in

Cara Membuat Pisang Coklat dan Manfaat Buah Pisang

Jika ditanya buah apa yang berwarna kuning, Grameds pasti akan langsung memikirkan buah pisang. Buah yang satu ini memang mudah ditemukan dan menjadi favorit banyak orang.

Pisang merupakan nama umum yang diberikan pada tumbuhan berukuran besar yang memiliki daun memanjang dan besar, yang tumbuh langsung dari bagian tangkainya. Dalam taksonomi, pisang termasuk ke dalam genus Musa dan famili Musaceae.

Pisang bisa dipanen kapan saja, karena pertumbuhannya sesuai dengan segala jenis musim. Maka itu, pisang juga dapat mudah ditemukan setiap waktu. Buah pisang sendiri bisa langsung dimakan atau diolah terlebih dahulu.

Pada awalnya, pisang adalah tumbuhan yang berasal dari kawasan Asia Tenggara, yang kemudian menyebar ke seluruh wilayah dunia. Dari arah barat, pisang mulai menyebar dari Samudra Atlantik menuju ke Pulau Madagaskar, kemudian ke Benua Afrika, dan menuju ke Amerika Latin serta Amerika Tengah. Sementara itu, pisang yang menyebar dari arah timur lewat Samudra Pasifik menuju ke Hawaii.

Di berbagai daerah, pisang memiliki sebutan atau nama khas tersendiri berdasarkan tempat tumbuhnya, beberapa di antaranya, yaitu gadang atau gedhang (Jawa), cau atau cawu (Sunda), unti (Makassar), biyu (Bali), puntiq (Sasak), punti (Lampung), uri (Ambon), koyo (Ternate), kula (Banda), tema (Seram), dan ounche (Madagaskar).

Cara Membuat Pisang Coklat 

Bahan: 

  • Lembar kulit lumpia secukupnya
  • 1 buah pisang tanduk
  • Coklat batang, meses coklat, atau selai coklat
  • Tepung terigu yang telah dicairkan secukupnya
  • Air secukupnya

Cara membuat pisang coklat: 

  1. Potong pisang memanjang atau hancurkan pisang.
  2. Taruh daging buah pisang di atas kulit lumpia.
  3. Tambahkan coklat batang, meses coklat, atau selai coklat
  4. Oleskan tepung terigu cair di sekeliling kulit lumpia sebagai bahan perekat.
  5. Gulung kulit lumpia hingga menutupi seluruh adonan pisang dan coklat.
  6. Lakukan hingga bahan habis.
  7. Panaskan minyak.
  8. Goreng pisang coklat hingga kulit lumpia berwarna kecoklatan.
  9. Angkat dan tiriskan.
  10. Pisang coklat yang nikmat siap dihidangkan.

Mudah sekali ya Grameds cara membuat pisang coklat. Yuk langsung saja praktikkan resep yang satu ini untuk membuat camilan yang enak dan sehat! Perlu diingat bahwa pisang coklat tidak boleh dikonsumsi secara berlebih, karena proses mengolahnya menggunakan metode menggoreng dengan minyak yang tidak baik jika dikonsumsi berlebihan.

Grameds, sekian artikel “Resep Pisang Coklat, Camilan Enak yang Sehat”. Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan baru bagi Anda. Bagi Grameds yang ingin mengetahui berbagai resep olahan pisang lainnya, kalian bisa mendapatkan inspirasi dari berbagai buku resep yang tersedia di Gramedia.com. Yuk dapatkan bukunya sekarang!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Kandungan Nutrisi dalam Buah Pisang

Pisang adalah  salah satu buah yang kaya akan mineral kalium dan serat pektin. Selain itu, buah pisang menjadi sumber magnesium, vitamin C, dan vitamin B6. Berdasarkan data dari US Department of Agriculture (USDA), dalam 1 buah pisang berukuran sedang (± 120 gram, terkandung sejumlah:

  • 27 gram karbohidrat
  • 105 kalori
  • 88,4 gram air
  • 1,29 gram protein
  • 3,07 gram serat
  • 0,389 gram lemak
  • 5,9 miligram (mg) kalsium
  • 14,4 gram gula total
  • 31,9 mg magnesium
  • 6,35 gram pati
  • 26 mg fosfor
  • 422 mg kalium
  • 10,3 mg vitamin C
  • 23,6 mcg folat atau vitamin B9
  • 1,18 mikrogram (mcg) selenium
  • 30,7 mcg beta karoten

Selain itu, pisang juga diperkaya oleh zat besi, tembaga, zinc, mangan, kolin, omega 3 dan omega 6, kolin, serta vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6. Pisang juga memiliki dua antioksidan utama, yaitu dopamin dan catechin.

Meskipun dopamin merupakan senyawa kimia penghantar sinyal saraf di otak, tetapi dopamin pada pisang berperan sebagai antioksidan. Sedangkan, catechin merupakan antioksidan kelompok flavonoid. Jenis antioksidan ini dihubungkan dengan beberapa manfaat bagi kesehatan.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi dalam pisang, buah yang satu ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Simak uraiannya di bawah ini.

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh

StockSnap/Pixabay

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa pisang mentah yang masih berwarna hijau juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Pisang mentah mungkin bisa membantu mengatasi sejumlah masalah pencernaan, seperti maag dan diare, serta menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Namun, sumber lain mengatakan bahwa mengonsumsi pisang mentah dapat menimbulkan risiko sembelit.

Nutrisi yang terdapat dalam buah pisang akan meningkat ketika buah tersebut matang. Pisang yang berwarna kuning dan memiliki bintik hitam dinilai 8 kali lebih efektif dalam meningkatkan kerja sel darah putih daripada pisang mentah yang berwarna hijau. Studi tahun 2009 dalam Jurnal Food Science and Technology Research menyatakan bahwa sel darah putih memainkan peran dalam melawan infeksi bakteri, virus, dan patogen lainnya.

Buah pisang memiliki antioksidan tinggi yang bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Molekul radikal bebas ini dapat terbentuk dari polusi udara, sinar matahari, atau produk kimia yang Anda gunakan, serta proses metabolisme dalam tubuh. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi buah pisang.

Sudah bukan hal asing lagi kalau pisang memiliki kandungan nutrisi sangat banyak. Lalu, apa saja kandungan yang ada di dalam pisang dan apa saja manfaatnya? Untuk mengetahui lebih jelasnya, kamu bisa membaca buku Khasiat Ajaib Pisang, A to Z Khasiat dari Akar hingga Kulit Buahnya (fc).

 

1. Membantu mengontrol tekanan darah 

Kalium yang terdapat dalam buah pisang bisa membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit, sehingga tekanan darah akan stabil. Sedangkan, serat bahan pangan pada pisang mampu mengikat lemak dan mencegah pembentukan plak yang bisa mempersempit atau bahkan menyumbat pembuluh darah, dan menyebabkan tekanan darah meningkat.

Dengan begitu, mengonsumsi pisang dapat membantu Anda terhindar dari serta mengurangi risiko penyakit jantung. Selain bisa membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh, kandungan kalium dalam pisang memiliki manfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah.

American Heart Association (AHA) menganjurkan para penderita hipertensi untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalium untuk membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan, karena kalium menurunkan tekanan darah dengan menurunkan kadar natrium dalam tubuh.

Namun, manfaat pisang yang satu ini tai akan bekerja secara efektif jika Anda tidak mengurangi makanan yang mengandung banyak garam dan lemak. Jadi, selain berusaha dengan mengonsumsi buah pisang, Anda juga harus menerapkan pola makan yang sehat dan kaya akan nutrisi.

2. Menurunkan risiko stroke

Manfaat yang satu ini masih relevan dengan penjelasan di atas di mana kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu menurunkan risiko stroke. Terutama bagi wanita lanjut usia, yang sudah melewati masa menopause. Hal ini sudah berhasil dibuktikan dalam sebuah penelitian.

Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa wanita yang telah menopause, yang rutin mengonsumsi makanan tinggi kalium memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena stroke dibandingkan dengan mereka yang tak mengonsumsi makanan berkalium sama sekali.

3. Sebagai sumber energi dan peningkat stamina

Minuman olahraga memang bisa membantu menggantikan cairan tubuh atau elektrolit yang hilang. Sayangnya, minuman olahraga biasanya mengandung gula dan bahan buatan lainnya. Seperti yang telah dijelaskan di atas, buah pisang juga bisa membantu menggantikan cairan atau elektrolit yang hilang.

Maka dari itu, tak perlu minum minuman berenergi, Anda bisa menggantikannya dengan makan pisang sebelum dan setelah Anda berolahraga. Buah pisang juga kaya akan vitamin dan serat, serta mengandung karbohidrat 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan buah lain seperti apel.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa buah pisang bisa dijadikan bahan utama untuk minuman olahraga yang menggantikan elektrolit yang hilang. Bahkan, buah pisang diketahui bisa memberikan manfaat yang lebih dari minuman olahraga biasa, karena mengandung karbohidrat, serat, dan vitamin B6.

Selain itu, buah pisang juga kaya magnesium dan kalium yang penting untuk menjaga tubuh tetap bugar saat beraktivitas dan berolahraga. Ditambah lagi, mengonsumsi pisang juga bisa membantu otot-otot Anda bergerak lebih baik.

4. Melancarkan metabolisme dan pencernaan

Jika Anda pernah mendengar tentang flu perut atau pernah mengalami keracunan makanan, pisang dapat menjadi pilihan tepat untuk mengatasi masalah perut Anda. Tekstur lembut dari pisang membuat buah ini bisa dengan mudah melewati saluran pencernaan.

Kandungan serat dalam buah pisang membantu menambah kepadatan feses, sehingga dapat meredakan diare. Buah pisang matang bisa membantu memperlancar pembuangan sisa-sisa dalam tubuh dari proses metabolisme.

Buah pisang juga bermanfaat untuk membantu meredakan masalah pencernaan, seperti sembelit. Mengonsumsi buah pisang juga bisa meringankan kerja ginjal dalam membersihkan darah.

Sementara, pisang yang belum matang adalah sumber sari pati resisten, yakni makanan bagi bakteri baik yang ada di usus besar. Jadi, mengonsumsi pisang mengah dapat membantu meningkatkan kerja sistem pencernaan sekaligus menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda.

5. Membantu program diet

Bagi Anda yang sedang melakukan program menurunkan berat badan, buah pisang sangat cocok dijadikan sebagai camilan sehat. Apalagi, buah ini mempunyai kandungan lemak yang rendah. Oleh karena indeks glikemiknya yang juga terbilang rendah, karbohidrat kompleks pada pisang tak akan menyebabkan peningkatan pada kadar gula dalam darah secara drastis atau tiba-tiba.

Makanan yang tinggi serat dapat memperlambat proses pencernaan, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan akhirnya makan dalam jumlah yang lebih sedikit. Hasilnya, berat badan Anda juga bisa berangsur turun.

Bagi kebanyakan orang Indonesia, terkadang sarapan menggunakan pisang goreng. Maka dari itu, bisa dibilang kalau pisang goreng memang memiliki kenikmatannya tersendiri. Bahkan, beberapa orang sudah menjalani bisnis pisang goreng. Untuk kamu yang ingin menemukan resep pisang goreng yang pas, maka bisa membaca buku Resep Favorit untuk Usaha – Aneka Pisang Goreng.

 

6. Mengurangi risiko terkena kanker usus besar

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan dengan memperbanyak sayur dan buah, termasuk pisang, bisa mengurangi risiko terkena kanker usus besar. Hal ini diduga terkait dengan kandungan serat dan antioksidan yang ada pada buah pisang.

7. Menjaga imunitas

Kandungan Vitamin A, B6, dan C yang terkandung dalam buah pisang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Dengan berbagai vitamin ini, tubuh Anda juga akan terasa segar bugar dan tidak cepat lemas.

8. Memperlancar aliran oksigen dan darah 

Buah pisang kaya akan kalium, yakni mineral yang penting dalam memelihara sirkulasi darah dan fungsi jantung. Oleh karena itu, aliran oksigen, darah, dan nutrisi ke otak dapat lebih lancar berkat mengonsumsi buah pisang.

9. Mencegah dan mengatasi anemia

Buah yang berwarna kuning ini menjadi salah satu sumber zat besi yang baik. Zat besi sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang sehat. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kondisi kurang darah alias anemia. Jika Anda kerap kali kekurangan darah, Anda bisa mencoba mengonsumsi pisang secara rutin untuk mendukung pembentukan hemoglobin, protein dalam darah yang mengandung zat besi.

10. Memenuhi kebutuhan magnesium

Magnesium adalah mineral yang membantu seluruh organ dan sistem dalam tubuh, supaya dapat berfungsi normal. Mineral tersebut dibutuhkan untuk membentuk protein, memproduksi energi, mempertahankan fungsi otot dan saraf, dan  mengendalikan kadar gula serta tekanan darah.

Kekurangan magnesium bisa menyebabkan penurunan nafsu makan, mual dan muntah, kesemutan, migrain, meningkatkan risiko kejang, gangguan pada irama jantung, dan osteoporosis. Maka dari itu, mengonsumsi pisang bisa membantu mencegah risiko terkena berbagai masalah kesehatan tersebut.

11. Memenuhi kebutuhan mangan

Mangan merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membantu metabolisme karbohidrat, kolesterol, serta asam amino. Selain itu, mangan juga memiliki peran penting dalam pertumbuhan tulang yang kuat dan proses penyembuhan luka. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengalami osteoporosis mempunyai kadar mangan yang rendah dalam tubuh.

Mangan juga diyakini bisa mencegah migrain, menurunkan risiko komplikasi pada kehamilan, dan menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung. Manfaat buah pisang yang ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara langsung atau diolah menjadi jus.

12. Meningkatkan mood

Pisang termasuk ke dalam “mood food,” yakni bahan pangan yang bisa mendorong pembentukan hormon serotonin dalam otak. Hormon ini yang dapat menyebabkan munculnya perasaan senang. Manfaat pisang yang satu ini berasal dari kandungan vitamin B6 dan asam amino triptofan.

Bahkan, mengonsumsi buah pisang dipercaya mampu membantu mengatasi depresi. Triptofan akan diubah menjadi serotonin oleh tubuh, yang juga dapat membuat tidur lebih nyenyak. Sedangkan, magnesium pada pisang dapat membantu merelaksasi otot-otot tubuh.

13. Membuat kulit wajah lebih sehat

Pisang yang dicampur dengan madu bisa mengatasi kulit yang terlalu kering. Campuran itu juga memiliki khasiat untuk mengatasi jerawat. Anda hanya perlu menghancurkan daging buah pisang matang, kemudian mengoleskannya pada kulit wajah yang berjerawat.

Anda juga bisa mencampurkannya dengan lemon atau madu. Setelah mengaplikasikannya ke kulit, biarkan selama 15 hingga 30 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih, dan keringkan wajah Anda. Lakukan ini secara rutin sampai jerawat hilang.

Banyak sekali olahan jajanan dan kue dari buah pisang. Bahkan, Grameds juga bisa membuat makanan yang terbuat dari buah pisang. Jika ingin mencari resep kue yang terbuat dari buah pisang, maka kamu bisa menemukannya pada buku Kue Populer Berbahan Pisang. 

 

14. Menjaga kesehatan kehamilan

Berbagai mineral, vitamin, antioksidan, dan senyawa lain pada pisang bisa membantu memelihara kesehatan ibu hamil beserta janinnya. Mengonsumsi pisang juga bisa membantu mencegah risiko diabetes gestasional, yang dapat disebabkan karena ibu hamil yang kurang tidur. Manfaat buah pisang untuk ibu hamil ini berasal dari kandungan magnesium dan triptofan yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur.

Mengonsumsi pisang juga dapat meringankan masalah morning sickness pada ibu hamil. Selain itu, buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin B6 yang memang dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan, supaya mengurangi masalah mual dan muntah.

15. Meredakan nyeri ulu hati dan mencegah tukak lambung

Orang yang memiliki masalah maag bisa memperoleh manfaat pisang bagi kesehatan pencernaan mereka jika mengonsumsi buah ini secara rutin. Buah pisang merupakan antasida alami yang bermanfaat menetralkan asam lambung. Pisang juga mengandung leucocyanidin, antioksidan flavonoid yang membantu meningkatkan membran mukus dalam lambung, sehingga mencegah terjadinya tukak lambung.

Selain 15 manfaat di atas, buah pisang juga diyakini dapat membantu melawan radikal bebas, mengurangi risiko batu ginjal, menurunkan risiko kanker ginjal, mengurangi risiko terkena penyakit kronis, dan mencegah degenerasi makula.

Wah, banyak sekali ya manfaat yang bisa diberikan buah pisang bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang dalam batas wajar, karena jika dikonsumsi secara berlebihan, buah ini dapat memicu rasa kantuk dan sakit kepala.

Bagi Grameds yang ingin mencoba mengolah buah pisang, kreasi yang satu ini bisa banget untuk dicoba. Kreasi dari buah pisang yang satu ini dijamin bisa menggugah selera Anda, karena perpaduan rasa dan tekstur yang nikmat. Di bawah ini akan diuraikan resep pisang coklat yang bisa Anda coba buat di rumah.

 

Penulis: Gabriel

Rujukan

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Pisang
  • https://jovee.id/18-manfaat-mengonsumsi-buah-pisang-untuk-kesehatan/
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-buah-pisang/
  • https://www.kompas.com/food/read/2021/02/18/081000175/resep-pisang-coklat-kulit-lumpia-luarnya-crispy-dalamnya-lumer


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Khansa Amira

Khansa adalah seorang Content Writer yang telah berkarir sejak tahun 2021 dan dunia kepenulisan selalu menarik baginya. Dengan menulis Khansa dapat membuka wawasan dan pandangan baru tentang topik-topik menarik, terutama dunia kuliner.