in

Cara Jualan di TikTok dan Mengenal Fitur Tiktok Shop

Cara jualan di TikTok saat ini dapat dimanfaatkan oleh banyak pebisnis. Dimana sekarang ini sudah banyak muncul platform untuk berjualan, tak terkecuali TikTok.

Aplikasi yang sangat populer digunakan untuk membagikan berbagai jenis video berdurasi pendek dengan format vertikal ini juga dapat digunakan sebagai tempat untuk jualan. Bahkan, tidak sedikit dagangan yang laris dijual melalui aplikasi TikTok ini.

Nah, untuk Anda para pemilik bisnis yang ingin mencoba peruntungan di TikTok, yuk simak artikel ini sampai selesai.

Supaya bisa berhasil, maka Anda harus memanfaatkan peluang yang ada dengan sebaik mungkin. Selain berjualan di platform yang selama ini sudah Anda gunakan, cobalah untuk berjualan di TikTok. Lalu, bagaimana cara jualan di TikTok agar bisa mendapatkan keuntungan yang berlimpah? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Apa Itu TikTok Shop

Aplikasi TikTok saat ini tak hanya memungkinkan para penggunanya untuk mengunggah ataupun menonton video saja. Akan tetapi, para pengguna juga bisa berbelanja melalui TikTok Shop. TikTok Shop ini merupakan salah satu fitur belanja online yang disediakan oleh Aplikasi TikTok yang dirilis supaya para pengguna TikTok dapat berjualan dan berbelanja online disini.

TikTok Shop ini menjadi salah satu langkah TikTok dalam mengembangkan bisnisnya menuju e-commerce. Sesuai dengan namanya, TikTok Shop ini sudah bisa Anda gunakan di Indonesia sejak April 2021. Dimana fitur ini memungkinkan para penggunanya melakukan transaksi jual beli secara langsung di aplikasinya.

Berbeda dengan platform media sosial lain seperti Instagram Shopping atau Facebook Shops yang secara otomatis akan mengarahkan para pengguna menuju ke website dari toko tersebut. TikTok Shop justru bisa mengarahkan para pengguna untuk berbelanja langsung tanpa perlu masuk ke aplikasi lainnya. Pastinya, hal ini akan mempersingkat waktu untuk pengguna TikTok Shop ketika ingin berbelanja dan menyelesaikan transaksi pembelian produk yang diinginkan.

Manfaat TikTok Shop untuk Bisnis

Jangan pernah meragukan fitur baru TikTok ini, sebab TikTok Shop menawarkan banyak sekali kelebihan. Dimana TikTok Shop ini memiliki sejumlah manfaat untuk bisnis Anda. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Bisa Jual Produk Apa Saja

Melalui TikTok Shop ini, Anda dapat menjual produk apa saja loh. Platform yang satu ini dapat Anda manfaatkan untuk menjangkau pasar yang lebih lua. Mengingat TikTok menjadi salah satu media sosial yang mempunyai pengguna paling banyak dan paling sering dikunjungi.

Dengan begitu, Anda tentu akan mempunyai banyak peluang untuk memperluas pasar dan menarik banyak pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk meningkatkan omzet penjualan dengan cara memanfaatkan berbagai macam fitur TikTok Shop.

Baik itu bisnis kecil ataupun bisnis yang sudah besar, dapat dengan mudah menjangkau konsumen dengan cara menggunakan TikTok Shop. Disini Anda bisa menjual produk makanan, elektronik, fashion, atau produk apa saja bisa Anda jual di platform ini.

The Architecture of Love | Di balik Pena

2. Penjualan Lebih Tinggi

Berjualan di TikTok Shop dapat meningkatkan penjualan, sebab aplikasi TikTok sendiri mempunyai kurang lebih 800 juta pengguna aktif. Bahkan, rata-rata para pengguna aktif dari TikTok akan membuka aplikasi tersebut sebanyak delapan kali dalam sehari. Jadi tidak heran jika TikTok termasuk ke dalam aplikasi media sosial yang cocok untuk berjualan online. Fakta tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk lewat platform TikTok. Misalnya saja dengan menggunakan hashtag yang sedang tren dan sesuai dengan brand Anda.

3. Konsumen Lebih Mudah Berbelanja

Aplikasi TikTok ini sudah menjadi salah satu aplikasi media sosial sekaligus platform belanja online. Sehingga para pengguna setia TikTok tidak akan lagi membutuhkan marketplace untuk berbelanja. Dengan memakai aplikasi TikTok ini, konsumen akan lebih mudah berbelanja, karena TikTok Shop ini menggabungkan antara media sosial dan marketplace. Dengan begitu, konsumen hanya perlu menggunakan satu platform untuk bermain sosial media sekaligus berbelanja. Pastinya lebih praktis dan menarik.

Cara Jualan di Tiktok yang Bikin Usaha Sukses

Setelah memahami pengertian dan manfaat dari TikTok Shop, berikut ini kita akan beralih untuk membahas mengenai cara jualan di TikTok Shop agar produk Anda laris manis.

1. Buat Akun Bisnis

Sebelum memulai jualan di TikTok Shop, Anda perlu merubah akun TikTok pribadi menjadi akun bisnis. Anda juga bisa mengalihkan akun pribadi menjadi akun bisnis dengan cara di bawah ini:

1. Klik “saya” lalu ketuk tanda titik tiga yang ada di pojok atas.

cara jualan di tiktok
2. Klik “kelola akun saya” kemudian klik “alihkan ke akun bisnis”.

cara jualan di tiktok

cara jualan di tiktok
3. Lanjutkan dengan cara memilih kategori bisnis yang sesuai.

cara jualan di tiktok

pilihan kategori saat beralih ke tiktok bisnis
4. Apabila sudah, Anda bisa mengedit profil, mulai dari memasang foto profil yang menarik sampai        mengisi bio dengan keterangan bisnis yang lengkap.
5. Jangan lupa untuk menambahkan link toko online Anda.

2. Bikin Konten yang Menarik

Apabila sudah memiliki akun TikTok Shop, Anda perlu membuat konten yang menarik. Dengan mengunggah konten yang menarik, Anda dapat menarik minat pengguna TikTok untuk melihat bisnis dan juga produk yang Anda jual. Jadi, usahakan untuk meluangkan waktu membuat konten yang menarik.

Misalnya saja, Anda bisa membuat konten awal untuk memperkenalkan bisnis. Lalu, selanjutnya membuat konten yang berisi tentang perkenalan produk yang Anda jual, sistem penjualan, pengemasan, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk memilih lagu-lagu ataupun filter yang sedang trend di kalangan pengguna TikTok supaya konten promosi bisnis bisa viral.

3. Tulis Caption yang Unik

Menulis caption itu cukup penting untuk diperhatikan apabila Anda ingin memperkenalkan bisnis dan produk dengan menarik. Pastikan Anda memperhatikan nama produk, informasi mengenai produk yang Anda jual, harga produk, dan berbagai lain lainnya yang berhubungan dengan produk Anda. Semakin unik caption yang Anda tulis, maka akan semakin besar kemungkinan pengguna TikTok akan tertarik melihat produk jualan Anda.

4. Manfaatkan Fitur Tiktok

Supaya produk yang Anda jual laris manis di TikTok Shop, maka Anda perlu memanfaatkan fitur-fitur yang ada di aplikasi TikTok. Fitur TikTok dapat membuat video konten menjadi lebih menarik perhatian target konsumen. Salah satunya yaitu fitur Unique Solution atau solusi keterlibatan unik.

Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan konsumen dengan cara yang lebih unik. Selain membalas komentar ataupun mengirim pesan singkat, Anda juga bisa merespons komentar ataupun pertanyaan dengan video melalui fitur tersebut. Jadi, fitur Unique Engagement Solution ini dapat menjadi solusi yang unik supaya bisnis yang Anda jalankan menjadi lebih dekat dengan konsumen.

5. Post Konten di Waktu yang Tepat

Anda ingin video promosi Anda banyak yang melihat dan viral? Sangat penting untuk mencari waktu yang tepat untuk mengunggah video konten. Sebaiknya Anda mengunggah konten TikTok antara jam 10 pagi sampai jam 1 siang atau ketika malam hari karena pada waktu itulah anak-anak sekolah, kuliah, dan pekerja mengisi waktu luang mereka untuk menonton video TikTok.

6. Konsisten Posting Konten

Untuk meningkatkan brand awareness, ada salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan konsisten mengunggah konten. Sebab, jika Anda sering mengunggah konten, maka kesempatan video Anda bisa menjangkau banyak audiens akan semakin besar. Selain itu, ada kemungkinan juga mereka akan menyukai dan memberikan komentar terhadap konten yang Anda buat dan semakin banyak orang yang menyukainya. Video Anda bisa tampil di halaman FYP atau for your page. Sehingga menambah brand awareness pengguna TikTok lain.

6. Jangan Lupa Pakai Hashtag

Hashtag akan menciptakan visibilitas yang luar biasa dan bisa membantu Anda menjangkau audiens target. Dengan menggunakan hashtag yang masih relevan dengan produk Anda dan sudah diikuti oleh banyak audiens, maka akan lebih orang yang bisa menonton konten video promosi Anda. Pengaruh hashtag ini sangat besar karena membuat konten promosi bisnis dan produk menjadi lebih cepat dikenal oleh banyak orang. Jangan pernah ragu untuk menambahkan beberapa hashtag yang sekarang sedang viral yang agar konten video Anda semakin banyak yang melihat.

7. Pasang Iklan

Jika Anda memiliki budget lebih, tidak ada salahnya untuk pasang iklan. TikTok Ads dapat membuat bisnis Anda lebih dikenal masyarakat luas. Berikut ini adalah beberapa jenis iklan yang tersedia di TikTok Ads, antara lain:

  • Iklan pra-putar: Ini adalah jenis iklan video yang muncul sesaat setelah pengguna membuka aplikasi TikTok.
  • Iklan dalam feed: Ini adalah jenis iklan yang umumnya muncul saat pengguna scroll feed.
  • Promosi tantangan hashtag: Ini adalah salah satu cara agar para pengguna menggunakan hashtag khusus.
  • Efek Bermerek: Ini adalah filter efek khusus yang digunakan pembuat konten video. Filternya hampir mirip dengan yang tersedia di Instagram dan Snapchat. Akan tetapi menampilkan informasi khusus brand atau merek.

8. Kerjasama dengan Influencer TikTok

Untuk menarik lebih banyak konsumen, salah satunya yaitu dengan bekerja sama dengan influencer ataupun content creator TikTok lain. Tanpa disadari, sudah ada banyak brand yang menggunakan influencer sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan penjualan dan juga brand awareness.

Namun Anda jangan sampai salah pilih, Anda juga perlu memperhatikan persona target konsumen dan juga tujuan dari promosi yang Anda lakukan. Misalnya saja, Anda berjualan make up dan skincare, maka Anda bisa memilih influencer yang fokus kontennya membahas tentang make up dan skincare. Bentuknya bisa berupa video testimoni hingga tutorial make up menggunakan produk yang Anda sediakan.

9. Jangan Lupa, Pakai Sistem Jualan Online

Umumnya, jualan online seperti website, marketplace, ataupun e-commerce termasuk juga TikTok Shop tentu mempunyai berbagai kendala. Contohnya saja, upload produk, sinkronisasi stok produk, hingga proses orderan yang hampir ratusan pesanan. Terlebih lagi jika Anda jualannya tidak hanya di TikTok Shop dan memiliki berbagai macam toko online di berbagai platform seperti facebook, instagram shopping, atau marketplace.

Tentunya akan sulit jika harus mengunggah produk satu per satu di semua channel penjualan dan harus membuka banyak tab. Atau Anda yang merasa kewalahan ketika memproses pesanan karena ada ratusan orderan yang masuk saat Anda melakukan Live TikTok dalam satu hari. Nah, untuk hal tersebut, solusinya adalah Anda perlu menggunakan sistem jualan online seperti halnya sistem omnichannel.

Cara Daftar TikTok Shop

Sebelum memulai untuk berjualan di TikTok Shop, tentu Anda harus memahami dulu bagaimana cara daftar di TikTok Shop. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya:

  • Buka laman web TikTok Shop di mesin pencari
  • Untuk Anda yang akan mendaftar sebagai penjual, maka Anda harus memilih opsi “Sign Up With TikTok Account” atau dengan “Sign Up With Phone & Email” yang ada di halaman utama website

  • Kemudian ikuti arahan petunjuk yang diberikan
  • Setelah berhasil, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran bisnis termasuk juga informasi yang berkaitan lainnya

  • Isi informasi seperti nomor ponsel, alamat pribadi, email, dan lain sebagainya
  • Selanjutnya, isi keterangan yang berkaitan dengan registrasi akun bisnis untuk mendapatkan verifikasi dari TikTok Shop

  • Jika semua cara di atas sudah selesai, maka tunggu hingga TikTok memberikan konfirmasi

  • Kemudian, barulah Anda bisa memperoleh fitur TikTok Shop untuk berjualan.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Cara Jualan Di TikTok



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rosyda Nur Fauziyah

Saya adalah Rosyda Nur Fauziyah dan biasa dipanggil Rosyda. Menulis adalah bagian dari aktivitas saya, karena menulis menjadi salah satu hal yang menarik. Sesuai dengan latar pendidikan saya, tema yang saya suka seputar ekonomi dan manajemen.

Kontak media sosial Linkedin saya Rosyda Nur Fauziyah