in

Review Buku Is It Bad or Good Habits Karya Sabrina Ara

Pernahkah Anda merasa seolah telah menempuh perjalanan yang sangat jauh, tapi akhirnya menemui diri kembali di tempat yang sama seperti semula? Kita sering kali merasa hampir putus asa dalam berupaya untuk bertahan, tanpa melihat adanya kemajuan, dan merasa bahwa langkah-langkah kita hanya membawa kita kembali ke titik awal yang sama. Mengapa hal ini terjadi?

Mungkin Anda menyadari bahwa yang membawa Anda kembali ke tempat yang sama adalah sebuah kebiasaan yang sering kamu lakukan? Seperti dalam sebuah perjalanan, kebiasaan yang terus-menerus dilakukan akan menghasilkan hasil yang sama. Otak kita, terutama dalam alam bawah sadar, telah merekam memori dari pengalaman-pengalaman yang serupa, yang terbentuk dari rutinitas dan kebiasaan yang kita lakukan.

Is It Bad or Good Habits

button cek gramedia com

Itulah sebabnya, untuk menciptakan tujuan baru dan membentuk kebiasaan baru, kita perlu mengubah jalur yang telah kita tempuh sebelumnya. Ini berarti mengubah pola pikir, menggunakan cara yang berbeda, dan mengubah citra diri kita yang mungkin telah kita kenal sebelumnya. Buku ini akan membahas semua hal itu: bagaimana proses berpikir manusia, bagaimana kita mengenali diri kita sendiri, dan bagaimana kita dapat bergerak dari kebiasaan kecil menuju kebiasaan yang dapat membawa kesuksesan.

Karena otak kita, terutama dalam alam bawah sadar, telah merekam memori dari pengalaman-pengalaman yang serupa, yang terbentuk dari rutinitas dan kebiasaan yang kita lakukan, maka sangat penting untuk menetapkan tujuan yang jelas agar kita tidak jatuh ke dalam kebiasaan buruk yang sama, sehingga memudahkan proses untuk mengubah kebiasaan kita.

Buku Is It Bad or Good Habits karya Sabrina Ara ini memiliki 140 halaman dan diterbitkan oleh Syalmahat Publishing pada tanggal 30 November 2021. Buku ini mengulas tentang proses berpikir manusia dan mengenali diri sendiri agar dapat beralih dari kebiasaan kecil menuju kebiasaan yang membawa kesuksesan. Semoga buku ini mampu membantu Anda keluar dari zona nyaman dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat merugikan diri anda.

Profil Sabrina Ara – Penulis Buku Is It Bad or Good Habits

Sabrina Ara adalah istri dari CEO Ruang Guru, Belva Devara. Perempuan yang memiliki paras cantik dan menarik ini terkenal karena kesibukannya dan prestasinya di dunia modeling. Sabrina juga pernah menjadi presenter dalam sebuah acara di stasiun televisi Trans 7, Jejak Petualang.

Tidak hanya itu, perempuan yang lahir pada 26 Juni 1995 ini telah meraih beberapa gelar di bidang IT. Sabrina merupakan alumni lulusan Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada. Selain pintar dan sukses dalam bidang akademik, Sabrina juga menunjukan kepintarannya dalam bidang non-akademik, terutama di bidang tari. Lewat tari, Sabrina sudah banyak menerima beberapa penghargaan. Sabrina telah menorehkan prestasi yang mengesankan dalam berbagai bidang.

Pada tahun 2019, Sabrina mewakili Provinsi Riau sebagai perwakilan dalam sebuah kontes kecantikan bergengsi, Putri Indonesia. Di ajang tersebut, Sabrina berhasil memenangkan gelar top 3 untuk Kostum Tradisional Terbaik. Selain berprestasi di ajang Putri Indonesia, Sabrina Ara juga telah meraih berbagai penghargaan dari ajang-ajang internasional di Amerika Serikat, Prague, London, Praha, dan California.

Adapun Sabrina melanjutkan studi S2-nya di Amerika Serikat, di Massachusett Institute of Technology (MIT), yang merupakan salah satu sekolah teknologi terkemuka di dunia, untuk dua program studi sekaligus. Seperti yang kita ketahui, persaingan untuk masuk ke perguruan tinggi di luar negeri sangat ketat dan membutuhkan persiapan yang ekstra. Oleh karena itu, pencapaian besar seperti ini layak diapresiasi.

Meskipun masih muda, Sabrina sudah terjun ke dunia startup dan membangun karier disini. Salah satunya adalah Kultur Nusantara (Kultura), yang telah didirikan sebelum tahun 2019. Kultura didirikan pada tahun 2016 dan fokus utama dari startup ini adalah social enterprises yang  menyediakan pengalaman menarik bagi penggunanya, pengguna akan dimanjakan dengan cerita yang bersifat edukatif dan otentik. Startup ini telah meraih penghargaan sebagai Runner Up 1 Pemuda Inspiratif dari Kemenpora di Tangerang pada tahun 2018.

Tidak cukup berkarier di bidang bisnis saja, Sabrina juga menyelami dunia kepenulisan. Sampai saat ini, Sabrina Ara telah melahirkan cukup banyak karya secara konsisten. Karya-karyanya sebagai berikut.

The Architecture of Love | Di balik Pena

  • Menjadi Manusia Istimewa (2019)
  • Rahasia Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apa Pun (Situasi Apa Pun Dapat Kita Taklukkan) (2019)
  • Sayangi Dirimu, Berhentilah Menyenangkan Semua Orang (2021)
  • Is It Bad or Good Habits (2021)
  • Berdamai Dengan Rasa Cemas (2022)
  • Hidup Itu Murah, Yang Mahal Gengsi Kita (2023)
  • Slow Living, Hidup Bukanlah Pelarian Tapi Perjalanan (2023).

Sinopsis Buku Is It Bad or Good Habits

Is It Bad or Good Habits

button cek gramedia com

Saat kamu terbangun di pagi hari, kegiatan apa yang kamu lakukan pertama kali? Apakah mengecek handphone? Meminum segelas air putih? Membuat to-do-list? Atau stalking media sosial mantan?

Mari kita lihat kembali apakah perilaku tersebut dilakukan dengan spontan tanpa pertimbangan, atau memang memerlukan upaya dan perencanaan. Apapun jawabannya, kedua aspek ini akan membantu kita memahami apakah perilaku tersebut termasuk kebiasaan atau rutinitas. Penting untuk menyadari bahwa meskipun keduanya melibatkan tindakan yang berulang dan teratur, kebiasaan dan rutinitas itu memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Kamu seringkali menikmati segelas teh di pagi hari, sehingga menjadi rutinitas bagi Anda untuk pergi ke dapur, menyeduh teh, dan membawanya ke serambi rumah. Begitu juga, Anda cenderung mencuci muka sebelum tidur, sehingga menjadi rutinitas bagi kamu untuk menuju kamar mandi dan membersihkan wajah kamu. Dengan demikian, apa yang dimaksud dengan kebiasaan dan rutinitas?

Kebiasaan merupakan tindakan yang dilakukan secara berulang oleh seseorang, seringkali tanpa disadari. Sebagai contoh, makan sambil berbicara bisa menjadi kebiasaan bagi seseorang. Mungkin saja orang tersebut tidak menyadari bahwa suara saat berbicara sambil makan sangat bising dan mengganggu orang lain. Kebiasaan cenderung berulang dan sulit untuk disadari.

Di sisi lain, rutinitas memiliki karakteristik yang berbeda.Seseorang melakukan aktivitas ini dengan pola yang konsisten dan urutan yang sudah ditentukan. Contohnya, sebelum memulai jam kerja di kantor, seorang karyawan biasanya membaca berita online terbaru, menyeduh teh pagi, memeriksa agenda kerja, mengadakan sesi briefing dengan atasan, dan kemudian melanjutkan tugas-tugasnya. Serangkaian aktivitas ini diatur dengan urutan tertentu dan dilakukan secara rutin.

Rutinitas dapat terdiri dari serangkaian kebiasaan, maka dengan mengubah rutinitas kita juga bisa membentuk kebiasaan baru. Nah, apakah aktivitas kamu sejak bangun tidur lebih banyak dipengaruhi oleh kebiasaan atau rutinitas? Atau mungkin setiap hari Anda mengalami kegiatan yang rutin, yang hanya merupakan serangkaian tindakan berulang?

Kelebihan dan Kekurangan Buku Is It Bad or Good Habits

Is It Bad or Good Habits

button cek gramedia com

Pros & Cons

Pros
  • Singkat, padat, jelas.
  • Bersifat reflektif dan motivasional.
  • Memberikan banyak pembelajaran praktis.
  • Menjadi buku pegangan yang banyak mengingatkan.
  • Jumlah halaman tidak terlalu banyak.
Cons
  • Beberapa penjelasan berulang dengan inti yang sama.

Kelebihan Buku Is It Bad or Good Habits

Is It Bad or Good Habits

button cek gramedia com

Buku Is It Bad or Good Habits karya Sabrina Ara memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya menjadi salah satu buku best seller. Pertama, buku ini singkat, padat, dan jelas, memberikan informasi yang mudah dicerna tanpa memperpanjang pembahasan. Setiap babnya hanya terdiri dari beberapa lembar, dan sudah memuat penjelasan serta contoh konkrit.

Kelebihan selanjutnya, buku ini bersifat reflektif dan motivasional, yang kemudian mendorong pembaca untuk merenungkan kebiasaan-kebiasaan mereka dan memberi dorongan untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Ketiga, buku ini menyajikan banyak pembelajaran praktis yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, membantu pembaca untuk melakukan perubahan yang signifikan.

Keempat, buku ini menjadi pegangan yang berharga karena banyaknya pengingat yang disajikan, membantu pembaca untuk tetap konsisten dalam perjalanan menuju perubahan positif. Terakhir, buku ini memiliki jumlah halaman yang tidak terlalu banyak, sehingga cocok dibaca untuk pembaca yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk membaca, buku ini dapat diselesaikan hanya dengan sekali atau dua kali duduk saja.

Kekurangan Buku Is It Bad or Good Habits

Is It Bad or Good Habits

button cek gramedia com

Jika di atas tadi sudah dibahas tentang kelebihan buku Is It Bad or Good Habits, bagian ini akan menyampaikan beberapa kekurangan dari buku ini. Salah satu kekurangan utamanya adalah adanya beberapa penjelasan yang berulang dengan inti yang sama. Hal ini dapat membuat pembaca merasa sudah pernah membacanya atau merasa jenuh dan kehilangan minat karena informasi yang disampaikan tidak memberikan tambahan nilai atau pemahaman baru. Hal yang repetitif tersebut juga dapat mengganggu alur pembacaan dan menyebabkan pembaca merasa terputus dari materi yang disajikan.

Pesan Moral Buku Is It Bad or Good Habits

Is It Bad or Good Habits

button cek gramedia com

Seperti yang telah diketahui dari kelebihan buku ini, buku Is it Bad or Good Habits karya Sabrina Ara ini memberikan banyak pembelajaran bagi para pembacanya. Dari bab pertama, pembaca akan diberikan pertanyaan reflektif mengenai mengenali diri sendiri, mulai dari kebiasaan sehari-hari, lalu mulai dibahas pengaruhnya, dan juga kerja pikiran.

Setelah mengenali kebiasaan diri, bab-bab selanjutnya akan membahas lebih dalam tentang cara mengidentifikasi bad habits, bagaimana cara mengubahnya, cara mempertahankan kebiasaan yang baik, dan pengajaran tentang menjaga energi positif.

Buku ini secara keseluruhan mengajarkan kita untuk mempertahankan kebiasaan baik dan menyingkirkan kebiasaan buruk. Hal-hal yang tampak mudah, tetapi kenyataannya sulit untuk dilakukan, karena menuntut komitmen dan konsistensi. Jadi, yang perlu diubah pada mulanya adalah pola pikir dan keyakinan.

Grameds, itu dia sinopsis, ulasan, dan pesan moral dari buku Is It Bad or Good Habits karya Sabrina Ara. Yuk kita ubah kebiasaan buruk kita dan konsisten melakukan kebiasaan baik! Bagaimana caranya? Pelajari dalam buku yang tersedia hanya di Gramedia.com! Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan informasi dan produk terbaik untuk kamu.

Penulis: Gabriel

Rekomendasi Buku

Sayangi Dirimu, Berhentilah Menyenangkan Semua Orang

button cek gramedia com

Sudah berusaha begitu keras, tetapi tak pernah dianggap. Segala-galanya sudah diberikan, tetapi tetap tak bernilai banyak bagi mereka. Perjuangan ini sungguh melelahkan. Apa yang salah? Apa lagi yang bisa dilakukan?

Bila kamu masih terjebak dalam usaha untuk menyenangkan semua orang, kebahagiaanmu akan berkurang. Waktumu pun tidak akan cukup untuk melakukan semua usaha itu. Satu-satunya saran paling bijak yang pernah ada adalah berhenti. Berhentilah menuruti keinginan orang lain dan mulailah mendengarkan apa yang diinginkan oleh dirimu sendiri. Sayangilah dirimu sendiri.

Slow Living, Hidup Bukanlah Pelarian Tapi Perjalanan

Slow Living, Hidup Bukanlah Pelarian Tapi Perjalanan

button cek gramedia com

Demi label kesuksesan yang dicapai lebih cepat, kita rela menjadi orang yang miskin waktu dan memiliki kebahagiaan yang tidak menentu. Belum lagi jika kesehatan terganggu karena mesin dalam tubuh terus terpacu. Apakah tidak sayang dengan diri sendiri?

Nyatanya, hidup cepat tidak selalu tepat untuk semua orang. Ada yang sukanya lari, tetapi mungkin kita cocoknya berjalan kaki. Memang lebih lambat, tetapi toh pada akhirnya akan sampai juga pada tujuan. Mengapa harus memaksakan diri untuk mengambil kecepatan yang sama dengan orang lain, jika kemampuan kita berbeda?

Rahasia Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apa Pun

Rahasia Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apa pun

button cek gramedia com

Kehidupan adalah rantai masalah sambung menyambung hingga dunia berakhir. Tidak ada satu pun manusia yang tidak pernah tidak mengalami masalah sekali pun selama hidupnya. Keseharian masalah justru menghubungkan manusia satu dengan yang lain, mempertemukan kebutuhan dengan si pencari, mengeratkan yang lepas kepada yang memiliki. Masalah hadir sebagai ujian yang bisa jadi membawa perubahan nasib, entah baik atau buruk. Semua tergantung bagaimana kita menyikapi masalah tersebut.

Berangkat dari masalah yang tidak mungkin luput dari hidup, buku Rahasia Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apa pun (Situasi Apa pun Dapat Kita Taklukan) ini hadir untuk menawarkan harapan baik. Harapan harus dikibarkan sebagai penunjuk jalan agar kita tidak tersesat pada alamat yang salah. Harapan baik, perubahan terjadi ketika Anda dapat menghadapi masalah dengan tenang.

 

Sumber:

  • https://www.scribd.com/document/673679180/512-ID-is-It-Bad-or-Good-Habits-Bagaimana-Rutinitas-Dan-Kebiasaan-Dapat-Mempengaruhi-Kehidupan
  • https://bukunesia.com/tokoh/sabrina-ara/

Written by Adila V M