Agama Islam

Bacaan Arab dan Latin Ayat Kursi Serta Terjemahan

Written by Restu

Ayat Kursi dan terjemahan – Al Quran adalah kitab suci umat Islam, dalam Al Quran terdapat banyak sekali ayat yang jika ditotal, semua ayat Al Quran sekitar 6.666 ayat. Setiap ayat dalam Al Quran sangat penuh dengan makna yang bisa bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, bagi umat Islam, Al Quran dijadikan sebagai pedoman sekaligus petunjuk untuk menuntun kehidupan ini, sehingga umat Islam bisa tetap berada di jalan yang lurus.

Dari sekian banyak ayat yang ada di dalam Al Quran, terdapat salah satu ayat yang sudah cukup dikenal oleh seluruh umat Islam, yaitu Ayat Kursi. Ayat Kursi dapat dikatakan sebagai salah satu ayat Al Quran yang paling sering dibaca oleh umat muslim yang ada di dunia ini. Bahkan, bisa jadi kamu termasuk orang yang sering membaca Ayat Kursi.

Sejak kita kecil atau pada masih anak-anak, Ayat Kursi sering kita baca pada saat sedang mengaji. Seiring dengan bertambahnya usia, Ayat Kursi mulai dibaca oleh orang dewasa terutama pada saat acara “Tahlilan”. Selain itu, dalam beberapa acara agama Islam, Ayat Kursi juga sering dibacakan. Maka dari itu, Ayat Kursi akan sejak kita kecil sampai dewasa pasti pernah mendengar Ayat Kursi beberapa kali.

Meskipun banyak orang yang sudah membaca Ayat Kursi, baik itu pada saat “Tahlilan” atau acara keagaman, tetapi tidak semua orang mengetahui manfaat dibalik Ayat Kursi itu sendiri. Manfaat Ayat Kursi ini bisa menjadikan kehidupan yang kita jalani menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih jauh tentang Ayat Kursi dan terjemahannya yang dibarengi dengan Latinnya. Tidak hanya itu, artikel ini juga akan membahas manfaat Ayat Kursi yang bisa diketahui oleh kita. Yuk, kita simak ulasan ini lebih lanjut.

Pengertian Ayat Kursi

Ayat Kursi termasuk ke dalam surat Al Baqarah ayat 255 yang di mana surat tersebut merupakan surat kedua dalam Al Quran. Ayat Kursi merupakan merupakan ayat yang sangat luar biasa karena memiliki makna yang sangat berarti bagi muslimin dan Muslimah. Selain itu, Ayat Kursi merupakan ayat yang penting bagi umat Islam ketika berharap memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Jika seorang umat Islam membaca Ayat Kursi penuh dengan keikhlasan dan keyakinan serta dibarengi dengan niat dengan benar, maka seorang hamba bisa mendapatkan syafa’at atau kegunaan atau kebaikan yang ada di dunia ini dan di akhirat nanti. Selain itu, membaca Ayat Kursi bisa memudahkan seorang hamba dalam mewujudkan keinginan atau mencari jalan keluar dari suatu permasalahan. Selain itu, membaca Ayat Kursi secara rutin dan penuh dengan keikhlasan bisa membukakan pintu surga.

Ayat Kursi merupakan ayat yang diagungkan dalam Al Quran, ayat ini berada di dalam surat Al Baqarah ayat 255. Melalui ayat ini, seorang hamba akan menyadari akan kebesara dan keagungan Allah SWT. Makna dari Ayat Kursi itu sendiri sangatlah luas, lewat buku Tafsir dan Makna Ayat Kursi (Verse of The Throne) Edisi Bilingual Bahasa Indonesia & Bahasa Arab, pembaca akan mengetahui makna-makna tersembunyi yang terkandung dalam Ayat Kursi. Jadi, segera dapatkan buku ini, caranya mudah, tinggal klik tombol “Beli Sekarang”, buku tafsir dan makna Ayat Kursi ini sudah bisa kamu dapatkan.

Dalam hidup di dunia ini, kita tidak bisa lepas dari dunia gaib dan alam kubur. Sudah banyak kisah-kisah di masa lalu yang memberikan pelajaran tentang suatu kemuliaan dan menyucikan diri. Ada banyak nasihat yang bisa kita ambil dari masa lalu, sehingga kita bisa terhindar dari perbuatan dosa dan bisa selamat dunia dan akhirat. Buku Setan Pun Hafal Ayat Kursi berisi berbagai kisah-kisah masa lalu yang bisa dijadikan untuk membangun hidup masa kini.

Penafsiran Kursi dalam Ayat Kursi

Berdasarkan buku Keistimewaan Ayat Kursi 1000 Berkat – 43 Mukjizat -33 Khasiat karya Al-Ustadz H. Saifuddin Aman, para ulama memberikan penafsirannya terhadap “Kursi” yang terdiri dari 4, diantaranya:

1. Kursi adalah Ruangan Besar

Dalam hal ini, kursi bukanlah berarti makna sebenarnya, tetapi berupa suatu ruangan besar. Kursi adalah ruangan besar dapat diartikan sebagai sebuah ruangan yang di mana ukurannya melebihi bumi dan langit beserta isi-isinya.  Maka dari itu, ketika membaca Ayat Kursi secara rutin, seorang hamba bisa mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

2. Kursi adalah Pemerintahan atau Kekuasaan

Penafsiran makna kursi pada Ayat Kursi yang kedua adalah pemerintahan atau kekuasaan. Bisa juga diartikan sebagai kerajaan Allah. Dalam hal ini, kekuasaan dan pemerintahan ini dapat diartikan sebagai suatu kehidupan akan berjalan dengan baik jika ada pemerintahan yang kuat, sehingga semua elemen kehidupan ini bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Kursi adalah ilmu

Penafsiran kursi yang ketiga adalah suatu ilmu. Hal ini dikarenakan ilmu merupakan salah satu sifat Allah SWT. Dengan ilmu, Allah SWT mengendalikan semua makhluk hidup yang diciptakan-Nya. Maka dari itu, dalam Ayat Kursi terdapat arti “Kursi-Nya (ilmu dan kekuasaan-Nya) meliputi langit dan bumi”.

4. Kursi adalah keagungan Allah SWT

Penafsiran kursi yang keempat adalah keagungan Allah SWT. Selain itu, pada penafsiran ini, kursi bisa juga ditafsirkan menjadi kebesaran Allah SWT.

Dari semua penafsiran yang sudah disebutkan di atas, Ayat Kursi dapat diartikan sebagai suatu kebijakan dari Allah SWT dan hanya Allah yang memiliki kekuasaan di dunia ini. Selain itu, Ayat Kursi merupakan ayat yang dapat memberikan petunjuk kepada hambanya atas Allah SWT.

Bacaan Arab dan Latin Ayat Kursi Serta Terjemahannya

Berikut ini Ayat Kursi dan terjemahan.

ayat kursi dan terjemahan

Allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa’u ‘indahū illā bi`iżnih, ya’lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min ‘ilmihī illā bimā syā`, wasi’a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-‘aliyyul-‘aẓīm.

Artinya:

Allah, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Mahahidup lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak dilanda oleh kantuk dan tidak (pula) oleh tidur. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun dari ilmu-Nya, kecuali apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya (ilmu dan kekuasaan-Nya) meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dialah yang Mahatinggi lagi Mahaagung.

Sudah banyak hadits yang berisi tentang betapa agungnya Ayat Kursi ini. Bahkan, Ayat Kursi sering dijadikan sebagai salah satu cara untuk menangkal gangguan jin dan setan. Dengan membaca Ayat Kursi, maka seseorang sudah mengagungkan Allah SWT. Selain itu, di dalam Ayat Kursi banyak sekali rahasianya. Semua rahasia Ayat Kursi bisa kamu dapatkan dalam buku Rahasia Ayat Kursi karya Mahmud Syalabi. Buku ini dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami, sehingga pembaca bisa memahami keutamaan dari Ayat Kursi.

Manfaat Membaca Ayat Kursi

Berdasarkan Ayat Kursi dan terjemahan dapat dikatakan bahwa Ayat Kursi merupakan yang agung dalam Al Quran, sehingga ketika membacanya akan mendapatkan banyak sekali manfaatnya, diantaranya:

1. Dilindungi Allah SWT

Ayat Kursi merupakan ayat yang agung, sehingga ketika seorang hamba membacanya, makai a akan dilindungi oleh Allah SWT dari godaan setan atau dari hal-hal buruk yang ada di dunia ini. Selain itu, membaca Ayat Kursi, keluarga dan harta benda yang dimiliki akan dilindungi oleh Allah SWT.

2. Derajatnya Ditinggikan

Dengan membaca Ayat Kursi, maka derajat seorang hamba akan ditinggikan, baik itu di dunia atau di akhirat. Jumlah Ayat Kursi yang dianjurkan untuk dibaca adalah sebanyak 18 kali agar bisa memperoleh suatu kehormatan, baik untuk diri sendiri atau orang-orang disekelilingnya.

3. Membuka Pintu Rezeki dan Hikmah

Pintu rezeki dan hikmah bisa dibukakan ketika seorang hamba membaca Ayat Kursi, sehingga kehidupan yang dijalani akan menjadi lebih banyak manfaatnya. Dianjurkan membaca Ayat Kursi dibaca sebanyak 18 kali.

4. Dijauhkan dari Berbagai Bencana

Setiap orang pasti selalu berharap agar dapat dijauhkan dari berbagai bencana, sehingga bisa mendapatkan ketenangan jiwa dan hati. Membaca Ayat Kursi bisa membuat seorang mendapatkan perlindungan dari Allah dari bencana.

Umat Islam yang ada di dunia ini pastinya tidak pernah luput dari yang namanya dosa. Dosa yang telah dilakukan di dunia ini bisa terhapuskan dengan cara membaca ayat-ayat Al Quran. Buku 40 Ayat Al Quran Penghapus Dosa dapat memudahkan pembaca dalam memilih ayat-ayat Al Quran penghapus dosa. Oleh karena itu, buku ini bisa dijadikan sebagai panduan bagi seseorang untuk memohon ampun dan bertaubat. Dengan bertaubat kepada Allah SWT, maka kehidupan yangkit ajalani akan menjadi lebih damai dan lebih tenteram.

5. Segala Urusan Diberi Kemudahan

Memohon agar berbagai macam urusannya diberi kemudahan, merupakan harapan dan permohonan bagi setiap orang. Ketika seseorang membaca Ayat Kursi, Allah SWT akan memberikan pertolongan sekaligus melapangkan hati dan pikirannya, sehingga kehidupan yang dijalaninya menjadi lebih damai dan tenteram.

6. Mendapatkan Perlindungan Ketika di Perjalanan

Ketika melakukan perjalanan, seseorang akan selalu berdoa agar mendapatkan perlindungan dan selalu dilancarkan dalam perjalanan dari Allah SWT. Salah satu cara agar hal itu dapat tercapai, dianjurkan untuk membaca Ayat Kursi, sehingga perjalanan yang dilakukan bisa selamat sampai tujuan.

7. Mendapatkan Pahala Mati Syahid

Seorang hamba yang membaca Ayat Kursi setelah selesai melakukan shalat fardhu bisa mendapatkan pahala mati syahid. Hal ini juga tertuang dalam hadits Muslim, sebagai berikut

ayat kursi dan terjemahan

Artinya:

“Barangsiapa membaca Ayat Kursi setiap selesai salat, maka yang akan mencabut nyawanya adalah Allah sendiri. Dan ia bagaikan orang yang berperang bersama para nabi hingga mendapatkan mati syahid.” (HR. Hakim)

8. Dapat Menghilangkan Kefakiran dalam Rumah

Membaca Ayat Kursi bermanfaat dalam kehidupan dalam keluarga atau kehidupan dalam rumah, yaitu dapat dapat menghilangkan kefakiran yang ada di dalam rumah. Selain itu, dengan membaca Ayat Kursi bisa memperoleh kenikmatan yang tidak pernah diduga.

Bagi umat Islam, ketika mendengar surat Al-Fatihah, Ayat Kursi, dan Asmaul Husna pastinya tidak akan asing lagi. Ketiga hal itu, memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan yang kita jalani ini. Terlebih lagi, makna-makna pada Al-Fatihah, Ayat Kursi, dan Asmaul Husna sangatlah banyak, bahkan bisa memiliki keajaiban untuk kehidupan ini. Buku Rahasia Al-Fatihah, Ayat Kursi, dan Asmaul Husna menjelaskan setiap rahasia dari Al-Fatihah, Ayat Kursi, dan Asmaul Husna berdasarkan sumber-sumber terpercaya.

Waktu yang Tepat Membaca Ayat Kursi 

Menurut Ayat Kursi dan terjemahan, maka  ayat ini merupakan ayat yang agung dalam Al Quran bisa dibaca kapan saja. Namun, ada beberapa waktu yang dianjurkan untuk membaca Ayat Kursi, yaitu:

1. Sebelum Tidur

Waktu pertama yang dianjurkan bagi seorang muslim untuk membaca Ayat Kursi adalah sebelum tidur. Ayat Kursi yang dibaca sebelum tidur dapat membuat tidur kita menjadi lebih tenang karena sudah berdoa untuk meminta perlindungan dari Allah SWT dari hal-hal yang tidak diinginkan. Lebih baik lagi, setelah membaca Ayat Kursi tetap dibarengi dengan membaca doa sebelum tidur.

ayat kursi dan terjemahanArtinya:

“Apabila engkau mendatangi tempat tidur (pada malam hari) maka bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah SWT akan senantiasa menjagamu. Selain itu, setan tīdak akan mendekatimu hingga waktu pagi.” (HR. Bukhari).

2. Setiap Pagi dan Petang

Waktu yang dianjurkan membaca Ayat Kursi selanjutnya adalah setiap pagi dan petang. Ketika membaca Ayat Kursi di pagi hari, membuat seseorang menjadi lebih yakin dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, Ayat Kursi yang dibaca di pagi hari membuat seseorang mendapatkan perlindungan dari Allah SWT sampai petang tiba. Begitu juga seseorang yang membaca Ayat Kursi pada petang akan dilindungi oleh Allah SWT hingga pagi tiba.

Ayat kursi dan terjemahanArtinya:

“Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga petang. Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi hingga pagi.” (HR. Al Hakim 1: 562. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits tersebut dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 655).

Bagi setiap orang pasti sangat berharap untuk mendapatkan kesuksesan, baik itu dalam karier atau dalam bisnis yang sedang dijalaninya. Terlebih lagi, kesuksesan yang diperoleh sesuai dengan Iman dan Islam, sehingga kesuksesan yang diperoleh sesuai dengan perintah Allah. Buku Rahasia Dahsyat AlFatihah, Ayat Kursi & Alwaqiah Untuk Kesuksesan Karier & Bisnis dapat menuntun pembaca untuk bisa mencapai kesuksesan yang sesuai dengan keimanan dan bisa tetap berjalan di jalan yang lurus serta jalan yang diridhoi oleh Allah SWT.

3. Setelah Selesai Menunaikan Shalat 5 Waktu

Waktu membaca Ayat Kursi yang sangat dianjurkan berikutnya adalah setelah selesai shalat 5 waktu. Dengan membaca Ayat Kursi setelah shalat 5 waktu, maka kelak nanti tidak ada yang menghalangi dirinya untuk masuk pintu surga selain kematian. Oleh karena itu, sebisa mungkin setelah selesai menunaikan shalat 5 waktu, sebaiknya jangan lupa membaca Ayat Kursi. Hal ini sebagaimana disebut dalam hadits sebagai berikut

Hadits ayat kursi

Artinya:

“Siapa membaca Ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasai dalam Al Kubro 9: 44. Hadits ini dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, sebagaimana disebut oleh Ibnu Hajar dalam Bulughul Maram).

Penutup

Ayat Kursi disebut dengan ayat yang agung dalam Al Quran karena di dalam ayat itu terdapat 7 nama dan sifat Allah, seperti wahdaniyah, sifat ilmu, sifat kekuasaan, sifat kehendak, ilahiyah, sifat hidup, dan sifat kerajaan. Maka dari itu, kita perlu membaca umat Islam dianjurkan untuk membaca ayat ini, setelah selesai shalat 5 waktu agar selalu mendapatkan perlindungan dari Allah.

Ayat Kursi adalah ayat yang agung yang penuh dengan makna memiliki banyak sekali manfaat. Ketika membaca Ayat Kursi, seseorang bisa mendapat perlindungan dari Allah SWT dari hal-hal yang buruk seperti dijauhi dari gangguan setan. Maka dari itu, sebelum tidur, dianjurkan untuk membaca Ayat Kursi terlebih dahulu yang kemudian dilanjutkan dengan membaca doa sebelum tidur.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien