in

Inovasi Produk: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Contoh, dan Cara Melakukannya

Pixabay

Inovasi Produk – Merupakan ide terbaru yang memberikan nilai tambah dan berdampak positif bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, inovasi produk ini biasanya terkait dengan teknologi juga. Secara umum, inovasi produk adalah  cara untuk menciptakan produk baru yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Memungkinkan pembeli  untuk membeli produk seperti yang diharapkan.

Namun, inovasi produk  tidak selalu berkaitan dengan produk. Namun, ada juga jenis inovasi di bidang makanan, minuman, pertanian, peternakan dan lainnya. Oleh karena itu, sebagai seorang wirausahawan, Grameds tentu perlu mengetahui tips memulai bisnis dengan modal yang terjangkau dengan mengandalkan inovasi ini. Inovasi ini menjadi peluang persaingan yang sehat dengan perusahaan lain.

Pengertian Inovasi Produk

Istilah inovasi produk merupakan upaya yang harus dilakukan oleh pelaku usaha untuk menciptakan, meningkatkan, mengembangkan, dan menyempurnakan produk tersebut. Namun secara umum produk yang dikembangkan tidak hanya komoditas, tetapi juga inovasi produk makanan, minuman, pertanian dan hewan yang dapat meningkatkan pelayanan.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2002,  inovasi produk ini merupakan rangkaian pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi  dalam satu produk. Manfaat positif dari inovasi produk termasuk umpan balik konsumen, mengubah kombinasi produk dari  yang sudah ada, dan menemukan produk baru.

Puluhan ribu produk baru dapat memasuki pasar setiap tahun. Tapi berapa banyak yang bisa bertahan dalam persaingan? Menurut Profesor Clayton Christensen, 95% produk baru yang diluncurkan gagal. Angka ini menunjukkan betapa padat dan kompetitifnya kondisi pasar saat ini. Selain itu, persentase ini menunjukkan bahwa  pemilik bisnis harus bertindak proaktif untuk berhasil.

Bertindak cepat dan proaktif bukanlah satu-satunya kunci kemajuan bisnis. Tapi kita juga perlu mengembangkan produk-produk inovatif. Dalam arti, inovasi adalah kata kunci jika pengusaha ingin memasukkan produk mereka ke dalam kategori  produk baru sukses 5%. Jika produk atau solusi yang Grameds tawarkan inovatif, peluang untuk bertahan dan sukses tinggi.

Jadi, inovasi produk merupakan cara baru untuk memecahkan masalah yang dihadapi banyak konsumen. Bisa jadi karena tidak ada produk yang bisa mengatasi masalah ini, atau  ada produk lain yang sudah ada di pasaran, tetapi mereka menawarkan rute yang berbeda. Idealnya, Grameds dapat menjawab “ya” untuk tiga pertanyaan berikut untuk melihat apakah produk itu inovatif atau tidak:

  • Apakah produk tersebut relevan bagi banyak konsumen? Pertanyaan ini  terutama tentang produk yang seharusnya memecahkan masalah yang belum terselesaikan.
  • Apakah produk lebih baik dari pesaing? Jika demikian, apa peningkatannya? Desain, teknologi, kemudahan penggunaan, dan sebagainya?
  • Apakah kebaruan atau keunikan produk  jelas?
  • Apakah mudah untuk menjelaskan kepada konsumen mengapa mereka membutuhkan produk ini, atau lebih baik dari pendahulu atau pesaing Grameds? Jawabannya belum tentu ya, tetapi ini adalah poin  penting bagi tim pemasaran yang meluncurkan produk.

Grameds mungkin bertanya-tanya mengapa perusahaan perlu berinovasi. Sekarang, inovasi produk penting karena membantu menciptakan ruang baru di pasar yang  sudah terisi. Dengan mengidentifikasi celah dan memasuki wilayah baru, kita dapat menemukan konsumen dan memenuhi kebutuhan mereka dengan cara baru. Perlu diingat bahwa inovasi produk tidak harus mencakup penciptaan produk yang sama sekali baru untuk memecahkan masalah yang sama sekali baru.

Dengan kata lain, peningkatan kualitas dan fungsionalitas produk yang ada dapat mengarah pada inovasi. Inovasi produk  mutlak perlu dikembangkan dengan berbagai manfaat dan dampak positif yang signifikan. Produk yang mengalami inovasi dihargai oleh pelanggan untuk menarik lebih banyak konsumen dan menghasilkan keuntungan ganda.

Inovasi  produk dapat berasal dari umpan balik pelanggan, kombinasi dari yang  sudah ada,  penemuan baru, dan banyak lagi. Proses inovasi ini perlu terus dikembangkan dan ditingkatkan hingga produk jadi. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi.

beli sekarang

 

Tujuan Inovasi Produk

Dalam kehidupan,  inovasi itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia dan memperoleh banyak keterampilan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Untuk produk juga, tujuan tertentu harus dicapai dalam inovasi produk. Berikut ini beberapa tujuan  inovasi  produk:

1. Peningkatan Kualitas 

Secara umum, tujuan  inovasi yang baik di segala bidang  adalah untuk meningkatkan kualitas, termasuk yang berkaitan dengan produk. Selama waktu produk yang dibuat akan menjadi usang karena tidak dapat memenuhi kebutuhan saat ini. Diharapkan produk mengalami inovasi untuk memenuhi kebutuhan saat ini.

Alasan lain adalah bahwa produk inovatif menerima tambahan fitur dan pelengkap baru. Item dengan ciri-ciri baru, kemampuan, dan lain-lain memiliki keunggulan lebih dari item sebelumnya. Dengan kata lain, produk yang ditawarkan dengan inovasi tambahan  akan meningkatkan keunggulan dan kualitasnya dibandingkan sebelumnya.

2. Memenuhi Kebutuhan Pelanggan 

Kebutuhan seseorang sebagai pribadi selalu ada. Pelanggan terus mencari perbaikan dari pemilik bisnis mereka untuk memenuhi kebutuhan semua pelanggan mereka. Tuntutan pelanggan ini  memaksa pemilik bisnis untuk berinovasi produk mereka. Salah satu yang nyata adalah salah satu produk layanan shuttle yang banyak digunakan.

Produk utama pada awalnya adalah layanan  jemput motor, namun kemudian diinovasi oleh para pengusaha dan dikembangkan lebih lanjut untuk transportasi dengan  mobil. Pemilik bisnis juga berinovasi dengan menawarkan layanan belanja bahan makanan tambahan. Inovasi-inovasi tersebut dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat seiring dengan semakin banyaknya pelanggan.

3. Menciptakan Pasar Baru Di Komunitas 

Tujuan lain dari inovasi produk adalah untuk menciptakan pasar baru bagi masyarakat. Produk inovatif memberikan fitur dan perkembangan terkini yang  menarik minat masyarakat. Saat orang membeli produk terbaru. Inovasi tidak selalu membawa perkembangan lebih lanjut, tetapi juga dapat membawa fungsionalitas yang berkurang.

Contoh paling nyata adalah  telepon genggam atau smartphone. Pemilik bisnis mengurangi beberapa fitur seperti kualitas kamera dan kapasitas penyimpanan untuk membawa produk baru ke pasar dengan harga lebih rendah. Produk baru ini menciptakan pasar baru dengan harga rendah untuk produk yang tidak membuat perbedaan besar dalam kualitas.

4. Pengembangan Dan Penerapan Pengetahuan dan Wawasan 

Inovasi  produk juga bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan pengetahuan kewirausahaan. Untuk melakukan inovasi produk, kita membutuhkan berbagai macam pengetahuan yang up-to-date seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan. Selanjutnya, para pengusaha mencoba menerapkan pengetahuan mereka pada produk yang mereka hasilkan.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Pengusaha perlu memperluas pengetahuan mereka melalui banyak pembelajaran agar dapat menerapkan pengetahuan terbaru pada produk mereka. Pemilik usaha yang terus belajar  ilmu  dan mengembangkan ilmunya dapat berinovasi dalam produknya. Untuk dapat menciptakan  produk baru dengan menggunakan ilmu pengetahuan terkini.

5. Perubahan Produk atau Layanan 

Beberapa pemilik bisnis, termasuk pengusaha mobil, sering menghentikan atau menghentikan produk dan layanan lama. Upaya menghentikan  atau menarik produksi produk yang sudah ada di pasaran bertujuan untuk melakukan inovasi dengan menukarkan produk tersebut dengan produk yang lebih baik.

Produk yang  dihentikan  tidak lagi memenuhi persyaratan saat ini dan telah dihentikan. Selain itu, produk lama tidak dapat dikembangkan lagi. Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk berinovasi adalah dengan mengubah produk atau layanan. Tentunya dengan tidak mengesampingkan fitur utama dari produk  usang tersebut.

6. Meningkatkan Efisiensi Produk 

Inovasi  produk juga bertujuan untuk meningkatkan efisiensinya. Produk inovatif dapat melakukan pekerjaan dengan benar tanpa  membuang waktu. Hal yang sama berlaku untuk produk berupa aplikasi layanan antar-jemput. Aplikasi yang awalnya hanya  digunakan untuk pemesanan jasa jemput dan antar  berkembang pesat saat ini.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur seperti layanan belanja dan pengiriman, serta peluang belanja. Inovasi berupa produk layanan ini membuat aplikasi menjadi lebih efisien bagi pelanggan. Pelanggan hanya membutuhkan satu aplikasi untuk melakukan hal yang berbeda, menghemat waktu mereka.

beli sekarang

Manfaat Inovasi Produk

Mengembangkan produk  terbaru  membuat perusahaan lebih kompetitif dan menambah keuntungan tidak langsung pada nilai perusahaan. Perusahaan yang dapat berinovasi terus-menerus memiliki keunggulan karena dapat mengalahkan  pesaingnya, memungkinkan mereka untuk terus berkembang dan produknya semakin dikenal di masyarakat.

Contoh inovasi produk adalah operator seluler yang menambah inovasi dengan menambah atau meningkatkan kualitas kamera. Kamera sangat penting akhir-akhir ini, terutama di media sosial yang sedang berkembang. Inovasi produk yang diciptakan akan membuat perusahaan lebih kompetitif, yang secara tidak langsung akan menguntungkan nilai perusahaan manufaktur.

Perusahaan atau pemilik bisnis yang menciptakan produk yang terus berinovasi dapat mengalahkan pesaingnya. Perusahaan yang terus berkembang melalui inovasi juga semakin dikenal oleh masyarakat umum. Misalnya, perusahaan telepon seluler mengembangkan produk inovatif dengan meningkatkan kualitas kamera. Kamera ponsel sangat penting akhir-akhir ini, terutama karena media sosial terus berkembang.

Sebagai hasil dari perkembangan ini, ada permintaan umum yang meningkat untuk ponsel dengan kemampuan kamera yang sangat baik. Hal ini juga secara tidak langsung meningkatkan nilai perusahaan dari perspektif masyarakat.

Contoh Inovasi produk

1. Satu Pegangan Perjalanan 

Beberapa orang mengeluh sakit jari dan lecet saat mereka memegang kantong plastik berat di tangan mereka. Namun, saat ini sedang dikembangkan produk one-trip grip yang memungkinkan seseorang membawa banyak kantong plastik berisi  pakaian dan makanan sekaligus.

2. The Broom Goomer

Kotoran seperti  rambut, gumpalan debu, dan potongan kertas kecil bisa tersangkut di antara rambut sapu. Proses yang sama harus diulang sampai sapu bersih, yang mengurangi efektivitas pembersihan rumah. Untuk menghindarinya, Grameds bisa menggunakan Broom Groomer  sebagai solusinya.

3. Serutan Sabun Batangan

Licin dan sulit dipegang, jadi jangan khawatir jika sabun  favorit jatuh ke lantai. Sabun cair sekarang sudah tersedia, tetapi beberapa orang memilih untuk  menggunakan sabun batangan yang bertekstur padat. Agar lebih praktis, Grameds bisa memasukkan stik sabun ke dalam alat yang bisa mengubah bentuk stik sabun menjadi serpihan yang lebih halus. Menariknya, alat ini menjaga sabun  tetap aman dan menghilangkan risiko kotor dengan menyentuh tangan  orang yang berbeda.

4. Koper Dengan Rak  

Mengemas barang yang salah di dalam koper Grameds dapat menyebabkan penempatan yang berantakan saat dibuka. Sekarang kita dapat dengan rapi menyimpan barang bawaan di dalam koper dengan rak. Keberadaan rak itu sendiri dimaksudkan agar pengguna dapat menata produknya sesuai dengan kategorinya. Misalnya  atasan, overall, bawahan, aksesoris, sepatu, dan sebagainya.

5. Semprotan Lemon 

Jus lemon sering dianggap sebagai bumbu. Sayangnya, kebanyakan orang Indonesia enggan menambahkan bahan ini ke dalam makanan mereka karena dianggap hanya  mengotori tangan mereka. Untuk memprediksi hal ini, sebuah produk inovatif bernama Lemon Spray telah dibuat yang memungkinkan kita untuk menyemprotkan jus lemon hanya dengan memasukkan alat ke dalam buah.

6. Payung Anjing 

Berjalan-jalan dengan anjing tentu saja merupakan kenyamanan yang paling efektif. Selain itu, kegiatan tersebut membantu mendekatkan hubungan antara pemilik dan hewan peliharaan itu sendiri. Namun, faktor cuaca yang tidak menentu kerap menghambat kegiatan seru ini. Dengan  payung anjing, pemilik sekarang bebas berkeliaran di kota tanpa basah atau terkena panas matahari. Desain payung yang  cekung  memudahkan pemiliknya untuk memegang gagang payung untuk menutupi hewan peliharaan kesayangannya.

Cara Melakukan Inovasi Produk

Setelah mengetahui pengertian, tujuan, manfaat, dan contoh- contoh inovasi produk, maka waktunya Grameds untuk melakukannya dengan memaksimalkan potensi usaha yang ada. Berikut ini cara melakukan inovasi produk yang bisa Grameds pelajari dan terapkan:

1. Pengembangan Produk Baru 

Pengembangan produk baru dapat ditugaskan untuk Inovasi Produk. Inovasi yang dilakukan bisa bersifat radikal atau disruptif. Inovasi ekstrem seperti itu bisa berhasil, tetapi berisiko gagal. Tantangan  inovasi mendasar bukanlah untuk memunculkan ide atau solusi produk, tetapi mendorong pasar untuk beradaptasi dengan produk baru.

Secara umum, sebuah produk baru melewati tujuh fase, dimulai dengan generasi ide. Setelah fase pembangkitan ide, ide tersebut harus melalui fase analisis atau penyaringan. Ide tersebut kemudian masuk ke tahap pengembangan  dan pengujian konsep, persiapan strategi pasar, dan pengembangan produk. Selanjutnya, produk tersebut harus melalui tahap ketujuh, tahap pengujian pasar, sebelum dapat dipasarkan atau dikomersialkan. Ingatlah bahwa ini menjelaskan pendekatan  paling umum untuk pengembangan produk baru, tetapi  ini tentu saja tidak mutlak.

2. Penyempurnaan Produk yang Sudah Ada 

Jenis inovasi produk ini sering disebut sebagai inovasi inkremental. Secara khusus, ini mengacu pada perubahan tambahan yang ditujukan untuk meningkatkan produk yang ada. Meningkatkan produk yang telah  dikembangkan oleh orang lain biasanya merupakan bentuk inovasi yang paling menguntungkan dan berhasil. Pasalnya, ketika produk baru keluar biasanya tidak maksimal.

Oleh karena itu, beberapa inovasi dan perbaikan tambahan perlu dilakukan untuk lebih memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan kata lain, jenis inovasi  ini merupakan bagian dari proses perbaikan terus-menerus. Ketika Grameds menginternalisasi konsep continuous improvement dari bisnis yang kamu miliki, wajar jika ingin membuat produk yang lebih baik dan terus memenangkan persaingan.

Ada beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk berinovasi di bidang ini, salah satunya adalah siklus PDCA (Plan, Do, Check, Act). Ini menerapkan teori bahwa perubahan kecil dari waktu ke waktu berkontribusi pada perubahan besar di masa depan.

3. Menambahkan Fitur Baru ke Produk 

Perbaikan produk dapat didefinisikan sebagai proses membuat perubahan yang berarti dan berarti pada produk. Ini dapat dicapai dengan membuat fungsi baru. Namun, fitur baru bisa sama resikonya dengan memperkenalkan produk baru. Fitur yang dirancang untuk meningkatkan produk, meningkatkan frekuensi, atau meningkatkan penerimaan.

Tidak semua fitur dievaluasi, jadi penting untuk menentukan jenis fitur  yang paling relevan dengan produk Grameds dan tujuan  yang ingin dicapai. Menambahkan fitur baru ke produk dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti meningkatkan produk yang sudah ada. Oleh karena itu, siklus PDCA dapat diterapkan untuk tujuan jenis inovasi  ini.

Nah itulah penjelasan tentang inovasi produk, mulai dari pengertian, tujuan, manfaat, tujuan, hingga pilihan cara melakukan inovasi pada produk bisnis yang ingin Grameds lakukan. Apakah Grameds sudah yakin ingin membuat inovasi produk? Agar lebih yakin Grameds bisa mempelajarinya lagi lewat referensi koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com, seperti rekomendasi buku tentang inovasi berikut ini: Selamat belajar. #SahabatTanpabatas.

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq