in

Resep Sambel Goreng Kentang Ati Disertai Tips dan Manfaat

Sambel goreng kentang ati – Siapa sih yang tidak tahu dengan makanan yang satu ini? Bener banget, sambel goreng kentang ati adalah makanan yang sangat spesial bagi hampir semua orang. Sebab, makanan yang satu ini adalah makanan wajib yang menjadi pelengkap opor ayam serta ketupat saat Lebaran di sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama bagi yang mencintai makanan pedas.

Sambel goreng kentang ati menjadi salah satu makanan penggugah selera yang semakin membuat menu Lebaran semakin lengkap. Dibuat dengan menggunakan cabai serta santan, membuat sambel goreng kentang ati memiliki cita rasa yang pedas nan gurih sehingga meskipun bukan hari raya Lebaran, makanan ini tetap menggiurkan untuk dimakan dengan nasi hangat.

Apalagi jika Teman Grameds membuat sambel goreng kentang ati sendiri di rumah. Kamu bisa loh, menambahkan bahan lain sesuai dengan selera kamu. Tentunya dengan olahan yang lebih ekonomis dibandingkan dengan membelinya di luar. Selain itu, kamu akan tahu bagaimana cita rasa dari sambel goreng kentang ati dengan variasi berbagai bahan tambahan lainnya. Pasti Enak! Yuk, kita simak dan praktekkan resep sambel goreng kentang ati yang akan Gramedia buat untuk kamu.

Nah, sebelum kamu membaca dan mempraktekkan resepnya, Gramedia akan memberitahukan sejarah sambal, manfaat sambal, tips dan trik terlebih dahulu kepada kamu untuk memasak sambel goreng kentang ati. Dengan ini kamu tidak akan gagal memasak sambel goreng kentang ati.

Sejarah Sambel

Tahukah kamu, cabai yang kamu kenal saat ini pada jaman Jawa Kuno sudah menjadi barang dagang utama yang bisa langsung di jual. Sehingga tidak akan mengherankan jika sejak dahulu cabai sudah menjadi bahan yang populer untuk dijadikan masakan.

Salah satu ahli kuliner paling berpengaruh pada masa kolonial adalah Catenius van der Meijden. Ia adalah seorang nyonya Belanda yang tinggal di Indonesia. Sebagai seorang nyonya meneer Belanda, Catenius dengan dibantu pembantu bertugas menyiapkan hidangan istimewa untuk seluruh keluarga.

Ia dikenal dengan keahliannya memasak sambal. Berbagai jenis sambal dikuasainya. Nyonya ini kemudian mengumpulkan resep masakannya menjadi sebuah buku tentang resep masakan yang terbit tahun 1942. Sebelumnya ia juga menulis buku berjudul Makanlah Nasi (1922). Resep sambal dari Catenius van der Meijden yang terkenal adalah sambal oeloek dan sambal telur. Ada juga nama-nama sambal lain yang unik-unik, yakni sambal serdadoe, sambal banjak, sambal brandal, dan lainnya.

Kunci dari Cita Rasa dan Tekstur Lezat Sambel Goreng Kentang Ati

Setelah tips dan trik menggoreng ati ampela dan kentang, saatnya kita beralih ke bagaimana membuat cita rasa sambel goreng kentang ati menjadi lezat. Sebab kuncinya tidak hanya dari cara menggoreng kentang dan ati ampelanya.

Sambel goreng pada dasarnya merupakan makanan yang dibuat dengan bahan utama cabai dan bumbu pelengkap lainnya yang kemudian ditumis dengan minyak. Karena itulah, rahasia dari cita rasa sambel goreng kentang ati ada pada bumbunya.

Biasanya bumbu yang digunakan untuk membuat sambel goreng kentang ati adalah bawang putih, bawang merah, terasi, dan cabai. Kemudian dengan jahe, salam, lengkuas, dan serai sebagai bahan pelengkap yang bisa memberikan keharuman dari sambel goreng.

Isian dari sambel goreng kentang ati pun bervariasi. Isiannya bisa berupa jeroan ayam seperti ati ayam dan ampelanya ataupun dapat diganti dengan jeroan sapi.

Di Balik Pena: Curahan Hati Natasha Rizky dalam Buku “Kamu Tidak Istimewa”

Selain itu, kamu dapat menambahkan bahan lain seperti udang atau gilingan daging sapi maupun cincangan kasar daging sapi. Untuk menambahkan teksturnya kamu bisa menambahkan sayuran seperti buncis dan kapri, serta kerupuk krecek. Kamu juga bisa menambahkan sejenis kacang, seperti kacang tolo dan kacang merah ataupun petai.

Sambel goreng kentang ati pun meskipun identik dengan santan, kamu juga bisa membuatnya tanpa santan dan menggantinya dengan air biasa ataupun air kaldu. Namun, kamu juga perlu memikirkan kondisi dari cita rasa santan pada sambel goreng ati yang sudah akrab dengan lidah masyarakat Indonesia.

Sama halnya dengan rendang, sambel goreng kentang ati juga menggunakan santan encer dan santan kental. Guna dari santan encer adalah untuk mematangkan bahannya sedangkan santan kental untuk membuat sabel goreng terasa lebih gurih.

Kamu juga dapat mebambahkan atau memperkaya bumbu dari sambel goreng kentang ati sesuai seleramu, seperti menambahkan daun jeruk, ebi, tauco, ataupun kunyit. Sambel goreng ati juga bisa kamu buat dengan versi lebih berkuah ataupun kering sesuai dengan seleramu. Namun, bahan tambahannya perlu kamu pertimbangkan apakah cocok untuk yang berkuah atau yang kering.

Itulah tips dan hal yang perlu kamu ketahui untuk membuat sambel goreng kentang ati. Sekarang mari kita lihat beberapa resep yang bisa kamu jadikan panduan untuk memasak sambel goreng kentang ati. Nah, jika kamu tertarik untuk membuat sambel goreng kentang ati, maka bisa simak resepnya pada pembahasan selanjutnya.

Resep Membuat Sambel Goreng Kentang Ati

Bahan : 

  • 5 pcs Ati Ayam
  • 5 pcs Ampela Ayam
  • 3 Buah Kentang Ukuran Besar

Bumbu : 

  • 3 Lembar Daun Salam
  • 1 Buah Jeruk Nipis
  • 6 Siung Bawang Putih
  • 15 Siung Bawang Merah
  • 2 cm Lengkuas yang sudah digeprek
  • 1 Buah Sereh yang sudah digeprek
  • 3 Buah Kemiri yang telah digoreng/bakar
  • 15 Buah Cabai kering (Boleh capur cabe rawit merah jika suka pedas)
  • Garam secukupnya
  • Gula Secukupnya

Cara membuat:

  1. Cuci dengan bersih ati dan ampela ayam dengan air yang mengalir, kemudian marinasi dengan menggunakan air perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 15 menit.
  2. Kupas kentang dan potong berbentuk kotak/dadu dengan ukuran yang tidak terlalu kecil maupun tidak terlalu besar. Rendam menggunakan air garam.
  3. Rebus ati dan ampela ayam dengan air yang sudah ditambahkan dengan selembar daun salam dan 1 siung bawah putih yang sudah di geprek. Jika telah matang, tiriskan dan potong-potong lalu sisihkan.
  4. Haluskan cabai merah, bawang putih, bawang merah, dan kemiri yang telah digoreng maupun dibakar. Boleh menggunakan blender atau diulek sendiri.
  5. Sisakan 5 buah cabai merah untuk dipotong secara memanjang, lalu sisihkan.
  6. Gorenglah ati dan ampela yang telah direbus hingga matang lalu sisihkan, kemudian gorenglah kentangnya hingga setengah matang.
  7. Iris tipis sisa bawang merah lalu tumis hingga harum. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan dengan 2 lembar daun salam, sereh, lengkuas, daun jeruk, dan irisan cabai merah. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Aduk dengan rata.
  8. masukkan ati dan ampela serta kentang yang telah digoreng, masukkan juga sedikit air.
  9. Jika air sudah mulai mengering, aduk kembali dengan hati-hati lalu koreksi rasanya.
  10. Jika dirasa sudah pas, artinya sambel goreng kentang ati ampela sudah siap disajikan.

Itulah Tips dan Resep yang dapat Gramedia bagikan kepada Teman Gramed. Jika kalian tertarik untuk mengetahui resep rumahan lainnya, kalian bisa membaca dan membeli buku Masakan Rumahan Warisan Ala Dapoersikoko di gramedia.com atau dapat membelinya di sini.

 

Kalian bisa loh mengasah kemampuan memasak kalian dengan terus belajar dan praktek memasak. Apalagi jika kamu memasak resep favoritmu dan mempunyai teman atau keluarga yang dapat membantu mencoba hasil masakanmu. Semangat untuk terus belajar!

 

 

Manfaat Sambel

Wikipedia

1. Melancarkan metabolisme

Jenis bumbu tertentu seperti kayu manis, kunyit, lada, dan juga cabai dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Utamanya, laju metabolik istirahat yaitu tingkatan tubuh membakar energi ketika sedang beristirahat sepenuhnya. Bukan hanya itu, makanan pedas juga dapat menekan nafsu makan. Dalam sebuah studi terhadap tikus di laboratorium, ditemukan bahwa makanan kaya rempah dapat menekan pertumbuhan jaringan lemak.

2. Meredakan peradangan

Manfaat sambal dan rempah lain seperti kunyit juga bisa meredakan peradangan dalam tubuh. Dalam pengobatan tradisional Ayurvedic, jahe dan bawang putih memiliki manfaat anti-peradangan yang telah digunakan sejak berabad silam untuk mengatasi berbagai masalah.

Contohnya keluhan seperti arthritis, masalah autoimun, sakit kepala, hingga muntah. Jadi, tak ada salahnya mencoba makanan dengan tambahan rempah serta sambal karena potensinya meredakan peradangan.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Makanan pedas juga terbukti dapat menurunkan kadar low-density lipoprotein atau kolesterol jahat. Ini adalah jenis kolesterol yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Menurut penelitian, mengonsumsi cabai dapat menurunkan 13% kemungkinan kematian akibat stroke dan penyakit jantung. Tak hanya itu, kandungan vitamin A dan vitamin C dalam tanaman juga memperkuat otot dinding jantung. Sensasi panas dari cabai juga melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

4. Cocok untuk diet

Bagi yang sedang menjalani diet untuk mencapai berat badan ideal, makanan pedas bisa menjadi alternatif. Kandungan capsaicin di dalam cabai dapat membantu proses pembakaran kalori lebih cepat, baik saat sedang bergerak maupun beristirahat. Artinya, Anda bisa menurunkan berat badan lebih efektif.

5. Meredakan rasa sakit

Ketika mengonsumsi makanan pedas, akan muncul sensasi terbakar di lidah dan tenggorokan. Ternyata, mengoleskan sambal atau cabai di tangan atau kaki dapat membuat sarafnya tak merasakan sakit untuk sementara. Itulah mengapa ketika digunakan sebagai lotion atau krim oles lainnya, kandungan capsaicin di dalam cabai menimbulkan sensasi menyengat pada awalnya.

Namun, beberapa saat kemudian, saraf di tangan dan kaki akan terbiasa dengan sensasi itu dan memiliki toleransi lebih besar terhadap rasa sakit. Hal ini bisa cukup efektif berlaku pada kondisi seperti arthritis dan cedera. Tidak disarankan untuk melakukannya untuk luka terbuka.

6. Baik untuk pencernaan

Apabila Anda terbiasa dengan makanan pedas, kabar baiknya ini juga baik untuk pencernaan. Sebenarnya, ketika lidah merasakan pedas, kandungan capsaicin akan langsung terkoneksi dengan reseptor dan sel-sel tubuh lainnya. Itulah mengapa saraf di lidah akan langsung memberi sinyal “pedas”.

Reseptor ini juga ada di dalam saluran pencernaan. Ketika capsaicin masuk ke dalam saluran pencernaan, akan merangsang produksi senyawa anandamide. Ini adalah senyawa yang mengurangi peradangan di pencernaan yang mungkin terjadi karena kolitis ulseratif atau Crohn’s disease.

7. Mengurangi depresi

Saat mengonsumsi makanan pedas, tubuh akan memproduksi senyawa endorfin dan dopamin yang baik membuat tubuh merasa rileks. Ini terjadi karena tubuh salah menangkap sensasi pedas ini sebagai rasa sakit dan memproduksi kedua hormon tadi untuk mengimbanginya. Hasilnya, Anda akan merasa jauh lebih baik serta mengurangi risiko mengalami depresi dan stres.

Meski ada banyak manfaat sambal untuk kesehatan baik fisik maupun mental, bukan berarti ini menjadi pembenaran untuk mengonsumsi sembarang makanan. Tetap saja, makanan utamanya harus sehat dan tidak mengandung lemak jenuh atau diproses berlebihan.

 

Tips Menggoreng Ati dan Ampela Agar Tidak Meletup

Seperti ayam dan ikan, ati dan ampela merupakan bahan yang bisa membuat minyak goreng panas meletup ketika dalam proses penggorengannya. Sebab, minyak goreng yang sering meletup inilah yang membuat orang-orang menjadi malas menggorengkan ati serta ampela. Padahal, justru ati dan ampela adalah salah satu bahan yang akan lebih lezat jika digoreng terlebih dahulu.

Untuk membuat minyak tidak meletup ketika menggoreng ati dan ampela, ada beberapa tips yang bisa kau lakukan di rumah.

  1. Sebelum mengolah ati dan ampela, cuci dengan bersih terlebih dahulu dengan menggunakan air yang mengalir.
  2. Kemudian, lanjutkan dengan proses marinasi, yaitu lumurkan air perasan jeruk nipis untuk membuat ati dan ampela tidak terlalu amis nantinya. Campur dengan rata air jeruk nipis dengan ati dan ampela dan diamkan selama 15 menit agar air perasan jeruk nipisnya meresap.
  3. Setelah sudah 15 menit, tusuk-tusukkan ati dan ampela dengan menggunakan tusuk gigi maupun lidi hingga tembus. Hal inilah yang membuat ati dan ampela tidak akan meletup ketika digoreng, kareena ati dan ampela akan memiliki tempat yang cukup dimasuki minyak.
  4. Kemudian taburkan sedikit tepung terigu kering ke dalam minyak yang sudah hampir panas. Jika sudah benar-benar panas, kamu bisa memasukkan ati dan ampela.
  5. Goreng ati dan ampela dengan menggunakan api berukuran sedang agar tidak cepat gosong serta membuat minyak meletup. Jika dirasa permukaan bawah ati dan ampela sudah kering dan sedikit berwarna emas kecoklatan, kau bisa membaliknya.
  6. Dalam menggoreng ati dan ampela kamu bisa menggunakan minyak tidak terlalu banyak, karena ati dan ampela mempunyai kandungan lemak yang cukup banyak dan bisa membuat minyak di wajan semakin banyak. Jika dirasa sudah matang kamu bisa mengangkat ati dan ampelanya.

Tips membuat Kentang tidak Kering dan Keriput Saat Dimasak

Untuk membuat sambel goreng kentang ati, alangkah lebih baiknya jika tidak hanya cita rasanya yang enak tapi penampilannya juga terlihat cantik untuk menggugah selera. Terkadang sering kita lihat sambel goreng kentang ati yang kentangnya terlihat keriput dan kering sehingga rasanya pun kurang lezat.

Tapi jangan khawatir, selain tips menggoreng ati dan ampela, Gramedia juga tahu nih kenapa kentang yang kamu goreng bisa terlihat keriput dan kering serta kurang terasa lezat. Yuk disimak!

 

  • Kentang dibuat terlalu kecil

Untuk membuat sambel goreng kentang, kamu tidak perlu memotong kentang terlalu kecil. Kamu harus memotongnya berbentuk kotak dengan ukuran yang benar, tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar.

Sebab, semakin kecil potongan kentang, semakin besar juga potensi kentang akan menjadi keriput dan kering saat telah digoreng. Kentangnya cukup kamu potong dengan ukuran 2×2 cm, tidak perlu dengan ukuran yang pas, kamu bisa memperkirakan ukurannya saja.

  • Goreng kentangnya sampai matang

Nah, pasti Teman Gramed banyak melakukan kesalahan di tahap ini. Kalian perlu ingat, bahwa setelah menggoreng kentang tersebut akan kembali dimasak bersama dengan bumbu dan bahan lainnya. Karena itulah, kentang tidak perlu digoreng hingga matang. Cukup goreng kentang hingga terlihat memiliki kulit saja. Jadi setelah kentang sudah terlihat berkulit, langsung angkat kentangnya.

Kamu juga perlu mengetahui jika tahap menggoreng kentang hanya bertujuan untuk menghalangi air yang dapat keluar dari kentang ketika dimasak bersamaan dengan bumbu dan bahan lain, sehingga kentangnya tidak akan hancur. Kentang yang sudah keriput adalah tanpa jika tidak ada lagi air yang dikandung dalam kentang.

  • Kentang terlalu lama didiamkan 

Setelah kamu selesai menggoreng kentang, kamu tidak boleh terlalu lama mendiamkannya. Hal ini bisa membuat kentang jadi keriput dan kurang lezat. Untuk itu, sebaiknya kentang yang telah digoreng langsung kembali dimasak bersama dengan bumbu dan bahan lainnya. Bumbu dapat kau tumis sebelum menggoreng kentang.

Dengan kata lain, kentang adalah langkah yang harus kau lakukan setelah kamu selesai menyiapkan bahan lainnya seperti tumisan bumbu dan ati serta ampela yang telah digoreng.

 

Penulis: Anggita

Rujukan:

  • https://bali.tribunnews.com/amp/2020/11/01/tips-bikin-sambal-goreng-kentang-durasi-memasak-jadi-kunci-cita-rasa-dan-tekstur-yang-pas
  • https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://m.fimela.com/amp/4133544/tips-menggoreng-ati-ampela-agar-minyaknya-tidak-meletus&ved=2ahUKEwiGoOzR7Lr8AhWSVmwGHZWMAmkQFnoECA0QAQ&usg=AOvVaw3zdZ-UqBnzWwNPoWzczdYY
  • https://cookpad.com/id/r/2867188
  • https://cookpad.com/id/r/14180197
  • https://cookpad.com/id/r/16221997
  • https://sehatq.com/artikel/bukan-hanya-untuk-masakan-ini-manfaat-kunyit-yang-jarang-diketahui
  • https://sehatq.com/artikel/manfaat-telur-salmon-untuk-kesehatan-kurangi-peradangan-hingga-redakan-arthritis
  • https://sehatq.com/artikel/ldl-adalah-kolesterol-jahat-waspada
  • https://sehatq.com/artikel/berapa-berat-badan-ideal-pria-bisa-dihitung-dengan-cara-ini
  • https://sehatq.com/artikel/hormon-endorfin-adalah-salah-satu-senyawa-kebahagiaan-di-tubuh
Sumber : theatlantamall


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Khansa Amira

Khansa adalah seorang Content Writer yang telah berkarir sejak tahun 2021 dan dunia kepenulisan selalu menarik baginya. Dengan menulis Khansa dapat membuka wawasan dan pandangan baru tentang topik-topik menarik, terutama dunia kuliner.