in

20 Rekomendasi Film dan Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa

Rekomendasi Film Terbaik – Film adalah serangkaian gambar diam yang diproyeksikan secara berurutan dengan cepat ke layar melalui cahaya. Karena ada fenomena optik yang disebut dengan persistence of vision, fenomena di mana kelambatan otak dalam memproses dua gambar yang datang ke otak dalam waktu yang singkat.

Dari situ otak akan memberikan sebuah ilusi gerakan yang halus, nyata dan secara terus menerus. Film adalah media yang sangat efektif untuk menyampaikan sebuah cerita, terlebih lagi dalam membangkitkan emosi penikmatnya.

e perpus

Film sangatlah kompleks, membutuhkan kontribusi dari hampir semua bidang seni seperti musik, fotografi serta keterampilan teknis yang apik untuk membungkus film tersebut.

Sebetulnya, untuk menentukan apakah film itu adalah film terbaik atau bukan masih jadi masalah yang pelik bahkan dari penonton biasa atau para kritikus film. Film yang bagus adalah film yang paling berhasil dalam menggabungkan akting, efek khusus, plot, dialog dan lainnya.

Kriteria Film Terbaik

Lalu bagaimana kriteria film terbaik? Apakah itu memiliki cerita yang bagus? atau sinematografinya yang bagus? Apakah akting dari para aktornya? Semua jawaban bisa jadi benar. Film terbaik bisa dikatakan bagus jika semua elemen di dalamnya bagus.

Film yang bagus bisa dimulai dari keunikan dan orisinalitas premis atau cerita. Kreativitas di dalam film tentu akan menjadi nilai tambah. Selain itu ada juga plot dari film seperti peristiwa, konflik dan bagaimana ceritanya terungkap.

Skor musik yang bagus dan sesuai dengan film juga bisa jadi nilai ukur apakah film tersebut bagus atau tidak. Apakah skor musik bisa membantu dalam menceritakan cerita di film atau tidak. Selain itu ada juga pesan yang disampaikan dari film tersebut. Apakah film tersebut bisa secara jelas menggambarkan pesan yang ada atau tidak.

Rekomendasi Film Terbaik Jadul (Jaman Dulu)

Berikut adalah beberapa rekomendasi film terbaik, yaitu:

1. The Godfather (1972)

the godfather
Source : kompas.com

The Godfather adalah sebuah film kriminal besutan Francis Ford Coppola. Film ini dirilis pada tahun 1972. Film ini dibintangi oleh Marlon Brando dan Al Pacino sebagai pemimpin dari keluarganya yang tinggal di New York. Film ini berlatar pada tahun 1940-an. The Godfather menceritakan tentang orang-orang yang meminta pertolongan pada Vito Corleone, Don dari keluarga kriminal Corleone.

Diangkat dari novel laris Puzo dengan judul yang sama, The Godfather adalah salah satu film yang paling berpengaruh di dunia perfilman.

2. Seven Samurai (1954)

seven samurai

Seven Samurai adalah film yang berasal dari Jepang, dirilis pada tahun 1954. Film besutan Akira Kurosawa ini mengambil latar pada tahun 1500-an, pada periode Sengoku. Seven Samurai menjadi salah satu film yang paling mahal dalam pembuatannya.

Film ini menceritakan tentang para bandit yang menyerang sebuah desa. Namun penduduk desa mengetahui hal ini dan memutuskan untuk memperkerjakan para Samurai untuk melindungi warga desa itu. Sejak dirilis, Seven Samurai meraih peringkat tinggi dan mendapat tanggapan yang bagus dari para kritikus film-film.

3. Parasite (2019)

film terbaik parasite
Source : pinterest.com

Parasite adalah film dari korea Selatan yang dirilis pada tahun 2019. Film besutan sutradara Bong Joon ho ini menceritakan tentang keluarga miskin yang memiliki rencana untuk bekerja di salah satu rumah orang kaya dan menyusup ke dalam rumah tangga mereka.

Film bergenre dark comedy thriller ini menjadi film Korea Selatan yang menerima banyak penghargaan termasuk penghargaan film terbaik. Film Parasite menjadi salah satu film non-Inggris pertama yang memenangkan penghargaan Outstanding Performance di Screen Actors Guild Award. Parasite juga dianggap oleh para kritikus film sebagai film terbaik di tahun 2019 bahkan film terbaik di abad ke 21.

4. Titanic (1997)

film titanic
Source : id.wikipedia.org

Titanic adalah film romantis dan bencana yang dirilis pada tahun 1997. Film yang diproduksi oleh James Cameron. Film ini menggabungkan cerita fiksi dan juga sejarah. Film ini dibuat berdasarkan searah tenggelamnya kapal Titanic.

Film Titanic menceritakan tentang kisah cinta masyarakat kelas bawah Leonardo DiCaprio dan perempuan terpandang Kate Winslet. Namun kisah cinta mereka berakhir tragis karena kecelakaan kapal Titanic yang menabrak gunung es. Titanic adalah film pertama yang meraih pendapatan sampai miliar dollar yaitu $1,84 miliar.

5. Spirited Away (2001)

Spirited Away adalah film animasi dari jepang yang dirilis pada tahun 2001. Film dari Studio Ghibli menceritakan tentang seorang anak bernama Chihiro Ogino yang ingin pindah ke lingkungan baru namun memasuki dunia roh.

Orang tuanya berubah menjadi babi namun Chihiro tetap berwujud manusia. CHihiro berusaha mencari jalan keluar untuk menyelamatkan orang tuanya dan mengembalikan dia ke dunia manusia. Film yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki ini berhasil meraih pendapatan sebesar 384 Miliar Dollar.

6. The Shawshank Redemption (1994)

The Shawshank Redemption adalah film Amerika yang disutradarai oleh Frank Darabont. Dirilis pada tahun 1994, film ini dibintangi oleh Tim Robbins dan Morgan Freeman. Film yang meraih rating tertinggi dalam IMDb ini merupakan film yang diadaptasi dari novel karya Stephen King.

The Shawshank Redemption menceritakan kisah seorang bankir yang menghabiskan dua puluh tahun hidupnya di penjara Shawshank State. Dia dituduh menjadi pembunuh istri dan selingkuhan istrinya karena motif cemburu meskipun bukan dia yang membunuhnya. Film ini mendapat pujian dari para kritikus film.

7. Vertigo (1958)

Vertigo adalah film yang bergenre thriller psikologis. Film yang dirilis pada tahun 1958 ini diangkat dari novel yang berjudul From Among the Dead karya Boileau Narcejac. Film yang dibintangi James Stewart dan Kim Novak ini menceritakan seorang detektif yang memutuskan untuk pensiun karena divonis mengidap phobia akan ketinggian.

Mantan detektif itu pun dimintai tolong oleh temannya untuk menyelidiki istrinya yang bernama Madeleine. Akhirnya dia pun menyetujui untuk mengikuti Madelein dan mengawasinya. Namun seiring waktu, mantan detektif itu malah jatuh cinta pada Madeleine. Tidak hanya berhenti di situ, kisah film ini dibangun dengan misteri-misteri dari para karakter yang membuat penonton semakin penasaran.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Rekomendasi Drama Korea Terbaik

1. Reply (1988)

film terbaik reply 1988

Drama korea ini pertama kali dirilis pada akhir tahun 2015 dan berakhir pada awal tahun 2016. Reply 1988 ini bergenre keluarga, romantis dan komedi. Drama ini menceritakan tentang kisah hidup keluarga yang bertetangga dan sudah menjadi layaknya seperti saudara karena mereka sudah hidup berdampingan bertahun-tahun.

Reply 1988 berlatar pada tahun sesuai judulnya yaitu tahun 1988. Dibumbui dengan kisah cinta para anak-anak remaja, drama ini menjadi drama peringkat keempat tertinggi dalam sejarah televisi Korea Selatan.

2. Full House (2004)

Drama Korea Full House diperankan oleh artis Song Hye Kyo dan juga Rain. Drama ini diangkat berdasarkan manhwa dengan berjudul sama karya Won Soo Yeon. Drama bergenre romantis dan komedi ini bercerita tentang perempuan biasa (Song Hye Kyo) yang menikah dengan aktor (Rain) secara kontrak.

Perempuan itu tinggal di rumah yang disebut Full House yang dibangun oleh ayahnya. Namun ia ditipu oleh teman-temannya dan mereka menjual rumahnya (Song Hye Kyo). Drama ini pertama kali dirilis pada bulan Juli 2004. Full House menjadi pioner drama bergenre romantis komedi di dunia pertelevisian Korea Selatan.

3. Signal (2016)

Drama bertema kriminal dan thriller ini pertama kali ditayangkan di televisi pada Januari 2016. Lee Je Hoon sebagai pemeran utama bekerja menjadi profiler kriminal dan letnan polisi. Namun ia juga tidak percaya pada polisi karena ia pernah menjadi saksi pembunuhan tetapi polisi tidak pernah menggubris kesaksian Lee Je Hoon pada saat itu.

Sehingga pembunuh teman Lee Je Hoon tidak pernah tertangkap dan kasusnya belum terpecahkan. Kasus kriminal yang diceritakan dalam drama ini merupakan berdasarkan kejadian nyata yang terjadi di Korea Selatan.

4. Prison Playbook (2017)

Prison Playbook adalah drama Korea bergenre dark comedy. Drama ini pertama kali dirilis pada November 2017. Disutradarai oleh Shin Won Ho, Prison Playbook bercerita tentang pelempar baseball terbaik di Korea bernama Je Hyeok.

Pada suatu malam Je Hyeok melihat seorang pria keluar dari apartemennya dan mengejarnya. Mereka berdua terlibat perkelahian sehingga pemain baseball itu mendapatkan hukuman satu tahun penjara. Prison Playbook berfokus pada bagaimana kehidupan Je Hyeok sebagai pemain baseball andalan beradaptasi menjalani kehidupan barunya di penjara.

5. Hospital Playlist (2020)

Drama yang bertema tentang kedokteran ini pertama kali rilis pada maret 2020. Disutradarai oleh Shin Won Ho, Hospital playlist merupakan seri lanjutan Wise Life Series setelah Prison Playbook. Hospital Playlist menceritakan tentang kisah para dokter dan perawat yang bekerja di Pusat Medis Yulje.

Berfokus pada kisah hidup persahabatan antara lima dokter yang bekerja di sana, Hospital Playlist menjadi drama Korea dengan rating tertinggi kesepuluh dalam sejarah televisi Korea Selatan. Hospital Playlist juga menjadi drama korea yang paling banyak ditonton di Netflix pada tahun 2020.

Rekomendasi Film Indonesia

1. Laskar Pelangi

film terbaik laskar pelangi

Laskar Pelangi adalah film yang diadaptasi dari novel populer yang berjudul sama karya Andrea Hirata. laskar Pelangi menceritakan tentang anak-anak sekolah dan dua guru mereka.

Mereka adalah warga Bangka Belitung yang berjuang melawan kemiskinan dan membangun masa depan Desa Gantong. Film yang berlatar pada tahun 1970-an itu berfokus pada cerita antara seberapa dekatnya para murid laskar pelangi dan gurunya dalam membangun masa depan.

Sejak awal rilisnya, Laskar Pelangi menjadi salah satu film dengan pendapatan tertinggi dalam sejara Box Office Indonesia. Tidak hanya itu, Laskar Pelangi juga memenangkan beberapa penghargaan film di kancah Internasional.

2. Habibie & Ainun

Habibie & Ainun adalah film biografi yang pertama kali ditayangkan pada tahun 2012. Diproduksi oleh Manoj Punjabi, film ini dituliskan berdasarkan memoar yang dibuat oleh Presiden ke-3 Indonesia, B. J Habibie.

Film ini menceritakan kisah cinta Habibie dan Ainun, dari awal mereka bertemu sampai mereka tua. Ainun dijodohkan dengan Habibie, dan mereka mulai menunjukan bahwa mereka saling mencintai. Film ini berhasil menarik minat penonton film Indonesia dengan 4,7 juta penonton. Habibie & Ainun menjadi film terlaris yang pernah diproduksi oleh MD Pictures.

3. Ada Apa Dengan Cinta

Film Ada Apa Dengan Cinta adalah film yang bergenre drama romantis. Ditayangkan pertama kali pada tahun 2002, Film yang disutradarai oleh Rudy Soedjarwo ini menceritakan tentang persoalan yang dihadapi oleh para remaja di Indonesia dan diselipi dengan unsur budaya dan politik klasik Indonesia.

Film Ada Apa dengan Cinta juga mengangkat kontroversi di kalangan umat muslim konservatif Indonesia karena film ini merupakan film remaja pertama yang menampilkan adegan ciuman. kesuksesan film ini menghasilkan sekuel kedua dengan judul Ada Apa dengan Cinta 2.

4. Ayat-Ayat Cinta

Ayat-Ayat Cinta adalah film yang juga diproduksi oleh MD Pictures dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Diperankan oleh Fedi Nuril, Rianti Cartwright, dan Carissa Putri, film Ayat-Ayat Cinta merupakan drama romantis religi yang diangkat berdasarkan novel dengan judul sama karya Habiburrahman El Shirazy. Film yang berlatar di Kairo,

Mesir ini menceritakan kisah cinta seorang laki-laki yang sedang menempuh sekolah magister dengan perempuan-perempuan yang mengisi kehidupannya selama di Kairo. Ayat-Ayat Cinta juga menjadi salah satu film Indonesia yang pertama kali bisa menarik 3,5 juta penonton hanya dalam rentang waktu beberapa bulan.

5. 5 cm

Film 5 cm merupakan film hasil adaptasi dari novel yang berjudul sama karya Donny Dhirgantoro. 5 cm pertama kali ditayangkan pada tahun 2012 dan disutradarai oleh Rizal Mantovani.

Film yang diperankan Fedi Nuril, Denny Sumargo, Herjunot Ali, Raline Shah, dan Igor Saykoji menceritakan tentang lima sahabat yang sudah berteman selama sepuluh tahun.

Mereka akhirnya memutuskan untuk berfokus pada diri sendiri selama berbulan-bulan dan kembali berkumpul untuk merayakan pertemuan mereka. Akhirnya para remaja itu mendaki puncak Mahameru. Sebuah perjalanan hati dan penuh petualangan yang tak terlupakan.

6. Eiffel.. I’m in Love

Film bergenre komedi romantis ini dirilis pada tahun 2013. FIlm yang disutradarai oleh Nasri Cheppy ini diperankan oleh Samuel Rizal dan Shandy Aulia sebagai pemeran utama.

Film yang diadaptasi dari novel yang berjudul sama karya Rachmania Arunita ini menceritakan kisah cinta dua remaja yang berawal dari Tita yang diminta oleh orang tuanya untuk menjemput teman orang tuanya yang datang dari Perancis.

Tita pun diejek oleh kakaknya bahwa ia akan dijodohkan oleh anak dari teman orang tuanya itu. Sedangkan anak yang dijodohkan oleh Tita memiliki sifat yang berbanding terbalik dengan laki-laki idaman Tita.

7. The Raid

Film the raid adalah karya dari sutradara Gareth Evans yang pertama kali ditayangkan pada tahun 2011. Setelah film ini ditayangkan di Toronto International Film festival, The Raid mendapatkan banyak pujian dari para kritikus film.

Judul film ini pun diubah menjadi The Raid: redemption. Film ini menceritakan tentang Rama yang ikut dengan pasukan elite bersenjata. pasukan tersebut bermaksud untuk menangkap bandar narkoba di sebuah apartemen di kawasan jakarta. Setelah berhasil dengan film pertamanya, The Raid merilis film keduanya yang berjudul The Raid 2.

8. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Film yang merupakan besutan karya Sunil Soraya ini diangkat berdasarkan novel dengan judul yang sama karya Hamka. Dirilis pada tahun 2013, film ini bergenre drama romantis. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck dibintangi oleh Pevita Pearce, Herjunot Ali dan Reza Rahadian menceritakan tentang hubungan cinta dua sejoli yang berakhir tragis.

Kisah seorang melarat dan bukan dari keluarga terpandang yang jatuh cinta pada seorang perempuan yang memiliki keturunan bangsawan. Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck menjadi salah satu film yang paling mahal yang pernah diproduksi oleh Soraya Film. Tidak hanya itu, produksi film ini memakan waktu selama lima tahun lamanya.

Baca juga artikel terkait “Rekomendasi Film Terbaik” berikut ini :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

  • Custom logo gratis
  • Akses gratis ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien
  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad