in

15 Menu Berbuka Puasa Murah dan Meriah

Menu Berbuka Murah dan Meriah – Bulan Ramadhan akan tiba sebentar lagi, apakah Grameds sudah bersiap menyambut bulan penuh kesucian tersebut?

Ketika tengah berpuasa, pasti kita juga berpikir mengenai makanan apa yang akan dimakan saat berbuka dan sahur. Apalagi jika Grameds adalah mahasiswa atau pekerja yang tengah merantau dan harus jauh di rumah. Mau tidak mau pastilah Grameds akan mempersiapkan menu berbuka yang murah serta meriah ala anak kos.

Nah, apa saja ya menu berbuka murah dan meriah yang dapat dipraktikkan supaya keuangan Grameds dapat tetap stabil?

Yuk, simak ulasan berikut!

Menu Makanan Berbuka

1. Tumis Telur Dadar

Bagi anak kos, pasti telur dadar sering dijadikan sebagai alternatif menu ketika sedang berhemat. Nah, untuk berbuka di bulan Ramadhan besok, telur dadar dapat menjadi menu yang enak dan hemat lho.

Yakni dengan menumisnya menggunakan bumbu saus tiram. Jangan lupa untuk menyertakan bawang bombay supaya rasanya menjadi semakin sedap!

2. Sop Ayam

Sop ayam adalah opsi selanjutnya untuk menu berbuka yang murah dan enak. Tidak harus menggunakan ayam dalam jumlah yang banyak, kamu dapat menggunakan ayam dalam jumlah seperempat saja.

Cara memasaknya sama dengan sop ayam pada umumnya, yakni dengan memasukkan irisan sayuran dan bumbu halus ke dalam panci yang berisi air mendidih. Supaya sop ayam tersebut menjadi lebih enak, tambahkan pula taburan bawang goreng ketika telah disajikan di piring.

tombol beli buku

3. Ayam Penyet

Menu ini biasanya sering kita temui di rumah makan atau kedai khusus yang menyediakan berbagai menu penyet, mulai dari tempe, tahu, ayam, terong, dan berbagai lauk lain yang disajikan dengan cara dipenyet bersama sambal pilihan.

Nah, Grameds tentu saja dapat membuatnya sendiri. Pertama siapkan dulu bahan-bahan makanan yang hendak menjadi lauk utama untuk dipenyet ini, dapat berupa ayam, tempe, tahu, dan terong.

Setelah itu, bahan-bahan tersebut diungkep dulu dengan bumbu. Jika sudah diungkep beberapa menit, baru digoreng. Untuk sambalnya, Grameds dapat menentukan sendiri apakah sambal tomat atau sambal bawang.

4. Tumis Kacang Panjang

Menu tumis kacang panjang biasanya adalah menu andalan yang ada di warteg. Nah, Grameds juga bisa kok menjadikannya sebagai menu berbuka yang hemat dan enak.

Apabila Grameds menyukai pete, tentu saja dapat mencampurkannya ke dalam masakan untuk menambah cita rasa.

Jangan lupa untuk menambahkan saus tiram supaya rasanya lebih maknyus!

tombol beli buku

5. Ayam Kecap

Untuk membuat makanan ayam kecap, Grameds harus menggoreng ayamnya terlebih dahulu secara setengah matang. Hal tersebut karena setelah itu, ayam akan dimasak lagi dengan bumbu berupa tumisan bawang putih dan bawang merah, jahe, dan irisan cabai.

Jangan lupa untuk menambahkan kecap dan gula pasir secukupnya supaya sesuai dengan nama masakannya. Masak sampai ayam menjadi matang hingga kuahnya menyusut separuhnya ya…

6. Sayur Orak-Arik

Sayur orak-arik ini adalah perpaduan dari sayuran yang biasanya berupa kubis, wortel, dan brokoli dengan telur. Meskipun terlihat sederhana, tetapi menu makanan ini mengandung banyak vitamin lho, terutama kandungan protein dan mineral.

Cara membuatnya adalah irisan sayur-sayuran tersebut ditumis sebentar dengan bumbu, setelah itu masukkan telur ayam dan orak-arik. Jika ingin lebih sedap, tambahkan penyedap jamur juga!

tombol beli buku

7. Pecel

Pecel adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari Jawa Timur dan dikenal luas di seluruh Indonesia. Bumbu utama dari pecel adalah baluran sambal kacang.

Untuk sayurannya, dapat Grameds tentukan sendiri, misalnya kubis, kacang panjang, kangkung, tauge, hingga sawi. Sayur-sayuran tersebut nantinya akan direbus terlebih dahulu hingga matang.

Untuk bumbu sambal kacang, tidak perlu repot-repot untuk membuatnya. Di pasar tradisional, biasanya menjual bumbu kacang instan yang dibungkus dengan plastik. Jadi, Grameds hanya perlu menambahkan air hangat saja.

Supaya lebih lengkap lagi, dapat diberi irisan mentimun dan telur rebus. Selain enak dan murah tentunya, makanan ini juga kaya akan vitamin lho…

[algolia_carousel page=2]

8. Sayur Bayam dan Ayam Goreng

Sayur bayam memang paling enak jika disajikan bersama sambal terasi dan ayam goreng! Nah, Grameds juga bisa kok memasak makanan murah meriah tersebut!

Ketika memasak sayur bayam, Grameds dapat menambahkan irisan wortel supaya kandungan gizi menjadi lebih tinggi. Alternatif lainnya adalah dengan menambahkan bumbu dapur berupa kunci supaya rasanya lebih sedap.

Untuk ayam goreng, sebaiknya diungkep dahulu menggunakan bumbu. Baru setelah sayur bayam sudah jadi, Grameds dapat menggoreng ikan sembari menunggu sayurnya menjadi lebih dingin.

tombol beli buku

9. Sayur Asem dan Ikan Asin

Sebenarnya, sayur asem dapat dinikmati dengan lauk apa saja. Misalnya ikan asin, ayam goreng, tempe dan tahu goreng, hingga campuran daging. Nah, supaya pengeluaran untuk masak berbuka ini menjadi semakin hemat, maka dipilihlah ikan asin.

Paduan berbagai sayuran termasuk jagung dengan buah asem menjadikan sayur ini difavoritkan oleh banyak orang. Apalagi jika disajikan dalam keadaan hangat. Setelah sayur asem selesai dimasak, Grameds dapat menggoreng ikan asin dengan tepung bumbu supaya lebih mantap!

10. Ca Kangkung

Ca kangkung kerap menjadi menu andalan di tempat makan atau warteg. Hal tersebut karena rasanya yang enak dan menyegarkan.

Grameds tentu saja dapat menjadikan menu makanan ca kangkung ini untuk berbuka puasa. Yakni dengan menggunakan satu ikat kangkung dan bumbu yang berupa bawang putih, kemiri, serta cabai rawit sesuai selera.

Supaya lebih sedap, Grameds dapat menambahkan irisan bakso sapi dan ketika memasak dicampur dengan saus tiram serta penyedap jamur sesuai selera.

tombol beli buku

Takjil Untuk Berbuka

1. Bakwan Jagung

Bakwan jagung selain menjadi takjil juga dapat juga menjadi lauk pendamping untuk menu berbuka. Cara membuatnya pun mudah, yakni dengan adonan gandum, penyedap rasa, dan irisan jagung. Ketika digoreng, biarkan hingga garing supaya ketika dimakan dapat terasa enak.

2. Kolak Pisang

Jika membicarakan menu takjil, pasti tidak lengkap rasanya jika tidak ada kolak pisang. Kolak pisang ini biasanya tidak hanya berisi buah pisang saja, tetapi juga ada tambahan labu kuning. Setelah itu, dicampur dengan santan, gula merah, dan daun pandan supaya lebih lezat.

tombol beli buku

3. Tempe Mendoan

Selain bakwan, tempe mendoan juga sering difavoritkan orang-orang untuk menjadi takjil hingga lauk berbuka. Makanan ini cukup sederhana karena hanya berbahan tempe dan adonan tepung saja, lalu digoreng setengah matang.

Jika ingin lebih sedap lagi, dapat membuat bumbu kecap yakni berupa irisan cabai yang dicampur dengan kecap.

4. Pisang Goreng

Pisang goreng adalah salah satu makanan ringan yang sekaligus dapat menjadi makanan takjil untuk berbuka. Cara membuatnya adalah buah pisang yang telah dikupas sebelumnya, dilumuri dengan adonan tepung terigu, maizena, serta garam. Setelah itu, pisang yang sudah terdapat adonan tepung segera digoreng dalam minyak panas.

Jenis pisang yang paling cocok untuk dibuat pisang goreng adalah jenis pisang kepok. Hal tersebut karena pada pisang kepok, mempunyai tekstur daging yang agak keras, tetapi juga empuk dan legit.

Supaya lebih enak, dapat juga ditambahkan susu serta keju!

tombol beli buku

5. Es Buah

Sebenarnya, es buah ini sama halnya dengan es campur, yakni es sirup yang ditambahkan berbagai buah, misalnya semangka, melon, apel, pir, buah naga, dan lain-lain. Grameds dapat juga menambahkan selasih jika berkenan.

Selain itu, dapat juga ditambahkan yogurt supaya semakin enak.

tombol beli buku

Nah, itulah beberapa menu berbuka dan takjil yang murah serta tentu saja enak. Untuk berbuka puasa, memang tidak diharuskan mengonsumsi makanan yang mahal kok. Asal bergizi dan mengenyangkan saja…

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum