in ,

9 Cara Menghasilkan Uang Dari Tiktok Yang Bisa Kamu Coba!

https://www.kitalulus.com/

Cara Menghasilkan Uang Dari Tiktok – Cara menghasilkan uang dari TikTok ternyata memiliki banyak variasi. Tak hanya berasal dari iklan, Grameds juga dapat meraup cuan dari bermain aplikasi video pendek tersebut. Mau tahu caranya? Dalam artikel berikut ini akan memberikan tips mengenai cara mendapatkan uang dari TikTok.

https://bacapaja.com/

Aplikasi TikTok pada masa kini menjadi salah satu aplikasi yang sangat populer di dunia, bahkan pamornya sudah melebihi Facebook dan YouTube. Aplikasi ini disukai oleh berbagai kalangan baik anak muda bahkan hingga orang dewasa juga banyak yang suka.

Ada banyak jenis video pendek yang dapat Grameds lihat di TikTok, terutama untuk tujuan hiburan. Jutaan video dengan berbagai macam topik diunggah ke aplikasi ini pada tiap harinya. Tak heran, TikTok diklaim sebagai aplikasi gratis terbaik di Android maupun iOS.

Meski begitu, TikTok tak lepas dari pandangan negatif, karena dianggap konten didalmnya banyak yang “unfaedah”, yang isinya hanya anak-anak alay joget-joget. Perlu diakui bahwa stigma tersebut memang telah lama melekat pada TikTok.

Akan tetapi, terlepas dari pandangan negatif tersebut, TikTok sebenarnya juga memiliki sisi positif. Selain sebagai wadah untuk berkreasi, aplikasi berbagi video pendek ini juga dapat menghasilkan uang untuk Grameds lho.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

https://influencermarketinghub.com/

Cara menghasilkan uang dari TikTok bisa dengan menjalankan misi, menggalang donasi, sampai jadi admin atau pengelola akun milik orang lain maupun perusahaan.

Bagi Grameds yang berniat serius cari duit, silakan coba tips cara mendapatkan uang dari TikTok yang paling efektif. Dijamin Grameds bakal panen cuan!

1. Jual produk melalui TikTok Shop

Cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula yang pertama adalah dengan mengiklankan barang daganganmu sendiri.

Grameds bisa menggunakan TikTok Shop untuk menjual produk langsung melalui TikTok. Namun, jangan lupa untuk mempromosikan produk Grameds melalui siaran langsung atau video.

Supaya para pengguna lebih mudah menemukan produkmu, pastikan untuk menyertakan tautan ke toko milikmu di bio.

Mengiklankan barang dagangan sendiri ke TikTok merupakan langkah yang paling jelas dan mudah untuk menghasilkan uang. Pasalnya, TikTok memiliki banyak sekali pengguna yang bisa dengan mudah menjangkau iklan milikmu.

Seperti yang telah dijelaskan di awal, bahwa banyak pengguna TiktTok berasal dari Indonesia. Bahkan selama pandemi, pengguna TikTok yang berasal dari Indonesia terus bertambah.

Apabila Grameds pintar melihat peluang, Grameds bisa menggunakan kesempatan ini untuk berjualan dengan cara menyebarkan konten jualan Grameds via TikTok.

Grameds bisa menjual barang-barang merchandise pada penggemar konten tertentu atau pada pengikut Grameds. Apabila Grameds memiliki pengikut dengan jumlah yang cukup besar, maka Grameds pun dapat memonetisasi akun dengan menjual merchandise dengan desain-desain yang menarik.

Pada umumnya, cara mendapatkan uang melalui TikTok dengan berjualan ini dilakukan dengan menggunakan metode on demand atau sesuai dengan permintaan. Keberadaan dari merchandise ini juga dapat meningkatkan promosi di dua produk pengguna, yang pertama ialah akun pengguna itu sendiri serta yang kedua ialah bentuk dari merchandise yang dijual dengan khusus.

Selain berjualan merchandise, Grameds juga bisa berjualan barang maupun jasa. Cara ini juga sudah sering kita lihat di TikTok. Banyak pengguna yang memanfaatkan banyaknya pengguna TikTok asal Indonesia untuk menarik minta mereka membeli barang atau jasa yang mereka jual.

2. Bergabung dengan TikTok Creator Fund

TikTok Creator Fund adalah langkah yang bisa Grameds ambil jika sudah memiliki banyak pengikut. Cara mendapatkan uang dari langkah ini bisa sangat bervariasi berdasarkan jumlah audiens, unggahan konten, dan keterlibatan pengguna.

Dengan mengikuti TikTok Creator Fund, Grameds bisa dengan mudah menemukan cara untuk memonetisasi akun TikTok milikmu. Namun sayangnya, TikTok Creator Fund masih terbatas di beberapa negara saja.

Berikut ini merupakan syarat

  1. Minimal usia pengguna adalah 18 tahun
  2. Berada di negara Amerika, Prancis, Inggris, Jerman, Spanyol maupun Italia
  3. Memiliki minimal 10.000 pengikut
  4. Memiliki jumlah video yang ditonton sebanyak 10.000 kali dalam 30 hari terakhir
  5. Akun pengguna harus mematuhi pedoman komunitas TikTok dan persyaratan layanan.

Meskipun masih terbatas di beberapa negara saja, bukan tidak mungkin TikTok Creator Fund ini nantinya bisa dilakukan di Indonesia. Saat ini, Grameds hanya perlu mempersiapkan jumlah pengikut dan penonton video agar bisa memenuhi syarat.

3. Bermitra dengan influencer atau merek tertentu

Bermitra dengan influencer atau merek tertentu merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula yang paling inovatif.

Di TikTok, terdapat creator marketplace yang bisa menghubungkan antara merek dengan influencer yang tepat. Dengan begitu, kemitraan antara kedua belah pihak bisa terjalin dengan mudah.

Para pemilik merek yang ingin mencari influencer bisa menelusuri creator marketplace dengan cara melihat konten acak para creator yang terbuka untuk kemitraan dengan merek mereka.

Apabila kemitraan terjalin, kedua belah pihak pun saling diuntungkan dan Grameds akan mendapatkan uang dari kerja sama tersebut.

4. Siaran langsung dan mengumpulkan hadiah virtual

TikTok memiliki beberapa alat yang bisa membantumu mengumpulkan hadiah virtual dan tip lewat siaran langsung.

Grameds bisa memonetisasi konten dengan memungkinkan para pengikut menunjukkan penghargaan mereka secara real time dengan hadiah virtual. Nantinya, hadiah virtual itu bisa ditukarkan dengan uang.

Untuk melakukan siaran langsung, pilih waktu yang tepat saat para pengikut Grameds sedang online. Lalu, lakukan siaran langsung sedikit lebih lama agar memungkinkan banyak pengguna untuk masuk dan melihat.

Dengan siaran langsung, Grameds juga bisa meningkatkan aliran monetisasi lainnya. Pasalnya, siaran langsung bisa menjalin kedekatan antara Grameds dan para pengikut.

5. Menjalankan Misi

Grameds bisa memperoleh uang dengan cara mengikuti misi di TikTok. Kalau bisa menyelesaikan misi, Grameds akan menerima hadiah berupa koin yang bisa dikonversi menjadi uang.

Asal tahu saja, 10 koin TikTok bernilai Rp1. Bayangkan kalau berhasil mendapatkan 1 juta koin, Grameds bisa meraup cuan Rp 100 ribu. Lumayan, kan? Sebelum melakukannya, Grameds wajib tahu misi apa saja di TikTok.

Saat ini, ada dua misi yang bisa Grameds selesaikan untuk mendapatkan hadiah koin. Misi pertama adalah mengundang teman, misi kedua adalah menonton video. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Cara Dapat Uang di TikTok dengan Ikut Misi Mengundang Teman

  • Buka aplikasi TikTok
  • Buka Profile dengan klik menu Me di kanan bawah
  • Klik logo koin di sisi kiri atas profil
  • Bagikan tautan undangan ke teman-teman dengan klik Undang
  • Arahkan teman untuk mengunduh TikTok menggunakan tautan tersebut
  • Teman memasukkan kode undangan darimu
  • Kalian berdua akan mendapatkan hadiah

Cara Menghasilkan Uang di TikTok dengan Ikut Misi Menonton Video

  • Buka aplikasi TikTok
  • Klik logo hadiah di halaman TikTok
  • cara mendapatkan uang dari tiktok denagn misi tonton video
  • Gulir ke bawah di bagian Cara lain untuk mendapatkan poin, klik tombol warna merah dan mulailah menonton video.
  • Grameds wajib menonton video selama 30 manit untuk memperoleh 7.000 koin

6. Mengumpulkan sumbangan dana dengan Crowdfunding

Cara mendapatkan uang dari TikTok ntuk pemula yang berkaitan dengan donasi juga bisa dilakukan.

Cara yang disebut crowdfunding ini biasa digunakan untuk proyek tertentu, seperti pendanaan bantuan bencana atau pembangunan fasilitas. Dengan cara ini, Grameds bisa mengumpulkan dana dengan cepat dari pemberian tip oleh para audiens.

Crowdfunding juga bisa meningkatkan engagement pengikut dan meningkatkan kesadaran kolektif dari penggunanya.

Namun, untuk meningkatkan citra Grameds sebagai pembuat konten donasi, Grameds bisa mengamankan aliran pendanaan dengan cara lainnya misalnya dengan menggunakan platform crowdfunding lainnya.

7. Mempromosikan lagu

Kini, Grameds bisa melakukan promosi lagu sebagai cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula. Pasalnya, banyak label rekaman dan promotor musik yang membayar influencer untuk mempromosikan lagu artis mereka.

Para penyanyi baru juga bisa melakukan promosi musik dengan aktif membuat konten menyanyi. Dengan begitu, Grameds bisa menarik banyak pengikut atau jika beruntung akan bertemu dengan produser musik.

Grameds juga bisa mempromosikan lagu yang memungkinkan para pengguna memakainya sebagai backsound video mereka hingga viral dan bisa menghasilkan uang.

8. Buat iklan in-feed dengan TikTok

Cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula yang terakhir adalah dengan membuat iklan in-feed dengan pengelola iklan TikTok. Iklan ini bisa memperluas jangkauan konten Grameds dengan cara membayar ke pengelola iklan TikTok.

Nantinya, iklan tersebut akan diputar otomatis seperti video TikTok lainnya. Namun, Grameds bisa memastikan menjangkau audiens yang paling tertarik dengan produkmu.

Jika berhasil, maka iklan tersebut akan membuat produkmu dikenal audiens dan menjadi sasaran pengguna TikTok. Cara ini cocok bagi Grameds yang ingin memasarkan produk tertentu.

9. Jasa Admin TikTok

Cara menghasilkan Uang dari TikTok berikutnya adalah menjadi jasa admin. Grameds bisa menawarkan jasa sebagai pengelola akun TikTok. Biasanya, klien ingin supaya merek atau produk jualan bisa dikenal luas. Grameds bisa mengambil posisi sebagai “penjaga gawang tetap” akun TikTok merek atau produk tertentu dengan menerapkan berbagai strategi.

Tips Melakukan Monetisasi pada TikTok

https://talkactive.id

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa monetisasi akun TikTok atau mendapatkan uang dari TikTok dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

Apabila telah melakukan beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok dan Grameds rupanya belum mendapatkan atau bahkan hanya sedikit mendapatkan uang dari TikTok, berikut adalah tips untuk melakukan monetisasi pada akun TikTok.

1. Buat Branding

Menurut laman Forbes, langkah pertama supaya TikTok bisa menghasilkan uang adalah dengan membuat branding. Branding merupakan langkah awal untuk memulai pemasaran bisnis.

Dengan adanya branding, publik akan tahu siapa Grameds, apa produkmu, siapa target pasar, dan lain-lain. Nah, karena kita ingin dapat uang dari TikTok, artinya Grameds harus membranding dirimu dengan jenis video yang akan Grameds posting.

Grameds bisa tentukan jenis video yang Grameds buat untuk branding. Misalnya, apakah dengan video yang menghibur dan lucu? Atau dengan suasana romantis? Hal itu kembali lagi tergantung bagaimana Grameds ingin orang dan perusahaan melihat Grameds.

2. Posting Konten yang Sedang Banyak Ditonton

Kalau bingung mau buat konten TikTok apa, Grameds bisa posting konten yang sekiranya lagi banyak ditonton orang alias konten yang banyak disukai. Selain Grameds bisa pilih jenis konten yang jadi ciri khas untuk branding, Grameds juga bisa lakukan cara ini.

Supaya bisa menarik banyak penonton konten yang Grameds buat juga harus segar alias lebih baru, menarik dan unik.

3. Konsisten Memposting Konten

Agar branding bisa dilakukan dengan maksimal, Grameds juga perlu konsisten dalam memposting video. Kalau kita ingin banyak dikenal orang seperti influencer di sosmed, kita perlu konsisten memposting.

Menjadi influencer di media sosial, juga membutuhkan banyak usaha untuk bisa mendapatkan uang. Jadi, usahakan Grameds sudah menyiapkan video baru setiap hari.

Jangan pernah berhenti untuk membuat konten. Bersikaplah konsisten dan terus membuat konten secara simultan dan menarik. Dengan cara inilah, maka pengikut akun TikTok Grameds pun akan terus waspada atau selalu menantikan konten-konten terbaru yang ada di akun Grameds.

Pastikan pula, bahwa konten yang Grameds buat dapat disukai oleh pengikut Grameds atau kayak untuk dibagikan pada orang lain melalui TikTok. Dengan tips yang pertama ini, maka dapat meningkatkan cakupan akun, bahkan ketika konten tersebut dibagikan di luar platform TikTok.

4. Dapatkan Followers Sebanyak-banyaknya

Semakin banyak Grameds membuat konten yang menarik dan unik, maka para user nantinya akan semakin mengenal dirimu. Dari situ, mungkin Grameds akan mendapatkan pengikut sosmed lebih banyak.

Punya followers banyak itu hal penting. Cara dan langkah-langkah sebelumnya harus Grameds lakukan dengan baik.

Dilansir laman Forbes, banyak followers supaya bisa dapat uang dari Tiktok berkisar dari 10.000 hingga 1 juta followers. Sejatinya, jumlah tersebut diperlukan sebelum Grameds benar-benar bisa memonetisasi akun TikTok Grameds.

Cara supaya banyak followers di Tiktok adalah dengan memahami apa yang ingin dilihat atau ditonton oleh target pasar Grameds dan sering mengunggah konten berkualitas secara konsisten. Lalu pastikan bahwa Grameds melibatkan pengikut Grameds pada konten-konten yang Grameds buat. Bagaimana cara melibatkan pengikut dalam konten?

Grameds bisa melakukan QnA atau Question and Answer yang sederhana, contohnya melakukan tanya jawab ketika Grameds melakukan Live dan lain sebagainya. Grameds juga bisa rutin membalas komentar-komentar dari pengikut. Dengan cara yang cukup sederhana ini, maka dapat meningkatkan kedekatan antara Grameds sebagai pembuat konten dengan pengikut Grameds secara perlahan-lahan.

5. Mempromosikan konten pada di lintas platform

Grameds tentu sudah sering melihat konten video TikTok muncul di berbagai platform media sosial lain bukan? Contohnya seperti Instagram, Twitter, Facebook atau bahkan Whatsapp.

Meskipun platform-platform tersebut sama-sama bersaing, akan tetapi pembuat konten yang memiliki pola pikir jenius justru dapat mengembangkan konten TikToknya di berbagai platform untuk meningkatkan engagement personalnya.

Hal tersebut dapat Grameds lakukan untuk mengajak pengguna internet yang lain, yang belum pernah menggunakan TikTok untuk memiliki ketertarikan dengan konten-konten TikTok yang Grameds buat. Promosi semacam ini pula digunakan untuk meningkatkan pengikut dari bebagai platform agar mengenal sisi personal dari pembuat konten.

Itulah berbagai cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula yang bisa Grameds praktikkan.

Jika Grameds bisa melakukan salah satu cara di atas secara konsisten, maka Grameds mungkin akan mendapatkan uang dari TikTok. Selamat mencoba!

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien