in

Kata Bijak Kehidupan Sehari-hari dan Cara Menjadi Orang yang Bijak

pixabay.com

Kata Bijak Kehidupan Sehari-Hari – Kehidupan yang dialami oleh setiap orang tentunya berbeda-beda. Setiap orang juga memiliki caranya sendiri dalam menghadapi kerasnya hidup. Tentu saja terdapat fase di mana kehidupan menjadi begitu indah.

Namun tak jarang jika seseorang merasa bahwa kehidupannya menjadi penuh tantangan ataupun serba sulit. Untuk menghadapi berbagai cobaan hidup yang dialami tentu saja dibutuhkan motivasi atau penguat dari diri sendiri.

Motivasi itu sendiri bisa datang dari kata-kata, salah satunya adalah kata-kata bijak. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang kata-kata bijak hingga cara menjadi orang bijak.

Kata Bijak Kehidupan Sehari-Hari

Kata Bijak Kehidupan Sehari-Hari
pixabay.com
  1. “Uang tentu tak menjamin kebahagian bagi seseorang. Meski demikian tak memiliki uang, hanya akan membuat kebahagianmu menjadi lebih tidak terjamin lagi”.
  2. “Percayalah kepada kemampuan yang kamu miliki. Janganlah kamu mendengarkan omongan orang lain yang terus meragukanmu”.
  3. “Jika hidup hanya sekedar hidup saja, babi di hutan pun sedang hidup. Jika kita hanya sekadar bekerja saja, maka kera juga selalu bekerja”. (Hamka)
  4. “Tidak semua sepi akan sembuh di dalam keramaian. Tidak terluka juga belum tentu kamu akan baik-baik saja. Semua orang memiliki dilemanya entah dengan dirinya sendiri atau dengan orang lain”.
  5. “Cinta bukanlah melepas namun merelakan. Bukannya memaksa tetapi memperjuangkan. Bukanlah menyerah namun mengikhlaskan. Bukanlah merantai namun memberikan sayap”. (Fiersa Besari)
  6. “Cinta yang baik tak mengenal pemaksaan. Ia akan selalu menjadi misteri. Ia akan datang serta pergi begitu saja dan meninggalkan kenangan yang demikian sulit untuk kita lupakan”.
  7. “Cinta bukanlah tentang siapa yang bertahan seberapa lama. Tetapi tentang seberapa jelas dan ke arah mana hubungan tersebut menuju”. (Emha Ainun Nadjib)
  8. “Kamu ingin mengetahui siapa dirimu? Jangan bertanya. Beraksilah saja!” – Thomas Jefferson
  9. “Yang membuatku terus menerus berkembang menjadi lebih baik lagi adalah tujuan-tujuan hidupku”. – Muhammad Ali
  10. “Ubahlah hidupmu hari ini. Jangan bertaruh mengenai masa depan, bertindaklah sekarang tanpa menunda-nunda apapun”. – Simone de Beauvoir
  11. “Kesenangan di dalam pekerjaan akan membuat kesempurnaan pada hasil yang dicapai”. – Aristoteles
  12. “Secara teoritis saya senantiasa meyakini bahwa kehidupan ini haruslah dinikmati dengan sebaik-baiknya, tapi pada kenyataannya yang terjadi justru sebaliknya – Karena tak semua hal dalam hidup ini mudah untuk dinikmati”. – Charles Lamb
  13. “Untuk dapat berhasil di dalam hidup ini, kamu membutuhkan dua hal yang paling utama: yaitu Ketidaktahuan juga kepercayaan diri”. – Mark Twain
  14. “Tindakan adalah suatu kunci dasar untuk meraih kesuksesan”. – Pablo Picasso
  15. “Keberhasilan paling sering dicapai oleh mereka yang memahami bahwa kegagalan juga menjadi bagian dari sesuatu yang tak dapat dihindari”. – Coco Chanel
  16. “Semua impian kita akan menjadi kenyataan jika kamu memiliki keberanian dan kegigihan yang besar untuk mewujudkannya”. – Walt Disney
  17.  “Hal terbesar adalah saat kamu benar-benar mencurahkan hati serta jiwamu ke dalam sesuatu dalam satu periode waktu yang lama, dan hal ini sangatlah berharga serta layak untuk diperjuangkan”
  18. “Jangan biarkan suara serta pendapat-pendapat buruk orang lain malah menenggelamkan suara hatimu sendiri”.
  19. “Jika kamu terus mengawasi keuntungan, maka kamu akan berhemat terhadap produk. Tetapi, jika kamu terus berfokus untuk membuat produk yang benar-benar hebat, maka keuntunganlah yang nantinya akan mengikuti”.
  20. “Aku yakin bahwa apa yang membedakan seorang pengusaha yang sukses dan yang gagal adalah pada ketekunan murni”.
  21. “Waktumu di dunia ini sangatlah terbatas, jadi janganlah sia-siakan dengan menjalani kehidupan orang lain”.
  22. “Janganlah kamu terjebak oleh dogma—yang hidup dari hasil pemikiran-pemikiran orang lain. Hiduplah dari nilai-nilai yang kamu miliki sendiri”
  23. “Kamu tak bisa hanya bertanya saja kepada pelanggan tentang apa yang mereka butuh dan inginkan serta mencoba memberikannya kepada mereka. Saat kamu membuatnya, mereka hanya akan terus menginginkan sesuatu yang baru”.
  24. “Jadilah tolak ukur kualitas, sebab banyak orang yang tidak terbiasa akan lingkungan dimana keunggulan diharapkan”.
  25. “Tugas saya ialah membuat seluruh tim eksekutif ini menjadi cukup baik untuk menjadi penerus, jadi hal inilah yang coba saya wujudkan”.
  26. “Revolusi informasi adalah revolusi energi bebas, tetapi dalam bentuk yang lain: Energi intelektual bebas”.
  27. “Teknologi sesungguhnya bukan apa-apa. Yang terpenting ada pada keyakinan seseorang bahwa pada dasarnya mereka baik dan pintar, dan jika kamu memberi mereka alat, mereka akan melakukan hal-hal luar biasa dengan teknologi ini”.
  28.  “Tuhan memberikan kita indra untuk kemudian membiarkan kita merasakan cinta di dalam hati setiap orang, bukannya ilusi-ilusi yang hadir dari kekayaan”.
  29. Saat kamu membutuhkan adanya keajaiban di dalam hidupmu, maka jadilah keajaiban itu”.
  30. “Jika saya telah mencoba yang terbaik tapi tetap gagal, setidaknya saya telah melakukan apa yang terbaik untuk dilakukan”.

Kata-Kata Bijak Penuh Perjuangan

Kata Bijak Kehidupan Sehari-Hari
pixabay.com
  1. Tidak perlu menjadi sempurna untuk dapat menginspirasi orang lain. Biarkanlah orang lain terinspirasi dengan bagaimana cara diri kamu menangani ketidaksempurnaan tersebut.
  2. Hidup memang penuh dengan perjuangan dan dalam perjalanan berjuang tersebut, impian merupakan bahan bakar yang dapat membakar rasa semangat kita untuk menuju impian serta cita-cita.
  3. Terkadang kita diuji, bukan untuk menunjukan kelemahan yang kita miliki, akan tetapi untuk menemukan kekuatan yang sebenarnya kita miliki.
  4. Dalam hidup, kita harus mampu menentukan sikap, sebab hanya dengan sikap maka kita akan mampu bertahan di tengah kuatnya badai ujian.
  5. Berbangga dirilah dengan siapa diri kamu sebenarnya dan jangan pernah merasa malu dengan cara orang lain melihat dirimu sebenarnya.
  6. Kesulitan yang sebenarnya ialah mengatasi caramu berpikir tentang diri kamu sendiri.
  7. Menjadi berani artinya bahwa kamu harus mengetahui bahwa ketika diri kamu gagal, artinya kamu tidak gagal untuk selamanya.
  8. Hidup merupakan suatu perjuangan dan patut untuk diperjuangkan. Sempurnakanlah dengan usaha serta doa, lalu bersabarlah dan tunggulah hasil yang sempurna.
  9. Jadilah diri kamu sendiri, orang lain tidak perlu menyukai diri mu dan kamu tidak perlu peduli akan hal tersebut.
  10. Ketika dalam suatu perjuangan ada tantangan yang besar, berarti dalam setiap keberhasilan ada hasil yang lebih besar pula menanti dirimu.
  11. Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, sehingga tetaplah semangat untuk melakukan pekerjaanmu sebaik mungkin.
  12. Untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan, kamu harus mampu bersabar dengan apa yang kamu benci. -Imam Ghazali.
  13. Cara paling baik untuk membayar momen-momen indah ialah dengan menikmatinya.
  14. Kebahagiaan bukanlah suatu hal yang telah siap dan tinggal dinikmati. Kebahagiaan berasal dari tindakanmu sendiri.
  15. Dalam duka pasti akan ada suka. Jangan menyerah, sebab dengan putus asa kita tidak akan menjadi apa-apa selain pecundang.
  16. Jangan pernah katakan tidak mungkin, akan tetapi katakan saja bagaimana caranya.
  17. Apabila kamu tengah mencari seseorang yang mampu mengubah hidupmu, maka lihatlah ke cermin.
  18. Milikilah keyakinan yang tidak akan tergoyahkan akan diri kamu sendiri untuk menjadi sosok yang selalu kamu inginkan.
  19. Kamu adalah wujud kesuksesan yang sejati, sehingga ketika kamu dapat mempercayai diri sendiri, maka cintailah diri sendiri dan tetap menjadi diri sendiri.
  20. Ketika ada seseorang mengatakan bahwa kamu telah berubah, sebenarnya itu hanyalah karena kamu berhenti melakukan apa yang mereka ingin kamu lakukan.

Cara Menjadi Orang yang Bijaksana

Orang yang bijaksana ialah mereka yang selalu berpikir dengan tenang dalam menghadapi berbagai permasalahan juga memiliki pandangan yang lebih luas dalam menjalani hidup. Sering kali kita berpikir bahwa kebijaksanaan hanya dapat diperoleh oleh orang yang sudah dewasa serta memiliki banyak pengalaman hidup. Padahal kenyataan tidak begitu.

Berikut di bawah ini adalah beberapa cara agar kamu menjadi orang yang lebih bijaksana:

1. Fokus pada Proses Bukan Hasil

Dalam hidup ini, orang-orang banyak yang berpikir serta hanya berfokus kepada hasil. Namun, orang yang bijaksana kerap melakukan yang sebaliknya. Pendekatannya terhadap sesuatu akan berdasar kepada prosesnya.

Mereka juga sangat menghargai proses, lebih daripada menghargai hasil yang didapat. Dengan melakukan ini, maka hidup hidup yang dijalani akan menjadi lebih fokus pada saat ini tanpa khawatir berlebihan akan masa depan.

2. Berpikir Lebih Dalam

Luangkan waktumu untuk lebih mengenal diri sendiri serta menemukan kedamaian batin. Hanya saat kamu memiliki kedamaian batin serta kejernihan pikiranlah, kamu kemudian dapat melihat dirimu dengan lebih baik lagi. Untuk mencapai kedamaian batin, cobalah untuk menghilangkan kesombongan serta belajar untuk mulai memaafkan.

Mulailah untuk memaafkan diri sendiri dari berbagai kesalahan masa lalu. Kamu juga dapat mencoba berlibur, di tempat yang membawa ketenangan.

3. Menjadikan Masa Lalu sebagai Pelajaran

Analisis kesalahan yang telah kamu lakukan dan belajarlah dari kesalahan yang pernah dilakukan agar kamu tidak akan melakukan kesalahan yang sama lagi. Orang yang melakukan kesalahan berulang kali karena mereka bersedia untuk gagal.

4. Selalu Bersikap Jujur

Kejujuran terhadap diri sendiri akan menolong kita untuk dapat bersikap jujur kepada orang lain. Hal ini sendiri bisa terjadi karena kejujuran adalah mengungkapkan apa yang dipikirkan serta diyakini secara terbuka.

Selain itu, kejujuran pada orang lain juga akan membuat seseorang tampil dengan apa adanya tanpa berusaha menutup-nutupi diri. Sementara itu, ketidakjujuran kepada orang lain hanya akan membuat hidup menjadi sangat palsu dan tentu saja, hidup dalam kepalsuan akan membuat hidupmu menjadi sangat melelahkan.

5. Tidak Berpikir Berlebihan (Overthinking)

Pelajari juga cara bersantai dan jangan membuang energi hanya pada ketakutan dan keraguan yang tidak berguna, apalagi terlalu bergumul dengan berpikir berlebihan. Ikuti saja waktu dan ingatlah bahwa semua akan hadir di waktu yang tepat, segala keraguan, dan pertanyaan kemudian akan terjawab.

6. Berpikir dengan Lebih Cepat

Pahamilah bahwa masih ada hal lain yang lebih penting untuk dipikirkan. Jadi, jangan terlalu membuang waktu untuk memikirkan hal-hal yang tidak terlalu penting. Itu artinya, jangan terlalu banyak berpikir dan pikirkan saja serta lakukan sehingga kamu dapat berpikir dan melakukan lebih banyak hal.

7. Berpikir ke Depan (Visioner)

Jangan hanya memikirkan hal-hal atau peristiwa yang akan memberikan keuntungan instan saja, tetapi perhatikan juga hal-hal yang akan memberikan manfaat dalam jangka panjang. Perhatikan bahwa orang-orang akan secara spiritual mengembangkan kebijaksanaan karena mereka memikirkan hal-hal spiritual yang bertahan dengan selamanya.

Demikian pembahasan tentang kata bijak kehidupan sehari-hari dan juga cara menjadi orang yang bijak. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu.

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Kata-Kata Bijak yang Wajib Kamu Baca

1. Seni Bijak Berbicara

Kata Bijak Kehidupan Sehari-Hari

Manusia memang tak bisa sendiri. Fitrahnya bersosialisasi baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Hidup terkadang resah dengan cibiran orang lain. Inginnya begini saja, namun realitas dari opini orang adalah begini salah, begitu juga salah. Kalau tidak pandai menyaring pendapat orang, hidup akan penuh dengan uring-uringan.

Hak berpendapat di negeri ini, dikatakan sebagai hak dasar yang dimiliki oleh tiap individu. Hanya saja, ada kesalahan-kesalahan yang dianggap sepele yang pada akhirnya berdampak buruk tidak hanya pada diri sendiri. Seperti ucapan yang tidak dipikirkan dahulu, seolah dianggap biasa, dianggap tidak menyakitkan, malah menjadi jurang kesedihan orang lain.

Buku ini hadir untuk refleksi diri dalam berucap. Sebagai pengingat untuk mengatakan yang baik-baik saja, kalau tidak mampu, diam lebih baik. Sebagai pelipur lara ketika ucapan menyakitkan menancap di hati. Sebagai tips untuk mengubah rasa marah menjadi aktivitas penuh berkah. Sebagai obat untuk terus melangitkan doa kepada orang-orang yang bersikap kurang baik kepada kita.

2. Bijak dan Bahagia

Kata Bijak Kehidupan Sehari-Hari

Ibarat lensa, buku ini dipersembahkan Ibn Hazm untuk membantu sesama manusia mendeteksi gejala penyakit moral dan spiritual secara jernih serta menawarkan metode penyembuhannya melalui psikologi dan etika. “Jika kita tidak mengetahui keadaan kita yang sedang sakit dan sifat penyakit, maka kita tak dapat berbuat apa-apa terhadapnya” tegas Ibn H.

Jika kita tidak diberi tahu mengenai cara penyembuhan, maka kita tidak bisa sembuh. Sesungguhnya, jika kita tidak berhasrat mengubah keadaan diri kita sendiri, maka tak ada yang dapat dilakukan. Inilah tepatnya yang difirmankan Allah, ‘Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah (keadaan) suatu kaum kecuali jika kaum itu mengubah (keadaan) diri mereka sendiri.'(Q.S. al-Ra’d [13]: 11).”

3. Hidup Sekali Bijak Mengeksekusi

Kata Bijak Kehidupan Sehari-Hari

“Hidup ini tak hanya tentang berbagi dan mencintai. Tak hanya tentang memberi dan mengasihi. Tak hanya tentang merampas dan menindas. Kehidupan ini tak pernah luput dari yang namanya kehilangan, perjuangan, dan merelakan. Bukankah seperti itu kehidupan ini? Selama kita masih hidup, telah banyak keputusan yang sudah kita buat.

Keputusan itu untuk kita sendiri ataupun orang lain. Namun, apakah benar keputusan itu baik untuk kita? Atau justru itu bukan yang terbaik? Oleh karenanya, hidup hanya sekali, maka gunakanlah dengan sebaik mungkin. Memilih teman yang baik untuk hidup, memilih lingkungan yang baik untuk tinggal, dan seterusnya. Bila kau sudah memilih, maka putuskanlah, eksekusi lah hal tersebut. Sebelum mengeksekusinya, jangan lupa untuk meminta petunjuk Allah Swt. Dengan begitu kita akan mendapatkan hal yang baik untuk kita dan orang lain”.

4. Berdamai Dengan Kebiasaan Buruk: Memandang Kebiasaan Buruk Dengan Lebih Baik

Kata Bijak Kehidupan Sehari-Hari

Kebiasaan buruk hanya akan menghancurkan karakter seseorang, menghancurkan karier, dan pada tahap tertentu bahkan bisa menghancurkan ikatan dengan sesama manusia, termasuk teman, keluarga, dan pasangan. Kebiasan buruk yang dibiarkan berlarut-larut mampu mengubah seseorang menjadi negatif.

Sayangnya, manusia dan kebiasaan buruk adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Ibarat dua sisi mata uang, di mana ada kebiasaan baik, disitu juga pasti ada kebiasaan buruk. Manusia tidak bisa menyalahi kodrat sebagai makhluk yang dipenuhi cela. Buku ini hadir di tengah-tengah anda untuk membantu anda memahami apa itu kebiasaan buruk dan bagaimana berdamai dengannya. Bukannya ingin menghalalkan kebiasaan buruk menjadi kekuatan untuk mencapai sukses. Karena untuk mencapai sukses, kadang sedikit kebiasaan buruk juga dibutuhkan.

Jika ingin mencari buku tentang cara untuk bijak, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya

Penulis: Sofyan

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. 30+ Kumpulan Kata-Kata Motivasi Sebagai Penyemangat Hidup 
  2. Kata-Kata Bijak Berkelas untk Bangkitkan Semangat Jalani Hari 
  3. 100+ Kumpulan Kata-Kata Bijak Kehidupan Penuh Makna 
  4. Kata-Kata Bijak untuk Diri Sendiri 
  5. Buku Kumpulan Quotes, Kata Bijak, Kata Mutiara Best Seller 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda