in

Contoh-Contoh Pantun Perkenalan

Contoh-Contoh Pantun Perkenalan – Di zaman sekarang ini, pantun bisa dikatakan sebagai salah satu jenis karya sastra yang cukup populer dan menguntungkan. Tidak menjadi rahasia lagi bila sekarang ini sudah ada berbagai jenis pantun yang bisa langsung kita coba gunakan. Terlebih lagi, menggunakan pantun juga bisa merubah situasi yang ada. Sederhananya, jenis karya sastra yang ada di Indonesia sekarang ini memang cukup beragam dan terus mengalami perkembangan serta perubahan seiring dengan berjalannya waktu.

Tidak perlu jenis karya sastra yang panjang seperti halnya novel atau puisi yang dinilai lebih rumit ketika membuatnya, ada pula karya lainnya. Misalnya saja pantun yang saat ini lebih memperoleh perhatian dari banyak kalangan. Karya sastra pantun tidak hanya dianggap sebagai karya sastra yang lebih mudah untuk dibuat, tapi juga mudah untuk disesuaikan nantinya. Bahkan, untuk beberapa orang, mereka pada akhirnya mengambil keputusan yang terbaik sejak awal untuk kemudian menggunakan pantun di dalam situasi yang mereka punya, baik itu formal ataupun non formal.

Tak hanya itu saja, pantun juga bisa digunakan untuk memberikan kesan yang berbeda. Sedangkan di sisi lain, untuk menjadikan karya sastra yang satu ini sebagai media untuk menyampaikan perkenalan, pastinya ada hal yang harus diperhatikan. Ada juga beberapa aspek yang harus ada sebagai salah satu pertimbangan sebelum nantinya mencoba secara langsung. Sebelum memutuskan untuk mencoba membuat pantun, ada beberapa hal yang harus dipahami terlebih dulu, antara lain:

Karya Sastra Pantun yang Semakin Populer

Karya sastra pantun ini jika dilihat secara sederhana merupakan salah satu karya sastra yang memiliki tingkat popularitas tinggi seiring dengan adanya perkembangan zaman. Hal tersebut terjadi karena jenis karya sastra yang satu ini bisa menawarkan hasil yang tidak hanya menarik, tapi juga bisa merubah situasi yang ada pada saat itu. Bahkan, proses perubahan situasi tersebut bisa dilakukan dengan sangat cepat. Popularitas yang dimiliki oleh karya sastra ini sangat erat kaitannya dengan seperti apa pantun nantinya digunakan secara langsung.

Misalnya saja jika ternyata jenis pantun perkenalan yang semakin banyak digunakan, maka popularitas yang dimiliki juga akan semakin meningkat sesuai dengan situasi yang ada. Selain itu, umumnya pantun juga lebih dipilih oleh generasi muda. Jenis pantun perkenalan juga merupakan salah satu dari jenis pantun yang bisa disesuaikan dengan situasi yang ada pada saat itu. Misalnya saja, ada yang bisa memanfaatkan jenis pantun ini untuk memperoleh kesan yang berbeda dari orang-orang yang sedang mendengarkan perkenalan dari mereka.

Buku Pintar Pantun&Puisi Dilengkapi Kata-Kata Mutiara

Pengertian Pantun Perkenalan

Aspek berikutnya yang jangan sampai terlewatkan untuk kamu pahami jika ini mencoba jenis pantun ini yaitu definisinya. Kali ini, jenis pantun yang akan kita bahasa adalah jenis pantun yang dapat digunakan dengan tepat saat ingin memperkenalkan diri kepada orang lain. Ditambah lagi, pantun yang satu ini juga semakin mudah ditemui. Lalu secara lebih lanjut, jenis pantun yang dikenal dengan istilah jenis pantun perkenalan ini dapat diartikan sesuai dengan tujuan awalnya.

Sama seperti nama yang digunakan sejak awal, jenis pantun yang satu ini memang disediakan untuk memudahkan setiap orang untuk memperkenalkan dirinya dengan cara yang berbeda. Bahkan, pantun ini juga masih bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Adapun jenis kebutuhan yang dimaksud ini mempunyai keterkaitan yang erat dengan seperti apa kesan yang ingin kamu tunjukkan pertama kali. Tak bisa dipungkiri bahwa setiap orang yang ingin menyampaikan perkenalan, yang mereka inginkan yaitu mendapatkan perhatian dan juga kesan yang menyenangkan.

Peran Pantun Saat Memperkenalkan Diri

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pantun memang mempunyai peran yang sangat penting, termasuk juga saat seseorang ingin menyampaikan pantun perkenalan. Proses perkenalan ini pastinya akan disiapkan sejak jauh hari. Pantun yang biasanya dipakai untuk melakukan proses perkenalan pertama kali adalah pantung yang dibuat menggunakan berbagai macam pertimbangan.

Ditambah lagi, jenis pantun perkenalan ini memang dibuat dengan bahasa yang cukup beragam sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, proses pembuatannya juga bisa melibatkan beberapa kata secara khusus. Jadi, secara garis besar, jenis pantun perkenalan mempunyai peran yang besar dalam proses perkenalan. Tidak hanya untuk diri sendiri saja, tapi juga untuk kelompok ataupun orang lain. Apabila ingin menggunakan jenis pantun ini untuk memperkenalkan diri kepada orang banyak, maka alangkah lebih baik pilih tipe pantun yang memiliki diksi yang tepat agar bisa membantu kamu untuk menyampaikan pesan yang diinginkan.

Langkah Membuat Pantun yang Benar

Sebelum membuat sebuah pantun, alangkah lebih baik kamu harus memahami langkah-langkah dalam menulisnya. Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat sebuah pantun agar sesuai dengan kaidah.

1. Memahami Syarat-syarat Utamanya

Dalam menulis sebuah pantun, langkah yang pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami syarat atau ketentuannya terlebih dulu. Apabila hal tersebut kamu abaikan, maka akan menyalahi kaidah Bahasa Indonesia. Untuk syaratnya sendiri antara lain:

The Architecture of Love | Di balik Pena

– Ada empat baris kalimat di dalam satu bait
– Dua baris yang pertama berisi sampiran
– dua baris yang terakhir berisi pesan atau maksud yang ingin disampaikan
– Ada 8 hingga 12 suku kata dalam setiap barisan pantun, tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang
– Di akhir kata dari pantun harus bersajak a-b-a-b

2. Tentukan Tema

Setelah mengetahui syarat-syarat pantun di atas, langkah berikutnya yaitu menentukan tema yang ingin kamu angkat. Misalnya saja saat ada sebuah acara pernikahan, maka topik yang bisa diusung adalah tentang cinta. Adapun tujuan dari tema ini yaitu supaya pantun yang dibuat memiliki arah yang jelas dan ditujukan untuk siapa. Apabila topik tidak sesuai dengan momen yang ada pada saat itu, maka pantun tidak pantas untuk dilantunkan.

3. Menentukan Isi Pantun

Apabila tema sudah selesai ditentukan, maka langkah berikutnya kamu langsung bisa membuat isi dari pantun yang mengungkapkan pesan-pesan yang ingin kamu sampaikan. Isi pantun tersebut bisa kamu buat sebebas dan semenarik mungkin, asalkan tidak melenceng dengan pembahasan topik. Dimana isi pantun biasanya terletak di bagian bawah sampiran atau di baris ketiga dan keempat. Apabila kamu ingin membuatnya, maka jangan untuk selalu menyesuaikan dengan tema. Misalnya saja temanya tentang cinta, maka isinya bisa berupa “kau tampan rupawan, membuatmu semakin menawan”.

4. Membuat Sampiran Pantun

Langkah yang terakhir dalam menulis sebuah pantun yaitu membuat sampiran. Untuk membuatnya, kamu bebas berekspresi karena tidak harus ada kaitannya dengan tema. Sebab, kamu hanya perlu membuat kata-kata yang tidak mempunyai makna. Berbeda dengan isi, yang mana wajib berhubungan dengan topik. Cara untuk membuat sampiran tidak terlalu sulit, yakni dengan hanya melihat akhiran dari setiap baris dari isi pantun. Lalu cari satu kata yang bunyi akhirannya sama. Setelah itu, kamu bisa memikirkan kalimat yang sesuai.

Buku Pintar Majas Pantun dan Puisi

Contoh Pantun Perkenalan

Setelah memahami beberapa informasi mengenai pantun perkenalan di atas, ada pula informasi yang tidak kalah penting untuk kamu pahami. Kali ini, terdapat beberapa jenis informasi yang dapat kamu manfaatkan dengan baik terlebih jika ingin menjadikan jenis pantun ini sebagai pilihan yang tepat. Jenis pantun perkenalan dapat dipilih untuk menciptakan suasana berbeda. Untuk menjadikan pantun ini sebagai media yang tepat untuk menyampaikan perkenalan, maka alangkah lebih baik pilih jenis pantun dengan pemilihan kata yang tepat. Pemilihan kata tersebut secara sederhana dapat disesuaikan dengan tipe situasi seperti apa yang akan dihadapi oleh setiap orang. Berikut ini adalah beberapa jenis pantun perkenalan yang dapat kamu gunakan:

1. Pantun Perkenalan dengan Teman Baru

Ada tahta, ada harta
Dicari demi kebahagiaan
Saya Laeli dari Surabaya
Datang kemari untuk berteman

Setiap orang yang baru pertama kali bertemu, tentu interaksi pertama yang akan dilakukan adalah berkenalan. Saat sudah saling kenal, maka akan menjadi teman atau sahabat dalam suka maupun duka. Berkenalan dengan menggunakan sebuah pantun adalah cara yang cukup unik dan menarik. Sesuai dengan pepatah kata “tak kenal maka tak sayang”.

2. Pantun Perkenalan Nama

Berikut ini adalah beberapa pantun perkenalan nama yang bisa kamu gunakan untuk memperkenalkan diri ataupun untuk menanyakannya kepada orang lain saat ingin mengajak berkenalan.

Anak kecil berlari-lari
Sambil tertawa bahagia
Salam manis dari saya Aini
Putri bungsu yang baik hatinya

Beli duku di Pasar Minggu
Beli tahu di Tanah Abang
Apakah boleh saya tahu
Siapakah namamu Bang?

Ada sepeda yang antik
Dibelikan ayah Heru
Hai kamu gadis yang cantik
Boleh ku tahu siapa namamu?

Pergi berlibur ke Kota Kediri
Dengan keluarga naik kereta
Nama saya Wulandari
Gadis cantik asal Surakarta

Pergi jalan-jalan entah kemana
Membawa uang hanya sepuluh ribu
Hai teman-teman semua
Saya Gilang mahasiswa baru

Ada bola dibawa Kang Akum
Lalu dilempar ke arah Mumu
Hai Assalamu’alaikum
Siapakah namamu?

Di meja ada markisa
Sudah habis dimakan Opa
Perkenalkan nama saya Annisa
Siswa baru jurusan IPA

Buah pepaya buah nanas
Masih segar enak rasanya
Nama saya Indah Syahnas
Salam kenal kalian semua

Pergi ke pantai cari kerang
Kembali juga dapat ikan
Saya Rani dari sekolah seberang
Pindah kemari bertemu kalian

Di dapur ibu masak sawi
Dicampur mie nikmat rasanya
Nama saya Ratna Dewi
Asal saya dari Surabaya

3. Pantun Perkenalan Kelompok

Di bawah ini adalah beberapa contoh pantun perkenalan kelompok yang bisa dipakai sebagai yel-yel, hiburan, atau hanya sekadar untuk memperkenalkan nama kelompok di sekolah ataupun lembaga bimbingan belajar, antara lain:

Jalan-jalan ke Yogyakarta
Kesana naik kereta api
Kini sudah giliran kita
Kelompok dua yang keren sekali

Kakak sakit ingin sembuh
Sudah rindu pergi jalan dan jajan
Inilah kami kelompok tujuh
Baik hati, sopan dan calon kekasih idaman

Di Bandung masih belum hujan
Di Jakarta hujannya lebat
Kami adalah kelompok delapan
Satu-satunya kelompok yang hebat

Adik nangis karena terbentur
Sudah diam dihibur mama
Perkenalkan saya Guntur
Perwakilan kelompok lima

Buah jeruk buah delima
Gratis dikasih bu Sari
Kami kelompok pertama
Siap maju untuk presentasi

Orang ini namanya Tomi
Orang Jepang jalan amat cepat
Kalau ingin tahu nama kelompok ini
Regu hebat dari kelompok empat

Bercanda jangan dibawa ke hati
Nanti bisa sedih keterusan
Sebaiknya beri jalan saja untuk kelompok ini
Sebab kelompok lima hendak maju ke depan

Ada tupai lompat-lompat
Ada burung masih di sarang
Disini kami berempat
Kelompok tiga siap menang

Pergi warung ingin beli mie
Mie instan rasa rendang
Jangan coba remehkan kami
Regu enam yang pasti menang

Beli celana ternyata sangat kebesaran
Bawa ke penjahit agar dikecilkan
Hei, jangan bangga dulu kawan
Kelompok dua siap mengalahkan

Cakap Peribahasa Puisi Baru & Pantun

4. Pantun Mengajak Berkenalan

Ada juga contoh pantun yang dapat dimasukkan ke dalam pertimbangan untuk nantinya kamu coba secara langsung. Hanya saja, jenis pantun yang satu ini sejak awal disediakan untuk beberapa orang yang ingin mengajak berkenalan.

Telah datang tamu
Dengan membawa pena
Halo untuk kamu
Kenalkan saya Ana

Beli durian belah
Yang jual namanya Akmal
Jangan sampai berpisah
Tanpa saling mengenal

Jauh-jauh cari taksi
Demi dapat kenyamanan
Demi teman dan koneksi
Mari langsung berkenalan

Kura-kura berjalan pelan
Hampir saja ingin ku tarik
Marilah kita berkenalan
Menambah teman sangatlah baik

Adik nangis minta mainan
Melihat iklan mainannya di koran
Apakah gerangan keberatan
Bila kiranya diajak berkenalan?

Kalau berbisnis jangan ragu-ragu
Agar dapat sukses kemudian
Mohon maaf bila mengganggu
Diri ini hanya ingin mengajak kenalan

Pergi ke luar mencari cemilan
Pulang bawa cemilan roti
Alangkah bahagia dapat kenalan
Dengan kamu yang baik hati

Hari raya punya baju baru
Hati saya senang sekali
Maukah berkenalan denganku
Pria yang sederhana ini

Berangkat sekolah bawa bekal
Jangan enggan berbagi dengan kawan
Tidak ada salahnya saling kenal
Jalin persaudaraan sesama teman

Putih-putih santan kental
Merah merona pipi gadis ayu
Bolehkah kiranya saling mengenal?
Untung-untung dapat nomor teleponmu

Ulang tahun maunya kue tart
Tidak lupa minta didoakan
Boleh minta waktu sebentar?
Ngobrol tipis sambil kenalan

Dia pria sangat gagah
Punya istri cantik rupawan
Hai kamu yang berbaju merah
Bolehkah kita berkenalan

Bunga mawar mulai merekah
Kusirami terus sejak awal
Sebelum nanti kita berpisah
Izinkan kita saling mengenal

5. Pantun Perkenalan yang Lucu dan Unik

Berkenalan dengan seseorang juga bisa dilakukan dengan cara yang lucu dan unik. Supaya percakapan bisa terkesan lebih lucu dan menyenangkan, kamu bisa menggunakan beberapa contoh pantun perkenalan di bawah ini.

Buat teh tapi gulanya habis
Beli ke toko uangnya hilang
Dari sekian banyaknya gadis
Lebih tertarik mengenalmu seorang

Pergi ke pantai naik vespa
Lewat selatan jalannya buntu
Setiap hari ingin menyapa
Tapi sebutkan dulu siapa namamu

Menyebrang naik sampan
Agar tak jatuh ku pegang tanganmu
Berilah satu kesempatan
Untukku yang ingin mengenalmu

Kaulah yang ku dambakan
Gadis manis semanis madu
Maksud hati ingin berkenalan
Bukanlah ingin merayu

Ada babi dimakan haram
Ada rendang dimakan halal
Janganlah kau salah paham
Bukan macam-macam hanya ingin kenal

Peristiwa kelam coba lupakan
Peristiwa senang yang dikenang
Seperti yang pepatah katakan
Tak kenal maka tak sayang

Malam-malam melihat bintang
Ingin memegang namun tak sampai
Bisakah berkenalan dengan abang
Siapa tahu nanti jadi mempelai

Ada anak jualan koran
Membeli satu harganya tiga ribu
Janganlah enggan berkenalan
Siapa tahu nanti naksir padaku

Di pantai ada pria tampan
Ku dekati agar dapat dirayu
Maksud hati ingin berkenalan
Apalah daya saya pemalu

Bila pergi tinggalkan pesan
Bila datang bawa sesuatu
Izinkan saya berkenalan
Siapa tahu berjodoh denganmu

Demikian penjelasan mengenai pantun perkenalan dan beberapa contohnya yang bisa dijadikan referensi untuk perkenalan dengan orang lain. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Yufi

Saya biasa dipanggil dengan nama Yufi. Saya senang menulis karena dengan menulis wawasan saya bertambah. Tema yang saya sukai adalah tema agama Islam dan juga quotes.

Kontak media sosial Instagram saya Yufi Cantika