in

Cara Membuat dan Resep Perkedel Tahu

 

Resep perkedel tahu – Tahu merupakan makanan yang berasal dari endapan biji kedelai yang diperas, kemudian difermentasi. Tahu dibuat dengan menggiling kedelai menjadi pasta halus, direbus dan kemudian dicampur dengan bahan penggumpal, seperti kombinasi dari kalsium sulfat, biang tahu, dan asam cuka, pewarna yang dipakai yaitu kunyit. Dari sari endapan yang dihasilkan kemudian ditekan menjadi balok atau lempengan, menghasilkan makanan lunak dan kenyal.

Tahu adalah makanan serbaguna yang bisa digunakan dalam berbagai hidangan, termasuk sup, tumis, salad, dan makanan penutup. Rasanya yang hambar menjadikannya bahan yang ideal untuk menyerap rasa bahan lain dalam hidangan, dan teksturnya yang padat dan lembut membuatnya bisa berperan sebagai pengganti daging yang populer untuk vegetarian dan vegan.

Tahu tinggi protein dan mengandung semua asam amino esensial, menjadikannya sumber nutrisi yang sangat baik bagi orang yang mengikuti pola makan nabati. Tahu juga rendah kalori, lemak jenuh, dan kolesterol, dan mengandung berbagai nutrisi lain, termasuk zat besi, kalsium, dan magnesium.

Di Indonesia, sebagian orang hanya menggoreng tahu saja yang kemudian dijadikan sebagai lauk pauk. Namun, sebagian lainnya mengolah tahu menjadi makanan yang berbeda. Salah satu makanan yang terbuat dari tahu dan rasanya nikmat adalah perkedel tahu.

Lalu, apakah Grameds sudah pernah membuat perkedel tahu di rumah? Nah, jika ingin tahu resep dan cara membuat perkedel tahu, maka kamu bisa simak artikel ini sampai selesai, Grameds.

Sebelum itu, ada baiknya kalau kita membahas tentang kandungan yang ada di dalam tahu terlebih dahulu.

 

Kandungan Dalam Tahu

allybally4b / Pixabay.com

 

Tahu, atau tofu, adalah produk olahan dari susu kedelai yang memiliki kandungan nutrisi yang baik, termasuk vitamin. Sebagai catatan, kandungan vitamin dalam tahu dapat berbeda-beda tergantung dari proses pembuatannya dan sumber bahan bakunya.

Berikut adalah beberapa kandungan vitamin dalam 100 gram tahu:

  • Protein: 8 gr
  • Karbohidrat: 2 gr
  • Serat: 1 gr
  • Lemak: 4 gr
  • Vitamin B1 (Thiamin): 0,07 mg
  • Vitamin B2 (Riboflavin): 0,05 mg
  • Vitamin B3 (Niacin): 1,6 mg
  • Vitamin B5 (Asam Pantotenat): 0,4 mg
  • Vitamin B6 (Piridoksin): 0,14 mg
  • Vitamin B9 (Asam Folat): 38 mcg
  • Vitamin K: 9,3 mcg
  • Selenium: 14% dari kebutuhan harian tubuh
  • Zinc: 6% dari kebutuhan harian tubuh
  • Magnesium: 9% dari kebutuhan harian tubuh
  • Zat besi: 9% dari kebutuhan harian tubuh
  • Fosfor: 11% dari kebutuhan harian tubuh
  • Mangan: 31% dari kebutuhan harian tubuh
  • Kalsium: 20% dari kebutuhan harian tubuh
  • Tembaga: 11% dari kebutuhan harian tubuh

Bukan Sekadar Tahu Goreng Biasa

“Camilan paling diminati ini bernama “”Tahu Goreng””. Disantap kapanpun dengan siapapun, dan suasana apapun. Untuk kamu yang ingin mencoba berbagai resep tahu, maka bisa mencari tahunya pada buku Bukan Sekadar Tahu Goreng Biasa.

Ada 25 resep tahu goreng sedap nikmat dalam buku ini, yang semuanya tidak biasa karena semua resep tahu goreng dalam buku ini diracik istimewa. Di antaranya, Tahu Pletok Slawi, Tahu Boom, Nugget Tahu Sayuran yang cocok untuk anak-anak, Batagor, Tahu Kipas.”

Di Balik Pena: Curahan Hati Natasha Rizky dalam Buku “Kamu Tidak Istimewa”

 

Tentang Tahu Indonesia

Varian tahu di Indonesia telah mengalami indigenisasi sehingga muncul berbagai varian tahu serta panganan berbahan tahu. Tampilan luar tahu ada yang berwarna putih maupun kuning. Karena populernya, tahu menjadi bagian makanan tak terpisahkan dengan berbagai tingkat sosial di Indonesia, bersama-sama dengan tempe.

Salah satu tempat yang menjadikan tahu kuning sebagai makanan khas adalah di Kediri. Di sana, tahu dikenal sebagai tahu takua. Selain itu, ada lagi tempat yang terasosiasi dengan tahu yaitu di Sumedang, nah siapa yang tidak asing dengan tahu yang khas dari tempat ini.

Biasa dikenal dengan Tahu Sumedang, tahu ini berasal dari tahu putih yang diolah menjadi tahu goreng yang sangat garing dan lembut.

Adalagi dari Surakarta, varian tahu yang diolah disini cukup unik yaitu dibuat menjadi kembang tahu yang dikenal dengan tahu yang super lembut, kenyal, dan halus ketika dimakan dengan kuah jahe yang hangat. Kembang tahu biasa nikmat disantap ketika sedang hujan, dingin, ataupun sedang butuh sesuatu yang menghangatkan.

Meski memiliki banyak manfaat kesehatan potensial, namun tahu bukan tanpa kekurangannya. Beberapa orang merasa tekstur tahu itu tidak menarik, dan rasanya yang hambar bisa menurunkan nafsu makan bagi mereka yang tidak terbiasa. Selain itu, kedelai adalah salah satu tanaman hasil rekayasa genetika yang paling umum selain tempe, dan banyak orang mengkhawatirkan potensi risiko kesehatan yang terkait dengan mengonsumsi makanan hasil rekayasa genetika.

Tahu juga bisa sulit disiapkan dengan benar, karena teksturnya yang kenyal apalagi untuk tipe tahu sutra akan mudah hancur jika tidak dimasak dengan benar. Beberapa tips memasak dengan tahu termasuk menekan tahu untuk menghilangkan kelebihan cairan, merendamnya sebelum dimasak untuk meningkatkan rasanya, dan memotongnya menjadi kubus atau irisan kecil agar lebih mudah dimasak secara merata.

Banyak rupa-rupa makanan yang menjadikan tahu sebagai salah satu bahan utama pembuatannya dan divariasikan dengan bahan-bahan lain. Untuk tahu yang digoreng biasa disajikan sebagai makanan pendamping yang berkuah seperti bakso, soto, ataupun bisa juga makanan kering seperti batagor. Selain itu sebagai pendamping makanan yang dikukus seperti untuk siomay, mereka menggunakan tahu kukus sebagai salah satu komponen makanannya.

Contoh lain seperti variasi yang dibuat menjadi tahu bacem, tahu isi, kerupuk tahu, tahu bakso, tahu campur, tahu guling, hingga perkedel tahu. Nah, di bawah ini merupakan resep perkedel tahu yang bisa kalian coba di rumah nih grameds, yuk intip resep dan cara pembuatannya:

Nikmat dan Sehat Hidangan Olahan Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe adalah dua bahan makanan yang sangat populer di Indonesia. Mudah dijumpai dan harganya terjangkau. Kandungan gizinya terjamin, dan rasanya lezat

pula. Dengan banyaknya kelebihan ini, tak mengherankan bila hampir setiap keluarga menyajikannya sebagai pilihan menu sehari-hari.

Nah, bagi yang penasaran dengan variasi olahan tahu dan tempe, maka kamu bisa membaca buku Nikmat dan Sehat Hidangan Olahan Tahu dan Tempe. Buku ini berisi resep-resep khusus tahu dan tempe yang bisa menambah koleksi resep Anda.

Kini, Anda pun bisa dengan mudah menyajikan aneka menu berbahan tahu dan tempe kepada keluarga tercinta tanpa bingung memikirkan cara pengolahannya lagi. Resep tahu dan tempe yang terpilih dalam buku ini adalah yang populer dari dapur Indonesia dan banyak disukai seluruh anggota keluarga.

Pilihlah resep yang Anda sukai, yang sesuai dengan selera Anda hari ini. Segeralah memasak hidangan dari tahu dan tempe yang terbaik bagi keluarga tercinta.

Resep dan Cara Membuat Perkedel Tahu

Perkedel tahu adalah salah satu makanan yang populer di Indonesia. Terbuat dari tahu yang digoreng dan dibentuk seperti perkedel, makan perkedel tahu bisa menjadi pilihan yang lezat dan mudah dibuat. Anda bisa menikmati perkedel tahu dengan nasi atau dengan lalapan.

Bahan-bahan:

  • 500gr tahu putih, dipotong-potong
  • 2 butir telur
  • 2 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan tepung roti
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat

  1. Campur tahu potongan dengan telur, bawang putih halus, garam, merica bubuk, dan tepung roti. Aduk hingga rata.
  2. Ambil sejumput adonan dan bentuk seperti bola-bola. Lalu tekan bola adonan hingga menjadi bentuk persegi.
  3. Panaskan minyak dalam wajan hingga panas. Goreng perkedel tahu hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  4. Sajikan perkedel tahu dengan nasi dan lalapan atau sambal yang disukai.
  5. Perkedel tahu adalah makan lezat yang mudah dibuat dan bisa menjadi pilihan untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Anda bisa menambahkan rempah-rempah lain seperti bawang merah halus atau daun bawang untuk memberikan rasa yang lebih kompleks.

Selain mudah dibuat, perkedel tahu juga bisa menjadi alternatif yang baik untuk makan ringan dan tahu yang digunakan dalam perkedel tahu mengandung protein dan serat yang baik bagi kesehatan.

Nah Grameds, kita sudah tau ya mengenai tahu hingga nutrisinya, dan variasi yang dapat dibuat dari tahu salah satunya dijadikan perkedel. Kita juga telah membahas mengenai resep-resep perkedel tahu yang menarik untuk dicoba.

Jika kalian ingin mencoba membuat perkedel tahu, cobalah resep di atas. Kalian akan menemukan makanan lezat yang mudah dibuat dan bisa menjadi pilihan yang baik untuk keluarga. Nikmati perkedel tahu dengan nasi dan lalapan, atau sambal yang disukai. Selamat mencoba!

Jika Grameds ingin mencari buku resep makanan, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Step by Step 25 Resep Sajian Tahu Sehat & Lezat ala Sisca Soewitomo

 

Hj. Sis Cartica (Sisca) Soewitomo adalah ibu dari 3 anak yang sudah dewasa serta nenek dari 5 cucu. Tahun 1977-1991, perempuan kelahiran Surabaya, 8 April 1949 ini bekerja sebagai asisten dosen dan dosen senior Akademi Pariwisata Trisakti, merangkap sebagai Kepala Bagian Humas, Kepala Bagian Pengabdian Masyarakat, sekretaris direktur akademi.

Sudah ada banyak resep yang pernah ia berikan, mulai dari resep-resep yang disampaikan melalui tv hingga buku. Nah, bicara tentang tahu, maka tak ada salahnya untuk membaca buku Step by Step 25 Resep Sajian Tahu Sehat & Lezat ala Sisca Soewitomo. 

Buku ini berisi 25 resep sajian sehat olahan tahu yang digemari banyak orang. Dengan cita rasa Indonesia, dan Oriental. Dilengkapi dengan foto step by step yang semakin memudahkan untuk dipraktikkan. Buku ini wajib dimiliki oleh pecinta kuliner serta pengusaha jasa boga dan restoran yang ingin mengeksplorasi khazanah kuliner nusantara dan mancanegara.

 

Resep Sajian Tahu Tempe Favorit ala Sisca Soewitomo

Cara mengolah lauk-pauk dari bahan tahu dan tempe ini tidaklah sukar. Bahan makanan ini sangat tepat untuk dihidangkan sehari-hari di rumah. Harga bahannya cukup murah, tetapi hasil olahannya merupakan hidangan istimewa yang rasanya lezat dan gurih.

Penasaran dengan mengolah tahu dan tempe menjadi hidangan yang lezat? Kamu bisa menemukannya pada buku Resep Sajian Tahu Tempe Favorit ala Sisca Soewitomo. Ada banyak resep yang bisa kamu coba dalam buku ini.

Dari ke-50 resep dalam buku ini, ada yang bercita rasa pedas, karena menggunakan cabai rawit sebagai salah satu bumbunya, yaitu Rujak Tahu, Sambal Tempe, Tahu Telur Istimewa. Sedang yang agak pedas, antara lain: Sambal Goreng Tempe Udang, Sambal Goreng Tempe atau Sambal Tumpang.

Jadi, tunggu apalagi, segera dapatkan bukunya, Grameds.

Penulis: Alicia

Rujukan:

  • http://tahubaxo-ibupudji.com/tahu-adalah/
  • https://www.medcom.id/pilar/kolom/dN6011qk-banyak-orang-indonesia-tak-sadar-makan-tempe-kedelai-hasil-rekayasa-genetik
  • http://e-journal.uajy.ac.id/7912/3/BL201188.pdf
  • https://www.gramedia.com/literasi/proses-pembuatan-tahu/
  • https://vivahealth.co.id/article/detail/12347/kenali-manfaat-tahu
  • https://www.briliofood.net/resep/8-resep-perkedel-tahu-enak-sederhana-dan-mudah-dibuat-210401m.html
Sumber : theatlantamall


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Khansa Amira

Khansa adalah seorang Content Writer yang telah berkarir sejak tahun 2021 dan dunia kepenulisan selalu menarik baginya. Dengan menulis Khansa dapat membuka wawasan dan pandangan baru tentang topik-topik menarik, terutama dunia kuliner.