in

Jenis-jenis Topi Untuk Menunjang Penampilan

Sebagai salah satu aksesoris kepala yang cukup populer dan banyak digunakan, topi biasanya mempunyai banyak variasi desain yang beragam serta fungsi yang berbeda-beda. Supaya tidak salah dalam memilih jenis topi, maka Anda perlu mengetahui berbagai macam jenis topi yang dapat Anda gunakan untuk pelengkap gaya sehari-hari.

Topi sendiri merupakan salah satu jenis aksesoris yang tidak hanya berfungsi untuk melindungi kepala dari panasnya matahari, angin, dan juga hujan, tapi juga bisa berguna untuk menyembunyikan bad hair day. Sebagai pelengkap gaya penampilan agar terlihat semakin fashionable, topi juga dibuat dalam berbagai macam bentuk yang berbeda-beda.

Jenis-jenis Topi

Untuk lebih memudahkan Anda dalam memilih jenis topi yang sesuai dengan kebutuhan, berikut ini adalah beberapa jenis topi yang harus Anda ketahui, antara lain:

1. Topi Beanie

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis topi yang satu ini. Beanie merupakan salah satu jenis topi yang dapat menjadi pilihan untuk menunjang penampilan Anda sehari-hari. Jenis topi yang satu ini biasanya dibuat dari bahan berjenis wol ataupun berserat tebal supaya lebih memberikan efek nyaman dan juga hangat. Topi beanie ini sangat cocok untuk dipakai bila Anda sedang berada di daerah dingin atau ketika musim hujan. Sehingga Anda dapat menggunakan topi beanie ini untuk menghangatkan area kepala dan juga telinga. Selain digunakan sebagai penghangat, Anda juga bisa terlihat tetap stylish dengan topi beanie untuk melengkapi penampilan Anda.

2. Topi Fedora

Fedora menjadi salah satu jenis topi yang dapat Anda pilih untuk melengkapi outfit. Sebab, sekarang ini, topi fedora sudah menjadi aksesoris yang cukup populer dan sering dipakai para selebgram dan juga model untuk bergaya. Topi fedora ini umumnya dibuat dari kain yang tebal atau bahan felt dari bulu halus. Sehingga dapat menambah daya tarik penampilan Anda.

3. Flat Cap

Topi flat cap sendiri berasal dari Inggris dan juga Irlandia, yang mana jenis topi ini dibuat dengan model bundar dan memiliki brim kecil di bagian depan yang kaku. Untuk topi jenis ini dapat digunakan oleh laki-laki ataupun perempuan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakannya. Umumnya, flat cap ini digunakan untuk gaya ala zaman dulu atau retro style sebagai aksesoris ekstra untuk menunjang penampilan supaya terlihat lebih stylish dan menarik.

4. Baseball Hat

Jenis topi ini bersifat universal, dimana baseball hat ini dapat Anda gunakan untuk menambah daya tarik tersendiri pada outfit yang Anda pakai. Umumnya, baseball hat ini dibuat dengan menggunakan desain yang tidak kaku pada bagian atas kepala dengan menggunakan brim yang kuat di bagian depan untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Sekarang ini, baseball hat ini dapat digunakan di outfit mana saja. Tak hanya pada saat Anda sedang berolahraga saja, sebab desain topi ini akan membuat penampilan Anda terlihat semakin fashionable dan menarik.

5. Bucket Hat

Untuk jenis topi yang satu ini dapat Anda jadikan sebagai salah satu aksesoris untuk outfit Anda. Hadir dengan model yang lebar dengan brim mengikat dan tidak kaku, bucket hat ini biasanya dibuat menghadap ke bawah dengan bahan yang cukup tebal, seperti canvas, katun, denim, dan lain sebagainya. Selain itu, bucket hat ini juga mempunyai berbagai macam model, dari mulai yang polos sampai yang berpola. Sehingga dapat menambah kepercayaan diri Anda dalam mengatur outfit supaya terlihat lebih stylish dan tidak membuat penampilan terkesan membosankan.

6. Visor Cap

Jenis topi yang satu ini mempunyai desain di bagian atas yang terbuka dan bagian belakang yang biasanya akan dirancang menggunakan karet ataupun velcro. Sehingga bisa disesuaikan dengan ukuran kepala Anda. Visor cap ini hanya akan melindungi bagian wajah Anda dari sinar matahari.

7. Boater

Topi yang satu ini lebih cenderung ke topi semi formal yang biasanya digunakan ketika musim panas. Jenis topi ini hadir pada awal abad ke-20. Biasanya topi ini terbuat dari material yang dianyam. Walaupun di zaman dahulu topi yang satu ini sering digunakan oleh laki-laki saat berpenampilan dengan menggunakan blazer, tapi sekarang ini topi boater sudah bisa Anda padukan dengan gaya apa saja untuk bisa tampil lebih stylish.

8. Breton Hat

Topi yang satu ini seringkali disebut sebagai nautical hat. Dimana dulunya memang sering digunakan oleh para nelayan ataupun pekerja pertanian di Brittany, Perancis. Jenis topi ini juga seringkali dikombinasikan dengan atasan bergaris biru dan putih atau merah. Dulunya, topi ini sempat dipopulerkan oleh desainer kondang Coco Chanel.

9. Cowboy Hat

Anda tentu sudah familiar dengan jenis topi yang satu ini. Cowboy hat merupakan aksesoris yang biasanya digunakan sebagai salah satu ciri khas peternak di bagian barat dan juga selatan Amerika Serikat.

10. Beret

Beret merupakan aksesoris kepala yang dirancang menggunakan material yang tidak kaku, model yang datar, dan umumnya terbuat dari bahan katun atau wol. Topi beret ini awalnya muncul di Prancis dan Spanyol. Sehingga sampai sekarang masih sering diasosiasikan dengan negara tersebut.

11. Straw Hat

Topi jenis ini dibuat dengan menggunakan teknik anyaman serta material yang bermacam-macam, mulai dari jerami sampai bahan sintetis. Jenis topi ini biasanya digunakan untuk melindungi kepala dari sinar matahari tapi juga biasa digunakan untuk mengelevasi penampilan sampai digunakan sebagai bagian dari seragam.

12. Newsboy Cap

Newsie atau newsboy cap merupakan jenis topi bergaya kasual yang bentuknya mirip dengan flat cap. Jenis topi ini mempunyai brim yang kuat dan kaku di bagian depan, tapi topi ini dirancang dengan bagian atas yang lebih bervolume dan ada sebuah kancing di atas topi.

13. Turban

Salah satu aksesoris kepala ini umumnya dibuat dari kain dan hadir di beberapa kultur serta tradisi di dunia. Sejumlah model turban juga mempunyai nilai religius untuk beberapa kelompok agama. Sekarang ini, turban mulai hadir dengan modal, material, dan juga desain yang beragam, yang mana kemudian dijadikan sebagai aksesoris kepala untuk mengelevasi penampilan.

14. Wide-Brimmed Hat

Jenis topi ini memiliki desain yang mirip dengan fedora. Tapi area brim pada topi ini cenderung lebih besar. Wide-brimmed hat ini mempunyai material brim yang lebih lunak. Sehingga mempunyai efek bergelombang dan detail tali yang menyerupai pita di bagian atas yang biasanya disebut dengan floppy hat.

15. Panama Hat

Jenis topi ini berasal dari Ekuador yang mana awalnya terbuat dari anyaman daun pohon sejenis palem. Topi panama ini hadir dengan warna yang terang, mulai dari putih, krem, dan lainnya. Panama hat ini cenderung lebih ringan dan tidak terasa panas saat digunakan. Sekarang, panama hat biasanya digunakan pada saat musim panas dan dikombinasikan dengan busana seperti setelan jas bermaterial linen atau sutra.

Jenis Topi Untuk Para Pria

Sekarang ini sudah ada banyak jenis topi yang beredar di pasaran. Sehingga kita akan memiliki banyak pertimbangan saat memilih jenis topi yang sesuai dengan kebutuhan. Terlebih lagi, tidak semua topi cocok untuk dipakai bersama dengan semua jenis pakaian. Untuk Anda khususnya laki-laki yang ingin memilih topi untuk aksesoris ataupun alat pelindung kepala dari terik sinar matahari. Berikut ini adalah beberapa jenis topi yang sedang populer di kalangan pria masa kini.

1. Trucker

Dapat dikatakan bahwa topi trucker ini merupakan topi yang banyak digunakan oleh laki-laki. Modalnya tidak tidak menutupi kepala dengan penuh membuat jenis topi ini cukup nyaman digunakan, karena di bagian jaring-jaring akan menambah sirkulasi udara dan membuat kepala menjadi tidak terlalu gerah. Terlebih lagi digunakan di Indonesia yang mempunyai iklim cukup panas. Sehingga topi jenis ini menjadi pilihan terbaik untuk menunjang penampilan.

2. Snapback

jenis topi

Beberapa tahun yang lalu, snapback sempat populer di Indonesia. Sebab, modelnya sendiri tergolong cukup keren untuk dipakai dengan beberapa gaya mendongak ataupun terbalik ke atas. Model topi tersebut sangat erat dengan musik hip-hop dan pop culture, yang mana membuat topi ini disukai oleh kalangan anak muda. Snapback sendiri selalu menawarkan warna-warna yang cukup beragam. Sehingga seringkali jenis topi ini dipakai untuk menyempurnakan warna outfit yang sedang Anda gunakan. Misalnya saja dengan menggabungkannya bersama sweater ataupun jaket.

3. Dad Hat

Sebenarnya tidak ada yang spesial dari topi jenis ini, sebab dad hat ini tidak mempunyai model yang berbeda dengan topi baseball. Akan tetapi, popularitas topi ini pernah meningkat pada tahun 2016, dimana pada waktu itu beberapa artis papan atas Amerika Serikat viral saat mengenakan dad cap.

Demikian penjelasan mengenai berbagai jenis topi yang perlu diketahui. Untuk Anda yang sedang mencari topi yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan, jangan lupa untuk memperhatikan jenis topi yang akan dipilih. Supaya sesuai dan cocok dengan penampilan Anda.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy