These Nights

Lagu dari Red Velvet ini disebut-sebut didedikasikan untuk tragedi tenggelamnya kapal Sewol pada tahun 2014 lalu. Yap, lagu ini mengalun dengan sangat indah, seolah hendak mengucapkan selamat tinggal pada kenangan yang pernah hadir.

Banyak warganet yang memuji keterampilan vokal dari para member Red Velvet karena berhasil membawakan lagu dengan melodi yang lembut.

8. TREASURE (Asahi x Haruto) – Thank You

Pada awal bulan November 2022 ini, para penggemar boyband TREASURE dikejutkan dengan berita keluarnya 2 member, yakni Yedam dan Mashiho.

Memang sebelumnya, kedua member tersebut menyatakan hendak hiatus terlebih dahulu. Namun, tidak disangka ternyata Yedam dan Mashiho memutuskan untuk keluar dari TREASURE dan langsung menjadi topik perbincangan hangat di berbagai sosial media.

Hal tersebut semakin membuat sedih para penggemar TREASURE yakni TEUME setelah menyadari bahwa ternyata unit Asahi x Haruto yang sebelumnya merilis lagu berjudul Thank You adalah ditujukan kepada para member yang keluar tersebut.

Yap, pada lagu Thank You ini secara tidak langsung menyiratkan pesan perpisahan. Sesuai dengan judulnya, maka lagu tersebut seolah mengucapkan terima kasih kepada kedua member karena sudah menciptakan kenangan indah bersama-sama, tepatnya sejak mengikuti acara survival YG Treasure Box.

I want to tell you through this song

Thank you, I was so happy to meet you

You you you all the memories with you are shining

Thank you, because you left me, now you’re only on the flower road you can walk

Promise me instead

I hope you don’t get sick and meet a good person

9. BTS – Love is Not Over

Siapa yang tak kenal dengan boyband BTS yang saat ini tengah naik daun bahkan sudah mendapatkan banyak penghargaan dari pengamat musik dari mancanegara. Tepatnya pada tahun 2015 dalam album The Most Beautiful Moment In Life Pt.1 dengan judul lagu Outro: Love is Not Over.

Sesuai dengan judulnya, lagu ini seolah menyampaikan bahwa perpisahan dengan sang pujaan hati itu akan tetap terjadi. Namun, melalui momen tersebut, bukan berarti akan menghapus rasa cinta yang pernah ada. Rasa cinta yang dulu bersemi akan selalu berada di hati walaupun hubungannya mau-tidak mau harus berpisah karena suatu keadaan.

10. Produce 101 Season 2 – Always

Selanjutnya adalah lagu berjudul Always yang dibawakan oleh para peserta acara survival Produce 101 Season 2 pada tahun 2017 lalu juga menyiratkan pesan perpisahan. Lagu ini hadir sebagai bentuk “perpisahan” kepada para masing-masing peserta dalam acara survival tersebut yang sudah berjuang hingga babak final. Meskipun hanya 11 member saja yang dapat debut di bawah nama grup Wanna One, tetapi kenangan mereka tidak akan pernah usai.

10 Lagu Korea Tentang Realita Kehidupan

Lagu Korea
https://gfycat.com/

Kata siapa jika lagu Korea itu hanya seputar cinta-cintaan dengan musik yang energetik? Nyatanya, ada banyak sekali lagu Korea tentang realita kehidupan yang bahkan sering membuat pendengarnya menangis sebab terlalu relate dengan lika-liku hidup mereka. Nah, berikut ini adalah 10 lagu Korea tentang realita kehidupan ini.

1. Lee Hi – Breathe

Jika membicarakan lagu Korea yang bertema lika-liku kehidupan, pasti lagu milik solois Lee Hi yang berjudul Breathe akan masuk dalam daftarnya. Pasalnya, lagu ini memang menyiratkan tentang ‘tidak apa-apa merasa lelah ketika menjalani hidup ini’.

FYI, lagu ini ditulis oleh mendiang Jonghyun SHINee setahun sebelum kematiannya. Ketika Lee Hi yang memang merupakan sahabat Jonghyun, hadir di acara JYP’s Party People, dirinya menyanyikan lagu Breathe ini sambil menahan tangis. Hingga saat ini, lagu Breathe selalu identik dengan sosok mendiang Jonghyun dan banyak pula solois lain yang menyanyikannya.

“It’s okay if your breath gets short,

No one is blaming you.

You can make mistakes from time to time;

Everyone else does too.”

2. Zico – Human

Lagu korea yang menceritakan tentang lika-liku kehidupan adalah Human oleh solois Zico. Sesuai dengan judulnya, lagu ini seolah mengatakan bahwa ‘menjadi manusia itu berat dan itu wajar sebab kita semua manusia juga baru menjalani hidup ini untuk pertama kalinya’.

“We’re the same. 

We’re the same. 

We’re the same people. 

Are you happy, are you sad? 

Why is it so hard to be loved”

3. Seventeen – Hug

Salah satu grup K-Pop yang selalu mendapatkan banyak pujian dan apresiasi setiap comeback-nya adalah SEVENTEEN. Grup yang sekarang berada di bawah naungan agensi HYBE Entertainment ini juga memiliki lagu seputar lika-liku kehidupan, yakni Hug.

Lagu Korea ini seolah ditujukan kepada mereka yang tengah mengalami masa-masa sulit dan butuh sebuah pelukan. Bagi beberapa masyarakat kita, kebiasaan memeluk orang mungkin menjadi hal yang aneh ya… Padahal sebenarnya, memeluk seseorang itu dapat menguatkan satu sama lain lho…

“Whenever it’s hard you can get a hug from me,

I am the same. 

…I am here, you suffered a lot, 

I love you, I will hug you.”

Lagu lain dari SEVENTEEN yang juga patut didengarkan saat diri kita tengah lelah menghadapi hidup adalah Kidult dan Campfire.

4. IU ft G Dragon- Palette

Solois IU memang terkenal dengan lagu-lagunya yang memiliki lirik begitu menyentuh hati. Salah satunya adalah lagu berjudul Palette yang merupakan kolaborasi dengan G-Dragon. Secara tidak langsung, lagu Palette ini menggambarkan bagaimana perasaan manusia seiring dengan bertambahnya usia mereka. Semakin bertambahnya usia, tentunya masalah hidup akan semakin pelik ‘kan…

“I like it, I’m 25…I got this, I’m truly fine.

I think I know myself a bit now.

…When I’m just me I shine the brightest…

you are a child that will always be loved.”

5. D.O. EXO – That’s Okay

Pada tahun 2019 silam, salah satu member EXO yakni D.O. hendak menjalani wajib militer untuk 3 tahun lamanya. D.O. menjadi member EXO kedua yang melaksanakan kewajibannya tersebut dan dirinya didapuk sebagai tentara yang bekerja di bagian kuliner alias koki.

Nah, sebelum menjalani wamil tersebut, D.O. merilis lagu spesial berjudul That’s Okay kepada para penggemarnya lewat SM Station. Lagu tersebut sengaja dirilis tepat sebelum keberangkatannya menuju pangkalan militer supaya dapat menghibur para pendengarnya dan tetap menunggunya hingga masa wamilnya selesai.

“Sometimes I cry, sometimes I laugh, 

I have high expectations, and I go through pain. 

I get butterflies once again, and become dull. 

Following my heart, the way that I am.

…I’ll shine on you with all the light I have, so don’t hide yourself. 

Will you show me you? Be comfortable with the way you are. 

That’s right, it’s okay to be okay.”

6. BTOB – It’s Okay

Grup K-Pop BTOB yang berada di bawah naungan Cube Entertainment ini memang sering mendapatkan pujian atas kemampuan vokalnya yang tidak main-main. Salah satu lagu BTOB yang menyiratkan tentang terjalnya kehidupan ini adalah It’s Okay. Sesuai dengan judulnya, maka ya berarti tidak apa-apa jika kita sedih atau merasa sakit karena suatu hal, sebab itu semua adalah wajar. Ingat bahwa segala perasaan kita itu valid.

“When you feel that you are alone because you are tired, listen to this song.”

…Even if it’s hard it’s okay, it’s okay, it’s okay. 

It’ll be fine, I believe in you.

…My loved family and friends that are like family. 

I haven’t seen you in a while. Let’s have a meal. 

It should be fine if you relax for once, 

and I wouldn’t be lonely right now.” 

7. DAY6 – Zombie

Lagi-lagi DAY6 turut menyumbang lagu Korea dengan tema rumitnya kehidupan manusia dewasa. Kehidupan manusia dewasa tentunya sangat berbeda dengan kehidupan masa kecil karena kita telah benar-benar berhadapan dengan realita dunia beserta sifat manusia yang ternyata berbeda dari ekspektasi.

Untuk melewati rasa sakit akibat kekecewaan dan kesedihan itu ya dengan membiarkan diri kita melewatinya.

Maka dari itu, tidak apa-apa kok menangis setiap malam. Orang dewasa juga boleh menangis! Tenang saja.

“Dried out but I feel like I should cry.”

8. I.O.I – Downpour

Lagu Downpour ini sejatinya adalah lagu Korea yang menyiratkan perpisahan dari girlband I.O.I kepada para penggemarnya sebelum bubar.

Yap, grup I.O.I adalah girlband hasil bentukan dari CJ E&M melalui acara survival Produce 101 yang aktif pada 2016-2017 lalu. Berhubung grup ini merupakan hasil dari acara survival, maka kontraknya pun hanya sementara, yakni 1 tahun saja.

Nah, ketika grup akan dibubarkan karena aturan kontrak, dirilis lah lagu Downpour ini yang menyiratkan pesan perpisahan. Tidak hanya itu saja, bahkan dalam Music Video-nya pun berisikan kompilasi video para membernya sejak era Produce 101 hingga aktif di grup I.O.I ini.

10 Lagu Korea Yang Liriknya Menginspirasi Hidup

Lagu Korea
https://media.tenor.com/

1. Amber Liu – Border

Sebenarnya, dapat dikatakan bahwa lagu milik member f(x) ini bukanlah lagu Korea sih karena liriknya full berbahasa Inggris. Namun, perilisan lagu ini masih berada dibawah naungan SM Entertainment sekaligus SM Station sehingga dapat juga dianggap sebagai lagu K-Pop.

Lagu berjudul Border ini menggambarkan bagaimana kita harus tetap berjuang melewati kesulitan hidup dan tetap setia pada diri kita sendiri. Lagipula jika tidak setia dengan diri sendiri, dengan siapa lagi kita akan bersandar?

“‘Cause Mom said

I’d be crossing borders.

Never be afraid,

Even when you’re cornered.

Stand up straight, fight your way.”

2. BTS – Nevermind

Banyak orang setuju bahwa album BTS terbaik adalah ‘The Most Beautiful Moment In Life’ baik part 1 maupun part 2.

Kebanyakan, lagu-lagu pada album tersebut memang tentang perjuangan mimpi yang seolah relate dengan keadaan para member BTS yang kala itu belum sepopuler sekarang. Salah satu lagu Korea yang liriknya menginspirasi adalah Nevermind.

Beberapa lagu di album ‘The Most Beautiful Moment In Life’ yang tetap enak didengarkan adalah Run, I Need U, Moving On, Butterfly, Autumn Leaves, Whalien 52, dan masih banyak lainnya.

“If you think you’re going to crash, 

step on the pedal harder.

Never mind, never mind,

Even if it’s a road of thorns, we still run.”

3. BIGBANG – Still Alive

Pada tahun 2012, BIGBANG pernah comeback dengan mini album bertajuk ‘Alive’ yang menjadi titik kembalinya grup legendaris ini setelah beberapa kali mendapatkan skandal kontroversi.

Lalu pada tahun 2020, BIGBANG comeback pun merilis lagu berjudul Still Alive yang seolah menggambarkan bagaimana mereka berani menghadapi kritikan publik untuk tampil di atas panggung lagi.

“I have nothing more to lose

So I put the past behind me and jumped out.

My deeply falling self is so beautiful right now.

I throw myself to the sky and am free.

At this moment I am alive, I’m still alive.”

4. Taeyeon ft Verbal Jint – I

Lagu debut solo Taeyeon yang berjudul I ini merupakan hasil kolaborasi bersama rapper Verbal Jint dan memiliki lirik yang begitu menyentuh hati. Musiknya pun begitu easy-listening dan seolah ingin diputar berkali-kali.

“A story I’ve heard often somewhere;

Ugly duckling and swan, a butterfly before it flies.

People don’t know, they don’t see your wings.

A new world you’ve met could be cruel,

But strong girl, you know you were born to fly.”

5. WIN: Team B (iKON) – Climax

Tidak banyak yang tahu bahwa grup iKON dan WINNER adalah hasil dari ajang survival show bertajuk WIN (Who Is Next). Survival show ini tayang pada tahun 2013 dengan Yang Hyun Suk sebagai juri utamanya. Untuk pembagiannya, tim iKON diberi nama Team B, sementara tim WINNER diberi nama Team A.

Nah, team B yang kemudian debut sebagai iKON turut merilis lagu berjudul Climax saat masih berpartisipasi dalam ajang tersebut. Lagu Climax ini menggambarkan bagaimana kita harus tetap melibatkan adanya risiko kegagalan dalam mengejar impian. Singkatnya, gagal saat meraih mimpi itu adalah hal wajar yang pasti dialami oleh semua orang di dunia ini.

“God asked me if I

Wasn’t gonna regret this.

But I answer without hesitating,

Why would I regret it?”

6. RED VELVET – Happiness

Lagu debut milik RED VELVET ini memang memiliki musik yang ceria, begitu pula dengan music video-nya. Nah ternyata, liriknya pun turut mengingatkan kita bahwa tidak perlu khawatir terlalu dalam akan hidup ini. Lagipula, mengapa kita harus terus-menerus mengejar uang dan jabatan jika ternyata di luar sana pun ada hal-hal sederhana yang bisa membuat bahagia.

“The world is filled with beautiful things and great things

That it’s been a while since we stopped caring about money and power.”

7. SONAMOO – Just Go

Grameds pasti tahu dong akan pepatah Cina yang sedikit-sedikit mirip dengan ‘kegagalan itu ibu dari kesuksesan’. Dari pepatah tersebut secara tidak langsung memang mengajarkan bahwa sebelum mencapai kesuksesan, kita memang harus melalui kegagalan terlebih dahulu. Kegagalan itu juga tidak melulu satu kali saja, tetapi juga dapat berkali-kali.

“Failure is the mother of success.

Don’t be scared, challenge yourself.

Fall seven times, get up eight times.”

8. ITZY – WANNABE

Gerakan dance yang paling ikonik dari lagu WANNABE milik ITZY ini adalah gerakan bahu yang turut memberikan kekuatan untuk lagu ini. Sejalan dengan musiknya yang energetik, ternyata liriknya pun juga mengajak para pendengarnya meyakini bahwa kita semua adalah karakter utama di hidup masing-masing.

“I do what I wanna

Just leave me to own my own mistakes

And let me breathe, I need a little freedom

To make big girl decisions

I won’t change, I’m loving what I got

’Cause I know I’m perfect just the way I am

I wanna be me, me, me”

9. U-Kiss – Someday

Dari segala lagu yang ada di playlist milikmu, coba deh tambahkan lagu yang dapat dijadikan pengingat bahwa kesulitan hidup itu tidak akan berjalan selamanya. Salah satunya adalah lagu Korea milik grup lawas U-Kiss yang berjudul Someday. Lagu ini seolah mengajak pendengarnya bahwa hari-hari bahagia pasti akan datang kelak.

“When you fall down, when you get up

Although tiring, there will be days to smile.

Eventually a day to smile will come.”

10. B.A.P – One Shot

Bagi penggemar K-Pop lawas, pasti tahu dong akan eksistensi dari grup B.A.P yang berada di bawah naungan TS Entertainment. Salah satu lagu Korea populer dari grup ini adalah One Shot yang bahkan music video-nya pun memiliki garis cerita yang plot twist. Secara tidak langsung, lagu One Shot ini menggambarkan bahwa kita sebagai manusia hanya memiliki satu kesempatan dalam hidup ini, jadi apakah kamu akan memilih jalan tercepat atau justru jalan yang mudah?

“Are you going to be a victim?

Are you going to get lost, looking for an easy way out?

Only one shot!

Turn your face

To the rough world and clash and fight.”

Itulah pembahasan kita tentang daftar lagu Korea yang bisa kamu dengar sehari-hari. Nah, bagi Grameds yang ingin mencari tahu lebih banyak tentang budaya Korea Selatan, maka bisa mencari buku seputar Korea Selatan di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

5 Rekomendasi Buku Terkait Lagu Korea

1. K-Pop Idol (Unofficial Book)

Lagu Korea

Buku K-Pop Idol (Unofficial Book) karya Danas dan Pey yang diterbitkan oleh Romancious pada tahun 2018 ini bukan untuk mengajak pembaca membandingkan prestasi para idol. Buku ini untuk menunjukkan ke pembaca bahwa setiap idol sukses dengan perjuangan masing-masing. Dari setiap prestasi yang telah mereka capai harus kita hargai. Pembaca juga akan tahu cerita-cerita inspiratif para idol, dukungan dari orang-orang terdekat mereka, interaksi-interaksi manis, hingga pengalaman mistis yang pernah mereka alami.

Profil idol yang diangkat dalam buku adalah idol-idol yang memiliki fandom (kelompok penggemar) yang loyal. Selain berisi informasi umum dari masing-masing idol, terdapat konten fun fact terbaru dari beberapa idol. Buku ini diperuntukkan bagi para penggemar Kpop di Indonesia agar bisa semakin mengenal para idol favorit mereka dan mempelajari perjuangan para idol lainnya.

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 520 / 703
  • Belum
    18% 129 / 703
  • Masukkan keranjang
    7% 54 / 703

2. K-Pop Fever

Teruntuk kita, para penggemar yang selalu mendukung idola. Jangan pernah mendukung dengan cara yang salah, apalagi dengan menjatuhkan idola lainnya. Jangan terlalu sibuk mencari kesalahan idola lainnya, hingga lupa bahwa semua idola berhak bahagia. Ya, semua idola, bukan hanya idola kamu saja.

So, Guys, jangan suka ikut fanwar ya. Apalagi mancing-mancing fanwar. Nanti bias-bias kita sedih. Gak percaya? Kamu bisa baca interaksi manis para idol di buku ini. Plus, kamu bisa tahu cerita-cerita para idol, dari yang inspiratif sampai yang lucu. Jangan takut bosan ketika membacanya, karena buku ini full colour, lho! Pokoknya, paket komplit untuk kita yang sedang demam K-pop!

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 520 / 703
  • Belum
    18% 129 / 703
  • Masukkan keranjang
    7% 54 / 703

3. K-Pop Famous

K-POP Famous merupakan sebuah book magazine yang berisi profil lengkap setiap member dari EXO, BTS, BLACKPINK, dan iKON. Buku ini sangat menyegarkan karena didominasi oleh foto-foto setiap member. Ditambah lagi, bonus di dalam buku yang bisa menambah koleksi, yaitu photocard, poster, dan kalender 2019.

EXO adalah sebuah grup vokal pria Korea Selatan-Tiongkok yang berbasis di Seoul. Grup ini beranggotakan sembilan orang: Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O., Kai, Sehun, Xiumin, Lay, dan Chen. Grup ini dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2011 dan debut pada tahun 2012.

BTS atau Bangtan Boys adalah grup vokal pria asal Korea Selatan. Grup ini beranggotakan tujuh orang, antara lain RM, J-Hope, Suga, Jin, V, Jungkook, dan Jimin, yang dikelola oleh Big Hit Music

Blackpink adalah grup vokal wanita asal Korea Selatan. Blackpink dibentuk oleh YG Entertainment dengan beranggotakan empat orang, diantaranya Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rosé. iKON adalah grup idola pria asal korea selatan yang dibentuk pada tahun 2015 oleh YG Entertainment dan beranggotakan enam orang.

Penasaran dengan keempat grup ini? Yuk baca buku selengkapnya di buku ini yang akan memberikan Anda informasi lebih lengkap tentang K-POP Famous. Selamat membaca!

4. WHY? K-POP

K-Pop terbukti berhasil bertahan lama di dunia hiburan dan dicintai KPopers seluruh dunia, sebutan mereka yang menyukai K-Pop. Genre musik yang berasal dari Korea Selatan ini muncul dan memukau dunia dengan style, performa, serta lagu yang unik. Namun tahukah kamu, di balik performa idol K-Pop, ada banyak keringat, kerja keras, serta pengalaman jatuh bangun yang tidak banyak diketahui orang. Mau tahu bagaimana perjuangan mereka, sehingga bisa terkenal sampai sekarang ini?

K-POP semakin mengguncang dunia! Tak dapat dipungkiri lagi, pesona K-Pop telah menyebar ke berbagai pelosok dunia. Sebenarnya pesona apa yang membuat seluruh dunia bergelora karena K-Pop? Seperti apa awal mula K-Pop dan bagaimana perkembangannya hingga dapat merebut hati orang-orang di seluruh dunia? Di sinilah kalian akan menemukan jawabannya! Bersama Omji dan Komji yang gigih berjuang agar dapat menjadi idola K-Pop, kita akan dibawa untuk menelusuri K-Pop dari A sampai Z!

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 520 / 703
  • Belum
    18% 129 / 703
  • Masukkan keranjang
    7% 54 / 703

5. KPopers? So What?

Lagu Korea

Tak dapat dipungkiri bahwa sekarang K-Popers sudah mendunia. Banyak sekali orang di seluruh dunia ini yang menyukai K-Pop dan mengikuti tren Korean Wave, mulai dari musik, boy atau girl group, hingga cara berpakaian. Bahkan ada satu hobi yang terkenal di kalangan K-Popers, yaitu dance cover yang banyak digandrungi anak-anak muda. Namun, dibalik besarnya K-Popers ini, mereka selalu dicap sebagai orang-orang yang fanatik, dan tidak ada manfaatnya, tapi ternyata stereotip tersebut salah.

Semua stereotip tentang K-Popers dipatahkan dalam buku yang satu ini, dimana di dalamnya berisi kisah-kisah keseruan dari orang-orang yang tentunya adalah K-Popers, dan menjadi sukses karena hobinya itu. Menjadi seorang K-Popers tidak selalu berarti buruk, sejatinya, menjadi seorang K-Popers juga dapat membuka jalan kesuksesan.

Contohnya seperti para pecinta K-Pop yang mengikuti lomba-lomba dance cover dari artis idola mereka, dan mendapatkan penghargaan, dan masih banyak lagi kesuksesan yang dapat diraih oleh seorang penyuka K-Pop, dan semuanya dikemas dalam buku menginspirasi yang satu ini.

Sumber:

https://www.kpopmap.com/top-8-kpop-songs-that-will-comfort-you-in-hard-times/

https://www.candymag.com/all-access/k-pop-songs-that-got-me-through-the-toughest-times-a1733-20210902-lfrm

https://www.soompi.com/article/1053823wpp/16-k-pop-lyrics-need-inspiration

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.