in

Apa Itu Thrift dan Solusi Kebutuhan Fashion Budget Ekonomis

Pexels.com

Thrift adalah solusi alternatif untuk kebutuhan akan sandang dan adanya thrift juga membuat banyak pihak mendapatkan peluang bisnis. Sebab mereka sadar jika sampai kapanpun kebutuhan sandang tak akan pernah mati.

Saat ini banyak orang membeli pakaian bukan hanya di pusat perbelanjaan besar saja. Sebab, sudah banyak lokasi toko kecil yang menawarkan pakaian dengan kualitas yang tak kalah bagus juga.

Namun ada hal yang tampak begitu unik dari dunia bisnis fashion belakangan ini. Keunikan tersebut terletak dari semakin banyak dan mudah ditemukan toko thrift. Bukan hanya dalam bentuk toko fisik saja, bahkan banyak juga lho yang sudah membuka thrift shop secara online. Keberadaannya juga mendapatkan feedback yang cukup positif dari masyarakat.

Nah bagi Grameds yang tampaknya masih belum begitu paham dan ingin tahu lebih dalam tentang thrift, yuks simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian

Istilah thrift akhir-akhir ini sering terdengar, bahkan di beberapa tempat juga sudah banyak dan mudah ditemukan toko jenis ini. Ya, saat ini masyarakat memang lebih suka berbelanja di thrift shop, baik offline maupun online.

[algolia_carousel]

Thrift adalah sebuah barang bekas maupun baru namun sudah pernah dimiliki seseorang yang berasal dari luar negeri.

Artinya barang-barang yang dijual dalam thrift shop adalah barang bekas maupun yang belum pernah dipakai dan dalam kondisi layak pakai. Bahkan terkadang barang-barang yang dijual dalam thrift shop adalah barang brand ternama.

Meski termasuk barang bekas atau baru layak pakai, tetap saja kalian sebagai pembeli juga harus jeli dalam memilih barang. Jika dilihat dari harga, barang thrift memang menawarkan harga yang cukup terjangkau. Tentunya hal ini bisa jadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang suka barang branded tapi ingin menghemat uang.

Maka dari itu diperlukan kejelian dalam memilih barang. Menariknya terkadang barang thrift hanya ada satu yang dijual pada thrift shop. Sehingga bagi kalian yang emang suka banget memiliki barang khususnya pakaian yang berbeda dari yang lain, sangat bisa untuk mencoba membeli barang di thrift shop.

Di Indonesia keberadaan thrift shop sudah mulai marak ditemukan. Hal ini karena feed back yang diberikan oleh masyarakat khususnya anak muda cenderung positif terhadap barang thrift. Hal ini juga menjadi peluang bisnis baru dalam dunia fashion.

Keuntungan Membeli Barang Thrift

Sebelumnya telah dijelaskan jika keberadaan thrift shop memang sudah banyak mendapatkan feedback positif dari masyarakat khususnya anak muda. Hal ini bukan tanpa sebab, karena memang mereka yang memutuskan untuk membeli barang thrift juga akan mendapatkan keuntungannya sendiri, lho.

Bahkan bukan untuk dirinya saja keuntungan tersebut, namun untuk kelestarian lingkungan di bumi ini juga akan mendapatkan kondisi lebih baik ketika seseorang memutuskan membeli barang thrift.

Penasaran apa saja keuntungan yang didapatkan ketika seseorang memutuskan membeli barang thrift. Ini dia beberapa keuntungan yang didapatkan ketika seseorang memutuskan membeli barang thrift.

Thrift adalah
Pexels.com

1. Barang Murah Namun Berkualitas

Mungkin Grameds berpikir bahwa thrift hanyalah sekadar barang bekas. Meski tidak salah, namun sebenarnya thrift adalah barang bekas yang bukan sembarang barang bekas.

Barang yang dijual kebanyakan adalah barang-barang brand ternama yang memang dalam kondisi bekas namun layak pakai. Artinya barang bekas yang dijual memang sudah memiliki merek besar.

Harga yang ditawarkan juga terbilang cukup terjangkau. Sehingga ketika kamu memutuskan untuk membeli barang thrift, tentunya akan mendapatkan harga terjangkau dengan kualitas yang layak pakai.

Grameds bisa mencoba untuk membayangkan saat membeli suatu barang dengan merek yang sama namun di tempat berbeda. Bayangkan kamu membelinya di Mall dan satunya lagi di thrift shop. Kondisinya memang mungkin berbeda, di mana yang satu adalah barang baru sedangkankan yang satunya lagi barang bekas namun masih layak pakai. Namun tentunya harga yang ditawarkan juga terbilang lebih terjangkau bila kamu membeli yang ada di thrift shop.

Itu artinya kamu bisa mendapatkan barang dengan merek besar tanpa perlu mengeluarkan dana yang cukup besar. Tentunya kualitas dari barang thrift juga masih cukup bagus untuk dikenakan dalam keseharian.

2. Ramah Lingkungan

Seperti penjelasan sebelumnya, ketika kamu memutuskan untuk membeli barang thrift, maka keuntungan yang ada bukan hanya akan didapatkan oleh kalian secara perhitungan ekonomi. Namun bagi lingkungan juga akan bisa memberikan dampak yang positif.

Ketika kamu membeli barang baru, kemungkinan besar barang tersebut dibuat di pabrik. Setelah diproduksi, barang tersebut akan dikirim ke beberapa tempat penjualan dengan menggunakan moda transportasi tertentu seperti transportasi darat.

Dilihat dari hal tersebut saja sudah pasti proses ini menghasilkan banyak polusi. Namun akan sedikit terminimalisasi ketika kalian memutuskan membeli barang thrift. Kenapa bisa begitu? Sebab ketika membeli barang bekas yang masih layak pakai, kamu akan mengurangi proses pembuatan barang tersebut di pabrik.

Hal inilah yang dinilai bisa sedikit membantu berkurangnya polusi yang ada di bumi. Tak hanya itu saja, ternyata kamu juga bisa turut andil menjaga barang tersebut dari terbuangnya di tempat sampah.

Dengan kata lain, Grameds sudah bisa turut berkontribusi untuk mendaur ulang barang dan juga produk yang telah ada sebelumnya. Sehingga hal tersebut akan membantu berkurangnya polusi yang ada di bumi.

3. Kemungkinan Mendapatkan Barang Unik

Ketika Grameds memutuskan membeli barang thrift tentunya pengalaman baru akan didapatkan. Hal ini karena kalian akan mencoba untuk mencari barang yang branded dengan harga yang terjangkau namun kualitas masih tetap bagus.

Namun ketika proses pemilihan barang di thrift shop, tak jarang kamu juga akan mendapatkan sebuah barang unik yang tergolong limited edition. Tentunya barang tersebut juga tidak akan ada yang menyamai.

Adanya barang-barang unik inilah yang menjadikan pertimbangan khusus ketika seseorang ingin membeli barang di thrift shop.

4. Turut Berdonasi

Beberapa pemilik thrift shop tak jarang membuat sebuah gerakan amal kepada yang membutuhkan. Proses gerakan amal ini didapatkan dari hasil penjualan yang telah dilakukan.

Terkadang sasarannya adalah komunitas kecil agar bisa melebarkan sayap menjadi lebih besar lagi. Tentunya ketika kalian memutuskan membeli barang di thrift shop. Secara tidak langsung kalian juga akan turut andil dalam proses donasi tersebut. Wah seru juga ya, hanya dengan berbelanja ternyata kalian juga sudah bisa secara langsung melakukan kegiatan amal.

5. Berani Tampil Beda Atau Mix Match Gaya Baru

Meski saat ini thrift shop memang sudah banyak dan mudah ditemukan. Namun kalian juga perlu tahu, beberapa barang di thrift memang terkadang tidak terlalu kekinian, dari sinilah keunikan itu terjadi.

Tak bisa dipungkiri jika dunia fashion anak muda selalu tampil berani dengan memberikan tabrakan warna ataupun jenis fashion yang berbeda. Tentunya kalian juga bisa banget untuk turut bereksperimen dengan memadupadankan satu barang dengan barang lainnya yang didapatkan dari thrift.

[algolia_carousel page=2]

Dengan begitu kalian akan mendapatkan gaya berpakaian yang cukup berbeda dari yang lainnya. Bahkan mungkin kreasi yang kalian lakukan memang belum terpikirkan sebelumnya.

Itulah beberapa keuntungan dalam membeli barang di thrift shop yang bisa kalian dapatkan. Jadi, jangan takut untuk membeli barang di thrift shop karena memang banyak sekali keuntungannya bagi pribadi maupun lingkungan sekitar.

Thrift adalah

Tips Membeli Barang Thrift

Thrift shop biasanya akan menjual barang bekas atau baru dari luar negeri, misalnya adalah pakaian dengan merek tertentu. Namun kalian sebagai pembeli juga harus jeli dalam membeli barang di thrift shop. Sebab tak semua pakaian yang dijual dalam thrift shop memiliki kondisi seperti yang kalian inginkan.

Dari sinilah kejelian dan kesabaran kalian diuji dalam membeli barang di thrift shop. Meski begitu ketika kalian beruntung, bisa jadi barang yang kalian beli merupakan barang limited edition dari brand ternama di luar negeri.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian lakukan ketika memutuskan untuk membeli barang di thrift shop.

Thrift adalah
Pexels.com

1. Perhatikan Kualitas Jahitan

Hal pertama yang sebaiknya harus Grameds perhatikan ketika membeli barang di thrift shop seperti pakaian ialah perhatikan pada bagian jahitan dari barang tersebut. Meski diklaim masih layak pakai, tetap saja kalian sebagai calon pengguna barang tersebut haruslah jeli dalam memilih.

Pastikan jahitan masih dalam kondisi baik, rapi, dan pada bagian karet tidak melar atau untuk bagian kancing masih dalam kondisi lengkap. Jika kalian masih ngotot ingin menggunakan barang dengan jahitan tidak begitu bagus, maka besar kemungkinan barang tersebut akan mudah rusak.

Selain itu sebenarnya kondisi sedikit minus pada bagian jahitan ini juga dapat dimanfaatkan untuk proses penawaran. Kalian bisa memberikan penjelasan jika jahitan kurang rapi untuk mendapatkan pengurangan harga jual kepada pemilik thrift shop.

2. Perhatian Warna Pakaian

Selanjutnya adalah dari segi warna. Pastikan warna dari pakaian tersebut tergolong masih layak dan bagus. Sebisa mungkin hindari pembelian pakaian thrift dengan warna yang sudah pudar atau kecacatan pada bagian warna lainnya.

Sebab warna pakaian thrift yang sudah pudar atau ada kecacatan lain akan mengurangi nilainya ketika kalian gunakan. Maka dari itu pilihlah pakaian dengan kondisi warna yang masih bagus.

Thrift adalah

3. Periksa Lebih Detail agar Terhindar dari Noda

Berikutnya adalah memperhatikan kondisi dari baju tersebut secara detail. Periksa kembali apakah baju tersebut memiliki noda apa tidak. Akan lebih baik jika kalian memilih baju yang tidak memiliki noda.

Kalaupun ada noda, maka perhatikan dengan cermat apakah noda tersebut bisa dihilangkan atau tidak. Jika noda tersebut memiliki kondisi yang tak bisa dihilangkan, sebaiknya pikir dua kali untuk membeli baju thrift tersebut meskipun dari merek brand ternama sekaligus.

4. Pilih Ukuran yang Sesuai

Selanjutnya adalah memilih baju sesuai dengan ukuran yang pas. Sebab memang kenyamanan adalah hal pertama yang wajib diperhatikan dalam membeli sebuah baju, baik itu baru atau thrift.

Perlu diperhatikan jika ukuran baju thrift berbeda dengan ukuran baju lokal pada umumnya. Pasalnya ukuran dari baju import memang sangat berbeda dengan ukuran baju lokal. Contohnya adalah jika ukuran lokal baju yang kalian miliki adalah L, maka untuk ukuran baju impor atau thrift biasanya akan berada pada ukuran M atau M fit L. Pakaian thrift yang dikirim dari luar negeri cenderung memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran baju lokal.

5. Hindari Pembelian Barang KW

Meski baju yang kalian beli adalah thrift, tetap saja kalian harus memperhatikan bagaimana kondisi baju tersebut. Terkadang ada oknum pedagang nakal yang sengaja memasukkan baju KW untuk mereka jual kembali agar keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar.

Dalam hal ini kalian wajib banget mengetahui karakteristik dari baju yang ingin kalian dapatkan tersebut agar tidak tertipu oleh barang KW. Selain itu kalian juga bisa mencoba untuk mencari thrift shop yang sudah banyak direkomendasikan oleh khalayak umum.

6. Padu Padankan Gaya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika membeli barang di thrift shop bisa membuat kalian lebih kreatif. Pasalnya kalian bisa mencoba memadukan dari satu gaya fashion dengan gaya lainnya agar bisa terlihat berbeda dari lainnya.

Namun kalian juga perlu tahu satu hal terlebih dahulu, pastikan padu padan yang kalian lakukan memang benar-benar cocok. Jangan karena lucu namun tidak cocok, tapi tetap kalian paksakan. Tentunya hasil yang didapatkan juga terlihat kurang pas.

7. Beli di Thrift Shop Terpercaya

Berikutnya adalah memilih thrift shop yang sudah terpercaya. Pilihlah thrift shop yang memang benar-benar banyak direkomendasikan oleh khalayak umum. Kebanyakan thrift yang sudah terpercaya memiliki website pribadi atau akun sosial media pribadi hingga olshop yang kerap mendapatkan feedback positif dari mereka yang sudah menggunakan barang dari thrift shop tersebut.

Ketika kamu memutuskan untuk membeli barang di thrift shop terpercaya. Maka barang yang kalian dapatkan akan berkualitas juga. Bahkan kebersihan dan kelayakan pakai juga tetap terjamin.

8. Berikan Penawaran

Jika memang memungkinkan untuk menawar barang yang akan dibeli di thrift shop. Maka tak ada salahnya untuk mencoba melakukan penawaran. Apalagi jika barang yang kalian beli ada kecacatan. Grameds bisa banget memanfaatkan momentum tersebut untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

Nah itulah beberapa tips membeli barang di thrift shop yang bisa kamuterapkan. Dengan beberapa tips tersebut, kalian akan mendapatkan barang thrift berkualitas.

Keuntungan Berbisnis Thrift

Saat ini keberadaan thrift shop memang mendapatkan penilaian cukup positif dari masyarakat umum. Banyak orang membeli barang di thrift shop dengan berbagai macam alasan. Salah satunya adalah barang brand ternama bisa didapatkan dengan harga terjangkau.

Tentunya kalian juga bisa membuka bisnis thrift shop. Sebab banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan. Apa saja keuntungan dari berbisnis thrift shop? Ini dia penjelasan selengkapnya yang bisa kamu ketahui.

1. Modal Minim

Keuntungan yang pertama dari bisnis thrift shop adalah pada bagian modal yang cukup minim. Kalian bisa langsung berbelanja barang thrift secara langsung di pasar sesuai dengan dana yang dimiliki.

Membeli barang thrift di pasar memberikan kalian kemudahan mencari barang dengan kualitas terbaik sekaligus menghemat pengeluaran.

Thrift adalah

2. Banyak Peminat

Dari segi peminat memang sampai saat ini banyak banget peminatnya. Hal ini dikarenakan barang-barang thrift biasanya adalah brand ternama dengan kualitas layak pakai. Harga yang tawarkan juga terbilang cukup terjangkau. Dengan faktor tersebut menjadikan thrift shop selalu jadi pilihan terbaik.

3. Mudah Pemasaran

Karena memiliki banyak peminat, tentunya proses pemasaran thrift juga terbilang cukup mudah. Kamu tidak perlu memiliki toko konvensional, sebab kamu bisa memanfaatkan market place atau membuat website pribadi guna menunjang kemudahan penjualan barang thrift.

Dengan beberapa penjelasan keuntungan di atas, tentunya Grameds bisa mencoba untuk melakukan bisnis thrift shop. Kamu juga bisa memanfaatkan thrift sebagai solusi alternatif untuk memenuhi kebutuhan fashion dengan budget ekonomis.

Tentunya thrift adalah sebuah solusi untuk memenuhi kebutuhan sandang dan fashion. Jika Grameds ingin membaca buku terkait thrift dan fashion lainnya, kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda