in

Lead dalam Digital Marketing: Pengertian hingga Cara Jitu Dapatkan Lead

unsplash.com

Lead – Bagi Grameds yang sudah berkecimpung di dunia digital marketing pasti tidak asing lagi dengan istilah lead. Lead bisa diartikan sebagai orang yang telah terindikasi dengan produk maupun layanan dari suatu perusahaan. Terindikasi tersebut baik itu karena cara perusahaan memasarkannya ataupun bisa karena kualitas dari produk atau layanan dari perusahaan yang memuaskan bagi konsumen produk atau layanan jasa dari perusahaan tersebut.

Agar Grameds lebih mudah memahaminya, berikut ada contoh sederhananya. Suatu perusahaan bisa melakukan survei secara online untuk bisa mengetahui lebih banyak informasi tentang cara merawat mobil. Kemudian, calon konsumen menerima email dari suatu perusahaan mobil yang melakukan survei dari website mereka terkait bagaimana cara mereka untuk bisa membantu calon konsumen dalam merawat mobil.

Nah, oleh karena itu tidak akan mungkin bagi perusahaan untuk menghubungi calon konsumen begitu saja tanpa harus mengetahui bila calon konsumen/klien tertarik dengan kegiatan pemeliharaan mobil di perusahaan tersebut. Calon konsumen/klien dari menjawab survei akan turut membantu perusahaan mobil untuk lebih mengenal dalam hal membuka komunikasi dalam memenuhi keperluan dari klien yang dianggap potensial.

Sebagai contohnya lagi yaitu, saat kita menerima email penawaran suatu produk dan layanan tertentu. Tentunya kita sudah pernah menunjukan minat terhadap produk atau layanan tersebut sebelumnya. Pada peristiwa itu, minat dan informasi yang kita tunjukan kepada produk atau layanan ini biasa disebut sebagai lead di dalam dunia digital marketing.

Sementara itu, banyak ahli marketing di sekitar kita yang membagikan tips tentang bagaimana cara meningkatkan lead. Selain cara meningkatkan lead, ada tips bagaimana cara dan juga media yang paling ampuh agar bisa menemukan pelanggan yang potensial. Apa solusinya? Tentu saja media sosial menjadi jawaban atas permasalahan ini. Media di zaman modern ini sangat penting saat kita membahas tentang cara terbaik dalam meningkatkan lead dan penjualan ataupun menemukan pelanggan baru yang potensial untuk keberlangsungan perusahaan.

Akan tetapi, ada suatu penelitian yang menemukan bahwa platform media seperti misalnya Facebook, Twitter, Linkedin, dan Pinterest ternyata tidak begitu efektif dalam menghasilkan lead sales yang berkualitas tinggi.

Di sisi lain, meskipun trade show dan juga webinar termasuk baik untuk suatu organisasi atau perusahaan tertentu di era sekarang. Tetapi, pada faktanya lebih banyak masyarakat yang menyukai LinkedIn dan Facebook. Namun, intinya adalah saat kita membahas tentang lead generation, maka tidak ada satu metode pun yang bisa cocok dan sesuai untuk dijalankan oleh berbagai perusahaan.

Ada banyak strategi dan konsep yang terlibat dalam dunia digital marketing, misalnya lead generation adalah salah satu contohnya. Barangkali Grameds timbul pertanyaan, bagaimana sih cara terbaik dalam menentukan metode atau media apa yang paling bagus untuk bisa mendapatkan pelanggan baru yang potensial?

Nah, agar Grameds mengetahui lebih lanjut apa sih lead, di artikel kali ini kami akan membahas apa sih pengertian lead, apa saja macam-macam lead, cara jitu untuk mendapatkan Lead, hingga, apa saja manfaat lead generation. Yuk langsung saja kita mulai!

Apa Sih Pengertian dari Lead?

 

Secara sederhana, lead bisa diartikan mereka yang memiliki potensi yang besar untuk bisa diproses menjadi pelanggan yang potensial. Biasanya, mereka akan diminta untuk dapat meninggalkan kontak tertentu agar bisa dihubungi dengan mudah. Dengan bekal kontak tersebut, perusahaan dapat mengirimkan informasi berupa promo ataupun perilisan suatu produk baru atau layanan tertentu dari suatu perusahaan.

Perlu diingat, lead tidak begitu saja bisa diperoleh dengan mudah. Kita memerlukan lead generation agar bisa mendapatkan lead yang lebih berkualitas tinggi. Dengan demikian, lead generation merupakan suatu proses menarik banyak orang dan memprosesnya menjadi pelanggan dalam suatu perusahaan. Ada beberapa cara sederhana dalam mendapatkan lead generation yaitu dengan cara lewat blog, freebies, kupon, dan lain sebagainya yang akan dibahas dalam artikel ini.

Seperti yang sudah dibahas, lead adalah orang yang mempunyai minat terhadap produk atau layanan yang perusahaan tawarkan. Umumnya, orang-orang ini mempunyai potensi dan prospek yang cukup besar untuk menjadi pelanggan yang akan membeli produk atau layanan perusahaan. Biasanya, lead akan memberikan informasi kontak dalam bentuk email maupun nomor ponsel.

Dengan adanya informasi yang didapat itu, kemudian pelaku bisnis online dapat dengan leluasa mengirimkan pesan-pesan bertajuk promosi dalam bentuk newsletter maupun penawaran diskon ke kontak pelanggan. Pesan promosi itu dikirimkan bisa berbentuk promosi produk, produk terbaru, ataupun diskon harian, bulanan, dan tahunan.

Dengan demikian, bisa kita simpulkan bahwa lead merupakan orang-orang yang tertarik pada suatu produk atau layanan yang ditawarkan baik karena bentuk dari produk itu sendiri atau cara pemasarannya dari suatu perusahaan.

Apa Saja Macam-Macam Lead?

Nah, berikut ini ada berbagai macam lead yang perlu kita ketahui, di antaranya:

1. Product/Service Qualified Lead

Jenis ini merupakan orang-orang yang sudah mencoba versi gratis atau basic dari sebuah produk atau layanan dan tertarik untuk melakukan upgrade maupun berlangganan ke versi yang premium.

2. Sales Qualified Lead

Jenis ini merupakan orang-orang yang sudah berniat untuk membeli sebuah produk atau layanan dan menghasilkan sales. Biasanya, SQL merupakan pembeli atau pelanggan yang sudah pasti.

3. Marketing Qualified Lead

Ini adalah orang-orang yang sudah pernah berinteraksi dan ikut terpapar dengan promosi dari produk dan layanan yang perusahaan buat. Akan tetapi, belum siap untuk ikut membeli.

Dari penjelasan ketiga macam lead di atas, bisa dibilang marketing qualified lead menjadi prospek yang memiliki potensi tinggi untuk menjadi konsumen bisnis perusahaan.

Cara Jitu untuk Mendapatkan Lead

Setelah kita sudah memahami apa sih pengertian dan macam-macam lead. Selanjutnya yaitu kita harus mengetahui bagaimana cara yang jitu dan terbaik untuk mendapatkan lead. Cara yang jitu untuk mendapatkan lead yaitu sebagai berikut:

1. Coba Membuat Landing Page

Landing page merupakan suatu halaman khusus pada website pada suatu perusahaan yang mempunyai isi yaitu berbentuk form agar bisa mengumpulkan lead. Biasanya, halaman ini juga berisi informasi lengkap mengenai produk maupun layanan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan.

Dengan membuat landing page, perusahaan bisa mendapatkan lead yang cukup banyak. Dengan berbekal website yang mempunyai halaman khusus, maka upaya perusahaan dalam memperoleh lead akan terlihat lebih elegan.

Selain itu, perusahaan juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan lead secara terus menerus. Mengapa? Karena di landing page ini, akan terus ada di website tanpa adanya batasan waktu. Yang perlu perusahaan lakukan hanyalah mengarahkan setiap audiens untuk mengakses website dan landing page dari suatu perusahaan. Strategi ini dinilai sangat fleksibel untuk bisa digabungkan dengan cara mendapatkan lead lainnya.

2. Membagikan ebook secara gratis

Perusahaan bisa mendapatkan lead dengan cara membuat ebook dan membagikannya secara gratis kepada pelanggan yang potensial. Metode ini adalah metode yang paling banyak digunakan oleh bisnis B2B.

Hal tersebut disebabkan bisnis B2B biasanya tidak akan terjadi dalam satu kali pertemuan saja. Hal ini dikarenakan transaksi bisnis di dalamnya tergolong sangat besar. Nah, sehingga diperlukan waktu yang cukup lama supaya pembeli yakin dan siap untuk membeli produk ataupun menggunakan layanan dari suatu perusahaan.

Ebook nantinya bisa menjadi seperti “oleh-oleh” atau cinderamata untuk calon pelanggan potensial dari suatu perusahaan. Dengan membagikan ebook secara gratis, perusahaan dapat meninggalkan kesan sebagai bisnis yang terpercaya, paling ahli, dan juga memiliki reputasi yang bagus. Apalagi, apabila perusahaan memiliki sifat bisnis yang sangat teknis.

Setiap calon pelanggan bisa mendapatkan nilai tambah dan juga pengetahuan baru terkait bisnis yang pada perusahaan yang dijalankan. Agar ebook di suatu perusahaan dapat lebih diminati oleh para calon pelanggan potensial, perusahaan bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

a. Memilih topik yang lebih spesifik.

Jika perusahaan memiliki beberapa lini produk maupun layanan, maka jangan terburu-buru untuk memasukkan seluruh topik yang berkaitan dengan satu buku. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat mendapatkan lead dalam jumlah yang lebih banyak dan lebih spesifik.

b. Membuat outline atau kerangka untuk memetakan konten ebook.

Nah, supaya konten yang ditulis bisa lebih mudah untuk dipahami pembaca dari berbagai latar belakang, maka pastikanlah untuk memetakan konten dengan urut, logis, sistematis, dan baik.

c. Mendesain ebook dengan tampilan yang menarik.

Ebook perlu memperhatikan tampilan agar ebook dikemas dengan menarik dan mampu membantu pembaca dalam menikmati konten yang sajikan dalam ebook tersebut.

d. Menambahkan beberapa elemen dekoratif dalam ebook.

Menambahkan gambar, foto, quote, data, diagram atau elemen apapun yang bagus secara visual untuk menambah estetika. Terlebih lagi, ebook akan lebih bagus apabila perusahaan mengubah seluruh elemen dekoratif tersebut untuk membantu pembaca dalam memahami konten ebook.

Jika ebook perusahaan sudah bisa memenuhi beberapa elemen di atas, perusahaan hanya perlu mempromosikannya saja, dan perusahaan akan mendapatkan lead dari mereka yang berminat karena telah membaca ebook perusahaan.

3. Freebies

Freebies merupakan suatu konten yang sengaja dibuat dan dibagikan secara cuma-cuma. Akan tetapi, perlu kita ketahui bersama bahwa konten ini berbeda dengan blog ataupun video. Freebies ini umumnya bisa diunduh dan juga di printout di atas kertas, seperti worksheet, checklist, ebook, panduan singkat, ebook, poster, dan masih banyak konten yang menarik lagi.

Jika dibandingkan dengan cara mendapatkan lead dengan cara membuat ebook, maka freebies ini bisa dibilang lebih efektif lagi. Hal ini dikarenakan, perusahaan dapat membuat suatu konten dalam kurun waktu yang lebih singkat dan efektif. Tentu saja, format konten seperti ini juga akan lebih menghemat tenaga dan jauh lebih efisien.

Hal ini dikarenakan, perusahaan bisa lebih menghabiskan sisa waktu dan tenaga untuk mendapatkan lalu lintas lead yang lebih berkualitas lagi.

4. Membuat Konten Premium

Jika perusahaan memiliki konten yang berkualitas tinggi dan mempunyai basis massa yang loyal, maka perusahaan dapat membuat konten yang premium. Cara ini dijamin bisa mendatangkan lead yang berkualitas tinggi. Hal ini dikarenakan mereka sudah sesuai dengan target pasar perusahaan.

Nah, strategi seperti ini sebenarnya lebih banyak dilakukan oleh beberapa media seperti portal berita dan juga majalah online. Terutama oleh media yang basisnya di luar negeri atau yang sudah memiliki jaringan internasional. Tetapi, di Indonesia justru belum banyak dilakukan.

5. Memberikan Opsi Subscribe Konten

Metode ini wajib untuk dicoba, terutama bagi perusahaan yang sudah menjalankan blog untuk keperluan bisnis. Dengan cara memberikan update konten eksklusif, maka perusahaan akan mendapatkan nama dan juga alamat email setiap pengunjung dengan mudah.

Selain itu, perusahaan juga bisa menambahkan form subscribe pada setiap halaman konten blog perusahaan. Dengan demikian, setiap pengunjung yang nantinya mengunjungi website, akan secara otomatis selalu ditawarkan untuk subscribe blog. Jadi, kemungkinan untuk bisa mendapatkan lead juga semakin besar!

6. Menyediakan Live Chat pada Website Perusahaan

Fitur live chat juga ternyata bukan hanya bermanfaat untuk kredibilitas suatu bisnis dan tidak sekadar memberikan kemudahan bagi pembeli atau pelanggan untuk bisa menghubungi perusahaan. Ada alasan lain yang mengharuskan perusahaan untuk menambahkan fitur ini pada website perusahaan. Oleh karena itu, fitur ini juga bisa menambah lead perusahaan, khususnya apabila perusahaan menyediakan form kontak.

7. Memanfaatkan Media Sosial

Usaha untuk bisa mendapatkan lead juga bisa perusahaan lakukan dengan cara memanfaatkan media sosial, misalnya Instagram, Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya. Namun, ada syarat, yaitu perusahaan harus memiliki nilai tambah ataupun konten eksklusif yang bisa menarik calon pelanggan produk atau layanan perusahaan.

Setelah itu, perusahaan dapat membuat konten pengumuman di media sosial yang dimiliki perusahaan. Isi dari konten tersebut bisa menginformasikan bahwa perusahaan ingin membagikan sesuatu konten yang eksklusif secara gratis. Bagaimana caranya? tentu saja mereka harus memberikan alamat emailnya.

Jika perusahaan ingin mendapatkan lead yang lebih banyak, perusahaan harus menambahkan persyaratan tertentu. Strategi seperti ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar guna mendapatkan banyak lead.

8. Cross-promotion

Cross promotion merupakan kolaborasi atau aliansi dengan vendor yang tidak merupakan kompetitor perusahaan untuk saling mempromosikan produk dan layanan atau saling menguntungkan satu sama lain. Seperti bertukar leads dengan vendor dan pihak lain bisa membuka dan memperluas reach perusahaan. Semakin banyak orang yang ikut terpapar produk dan layanan perusahaan, semakin tinggi juga peluang untuk mendapatkan lead.

9. Viral Marketing

Viral marketing merupakan strategi marketing yang melihat dan memanfaatkan trend yang sedang viral dan ramai dibicarakan oleh banyak orang banyak.Apa tujuannya? Tujuan utama viral marketing yaitu untuk menarik minat orang-orang dan mendorong mereka agar membagikan produk atau layanan yang perusahaan tawarkan kepada orang-orang lainnya di media apa pun.

10. Sekali-kali Mengadakan Giveaway

Giveaway atau kuis berhadiah juga menjadi bagian dari strategi efektif untuk mendapatkan lead, lho. Seringnya strategi giveaway dilakukan oleh brand yang sudah besar dan pada influencer. Biasanya, giveaway dilakukan melalui sebuah kuis dan Q&A, atau hanya dengan meninggalkan komentar di postingan di media sosial. Setelah pertanyaan dijawab, yang mengadakan giveaway akan memilih pemenang dan memberikan hadiah yang sudah dijanjikan sebelumnya.

Sekarang ini, umumnya giveaway mengharuskan orang-orang untuk mengajak beberapa orang lain atau teman dekatnya sebagai syarat untuk mengikuti giveaway. Dengan demikian, tentunya lead yang didapatkan akan semakin banyak juga.

Apa Saja Manfaat Lead Generation?

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat dari mendapatkan lead dan juga lead generation, di antaranya:

  • Membuat perusahaan lebih mudah untuk mengetahui orang-orang yang tertarik dengan produk dan layanan yang perusahaan tawarkan.
  • Memudahkan perusahaan untuk memetakan demografi calon pelanggan dan mengetahui dari mana pelanggan perusahaan berasal/domisili pelanggan.
  • Memungkinkan perusahaan melakukan promosi ke orang-orang yang mempunyai potensi tinggi menjadi pelanggan dan pembeli produk atau layanan perusahaan.
  • Memudahkan perusahaan untuk menghubungi dan melakukan promosi ke pelanggan yang lebih potensial.
  • Memudahkan perusahaan untuk melakukan targeting dan juga inbound marketing.
  • Meyakinkan pelanggan untuk membeli produk dan layanan yang perusahaan tawarkan.

Rekomendasi Buku Tentang Lead

1. 7 Aplikasi Digital Marketing Terbaik Google (2022) karya Jefferly Helianthusonfri

Lead

Buku ini membahas bagaimana memasang bisnis iklan di Google dan dilihat oleh banyak orang.

2. Digital Marketing & Social Media Analytics – Implementasi di Indonesia (2019) karya Rudy C. Tarumingkeng dan Chandra Suwondo

Lead

Buku ini membahas bagaimana perusahaan dapat bertahan dan berkembang. Agar bisa bertahan dan berkembang, perusahaan harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan informasi yang ada seperti sekarang ini.

3. Digital Marketing di Era 4.0 (2019) karya Riadhus Sholihin

Lead

Buku ini menyajikan kegiatan marketing di era digital bukan hanya berfokus pada suatu proses kegiatan menyampaikan barang dan jasa kepada konsumen saja.

Nah, demikianlah penjelasan untuk Grameds tentang lead. Dengan demikian, bisa kita simpulkan bahwa lead merupakan mereka yang memiliki potensi yang besar untuk bisa dan diproses menjadi pelanggan produk atau layanan perusahaan. Lead juga menjadi bagian yang penting dalam digital marketing.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, Grameds!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda