in

Cara Mudah Memilih Semangka yang Manis

Cara Mudah Memilih Semangka yang Manis – Di hari yang panas dan cahaya matahari yang terik, buah semangka seringkali menjadi salah satu buah tropis pilihan yang sangat diminati masyarakat. Dengan kandungan airnya yang tinggi di dalamnya mencapai 91 persen, buah yang satu ini dapat membantu menghilangkan rasa haus dahaga yang dapat membuat tenggorokan menjadi kering.

Ternyata, untuk mendapatkan rasa buah semangka yang manis sehingga dapat dinikmati sepenuhnya bukanlah hal yang sulit. Grameds dapat melihat dari beberapa ciri fisik yang dapat menjadi indikasi dari tingkat kemanisan buah semangka.

Untuk mempermudah kamu, berikut ini beberapa ciri dan cara mudah yang dapat kamu terapkan dalam memilih buah semangka agar mendapatkan buah yang manis serta matang dengan sempurna. Simak informasi berikut.

Beberapa Cara Mudah untuk Memilih Semangka yang Manis

1. Memperhatikan garis yang ada pada permukaan kulit

Memperhatikan garis yang ada pada permukaan kulit

Cara pertama untuk memilih buah semangka adalah dengan memperhatikan garis yang ada pada permukaan kulitnya. Hal ini dikarenakan, tingkat kematangan dari buah semangka dapat dilihat melalui warna kulit serta garis yang menghiasi seluruh permukaan kulitnya.

Semakin matang semangka tersebut, maka warna hijau yang ada pada permukaan kulitnya juga akan semakin matang. Begitu pula dengan warna garis yang ada di permukaan kulitnya, yang akan berubah semakin matang seiring bertambahnya usia semangka.

Oleh sebab itu, untuk mendapatkan buah semangka yang matang dengan sempurna, Grameds dapat memilih buah semangka dengan warna kulit hijau tua dengan garis motif yang sangat terlihat.

2. Mengamati noda kecoklatan yang ada pada permukaan kulit

Mengamati noda kecoklatan yang ada pada permukaan kulit

Cara kedua  untuk memilih buah semangka adalah dengan mengamati noda kecoklatan atau kekuningan yang ada pada permukaan kulitnya. Noda ini sendiri pada umumnya dapat ditemukan di salah satu sisi buahnya. Bercak atau noda yang ada pada permukaan ini sendiri juga dapat disebut field spot.

Pada umumnya, noda yang memiliki bentuk bundar ini sendiri berada di sisi bawah semangka, hal ini disebabkan buah semangka yang ditumpuk pada tempat penyimpanan.

Pada buah semangka yang sudah matang dengan sempurna, pada umumnya noda yang ada pada buah semangka akan berwarna kekuningan hingga kecoklatan. Namun, jika buah semangka tersebut belum benar-benar matang, maka noda yang ada pada sisi buahnya akan berwarna kuning ataupun putih menguning.

3. Memperhatikan bagian batang dari buah semangka

Memperhatikan bagian batang dari buah semangka

Cara ketiga untuk memilih buah semangka adalah memperhatikan bagian batang dari buah semangka. Buah semangka pada umumnya akan dipanen atau dipetik dengan menyisakan sedikit bagian batang yang masih menempel pada bagian permukaannya.

Saat buah semangka tersebut sudah matang dengan sempurna, pada umumnya bagian batangnya akan berubah menjadi warna kecoklatan muda sampai kecoklatan tua.

Namun, jika buah semangka tersebut masih dalam kondisi belum matang, maka batang semangka nya akan berwarna putih hingga kehijau-hijauan.

4. Mengetuk serta mendengarkan suaranya

Mengetuk serta mendengarkan suaranya

Cara keempat untuk memilih buah semangka adalah mengetuk serta mendengarkan suara yang keluar dari ketukan tersebut.

Jika kamu mengetuk dan terdengar suara yang penuh serta berat, maka dapat disimpulkan bahwa buah semangka tersebut sudah matang sempurna dan suara yang dihasilkan tersebut disebabkan daging buah semangka yang sudah mengandung banyak air.

Namun, begitu pula sebaliknya, jika ketika kamu mengetuk dan terdengar suara yang nyaring serta buahnya yang bergetar saat diketuk tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa buah semangka tersebut belum matang karena kandungan air yang masih sedikit.

5. Memperhatikan berat dari buah semangka

Memperhatikan berat dari buah semangka

Cara kelima untuk memilih buah semangka adalah memperhatikan berat dari buah semangkanya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah semangka yang sudah matang dengan sempurna mengandung air yang banyak, sehingga akan menjadi lebih berat.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Oleh sebab itu, bagi Grameds yang ingin memilih buah semangka akan lebih baik jika memilih buah yang lebih berat dibandingkan dengan semangka lainnya.

6. Memperhatikan warna dari daging buah semangka

Memperhatikan warna dari daging buah semangka

Cara keenam untuk memilih buah semangka adalah memperhatikan warna dari daging buah semangka tersebut. Hal ini dapat diterapkan jika kamu ingin membeli buah semangka yang sudah dipotong sebelumnya.

Buah semangka yang sudah matang dengan sempurna akan memiliki warna daging, yaitu merah yang juga terlihat segar. Selain itu, kamu juga dapat menekan permukaan daging semangka tersebut secara perlahan menggunakan jari telunjuk.

Jika bagian buah yang kamu tekan tersebut mengeluarkan air, maka buah semangka tersebut masih segar serta renyah.

7. Menambahkan garam pada permukaan daging buah semangka

menambahkan garam pada permukaan daging buah semangka

Cara ketujuh untuk memilih buah semangka adalah menambahkan garam pada permukaan daging buah semangka. Tips ini sendiri dapat kamu terapkan, jika sudah terlanjur membeli buah semangka yang tidak terlalu manis.

Dengan menaburkan sejumput garam pada permukaan buah semangka, dipercaya juga dapat mengeluarkan rasa manis dari buah tersebut. Untuk garam yang digunakan sendiri adalah garam dapur yang memiliki butiran yang sedikit kasar agar rasa asin dari garam tersebut tidak mudah menyerap ke dalam buah semangka.

8. Memperhatikan perbedaan antara semangka jantan dan betina

Cara kedelapan untuk memilih buah semangka adalah dengan memperhatikan perbedaan antara semangka jantan dan betina. Cara ini dapat kamu terapkan ketika ingin memilih buah semangka yang manis dengan membedakan antara semangka jantan dengan betina.

Cara ini sendiri masih belum diketahui oleh banyak orang, padahal banyak dari para petani telah menerapkan cara ini untuk memilih semangka yang tepat dengan cara membedakan jenis kelaminnya.

Contohnya sendiri, buah semangka jantan pada umumnya memiliki bentuk yang lebih besar serta memanjang dan memiliki kandungan air yang lebih besar. Sedangkan, buah semangka betina pada umumnya memiliki bentuk yang lebih bulat serta memiliki rasa yang sangat manis.

Manfaat dari Buah Semangka untuk Tubuh Manusia

Selain memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, buah semangka juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan karena memiliki segudang nutrisi, seperti vitamin A, B6, C antioksidan, serta asam amino. Berikut ini beberapa manfaat dari buah semangka untuk tubuh manusia.

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat dari buah semangka yang pertama adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan antioksidan yang ada di dalam buah semangka dan disebut sebagai glutathione.

Bukan hanya itu, buah semangka juga dapat membantu dalam meredakan peradangan serta kerusakan oksidatif. Hal tersebut karena buah semangka kaya akan antioksidan serta anti inflamasi, likopen, serta vitamin C.

Kandungan antioksidan serta likopen yang ada pada buah semangka juga dapat memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan otak.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat dari buah semangka yang kedua adalah menjaga kesehatan organ jantung. Dimana hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Purdue University, yang mengungkapkan bahwa dengan tingginya kadar likopen yang ada pada buah semangka memiliki manfaat yang sangat efektif dalam melindungi sel dari kerusakan.

Selain itu, senyawa likopen juga memiliki manfaat dalam membantu menurunkan resiko seseorang terkena penyakit jantung.

Pada sebuah studi yang diterbitkan American Journal of Hypertension juga ditemukan bahwa ekstrak dari buah semangka juga dapat membantu dalam mengurangi hipertensi serta menurunkan tekanan darah yang ada pada orang dewasa yang disebabkan oleh obesitas.

3. Memiliki sifat anti inflamasi

Manfaat dari buah semangka yang ketiga adalah memiliki sifat anti inflamasi karena adanya senyawa likopen di dalam kandungan buah ini. Senyawa likopen sendiri dapat bermanfaat sebagai penghambat proses inflamasi serta juga dapat memiliki fungsi antioksidan dalam menetralisir radikal bebas.

Pada tahun 2006, sebuah artikel yang dikeluarkan oleh jurnal medis Shock juga mengungkapkan, bahwa buah semangka juga memiliki kandungan kolin yang juga dapat membantu dalam menjaga peradangan kronis.

Dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki sifat anti inflamasi juga dapat membantu dalam menjaga dan mempertahankan kekebalan tubuh pada seseorang.

4. Mencegah penyakit kanker

Manfaat dari buah semangka yang keempat adalah mencegah penyakit kanker karena kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Hal ini juga diungkapkan oleh National Cancer Institute, dimana kandungan likopen yang ada pada buah semangka juga ada kaitannya dengan pengurangan proliferasi sel kanker prostat.

5. Menurunkan terkena resiko penyakit

Manfaat dari buah semangka yang kelima adalah menurunkan resiko terkena berbagai penyakit. Manfaat yang satu ini sendiri dapat kamu dapatkan jika mengkonsumsi buah semangka sewajarnya. Hal ini dikarenakan jika kamu mengkonsumsi dengan batasan yang dianjurkan, maka buah semangka tidak akan menimbulkan efek samping apapun.

Namun, jika Grameds mengkonsumsi terlalu banyak buah semangka setiap harinya atau diluar batasan wajar, maka terdapat kemungkinan pula kamu akan mengalami berbagai masalah kesehatan yang disebabkan mengkonsumsi likopen maupun kalium yang terlalu berlebihan.

Berdasarkan American Cancer Society, dengan mengkonsumsi lebih dari 30 miligram likopen setiap harinya memiliki potensi untuk menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan pencernaan, kembung, mual, hingga diare.

Selain itu, bagi orang-orang dengan kondisi hiperkalemia serius atau yang memiliki terlalu banyak kalium di dalam darah juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah semangka lebih dari satu cangkir atau yang mengandung sekitar 140 miligram kalsium setiap harinya.

Hal ini dikarenakan, orang dengan kondisi hiperkalemia yang mengkonsumsi buah semangka yang berlebih dapat menyebabkan detak jantung yang menjadi tidak teratur serta masalah kardiovaskular lainnya sampai kontrol akan otot yang menjadi berkurang.

6. Mengurangi rasa nyeri otot

Manfaat dari buah semangka yang keenam adalah mengurangi rasa nyeri pada bagian otot. Manfaat ini sendiri dibuktikan dengan adanya studi yang dilakukan pada tahun 2013 yang dikeluarkan oleh Journal of Agriculture and Food Chemistry yang mengatakan bahwa dengan meminum jus semangka sebelum latihan untuk para atlet dapat membantu dalam mengurangi rasa nyeri otot serta detak jantung di hari berikutnya.

Manfaat dari buah semangka yang ini sendiri dapat dikaitkan dengan kandungan asam amino yang ada pada buah semangka, yang disebut sebagai citrulline serta arginine yang juga dapat membantu dalam meningkatkan sirkulasi.

Selain itu, pada studi yang dikeluarkan pada tahun 2015 oleh Journal of Applied Physiology juga menunjukkan kandungan citrulline yang ada pada buah semangka juga dapat meningkatkan kinerja atletik.

Hal ini dibuktikan dengan suplemen citrulline yang diberikan kepada partisipan studi dan akan diamati untuk melihat apakah adanya peningkatan kinerja dengan produksi daya yang lebih besar pada latihan yang memiliki intensitas tinggi, seperti halnya mengendarai sepeda atau berlari.

7. Mencukupi kebutuhan elektrolit

Manfaat dari buah semangka yang ketujuh adalah mencukupi kebutuhan elektrolit. Dimana, hal ini menjadi penting karena memulihkan keseimbangan cairan yang ada pada tubuh sangatlah penting untuk menjaga sistem tubuh.

Dalam mencukupi hal tersebut sendiri, kadar air tinggi yang ada pada buah semangka sendiri dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Buah semangka sendiri juga dapat dimanfaatkan sebagai penghilang rasa haus secara alami yang dapat digunakan sebagai alternatif pengganti cairan khususnya setelah berolahraga.

Selain itu, buah semangka juga memiliki kandungan elektrolit yang juga penting dalam menjaga fungsi saraf serta kesehatan organ jantung.

Manfaat dari Biji Semangka untuk Tubuh Manusia

Selain daging buahnya yang memiliki manfaat, ternyata biji dari buah semangka juga memiliki banyak manfaat, sebagai berikut.

1. Membantu dalam menurunkan berat badan

Manfaat dari biji semangka yang pertama adalah membantu dalam menurunkan berat badan. Dimana ? cangkir dari biji semangka yang sudah dikeringkan mengandung 8 gram protein, 3 gram karbohidrat bersih, 13 gram lemak, serta 150 kalori.

Protein yang ada di dalam biji semangka juga dapat membantu dalam menurunkan berat badan dengan mudah karena dapat meningkatkan rasa kenyang serta mencegah makan secara berlebih.

2. Membantu menjaga kesehatan kulit

Manfaat dari biji semangka yang kedua adalah membantu menjaga kesehatan kulit karena kaya akan seng, magnesium, serta antioksidan. Biji semangka sendiri juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit serta memperlambat penuaan pada seseorang.

Kandungan seng yang ada di dalamnya dapat membantu menjaga melindungi kulit dari jerawat. Magnesium yang ada di biji semangka juga memiliki manfaat untuk mencegah penuaan. Berbagai nutrisi tersebut juga dapat membantu dalam menjaga produksi kolagen dalam tubuh yang dapat mendorong pertumbuhan jaringan baru serta mendukung perbaikan jaringan.

3. Kaya akan magnesium

Manfaat dari biji semangka yang ketiga adalah kaya akan magnesium yang sangat penting dalam menjaga fungsi metabolisme tubuh. Selain itu, kandungan magnesium yang ada juga bermanfaat untuk menjaga fungsi otot dan saraf, kekebalan tubuh, jantung, serta tulang.

4. Mendukung kekebalan tubuh

Manfaat dari biji semangka yang keempat adalah mendukung kekebalan tubuh. Manfaat ini sendiri dapat didapatkan dari biji semangka, terutama yang sudah dipanggang karena dipenuhi dengan kandungan zat besi, vitamin B, serta mineral yang dapat membantu dalam menjaga serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

5. Mencegah penyakit jantung 

Manfaat dari biji semangka yang kelima adalah mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan biji semangka yang memiliki kandungan kaya akan mineral serta elektrolit.

Selain itu, kandungan kalium yang ada pada biji semangka juga dapat membantu dalam menjaga cairan serta volume darah, mengatur tekanan darah serta melindungi tubuh dari stroke maupun penyakit jantung.

Kandungan magnesium yang ada pada biji semangka juga memiliki manfaat untuk mencegah kehilangan kalium serta mendukung fungsi kerja dari organ jantung. Magnesium juga memiliki manfaat lain, seperti menurunkan tekanan darah serta melindungi seseorang dari berbagai gangguan kesehatan terkait kardiovaskular lainnya.

6. Mengatasi diabetes

Manfaat dari biji semangka yang keenam adalah mengatasi diabetes karena adanya kandungan magnesium yang juga dapat meningkatkan kontrol glikemik serta mengurangi resiko seseorang terkena penyakit diabetes.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Andrew