in

Contoh Novel untuk Tugas Sekolah

Contoh Novel untuk Tugas Sekolah – Ketika masa sekolah, kerap kali kita diberi tugas untuk membaca dan kemudian membuat resensi sebuah novel. Contohnya untuk tugas pelajaran Bahasa Indonesia. Namun, untuk kita tidak memiliki waktu yang banyak untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Sedangkan, untuk menyelesaikan membaca novel dari awal hingga akhir, memerlukan waktu yang cukup panjang dan bergantung kepada kompleksitas cerita dalam novel tersebut dan jumlah halaman yang dimiliki novel itu. Belum lagi waktu untuk merangkumnya, dan mencari kelebihan serta kekurangannya.

Maka itu, untuk tugas sekolah seperti ini, sebaiknya kita mencari novel yang cukup ringan untuk dibaca, serta tidak memiliki jumlah halaman yang tidak terlalu banyak, atau biasa disebut sebagai novel singkat. Di bawah ini merupakan uraian beberapa contoh novel singkat yang cocok dibaca untuk mengerjakan tugas sekolah.

1. Koala Kumal

tombol beli buku

Selain main perang-perangan, gue, Dodo, dan Bahri juga suka berjemur di atas mobil tua warna merah yang sering parkir di pinggir sungai samping kompleks. Formasinya tidak pernah berubah: Bahri dan gue tiduran di atap mobil, sedangkan Dodo, seperti biasa, agak tersingkir, di atas bagasi mobil.

Kadang kami tiduran selama setengah jam. Kadang, kalau cuaca lagi sangat terik, bisa sampai dua jam. Kalau cuacanya lagi sejuk dan tidak terlalu terik, kami biasanya sama-sama menatap ke arah matahari, memandangi langit sambil tiduran.

Kalau lagi begini, Bahri menaruh kedua tangannya di belakang kepala, sambil tiduran dia berkata,

“Rasanya kayak di Miami, ya?”

“Iya,” jawab gue.

“Iya,” jawab Dodo.

Padahal kami bertiga gak ada yang pernah ke Miami.

Koala Kumal merupakan novel karya Raditya Dika, seorang penulis, sutradara, aktor, komedian, dan YouTuber populer asal Jakarta, Indonesia. Tentunya kalian sudah tidak asing dengan sosoknya dan juga karyanya.

Cerita dalam Novel Koala Kumal diambil dari kisah nyata pengalaman Raditya Dika, dari mulai jurit malam saat ia duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama yang berakhir dengan kacau, hingga bertemu seorang perempuan yang mahir bermain tombak.

Novel Koala Kumal termasuk dalam kategori novel singkat, dengan jumlah halamannya yang hanya180 halaman saja. Ditambah, novel ini menggunakan gaya bahasa sehari-hari dan bahasa gaul, yang disertai istilah-istilah kekinian anak muda, sehingga menjadikan novel ini mudah dipahami oleh para remaja.

Novel Koala Kumal ini termasuk ke dalam genre novel romance yang menyelipkan sejumlah peristiwa lucu yang mengundang tawa. Maka itu, cerita dalam novel ini juga dinilai relevan dengan kehidupan remaja yang dipenuhi kisah romansa, dan sesuai dengan kepribadian remaja yang menyukai komedi. Tak heran jika novel Koala Kumal ini berhasil menjadi novel yang populer.

Kepopuleran Novel Koala Kumal yang sangat digandrungi para remaja kemudian membawa cerita novel ini akhirnya diangkat menjadi sebuah film layar lebar oleh Raditya Dika sendiri, sebagai penulis novel tersebut, sutradara, dan sekaligus aktor di film tersebut. Film Koala Kumal berhasil tayang pada tahun 2016.

Novel Koala Kumal ini pastinya cocok untuk dibaca sebagai referensi tugas sekolah, karena sangat ringan untuk dibaca dan mudah untuk dipahami. Yuk miliki dan baca Novel Koala Kumal segera!

2. Kita Pergi Hari Ini – Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

Kita Pergi Hari Ini

tombol beli buku

Mi dan Ma dan Mo tidak pernah melihat kucing seperti Nona Gigi. Bukan karena mereka tidak pernah bertemu seekor kucing, tentu saja mereka pernah melihat kucing biasa. Namun, Nona Gigi adalah Kucing Luar Biasa. Kucing Luar Biasa merupakan kucing yang berbeda dengan kucing biasa yang kita ketahui.

Kucing Luar Biasa memiliki kemampuan untuk hidup selayaknya seorang manusia. Kucing Luar Biasa dapat melakukan aktivitas sehari-hari manusia, seperti berjalan dengan dua kaki, memiliki dua tangan, bisa berbicara, bisa bekerja, dan lain sebagainya. Luar biasa bukan?

Nona Gigi bukan satu-satunya Kucing Luar Biasa, melainkan ada sejumlah besar Kucing Luar Biasa seperti Nona Gigi, di tempat asalnya, yaitu Kota Terapung Kucing Luar Biasa.

Nona Gigi hadir di Kota Suara, karena Nona Gigi merupakan cara lain yang dinantikan oleh Bapak dan Ibu Mo untuk dapat menjaga Mi, Ma, dan Mo ketika waktu bekerja mereka tiba. Memang seluruh orang tua di Kota Suara selalu sibuk bekerja untuk mencari uang, karena tingkat ekonomi Kota Suara sangat rendah.

Sebab di Kota Suara, semua uang yang tersedia di dasar laut sudah diambil oleh para perompak, uang di bawah tanah diambil oleh para perampok, dan uang di ranting pohon diambil oleh pengusaha kayu yang jahat. Nona Gigi menjadi salah satu pilihan terbaik bagi orang tua Mi, Ma, dan Mo, karena jasa Nona Gigi sebagai pengurus anak tidak perlu dibayar atau gratis.

Nona Gigi kemudian mengajak Mi dan Ma dan Mo dan Fifi dan Fufu—anak kembar tetangga untuk bertualang mengunjungi tempat-tempat indah. Mereka berpetualang dengan naik kereta air, bertemu Kolonel Jagung, bermain di Sirkus Sendu, dan melihat betapa megahnya Kota Terapung Kucing Luar Biasa.

Kita pergi hari ini. Ke berbagai tempat yang indah, yang ada dalam mimpi anak baik.

Novel Kita Pergi Hari Ini merupakan karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie atau yang akrab dipanggil dengan sebutan Zesy. Zest adalah novelis wanita berusia 28 tahun yang kualitas karyanya sudah tidak usah diragukan lagi. Meskipun ia masih muda, Zesy telah menekuni karir kepenulisan selama 10 tahun lamanya.

Seperti novel karya Zesy yang lainnya, Novel Kita Pergi Hari Ini juga berhasil meraih kesuksesan dengan bukti keberhasilan novel ini untuk terjual habis selama kurun waktu kurang dari 24 jam, meskipun pada saat itu novel ini belum resmi dirilis dan baru pre-order.

Novel Kita Pergi Hari Ini diterbitkan pada tanggal 21 Oktober 2021. Novel ini termasuk ke dalam kategori novel singkat dengan total hanya 192 halaman saja. Dengan genre fantasi dan kisah absurd yang tidak terduga, menjadikan novel ini pastinya seru untuk dibaca dan proses membacanya dapat dituntaskan dengan cepat.

Bagi kalian yang membutuhkan referensi novel singkat untuk tugas sekolah, novel Kita Pergi Hari Ini sangat cocok untuk kalian baca. Yuk dapatkan sekarang!

3. Dollagoot: Toko Penjual Mimpi – Lee Mi Ye

Dollagoot Toko Penjual Mimpi

tombol beli buku

Novel Dollagoot: Toko Penjual Mimpi merupakan novel karya penulis asal Korea Selatan, Lee Mi Ye. Novel ini termasuk ke dalam kategori novel singkat dengan jumlah 290 halaman saja.

Novel Dollagoot: Toko Penjual Mimpi menceritakan tentang sebuah toko yang menjual mimpi. Toko ini berada di desa mimpi hanya dapat dikunjungi ketika anda tidur. Toko Penjual Mimpi ini selalu ramai pengunjung dan menjadi toko yang paling populer di desa mimpi.

Para tamu toko ini juga bukan hanya manusia saja, melainkan juga binatang. Toko ini berbentuk bangunan gedung 5 lantai. Di setiap lantainya, toko ini membagi persediaan mimpi yang memiliki tema berbeda. Kisah novel ini fokus kepada pengalaman sehari-hari para pegawai yang bekerja di toko itu.

Novel Dollagoot: Toko Penjual Mimpi ini akan mengisahkan tentang kegiatan sehari-hari para pegawai Toko Penjual Mimpi itu ketika bekerja menjalankan tugasnya. Ada pula cerita menarik dalam proses pekerjaan mereka, seperti tentang produksi mimpi, dan acara penghargaan untuk mimpi-mimpi terbaik.

Novel Dollagoot: Toko Penjual Mimpi ini memang merupakan dongeng fantasi, tetapi bukan terbatas pada cerita fiksi saja saja. Lee Mi Ye menyelipkan makna yang mendalam tentang kehidupan dalam balutan dongeng ini. Dengan keseruan dan makna cerita yang mendalam, novel ini bisa menjadi salah satu contoh novel referensi untuk tugas sekolah.

4. Haru No Sora – Laili Muttamimah

Haru No Sora

tombol beli buku

“Aku harap rasa sakitku dapat membeku, karena musim dingin” ucapku pelan.

Dengan asap putih yang keluar dari mulutnya, lelaki itu menjawab, “Begitu?”

“Benarkah kau berpikir bahwa jika rasa sakitmu membeku, itu berarti kau tidak akan merasa sakit lagi?”

“Mungkin begitu.”

“Kurasa, kau tidak akan bisa membuat rasa sakitmu membeku.”

“Kenapa?”

“Karena ketika musim semi tiba, rasa sakitmu akan segera mencair.”

Setiap tahun, Miyazaki Sora selalu menanti kedatangan musim dingin. Langit menjatuhkan titik-titik putih menjadi tanda bahwa tiba waktunya untuk bermain dengan ayahnya di halaman. Sementara, ibu akan memasak dan menyiapkan hidangan lezat di meja makan.

Di balik tumpukan salju yang berbentuk gunung di halaman, Sora menemukan kehangatan kasih sayang kedua orang tuanya. Namun, itu dulu, sebelum suatu rahasia akhirnya terbongkar di musim dingin tiga tahun lalu dan merenggut nyawa ibunya. Sebelum perhatian ayahnya teralihkan oleh judi dan alkohol. Sebelum Sora memilih melanjutkan hidupnya dengan berjalan di jalan yang salah.

Haru no Sora ditulis oleh Laili Muttamimah dan diterbitkan pada tahun 2015. Novel ini menjadi pemenang kedua lomba YARN yang disponsori oleh penerbit Ice Cube. Novel ini memiliki total 295 halaman.

Dalam Novel Haru No Sora ini, dapat ditemukan berbagai unsur khas novel remaja, seperti persahabatan, percintaan, dan rasa bersaing. Penulis juga menyajikan alur yang indah dan dapat menggiring pembaca untuk menyusuri peristiwa yang menghancurkan kehidupan Sora.

Novel Haru No Sora ini cocok untuk menjadi salah satu novel referensi untuk tugas sekolah.

5. Pudarnya Pesona Cleopatra – Habiburrahman El Shirazy

Pudarnya Pesona Cleopatra

tombol beli buku

Novel Pudarnya Pesona Cleopatra ditulis oleh Habiburrahman El Shirazy, Dai, penceramah, novelis, sastrawan, dan sutradara ternama Indonesia. Habiburrahman El Shirazy dikenal karena seluruh karyanya yang luar biasa. Di antaranya Ayat-Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih yang pastinya kalian sudah kenali judulnya dari film yang diadaptasi dari novelnya.

Novel Pudarnya Pesona Cleopatra tidak kalah bagusnya dengan karya Habiburrahman El Shirazy yang lain. Novel ini juga mengangkat topik tentang psikologi Islam dan pembangun jiwa. Novel ini termasuk ke dalam kategori novel yang singkat, dengan total hanya 120 halaman saja.

Dalam Novel Pudarnya Pesona Cleopatra terdapat dua cerita yang berbeda. Cerita pertama berjudul “Pudarnya Pesona Cleopatra” yang dijadikan judul novel ini.

Cerita pertama mengisahkan tentang seorang lelaki yang dijodohkan dengan anak teman karib ibunya. Nama perempuan yang dijodohkan dengannya adalah Raihanna. Raihanna dua tahun lebih tua darinya, tapi ia memiliki wajah awet muda yang terlihat enam tahun lebih muda darinya.

Raihanna merupakan gadis pandai dan taat agama, dibuktikan dengan keberhasilannya menjadi lulusan terbaik di kampusnya dan Raihanna hafal Al-Quran. Di samping kelebihannya tersebut, entah mengapa dia tetap tidak bisa mencintai Raihanna. Mungkin disebabkan oleh rasa suka dirinya kepada seorang gadis dari Mesir yang cantiknya bagaikan Ratu Cleopatra.

Namun, akhirnya ia menikah dengan Raihanna, demi menuruti keinginan ibunya. Waktu terus bergulir, beberapa bulan telah berlalu, Raihanna selalu bersikap dewasa dan berbakti kepada suaminya, tetapi ternyata itu belum mampu untuk menyisihkan tempat di hati suaminya yang masih mengidolakan gadis Mesir yang disebut sebagai Cleopatra itu..

Setelah usia pernikahan mencapai satu tahun, Raihanna akhirnya hamil. Oleh sebab usia kehamilannya sudah memasuki bulan keenam, Raihanna meminta izin untuk tinggal bersama kedua orang tuanya hingga waktu persalinan tiba.

Selama Raihanna tinggal di rumah orang tuanya, ia merasa bebas. Ia juga tetap mengidolakan dan berharap bisa menikah dengan gadis Mesir yang cantik seperti Cleopatra. Pada suatu ketika saat ia sedang dalam perjalan dinas, seorang rekannya, Pak Agung bercerita tentang kisah pernikahannya yang pahit dengan gadis Mesir.

Mendengar cerita ini menjadikan pesona gadis Mesir yang selalu membayanginya pudar. Ia kemudian teringat Raihanna yang ingin bertemu dengannya dan meminta tolong untuk mencairkan tabungan biaya persalianan yang dikumpulkan Raihanna.

Ia kemudian mencari tabungan Raihanna di kontrakan, dan menemukan puluhan kertas berwarna merah jambu. Puluhan kertas itu berisi curahan batin Raihanna yang selama ini ia zhalimi.

Seketika setelah membaca semua surat itu, pesona Cleopatra memudar dan digantikan oleh cahaya cinta Raihanna. Ia ingin memperbaiki hubungannya dengan Raihanna segera. Namun, semuanya nampak sudah terlambat. Raihanna dan buah hatinya meninggal akibat pendarahan.

Cerita kedua berjudul Setetes Embun Cinta Niyala. Cerita kedua ini mengisahkan tentang pengalaman seorang gadis yang masih kuliah di jurusan kedokteran, yang dikejar-kejar untuk melunasi hutang ayahnya.

Novel Pudarnya Pesona Cleopatra dengan kedua cerita singkatnya memiliki makna yang sangat mendalam. Selain karena singkatnya cerita novel ini, penulis juga menggunakan bahasa yang sederhana dan indah, sehingga mudah dipahami. Jadi, novel ini sangat cocok menjadi referensi untuk tugas sekolah kalian.

6. Tikus dan Manusia (Of Mice and Men) – John Steinbeck

Tikus dan Manusia (Of Mice and Men)

tombol beli buku

Suara George menjadi lebih dalam. Ia mengulangi kata-katanya dengan berirama, seolah ia sering mengucapkannya. Suara George menjadi lebih dalam. Ia mengulangi OF MICE AND MEN mengucapkan kata-kata ini.

“Orang-orang seperti kita, yang bekerja di peternakan, merupakan sekumpulan orang paling kesepian di dunia. Mereka tidak punya keluarga. Mereka tidak cocok di tempat mana pun. Mereka bekerja keras di peternakan, tapi setelah itu pergi ke kota untuk menghabiskan uang hasil kerja keras tadi. Lalu, setelahnya mereka kerja keras banting tulang lagi di peternakan lain. Mereka tidak punya cita-cita.”

Mereka pasangan yang tidak lazim. George bertubuh kecil, dengan wajah yang muram Sedangkan pasangannya, Lennie bertubuh besar dengan pikiran seperti anak kecil. Mereka sangat menyayangi bagi satu sama lain, mereka saling membantu dan menjaga di tengah kehidupan yang berat. Mereka memiliki mimpi untuk membeli sepetak tanah dan menanaminya, dan membangun sebuah pondok kecil. Mereka ingin menjadi tuan atas diri sendiri. Tetapi nasib berkata lain.

Tikus dan Manusia (Of Mice and Men) merupakan novel singkat dengan total 147 halaman. Novel ini mengandung berbagai filosofi dan pelajaran hidup di dalamnya, yang menjadikan novel ini sebagai bacaan yang singkat tapi bermakna, dan cocok jika ingin dijadikan sebagai referensi tugas sekolah.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Written by Gabriel