in

10 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah yang Sayang Dilewatkan

Manfaat Lidah Buaya – Grameds pasti mengenal tanaman yang satu ini, bukan? Yup, lidah buaya atau aloe vera. Tanaman yang satu ini memiliki bentuk distingtif dengan beragam khasiat untuk dimanfaatkan. Lidah buaya sebagai tanaman herbal cukup mudah untuk dibudidayakan di Indonesia.

Lidah buata atau aloe vera merupakan tanaman mediteranian yang memiliki banyak nutrisi untuk kesehatan tubuh dan wajah. Namun, artikel kali ini hanya akan membahas mengenai manfaat lidah buaya untuk wajah.

Lidah buaya atau kerap disebut aloe vera sendiri merupakan tanaman yang memiliki daging tebal pada bagian daunnya. Tanaman yang diperkirakan sudah ada sejak lama ini, biasa menjadi tanaman hias di lingkungan masyarakat.

Jika ditelusuri lebih dalam, tanaman lidah buaya memiliki dua jenis cairan, yakni cairan bening berupa gel dan cairan berwarna kekuningan yang mengandung aloin. Grameds bisa mendapatkan cairan bening pada lidah buada dengan membelah bagian daunnya.

Cairan bening berupa gel yang dimiliki lidah buaya mengandung antijamur dan antibakteri yang dapat menstimulasi fibroblas. Apa itu fibroblas? Fibroblas merupakan sel-sel kulit yang berguna untuk menyembuhkan luka.

Kemudian cairan berwarna kekuningan yang ada pada lidah buaya biasa disebut dengan eksudat. Getah yang keluar ketika daun lidah buaya dipotong merupakan eksudat. Cairan berwana kekuningan ini memiliki bentuk yang cukup kental dengan rasa pahit.

Eksudat sendiri terletak di pangkal daun atau pelepah yang mengandung aloin. Apa yang dimaksud dengan aloin? Aloin merupakan bagian dari eksudat yang berguna sebagai bahan laksatif atau pencahar.

Dalam menjaga kecantikan kulit dan wajah, ada beragam kandungan lidah buaya yang bisa dimanfaatkan. Tak heran jika tanaman yang satu ini kerap dijadikan bahan utama dalam pembuatan produk kesehatan dan kecantikan.

Saat ini manfaat lidah buaya atau aloe vera untuk wajah menjadi pilihan favorit banyak orang. Mengapa? Karena di dalam lidah buaya terkandung banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin E.

Selain kandungan yang telah disebutkan di atas, lidah buaya atau aloe vera memiliki unsur cairan berupa emodin, aloin, gum, resin, dan minyak atsiri. Sementara enzim yang ada dalam lidah buaya ialah enzim amilase, enzim cellulase, enzim catalase, enzim carpoxyhelclase, dan lain sebagainya.

Lidah buaya segar dapat menjadi gel alami untuk berbagai produk kecantikan yang dijual di pasaran. Gel dari aloe vera memiliki segudang manfaat untuk perawatan wajah yang aman digunakan.

Memiliki kulit wajah yang sehat tentu akan memengaruhi tampilan seseorang. Kulit wajah yang sehat akan membuat Grameds lebih percaya diri untuk menjalani aktivitas.

Gel lidah buaya memiliki sifat penyembuhan untuk mengatasi berbagai masalah ringan pada kulit, lho Grameds. Aloe vera gel dapat diaplikasikan langsung pada kulit atau dimasukkan ke dalam campuran masker maupun scrub.

Merawat kulit wajah dengan bahan alami sangatlah mudah. Lidah buaya atau aloe vera menjadi salah satu bahan alami untuk merawat kesehatan kulit. Agar Grameds tidak ragu menggunakan bahan alami dalam merawat kulit wajah, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui manfaat lidah buaya bagi wajah.

banner-promo-gramedia

tombol beli buku

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

1. Mengatasi Kulit Kering

Melembapkan kulit menjadi salah satu manfaat lidah buaya yang populer belakangan ini. Lidah buaya atau aloe vera ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengatasi kulit kering.

Berbagai produk kecantikan menggunakan lidah buaya sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit kering. Di dalam gel lidah buaya terkandung 98% air yang dapat membantu melembapkan dan menenangkan kulit.

Gel lidah buaya sendiri dapat diserap kulit dengan mudah karena memiliki kandungan mineral, enzim, antioksidan, vitamin, A, vitamin C, dan vitamin E. Hal tersebut menjadikan lidah buaya atau aloe vera sebagai pelembap alami untuk kulit wajah. Kemudian gel lidah buaya dapat membantu menyerap minyak berlebih pada kulit wajah.

Dengan mengoleskan getah lidah buaya ke kulit, Grameds bisa menjaga kekenyalan dan kelembapan kulit secara alami. Seperti yang sudah disebutkan di atas, lidah buaya memiliki kandungan vitamin, mineral, enzim, dan antioksidan yang baik untuk menjaga kelembapan kulit.

2. Mencegah Penuaan Dini

Lidah buaya memiliki manfaat sebagai pencegah kerutan dan penuaan dini, lho Grameds. Mencegah penuaan dini menjadi salah satu manfaat lidah buaya yang paling menarik untuk dibahas.

Aloe vera memiliki sifat antioksidan yang dapat memperlambat proses penuaan dan membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari. Kandungan vitamin C, vitamin E, dan beta karoten pada lidah buaya dapat membantu mengencangkan kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi.

Selain itu, gel lidah buaya juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen untuk mencegah garis halus dan kerutan. Gel alami dari lidah buaya dapat membuat kulit Grameds menjadi lebih kenyal dan sehat.

Gel pada lidah buaya memiliki kandungan antioksidan yang diyakini mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan begitu, lidah buaya atau aloe vera dapat mencegah sekaligus memperlambat penuaan dini sehingga kulit kamu akan terlihat lebih awet muda.

3. Mengatasi Jerawat

Apakah wajah Grameds kerap diserang jerawat? Manfaat lainnya dari lidah buaya atau aloe vera ialah mengatasi jerawat. Lidah buaya mampu menyerap minyak berlebih yang menjadi penyebab jerawat membandel.

Mengapa? Karena tanaman yang satu ini memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, antivirus, dan antiseptik. Kandungan asam salisilat di dalam lidah buaya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Kemudian lidah buaya atau aloe vera dapat mengobati jerawat meradang, seperti nodul dan pustula. Selain itu, kandungan lidah buaya juga dapat membantu mencegah timbulnya bekas jerawat.

Gel alami aloe vera membantu mempercepat waktu penyembuhan luka dan membatasi jaringan parut. Grameds cukup mengoleskan gel lidah buaya ke area wajah yang berjerawat tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

4. Mencerahkan Kulit

Kerap mengalami kondisi bintik-bintik hitam di wajah yang tak kunjung pergi? Kini Grameds tak perlu khawatir lagi. Kondisi bintik-bintik hitam pada wajah dapat terjadi karena beberapa faktor.

Faktor penyebabnya ialah stres, genetika, terlalu banyak terpapar sinar matahari, dan kerusakan radikal bebas dari waktu ke waktu. Tanaman lidah buaya dapat menjadi salah satu opsi yang membantu kamu menghilangkan bintik-bintik gelap di wajah.

Bagi Grameds yang sedang berada di masa kehamilan, bercak atau bintik hitam menjadi hal yang umum dialami. Kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan aloe vera gel untuk menyamarkan noda tersebut.

Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya dapat menyeimbangkan kulit menjadi lebih cerah dan menurunkan produksi pigmentasi. Manfaat yang tak kalah penting ialah lidah buaya dapat menjadi pengelupas alami untuk membersihkan kulit sel berlebih.

Lidah buaya sebagai tanaman hias bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit wajah secara alami. Grameds bisa menggunakan lidah buaya sebagai masker untuk menghindarkan tampilan wajah kusam yang dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri.

banner-promo-gramedia

tombol beli buku

5. Mengobati Luka Bakar

Gel alami yang dimiliki lidah buaya dapat membantu kamu untuk mengobati luka bakar. Tanaman aloe vera memiliki getah yang kerap dipakai sebagai salep alami untuk mengobati luka bakar.

Bagi kamu yang mengalami luka bakar, getah lidah buaya diyakini mampu mempersingkat waktu penyembuhan jaringan kulit pada luka bakar. Mengapa? Karena lidah buaya memiliki kandungan antioksidan kuat, kalsium, dan sifat pelembap alami yang dapat membantu memperbaiki dan melindungi kerusakan sel kulit.

Kandungan tersebut diyakini mampu memperkuat jaringan kulit dan mempercepat pembelahan sel-sel penghasil keratin. Lidah buaya atau aloe vera dipercaya sangat efektif dalam mengobati luka bakar. Lidah buaya memiliki kandungan yang dapat memberikan risiko kesembuhan lebih besar pada kondisi luka bakar derajat pertama dan kedua.

6. Mengatasi Mata Panda

Tanaman lidah buaya memiliki kelebihan sebagai bahan alami pelembap kulit. Kandungan yang ada di dalam lidah buaya diyakini efektif untuk mengurangi lingkar hitam mata secara alami. Gel yang dimiliki lidah buaya turut membantu mencegah pigmentasi berlebihan pada kulit.

Hal tersebut dapat membantu melembapkan kulit di daerah sekitar mata tampak lebih cerah. Bagaimana caranya? Grameds bisa mengoleskan gel lidah buaya sebelum tidur di daerah sekitar mata dan biarkan semalaman.

7. Mengatasi Sunburn

Lidah buaya sebagai tanaman mediteranian memiliki gel yang bersifat menenangkan kulit. Gel alami dari lidah buaya dapat memberikan sensasi dingin pada kulit akibat terkena sengatan sinar matahari.

Kulit yang terpapar sinar matahari berlebih akan terasa panas, terjadi perubahan warna kulit yang menggelap, dan muncul ruam merah. Penggunaan gel lidah buaya dipercaya efektif mengatasi iritasi kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Sensasi tersebut dapat membantu Grameds untuk mencegah peradangan dan iritasi akibat sunburn. Gel lidah buaya juga mengandung sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari.

8. Menenangkan Kulit Setelah Bercukur

Manfaat lain dari tanaman lidah buaya ialah pemulihan kulit setelah bercukur. Aloe vera memiliki sifat menenangkan yang diyakini sebagai pelembap aktif, meregenerasi, dan menyejukkan kulit. Grameds bisa mengaplikasikan gel lidah buaya setelah bercukur untuk mencegah iritasi dan kulit kering.

tombol beli buku

9. Membantu Membersihkan Makeup

Kaum wanita kerap mengenakan makeup untuk mempercantik diri. Bagi Grameds yang kerap mengenakan makeup tentu mengetahui pentingnya tahapan membersihkan riasan wajah.

Membersihan riasan wajah sangat penting untuk menghindari gangguan kulit, seperti keriput dan infeksi. Kandungan yang dimiliki lidah buaya diyakini mampu membantu membersihkan riasan wajah dengan baik. Tekstur gel lidah buaya dapat menjadi penghapus makeup yang lembut dan alami untuk wajah.

banner-promo-gramedia

Grameds hanya perlu menggunakan daging lidah buaya yang sudah dicuci bersih dan dihaluskan. Kemudian pakai handuk bertekstur lembut untuk mengoleskan lidah buaya dalam membersihkan dan melembapkan wajah.

10. Bahan Scrub untuk Kulit Sensitif

Apakah Grameds termasuk orang dengan kulit sensitif? Kulit yang sensitif cenderung mudah iritasi apabila tidak cocok dengan produk tertentu. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, penting untuk mengetahui manfaat lidah buaya.

Lidah buaya atau aloe vera memiliki kandungan yang tergolong aman untuk kulit sensitif. Kemudian kandungan lidah buaya juga dinilai cocok untuk dijadikan campuran scrub. Bertanya-tanya bagaimana caranya?

Grameds hanya perlu mencampurkan gel lidah buaya dengan oatmeal untuk mendapatkan tekstur scrub yang baik. Kamu bisa melakukan proses eksfoliasi pada sel-sel kulit mati dengan cepat dan mudah melalui scrub berbahan lidah buaya.

Baca juga:

Itulah 10 manfaat lidah buaya untuk wajah yang sayang dilewatkan. Grameds bisa menggunakan bagian gel lidah buaya atau aloe vera untuk menuai manfaat dari tanaman hias ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sekaligus menambah wawasan Grameds yang membacanya, ya!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila