in

Prospek Peluang Usaha Membuka Toko Kelontong

unsplash.com

Peluang Usaha Toko Kelontong – Membuka usaha sampingan di rumah saat ini bisa menjadi sebagai tambahan untuk pemasukan demi keberlangsungan hidup. Salah satu bisnis kecil-kecilan yang mungkin bisa dicoba ialah dengan membuka toko kelontong di rumah.

Membuka toko kelontong bisa menjadi salah satu peluang bisnis sampingan yang menguntungkan. Usaha ini bisa dikatakan hanya butuh modal kecil, jika sudah dijalankan akan memperoleh keuntungan yang berlimpah.

Toko kelontong merupakan toko yang menjual kebutuhan sehari-hari toko yang relatif kecil dan terletak di daerah pemukiman padat atau komplek perumahan, memiliki jam buka yang panjang selama tujuh hari dalam seminggu, dan menjual lini produk bahan yang terbatas dengan tingkat perputaran tinggi.

Usaha toko kelontong atau sembako biasanya merupakan pilihan bagi para ibu rumah tangga, yang ingin mempunyai penghasilan sendiri atau tambahan namun tanpa meninggalkan tugas sebagai ibu yang harus mengurus keluarga. Kenali yuk, lebih dalam tentang bisnis toko kelontong!

Peluang Usaha Toko Kelontong

[algolia_carousel]

Jenis-Jenis Toko

Menurut Kotler dan Amstrong ada jenis-jenis toko utama dalam (Kundala, 2010) dapat dibedakan menjadi:

1. Toko Khusus (Special Store)

Toko khusus adalah toko yang menjual lini produk yang sempit dengan ragam pilihan yang dalam, seperti toko pakaian, toko alat-alat olah raga, toko bunga, dan toko buku.

2. Toko Serba Ada (Departement Store)

Toserba adalah toko yang menjual beberapa lini produk (biasanya pakaian dan perlengkapan rumah tangga), dan tiap lini produk tersebut beroperasi sebagai department tersendiri yang dikelola oleh pembeli spesialis atau pedagang khusus.

3. Pasar Swalayan (Supermarket)

Supermarket ialah toko dimana usaha/operasi penjualan yang dilakukan relatif besar, berbiaya rendah, bermargin rendah, bervolume tinggi, swalayan, yang dirancang untuk melayani semua kebutuhan pembeli seperti makanan, pencucian dan produk perawatan rumah tangga. Pasar swalayan ini memperoleh laba operasi hanya sekitar 1% dari penjualan dan 10% dari nilai kekayaan bersihnya.

4. Toko Kelontong

Toko yang menjual kebutuhan sehari-hari (Convenience Store) ini adalah toko yang relatif kecil dan terletak di daerah pemukiman, memiliki jam buka yang panjang selama tujuh hari dalam seminggu, dan menjual lini produk bahan yang terbatas dengan tingkat perputaran tinggi.

5. Toko Diskon (Discount store)

Yaitu toko yang menjual barang-barang standar dengan harga lebih murah karena mengambil margin yang lebih rendah dan menjual dengan volume tinggi.

6. Pengecer Potongan Harga (Off-Price Retailer)

Selanjutnya yaitu toko dimana membeli dengan harga yang lebih rendah daripada harga pedagang besar dan menetapkan harga untuk pembeli lebih rendah daripada harga eceran. Seiring merupakan barang sisa, berlebih dan tidak regular, yang diperoleh dengan harga lebih rendah dari produsen atau pengecer lain. Pengecer potongan harga dapat dibedakan menjadi :

  • Toko Pabrik (Factory Outlet), dimiliki dan dioperasikan oleh produsen dan biasanya menjual barang yang berlebih, tidak diproduksi lagi atau tidak regular.
  • Pengecer Potongan Harga Independen (Independent off-price retailers), dimiliki dan dijalankan oleh pengusaha atau divisi dari perusahaan pengecer besar.
  • Klub Gudang/Klub Grosir (Warehouse clubs/Wholesale clubs), menjual dengan pilihan yang terbatas tentang produk makanan yang bermerek, perlengkapan rumah tangga, pakaian dan beragam barang lain dengan diskon besar bagi anggota yang membayar iuran tahunan. Toko ini melayani usaha kecil dan para anggota kelompok dari lembaga pemerintah, organisasi nirlaba, serta beberapa perusahaan besar.
    Klub gudang ini beroperasi dalam bangunan seperti gudang yang besar, berbiaya rendah, dan hanya sedikit hiasan. Mereka menawarkan harga yang jauh lebih rendah, biasanya 20% sampai 40% dibawah harga pasar swalayan dan toko diskon.

7. Toko Super (Superstore)

Superstore adalah toko yang rata-rata memiliki ruang jual yang luas, bertujuan untuk memenuhi semua kebutuhan pembeli akan produk makanan dan bukan minuman yang dibeli secara rutin. Biasanya toko ini menawarkan pelayanan seperti binatu, penguangan cek dan pembayaran tagihan. Toko super dapat dibedakan menjadi:

  • Toko Kombinasi (Combination Depot), merupakan diferensiasi usaha pasar swalayan di bidang obat-obatan.
  • Pasar Hyper (Hypermarket), adalah toko yang menggabungkan prinsip-prinsip pasar swalayan, toko diskon serta pengeceran gudang. Ragam produknya lebih dari sekedar barang-barang yang rutin dibeli tetapi meliputi mebel, peralatan besar dan kecil, pakaian dan berbagai jenis lainnya.

8. Ruang Pameran

Terakhir adalah ruang pameran untuk penjualan dengan banyak pilihan produk bermerek, margin tinggi, perputaran cepat, dengan harga diskon, pembeli memesan barang dari katalog di ruang pamer, kemudian mengambil barang tersebut dari suatu area pengambilan barang di toko.

Namun, saat ini hadirnya toko modern yang kian menjamur di berbagai lokasi, bahkan merambah hingga ke pemukiman padat penduduk. Hal tersebut memungkinkan terdapat perubahan pada persepsi masyarakat dalam memilih berbelanja di minimarket daripada berbelanja di toko kelontong.

Adapun yang perlu dikembangkan dalam usaha toko kelontong agar dapat bersaing dengan toko modern yaitu melalui pembinaan sistem dan strategi pemasaran bagi industri kecil oleh pemerintah ataupun lembaga terkait.

Upaya mempertahankan keberlangsungan suatu bisnis perlu dikembangkannya suatu strategi bisnis yang sesuai dengan kondisi pasar saat ini. Strategi pemasaran yang tepat dan terencana akan memudahkan bagi pemilik bisnis untuk menjual dan meningkatkan produk maupun jasa yang ditawarkan kepada pembeli atau masyarakat sekitar.

Oleh karenanya, agar dapat menghadapi persaingan penjualan maka dibutuhkan sebuah strategi baru sebagai perbaikan manajemen bisnis yang matang. Berani berbisnis berarti juga harus berani berinovasi bagi para pelaku toko kelontong supaya bisa bersaing dengan toko modern. Adapun cara berinovasi untuk mengembangkan bisnis toko kelontong.

Peluang Usaha Toko Kelontong

Cara Berinovasi untuk Toko Kelontong

1. Berikan jasa antar kirim barang

Walaupun jarak toko dengan rumah pembeli terbilang jauh, tetaplah untuk melayani pembeli tentunya dengan menentukan seberapa jauh radius kilometer barang yang dapat diantar. Dengan menawarkan jasa antar kirim barang secara langsung mempermudah pembeli dengan berbelanja lewat telepon atau instant messanger tanpa harus datang ke toko. Berikan juga minimal pembelanjaan agar ongkos pengantaran tidak lebih besar dari barang yang diantarkan.

2. Menghadirkan pembayaran digital

Saat ini merupakan era yang berbasis digital, jadi jika mempunyai usaha toko kelontong tak ada salahnya menyediakan transaksi pembayaran secara digital. Sudah banyak sekali sarana pembayaran digital yang bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan tidak ribet seperti QRIS, transfer dompet digital, sampai transfer melalui mobile banking.

Caranya dengan mendaftarkan diri ke platform yang menyediakan pembayaran digital seperti Go-Pay maupun e-commerce yang terdapat fitur mitra warung seperti bukalapak. Dengan peralihan ini, pelanggan juga akan lebih nyaman ketika berbelanja yang menghadirkan pembayaran secara cashless.

3. Lebih kreatif dalam mendesain toko

Membuat desain toko yang tidak seperti pada umumnya, misalnya dengan mendesain ruangan yang dicat berwarna-warni dengan warna terang sesuai dengan selera saat ini. Mungkin sediakan juga tempat nongkrong yang sedikit untuk menikmati secangkir kopi.

Pastikan barang-barang yang dijual tertata rapi, dengan mengkategorikan produk-produk sesuai dengan jenisnya tidak hanya sekedar menaruh dan memanjangnya saja. Terdapat label harga di setiap produk yang dijual. Tak lupa untuk rutin membersihkan etalase dan toko dari debu agar pembeli nyaman saat berbelanja.

4. Melayani sistem titip barang

Selain mempercantik desain toko kelontong dan menyediakan barang-barang yang berkualitas, tak ada salahnya untuk melayani sistem titip barang. Misalnya menjalin kerja sama dengan jasa laundry, hanya dengan menitipkan pakaian, mengambil dan mengantarkannya dapat memperoleh keuntungan apalagi jika mempunyai ruang kosong yang luas.

Tanpa mengeluarkan modal sudah bisa mendapatkan cuan, apalagi jika makin banyak titipan di toko kelontong, peluang omset pun kian besar. Cara lain untuk mendapatkan cuan untuk modal tambahan, juga untuk menitipkan barang jualan seperti makanan olahan (jajanan pasar atau nasi rames), pakaian, mainan anak-anak dan lainnya.

5. Dapat meretur barang

Sangat jarang ada warung kelontong yang berani untuk menerapkan sistem retur barang yang diterima oleh pembeli rusak. Dengan menerapkan sistem tersebut, toko kelontong menjadi lebih dipercaya, kredibel dan tak heran jika pembeli menjadi pelanggan setia bahkan merekomendasikannya ke orang lain.

[algolia_carousel page=2]

Di samping itu, pembeli akan merasa lebih terjamin dengan semua kualitas barang yang ditawarkan di warung. Perlu diketahui untuk mendapatkan rasa percaya dan loyal dari para pembeli membutuhkan proses, tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Selain berinovasi dengan mengikuti perkembangan zaman saat ini, perlu diperhatikan ketika ingin memulai untuk membuka toko kelontong seperti tempat yang strategis, semua barang yang dibutuhkan ada di toko dan lain sebagainya. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Tips Memulai untuk Buka Toko Kelontong

1. Tempat yang strategis

Mencari tempat strategis untuk bisnis juga merupakan hal penting. Tempat strategis biasanya adalah tempat yang mudah dijangkau transportasi dan ramai seperti dekat dengan pasar, terminal, mall, perkantoran, pinggir jalan, di depan kampus atau di depan sekolah.

Untuk memilih tempat strategis harus mempertimbangkan beberapa hal seperti biaya sewa toko jika tidak berjualan di rumah, biaya retribusi dan lain sebagainya. Memilih tempat strategis bukan berarti tanpa hambatan dan masalah. Disamping keuntungan yang akan didapatkan akan besar, tapi harus menyiapkan modal yang besar untuk memilikinya. Tentu saja biaya sewa di tempat strategis lebih mahal daripada di tempat yang sepi. Tapi tidak ada salahnya, jika di suatu tempat pemukiman belum ada yang buka toko kelontong, maka bisa membukanya.

2. Menjalin kerjasama dengan distributor

Semua barang-barang yang ada di toko kelontong tidak datang dengan sendirinya. Dengan menjalin kerjasama dengan distributor, maka toko akan terisi. Selain itu, bisa mendapatkan laba dengan mencari selisih harga saat dibeli dan dijual kembali ke pelanggan.

Sebelum menentukan harga, lakukan riset dan survey tentang daftar distributor grosiran, carilah yang menawarkan harga yang paling rendah dan barang-barangnya banyak diincar atau dibutuhkan pembeli. Pilih distributor yang ramah agar langgeng dalam menjalin kerjasama.

3. Menerapkan manajemen bisnis yang baik

Memulai suatu usaha dengan perencanaan lebih baik daripada tanpa perencanaan. Bisini yang dirintis sebaiknya di manage dari awal agar dapat mengantisipasi berbagai hal yang mungkin terjadi dalam bisni di masa depan.

Buat SWOT bisnis, alat bantu ini dalam menjalankan dan mengambil keputusan dengan analisis tersebut. SWOT merupakan kepanjangan dari strength, weakness, opportunities, dan threat. Maksud dari SWOT adalah berarti kita melihat kekuatan-kekuatan yang dimiliki, kekurangan atau kelemahan, kesempatan dan ancaman yang ada di depan mata kita.

Selanjutnya menganalisa kebutuhan masyarakat sekeliling. Sebagian besar bisnis muncul karena rasa empati terhadap kebutuhan masyarakat saat itu, misalnya ketika melihat ibu-ibu membutuhkan gas elpiji, dan disekitar belum ada yang jual, maka timbullah rasa ingin menjualnya.

Tak lupa untuk membuat manajemen keuangan dengan memisahkan keuangan bisnis dan pribadi, menggunakan sebagian keuntungan untuk modal usaha yang bisa menghasilkan uang lagi.

4. Berburu ilmu sebelum terjun

Saat ini, banyak sekali media-media yang menyediakan pembelajaran tentang bisnis dan mudah diakses. Selain itu, banyak pula lembaga-lembaga terkait yang mengadakan pelatihan secara terbuka untuk siapa saja. Sebelum terjun ke dunia bisnis, memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya dari pembicara. Sekarang juga banyak e-book yang mudah dibaca dimana saja jika tak sempat untuk mengikuti pelatihan tersebut.

5. Berikan promosi dan layanan ekstra terhadap pelanggan

Pembeli tentunya akan tergoda untuk ketika mendapatkan promosi dan layanan yang ekstra dari kamu. Mulailah dengan promosi harga yang bisa dilakukan dengan harga paket. Misalnya dengan membuat paket sembako yang harga bisa lebih murah dibandingkan dibeli secara satuan. Atau mendapat gratis bila membeli suatu produk.

Disamping itu dengan memberikan pelayanan antar kirim barang ke rumah para pelanggan juga bisa menyenangkan hati mereka. Biasanya, layanan yang sering ditawarkan dari toko kelontong seperti antar galon, elpiji atau keperluan bahan memasak seperti telur. Tapi tak ada salahnya jika menawarkan yang lain sesuai permintaan pelanggan.

Peluang Usaha Toko Kelontong

Daftar Barang-barang yang Bisa Dijual di Toko Kelontong

Masih belum tahu mau toko kelontong apa? Berikut dibawah beberapa pilihan yang bisa dijual di toko kelontong

1. Sembako

Sembako merupakan barang yang paling sering ada di toko kelontong pada umumnya karena dibutuhkan oleh banyak orang dan merupakan barang yang wajib ada. Sembako termasuk kebutuhan pokok dan cepat perputaran modalnya karena dikonsumsi setiap hari. Barang-barang sembako seperti beras, minyak, gula, telur, ayam, daging dan sayur mayur.

2. Perlengkapan mandi dan mencuci

Selain sembako, di toko kelontong agar lengkap tambahkan untuk berjualan perlengkapan mandi dan mencuci. Barang-barang yang dijual berupa sabun mandi, deterjen, sampo, pasta gigi hingga pewangi pakaian. Sediakan dalam bentuk botol, kemasan literan dan sachet agar pembeli bebas memilih. Sediakan semuanya dengan variasi merek yang berbeda tentunya dengan memerhatikan merek apa yang paling banyak dicari.

3. Makanan dan minuman

Tak lengkap rasanya bila di toko kelontong, tidak menjual makanan dan minuman. Makanan yang bisa dijual seperti makanan ringan, biskuit, es krim dan lainnya. Sedangkan untuk minumannya bisa air mineral, minuman berasa sampai bersoda. Sediakan lemari pendingin untuk memudahkan pembeli agar dapat memilih ingin membeli yang dingin atau tidak.

4. Obat-obatan

Barang lainnya yang bisa bisa dijual di toko adalah obat-obatan. Obat-obatan di sini tentunya berbeda dengan yang di apotek karena hanya tergolong obat-obatan ringan. Misalnya seperti obat luka, minyak kayu putih, minyak angin, obat batuk, obat sakit kepala, koyo, bedak, dan yang lainnya.

5. Alat tulis

Selanjutnya, perlengkapan tulis menulis juga bisa dijual namun jangan terlalu lengkap seperti yang dijual toko buku besar atau foto kopi. Sediakan saja alat tulis seperti pensil, pulpen, buku tulis, kertas kado, penghapus, penggaris, materai dan lainnya. Barang-barang tersebut dibutuhkan untuk anak sekolah dan karyawan.

6. Perlengkapan rumah tangga lainnya

Setiap rumah tangga juga harus tersedia perlengkapan seperti gas elpiji, galon mineral, bumbu dapur, penyedap rasa dan alat pembersih rumah seperti sapu ijuk, ember, kain pel, cikrak dan lainnya. Daripada repot mencari di toko khusus perabot rumah tangga mending sediakan di toko kelontong.

Namun, untuk melengkapi semua barang yang tersedia di toko, pastikan dengan menyesuaikan penyediaan ruang yang ada. Jangan sampai demi memenuhi keuntungan dengan menjual segala yang dibutuhkan hingga membuat toko menjadi sempit, semua barang ditaruh berdesak-desakan dan tidak ada udara yang masuk ke toko. Oleh karena itu, kamu harus menyesuaikan penyediaan barangnya dengan ruang yang dipunya

Perlu diketahui, segala kebutuhan orang-orang pasti akan selalu ada dan berkembang pada saat tertentu. Bagi pemula hanya perlu jeli melihat peluang ini dan terus melakukan survei barang-barang apa saja yang diperlukan oleh mereka.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat melihat peluang usaha toko. Dengan mempelajari artikel diatas, jangan ragu untuk membuka usaha toko kelontong. Telah banyak orang yang sukses dengan memiliki usaha toko kelontong bahkan tokonya sudah memiliki cabang di daerah lain.menggunakan cara di atas sebagai sumber pendapatan utama.

Jika Grameds memiliki ketertarikan untuk mempelajari tentang dunia bisnis dan peluang apa saya yang bisa dijadikan berbisni, Anda bisa mempelajarinya dengan membaca referensi-referensi yang ada di internet maupun buku yang hanya bisa kamu dapatkan di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan informasi terbaik dan terbaru untuk kamu.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis pena: Audrey Aulivia Wiranto

BACA JUGA:

  1. Belajar Bisnis dari Nol dengan Buku-Buku Bisnis Terbaru di Gramedia Digital 
  2. 14 Ide Bisnis Online 2022 Terbaru 
  3. 10 Peluang Bisnis Usaha yang Cocok untuk Anak Muda
  4. 10 Tips dan Cara Jualan Online Bagi Para Pemula 
  5. 19 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda