in

Properti: Investasi dan Potensi Bisnis yang Menjanjikan

unsplash.com

Properti – Kata properti pastinya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga bukan? Orang-orang sering menyebut kata properti ini. Lalu apa definisi dari properti itu sebenarnya? Apa fungsi dari properti? Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai properti.

Pengertian Properti

Menurut Kamus besar Bahasa Indonesia atau KBBI, properti adalah harta berupa tanah bangunan serta sarana dan prasarana yang tidak terpisahkan dari tanah hak milik atau bangunan yang dimaksud. Properti secara umum yaitu penyebutan bangunan atau tanah yang dimiliki oleh seseorang. Bisa dikatakan bahwa properti tidak hanya sebatas bangunan yang berdiri tetapi juga atas hak milik tanah dan bangunan yang ada di atasnya. Sedangkan arti dari kata properti secara khusus yaitu merupakan suatu istilah yang dihubungkan dengan bangunan mewah atau luas, tetapi pernyataan ini merupakan hal yang kurang tepat. Pasalnya satu petak tanah sudah bisa dikatakan properti apabila telah memiliki hukum yang sah.

Maka dapat disimpulkan bahwa pengertian properti adalah harta berupa sarana prasarana yang berupa hak milik, hak guna, hak pakai maupun hak sewa untuk memanfaatkan sebuah bangunan serta sebidang tanah dan apapun yang ada di atas lahan tersebut. Properti biasanya dihubungkan dengan tanah, usaha, hak milik yang berhubungan dengan seseorang. Kata properti juga biasanya digunakan oleh orang pebisnis dan investor, maka tidak heran kata properti ini sangat populer di kalangan pebisnis dan investor.

Properti biasanya ditujukan kepada sesuatu yang biasanya dikenal sebagai entitas dalam kaitannya dengan kepemilikan seseorang atau kelompok orang atas suatu hak eksklusif. Bentuk yang utama dari properti adalah real property (tanah), kekayaan pribadi (personal property), kepemilikan barang secara fisik lainnya dan kekayaan intelektual. Hak dari kepemilikan ini berkaitan dengan properti yang menjadikan sesuatu barang menjadi kepunyaan seseorang baik pribadi maupun kelompok, menjamin seseorang atas haknya untuk melakukan segala sesuatu terhadap properti sesuai dengan kehendaknya,baik untuk menggunakannya maupun tidak menggunakannya, untuk mengalihkan hak kepemilikannya.

Beberapa ahli filosofi juga berpendapat bahwa properti timbul dari norma sosial. Beberapa lainnya juga berpendapat bahwa properti timbul dari moralitas dan hukum alamiah (natural law). Properti merupakan sesuatu hal yang sangat erat kaitannya dengan kepemilikan. Jadi dokumen harus lengkap sesuai dengan hukum. Apabila tidak lengkap rawan dengan penipuan, sengketa dan perselisihan.

Urusan properti adalah aset yang sangat mahal harganya. Jadi dokumen harus legal dan jelas, sehingga urusan dokumen sangat diperlukan karena berhubungan dengan kepemilikan seseorang. Beragam kelompok ilmu seperti hukum, antropologi, ekonomi, sosiologi menerapkan konsep tersebut secara sistematis, tetapi definisi yang diterapkan berbeda beda antara bidang ilmu yang satu dengan bidang ilmu yang lainnya. Dalam ilmu sosial seringkali istilah properti ini digunakan sebagai suatu kelompok hak dan ditekankan properti adalah bukan merupakan hubungan antara manusia dan barang, tetapi lebih merupakan hubungan antara penghargaan manusia atas barang.

Properti pribadi kadang digunakan sebagai sesuatu istilah yang maknanya mirip dengan kepemilikan individu tetapi istilah tersebut juga digunakan suatu properti berbentuk kolektif dalam bentuk kepemilikan perusahaan.Beberapa filosofi seperti Karl Marx menggunakan istilah properti untuk menjelaskan hubungan antara penjual tenaga dan mereka pembelinya dengan menggunakan tenaga tersebut. Ke semuanya ini adalah berbeda dengan properti publik yang merupakan hak kepemilikan dari seluruh komunitas secara kolektif atau suatu negara.

Hak kepemilikan modern merupakan suatu hak kepemilikan dan hak penguasaan yang merupakan milik dari suatu perorangan yang sah walaupun apabila perorangan tersebut bukan merupakan bentuk orang yang sesungguhnya.Misalnya pada perusahaan,dimana perusahaan memiliki hak hak setara dengan warga negara lainnya termasuk warga negara konstitusi dan maka dari itulah perusahaan disebut sebagai badan hukum.

Properti biasanya digunakan dalam hubungannya dalam kesatuan hak termasuk:

  1. Kontrol atas penggunaan dari properti
  2. Hak atas keuntungan dari properti (misalnya hak tambang dan hak sewa).
  3. Suatu hak untuk mengalihkan dan menjual properti
  4. Suatu hak untuk memiliki secara eksklusif.

Properti

Tujuan Properti

Properti dapat dijadikan sebagai bisnis, biasanya disebut sebagai bisnis properti. Bisnis properti yang mana mempunyai arti suatu kegiatan usaha atau bisnis yang dilakukan oleh perorangan atau perusahaan yang bergerak di bidang kepemilikan properti yang dijadikan sebuah aset, baik berupa tanah, bangunan serta segala sarana dan prasarana yang terdapat di dalamnya sebagai satu kesatuan. Hal Ini tentu akan memberi keuntungan bagi siapa saja yang menekuninya.

Bisnis properti ini bisa bergerak di bidang jual beli atau sewa menyewa tanah dan berbagai aspek yang terkait di dalamnya.Yang termasuk di dalamnya adalah jual beli maupun sewa menyewa bangunan beserta sarana prasarana dari berbagai jenis produk properti yang dapat dijumpai di pasaran. Ada banyak sekali bisnis properti yang kita jumpai dan sangat pop Lee di Indonesia. Contohnya rumah, rusun (rumah susun), perumahan, apartemen(kondominium), bangunan atau gedung tempat pelajar atau mahasiswa menempuh pendidikan (dorminotori), villa.

Selain produk properti yang diatas, bisa juga dilihat produk properti berdasarkan tujuan:

  1. Properti untuk komersial
    Contohnya: toko ritel, pusat perbelanjaan, perkantoran (office tower), ruko (rumah toko), rukan (rumah kantor), hotel, dan lain sebagainya.
  2. Properti untuk industri
    Contohnya: gudang, pabrik atau manufaktur sebagai tempat produksi atau perakitan (assembling) hingga kawasan industri.
  3. Properti untuk tujuan khusus (special purpose property)
    Contohnya: bandara, terminal bus, lapangan golf, tempat ibadah dan lain sebagainya.

Istilah dalam Bisnis Properti

Dalam bisnis properti banyak istilah yang harus dimengerti, seperti:

  1. Developer adalah perusahaan/pengembang properti.
  2. Agen properti/broker properti
  3. Capital gain merupakan jumlah keuntungan seorang investor saat menjual kembali aset investasinya. Dalam bahasa Indonesia artinya keuntungan modal. Perolehan keuntungan dari capital gain merupakan selisih harga dari penjualan dan harga beli produk investasi.
  4. Break Even Point
    Sistem hukum telah berkembang sedemikian rupa untuk melindungi transaksi dan sengketa atas penggunaan, penguasaan, pemanfaatan, pengalihan, dan pembagian properti dimana sistem tersebut termasuk istilah yang dikenal dengan nama kontrak/perjanjian.
    Hukum positif menegaskan hak hak tersebut, untuk menghakimi dan melaksanakan penerapannya maka digunakan suatu sistem hukum sebagai sarananya. Investasi pada keadaan ekonomi saat ini sangat penting, karena ekonomi sekarang prediksinya tidak menentu.Investasi saat ini juga bermacam macam, diantaranya investasi emas, saham, barang barang branded, mobil, tanah, rumah, sawah dan lain sebagainya.
    Meski pilihan investasi banyak tetapi tetap saja yang banyak digemari orang orang adalah investasi properti.Investasi properti dianggap paling aman, mudah, dan menguntungkan. Dianggap investasi properti tambah lama bukannya tambah turun,tetapi tambah naik,tidak akan merugi bisnis properti, cenderung minim resiko dan jelas. Investasi properti dibilang tricky, meskipun nilainya tetap stabil dan resiko rendah.oleh karena itu banyak para investor muda ragu untuk memulai investor di bidang properti.
    Investasi properti adalah pembelian properti real estate yang ditujukan untuk mendapatkan return of investment baik melalui hasil sewa, penjualan kembali atau sebaliknya.Properti itu sendiri dapat dalam bentuk perorangan,properti dalam bentuk  kelompok maupun sebuah korporasi.Ditinjau dari segi waktu,investasi properti sangat fleksibel, bisa dalam waktu jangka pendek maupun jangka panjang.Tergantung dari sang pemilik untuk menentukan waktunya.
  5. Return of investment(ROI)/ laba investasi adalah salah satu perhitungan dalam investasi. Return of investment adalah membandingkan berapa banyak yang jumlah bayarkan untuk beberapa investasi dengan berapa banyak yang diperoleh untuk mengevaluasi efisiensinya. Return of investment merupakan hal sangat penting karena berhubungan dengan keuangan. Dalam bisnis return of investment adalah rasio finansial yang mudah dipahami.
    Menghitung return of investment adalah metode yang mudah dipahami dan dilakukan.Return of investment adalah rumus matematika yang digunakan investor untuk mengevaluasi investasinya. Semakin tinggi rasio return of investment artinya semakin by besar keuntungan yang diperoleh. Cara paling sederhana untuk memikirkan return of investment adalah mengambil beberapa jenis manfaat dan membaginya dengan biaya.

    ROI adalah ukuran kinerja dan efisiensi suatu investasi. ROI direpresentasikan sebagai persentase keuntungan yang dihasilkan oleh sejumlah modal setelah biaya dan pengeluaran selama periode waktu tertentu. Pendapat lain ROI adalah metrik keuangan yang banyak digunakan untuk mengukur kemungkinan memperoleh pengembalian dari investasi.
    Cara menghitung ROI adalah dengan membagi laba bersih atau kerugian investasi dengan biaya atau pengeluaran awal. Dalam bisnis tujuan ROI adalah untuk mengukur per periode, tingkat pengembalian uang yang diinvestasikan dalam entitas ekonomi untuk memutuskan apakah akan melakukan investasi apa tidak. ROI tidak sama dengan laba atau laba atas ekuitas, mereka terkait tapi konsepnya berbeda.ROI membantu pengamat membandingkan tingkat keuntungan potensial yang tersedia dari investasi di satu perusahaan atau aset versus yang lain.

    Menghitung ROI adalah sangat penting dalam berbisnis. Berikut keuntungan menghitung dalam ROI adalah

    1. Membantu investor dan profesor keuangan untuk dengan cepat memeriksa prospek investasi dan dengan demikian ini akan menghemat waktu dan uang.
    2. ROI juga membantu dalam mengeksplorasi serta mengukur potensi pengembalian dari berbagai peluang investasi.
    3. Memahami dan mengukur manfaat investasi di departemen tertentu juga.
    4. Untuk membantu mengukur investasi di pasar.
    5. Manfaat paling penting menggunakan ROI untuk keputusan investasi adalah sederhana namun efektif.
    6. Metode ROI adalah salah satu metode sederhana dalam rasio keuangan.
    7. ROI dapat diterima oleh orang awam juga,secara universal diterima sistem konsep keuangan,investasi dan bisnis.
    8. Manfaat terbesar ROI adalah metrik yang tidak rumit, sederhana,mudah untuk menghitung dan intuitif mudah dimengerti.
      Meski banyak keuntungannya ROI juga mempunyai kekurangan, diantaranya:

      • ROI tidak memperhitungkan periode holding suatu investasi,yang dapat menjadi masalah ketika membandingkan alternatif investasi.
      • ROI tidak menyesuaikan dengan resiko.Sudah menjadi rahasia no umum bahwa hasil investasi memiliki korelasi langsung dengan risiko, semakin tinggi potensi pengembalian maka akan semakin tinggi pula kemungkinan resikonya.
      • Hal ini dapat diamati secara langsung di dunia investasi, dimana saham berkapitalisasi kecil biasanya memiliki pengembalian yang lebih tinggi daripada saham berkapitalisasi besar.
      • angka ROI dapat dilebih lebihkan jika semua biaya yang diharapkan tidak dimasukkan dalam perhitungan.Hal ini terjadi baik disengaja maupun tidak di sengaja.
      • Seperti banyak matrik profitabilitas, ROI hanya menekankan keuntungan finansial ketika mempertimbangkan pengembalian investasi.Seperti itu tidak mempertimbangkan manfaat tambahan,seperti barang sosial atau lingkungan.

Properti

Kelebihan Investasi Properti

Sebelum melakukan investasi properti, ada baiknya jika kita tahu terlebih dahulu ala kelebihan dari investasi properti:

  1. Nilai properti cenderung stabil dari waktu ke waktu.Hal ini sudah tidak diragukan lagi karena kebutuhan hunian atau bangunan akan ada setiap saat.
  2. Jika investasi dengan nilai properti yang tinggi tentu dalam jangka waktu yang panjang akan tambah mahal.
  3. Bentuk investasi properti adalah dengan investasi tanah, rumah ruko (rumah toko) atau apartemen. Tentunya konsumen properti akan meninjau lokasi dengan tempat yang menjanjikan.Misalnya tempat yang dekat dengan tempat umum, tempat transportasi masal, tempat kawasan kota mandiri dengan nilai investasi besar. Contohnya dekat dengan mall, pasar, kantor, swalayan, bank, tempat rekreasi, bandara, stasiun kereta dan lain sebagainya.
  4. Investasi properti tentunya harus memiliki dana lebih untuk memperkirakan pengeluaran yang tidak terduga. Dana pun harus disesuaikan dengan investasi properti yang kita inginkan. Investasi harus sesuai dengan dana yang kita miliki. Biaya tambahan juga patut dipertimbangkan,seperti biaya perbaikan.

Jika ingin membeli rumah atau apartemen ada baiknya kita mengenali para pengembang bisnis properti tersebut. Pengembang yang ternama dan terpercaya. Hal demikian dilakukan untuk antisipasi karena maraknya aksi penipuan dengan berkedok investasi dan pastinya pembeli akan dirugikan. Cobalah dengan melihat properti yang kita incar kemudian kita cari tau pengembang yang bertanggung jawab dari properti tersebut. Cek track record dari pengembang tersebut sehingga pembeli akan lebih aman jika melakukan transaksi tersebut.

Macam-Macam Investasi Properti

Ada banyak macam cara berinvestasi properti, yaitu:

1. Investasi properti sewa

Yang paling umum dilakukan adalah dengan cara membeli atau membangun properti secara pribadi. Tapi jika hanya sebatas kepemilikan maka keuntungannya tidak terlalu besar. Terutama jika kita memiliki target profit dalam jangka yang pendek. Tapi jika kita menginginkan penghasilan secara berkala maka properti tersebut kita sewakan. Apalagi jika kita memiliki kesibukan sendiri namun masih menginginkan adanya penghasilan tambahan maka bisnis sewa sudah pasti pilihan kita.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

2. Bisnis flip properti

Bisnis flip properti merupakan cara atau proses yang dilakukan untuk mendapatkan sebuah rumah atau properti yang lain. Setelah itu melakukan proses renovasi dan menjualnya dalam waktu singkat untuk mendatangkan keuntungan. Pelaku bisnis flip properti disebut flipper dan proses bisnis flip propertinya disebut flipping.

Cara investasi properti ini dapat dilakukan oleh siapapun, baik itu kalangan umum maupun penjual properti. Tahapannya sendiri mulai dari mengambil pinjaman kpr atau KPA dari bank kemudian mencari berbagai jenis properti dengan harga yang lebih rendah dari pada pasaran. Alasan properti dijual murah dan cepat biasanya dikarenakan penjualnya butuh uang dan lain sebagainya.

3. Investasi properti online

Investasi properti online adalah investasi yang dilakukan dengan cara virtual melalui platform khusus, yang menghubungkan property asset manager dengan para investor.Tapi pastikan setiap langkah yang kita lakukan aman, agar bisa mendapatkan keuntungan tanpa harus mempunyai resiko kecolongan dalam berinvestasi. Jangan lupa selalu melakukan riset sebelum mengambil keputusan dan memilih jenis properti.

Properti

Jika Grameds tertarik untuk memulai bisnis properti, ada baiknya untuk membaca buku sebagai referensi dan dapatkan bukunya yang tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha memberikan yang terbaik!

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda