in

Tahapan dan Prospek Budidaya Pepaya California

Tahapan dan Prospek Budidaya Pepaya California – Buah pepaya memang mempunyai banyak varietas, salah satunya yaitu pepaya California. Dimana jenis pepaya tersebut memiliki tingkat peminatan yang cukup dinamis di pasar. Walaupun demikian, budidaya pepaya california tak banyak dilakukan dikalangan pembudidaya. Bagi Anda yang ingin mulai menekuni budidaya pepaya california, pastinya Anda harus memahami betul potensi dan juga peluang market yang semakin menyebar luas. Buah pepaya sendiri mempunyai hasil cukup banyak dalam satu pohon, sehingga Anda tidak membutuhkan lahan yang luas.

Budidaya pepaya california mempunyai potensi yang menarik. Salah satunya sudah sering diterapkan oleh para petani organik yang dapat panen dalam waktu singkat. Selain teknik budidayanya yang mudah, pastinya untuk lebih meyakinkan Anda dalam memulai budidaya pepaya california, Anda perlu memahami beberapa keunggulan dari buah yang satu ini.

Keunggulan Pepaya California

Tanaman pepaya yang satu ini mempunyai nama latin Carica Papaya L yang mana merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan Nikaragua. Lalu, tanaman papaya ini mulai meluas dan dibudidayakan di negara-negara tropis, termasuk juga di Indonesia. Tanaman yang satu ini memang tergolong mudah tumbuh, dengan media tanah yang berhumus dan campur pasir, cukup sinar dan juga drainase yang baik, tanaman pepaya bisa tumbuh dengan subur.

Tinggi dari pohon pepaya ini tergolong kerdil atau pendek, yakni hanya sekitar 1,5 hingga 2 meter saja dengan batang yang beruas pendek dan berpelepah. Selain itu, tanaman ini bisa berbuah dengan lebat yakni mencapai 25 sampai 30 buah. Daging buah pepaya California biasanya berwarna merah cerah dan terlihat berlubang seperti bintang ketika dipotong. Rasanya sendiri cenderung manis dan dapat disimpan selama lima hari. Tanaman pepaya varietas California ini merupakan salah satu jenis pepaya yang sedang digemari dan mulai banyak dibudidayakan oleh para petani. Sebab, pepaya ini cukup menjanjikan keuntungan. Tak hanya itu saja, pepaya California ini juga mempunyai sifat dan keunggulan tersendiri yakni buahnya yang tidak terlalu besar dengan bobot sekitar 0,8 sampai 1,5 kg per buah, memiliki kulit berwarna hijau tebal dan mulus berbentuk lonjong, buah matang berwarna kuning, rasanya yang manis, dan daging buah yang kenyal dan juga tebal. Teknik budidaya pepaya California ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Tanaman ini hanya perlu dirawat dengan benar supaya tingkat produktivitas tanaman semakin meningkat.

Cara menanam dan juga budidaya pepaya California menjadi salah satu alternatif untuk memulai usaha dengan keuntungan yang relatif besar. Sehingga, apabila Anda mempunyai pekarangan rumah yang cukup luas, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk memperoleh keuntungan besar dengan cara budidaya pepaya California. Sekarang ini, budidaya jenis buah memang sudah banyak dijadikan sebagai ladang bisnis oleh masyarakat umum. Sebab, buah sendiri memang menjadi salah satu makanan sehat yang banyak disukai orang. Sehingga pastinya banyak orang yang mencarinya. Jenis buahnya sendiri cukup beragam dan salah satu yang cukup digemari adalah pepaya California.

Pepaya California ini merupakan salah satu jenis buah yang cukup banyak diminati pasar. Hal tersebut sudah terbukti dengan besarnya permintaan pasar di Indonesia akan buah yang satu ini. Secara umum, pepaya California memang terlihat sama saja dan tidak jauh berbeda dengan pepaya pada umumnya. Akan tetapi, bila dilihat lebih dalam lagi, pepaya California lebih unggul dalam hal rasa, warna, dan juga daging buahnya yang cenderung lebih tebal daripada pepaya biasa. Tak hanya itu saja, pepaya yang satu ini juga lebih unggul dalam hal panen karena hasilnya yang cenderung lebih besar.

Aku Bisa Bercocok Tanam Pepaya

Apa Itu Pepaya California?

Apakah Anda mengira bahwa pepaya California adalah pepaya hasil impor dari California, Amerika Serikat? Memang jika dilihat dari namanya, banyak yang mengira bahwa buah ini berasal dari California. Akan tetapi, perlu dipahami bahwa pepaya California ini sebenarnya adalah buah lokal yang asli dari Indonesia. Pepaya California adalah salah satu varietas hasil pemuliaan yang dilakukan oleh tim PKHT (Pusat Kajian Hortikultura Institut Pertanian Bogor) dengan nama pepaya Calllina. Namun, seiring semakin populernya buah yang satu ini, para pedagang pepaya kemudian menyebut buah ini menjadi pepaya California supaya terdengar seperti buah impor. Oleh karena itu, tak heran bila banyak orang yang terkecoh dengan varietas pepaya yang satu ini.

Saat ini, pepaya Callina atau California ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia dan menjadi salah satu varietas pepaya yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut memang tidak mengherankan karena jenis pepaya ini mempunyai buah yang berwarna kuning pada saat sudah matang, kulit buah yang berwarna hijau tebal dan mulus, serta rasanya yang manis. Selain itu, daging buahnya yang cukup tebal dan kenyal juga menjadi salah satu alasan kenapa buah pepaya California menjadi pilihan banyak orang.

Manfaat Buah Pepaya California

Biasanya, sebagian besar orang mengonsumsi buah pepaya California untuk melancarkan buang air besar. Itulah salah satu manfaat pepaya yang paling sering diandalkan. Selain baik untuk kesehatan pencernaan, pepaya California juga memiliki manfaat lain yang baik untuk tubuh, antara lain:

a. Perlindungan Terhadap Penyakit Jantung

Buah yang satu ini kaya akan akan antioksidan, vitamin A, C, dan E. Dengan mengonsumsi banyak sumber makanan yang tinggi antioksidan, maka bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Hal itu karena antioksidan bisa mencapai adanya oksidasi kolesterol.

b. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat pepaya California bisa dirasakan berkat adanya kandungan vitamin C yang tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin C bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memungkinkan tubuh melawan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

c. Mencegah Kanker Prostat

Lycopene merupakan pigmen alami yang ditemukan di dalam makanan yang berwarna merah ataupun oranye. Salah satunya yaitu pepaya California yang mengandung likopen. Banyak ahli yang mempercayai bahwa mengonsumsi banyak likopen bisa mengurangi risiko kanker prostat.

Fakta Seputar Pepaya Single Edition

Prospek Keuntungan Budidaya Pepaya California

Untuk Anda yang tertarik melakukan budidaya pepaya California, maka Anda harus mengetahui prospek keuntungan yang dapat Anda peroleh dari budidaya buah yang satu ini. Pertama yaitu tanaman pepaya California merupakan jenis tanaman yang cenderung mudah untuk tumbuh. Sehingga risiko kegagalannya relatif kecil. Lalu, tanaman ini juga dapat dipanen saat usianya menginjak 8 sampai 9 bulan dengan frekuensi panen yang dapat dilakukan hingga empat kali dalam satu bulan. Dalam sekali panen, penghasilan buah ini dapat mencapai 2 sampai 3 ton. Sehingga dalam sebulan, Anda dapat mencapai hasil panen sampai 12 ton, bahkan lebih per hektarnya.

Kemudian, dengan rasa buahnya yang enak dan lezat membuat pepaya California semakin banyak disukai orang-orang. Sehingga permintaan pasar juga akan semakin besar. Tak hanya itu saja, pepaya California juga merupakan salah satu varietas pepaya yang unggul yang mempunyai umur genjah. Masa produktif dari pohon pepaya ini bisa mencapai usia 4 tahun. Sehingga dapat memberikan keuntungan yang relatif besar dalam sekali tanam. Oleh karena itu, manfaatkan pekarangan rumah atau kebun yang Anda punya untuk budidaya pepaya California. Dibandingkan hanya dibiarkan saja sampai tumbuh banyak rumput liar, alangkah lebih baik manfaatkan untuk bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan besar.

Untuk Anda yang tertarik dan berniat memulai usaha pepaya California, Anda dapat mengikuti beberapa tahapan budidaya pepaya California di bawah ini. Akan tetapi, sebelum itu Anda harus simak dulu persyaratan tumbuh pepaya California berikut ini:

Syarat Tumbuh Tanaman Pepaya California

Dalam pembudidayaan pepaya California, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang persyaratan tumbuh supaya dapat menunjang pertumbuhan tanaman dan juga bisa menghasilkan buah yang sehat dan berkualitas. Pepaya California ini sangat cocok bila dibudidayakan di daerah yang mempunyai dataran rendah atau dataran yang mencapai tinggi sampai 700 mdpl. Lalu, untuk kondisi tanahnya yakni tanah yang subur dan sedikit berpasir. Tak hanya itu saja, suhu juga perlu Anda perhatikan karena suhu akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan tanaman. Untuk jenis pepaya California, suhu yang cocok untuk pertumbuhannya yaitu sekitar 25 sampai 30 derajat celcius dengan tingkat curah hujan yang mencapai 1000 sampai 2000 mm per tahunnya. Kemudian untuk kelembaban udaranya, tanaman pepaya California cocok dengan kelembaban sekitar 40 persen dan pH tanah yang mencapai 6 sampai 7.

Menghasilkan Pepaya California Berkualitas

Cara Budidaya Pepaya California

Setelah mengetahui persyaratan tumbuh tanaman pepaya California, sekarang kita akan membahas tentang cara dan tahapan dalam melakukan budidaya pepaya California. Berikut adalah penjelasan selengkapnya:

1. Pembibitan atau Penyemaian

Tahapan pertama yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan pembibitan atau penyemaian, karena bibit buah ini dapat Anda peroleh dari biji pepaya California yang sudah disemai. Kemudian, pilihlah biji dari buah pepaya California yang sehat dan sudah matang dengan sendirinya di pohon. Untuk langkah penyemaiannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

a. Setelah diperoleh biji-bijian pepaya California yang berkualitas bagus dan akan dipakai untuk bibit, maka rendam terlebih dahulu biji-biji tersebut di dalam air selama kurang lebih satu malam. Esok paginya, ambil biji-biji pepaya yang sudah tenggelam untuk dipakai sebagai benih dan buang biji yang mengambang.
b. Lalu, biji yang sudah dipilih tersebut diperam dengan memakai kertas koran atau Anda juga dapat menggunakan kain basah selama sekitar 1 minggu. Pemeliharaannya sendiri Anda cukup menjaga kelembaban kain atau koran yang digunakan.
c. Berikutnya, setelah satu minggu diperam, biji-biji yang menjadi benih sudah siap untuk disemai.
d. Siapkan beberapa polybag dengan jumlah sesuai dengan kebutuhan. Kemudian masukkan ke dalamnya tanah yang halus yang sudah dicampur dengan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1.
e. Masukkan benih tersebut ke dalam tanah dan tutupi menggunakan tanah yang tipis. Sirami dengan air secukupnya.
f. Letakkan di area yang terkena sinar matahari langsung.
g. Biasanya bibit dapat ditanam saat umurnya sudah mencapai usia 1 hingga 1,5 bulan setelah masa penyemaian.

2. Persiapkan Lahan Tanam

Tahapan selanjutnya yaitu mempersiapkan lahan yang akan digunakan untuk media penanaman, caranya yaitu:

a. Apabila tanah yang akan digunakan bersifat gembur, maka lahan dapat dicangkuli dan dibolak-balik untuk menetralkan unsur haranya.
b. Bersihkan lahan dari gulma dan juga rumput liar yang tumbuh di area sekitar lahan supaya nantinya tidak mengganggu proses pertumbuhan tanaman.
c. Buatlah bedengan untuk penanaman dalam jumlah yang banyak. Bedengan tersebut juga dibutuhkan untuk kebutuhan pertukaran air supaya tidak ada genangan air di sekitar media tanam. Hal tersebut memang sangat perlu diperhatikan karena genangan air dapat membuat batang tanaman cepat membusuk.
d. Lalu, buatlah lubang tanaman sekitar 50 cm dengan jarak sekitar 2,5 m x 2,5 m antar lubangnya.
e. Setelah itu lubang ditimbun kembali dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang tapi tidak sampai menutup lubang.
f. Berikutnya, lubang dapat dialiri dengan air bersih secukupnya.
g. Kemudian bia tanah pekarangan adalah bekas dari tanah urug, maka Anda bisa memisahkan dan memindahkan barang-barang yang mengganggu, seperti halnya kerikil, batu bata, ataupun pecahan bata yang ada di area tersebut.
h. Setelah itu, Anda baru bisa membuat lubang dengan panjang 40 sampai 50 cm. Berikutnya, Anda dapat mengikuti cara setelah pembuatan lubang tersebut seperti yang sudah dijelaskan di atas.

3. Penanaman

Masuk ke tahap penanaman, Anda dapat menanam bibit pepaya California secara langsung ke dalam lubang tanam yang sudah Anda buat tadi, masing-masing yaitu satu bibit untuk setiap lubangnya. Usahakan untuk melakukan penanaman di sore hari karena sore adalah waktu yang tepat untuk menanam bibit dari pepaya California.

Sukses Budi Daya Pepaya California Di Perkarangan Dan Perkebunan

4. Pemeliharaan dan Perawatan

Tahap berikutnya yaitu penanaman dan perawatan. Pada tahapan ini sangat penting untuk dilakukan guna menunjang pertumbuhan dan kualitas buah pepaya. Terdapat beberapa langkah pemeliharaan dan juga perawatan yang perlu Anda lakukan, diantaranya:

a. Penyiraman

Penyiraman sangat penting untuk dilakukan karena tanaman pepaya California harus memperoleh asupan air yang cukup supaya tidak mengalami kekeringan. Akan tetapi, perlu dipahami bahwa penyiraman ini juga tidak dapat dilakukan secara berlebihan hingga membuat genangan air di sekitar media tanam. Hal tersebut akan sangat berpengaruh pada tanaman karena batang pohon dapat menjadi mudah busuk. Selain itu, buahnya pun akan otomatis terpengaruh. Oleh karena itu, lakukan penyiraman secara rutin tapi secukupnya saja dan tidak sampai membuat genangan air.

b. Pemupukan

Pemupukan juga sangat penting untuk dilakukan secara rutin untuk menjaga kesuburan tanah dan juga tanaman. Dimana pemupukan ini pertama dilakukan pada minggu pertama dengan memakai pupuk kandang sebanyak 40 kg untuk setiap tanaman. Lalu, di usia 2 minggu, pemupukan kembali dilakukan dengan pupuk NPK sebanyak 200 gram setiap pohonnya. Berikutnya, pemupukan dapat dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan 500 gr pupuk NPK dan 40 kg pupuk kandang untuk setiap pohonnya. Saat tanaman mulai berbuah, Anda dapat menambah pupuk dengan pupuk KCL.

c. Pemangkasan

Lakukan pemangkasan pada tunas-tunas atau dahan yang mengganggu supaya pertumbuhan tanaman dapat lebih optimal.

5. Pemanenan

Memasuki tahap pemanenan, Anda dapat melakukannya pada pepaya California saat usianya sudah mencapai 7 sampai 9 bulan dengan ciri-ciri buahnya yang sudah menguning tanda sudah matang. Caranya yaitu Anda dapat memotong secara langsung tangkai buahnya. Masa panen tersebut dapat dilakukan selama 4 kali dalam waktu satu bulan.

Nah, itulah beberapa tahapan dan langkah-langkah dalam melakukan budidaya pepaya California. Dalam satu kali panen, pastinya Anda akan memperoleh keuntungan besar bila jumlah pohon pepaya California yang Anda tanam juga banyak. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk memulai bisnis ini dan manfaatkan lahan atau kebun yang Anda punya untuk meraup banyak keuntungan.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah