in

Cara Berlangganan Koran Digital Pikiran Rakyat yang Sangat Mudah

Cara Berlangganan Koran Digital Pikiran Rakyat – Pada dasarnya, membaca adalah suatu kegiatan yang bisa menambahkan pengetahuan dan wawasan seseorang, sehingga orang tersebut bisa mengetahui hal-hal yang sedang terjadi di luar negeri dan bisa memahami suatu hal dengan mudah karena memiliki berbagai macam sudut pandang. Dalam hal ini, membaca itu bukan hanya terpaku pada sebuah buku saja, tetapi bisa berbagai macam hal, seperti artikel, jurnal, hingga koran. Benar sekali, korang merupakan salah satu media yang bisa dijadikan sebagai bahan bacaan, mungkin saja kamu masih membaca koran hingga saat ini.

Koran menjadi salah satu media bacaan yang sangat penting bukan tanpa alasan, ia (koran) berisi banyak hal terutama berita-berita yang terjadi pada hari ini. Tidak hanya itu, koran juga memiliki rubrik “opini” yang di mana beberapa ahli akan menyampaikan beberapa hal melalui tulisan terhadap suatu fenomena yang sedang terjadi. Berita-berita yang ada di dalam koran akan membuat seseorang memiliki banyak kosakata yang bermanfaat untuk berinteraksi dengan orang lain atau orang banyak.

Jika dulu kita hanya mengenal koran yang dicetak saja, tetapi kini kita juga mengenal koran digital atau e-paper. Adanya koran digital ini menandakan bahwa industri koran terus bergerak maju mengikuti perkembangan zaman. Hal ini memang dilakukan agar koran terus ada walaupun berganti medianya, sehingga pembaca setia koran akan terus ada walaupun perkembangan teknologi terus maju.

Berbicara koran digital bisa dibilang kalau hampir semua koran cetak beralih ke koran digital. apalagi harga untuk berlangganan koran digital tidak jauh berbeda dengan koran cetak, sehingga mulai banyak orang yang beralih ke koran digital. Salah satu koran cetak yang mulai beralih ke koran digital adalah koran Pikiran Rakyat. Meskipun koran Pikiran Rakyat mulai beralih ke digital, tetapi kita masih bisa temukan koran Pikiran Rakyat dalam bentuk cetak atau dalam wujud kertas.

Koran yang beralamatkan di Bandung ini, bukan hanya merambah ke dunia digital saja, tetapi juga mempunyai aplikasi MyPikiranRakyat. Di dalam aplikasi tersebut memiliki banyak sekali fitur. Dengan kata lain, pada aplikasi ini bukan hanya bisa membaca koran saja, tetapi kamu bisa mendengar radio, melihat iklan baris, mengetahui portal web Pikiran Rakyat. Kamu bisa mengunduh atau download aplikasi MyPikiranRakyat pada Google Play Store, gratis dan kamu barus bisa merasakan berbagai macam fitur hanya dalam satu aplikasi, jika sudah memiliki akun. Ketika kamu sudah memiliki akun, bukan berarti kamu bisa membaca koran begitu saja. Untuk dapat mengakses dan membaca koran, kamu harus berlangganan koran Pikiran Rakyat.

Cara Berlangganan Koran Digital Pikiran Rakyat Lewat Ebooks Gramedia

Berlangganan e-paper Pikiran Rakyat bukan hanya melalui aplikasi MyPikiranRakyat saja, tetapi bisa juga melalui ebooks.gramedia.com. Namun, sebelum berlangganan di gramedia.com, kamu harus memiliki akunnya terlebih dahulu. Cara membuat akun sangat mudah, yaitu:

1. Kamu tinggal masuk ke website https://ebooks.gramedia.com/. dan download juga aplikasinya di Playstore dan AppStore.

2. Kemudian klik menu “masuk” dan barulah klik “register di sini”. Pada halaman ini, kamu harus mengisi nama lengkap, email, kata sandi, nomor handphone, tanggal lahir, jenis kelamin, dan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.

3. Setelah mengisi data diri dan menyetujui syarat dan ketentuan, maka kamu bisa klik ”daftar”.

Cara lainnya kamu bisa mengunduh Gramedia Digital terlebih dahulu di Google Play Store atau di App Store. 

1. Klik menu pengaturan yang ada pada bagian pojok kiri atas.

2. Pilih akun gramedia digital.

3. Kemudian, kamu bisa memilih “daftar dengan email”.

4. Isi data diri, seperti nama lengkap, email. Lalu, klik daftar.

5. Lalu, kamu bisa cek kotak masuk email untuk melakukan verifikasi.

6. Kamu akan otomatis masuk ke aplikasi gramedia digital.

Cara Buat Akun di MyPikiranRakyat

Sama dengan koran-koran digital pada umumnya, jika ingin berlangganan koran, maka harus memiliki akun terlebih dahulu. Bagi kamu yang belum memiliki akun dan belum tahu cara mendaftar akun, maka bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini. Di bawah ini akan dijelaskan secara singkat cara membuat akun di MyPikiranRakyat.

1. Download Aplikasi MyPikiranRakyat

Sudah pasti ketika ingin memiliki akun pada sebuah aplikasi, maka kamu perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Begitu juga pada aplikasi MyPikiranRakyat yang di mana seseorang harus memiliki akun terlebih dahulu baru bisa menggunakan beberapa fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut. Aplikasi MyPikiranRakyat bisa diunduh di Google Play Store. Unduh segera aplikasi tersebut karena gratis tanpa dipungut biaya apapun.

2. Pilih Cara Mendaftar Akun

Setelah mengunduh aplikasi MyPikiranRakyat di Google Play Store, kamu bisa membuka aplikasi tersebut. Pada saat pertama kali membuka aplikasi, kamu langsung disuruh memilih cara untuk memiliki akun. Adapun pilihannya berupa “Buat Akun Baru” atau “Masuk dengan Google”. Akan tetapi, kalau kamu sudah memiliki akun, maka bisa langsung masuk ke halaman utama dari aplikasi MyPikiranRakyat.

3. Ketika Klik “Buat Akun Baru”

Ketika kamu memilih untuk mendaftar akun dengan mengklik “Buat Akun Baru”, maka harus mengisi biodata data diri kamu dengan baik dan benar. Data-data diri yang harus diisi tersebut, mulai dari nama lengkap, email, password, nomor handphone, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat lengkap, agama, dan pekerjaan. Semua data-data itu harus dengan baik dan benar agar tidak ada kepalsuan data. Setelah mengisi semua data, langkah selanjutnya kamu tinggal klik “Daftar” dan akun kamu sudah jadi, mudah sekali bukan? Segera miliki akun di aplikasi MyPikiranRakyat.

4. Ketika Klik “Gunakan Akun Google”

Cara berikutnya untuk memiliki akun di aplikasi MyPikiranRakyat adalah klik kotak bertuliskan “Gunakan Akun Google”. Kemudian, akan muncul akun google yang kamu miliki, pilih salah satu yang akan kamu jadikan sebagai akun di MyPikiranRakyat. Alangkah baiknya, akun google yang dipilih merupakan akun yang sering digunakan, sehingga saat ada pemberitahuan, kamu langsung mengetahuinya.

Itulah beberapa cara agar kamu memiliki akun di aplikasi MyPikiranRakyat. Cara yang mana saja sama baiknya, tinggal kamu pilih yang lebih nyaman saja. Jika kamu memilih memiliki akun menggunakan Google, maka akan mudah selesai dan bisa masuk ke dalam aplikasi, tetapi kamu harus memperbaiki data diri di dalam aplikasi MyPikiranRakyat.

Sementara itu, jika kamu memilih menggunakan “Buat Akun Baru”, memerlukan waktu yang sedikit lebih lama daripada dengan cara mengklik “Gunakan Akun Google”. Meskipun lebih lama, tetapi ketika masuk ke halaman utama, sudah tak perlu mengisi data diri lagi.

Cara Berlangganan Koran Pikiran Rakyat Melalui Aplikasi MyPikiranRakyat

Uniknya dari aplikasi MyPikiranRakyat adalah seseorang yang sudah berlangganan koran Pikiran Rakyat secara konvensional atau dalam media cetak, maka Pikiran Rakyat akan memberikan GRATIS e-paper di MyPikiranRakyat. Sudah berlangganan media cetak Pikiran Rakyat, tapi bingung untuk bisa membaca e-paper secara GRATIS di aplikasi MyPikiranRakyat? Tenang saja, di bawah ini akan dijelaskan cara mengunggah file kwitansi.

Cara Pertama (Menggunakan Kwitansi Langganan Koran Cetak)

Supaya kamu bisa membaca e-paper Pikiran Rakyat secara gratis di aplikasi MyPikiranRakyat, kamu bisa berlangganan koran cetak Pikiran Rakyat  yang kemudian bukti kwitansi tersebut diunggah di aplikasi MyPikiranrakyat. Adapun cara mengunggah kwitansi sebagai berikut.

1. Klik Tombol Menu

Pertama-tama kamu bisa klik tombol menu yang berada di pojok kiri atas. Pada fitur menu ini, kamu akan menemukan, arsip, bantuan, search, dan pengaturan atau settings. Setiap menu-menu tersebut sudah memiliki fungsinya masing-masing. Menu yang paling unik adalah arsip, kamu bisa mengarsipkan beberapa korang, sehingga tidak akan sulit untuk membaca koran tersebut karena tinggal membuka arsip.

2. Pilih Profil Pada Bagian Pojok Kiri Atas

Setelah mengklik tombol tersebut akan muncul berbagai macam menu, kamu bisa pilih profil yang ada pada bagian atas atau logo foto kamu (jika menggunakan email). Apabila email yang kamu daftarkan belum memiliki foto, maka foto profil kamu akan bergambar huruf. Pada bagian foto tersebut, kamu klik dan akan muncul berbagai macam data diri. Sebelum mengunggah kwitansi koran cetak Pikiran Rakyat, data diri harus diperbaiki terlebih dahulu.

3. Klik “Unggah Kwitansi”

Biodata diri yang sudah diisi atau diedit dengan baik dan benar, maka klik “simpan” dan kemudian kamu baru klik “Unggah Kwitansi”. Ketika masuk ke dalam menu profil “Unggah Kwitansi”, kamu mengisi biodata diri dengan jujur agar kamu bisa lulus verifikasi dari koran Pikiran Rakyat.

4. Kosongkan Nomor Agen dan Nomor Readersclub (Jika Tidak Ada)

Ketika mengisi biodata diri di “Unggah Kwitansi”, nanti akan ada tulisan “nomor agen” dan “nomor readersclub”. Pada kedua bagian itu, jika tak memilikinya bisa dilewati saja karena tidak akan mengganggu proses pengunggahan kwitansi dan kamu tetap bisa mengakses gratis koran digital atau e-paper Pikiran Rakyat.

5. Tunggu Verifikasi dari MyPikiranRakyat

Setelah melakukan berbagai macam pengunggahan kwitansi pembayaran koran cetak Pikiran Rakyat, maka sampai sudah di langkah terakhir yaitu menunggu verifikasi dari MyPikiranrakyat. Pada langkah ini, kamu hanya menunggu kabar saja dan sambil berdoa kalau pengunggahan yang telah dilakukan agar bisa terwujud dan bisa mengakses MyPikiranrakyat

Cara Kedua (Berlangganan Biasa)

Cara kedua untuk berlangganan dan bisa membaca e-paper Pikiran Rakyat berbeda dengan cara pertama. Pada cara kedua ini, kamu harus membayar paket berlangganan yang sudah kamu pilih dengan penuh keyakinan. Yuk, kita simak cara berlangganan yang kedua ini.

1. Pastikan Kamu Sudah Yakin dengan Akun yang Dibuat 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah harus yakin bahwa data diri yang ada di dalam akun sudah sesuai dengan data diri yang dimiliki, sehingga tidak ada unsur penipuan. Semakin jujur mengisi biodata diri, maka ketika membaca e-paper Pikiran Rakyat di aplikasi MyPikiranRakyat berita-berita yang dibaca terasa nyaman dan menyenangkan.

2. Klik “Berlangganan” 

Jika kamu sudah yakin untuk menggunakan suatu email, maka kamu bisa menjadi pelanggan e-paper Pikiran Rakyat. Caranya sangat mudah, kamu tinggal klik kotak bertuliskan “Berlangganan”. Setelah mengklik kotak tersebut, kamu baru bisa mengisi biodata data diri dengan baik dan benar.

3. Isi Data Diri

Biodata data diri yang harus diisi sebelum berlangganan, yaitu nama lengkap, email, nomor handphone, dan kode voucher. Setiap biodata diri tersebut harus diperhatikan dengan saksama agar tidak terjadi kesalahan.

4. Klik “Proses”

Setelah memastikan data diri yang sudah diisi tidak ada kesalahan, maka kamu bisa mengklik tombol “proses”. Semua biodata diri yang telah diberikan dijamin aman karena aplikasi MyPikiranRakyat memiliki perlindungan data diri, sehingga data diri akun pelanggan akan aman terkendali dan tidak mudah bocor ke ruang publik.

 

Harga Paket Berlangganan Koran Pikiran Rakyat

Masa iya hanya mengetahui cara berlangganan saja, tetapi tidak mengetahui harga-harga paket berlangganan. Sama dengan koran-koran digital pada umumnya yang memiliki harga paket berlanggan dibagi ke dalam beberapa bulan. Pada paket berlangganan e-paper Pikiran Rakyat dibagi menjadi 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

1 Bulan

Jika kamu ingin mencoba berlangganan koran digital atau e-paper Pikiran Rakyat, sebaiknya mulai dari 1 bulan berlangganan dengan harga Rp 30.000. Harga ini sangat murah sekali, kamu hanya menyisakan uang jajan sebesar 1.000 rupiah saja. Dengan mengeluarkan 30 ribu rupiah untuk berlangganan, kamu sudah bisa melakukan investasi pengetahuan dan wawasan yang akan bermanfaat di kemudian hari.

3 Bulan

Ternyata nyman menggunakan paket berlangganan selama 1 bulan, supaya lebih murah kamu bisa berubah menjadi paket selama 3 bulan dengan harga Rp 75.000 sudah bisa memperoleh berbagai macam berita, “opini”. Hingga karya-karya sastra. Singkatnya, harga 75 ribu rupiah selama 3 bulan sudah paket lengkap.

6 Bulan

Apabila kamu ingin paket berlangganan yang lebih lama, Pikiran Rakyat sudah menyediakan paket berlangganan selama 6 bulan atau 1 semester. Harga yang ditawarkannya pun cukup murah yaitu Rp 150.000 saja. Harga ini benar-benar sangat terjangkau karena kalau dihitung dalam harian kurang dari seribu rupiah saja. Ayo, segera berlangganan e-paper Pikiran Rakyat yang harganya sangat murah ini dan kamu bisa membacanya dengan tampilan unik dari aplikasi MyPikiranRakyat.

12 Bulan

Jika, masih ingin lebih lama untuk berlangganan, kamu bisa memilih paket berlangganan selama 1 tahun atau selama 12 bulan. Tentu saja, harga yang ditawarkan untuk paket berlangganan  selama 12 bulan lebih terjangkau, yaitu Rp 270.000 saja. Tidak sampai 300 ribu rupiah kamu sudah bisa membaca koran digital setiap harinya, sehingga akan mendapatkan berbagai macam berita-berita aktual dan faktual.

Keuntungan dari Berlangganan Koran Digital Pikiran Rakyat

Ketika sudah memilih untuk berlangganan koran digital atau e-paper Pikiran Rakyat, maka kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan yang akan menambahkan kenyamanan kamu ketika membaca koran digital tersebut. Ingin tahu keuntungan dari berlangganan e-paper Pikiran Rakyat? Jawabannya ada di bawah sini.

1. Tampilan Unik Seperti Koran

Ketika membaca e-paper Pikiran Rakyat di aplikasi MyPikiranrakyat, kamu akan membacanya seperti membaca koran sungguhan. Setiap halaman dari koran digital ini akan bisa kamu baca dengan jelas karena bisa di zoom. Tidak hanya itu, ketika kamu tidak membaca e-paper Pikiran Rakyat edisi hari sebelumnya, maka kamu bisa menemukannya dengan mudah dan bisa membacanya.

2. Terbit Setiap Hari Mulai Pukul 5.00 WIB

Pasti setiap orang akan mencari koran yang terbit setiap hari dan sudah terbit dari pagi, salah satu koran itu adalah e-paper Pikiran Rakyat. Dengan terbit setiap hari mulai pukul 5.00 WIB, maka berita-berita hari ini akan mudah diterima, sehingga seseorang yang berlangganan tidak akan ketinggalan informasi. Selain itu, berita-berita yang terbit pada pagi hari ini bisa dijadikan sebagai bahan bacaan ketika perjalanan ke kantor atau pada saat jam istirahat kerja.

3. Tidak Ada Gangguan Iklan

Ketika membaca informasi atau berita, kemudian ada iklan-iklan yang muncul pasti rasanya mengganggu, sehingga membaca menjadi kurang fokus. Namun, jangan khawatir dengan berlangganan e-paper Pikiran Rakyat di aplikasi MyPikiranRakyat, semua iklan tidak akan muncul, sehingga kamu akan nyaman ketika membaca berita. Selain itu, kenyamanan ketika membaca akan memudahkan kamu menerima informasi dari setiap berita.

4. Biaya Berlangganan Sangat Murah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, harga untuk paket berlangganan e-paper Pikiran Rakyat sangatlah murah. Harga untuk paket satu tahun atau 12 bulan hanya Rp 270.000 saja, murah sekali bukan. Jadi, segera berlangganan sebelum paket berlangganan menjadi lebih mahal.

5. Mudah Dibaca Secara Online atau Offline

Keuntungan lainnya yang akan kamu dapatkan setelah berlangganan e-paper Pikiran Rakyat di aplikasi MyPikiranRakyat adalah koran digital bisa dibaca secara online dan offline. Adanya pilihan ini memudahkan pelanggan sekaligus pembaca setia Pikiran Rakyat. Setiap e-paper Pikiran Rakyat bisa dibaca kapan saja sesuai dengan waktu luang atau ingin membacanya menurut kata hati saja.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Written by Restu