in

15 Manfaat Buah Naga untuk Tubuh

Dragon fruit

Manfaat Buah Naga – Buah naga tidak hanya menjadi salah satu buah yang lezat untuk di konsumsi, manfaat buah naga sangat besar. Mulai dari bagi kesehatan tubuh, sampai dalam hal kecantikan. Maka dari itu, mengonsumsi buah naga akan berdampak baik bagi kesehatan.

Buah naga terdiri dari dua jenis. Buah naga merah dan buah naga putih. Meskipun berbeda, manfaat dari keduanya ini tetap baik untuk kesehatan. Artikel ini akan membahas mengenai 15 manfaat buah naga untuk tubuh.

1. Menjaga kulit tetap kencang dan elastis

Manfaat buah naga: Menjaga kulit tetap kencang dan elastis
White Dragon Fruit on an old wooden table.

Manfaat buah naga pertama adalah menjaga kulit tetap kencang serta elastis. Buah naga adalah buah yang memiliki antioksidan yang baik. Selain itu, buah naga juga tinggi akan kandungan vitamin C nya.

Berbagai senyawa bioaktif juga terdapat di dalamnya. Kandungan-kandungan tersebut memiliki manfaat besar dalam menjaga kulit. Kandungan tersebut dapat membuat kulit menjadi lebih sehat.

Antioksidan adalah zat yang penting bagi kulit. Ia akan bekerja untuk menjaga kulit. Sehingga kulit akan lebih kencang dan elastis. Ini juga akan membantu kulit untuk tertunda dari penuaan dini.

2. Mengurangi risiko kanker

Manfaat buah naga: Mengurangi risiko kanker
Top view of dragon fruit isolated in wood cup concept on white wooden table background. Selective focus and blank space.

Manfaat buah naga juga dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker. Kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan. Tercatat bahwa kanker adalah penyakit kedua paling mematikan di dunia ini.

Buah naga adalah salah satu cara yang bisa digunakan dalam mengurangi risiko penyakit kanker. Di dalam buah naga terdapat senyawa antioksidan. Senyawa tersebut berasal dari likopen dan hydroxycinnamates. Kedua senyawa tersebut dapat membantu mencegah risiko penyakit kanker.

Ada beberapa penelitian menyatakan mengenai hal ini. Bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung likopen dapat mengurangi beberapa jenis kanker. Sehingga tubuh akan terbebas dari risiko penyakit kanker. Seperti kanker payudara, kanker prostat dan kanker paru-paru.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat buah naga: Meningkatkan kesehatan jantung
Dragon fruit or Pitaya fruit isolated on white background

Jantung adalah organ tubuh yang sangat penting di dalam tubuh. Jika jantung tidak berfungsi, maka tubuh juga tidak akan berfungsi lagi. Maka dari itu, kesehatan jantung sangat perlu diperhatikan.

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan berolahraga secara rutin. Selain itu, makanlah makanan yang sehat. Maka jantung kamu akan tetap sehat.

Salah satu cara untuk meningkatkan jantung adalah dengan mengonsumsi buah naga. Manfaat buah naga sangat baik untuk kesehatan jantung. Buah naga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung kamu.

Alasannya adalah karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, buah naga akan meningkatkan kadar kolesterol baik. Hal itu terjadi karena ada beberapa kandungan baik di dalam buah naga.

Seperti betalain, likopen dan serat-serat yang ada di dalam buah naga. Buah naga tidak hanya dapat dikonsumsi dagingnya saja. Namun, biji buah naga juga dapat dikonsumsi. Di dalam biji tersebut terdapat kandungan lemak omega 3 dan lemak omega 9.

Kandungan itu sangat baik untuk kesehatan jantung. Maka dari itu, mengonsumsi buah naga akan mencegah penyakit jantung. Konsumsilah buah naga secara teratur supaya jantung menjadi lebih sehat.

4. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat buah naga: Mengontrol kadar gula darah
Pitaya is the tropical fruit of several cactus species. These fruits are commonly known as dragon fruit.

Manfaat buah naga selanjutnya adalah mengontrol gula darah. Kandungan serat yang ada di buah naga ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah.

Buah naga akan membantu mengontrol kadar gula darah. Sehingga buah naga akan menekan lonjakan gula yang dapat terjadi. Terlebih ketika seseorang makan makanan yang indeks glikemiknya terbilang tinggi.

Pada tahun 2016, sebuah penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Plos One menemukan beberapa fakta.

Untung Berlipat Dari Budi Daya Buah Naga Secara Organik
Untung Berlipat Dari Budi Daya Buah Naga Secara Organik

tombol beli buku

Buku ini membahas mulai dari pengadaan bibit unggul, teknik budidaya dan pemeliharaan secara organik di kebun maupun lahan terbatas, hama penyakit, panen dan pasca panen hingga analisis usaha serta meningkatkan untung dengan teknik tanaman sela. Saatnya sehat dengan budidaya sehat si buah sehat!

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah naga: Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
White Dragon Fruit on an old turquoise wooden table.

Sistem kekebalan tubuh seseorang yang mengonsumsi buah naga juga cenderung akan meningkat. Hal itu karena manfaat buah naga juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah naga memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh.

Salah satunya adalah adanya vitamin C. Selain itu, terdapat senyawa antioksidan dalam kandungan buah naga. Ini berada pada buah naga merah dan buah naga putih.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Antioksidan dapat membantu tubuh untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sel. Jika terdapat kerusakan pada sel, maka ada muncul berbagai penyakit di dalam tubuh. maka dari itu, imun atau kekebalan tubuh harus selalu dijaga.

6. Meredakan batuk dan flu

Manfaat buah naga: Meredakan batuk dan flu
Pitaya cut in half on black background

Manfaat buah naga pada poin ini masih sejalan dengan manfaat buah naga pada poin sebelumnya. Buah naga adalah salah satu buah yang dapat meredakan flu dan batuk. Hal itu karena terdapat vitamin C di dalam buah naga.

Akan tetapi, buah naga bukan dijadikan sebagai obat ketika flu dan batuk. Namun, buah naga dapat membantu untuk meredakannya. Buah naga bisa menurunkan tingkat keparahan karena flu dan batuk.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C memang dapat membantu dalam penyembuhan ini. Sehingga penyembuhan akan lebih cepat. Maka dari itu, ketika kamu sedang flu dan batuk, buah naga adalah salah satu buah yang tepat untuk dikonsumsi.

7. Menurunkan berat badan

Manfaat buah naga: Menurunkan berat badan
Dragon fruit isolated on a white background

Salah satu tips untuk menurunkan berat badan dengan baik adalah mengonsumsi makanan yang sehat. Contohnya seperti banyak mengonsumsi buah dan sayuran. Buah yang dapat membantu menurunkan berat badan adalah buah naga.

Buah naga adalah  buah yang kaya akan serat. Selain itu, buah naga adalah buah yang rendah kalori. Sehingga buah naga adalah buah yang aman bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Jika mengonsumsi makanan yang rendah kalori tetapi tinggi serat, akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Sehingga kamu akan lebih sedikit makan. Maka program diet lebih mudah dijalani.

8. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Manfaat buah naga: Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan
Dragon fruits isolated on white

Manfaat buah naga selanjutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Buah naga adalah salah satu buah yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Mengonsumsi buah naga juga dapat membantu mengontrol gerakan usus.

Hal ini karena terdapat kandungan serat di dalam buah naga. Buah naga dapat mencegah terjadinya sembelit. Buah naga juga mengandung oligosakarida.

Oligosakarida adalah salah satu jenis prebiotic. Prebiotic ini baik untuk sistem pencernaan didalam tubuh. Ini adalah manfaat buah naga yang sangat baik untuk pencernaan.

9. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat buah naga: Menjaga kesehatan tulang
Dragonfruit Purple Smoothie Drink With Rasberry And Straws

Salah satu manfaat buah naga juga dapat menjaga kesehatan tulang. Buah naga adalah buah yang mengandung berbagai mineral di dalamnya. Mineral tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Mineral yang terkandung didalam buah naga tersebut seperti kalsium, fosfor dan magnesium. Satu cangkir potongan buah naga memiliki 80 mg kandungan magnesium. Jumlah tersebut adalah seperempat rekomendasi dari harian minuman.

Mineral adalah sesuatu yang baik untuk tulang. Jika buah naga memiliki banyak kandungan mineral, itu berarti buah naga adalah buah yang baik untuk tulang. Sehingga manfaat buah naga ini akan didapatkan oleh tulang. Tulang di dalam tubuh akan menjadi lebih baik.

10. Melawan radang sendi

Manfaat buah naga: Melawan radang sendi
Raw Red Organic Dragon Fruit in a Bunch

Radang sendi adalah keadaan ketika sendi-sendi mengalami peradangan. Radang sendi juga bisa disebut dengan arthritis. Kondisi ini akan menimbulkan iritasi parah pada bagian sendi.

Sehingga orang yang memiliki radang sendi akan kesulitan dalam bergerak. Aktivitas yang bisa dilakukan pun terbatas. Tidak bisa melakukan aktivitas yang sangat berat.

Salah satu cara untuk melawan radang sendi ini adalah dengan mengonsumsi buah naga. Buah naga dapat membantu melawan radang sendi. Hal itu karena di sifat buah naga adalah antiinflamasi.

Sifat tersebut akan membantu mengurangi peradangan pada sendi. Jika kamu memiliki masalah pada sendi, cobalah untuk mengonsumsi buah naga. Buah naga ini dapat menjadi alternatif untuk mengatasi radang sendi.

Baca juga:

11. Mengurangi jerawat

Manfaat buah naga:Mengurangi jerawat
Close-up shot of a young caucasian woman eating dragon fruit on the beach.

Grameds, apakah kamu memiliki masalah terhadap jerawat? Masalah ini pasti mengganggu kamu. Selain dapat mengurangi tingkat percaya diri, jerawat juga dapat menimbulkan rasa nyeri.

Maka dari itu, jerawat perlu diatas. Cara mengatasi jerawat sangat banyak. Mulai dari pengobatan ke tenaga medis. Sampai menggunakan skin care.

Salah satu bahan alami yang bisa mengurangi jerawat adalah buah naga. Manfaat buah naga ternyata dapat melawan jerawat. Ini adalah salah satu manfaat yang menguntungkan bagi kamu yang ingin mengurangi jerawat.

Caranya sangat mudah. Buatlah pasta dari buah naga. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan pasta buah naga tersebut ke daerah kulit yang berjerawat. Lakukanlah ini selama dua kali dalam sehari. Maka kamu akan memperoleh hasil yang maksimal.

Untung Berlipat Dari Bisnis Buah Naga Unggul
Untung Berlipat Dari Bisnis Buah Naga Unggul

tombol beli buku

Buah naga atau yang juga sering dikenal dengan nama Dragon Fruit atau Pitaya, merupakan buah dari tanaman kaktus asal Meksiko yang kini namanya sedang naik daun di Indonesia dan seluruh dunia sebagai komoditas pertanian unggulan. Tanaman yang eksotik dan memiliki buah yang unik berbentuk bulat lonjong, kulitnya berwarna merah atau kuning mengkilap dan memiliki sirip, rasanya manis lezat membuat buah naga memiliki daya tarik dan banyak diminati kalangan.

Selain itu, buah naga juga memiliki banyak khasiat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Permintaan buah naga di Indonesia terbilang tinggi.Hal ini ditandai dengan masih mahalnya harga buah naga di pasaran.

Buku ini mengupas tuntas dari aspek pemasaran, teknik budidaya, aspek ekonomis hingga bagaimana cara mengolah buah naga menjadi produk olahan siap saji yang bernilai komersial. Semoga kehadiran buku ini menjadi solusi bagi Anda yang berminat untuk berinvestasi. Selamat mencoba dan membuktikan!

12. Meredakan kulit yang terbakar sinar matahari

Manfaat buah naga: Manfaat buah naga:Mengurangi jerawat
Half red and white dragon fruit on color background, tropical fruit

Manfaat buah naga selanjutnya adalah meredakan nyeri pada kulit yang terbakar sinar matahari. Caranya sama dengan poin sebelumnya. Kamu bisa membuat pasta dari buah naga.

Pasta tersebut kamu aplikasikan kepada kulit yang terasa nyeri. Akan tetapi, untuk hasil yang lebih maksimal kamu bisa mencampurkan bahan lain. Seperti campuran jus mentimun.

Madu juga salah satu bahan yang bisa kamu campurkan di dalam pasta buah naga tersebut. Kamu harus membuat porsi yang pas untuk mendapatkan khasiat yang tepat.

Manfaat ini diperoleh karena adanya kandungan vitamin B3 di dalam buah naga. Buah naga dapat melembabkan kulit. Selain itu, buah naga juga dapat melepaskan panas dari area kolit yang terbakar oleh sinar matahari.

13. Melindungi rambut dari kerusakan

Manfaar buah naga: Manfaat buah naga: Manfaat buah naga:Mengurangi jerawat
red dragon fruite on white background

Manfaat buah naga yang lain adalah dapat melindungi rambut dari kerusakan. Hal ini juga diperuntukan bagi orang yang menggunakan pewarna rambut. Caranya dengan membuat jus buah naga.

Jus buah naga dapat membantu merawat rambut kamu. Buatlah jus buah naga dengan sedikit air. Kemudian, kamu cukup mengoleskan jus buah naga tersebut pada kulit kepala.

Melalui cara ini, folikel di rambut akan tetap terbuka. Sehingga rambut dapat bernapas. Rambut akan menjadi lebih sehat lagi setelah menggunakannya. Kamu juga akan mendapatkan efek halus pada rambut kamu.

14. Menjaga kesehatan ibu hamil

Manfaat buah naga: Menjaga kesehatan ibu hamil
Happy woman and boy puts dragon fruit as glasses.

Perempuan yang sedang hamil membutuhkan banyak makanan yang bergizi. Selain baik untuk tubuh, hal itu juga baik untuk janin di dalam kandungannya. Maka dari itu, ibu hamil perlu sangat memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Ibu hamil akan membutuhkan nutrisi seperti vitamin B, vitamin C, dan kalsium. Semua nutrisi tersebut berada di dalam buah naga. Sehingga buah naga adalah makanan yang tepat untuk ibu hamil.

Buah naga bisa membantu sel darah merah mengantarkan oksigen untuk janin dalam kandungan. Selain itu, vitamin B yang ada di dalam buah naga juga berguna. Gunanya adalah untuk mencegah terjadinya cacat ketika bayi lahir.

Adapun kalsium dan vitamin C berguna untuk memperkuat tulang serta gigi. Buah naga juga mengandung serat di dalamnya. Hal ini akan mengatasi sembelit yang terjadi pada ibu hamil. Sehingga ibu hamil akan lebih sehat.

15. Mengurangi risiko anemia

Manfaat buah naga: Mengurangi risiko anemia
Dragon fruits on white background

Berkurangnya risiko anemia juga salah satu dari manfaat buah naga. Manfaat ini tidak hanya berlaku untuk ibu hamil saja. Semua orang membutuhkan zat besi bagi tubuh mereka.

Zat besi tersebut berguna untuk menjaga kesehatan darah. Zat besi dapat membantu sel darah merah dalam mengangkut oksigen. Sehingga oksigen dapat beredar di seluruh organ tubuh.

Buah naga dapat membantu seseorang mengurangi risiko anemia. Konsumsilah buah naga secara rutin. Akan tetapi, kamu tetap harus mengonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Itulah 15 manfaat buah naga bagi kesehatan dan kecantikan. Selain rasanya yang manis, kamu juga bisa mendapatkan manfaat yang besar dari mengonsumsi buah naga. Akan tetapi, kamu tetap perlu hati-hati dalam mengonsumsinya.

Jangan sampai mengonsumsi buah naga secara berlebihan. Hal itu tentu tidak baik bagi tubuh. Bahkan akan menyebabkan masalah bagi tubuh. Pastikan kamu mengonsumsi buah naga dengan takaran yang pas.

Temukan hal-hal menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan artikel terbaik untuk para Grameds. Selain itu, Gramedia akan selalu memberikan rekomendasi artikel terbaik.

1001 Khasiat Buah-buahan
1001 Khasiat Buah-buahan

tombol beli buku

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih