in

Apa itu Neobank: Pengertian, Layanan, Fitur, Kelebihan dan Kelemahan

unsplash.com

Apa Itu Neobank – Apakah Grameds pernah mendengar Neobank? Belakangan ini, neobank sedang banyak diperbincangkan oleh para pelaku industri keuangan. Ada yang berpendapat bahwa neobank merupakan jenis dari digital bank kelak akan mendisrupsi industri perbankan dan dunia fintech pada saat ini. Neobank merupakan salah satu inovasi yang dihadirkan di industri perbankan yang sedang populer sekarang ini dan menjadi pesaing di dunia perbankan.

Neobank tidak sama dengan digital bank yang sudah ada, karena di dalamnya yang menawarkan kemudahan dan cara kerja yang praktis. Cocok dengan lifestyle masyarakat yang segalanya memanfaatkan teknologi serba digital, terutama generasi milenial dan Z

Neobank memudahkan para nasabah untuk melakukan tindakan beragam transaksi keuangan melalui satu sentuhan tangan di gadget kita dan semua yang ada didalamnya 100% berbasis digital, tidak ada cara manualnya.

Kedua generasi tersebut termasuk nasabah yang mengetahui tech-savvy atau yang mengandalkan teknologi, paham dan andal untuk memakainya. Biasanya, mereka terkena melakukan sebagian besar transaksi keuangan mereka melalui aplikasi seluler.

Apa Itu Neobank

Pengertian Neobank

Neobank merupakan salah satu inovasi dalam bentuk teknologi keuangan yang menawarkan kemudahan layanan perbankan digital tanpa cabang. Neobank tidak mempunyai bentuk fisik sebagaimana layanan bank pada umumnya, hadir sepenuhnya secara online.

Semua layanan transaksi keuangan seperti transfer, pembelian sampai dengan membuka rekening deposito bisa dilakukan sepenuhnya secara online melalui aplikasi. Neobank sudah diawasi oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Pinjaman (LPS) jadi sudah terjamin keamanannya dan terpercaya.

Neobank salah satu produk bank digital yang dikeluarkan oleh PT. Bank Neo Ecommerce, resmi menjadi bank digital pertama dari perusahaan yang bergerak pada bidang e-commerce yang berhasil di akuisisi oleh PT. Akulaku.

Selain menabung, deposit, dan transfer, Neobank juga diklaim mampu mendapatkan uang lewat beberapa fitur menariknya, salah satunya cashback. Cashback didapat ketika kamu pertama kali mendaftar aplikasi sebesar Rp20.000,-.

Cara Kerja Neobank

Cara kerjanya sangat mudah sekali dengan mengunduh aplikasi Neobank melalui smartphone mu. Lalu, membuat akun neobank, ketika membuat akun pengguna akan mengerti semua tahapnya. Perlu diketahui, semua layanan neobank bisa digunakan tanpa mengharuskan nasabahnya untuk menandatangani dokumen yang berbentuk fisik. Dengan kata lain, pengguna cukup mendaftarkan diri dengan layanan bank melalui aplikasi dan setelah selesai langsung bisa digunakan.

Neobank saat ini sudah ada di beberapa negara yang memungkinkan nasabahnya untuk menguatkan rekening bank konvensional pindah ke neobank sehingga setiap nasabah dapat menikmati fitur-fitur terbaik dari kedua bank.

Neobank menawarkan layanan perbankan sama dengan bank konvensional pada umumnya walaupun terbatas. Layanan-layanan tersebut antara lain:

  • Rekening tabungan dan deposito
  • Layanan pembayaran dan transfer uang
  • Layanan perencanaan keuangan (pos-pos belanja, mengatur transfer terjadwal, dsb)

Fitur-Fitur Aplikasi Neobank

Dengan aplikasi neobank, kamu bisa mengelola keuangan sekaligus mendapatkan keuntungan. Berikut dibawah ini produk dan fitur aplikasi keuangan yang kamu harus ketahui

1. Tabungan dan deposito bunga tinggi

Nikmati mempunyai tabungan dan deposito dengan bunga tinggi yang bisa membantumu mendapatkan uang lebih besar. Dengan menjadi nasabah neobank, kamu bisa mendapatkan bunga hingga 6% dengan Tabungan Neo WOW. Depositonya juga mempunyai bunga hingga 8%/

2. Tidak ada setoran awal

Kamu bisa membuka tabungan Neobank tanpa setoran awal minimal untuk semua jenis tabungan yang ditawarkan termasuk untuk membuka rekening tabungan Neo WOW. Di samping itu untuk depositonya tidak perlu memasukan uang puluhan juta, hanya dengan memasukkan uang sebesar dua ratu ribu rupiah saja kamu bisa mendapatkan keuntungan dari Neo WOW.

3. Bunga cair harian

Dapatkan keuntungan maksimal karena bunga cair pada setiap harinya, jadi jika jumlah tabunganmu besar, maka keuntungan yang didapatkan makin besar.

4. Bebas biaya admin dan transfer antar bank gratis

Buat kamu yang sering transfer ke antar bank, tidak perlu khawatir karena neobank bebas biaya transfer tanpa batasan kuota. Selain itu, tabungannya bebas biaya admin juga.

5. Scan QR Code online

Terdapat kemudahan yang ditawarkan oleh Neobank dengan fitur scan QR code online ke sesame rekening Neobank. Tidak ada batasan untuk menyimpan dan menarik uang dimana saja dan kapan saja.

6. Kupon experience

Lebih dari itu, keuntungan yang bakal kamu dapat dari Neobank ialah kupon experience. Kupon tersebut merupakan dana virtual yang diberikan oleh Neobank yang berguna untuk menambah keuntungan tabungan kamu.

Namun, dana virtual tersebut tidak dapat ditarik. Kamu hanya bisa menikmatinya dari bunga yang seutuhnya menjadi milik mu. Keuntungan bunga langsung ditransfer ke dalam rekening mu setiap hari tanpa persyaratan apapun. Yuk, segera buat tabungan Neobank untuk merasa keuntungan yang ditawarkan!

7. Neo Fortune dan Dunia Neo

Dengan bermain game Neo Fortune selama 7 hari tanpa jeda, kamu akan memperoleh hadiah yang menarik, mulai dari kupon bunga sampai hadiah tunai hingga satu juta. Selain itu ada game dunia neo, kamu bisa mengumpulkan banyak koin nantinya bisa ditukar dengan berbagai hadiah yang menarik.

8. Bagikan Kode Referral dan Dapatkan Hadiah Tunai

Ajak teman untuk memakai Neobank dengan menggunakan kode referral Bank Neo kamu beri. jika kamu berhasil mengajak semua teman-temanmu dengan menggunakan kode refereral, kamu akan diberi komisi sebesar Rp. 25.000 untuk setiap orangnya, menarik bukan?

9. Instant Messenger

Di dalam aplikasi Neobank menawarkan fitur chat yang bisa diakses melalui fitur pesan yang memudahkan pengguna untuk bertransaksi.

10. Neo Jurnal

Fitur terakhir yang terdapat di aplikasi Neobank ialah untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan di Neo Jurnal agar kondisi keuangan lebih terukur. Gak ada lagi catatan keuangan yang berantakan dan acak-acakan di akhir bulan.

Apa Itu Neobank

Cara Memperoleh Uang di Neobank

Selain menawarkan kemudahan pada setiap fiturnya, melalui aplikasi Neobank kamu juga bisa mendapatkan uang secara percuma. Neobank merupakan salah satu aplikasi penghasil uang penghasil uang terbaru. Bagi kamu yang ingin mencoba untuk mendapatkan pundi-pundi sembari menabung, ikuti cara-cara dibawah ini:

1. Memasukkan kode referral

Cara pertama yang bisa kamu ialah dengan memasukan kode referral dari yang diberi oleh orang lain untuk melakukan pendaftaran. Caranya tinggal masukan angka lalu kamu akan mendapatkan uang sebesar Rp. 20.000

2. Mengajak teman untuk bergabung

Cara kedua, kamu juga bisa mengajak orang untuk mengunduh aplikasi neobank. Ketika orang lain berhasil kamu ajak, maka kamu akan mendapatkan saldo sebesar Rp. 25.000. Jika kamu mengundang orang lain sebanyak-banyaknya melalui kode referral yang kamu beri, maka otomatis kamu mendapatkan uang yang besar, otomatis saldo di tabungan akan bertambah.

Caranya untuk mengajak orang lain untuk mendapatkan uang dengan kode referral yang kamu punya ialah pertama buka aplikasi Neobank, klik halaman undang teman baru, salin kode referral kamu, kemudian undang orang dengan membagikan link melalui aplikasi Instant Messenger yang kamu juga atau juga bisa melalui direct message di sosial media. Jika, orang sudah mengunduh aplikasi Neobak dengan kode referral yang kamu kasih maka otomatis tercatat di akun Neo+ dan saldomu bertambah.

3. Mengikuti kegiatan di Facebook

Setiap bulannya, Bank Neo Commerce menghadirkan acara menarik yang bisa memperoleh uang bagi nasabahnya. Hadiahnya pun beragam seperti mendapatkan bunga tambahan dan uang tabungan tambahan. Penasaran dengan hadiahnya? Ikut yuk!

Kelebihan dari Neobank

1. Suku bunga yang lebih tinggi dan biaya layanan yang rendah

Tidak ada biaya operasional yang dapat ditekan dan diganti dengan biaya admin dan transaksi yang lebih rendah seperti bank pada umumnya karena hanya beroperasi secara digital tidak cabang dalam bentuk fisik. Kelebihan lainnya, tidak memerlukan pekerja untuk menoperasikan cabang dan menawarkan suku buku yang lebih tinggi.

2. Tampilan ramah pengguna (User-friendly interface)

Pengalaman pelanggan (user experience) dalam pengembangan produknya adalah hal paling ditekankan oleh Neobank. Sehingga Neobank membuat tampilan yang ramah dan anti ribet bagi para nasabahnya. Neobank mempunyai tampilan yang rapi, easy used, mudah dimengerti, dan memanjang mata penggunanya dengan warna-warna yang cerah yaitu kuning

3. Keamanan terjamin

Selain tampilan yang eye-catching dan ramah pengguna, neobank pada umumnya juga sudah dilengkapi dengan face-id dan biometrics untuk melakukan login dan otorisasi transaksi. Dengan fitur tersebut, nasabah dimudahkan untuk bertransaksi dan keamanannya pun terjamin.

Bila perangkat lain, sulit untuk membaca wajah maupun sidik jari pengguna yang telah terdaftar, pengguna tak bisa masuk ke dalam aplikasi apalagi melakukan transaksi. Serta, juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Pinjaman (LPS), tentunya kamu merasa lebih aman ketika bertransaksi bila terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, kamu dapatkan melaporkan kepada pihak yang terkait.

4. Praktis, Mudah, dan Cepat

Neobank memungkinkan setiap untuk melakukan kegiatan perbankan melalui aplikasi smartphone saja tanpa harus datang ke cabang dalam bentuk fisik. Dengan keunggulan aplikasinya, semua transaksi dan pembayaran akan muncul pada tampilan aplikasi dan diperbaharui setiap saat.

Dengan demikian, nasabah dapat mengelola dan memeriksa keuangan mereka yang lebih mudah dan praktis. Neobank juga menawarkan pinjaman dengan proses pengajuan pinjaman yang tidak memakan waktu lama, sehingga calon debitur dapat langsung menggunakannya

5. Terdapat banyak rewards yang diberikan

Neobank banyak memberikan reward yang menguntungkan bagi setiap pengguna melalui aplikasinya. Terdapat beberapa menu yang mendatangkan cuan bagi penggunanya seperti menu neo kalian dapat mengambil koin setiap harinya dan dari pengalaman yang minim. Nantinya koin reward tersebut dapat di tarik ke saldo NeoBank, jika sudah terkumpul banyak bisa ditransfer ke rekening bank lain.

6. Bunga Deposito Besar

Selanjutnya adalah bunga deposito yang ditawarkan cukup besar dan setiap nasabah baru bisa mulai deposito minimal Rp 200.000, lalu ada pilihan periode bisa menggunakan.

Masing masing periode memiliki suku bunga berbeda beda mulai dari 7 hari bunganya 6.5%, 1 bulan 7%, 3 bulan 7.5%, 6 bulan 7.75% dan satu tahun sebesar 8%.Maka dari itu, dengan deposito nominal banyak sudah pasti bunga didapatkan juga banyak pula.

7. Banyak Promo Promo Menarik

Tak hanya itu saja, promo diberikan kepada nasabahnya bisa dikatakan sangat banyak, untuk nasabah lama dan baru. Jadi jangan sampai ketinggalan informasi jika ada promo yang ditawarkan, karena semua itu ada batas waktu yang ditentukan.

Apa Itu Neobank

Kelemahan dari Neobank

1. Jaringan internet mati transaksi pun gagal

Bila terjadi jaringan internet mati maka transaksi kalian akan mengalami keterlambatan dan kegagalan sehingga harus mengulangnya dari awal. Berbeda dengan bank konvensional bisa dilanjutkan dengan datang ke cabang bank atau lewat mesin ATM.

2. Tidak ada kartu debit dan kredit dalam bentuk fisik

Tidak adanya kartu debit/kredit fisik dapat menghambat transaksi pembayaran jika tidak membawa handphone atau jika baterai handphone habis. Serta, tidak tersedia pula ATM untuk bertransaksi sehingga setor tunai masih harus melalui cara lain atau menunggunya sampai baterai di handphone penuh.

3. Masih sedikitnya cabang

Terbatasnya cabang Neobank membuat para nasabah yang mempunyai masalah mengenai aplikasi atau sistemnya yang lelet menjadi rumit. Tidaknya ada pekerja yang bisa dikunjungi untuk dapat membantu menangani segala masalah yang dihadapi ketika bertransaksi dapat mempersulit nasabahnya. Tidak ada pilihan lain, selain menunggu antrian ke customer service via online atau telepon.

4. Penipuan

Masih ada kasus penipuan yang mengatasnamakan neobank dengan modus menawarkan promo dengan membuka rekening dan mendapatkan bunga yang lebih tnggi dari bank konvensional untuk nasabah baru. Serta, nantinya akan mendapatkan poin yang banyak dan cashback dengan angka yang menggiurkan.

5. Ancaman terhadap kebocoran data pribadi

Perlu diketahui segala apapun yang berkaitan dengan dunia digital, bila tidak berhati-hati dalam menggunakannya akan mendatangkan kerugian besar bagi penggunanya. Salah satu yang rentan terjadi adalah ancaman kebocoran data pribadi karena pengisian data untuk membuka dilakukan secara online, semuanya nanti tersimpan online. Baik karena jaringan internet yang mudah diretas atau telah menjadi target untuk menggelapkan uang secara online sebab mempunyai tabungan yang besar.

Perbedaan Neobank dan Bank Digital

Saat ini memang sudah ada banyak bank digital di Indonesia. Namun, meski secara deskripsi bank digital dan neobank memiliki pengertian yang hampir sama, ternyata ada perbedaan yang cukup mencolok di antara keduanya.

Biasanya, perbankan digital mengacu pada pemain yang lebih besar dalam industri perbankan yang menyediakan layanan keuangan dengan cara tradisional. Pada dasarnya layanan bank digital menjadi satu pada bank induknya yang merupakan bank konvensional. Sebagai contoh, BTPN Jenius yang menempel pada Bank Tabungan Pensiunan Nasional atau Digibank yang menempel pada Bank DBS.

Sementara, Neobank sendiri dirancang layanannya 100% digital, tidak memiliki induk tidak sama dengan bank konvensional. Neobank juga merupakan entitas yang terpisah dari perbankan tradisional yang sudah ada, baik berskala besar maupun kecil.

Kesimpulan

Grameds, gimana setelah membaca ulasan tentang Neobank diatas, apakah tertarik untuk membuka rekening Neobank atau masih mempertanyakan tentang keamanannya? Jika sudah tidak ragu, langsung saja membuka rekeningnya. Demikian penjelasan mengenai Neobank, bentuk-bentuk layanannya, fitur-fiturnya, kelebihan dan kekurangannya, serta perbedaannya dari bank konvensional.

Grameds, apabila ingin mengetahui segala perkembangan tentang dunia fintech, pastikan dulu bahwa kamu sudah menguasai ilmu dasar tentang fintech yang baik dan benar. Jika Grameds memiliki ketertarikan untuk mempelajari mengenai fintech pada era modern ini, kamu bisa mempelajarinya dengan membaca referensi-referensi yang ada di internet maupun buku yang hanya bisa kamu dapatkan di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan informasi terbaik dan terbaru untuk kamu.

Penulis Pena: Audrey Aulivia Wiranto

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda