in

Mengenal Jeon Jong-Seo, Aktris di Drama Money Heist Korea!

imdb.com

Jeon Jong-Seo – Money Heist: Korea – Joint Economic Area adalah serial TV yang dirilis oleh Netflix pada 24 Juni 2022. Hanya dengan enam episode pertama, serial TV yang diadaptasi dari Money Heist atau La Casa de Papel buatan Spanyol ini banyak menjadi trending di media sosial berbagai negara dan terus menjadi perbincangan hangat.

Money Heist: Korea – Joint Economic Area mengisahkan mengenai kumpulan perampok yang beraksi di bawah kepemimpinan Profesor. Mereka memiliki rencana untuk melakukan pencurian di gedung Percetakan Uang Unifikasi Korea dan menjadi pencurian terbesar sepanjang sejarah.

Profil 13 Pemain Money Heist: Korea – Joint Economic Area

jeon jong-seo
imdb.com

Berikut, profil dari 13 pemain Money Heist: Korea – Joint Economic Area yang sudah membintangi berbagai judul drama dan film, serta tak sedikit dari mereka yang pernah mendapatkan perhargaan internasional.

1. Yoo Ji Tae (Professor)

jeon jong-seo
imdb.com

Yoo Ji Tae memulai karier debutnya pada 1998 dengan film Bye June uamh dilanjut dengan Ditto dan One Fine Spring Day, ia sudah memantapkan dirinya dan berhasil menjadi ahli dalam genre melodrama. Keterampilannya dalam berakting semakin menonjol saat ia berperan sebagai antagonis Lee Woo Jin dalam film Oldboy karya Park Chan Wook dan berhasil mendapat penghargaan Grand Prix pada Festival Film Internasional Cannes 2004.

Ia juga membintangi film populer lainnya seperti The Swindlers dan Money, serta drama The Good Wife dan Different Dreams.

2. Kim Yunjin (Inspektur Seon Woojin)

jeon jong-seo
imdb.com

Kim Yunjin berhasil meraih banyak penghargaan, ia termasuk dalam Aktris Pendatang Baru Terbaik di Grand Bell Awards dengan perannya sebagai agen dari Korea Utara yang jatuh cinta dengan agen dari Korea Selatan dalam film yang sangat populer pada tahun 1999, berjudul Shiri. Sejak perannya tersebut, ia melanjutkan kariernya dan berperan dalam berbagai peran dan genre seperti:

  1. Harmony
  2. Heartbeat
  3. Secret Love
  4. Ode to My Father
  5. The Neighbors
  6. Seven Days.

Pada 2004, ia juga turut berperan dalam serial hit berjudul ABC Lost dan berhasil membuatnya menjadi mendapat popularitas secara Internasional. Ia juga semakin memperoleh popularitas serta ketenaran global dengan perannya dalam film Mistress yang ditayangkan pada tahun 2013.

3. Park Hae Soo (Berlin)

jeon jong-seo
imdb.com

Park Hae Soo berhasil meraih kepopuleran internasional dengan berperan sebagai Cho Sang Woo, peserta nomor 218 dalam serial populer besutan Netflix, Squid Game. Setelah meningkatkan keahliannya dalam teater untuk waktu yang lama, kemudian ia terjun ke dunia drama dan film.

Beberapa perannya yang populerm yakni:

  1. Kim Je Hyuk di Prison Playbook
  2. Huatuo dari show biz Chan Woo di By Quantum Physics: A Nightlife Venture
  3. Seorang pemburu yang tidak dikenal dalam film besutan Netflix, Time to Hunt.
  4. Money Heist: Korea – Joint Economic Area
  5. Serial besutan Netflix yang akan segera dirilis, The Accidental Narco.

4. Jeon Jong-seo (Tokyo)

jeon jong-seo
imdb.com

Jeon Jong-seo memulai karier aktingnya melalui perannya sebagai Lee Chang Dong dalam Burning pada 2018. Dengan film pertamanya ia berhasil berjalan di karpet merah di Festival Film Internasional Cannes dan diumumkan sebagai seorang super rookie.

Dalam film Netflix yang berjudul The Call (2020), Jun Jong Seo berperan sebagai Oh Young Sook, pembunuh berantai menyeramkan yang berhasil memperkuat posisinya dalam industri perfilman dan berhasil meraih banyak penghargaan film.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Entri Hollywood-nya yang berjudul Mona Lisa and the Blood Moon dipilih sebagai film pembuka dalam 2 festival, yakni Festival Film Internasional Venesia ke-78 dan Festival Film Sitges ke-54. Dalam perannya, ia diterima dengan baik oleh kritikus asing karena memiliki penampilan yang segar dan energik.

5. Lee Won Jong (Moscow)

jeon jong-seo
imdb.com

Pada tahun 2002, Lee Won Jong berhasil membuat kehadirannya dikenal sebagai Koo Majeok dalam drama yang paling dicintai dan populer pada saat itu,  Rustic Period. Dalam salah satu adegan pertarungannya, berhasil mencatat rekor fenomenal dengan tingkat penayangan mencapai 64%. Ia baru-baru ini juga membintangi drama Delayed Justice sebagai mantan detektif serta memerankan peran antagonis sebagai direktur keamanan dalam film Asurado.

6. Park Myung Hoon (Kepala Badan Percetakan Uang Unifikasi Korea Cho Youngmin)

jeon jong-seo
imdb.com

Ia menjadi sangat populer saat memerankan Oh Guen Sae, orang yang bersembunyi di ruang bawah tanah dalam film yang sempat viral pada tahun 2021, Parasite. Selain itu, dalam film Deliver Us from Evil, ia kembali mengejutkan penonton dengan berperan sebagai Simada si agen pembunuh. Sebelumnya, dalam drama populer Crash Landing on You, ia berhasil menghibur penonton dengan menggunakan aksen Korea Utara dengan nuansa yang sangat alami.

7. Kim Seung O (Kapten Cha Moohyuk)

jeon jong-seo
imdb.com

Ia mulai dikenal publik melalui film The Man from Nowhere (2010). Ia berperan sebagai penjahat yang tampan dalam Unstoppable dan L.U.C.A.: The Beginning. Selain itu, ia juga menunjukkan bakatnya dalam bidang komedi melalui Elegant Friends dan Secret Zoo.

8. Kim Ji Hun (Denver)

jeon jong-seo
imdb.com

Sejak debutnya dalam drama Loving You pada tahun 2002, ia berhasil membangun kariernya di dunia akting dengan apik dan membintangi berbagai drama populer. Ia berhasil mendapat penghargaan Top Excellence, Aktor di MBC Drama Awards atas perannya dalam deama Jang Bo Ri is Here!. Pada tahun 2020, ia berperan sebagai Baek Hee Sung, psikopat dalam drama The Flower of Evil.

9. Jang Yoon Ju (Nairobi)

jeon jong-seo
imdb.com

Ia merupakan salah satu model fashion terpopuler di Korea dan pernah mendominasi pada suatu era. Jang Yoon Ju masih menjadi penghibur yang sangat dicintai oleh masyarakat karena memiliki banyak bakat sebagai aktor, penyanyi, penulis lagu, serta MC. Ia memulai debut aktingnya dalam film Veteran dan Three Sisters pada tahun 2021.

10. Lee Joobeen (Akuntan Badan Percetakan Uang Unifikasi Korea Yun Misun)

jeon jong-seo
imdb.com

Setelah berhasil menarik kesan positif publik dengan Mr. Sunshine pada 2018, ia melanjutkannya dengan aktif di berbagai bidang seperti dalam model iklan, model video musik, dan membintangu beberapa drama, seperti:

  1. Lee So Min dalam Melloga Chejil (Be Melodramatic)
  2. Balerina Jeong Seo Yeon dalam Find Me in Your Memory
  3. Lee Hyo Joo di She Would Never Know.

11. Lee Hyun Woo (Rio)

imdb.com

Melakukan debut dalam bidang akting pada 2005, berperan sebagai seorang anak dan memainkan banyak peran, seperti:

  1. Secretly Greatly
  2. The Con Artists
  3. Northern Limit Line
  4. The Legend
  5. The Great King
  6. Sejong
  7. The Great Queen Seondeok
  8. Geunyeoneun Geojitmaleul Neomoo Saranghae (The Liar and His Lover), dan banyak lagi.

Pada tahun 2008, ia berhasil meraih penghargaan Aktor Muda Terbaik dalam Penghargaan Drama KBS untuk perannya sebagai Sejong muda dalam drama The Great King dan pada 2016 ia juga meraih penghargaan Aktor Pendukung Terbaik dalam Festival Film Internasional Houston untuk perannya dalam Northern Limit Line.

12. Kim Ji Hoon (Helsinki)

Jung Jaegu/Netflix

Kim Ji Hoon tengah membangun kariernya dan membintangi berbagai film dan serial TV, termasuk:

  1. Gam-si-ja-deul (Cold Eyes)
  2. Thread of Lies
  3. Remember-War of Son
  4. Stranger
  5. Untouchable
  6. Chimaera

Di Bulhandang (The Merciless), ia berhasil meraih kesan positif dari masyarakat sebagai Jung Sik dan di dalam The Good Detective, ia kembali memukau sebagai antagonis memerankan detektif dalam regu kejahatan serius.

13. Lee Kyu Ho (Oslo)

Jung Jaegu/Netflix

Dalam serial Nangmandakteo Kimsaboo (Dr.Romantic), ia memerankan wali yang andal di Doldam Hospital, ia juga membintangi Hot Stove League, berperan sebagai Cheon Heng Man. Di Champion, ia memberikan akting yang membekas pada pemirsa di seluruh dunia dengan memerankan Punch si raja gulat lengan.

Sekilas Mengenai Money Heist: Korea – Joint Economic Area

Money Heist: Korea – Joint Economic Area berisi 12 episode yang dibagi ke Part 1 dan Part 2, dengan masing-masing bagian terdapat enam episode. Money Heist: Korea – Joint Economic Area adalah serial drama karya penulis Ryu Yong Jae dan sutradara Kim Hong Sun.

Drama yang mengusung genre kriminal ini masih mengisahkan mengenai Profesor bersama dengan kelompoknya yang berusaha untuk keluar dari Percetakan Uang Korea Bersatu. Perampokan kelompok bertopeng Hahoetal sudah mencapai pada puncaknya dan kini perampokan yang paling besar dan fenomenal sepanjang sejarah tersebut menimbulkan satu masalah, yakni mencari cara untuk keluar dari gedung percetakan uang.

Masalah menjadi semakin rumit saat Profesor (Park Hae-Soo) sedang diburu oleh kepolisian Korea Selatan. Profesor harus berpikit dan mencari cara untuk berhasil lolos dari kejaran polisi dengan cara melintasi reruntuhan jalur bekas perang Korea Selatan dengan Korea Utara. Profesor juga mendapatkan ancaman akan terkuaknya identitas asli dari pelaku utama di balik kejahatan ini.

Sementara Profesor sedang mencari usaha untuk lolos dari kejaran polisi, masalah dalam gedung percetakan uang justru malah semakin memuncak. Kelompok kriminal tersebut justru malah menunjukkan adanya peranda perpecahan.

Berlin (Park Hae Soo) berusaha untuk menyatukan fokus dari para kriminal tersebut dan mengikuti rencana Profesor.  Para sandera yang masih di dalam gedung juga mulai membuat masalah di waktu yang genting.

Selain itu, drama ini juga memberikan nuansa romantis dari hubungan Rio (Lee Hyun Woo) dengan Tokyo dan Denver (Kim Ji Hoon) dengan Mi Seon (Lee Joo Bin) yang mulai muncul di  tengah kekacauan. Kisah romantis juga turut berkembang dalam diri Profesor dengan Inspektur Seon Woo Jin (Kim Yunjin) yang semakin bertumbuh seiring dengan berjalannya waktu. Akankah perampokan yang paling besar sepanjang sejarah ini akan berakhir dengan mulus? Serial Money Heist: Korea – Joint Economic Area Part II bisa ditonton melalui penyedia layanan streaming Netflix!

Nah, untuk Grameds yang ingin mencari buku tentang belajar bahasa Korea, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku Terkait

1. Bahasa Korea Bareng BTS

jo yuri

Bahasa Korea merupakan bahasa resmi Korea Selatan maupun Korea Utara. Bahasa ini juga dipakai secara luas di Yanbian, Tiongkok Timur Laut. Secara keseluruhan, ada hingga lebih dari 78 juta penutur bahasa Korea di seluruh dunia termasuk beberapa kelompok besar yang tersebar di Jepang, Amerika Serikat, Rusia dan Kanada.

Klasifikasi resmi dari bahasa Korea belum mendapatkan persetujuan secara universal, tetapi dianggap sebagai bahasa isolat oleh banyak orang. Beberapa ahli bahasa mengkelompokannya ke dalam kelompok bahasa Altaik. Bahasa Korea juga memiliki banyak kemiripan dengan bahasa Jepang, meskipun status kekerabatannya masih kurang jelas.

Di masa sekarang ini, bahasa Korea menjadi salah satu bahasa yang banyak memiliki peminat dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Nah, bagi Grameds yang gemar atau memiliki keinginan untuk mempelajari bahasa Korea secara otodidak, Buku “Les Bahasa Korea Bareng BTS” dapat membantu Grameds untuk mempelajari secara otodidak bahasa Korea dengan cara yang asyik dan unik bersama BTS.

2. Kpop Party

jo yuri

K-Pop telah ada sekitar empat generasi. Generasi pertama dimulai oleh H.OT, G.O.D, S.E.S, Sechs Kies, Turbo, dan lainnya sebagainya. Rata-rata, mereka melakukan debut pada tahun 1990 hingga awal tahun 2000an. Kemudian, generasi pembaharuan K-Pop muncul pada tahun 2000-an dan ditandai dengan munculnya idol band-idol band populer seperti TVXQ, Super Big Bang, Super Junior, Girl’s Generation, 2NE1, dan lain sebagainya.

Generasi kedua ini berhasil mendunia seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang kian modern. Selera masyarakat dunia juga makin terpenuhi dengan berbagai lagu yang dirilis oleh grup-grup idola generasi kedua ini. Intinya, generasi kedua merupakan generasi pembaharu sekaligus generasi pembeda dari generasi sebelumnya serta pembuka jalan bagi generasi berikutnya.

Tak puas dengan kesuksesan generasi kedua, setelah tahun 2010 banyak terbentuk grup generasi ketiga dari K-Pop dan hingga saat ini masih banyak band dari berbagai agensi yang terbentuk dan hilang satu per satu dari hasil seleksi alam. Produk generasi tiga yang banyak dikenal masyarakat luas ialah EXO, BTS, Red Velvet, TWICE, Blackpink, dan lain sebagainya.

Buku ini tak akan membahas seluruh grup K-Pop yang pernah ada, tetapi sekadar mengambil sampel supaya Grameds yang masih awam dengan dunia K-Pop bisa sedikit banyak lebih mengerti.

3. All About Kfood in Kpop, Kdrama, dan Kvariety

Segala sesuatu perihal Korea Selatan memang berhasil menarik perhatian dari masyarakat mancanegara. Baik dari segi musik, drama, fashion, skin care, make up, hingga makanan Korea yang berhasil membuat banyak orang di seluruh dunia tertarik dan selalu ingin tahu lebih banyak mengenai budaya Korea Selatan.

Banyak makanan yang tentunya cukup populer dan memang disukai oleh banyak orang di Korea Selatan. Seperti ayam goreng khas Korea yang kelezatannya telah mendunia hingga sundubu jjigae atau sup tahu hangat yang nikmat.

Nah, pasti Grameds sudah tidak asing lagi kan dengan makanan khas Korea Selatan? Kuliner Korea Selatan menjadi viral dan sangat popular di seluruh dunia, terutama ketika para K-Pop idol turut memperkenalkan makanan favorit mereka. Kira-kira, apa saja makanan khas Korea Selatan yang disukai oleh para idol K-Pop? Let’s check this out!

4. Panduan Bijak Mengenal Budaya Populer Korea: Korean Wave

Deskripsi Buku

Korean Wave atau budaya Korea telah berhasil mencuri perhatian dari banyak orang bahkan hingga taraf Internasional. Sebagai suatu fenomena yang tidak terelakkan dalam kurun waktu satu dekade terakhir, merupakan hal yang bijak bagi kita untuk bisa mengenal lebih jauh mengenai apa sebenarnya yang dimaksud dengan Korean wave. Tak perlu heran jika artis Korea, bahasa Korea, dan produk Korea sekarang ini banyak dijadikan sebagai favorit dan inspirasi.

Kendati demikian, sayangnya masih sulit sekali untuk menemukan panduan yang dapat menolong untuk memberikan gambaran lebih jelas mengenai Korean wave. Buku ini akan memberikan kilasan informasi penting tentang serba-serbi Korea mulai dari awal mula munculnya Korean wave, K-pop, K-style, K-food, hingga operasi plastik yang populer dilakukan di Korea Selatan. Buku ini ditujukan bagi para remaja dan pemerhati remaja yang tentunya ingin mempelajaru berbagai hal positif serta untuk menyikapi hal-hal negatif yang ditimbulkan dari Korean wave.

Sumber rujukan:

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.