in

Mengenal Apa Itu Paypal: Pembayaran Digital Lintas Negara

Apa itu paypal  – Kemajuan teknologi yang ada saat ini semakin memudahkan kita untuk belanja online melalui situs-situs e-commerce dan fitur pembayaran digital. Seperti Paypal, misalnya.

Paypal adalah salah satu alternatif pembayaran digital yang banyak digunakan untuk melakukan transaksi, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Meski begitu, ternyata masih ada beberapa orang yang belum mengetahui apa itu PayPal, apa saja fungsi dan manfaatnya, hingga bagaimana cara menggunakannya.

Nah, biar Grameds nggak penasaran berikut ini penjelasan mengenai Paypal secara detail. Simak sampai habis, ya!

Apa itu Paypal?

>apa itu paypalhttps://pixabay.com/id

Paypal adalah suatu perusahaan layanan keuangan yang didirikan pada tahun 1998  di California, Amerika Serikat. Elon Musk–perintis mobil listrik Tesla–merupakan salah satu pendiri Paypal. Awalnya, Paypal ini termasuk ke dalam anak usaha eBay yang kemudian dipisahkan lalu membangun perusahaannya sendiri.

Paypal bisa dianggap sebagai rekening virtual dengan layanan jasa transfer dan pembayaran online yang bisa digunakan di banyak negara di dunia. Mirip seperti e-wallet yang sering kamu gunakan, hanya saja Paypal mempunyai jaringan yang lebih luas sehingga bisa melayani transaksi antar negara.

Keunggulan lainnya ada pada tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitornya. Maka dari itu, tak heran banyak pebisnis online dan perusahaan-perusahaan besar mancanegara yang memanfaatkan Paypal dalam bisnisnya karena memang proses transaksinya lebih aman.

Fungsi Paypal

Paypal dalam penggunaannya menjadi salah satu alat transaksi online yang paling banyak diminati dan digunakan di berbagai negara. Sebab, penggunanya bisa dengan mudah mengirimkan dana kepada orang lain yang sama-sama memiliki rekening Paypal.

Tidak hanya mengirimkan dana, pengguna Paypal juga bisa menerima transfer dana dari pengguna lain. Kemudahan ini menjadi keunggulan lain yang dimanfaatkan pebisnis dalam menjalankan keuangan di perusahaan mereka. Terlebih sekarang beberapa situs belanja online, menggunakan Paypal sebagai salah satu alternatif pembayaran. Selain itu, masih ada lagi beberapa fungsi Paypal, di antaranya:

  1. Bisa digunakan untuk pembayaran kartu kredit tanpa harus mengajukan dulu ke bank lokal.
  2. Aman digunakan untuk belanja online tanpa batas wilayah bahkan negara.
  3. Menerima dana dari rekening bank, kartu debit atau kartu kredit.
  4. Menerima uang dengan mata uang asing dan dicairkan menjadi rupiah.

Kelebihan dan Kekurangan Paypal

https://pixabay.com/id

Kelebihan menggunakan Paypal

1. Sistem keamanannya baik

Pada saat kamu membuat akun Paypal, biasanya Grameds akan diminta memasukkan kartu kredit serta rekening bank yang akan dipakai untuk bertransaksi. Dan ini hanya dilakukan satu kali saja.

Artinya, setelah proses ini selesai kamu tidak perlu memberikan informasi tentang kartu kredit atau rekening kepada pihak lain saat membayar atau menerima uang. Jadi ketika kamu belanja online dan menggunakan Paypal sebagai pembayarannya, kamu hanya perlu memasukkan informasi akun Paypal.

Jadi, transaksi lebih aman tanpa khawatir akan ada peretas yang mencuri informasi kartu kredit kamu. Bahkan jika ada peretas, kamu bisa langsung membatalkan transaksinya.

2. Lebih cepat

Bagi Grameds yang sering mengirim uang ke luar negeri, Paypal akan sangat membantu karena proses transfernya lebih cepat dan bisa dilakukan kapan saja. Caranya pun mudah, cukup menggunakan aplikasi Paypal di smartphone atau melalui website resminya langsung.

Tentu saja, ini lebih hemat waktu karena kamu tidak perlu pergi ke bank dan mengantri terlebih dulu. Selain itu, yang lebih menarik lagi, kiriman untuk saudara atau keluarga tidak ada fee sama sekali.

3. Punya banyak pilihan

Memang banyak orang menghubungkan Paypal dengan kartu kreditnya, pertanyaannya apakah jika tidak punya kartu kredit masih bisa menggunakan alat pembayaran digital ini?

Bisa banget. Grameds bisa memakai beberapa rekening bank serta kartu debit untuk bertransaksi menggunakan Paypal. Kamu juga tidak perlu khawatir karena transaksi dengan Paypal pasti berjalan lancar.

4. Ada aplikasi PayPal khusus Smartphone

Paypal sudah menyediakan aplikasi yang bisa kamu unduh ke smartphone. Dengan aplikasi ini Grameds bisa mentransfer atau menerima uang atau berbelanja online dimanapun dan kapanpun.

Selain mengirim dan menerima uang, kamu juga bisa membayar tagihan, meninjau riwayat transaksi serta melakukan pembelian langsung dari aplikasi ini. Hebatnya lagi, kalau amit-amit suatu hari hp kamu dicuri atau hilang, saldo di akun Paypal mu tetap terlindungi penuh.

Pasalnya, siapapun yang menggunakan akun Paypal mu harus memasukkan PIN konfirmasi untuk setiap transaksi. Jadi, pastikan jaga kerahasiaan PIN akun Paypal kamu, ya.

5. Melindungi konsumennya

Paypal mempunyai kebijakan yang memungkinkan konsumennya untuk melayangkan gugatan atau keluhan atau sengketa dalam kurun waktu 45 hari jika ada kendala saat belanja online menggunakan Paypal.

Misalnya Grameds barang di e-commerce luar negeri dan pembayarannya menggunakan Paypal. Ternyata setelah 30 hari barang belum juga sampai atau barangnya tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh penjual. Nah, kamu melayangkan gugatan, tapi harus disertai bukti ya.

Nantinya pihak Paypal akan mengembalikan dana ke akun Paypal kamu tergantung dari situasi dan juga buktinya. Kalau beruntung, uang akan kembali 100% ke akunmu.

6. 100% gratis

Ini adalah salah satu keunggulan terbaik Paypal. Yup, kamu tidak perlu membayar tarif bulanan, biaya keanggotaan, biaya pemrosesan, ataupun biaya layanan. Bahkan, untuk aktivasi menggunakan kartu kredit pun hanya perlu mentransfer saldo di kartu kredit ke akun Paypal.

7. Promo diskon

Mirip seperti kartu kredit, Paypal juga sering memberikan promo diskon khusus bagi penggunanya yang membayar atau membeli barang di beberapa toko online yang sudah bekerja sama dengan Paypal.

Promo diskon ini pastinya akan membuat uang kamu lebih hemat saat berbelanja. Caranya pun mudah, cukup salin kode promosi khusus di website e-commerce lalu menempelkannya saat membayar dengan Paypal.

8. Mudah digunakan

Dengan Paypal, transaksi jadi lebih mudah terutama jika kamu melakukan transaksi dengan sesama pengguna akun Paypal. Selain itu, user interface aplikasi maupun website-nya sangat ramah pemula.

Dalam dashboard akun Paypal kamu akan menemukan beberapa pengaturan seperti ringkasan, send payment, setting, dan yang lainnya. Kamu tidak akan melihat banyak logo dari fitur-fitur tambahan seperti yang ada di e-wallet atau e-banking pada umumnya. Jadi bisa dibilang, Paypal itu bisa digunakan oleh siapa saja, bahkan pemula sekalipun.

9. Proses pembuatan akun cepat

Kalau Grameds pernah membuat rekening bank secara langsung, pasti tahu panjangnya proses yang harus dilalui untuk mendapatkan buku rekening plus kartu ATM.

Sebut saja seperti menyiapkan KK, KTP, dan Materai, lalu mengisi data diri di formulir, mengaktifkan fitur e-banking, menunggu kode verifikasi, dan yang lainnya. Nah dengan Paypal, kamu bisa melewati semua proses itu.

Pembuatan akun Paypal bisa dilakukan melalui situs resminya–persis seperti saat membuat akun media sosial. Kamu harus memasukkan alamat email yang aktif untuk melakukan verifikasi. Alamat email ini pula yang nantinya dipakai sebagai identitas untuk bertransaksi dengan akun Paypal.

Kerugian menggunakan Paypal

Rawan scamming

Karena Paypal menggunakan alamat email untuk verifikasi, maka lebih rawan terkena scamming. Karena itu, untuk menggunakan Paypal kamu wajib menjaga kerahasiaan email yang digunakan untuk membuat akun Paypal.

Banyak cara yang bisa digunakan oleh scammer untuk mendapatkan data akun yang kamu miliki. Mulai dari membuat halaman fake login, menipu dengan alibi melakukan pendataan ulang, hingga cara-cara yang lebih canggih lagi.

Aksesnya cukup terbatas

Salah satu kerugian yang paling mengganggu dari Paypal adalah prosesnya transaksinya terbatas. Terutama jika akun kamu belum diverifikasi, ada limit transaksi maksimal $1.000 per bulannya.

Agar bisa melakukan verifikasi, Grameds harus memakai kartu kredit atau dengan jasa VCC. Sedangkan kartu kredit mandiri tidak bisa dimiliki oleh sembarang orang.

Tak pandang bulu

Paypal memiliki regulasi ketat yang harus dipatuhi oleh setiap penggunanya. Jika kamu nakal dan tidak mematuhi regulasi ini, Paypal tidak akan segan-segan untuk memblokir akun kamu. Jika sudah diblokir, semua uang yang ada di akun tersebut akan hilang begitu saja.

Tidak bisa digunakan jika IP berbeda

Paypal juga tidak mengizinkan penggunanya login memakai IP yang berbeda. Jadi kamu hanya bisa menggunakan IP negara Indonesia saja. Jika menggunakan VPN, kamu tidak bisa login sama sekali karena riwayat IP-nya berbeda.

Cara membuat akun paypal

Sebelum kamu membuat akun Paypal, ada beberapa persyaratan yang harus disiapkan terlebih dahulu, yaitu:

  1. Informasi pribadi seperti nama dan alamat.
  2. Akun email dan nomor hp yang aktif.
  3. Nomor rekening bank lokal.
  4. Kartu debit atau Kartu kredit (Opsional).

Jika semua persyaratannya sudah siap, kamu bisa langsung membuat akun Paypal dengan mengikuti cara di bawah ini:

Daftar tanpa kartu kredit untuk rekening pribadi

1. Masuk ke situs resmi Paypal 

Untuk membuat akun rekening pribadi kamu harus membuka situs resminya di https://paypal.com/id atau bisa juga dengan mengunduh aplikasi nya di Google Play Store atau App Store. Di halaman awal, klik pada bagian “Daftar Sekarang” atau pada tombol “daftar” yang ada di pojok kanan atas.

2. Pilih opsi “rekening pribadi”

Di sini kamu akan menemukan dua pilihan, yaitu “Rekening Pribadi” dan “Rekening Bisnis”. Pilih yang bagian “Rekening Pribadi” lalu klik berikutnya

3. Pilih status pemilik

Setelah itu kamu akan diminta untuk memilih salah satu pilihan yang menunjukkan status kamu sebagai pemilik rekening. Pilihannya ada “Pembeli online”, Penjual Individu/Freelancer”, “Kedua hal di atas”, dan “Saya tidak yakin”. Silakan pilih yang paling sesuai lalu klik berikutnya.

4. Isi nomor HP yang masih aktif

Berikutnya kamu harus mengisi nomor hp yang masih aktif di kolom yang sudah tersedia. Lalu klik “berikutnya” dan tunggu kode OTP dikirim melalui SMS. Setelah menerima kode OTP-nya, masukkan ke dalam kolom yang ada.

5. Lengkapi data diri

Di sini kamu harus mengisi alamat email yang masih aktif, nama lengkap, dan juga kata sandi yang akan digunakan, lalu klik tombol “Berikutnya”. Selanjutnya, Paypal akan mengirimkan link verifikasi ke alamat email yang kamu tulis.

Klik pada link tersebut dan jika kamu diminta memasukan informasi kartu kredit, langsung saja lewati dengan memilih opsi “Saya akan melakukannya nanti”. Selesai dan akun Paypal kamu sudah bisa digunakan.

Daftar Tanpa Kartu Kredit Untuk Rekening Bisnis

1. Masuk ke situs Paypal

Untuk membuat akun rekening pribadi kamu harus membuka situs resminya di https://paypal.com/id atau bisa juga dengan mengunduh aplikasi nya di Google Play Store atau App Store. Di halaman awal, klik pada bagian “Daftar Sekarang” atau pada tombol “daftar” yang ada di pojok kanan atas.

2. Pilih Opsi Rekening Bisnis

Di sini pilih pada bagian “Rekening Bisnis” lalu klik tombol “Berikutnya”.

3. Isi data diri

Selanjutnya kamu akan diminta mengisi nama lengkap, alamat email yang aktif, dan juga sandi yang akan digunakan. Perhatikan, semua informasi di sini harus sesuai dengan ketentuan yang ada di bawah. Jika sudah sesuai, semua icon centang nya akan berwarna hijau. Setelah lengkap, klik pada opsi “Anda telah membaca dan menyetujui Kesepakatan Pengguna dan Pernyataan Privasi.” dan klik tombol “Setuju dan Kirim”.

4. Lakukan verifikasi

Tunggu Paypal mengirimkan link verifikasi ke email yang sudah kamu daftarkan. Klik link yang kamu terima. Saat diminta melakukan verifikasi kartu kredit, lewati langsung dengan memilih opsi “Saya akan melakukannya nanti”. Selesai dan akun Paypal kamu sudah bisa digunakan.

Cara Isi Saldo Paypal

https://pixabay.com/id

Isi Saldo Paypal Via Kartu Kredit

Cara mengisi saldo Paypal yang paling mudah adalah dengan menggunakan kartu kredit karena kamu hanya perlu menghubungkan kartu kredit ke akun Paypal. Setelah itu, saldo akan otomatis terisi.

Isi saldo Paypal via website resmi

  1. Buka website resmi Paypal lalu login ke dalam akun Paypal yang sudah kamu buat.
  2. Sebelumnya, pastikan kamu sudah memasukkan rekening bank ke dalam akun Paypal. Jika belum, klik pada bagian “Money” atau “Wallet”.
  3. Setelah itu klik pada bagian “Transfer Money”.
  4. Klik “Got it” untuk melanjutkan.
  5. Klik opsi “Add money to your balance” untuk mengisi saldo Paypal kamu, lalu masukan jumlah uangnya.
  6. Terakhir, pilih “Add Personal” dan saldo akan masuk ke akun Paypal kamu dalam waktu 3 sampai 5 hari kerja. Jadi harap sabar, ya.

Isi Saldo Paypal via HP

  1. Instal aplikasi Paypal di Hp kamu.
  2. Lalu buka aplikasinya dan login menggunakan akun kamu.
  3. Klik pada opsi “Your Balance” lalu pilih “Add Money”.
  4. Kalau diminta menambahkan dari bank, klik nama rekening bank yang akan digunakan untuk melakukan transfer.
  5. Setelah itu masukkan jumlah saldo dan klik tombol “Next”.
  6. Klik “Add to Your Balance” lalu tunggu saldo terisi dalam waktu 3 sampai 5 hari kerja.

Cara Menggunakan Paypal

Grameds bisa menggunakan Paypal untuk belanja online di berbagai website toko online maupun transfer ke rekening lain dengan cara:

Cara menggunakan paypal untuk belanja online

  1. Pertama, masuk dulu ke website toko online yang akan kamu gunakan.
  2. Lalu pilih barang yang akan kamu beli dan lakukan proses check out.
  3. Saat memilih menu pembayaran, langsung pilih “Pay with Paypal”
  4. Tuliskan informasi akun Paypal yang kamu miliki lalu lakukan konfirmasi pembayaran lewat email.
  5. Selesai sudah dan kamu tinggal menunggu barang dikirim oleh penjual.

Cara menggunakan paypal untuk transfer ke rekening lain

  1. Buka situs resmi Paypal atau melalui aplikasi yang ada di hp kamu.
  2. Pastikan saldo kamu cukup.
  3. Klik pada bagian “Transfer Money” .
  4. Lalu tuliskan jumlah uang yang akan dikirim.
  5. Kemudian tulis nama akun Paypal atau nomor rekening yang menjadi penerima.
  6. Cek ulang sekali lagi dan pastikan semua informasinya benar.
  7. Jika sudah benar, klik tombol “Send”. Selesai.

Demikian pembahasan tentang apa itu Paypal dan juga cara mengisi saldo Paypal. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu.

Jika ingin mencari buku tentang ekonomi, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gilang Oktaviana Putra



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy