in

Resep Cumi Saus Padang, Mudah Disajikan dan Hidangan Penuh Akan Gizi

Resep cumi saus Padang – Di dunia ini banyak banget bahan baku yang bisa dijadikan masakan. Baik itu dari flora maupun fauna jika diolah dengan cara masak yang baik tentunya akan menghasilkan hidangan yang begitu menggugah selera.

Salah satu bahan baku yang bisa kalian coba adalah cumi. Ya, cumi merupakan salah satu makhluk hidup yang di dalamnya terdapat banyak sekali sumber protein. Menariknya lagi, cumi bisa diolah menjadi berbagai jenis menu makanan.

Salah satunya adalah cumi saus Padang yang tentunya bisa kalian coba di rumah. Saat ini, keberadaan dari menu cumi saus Padang sendiri sudah bisa kalian temukan di berbagai jenis tempat makan, khususnya yang menyediakan hidangan seafood.

Bahkan, ternyata kalian juga bisa mengolah sendiri makanan tersebut tentunya dengan bantuan resep cumi saus Padang. Nah, di dalam artikel ini akan menyediakan informasi seputar resep cumi saus padang yang bisa kalian jadikan panduan.

Resep Cumi Saus Padang

Setiap jenis menu makanan tentunya memerlukan resep dalam proses pembuatannya. Di mana hal ini juga berlaku untuk menu makanan  cumi saus Padang. Kalian wajib tahu banget nih apa saja yang ada di dalam resep cumi saus padang tersebut.

Tak perlu bingung jika kalian belum tahu resep cumi saus Padang. Sebab, dalam artikel ini akan menjelaskan secara lengkap, mulai dari bahan baku hingga proses pembuatan sudah dirangkum dengan jelas dalam artikel ini. Tentunya kalian bisa mengikuti setiap tahapan yang telah dijelaskan di bawah ini.

Bahan Baku

  1. Siapkan terlebih dahulu cumi dalam takaran 1000 gram yang sudah bersih dan dipotong bulat tebal dengan ukuran 2 cm
  2. Siapkan 3 cm jahe yang sudah dimemarkan
  3. Siapkan 1 ½ sendok makan saus tiram
  4. Siapkan saus sambal sebanyak 2 sendok makan
  5. Siapkan saus tomat sebanyak 3 sendok makan
  6. Siapkan ½ sendok teh merica bubuk
  7. Siapkan gula pasir sebanyak ¼ sendok teh
  8. Siapkan air sebanyak 250 ml
  9. Siapkan mintak goreng sebanyak 2 sendok makan yang digunakan untuk menumis

Bahan Bumbu Halus

  1. Siapkan  cabai merah besar sebanyak 6 buah
  2. Siapkan bawang merah sebanyak 5 butir
  3. Siapkan 3 siung bawang putih

Cara Pembuatan Menu Makanan Cumi Saus Padang

  1. Panaskan minyak yang digunakan untuk menumis dan tumis bumbu halus serta jahe hingga memiliki aroma harum.
  2. Masukan cumi yang sudah disiapkan sebelumnya dan jangan lupa untuk mengaduk sebentar.
  3. Masukkan beberapa bahan tambahan seperti saus tiram, saus sambal, saus tomat, merica bubuk, dan gula pasir.
  4. Ketika semua sudah masuk, aduk hingga merata.
  5. Lanjutkan dengan memasukkan sedikit air dan oseng secara terus-menerus agar bumbu bisa lebih meresap ke cumi.
  6. Jika sudah terlihat matang, matikan kompor dan sajikan cumi saus Padang di atas tempat yang sudah disiapkan.
  7. Selesai dan menu makanan cumi saus Padang siap untuk dinikmati.

Nah, itulah resep cumi saus Padang yang bisa kalian jadikan panduan. Sebelum itu, kalian bisa menambahkan atau mengurangi jumlah cabai sesuai dengan selera yang diinginkan. Selamat memasak dan tunjukkan kreasi terbaikmu pada makanan yang kalian buat.

Sekilas Tentang Cumi-Cumi

pixabay

Cumi-cumi adalah salah salah satu jenis hewan yang kerap kita temukan di berbagai jenis tempat makan seafood. Bahkan banyak menu makanan dengan bahan baku cumi-cumi seperti cumi saus Padang yang menawarkan kelezatan tersendiri ketika disantap.

Menariknya, cumi-cumi juga menjadi salah satu hewan yang begitu terkenal di kalangan pecinta laut, khususnya bagi mereka yang memiliki hobi untuk menyelam. Pasalnya, cumi-cumi juga masuk ke dalam hewan unik dan cukup cerdas.

Cumi-cumi adalah hewan cephalopoda besar atau masuk ke dalam jenis moluska yang hidup di dalam laut. Nama cephalopoda pada cumi-cumi berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti kaki kepala. Hal ini karena cumi-cumi memiliki bentuk kaki yang terpisah menjadi sejumlah tangan dan melingkari kepala. Jika kita lihat secara sekilas seakan-akan hewan cumi-cumi berjalan dengan menggunakan kepala.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Sama seperti jenis cephalopoda lainnya, cumi-cumi juga dipisahkan dengan memiliki kepala yang berbeda. Selain itu, cumi-cumi juga masuk ke dalam golongan invertebrata atau hewan tak bertulang belakang.

Beberapa cumi-cumi ada yang hidup pada bagian laut yang cukup dalam dan salah satu jenisnya adalah Heteroteuthis. Di mana cumi-cumi jenis ini memiliki kemampuan untuk memancarkan cahaya ketika berada di kedalaman laut.

Lalu, untuk bagian yang bisa mengeluarkan cahaya tersebut berada pada ujung juluran panjang yang cukup menonjol di depan. Heteroteuthis juga memiliki kemampuan menyemprotkan sejumlah besar cairan bercahaya. Hal tersebut akan berlangsung ketika dirinya merasa terganggu dan proses yang sama juga akan terjadi ketika cumi-cumi jenis biasa merasa terganggu.

Secara umum ukuran dari cumi-cumi hanya sebesar 5,1 cm namun ada juga jenis cumi raksasa bernama Architeuthis princeps dengan ukuran lebih dari 15 m. Keberadaan dari cumi-cumi raksasa ini kerap ditemukan terdampar di sepanjang pantai New Foundland.

Sedangkan jenis cumi biasa yang bisa dikonsumsi oleh manusia adalah jenis Loligo pealei. Keberadaan dari jenis cumi-cumi tersebut biasa ditemukan di perairan Laut Tengah, Asia Timur hingga sepanjang pantai timur Amerika Utara.

 

Kandungan Gizi Pada Cumi-cumi

Cumi-cumi adalah salah satu hewan laut yang memiliki kandungan nutrisi serta gizi cukup tinggi. Tak bisa dimungkiri juga jika cumi-cumi juga termasuk hewan yang bisa diolah dengan berbagai macam jenis proses masak. Mulai dari cara masak di goreng hingga cara masak di panggang. Semua jenis masakan cumi-cumi akan mampu memberikan kenikmatan tersendiri.

Bukan hanya kandungan gizi yang begitu tinggi, tetapi cumi-cumi juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain lezat ketika dikonsumsi, ternyata cumi-cumi juga menawarkan segudang kandungan yang bermanfaat lho di dalamnya.

Nah, di bawah ini ada beberapa jenis kandungan yang ada di dalam cumi-cumi.

1. Kalori

Cumi-cumi mentah yang belum diolah memiliki kandungan 78 kalori. Di mana 78 kalori tersebut terdiri dari 70 persen protein, 15 persen karbohidrat dan 15 persen lemak. Ketika cumi-cumi dimasak dengan cara digoreng, maka kandungan kalori yang ada di dalamnya akan bertambah menjadi dua kali lipat.

Hal ini karena kalori yang ada di cumi-cumi berasal dari lemak sekitar 40 persen. Satu porsi cumi-cumi goreng memiliki kisaran jumlah protein sebesar 40 persen dan 20 persen karbohidrat.

2. Lemak

Satu porsi cumi-cumi mentah memiliki kandungan lemak sebesar 1,2 gram. Hampir sama dengan jenis makanan laut lainnya, cumi-cumi juga memiliki kandungan kolesterol yang terbilang cukup tinggi sekitar 198 ml per porsinya.

Namun, perlu diketahui juga jika angka tersebut bisa berubah kembali ketik cumi-cumi mengalami proses masak. Di mana cumi-cumi goreng akan memiliki lemak sebesar 6,4 gram per porsinya yang terdiri dari 1,6 gram lemak jenuh dan kolesterol sebesar 221 ml.

Disarankan bagi kalian yang memiliki penyakit jantung sebaiknya lebih membatasi mengkonsumsi makanan dengan bahan baku cumi-cumi, apalagi ketika cumi-cumi tersebut diproses masak secara digoreng.

3. Protein

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian awal jika cumi-cumi memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, baik itu pada cumi-cumi mentah maupun yang sudah diolah menjadi masakan. Bahkan, dalam satu porsi saja, cumi-cumi bisa memberikan kandungan sebanyak 13,1 gram protein yang bisa memenuhi kebutuhan 29 persen protein pada wanita dan 24 pesen protein pada pria.

Sedangkan cumi-cumi yang sudah dalam kondisi diolah mampu memberikan kandungan protein sebanyak 15,3 gram. Di mana angka tersebut akan bisa memenuhi kebutuhan 33 pesan protein bagi wanita dan 27 persen bagi para pria.

4. Mineral

Tahukah kalian jika cumi-cumi memiliki kandungan mineral yang begitu besar dan dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kandungan mineral yang ada di dalam cumi-cumi mentah maupun sudah diolah terbilang cukup sama.

Namun untuk kandungan natrium pada cumi yang sudah diolah akan memiliki angka yang lebih tinggi sekitar 260 mol. Selain itu ada berbagai jenis mineral lain yang terkandung di dalam cumi-cumi seperti fosfor, zat besi dan juga selenium.

Perlu diketahui juga jika satu porsi cumi-cumi bisa mengandung 10 persen zat besi, 25 persen fosfor dan 50 persen selenium.

5. Vitamin

Cumi-cumi mentah maupun sudah diolah ternyata keduanya memiliki kandungan Vitamin B12 cukup tinggi. Di mana Vitamin B12 juga masuk ke dalam kandungan yang bisa membantu tubuh manusia untuk memproduksi sel darah merah serta menjaga kesehatan sistem saraf. Tubuh tidak bisa memproduksi vitamin dan ternyata sangat baik jika dibantu dengan mengkonsumsi cumi-cumi dengan porsi yang tepat.

Manfaat Mengonsumsi Cumi-Cumi

Tak hanya ikan dan udang saja yang kerap diolah sebagai hidangan laut. Namun, cumi-cumi juga masuk ke dalam daftar bahan baku favorit menu makanan khas laut. Tenturnya yang kenyal yang diimbangi dengan rasa gurih ketika diolka dengan bumbu yang sedap menjadi ciri khas dari cumi-cumi. Karena hal tersebut juga menjadikan para penggemar olahan seafood begitu menyukai jenis akanan laut dengan bahan baku cumi-cumi.

Saat ini, cumi-cumi tak hanya bisa diolah menjadi makanan berat saja, tetapi cumi-cumi saat ini juga sudah diolah dalam berbagai macam jenis cemilan ringan dan tentunya sangat digemari oleh para pecinta hewan yang satu ini.

Nah, bagi kalian yang begitu suka atau ingin mengkonsumsi cumi-cumi, ternyata bisa mendapatkan banyak manfaat lho. Lantas, apa saja sih manfaat mengkonsumsi cumi-cumi? Yuk, cari tahu melalui penjelasan yang ada di bawah ini.

1. Membantu Membangun Otot

Cumi-cumi adalah salah satu jenis hewan yang memiliki kandungan protein cukup kaya. Oleh karena itu, banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan dari mengkonsumsi cumi-cumi.

Dalam 100 gram cumi-cumi ada 16 gram protein yang bisa memenuhi sekitar 30 persen kebutuhan harian pria. Selain itu protein yang ada di cumi-cumi juga berperan penting sebagai nutrisi yang membantu membangun dan membentuk otot jadi lebih sehat.

Bagi kalian yang memang sedang dalam proses diet, protein juga bisa membantu kalian untuk mengontrol nafsu makan lho. Hal ini karena tubuh membutuhkan beberapa saat ketika akan melakukan proses pencernaan protein sehingga perut akan bisa terasa kenyang begitu lama.

2. Membantu Menurunkan Kolesterol

Cumi-cumi adalah salah satu jenis hewan yang begitu sehat ketika dikonsumsi karena di dalamnya memiliki kandungan lemak dan kalori yang begitu rendah. Total lemak dalam 100 gram cumi-cumi hanya sebesar 1,2 g saja. Namun, sebagian besar adalah lemak tak jenuh yang begitu baik bagi tubuh. Lemak tak jenuh adalah nutrisi penting yang bisa dimasukkan ke dalam bagian pola makanan sehat sehari-hari.

Salah satu asam lemak tak jenuh yang begitu bagus untuk tubuh dan terdapat di dalam cumi-cumi adalah omega 3. Adanya kandungan tersebut menjadikan cumi-cumi bisa memberikan berbagai macam jenis manfaat. Antara lain seperti mengurangi kolesterol tinggi, meningkatkan kolesterol baik hingga menjaga kesehatan kardiovaskular atau jantung dan pembuluh darah.

Bukan cuma itu saja, pasalnya lemak tak jenuh juga memiliki fungsi sebagai sumber energi bagi tubuh manusia. Di mana nutrisi tersebut juga begitu baik untuk membantu tubuh menyerap jenis vitamin yang bisa larut dalam lemak seperti Vitamin A, D, E dan K.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain membantu menurunkan kolesterol ternyata cumi-cumi juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung lho. Hal ini karena cumi-cumi memiliki kandungan tembaga yang berguna untuk membantu metabolisme zat besi serta pembentukan sel darah merah.

4. Membantu Memenuhi Kebutuhan Vitamin Dalam Tubuh

Pada dasarnya kandungan vitamin dan mineral cukup lengkap di dalam cumi-cumi bisa menjadikan seseorang yang mengkonsumsinya bisa lebih mudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu.

Mulai dari Vitamin A, B6, B12, C dan E hingga mineral seperti kalsium, zat besi, sodium dan magnesium bisa didapatkan di dalam cumi-cumi. Vitamin dan mineral juga begitu penting menunjang perkembangan dan kesehatan tubuh manusia.

5. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan vitamin yang ada di dalam cumi-cumi terbilang cukup lengkap hingga memberikan berbagai jenis manfaat yang cukup menyehatkan bagi pencernaan. Beberapa kandungan seperti niasin atau vitamin B3 dan riboflavin atau vitamin B2  yang ada di dalam cumi-cumi juga sangat diperlukan bagi tubuh manusia untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan menambahkan nafsu makan.

6. Rendah Merkuri

Bahaya merkuri yang ada di dalam beberapa jenis seafood menjadikan banyak orang lebih waspada ketika ingin mengkonsumsi hidangan laut. Hal ini karena merkuri memungkinkan memberikan dampak buruk pada sistem saraf tubuh manusia. Akan tetapi, EPA atau Badan Perlindungan Amerika Serikat sudah memberikan pernyataan jika kandungan merkuri yang ada di dalam cumi-cumi cukup rendah sehingga begitu aman ketika dikonsumsi.

Efek Samping Mengonsumsi Cumi-cumi

Selain memiliki kandungan kolesterol, beberapa orang menghindari untuk mengkonsumsi makanan laut karena ada kekhawatiran terkait dengan bahaya merkuri. Namun kandungan merkuri pada cumi-cumi terbilang cukup rendah sehingga begitu aman ketika dikonsumsi.

Agar lebih aman lagi, sebaiknya kalian menghindari mengolah cumi-cumi dengan cara menggoreng agar terhindar dari keberadaan kolesterol. Oleh karena itu, ada beberapa cara lain yang bisa kalian lakukan dalam mengolah cumi-cumi secara lebih aman dan menjaga kandungan gizi serta manfaat seperti memanggang, menumis, megkukus.

Layaknya makanan laut jenis lainnya, sebaiknya hindari mengkonsumsi cumi-cumi ketika kalian memiliki alergi. Beberapa gejala alergi akan timbul ketika kalian mengkonsumsi cumi-cumi meski dalam jumlah sedikit adalah seperti pusing, mual, lidah terasa gatal, kulit gatal, muncul ruam, bintik merah, terasa panas hingga wajah berwarna kemerahan.

Nah, itulah rangkuman menarik tentang cumi-cumi yang bisa diolah menjadi beberapa jenis menu makanan seperti cumi saus Padang. Dapatkan penjelasan menarik lain yang tentunya tak boleh kalian lewatkan hanya di website resmi Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

Rujukan:

  • Https://www.halodoc.com/artikel/intip-berbagai-manfaat-kesehatan-di-balik-cumi-cumi?Utm_tracker=19d12eb0-809a-4236-885e-df0ac4fa01b9
  • Https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/bahaya-manfaat-cumi-cumi/
  • Https://www.halodoc.com/artikel/inilah-kandungan-gizi-yang-terdapat-dalam-cumi-cumi
  • Https://www.mongabay.co.id/2014/02/23/cumi-cumi-si-kecil-cerdas-dari-dalam-lautan/
  • Https://www.kompas.com/food/read/2021/04/29/193200775/resep-cumi-saus-padang-menu-sahur-yang-masaknya-cepat
Sumber : theatlantamall


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Khansa Amira

Khansa adalah seorang Content Writer yang telah berkarir sejak tahun 2021 dan dunia kepenulisan selalu menarik baginya. Dengan menulis Khansa dapat membuka wawasan dan pandangan baru tentang topik-topik menarik, terutama dunia kuliner.