in

Menu Sahur Enak, Mudah, dan Praktis

Menu sahur enak seringkali menjadi keperluan para umat muslim. DImana, sebagian besar seorang muslim yang hendak menjalankan ibadah puasa pasti melaksanakan sahur terlebih dahulu.

Namun, menyiapkan atau memasak menu untuk sahur bukan kebiasaan kebanyakan orang. Tak jarang juga, beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan menu semalam.

Padahal, menu sahur enak sebaiknya memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Pasalnya, menu sahur yang baik bisa membuat orang yang menjalankan puasa menjadi tetap bugar dan tidak mudah lelah ketika beraktivitas. Misalnya seperti, sayuran, buah-buahan, dan lain sebagainya.

Nah, Kamu tidak perlu khawatir, artikel ini akan memberikan berbagai menu sahur enak yang mudah untuk disajikan dan tentunya kaya akan nutrisi. Mulai dari berbagai kuliner khas Indonesia hingga makanan kekinian yang dapat Kamu sajikan dengan mudah.

A. Menu Sahur Enak Untuk Mencegah Dehidrasi

Ketika menjalankan ibadah puasa, hal yang paling sering dihadapi adalah dehidrasi atau tubuh yang mengalami kekurangan cairan. Untuk mencegah dehidrasi, Kamu tidak hanya dapat mengandalkan air, Kamu juga bisa menggunakan makanan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Nah, berikut ini adalah menu sahur enak untuk mengatasi dehidrasi, diantaranya yaitu:

menu sehat dan enak nabi muhammad

menu sehat dan enak nabi muhammad

1. Sayur Bening Bayam

Menu sahur enak untuk mencegah dehidrasi yang pertama adalah sayur bening bayam. Sayur bening bayam memiliki rasa yang sangat segar dan sangat cocok untuk menjadi menu sahur. Selain itu, sayur bening ayam juga mengandung banyak nutrisi dari beberapa sayuran yang nikmat, sebut saja bayam dan jagung yang kaya akan mineral dan vitamin. Ditambah lagi, sayur bening bayam tidak hanya mengenyangkan, Kamu juga bisa memenuhi cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi ketika berpuasa dengan meminum kuah dari sayur beningnya.

2. Nasi Pecel

Menu sahur enak untuk mencegah dehidrasi yang kedua yaitu nasi pecel. Nasi pecel sendiri biasanya berisi beragam jenis sayuran yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Nasi pecel bisa disajikan dengan komposisi tempe, tahu, bayam, kangkung, kol, dan tentunya saus kacang yang kaya protein. Tak heran, nasi pecel akan sangat baik untuk menjaga tubuh supaya tidak mudah lelah pada saat menjalankan ibadah puasa.

3. Soto Ayam

Menu sahur enak untuk mencegah dehidrasi yang ketiga yaitu soto ayam. Bagi masyarakat Indonesia, soto ayam merupakan salah satu menu andalan dari berbagai daerah. Rasa yang lezat dan kaya akan nutrisi menjadikan soto ayam sangat cocok sebagai menu sahur. Kuah yang ada pada soto juga bisa mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Sama seperti manfaat sayuran di dalamnya, seperti kol, tauge, hingga tomat.

4. Bubur Manado

Menu sahur enak untuk mencegah dehidrasi yang keempat adalah bubur khas Manado. Bubur kesukaan masyarakat Manado dan sekitarnya ini tidak hanya nikmat, tetapi juga kaya akan nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh. Kuah, bayam, dan jagung yang ada dalam bubur Manado sangat baik untuk membuat tubuh tetap segar seharian penuh.

5. Sup Ayam Jahe

Menu sahur enak untuk mencegah dehidrasi yang kelima adalah sup ayam jahe. Sup ayam jahe ini sendiri dapat menjadikan tubuh lebih sehat. Campuran daging ayam dan berbagai jenis sayuran, seperti wortel, kentang dan tentunya jahe sebagai resep istimewanya, dapat secara efektif untuk menyegarkan dan meningkatkan imunitas tubuh pada saat menjalankan ibadah puasa.

6. Capcay Kuah

Menu sahur enak untuk mencegah dehidrasi yang keenam adalah capcay kuah. Capcay kuah pada dasarnya sangat mudah disajikan sebagai menu sahur enak dan nikmat. Jenis menu sayur andalan ini berisi berbagai jenis sayuran yang lezat dan tentunya efektif untuk menjadikan tubuh tetap segar dan mencukup kebutuhan cairan tubuh seharian.

kombinasi makanan serasi untuk langsing dan sehat

kombinasi makanan serasi untuk langsing dan sehat

Capcay juga tergolong sebagai menu sahur yang sangat praktis dan sehat dan memiliki cita rasa yang lezat. Menu sahur yang sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar memasak. Selain bisa disajikan dengan sayuran, Kamu juga dapat menambahkan berbagai jenis daging untuk mencukupi asupan protein bagi tubuh.

7. Sup Sayur

Menu sahur enak untuk mencegah dehidrasi yang ketujuh adalah sup sayur. Sup sayur ini dikenal sebagai menu sahur yang paling praktis dan sehat untuk disajikan. Sup sayur sendiri dapat Kamu gunakan untuk menjadi detoks bagi tubuh, hal itu dikarenakan tidak adanya kandungan makanan olahan.

Sup sayur memang menu yang sehat. Menu sahur ini seratus persen alami dengan kandungan serat dan mineral yang bisa membuat Kamu tidak mudah lapar. Kandungan air yang cukup banyak dalam sup sayur juga cocok untuk menanggulangi adanya dehidrasi ketika beribadah puasa.

8. Sandwich Alpukat

Menu sahur enak untuk mencegah dehidrasi yang kedelapan adalah sandwich alpukat. Menu sahur ini memang bukan menu khas masyarakat Indonesia. Namun, Kamu dapat mencoba membuatnya karena sangat praktis dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk menyajikannya.

Dalam menyajikan sandwich aplikay, Kamu hanya perlu menyiapkan roti dan sayuran, mulai dari timun, tomat, dan tentunya buah alpukat. Sandwich dengan berbagai nutrisi tersebut akan cukup membantu menjaga tubuh untuk tidak mengalami dehidrasi.

9. Buncis Oseng Telur

Selanjutnya, menu sahur enak yang sangat cocok untuk mencegah dehidrasi adalah buncis oseng telur. Menu sahur ini adalah menu yang sangat sederhana dan praktis, Kamu yang sedang sendirian pasti dapat membuatnya dengan mudah. Sayur buncis sendiri mengandung berbagai kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Apalagi ditambah kandungan protein dari telur, Kamu tidak perlu khawatir pada saat beraktivitas di bulan Ramadan.

10. Tumis Kangkung

Menu sahur enak yang cocok untuk mencegah dehidrasi kesepuluh adalah tumis kangkung. Sayuran kangkung sangat mudah untuk ditemukan, sebagian besar orang yang memilih kangkung untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada saat melaksanakan sahur. Hal itu dikarenakan sekitar 90 persen kandungan kangkung terdiri dari air, sehingga sangat cocok untuk dimakan waktu sahur. Cara mengolah kangkung pun sangat mudah, Kamu cukup memotong, memasukan bumbu, menggoreng, dan tumis kangkung siap disantap.

B. Menu Sahur Enak Dan Praktis Untuk Disajikan

menu harian praktis enak

menu harian praktis enak

1. Selai Kacang dan Pisang

Menu sahur enak dan praktis disajikan yang pertama adalah selai kacang dan pisang. Berdasarkan situs El Arabiya, selai kacang adalah makanan yang memiliki kandungan protein yang baik dan kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Dua jenis tersebut dapat merangsang perasaan kenyang lebih lama daripada biasanya.

Cara menyajikan selai kacang pun cukup mudah, Kamu cukup menyiapkan roti tawar. Setelah itu, Kamu dapat mengolesi roti dengan selai kacang dan beberapa potongan pisang. Pisang sendiri dikenal baik untuk diet, sehingga sangat baik untuk memberikan rasa kenyang sepanjang hari. Tidak hanya itu, pisang dan selai kacang juga dapat memberikan energi lebih untuk beraktivitas seharian.

2. Telur Rebus

Menu sahur enak dan praktis disajikan yang kedua adalah telur rebus. Berbagai makanan olahan dari telur merupakan jenis menu sahur yang sangat mudah untuk disajikan. Telur sendiri dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pangan yang paling sering digunakan banyak orang untuk menu sahur maupun berbuka puasa.

Sebagai sumber protein yang murah dan sangat mudah untuk diolah, olahan telur yang sangat cocok sebagai menu sahur adalah telur rebus. Tidak hanya itu, kreasi olahan telur rebus yang lain juga patut untuk dicoba, misalnya seperti poached egg. Poached egg sendiri dapat menjadikan telur rebus setengah matang dengan tekstur lembut dan lumer ketika masuk di mulut. Poached egg ini akan lebih nikmat ketika disajikan sebagai topping untuk roti panggang.

3. Smoothies Buah

Menu sahur enak dan praktis untuk disajikan yang ketiga adalah smoothies buah. Smoothies buah sudah banyak dikenal baik untuk menyehatkan sistem pencernaan, membuat tubuh lebih berenergi, dan memberikan perasaan kenyang lebih lama. Kandungan serta yang tinggi dalam smoothies buah bisa menjadi menu pendamping ketika sahur.

Cara menyajikan smoothies buah pun sederhana saja, Kamu dapat mengombinasikan smoothies buah dengan berbagai jenis makanan favoritmu, seperti biji chia, yoghurt dan sedikit es. Ketika Kamu menikmati smoothies buah, Kamu telah mendapatkan banyak nutrisi, seperti omega 3, serat dan protein.

4. Alpukat dan Roti Gandum

Menu sahur enak dan praktis disajikan yang keempat adalah alpukat dan roti gandum. Seperti yang diunggah dalam situs Buzzfeed, Nour Zibdeh sebagai ahli diet mengatakan bahwa peran karbohidrat kompleks sangat penting untuk dihadirkan pada saat sahur. Karbohidrat kompleks memiliki fungsi yang bisa diandalkan untuk memberikan rasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks cenderung lebih lama dicerna tubuh.

Tidak hanya itu, karbohidrat kompleks juga dapat digunakan untuk menstabilkan kadar gula dalam darah, sehingga Kamu tidak akan terlalu mengalami kenaikan dan penurunan gula darah secara ekstrem. Salah satu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi adalah roti gandum dan alpukat. Kedua jenis makanan ini dapat mencukupi kebutuhan serta dan pasokan lemak tak jenuh pada tubuh ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

5. Oat Jar

Menu sahur enak dan praktis disajikan yang kelima adalah oat jar. Menu sahur ini bisa dikatakan menu yang sangat praktis, pasalnya Kamu dapat menyiapkannya pada saat malam hari atau bisa juga dibuat ketika menyiapkan menu berbuka. Setelah dibuat, Kamu dapat memasukkan oat jar ke dalam kulkas, sehingga dapat dikonsumsi dengan nikmat pada saat waktu sahur.

Oat sendiri adalah makanan yang kaya akan serat dan memiliki kemampuan untuk menghemat pengeluaran energi, sehingga bisa membuat perut merasakan kenyang lebih lama. Kamu juga bisa menambahkan beberapa bahan makanan untuk memberikan cita rasa lebih nikmat, misalnya seperti yogurt, potongan buah, biji chia atau bisa juga bubuk kayu manis.

Selain bahan makanan tersebut, Kamu juga dapat memberikan campuran biji-bijian yang sudah dipanggang atau biasa disebut granola untuk semakin menambah nutrisi pada oat jar. Oatmeal dapat kamu jadikan alternatif untuk menggantikan nasi putih sebagai menu yang lebih sehat. Nah, untuk membuat oat ala Indonesia, Kamu bisa menyajikan bersamaan dengan telur dan jamur, sehingga terasa lebih gurih.

6. Salad Buah Atau Sayur

Menu sahur enak dan praktis disajikan yang keenam adalah salad buah dan sayur. Menu ini dapat dikatakan sebagai menu sahur yang ideal. Hal ini dikarenakan salad buah dan sayur memiliki kandungan serat yang dapat menjaga tubuh agar merasa tetap kenyang dan berenergi.

Tidak hanya itu, salad buah dan sayur yang dipadukan dengan yogurt juga dapat mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan pencernaan. Kamu juga bisa memilih sayuran atau buah yang mengandung banyak air. Hal ini akan menjaga kebutuhan cairan pada tubuh dan menjadikan Kamu lebih kuat ketika berpuasa.

7. Telur Orak Arik dengan Sayur

Menu sahur enak dan praktis disajikan yang terakhir adalah telur orak-arik dengan sayur. Makanan dari olahan telur sangat beragam, misalnya telur orak-arik dengan sayuran. Menu ini sebenarnya sudah banyak dikenal orang yang suka makan di Warmindo atau Burjo.

Cara pembuatan telur orak arik pun mudah, Kamu hanya perlu memiliki keterampilan menggoreng telur ceplok seperti biasanya. Namun, supaya memberikan banyak nutrisi, Kamu bisa menambahkan berbagai sayuran, seperti bayam, sawi atau potongan wortel. Ketiga sayuran yang kaya akan serat ini tentu mudah didapatkan dan dikombinasikan. Nah, sebagai penyedap, Kamu dapat menambahkan sedikit garam dan lada untuk mendapatkan rasa yang lezat.

C. Menu Sahur Enak Yang Awet Dan Praktis

Setelah mengetahui berbagai menu sahur enak yang praktis dan juga menyehatkan, Kamu juga bisa membuat menu sahur yang awet sehingga bisa digunakan kapan saja. Beberapa menu sahur enak yang awet dan praktis yaitu, sebagai berikut:

1. Rendang

Menu sahur enak yang awet tentu saja adalah rendang. Makanan khas Sumatera Barat ini sangat terkenal dengan cita rasanya yang lezat. Namun, di sisi lain, rendang juga bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama sehingga sangat cocok untuk sebagai menu sahur. Rempah-rempah yang ada di dalam rendang, menjadikan makanan ini dapat bertahan hingga kurang lebih dua bulan.

Cara penyimpanan rendang pun tidak harus dimasukkan di kulkas, Kamu hanya perlu menyimpannya di lemari makanan. Apabila ingin menyimpannya di dalam kulkas, hal yang perlu diperhatikan yakni wadah rendang harus tertutup rapat supaya aroman tidak bercampur dengan aroma makanan lain. Nah, ketika ingin mengkonsumsi rendang di waktu sahur, Kamu cukup memanaskan rendang sekitar 10 hingga 15 menit.

2. Dendeng

Setelah rendang, menu sahur enak yang awet dan praktis adalah dendeng. Dendeng sendiri merupakan makanan olahan berbahan dasar daging yang bisa bertahan lama tanpa harus disimpan di dalam kulkas. Rendahnya kandungan air pada dendeng menjadikannya tidak mudah untuk berkembang bakteri.

Dendeng pada dasarnya dibuat dari daging yang diiris tipis dan digoreng dengan sambal. Jenis dendeng pun bermacam-macam, mulai dari dendeng balado, dendeng lambok, dendeng batokok, serta dendeng baracik. Nah, apabila Kamu ingin menyantap dendeng daging di waktu sahur, Kamu cukup menghangatkannya saja.

3. Frozen food

Berikutnya, menu sahur enak yang awet adalah frozen food. Frozen food sendiri adalah makanan makanan cepat saji yang awet karena dibekukan dalam freezer kulkas. Jenis makanan frozen food juga bermacam-macam, mulai dari sosis, nugget, kentang goreng, chicken karage, dan lain sebagainya. Nah, apabila Kamu malas menyiapkan menu sahur, frozen food bisa jadi alternatif.

4. Sarden

Selanjutnya, menu sahur enak yang awet dan praktis adalah sarden. Sarden adalah makanan olahan ikan yang diawetkan dan dikemas ke dalam sebuah kaleng. Cara untuk mengolah sarden pun sangat mudah, Kamu hanya perlu memasak dan menambahkan berbagai bumbu sesuai selera.

5. Kering Kentang

Menu sahur enak yang awet dan praktis terakhir adalah kering kentang. Kering kentang sendiri sudah biasa dimasak oleh orang Indonesia. Kering kentang biasanya diolah menggunakan bahan dasar tempe yang kemudian digoreng hingga kering. Cita rasa kering kentang terletak pada bumbu pedas manisnya. Kamu dapat menjadikan makanan jenis sebagai persediaan untuk sahur. Hanya saja, agar kentang dapat awet lebih lama, Kamu harus memasukkan kentang yang sudah dingin ke dalam kulkas.

Demikian, berbagai menu sahur enak yang bisa Kamu praktikkan di rumah. Selamat Menikmati.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Menu Sahur Enak



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Umam