in

Kumpulan Kata-Kata Bucin (Budak Cinta)

unsplash.com

Kata-Kata Bucin – Kita pasti sering mendengar istilah udak cinta atau yang biasa kita kenal dengan sebutan kata gaul yaitu, bucin. Lalu apa sebenarnya arti dari bucin itu? Mengapa sangat populer di kalangan kaum muda? Berikut makna bucin beserta contoh perilaku-perilaku bucin.

Pengertian Budak Cinta/Bucin

Bucin menjadi suatu istilah kekinian yang sangat populer dan digunakan sebagian besar oleh kalangan muda yang sedang dimabuk asmara. Arti dari kata bucin merupakan akronim dari Budak Cinta, karena berasal dari tren bahasa gaul, arti kata bucin tidak ditemukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jika dicari arti kata per kata, budak adalah antek, hamba, atau jongos, sedangkan cinta berarti sayang sekali, sayang benar, atau terpikat.

Jika kita lihat dari arti tersebut budak cinta berarti jongos atau hamba yang sangat menyayangi seseorang. Dampaknya bagi seseorang yang sedang mengalami bucin akan rela untuk menuruti semua keinginan orang yang dicintainya tanpa perasaan dan logika yang ikut berjalan. Hal seperti ini mungkin bukan fenomena baru, akan tetapi istilah bucin membuat fenomena orang yang mau melakukan apa saja demi cinta bisa lebih terdeskripsikan. Maka dari itu, kata bucin adalah singkatan gaul dari istilah budak cinta. Istilah yang digunakan bagi pria atau wanita yang sedang tergila-gila akan cinta.

Orang yang dimabuk cinta atau bucin biasanya terlihat oleh teman-teman dekat mereka karena akan menampakkan perilaku-perilaku yang tak seperti biasanya. Mereka akan tampak menggebu-gebu atau berlebihan, bahkan bisa sebaliknya, karena memiliki aturan tertentu dengan pasangan, bisa menjadi lebih tertutup dari sebelumnya. Bagi yang merasakan bucin mungkin memang tidak selalu merugikan, bahkan bisa menjadi fenomena yang wajar.

Ciri-Ciri Orang Budak Cinta/Bucin

Kata-Kata Bucin
unsplash.com

Hubungan dalam percintaan terus menjadi perbincangan nomor satu di kalangan millennial. Biasanya mereka sering menyebutkan kata bucin alias kependekan dari budak cinta. Sesuai dengan namanya, istilah ini mempunyai arti sebagai terlalu sayang kepada pasangan hingga rela melakukan apapun. Tapi Grameds, tidak semua orang yang sedang dimabuk cinta adalah bucin lho. Dikatakan bucin jiga terdapat ciri-ciri sebagai berikut:

1. Dia bela-belain ketemu kamu meski ada urusan yang lebih penting

Ciri-ciri bucin pertama yang sangat simple, yaitu bela-belain ketemu kekasih walaupun pada kenyataannya kalian sedang ada urusan. Seakan tak peduli seberapa pentingnya urusan, yang jelas kalian merasa harus ketemu dia saat itu juga. Bahkan, cuaca tak menentu dan berkilo-kilometer jarak yang ditempuh bukan menjadi soal. Ini dilakukan demi menyenangkan si dia dan menenggelamkan perasaan diri sendiri.

2. Jarang ada waktu untuk berkumpul dengan teman karena sibuk pacaran

Tanda-tanda budak cinta selanjutnya adalah intensitas berkumpul dengan teman semakin berkurang. Ini semua karena terlalu waktu yang ada hanya dicurahkan untuk sibuk dengan sang kekasih. Kalau Grameds sudah merasakan hal ini, lebih baik kurangi kebiasaan ini. Ada baiknya untuk menyeimbangkan kehidupan diri sendiri dan pacaran. Karena hidupmu bukan hanya tentang pacar saja, lho! Grameds juga butuh teman untuk berbagi cerita dan bercanda tawa. Jangan sampai teman-teman baik yang Grameds punya meninggalkan karena seakan sudah melupakan mereka.

3. Dompet tipis

Bucin membuat Grameds mengalami penipisan dompet. Yang banyak mengisi dompet hanyalah kertas bon dari membelikan si pacar apapun itu. Seperti halnya makanan, barang yang branded dan juga mentraktir saat jalan-jalan.

4. Melakukan hal jika disuruh oleh sang kekasih

Orang yang sudah terklaim budak cinta, sudah pasti akan melakukan apa saja demi membahagiakan sang kekasih. Jangankan hal yang masuk akal, hal konyol pun akan dilakukan untuk membahagiakannya.

5. Selalu minta maaf

Ketika pasangan yang salah, akan tetapi yang meminta maaf lebih dulu adalah kita. Tidak peduli seberapa besar kesalahan yang dilakukan oleh doi, kalian tetap merasa itu adalah salah kalian. Pada intinya, pasangan Anda adalah orang yang selalu benar dan kalian selalu salah.

Kata-Kata Bucin

6. Mengorbankan masa depanmu untuk cinta

Hal lainnya yang juga sering kali dialami oleh seorang bucin yaitu rela mengorbankan banyak hal. Tak hanya kata-kata saja, seorang bucin juga bisa mengorbankan masa depan untuk orang yang belum tentu akan menjadi teman hidupnya. Ia bisa saja mengorbankan kuliah atau karir agar tak membuat kecewa pasangannya. Jadi, jangan sampai hal ini terjadi pada kalian Grameds! Pasalnya, kekasih yang baik akan selalu mendukungmu untuk menggapai masa depan bersama.

7. Tidak menjadi versi kamu sendiri

Seorang budak cinta biasanya tidak menjadi diri sendiri. Seperti halnya mengubah penampilan, memaksa melakukan kegiatan yang tidak disukai, dan masih banyak lagi. Hal seperti ini sudah menjurus ke hubungan tidak sehat. Kalau kekasihmu mencintaimu sepenuhnya, sudah pasti Ia menerima dirimu apa adanya.

Jangan sampai hal seperti ini terjadi pada kalian Grameds. Berubah hanya karena mengikuti keinginan dari sang kekasih, jika perubahan ini hanya berlaku untuk hal yang buruk. Akan tetapi jika perubahannya membuat kalian menjadi lebih baik, tentunya itu tidak jadi masalah.

8. Kekasih cuek, kita intropeksi diri

Seorang bucin mempunyai satu perasaan yang tidak bisa hilang darinya, yakni galau. Galau ini terbukti saat mereka sering sekali menuliskan caption atau story ketika si doi cuek atau bersikap menyebalkan. Mereka juga tidak akan segan untuk melakukan hal aneh supaya kekasih dapat melihat kesedihannya itu. Padahal, cara seperti ini sangat tidak perlu untuk dilakukan. Mungkin saja si doi cuek karena butuh waktu sendiri terlebih dulu atau sedang sibuk.

9. Melindungi pasangan yang melakukan kesalahan

Ciri budak cinta berikutnya adalah selalu melindungi pasangan. Hal seperti ini memang baik sih, tetapi tidak semua perbuatan harus dilindungi, termasuk kesalahan sang pacar. Jika kekasih kalian melakukan kesalahan kepada orang lain, jangan membelanya. Tetapi kalian tetap harus mengingatkannya agar tetap bertanggung jawab dengan apa yang dilakukannya.

10. Posesif terhadap pasangan

Bucin ternyata juga bisa membuat seseorang menjadi tidak adil untuk pasangannya. Contohnya, posesif kepada pasangan. Apabila pasangan kalian ingin berkumpul atau bermain dengan teman-temannya, maka sudah pasti akan melarangnya.

Posesif bisa juga dengan memegang akun media sosial pasangan. Tanda-tanda lainnya bisa berupa selalu chat atau telepon untuk bertanya keadaan dan lokasi. Parahnya, mereka akan beralasan melakukan ini semua karena cinta serta takut kehilangan.

11. Sering memakai baju couple

pada dasarnya memakai pakaian kembaran dengan pasangan tergantung keinginan atau selera masing-masing. Akan tetapi jika sering menggunakan baju kembaran atau yang biasa kita sebut baju couple bukan lagi pembuktian cinta. Akan tetapi memang sedang merasakan bucin kepada pasangan.

12. Setiap hari, setiap waktu hanya untuk memikirkan kekasih

Hal seperti ini sering dialami oleh para budak cinta. Selalu memikirkan pasangan kapanpun dan dimanapun, dari pagi sampai malam tidak ingin berhenti chat atau menyempatkan diri untuk saling video call. Ada juga yang selalu update status di media sosial tentang si pasangan. Baik itu foto, kata-kata manis atau ungkapkan rasa rindu kepada kekasih. Padahal kalian masih punya kehidupan lain, seperti keluarga, teman, sekolah, kuliah atau pekerjaan.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

13. Merasa tidak berguna atau bersemangat ketika ditinggalkan oleh kekasih

Para budak cinta juga akan merasakan hal tak berguna jika ditinggalkan sang kekasih. Biasanya Ia akan putus asa, menangis berhari-hari, tidak ingin makan, dan masih banyak lagi kegalauan yang akan dirasakan. Si budak cinta sudah merasa bahwa dirinya adalah orang yang rugi karena telah ditinggalkan. Apalagi jika sudah dirasa mengorbankan banyak hal untuk menyenangkan sang kekasih. Padahal, ada banyak sekali tips dan trik untuk melupakan mantan.

Kata-Kata Bucin

Jika bucin dirasakan oleh wanita, maka wanita akan menunjukkan rasa cintanya dengan perlakuan yang berbeda. Perhatian tersebut bisa berupa kata-kata sampai perhatian berupa sikap. Karena perlakuan seperti itu, tak jarang pula si pria menjadi merasa ilfeel terhadap wanitanya.

Ciri-Ciri Wanita Bucin

Berikut ciri-ciri wanita bucin hingga posesif yang harus kamu ketahui:

1. Selalu mengecek keberadaanmu

Hal seperti ini biasanya dilakukan oleh wanita yang sedang merasakan bucin terhadap pasangannya. Selalu ingin tahu di mana keberadaan kekasihnya. Dan wanita dengan tipikal seperti ini bahkan tidak segan-segan untuk spam chat jika pesannya tidak cepat dibalas. Nah, bagi pria, jika wanitamu suka spam chat kepadamu, maka itu tandanya dia bucin terhadapmu.

2. Selalu memberi hadiah dan juga kejutan-kejutan kecil untukmu

Ciri kedua dari wanita yang sedang bucin adalah suka memberi hadiah ataupun kejutan-kejutan kecil untuk pasangannya. Jadi bagi wanita yang sudah terlanjur bucin sering kali merasa harus membahagiakan pasangan. Salah satu cara bagi wanita untuk mengekspresikannya yaitu dengan memberi hadiah.

3. Selalu ingin tahu atau membuka isi ponsel pasangan

Wanita yang posesif yaitu wanita yang selalu membuka isi ponsel pasangannya. Sangat berbeda dengan wanita bucin yang tetap menjaga privasi pasangan, wanita posesif tentunya sangat kepo terhadap urusan yang menyangkut pasangannya.

Wanita posesif seperti ini akan mengecek seluruh isi ponsel dengan membuka seluruh pesan pasangan, hingga membuka galeri foto. Sikap seperti ini merupakan sikap yang terlalu berlebihan, sehingga banyak pria yang ingin menyudahi hubungan dengan tipikal wanita satu ini.

4. Melarang pasangannya untuk berkumpul dengan teman wanita lainnya

Jika pasangan kamu memiliki ciri yang satu ini, maka sudah dipastikan bahwa Ia adalah wanita yang posesif. Melarang berkumpul dengan teman wanita memang sesuatu yang wajar jika dilandasi rasa cemburu. Akan tetapi, bukan berarti tidak membolehkan kekasih untuk tetap menjalin pertemanan dan hubungan baik dengan wanita. Cobalah untuk menasehati kekasihmu yang posesif untuk tetap percaya padamu. Karena rasa kepercayaan itu perlu dalam sebuah hubungan.

Dampak Negatif Budak Cinta/Bucin

Tentunya jika sudah menjadi seorang yang bucin terhadap pasangan, bukan tidak mungkin untuk menjadikan dampak negatif bagi kehidupan kita. Arti bucin seperti di atas menunjukkan bahwa kisah cinta tak selalu membawa kesan romantis. Tetapi, kisah cinta dengan aksi bucin yang berlebihan ini justru punya dampak negatif bagi diri sendiri.

Ada baiknya sebelum Grameds akan melakukan bucin kepada pasangan untuk mengetahui dampak negatifnya. Berikut dampak negatif dari bucin, yaitu:

1. Kritik dari lingkungan sekitar

Kata-kata kritikan seringkali dilontarkan kepada seseorang yang dianggap bucin berlebihan. Lingkungan di sekitar orang yang sedang bucin menganggap jika sikap rela berkorban atau menuruti keinginan pasangan secara terus menerus menjadi hal yang sangat berlebihan. Selain berdampak melelahkan, sikap seperti ini dianggap tidak logis.

Hal seperti itu justru membuat seseorang yang sedang bucin sering mendapatkan kritikan dan saran untuk menghentikan sikapnya yang tentu tidak masuk akal. Saran-saran seperti itu bisa berkembang menjadi sebuah rundungan ketika seorang bucin tak segera menyadari maksud dari teman-temannya. Tentunya perasaan cinta dan sensasinya lebih menyenangkan daripada harus menuruti orang sekitar.

2. Menghambat tujuan

Seseorang biasanya memiliki daftar keinginan dan punya sejumlah jurus untuk mencapai tujuannya masing-masing. Tujuan hidup itu tentunya juga beragam, dari tingkatan sederhana hingga sangat rumit. Sayangnya, komitmen seorang bucin pada daftar keinginan yang sudah dibuat sering goyah dan kalah oleh urusan asmara. Target-target yang sudah ditulis bisa terlupakan begitu saja. Padahal, setiap aksi bucin yang terlalu fokus pada percintaan belum tentu mengarah pada hal-hal positif.

3. Mengganggu Psikologis

Dampak negatif lain dari bucin biasanya tidak langsung disadari. Hal ini disebabkan karena kondisi psikologis seorang yang sedang mengalami bucin selalu mencari pembenaran atas segala sikapnya. Seorang yang bucin tentu akan selalu mencari pembenaran mengapa dirinya selalu menuruti keinginan pasangan meski terkesan tak logis sekalipun.

Jika mengalami sesuatu yang buruk pada kemudian hari, peluang psikologisnya untuk terluka semakin besar. Hal seperti ini karena dia akan merasa bahwa pengorbanan yang dilakukan selama ini hanyalah sia-sia.

Kata-Kata Bucin

Kumpulan Kata-Kata Bucin

Menjadi seseorang yang bucin tidak selalu menghasilkan dampak yang negatif loh Grameds. Pada kenyataannya, masih banyak juga yang menganggap bahwa sikap bucin menjadi sikap yang romantis karena menjadikan pasangan sebagai prioritas utamanya. Arti bucin dalam hal positif bisa kalian pahami dari sikap-sikap yang terkontrol dan logis. Salah satu keromantisan yang bisa kalian ciptakan sebagai seorang bucin adalah menyampaikan kata-kata untuk bercanda dengan pasangan. Berikut kata-kata bucin, yaitu:

  • “Bila mencintaimu adalah sebuah ilusi, maka izinkan aku berimajinasi selamanya.”
  • “Lindungi sayapku, tetapi jangan kembali ke surga, bidadari.”
  • “Jika kamu adalah peluru, aku akan menembak diriku sendiri agar bisa memilikimu dalam tubuhku.”
  • “Ketika Tuhan memberikan satu kebahagiaan untukku, maka aku memilih memberikan kebahagiaan itu untukmu.”
  • “Kalau kamu jadi senar gitar, aku nggak mau jadi gitaris. Aku nggak mau ada risiko mutusin kamu.”
  • “Kamu punya spidol item nggak? Buat apa? Mau warnain kalender, biar nggak ada kata libur dalam mencintaimu.”
  • “Mencintaimu itu kayak narkoba: sekali coba jadi candu, nggak dicoba bikin penasaran, ditinggalin bikin sakaw.”
  • “Aku memang pendiam, diam-diam aku jatuh cinta padamu. Ada jamu,di atasnya kuku. Ternyata tawamu membekas di hatiku.”
  • “Balon kalau diisi angin semakin lama semakin ringan. Hatiku kalau diisi kamu semakin lama semakin ingin ke pelaminan.”
  • “Aku tidak ingin menjadi favoritmu atau yang terbaik untukmu. Aku ingin menjadi satu-satunya dalam hatimu dan melupakan sisanya.”

Itulah beberapa contoh kata-kata bucin yang bisa jadi referensi atau sekedar jadi bahan obrolan ringan dengan pasangan. Bucin kepada pasangan tentunya boleh, hal ini menjadi pernyataan jika pasangan kita sangat berarti. Akan tetapi, bucin dengan memberikan segala hal kehidupan kita untuk pasangan sangat tidak tepat. Kita tetap butuh hidup yang normal seperti lainnya.

Jika Grameds ingin mendapat lebih banyak kata-kata bucin romantis, novel cinta terbaik, buku-buku petuah cinta, atau ingin menjadi seorang yang bucin akan tetapi masih bisa seperti orang normal pada umumnya, maka buku yang tersedia di www.gramedia.com akan menuntun Grameds agar tetap di jalannya. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik!

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda