in

Kata-Kata Impian dan Harapan untuk Afirmasi Diri Gapai Semua Mimpi

freepik.com

Kata-Kata Impian dan Harapan – Banyak hal yang terjadi dalam hidup, mulai dari hal menyenangkan hingga menyedihkan. Setiap langkah yang terjadi pun tak bisa kita rencanakan, karena semua jalan yang kita lalui telah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa. Begitu juga ketika kita memiliki harapan, keinginan, dan target dalam hidup. Kita akan kecewa saat realita tidak sesuai dengan impian dan harapan selama ini.

Rasa kecewa hadir jika kita terlalu berharap, terlalu bermimpi. Namun, jangan takut dengan kekecewaan, karena kita perlu merasakannya untuk memiliki mimpi dan harapan agar hidup kita lebih baik lagi.

Ketika mimpi dan harapan datang ke hidup kita, dua hal itu bagaikan keinginan yang tak bisa dipendam dan bagaikan sebuah janji yang harus ditepati. Akan tetapi, apa sih sebenarnya impian itu? Apakah impian berbeda dengan harapan?

Impian dan harapan memang tak terpisahkan. Agar impian itu terwujud, tentunya dibantu dengan penuh harapan yang membara. Meski begitu, kedua hal tersebut tetap memiliki perbedaan.

Apa sih Bedanya Mimpi dan Harapan?

Saat seseorang memiliki impian atau sebuah mimpi, belum tentu ia mampu berharap untuk mewujudkannya. Apalagi kalau mimpinya adalah bunga tidur, jangankan berharap jadi kenyataan. Setelah bangun tidur saja keseringan lupa dengan apa yang baru diimpikan.

Mimpi merupakan angan yang terdapat dalam alam bawah sadar kita. Tanpa mimpi, seseorang mungkin bisa merasa hidupnya tak berwarna. Sementara itu, harapan merupakan keinginan yang dibuat saat sadar. Di mana seseorang itu sadar akan keinginannya dan berharap untuk meraihnya, sehingga membuatnya akan bekerja keras, melakukan berbagai hal demi terwujudnya harapan yang ia mau.

Disisi lain, banyak juga orang yang memiliki harapan dalam hidupnya, tapi kurang berusaha untuk menggapainya. Maka sama saja ia masih terus bermimpi dan berangan-angan belaka.

Impian dan harapan menjadi awal mula tujuan masing-masing manusia menjalani hidupnya. Mimpi hadir menciptakan harapan, dan harapan ada untuk mewujudkannya ke dunia nyata.

Namun, tidak sedikit pula orang yang mampu bermimpi dan berharap, tapi belum dapat mewujudkannya. Karena saat keduanya datang, mungkin saja mereka belum siap sepenuhnya jika impian dan harapannya menjadi kenyataan.

Membuka Pintu Harapan

Meski begitu, kamu tetap berhak untuk bahagia dan selalu bersyukur dengan semua yang telah dilalui hingga menjadi milikmu sekarang. Kamu bisa cari jalan baru, menemukan peluang-peluang baru dan hindari melakukan kesalahan yang sama.

Selalu ada cara untuk kembali kuat menjalani hidup sekaligus lebih sayang diri sendiri seutuhnya. Salah satunya dengan memotivasi diri dan membaca berbagai kisah nyata nan inspiratif, seperti dalam buku Membuka Pintu Harapan karya Prito Windiarto yang bisa kamu dapatkan di Gramedia. Kisah mengenai orang-orang yang menggapai kesuksesan dengan tetap menyalakan harapan dalam dirinya.

Kata-Kata Impian dan Harapan

Kamu akan diajak mengenal diri menjadi pribadi yang lebih optimis, serta mengetahui talenta yang kamu miliki untuk mewujudkan impian dan harapanmu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambah wawasan diri melalui kisah inspiratif lainnya dalam e-book Menggapai Harapan karangan Maisarah, Kasih Rahmawati, Oferia Fircha Yenis saputri, dkk yang ada di Gramedia.com.

Kata-Kata Impian dan Harapan

Kata-Kata Impian dan Harapan yang Bisa Kamu Jadikan Afirmasi

Setelah memotivasi diri dan membaca berbagai kisah inspiratif, tentunya tidak semudah itu agar harapan itu tetap tersimpan dalam diri. Kita pasti pernah merasa insecure dan kurang percaya diri. Membandingkan diri dengan orang lain yang kerap berujung membuat kita selalu berpikiran negatif, bahwa hidup tidak adil, dan sebagainya yang juga bikin kita stress secara tidak langsung.

Kamu bisa menggunakan kata-kata impian dan harapan berikut untuk afirmasi pada dirimu lho. Dengan afirmasi menggunakan kata-kata positif, dapat memberikan penegasan pada diri sendiri. Kata-kata ini mudah dicerna oleh otak secara langsung, lalu mendoktrin otak kita agar sudut pandang dan pikiran kita berubah menjadi lebih baik, selalu berpikir positif demi mewujudkan impian dan harapan kita.

  • “Jika hidup ini sebuah permainan, mainkanlah. Jika hidup ini adalah mimpi, maka wujudkanlah. Jadikan setiap momen berharga dalam hidup kita.”
  • “Menyerah pada impian sama seperti hidup dengan mimpi buruk. Kejar dan jadikan semua impianmu nyata!”
  • “Tuhan tidak akan pernah memberikan sebuah mimpi yang tak mampu kau gapai.”
  • “Setiap mimpi besar dimulai dari seorang pemimpi. Ingatlah, kamu memiliki kekuatan, kesabaran, serta harapan dalam dirimu untuk meraih impian dan mengubah dunia.”
  • “Tak usah bersedih ketika impianmu tidak menjadi kenyataan. Bersyukurlah bahwa mimpi buruk pun tidak jadi nyata.”
  • “Mimpi tak akan terwujud dengan sendirinya. Kamu harus segera bangkit dan berusaha untuk mewujudkannya.”
  • “Jangan ragu untuk mencoba dan takut akan kegagalan. Keraguan dan ketakutan adalah hal yang membuat mimpimu tidak akan bisa menjadi kenyataan.”
  • “Jangan pernah berhenti bermimpi, karena mimpilah yang menumbuhkan asa dan harapan dalam menjalani kehidupan.”
  • “Kamu punya banyak mimpi? Jadilah pribadi yang penuh aksi untuk wujudkan semua impian mu, jangan hanya menjadi sang pemimpi saja.”
  • “Jangan ragu untuk terus berusaha mewujudkan impianmu. Karena masa depan adalah milik mereka yang percaya pada keindahan harapan dan impian.”
  • “Bermimpi adalah langkah awal dari harapan untuk mencapai keberhasilan. Namun, mimpi tetaplah mimpi, jika tidak ada tindakan nyata.”
  • “Mengejar impian memang penting, tetapi kamu juga perlu memahaminya agar kamu tahu langkah yang harus kamu ambil untuk meraih impianmu itu.”
  • “Jangan pernah menggantungkan impian mu dengan orang lain. Raih impian dan harapan mu sendiri.”
  • “Mimpi-mimpi itu keinginan yang harus diwujudkan dengan usaha dan penuh harapan.”
  • “Tidak ada yang instan di dunia ini. Semua perlu proses, bahkan kita harus terlelap dalam gelap malam hanya untuk sebuah mimpi yang indah.”
  • “Tak ada mimpi yang menjadi nyata melalui sihir, seperti dalam cerita dongeng fantasi favorit mu. Untuk mewujudkannya membutuhkan harapan, tekad, keringat, dan kerja keras.”
  • “Hal terpenting dalam hidup ini, yakni memiliki impian dan kepercayaan diri dalam meraihnya menjadi kenyataan.”
  • “Jangan menertawakan impian orang lain, karena kesuksesan berawal dari sebuah mimpi dan harapan yang terus membara.”
  • “Saat mengalami kegagalan, istirahatlah dengan tidur sejenak. Anggap saja kamu baru mengalami mimpi buruk saat terbangun.”
  • “Masa depan adalah milik mereka yang percaya dengan indahnya mimpi-mimpi dan harapan yang mereka buat.”
  • “Anak muda dengan mimpi besar tidak seharusnya menghabiskan waktu untuk bermain-main.”
  • “Jangan pernah berharap untuk sukses, jika kamu hanya berdiam diri saja. Lakukan prosesnya, gapai semua impian mu.”
  • “Kesuksesan datang dari mimpi dan harapan yang lebih besara daripada rasa takut yang kamu miliki.”
  • “Setiap orang tidak pernah terlalu tua untuk memulai impian baru lainnya dan menentukan langkah demi mencapainya.”
  • “Maju dan percaya diri lah ke arah impian mu demi menjalani kehidupan yang kamu harapkan. Kesuksesan yang tak terduga akan datang pada waktu yang tepat.”
  • ??”Kita boleh berharap, tapi jangan sampai kosong dalam bermimpi. Cobalah untuk menjadikannya kenyataan, meski tidak sempurna.”
  • “Untuk mencapai hal-hal besar, selain berharap, kita juga harus bermimpi. Lalu, tidak hanya sekedar wacana, tapi juga percaya.”
  • “Pemimpi adalah orang-orang yang hanya bisa menemukan langkahnya di bawah sinar bulan dan melihat fajar sebelum terbit di seluruh dunia.”
  • “Jaga mimpimu tetap hidup. Pahamilah, bahwa untuk mencapai impian mu membutuhkan keyakinan, percaya diri, visi, kerja keras, tekad dan dedikasi. Ingat, segala sesuatu bukan hal mustahil bagi orang yang yakin dan percaya dengan dirinya sendiri.”
  • “Tetaplah fokus mengejar impianmu dan teruslah melangkah demi menggapainya.”
  • “Beberapa orang hanya mampu bermimpi untuk sukses, sementara orang lain mewujudkannya dengan mulai bangun pagi.”
  • “Semua mimpi kita bisa menjadi kenyataan, jika kita memiliki keberanian untuk mengejarnya.”
  • “Hidup adalah mimpi bagi orang bijak, bagai permainan bagi orang bodoh, komedi bagi orang kaya, dan tragedi bagi orang miskin.”
  • Jika memiliki mimpi, kamu harus meraihnya dan jangan pernah melepaskannya.”
  • “Kamu telah belajar dari masa lalu, bermimpi tentang masa depan dan teruslah melihat ke atas.”
  • “Semua mimpi itu gratis, tapi mewujudkannya yang mahal.”
  • “Jangan pernah takut jatuh selagi kepercayaan dan yakin ada dalam hati, maka peluang mimpimu untuk jadi kenyataaan pasti terus mengiringi.”
  • “Semakin tinggi kita bermimpi, semakin besar juga perjuangan yang harus kita lewati, dan banyak pula rintangan yang harus kita lalui. Berusahalah, yakin pada dirimu sendiri.”
  • “Bermimpilah sampai mimpimu terlihat mustahil bagi mereka yang terus melihatmu. Bangun dan bergeraklah karena mimpi itu tidak akan ada yang mustahil jika kau bergerak bersamanya.”
  • “Terkadang mungkin kita butuh berhenti sejenak untuk menyusun strategi dan menyiapkan energi untuk lebih cepat lagi berlari menggapai mimpi.”

Terus Melangkah Menggapai Semua Impian

Menegaskan diri dengan kata-kata positif memang penting. Namun, ingat, afirmasi itu harus kamu lakukan dengan senang hati. Jika kamu merasa terbebani, kamu pun tak akan lepas dari lingkaran negatif yang kamu ciptakan.

Jangan habiskan waktu berharga mu untuk berdebat dengan ego yang tak berujung. Terjebak pada situasi tak pasti. Berhentilah memusingkan hal kecil yang tak perlu dibesar-besarkan.

1. Lewati Ujian demi Ujian

Dalam hidup sudah pasti terdapat banyak rintangan dan tantangan. Waktu pun terus berjalan, siang berganti malam.

Istirahatlah dan bangun dari mimpi burukmu. Bangkit perlahan, kembali evaluasi diri dengan menapaki jalan baru untuk menjalani hidup serta meraih impianmu.

2. Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Terkadang dalam masa insecurities, memang bisa terjadi banyak hal. Ketidaksiapan mu menghadapi kegagalan membuatmu hilang arah. Tidak ada support system yang kamu punya selain dirimu sendiri.

Belajar lah untuk menerima dirimu seutuhnya, pahami mimpi dan harapanmu. Percaya pada diri sendiri, bahwa kamu bisa melaluinya.

3. Meraih Harapan Baru

Tidak ada manusia yang gagal saat ia sudah berusaha. Kegagalan hanya milik mereka yang berhenti berharap dan mencoba.

Mungkin saja hasil dari usahamu akan berbuah di lain waktu. Maka dari itu, fokus lah pada jalan yang kamu tempuh. Percayalah, tidak ada usaha yang menghianati hasil.

Agar fokusmu tidak berantakan dan target mengejar impianmu terlaksana. Berikut tips untuk meraih mimpimu.

Tips untuk Mewujudkan Impianmu

1. Tuliskan Impianmu Sedetail Mungkin

Misal, Teman Grameds punya impian ingin membeli rumah. Tuliskan sedetail mungkin rumah impianmu itu. Ingin yang seperti apa, rumah dengan harga berapa, dan beri target waktu kapan bisa segera memulai langkah pertama untuk membeli rumah.

Tuliskan juga tanggal atau tenggat untuk mencapainya. Buat detail usaha yang bisa dilakukan agar memiliki cukup bujet untuk membeli rumah tersebut. Jika perlu, tulis mimpi dan harapan-harapanmu di tempat yang sering kamu lihat, seperti di tembok kamar tidur, di meja belajar, atau bahkan di cermin yang setiap kali kamu gunakan.

2. Bicarakan Impian dan Harapanmu dengan Orang Kepercayaan

Ceritakan dan bicarakan semua impian serta harapanmu kepada orang-orang terdekat yang kamu percaya. Baik itu keluarga, saudara, pacar, dan sahabat baik. Minta saran dan pendapat mereka, serta dukungan untuk terwujudnya mimpi dan harapanmu.

3. Capai Selangkah demi Selangkah

Catat dan lihat perkembangan dari usaha yang telah kamu lakukan dalam mencapai impian dan harapanmu. Jangan sampai berhenti, jika perlu jeda, istirahat sejenak. Namun, pastikan impianmu tengah berjalan dan sedang dalam proses untuk menjadi nyata.

4. Siap untuk Mengorbankan Sesuatu

Akan tetapi, untuk mencapai sesuatu yang lebih, sekalipun itu impian kita. Terkadang kita perlu melepaskan sesuatu. Ada hal yang perlu kita korbankan untuk meraih sebuah impian.

Contoh, Teman Grameds memiliki impian dan harapan liburan ke luar negeri, maka tentu kita perlu menyiapkan bujet khusus. Kita pun akan melakukan penghematan pada beberapa pengeluaran yang kurang penting. Rela tidak jajan hingga melewatkan koleksi busana terbaru.

5. Berusaha Realistis di Segala Situasi

Walau sudah direncanakan sedetail mungkin. Namun, pada titik tertentu, mungkin ada saja rencana yang tak berjalan sesuai dengan harapan. Kenyataan ini juga terkadang sulit kita terima, bahkan membuat kita tertekan hingga menyerah untuk mencapai impian. Tetapi, cobalah untuk tetap realistis dengan mengelola emosi sebaik mungkin, agar kamu bisa tetap melangkah dan meneruskan perjalanan mencapai target yang diinginkan.

6. Jangan Lupa Berdoa

Setelah semua usaha yang kamu lakukan, jangan lupa berdoa, kembali ke Sang Pemilik alam semesta. Karena mimpi dan harapan dihadirkan oleh Tuhan. Ketika seseorang mampu bermimpi dan berharap, Tuhan pun telah menyiapkan pintu kemudahan untuk mu. Kita juga harus berusaha mencari kunci untuk membuka pintu kemudahan tersebut.

Kesimpulan

Semua orang berhak bermimpi, berharap agar mimpinya menjadi kenyataan. Melalui banyak rintangan, pahitnya kehidupan. Namun, mati bukanlah pilihan. Kamu bisa perlahan coba kenali diri sendiri, mulai dari sekedar memanggil namamu.

Percaya pada dirimu, afirmasi diri dengan kata-kata impian dan harapan. Membaca berbagai kisah nyata inspiratif dari buku-buku impian dan harapan pilihan Gramedia lainnya, seperti buku Impian Menjadi Nyata karya Rum Martani.

Kata-Kata Impian dan Harapan

Kemudian ada juga buku Dream, Struggle, Victory: Raih Impian Dengan Berpikir Seperti Juara tulisan Gabriela Gonzalez, dan buku Bentangkan Sayap: Menggapai Impian Demi Masa Depan karangan Nenny Soemawinata. Serta ikuti tips di atas dan buat rencana versi dirimu sendiri.

Kata-Kata Impian dan Harapan

Kata-Kata Impian dan Harapan

Semoga apapun target, resolusi, dan impian yang Teman Grameds punya bisa segera terwujud, ya. Tetap semangat dan jika kamu merasa ingin menyerah, cobalah untuk beristirahat sejenak sebelum bangkit melanjutkan langkahmu.

Penulis: Indah Utami

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda