in

21 Makanan Khas Purwokerto yang Perlu Kamu Cicipi Saat Berkunjung!

Sumber: theAsianparent

Makanan khas Purwokerto – Purwokerto merupakan suatu kecamatan sekaligus menjadi ibu kota dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Orang-orang di Kabupaten Banyumas cukup terkenal dengan dialek bahasa Jawanya yang unik, yaitu biasa disebut bahasa “ngapak” atau bahasa jawa dengan dialek ngapak.

Setiap daerah yang ada di Indonesia ini, pastinya memiliki makanan khasnya masing-masing, salah satu daerahnya adalah Purwokerto atau lebih dikenal dengan nama makanan khas Purwokerto. Bahkan, makanan khas Purwokerto ada juga yang bisa dibuat di rumah untuk camilan atau untuk makanan utama.

Jika kamu akan berkunjung ke Purwokerto tentu tidak lengkap jika tidak menyantap makanan khas Purwokerto. Ada sejumlah tempat wisata kuliner di kota ini yang bisa disinggahi pengunjung. Selain itu, Purwokerto dijuluki sebagai Kota Kripik. Salah satu keripik yang terkenal di sana adalah keripik tempe. Meski begitu, makanan khas Purwokerto bukan hanya itu saja.

Lalu, makanan khas Purwokerto ada apa saja? Kamu bisa temukan jawabannya pada artikel ini Grameds. Jadi, simak artikel ini sampai selesai ya, Grameds.

https://www.gramedia.com/products/550-pesona-kuliner-nusantara-pendamping-beras?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/550-pesona-kuliner-nusantara-pendamping-beras?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Makanan Khas Purwokerto

Perkembangan ekonomi di Purwokerto juga berdampak positif pada sektor pariwisata. Banyak tempat wisata yang kini mendapat perhatian, dan dioptimalkan pengelolaannya hingga menjadi tujuan wisata yang banyak diminati. Sebuah kota besar yang berada di Jawa Tengah ini memang sering jadi destinasi liburan. Selain karena tempat wisatanya, makanan khasnya juga terbilang sangat populer dan lezat.

Kuliner-kuliner yang disajikan oleh kotanya wong ngapak ini bisa dibilang menarik bagi para pendatang, mulai dari mendoan dan masih banyak lagi makanan khas Purwokerto yang sangat wajib dicicipi jika berkunjung ke Purwokerto. Makanan khas Purwokerto memang merupakan salah satu hidangan yang cukup terkenal di penjuru nusantara.

Cita rasanya yang gurih dan lezat membuat banyak orang jatuh hati saat menyantapnya untuk pertama kali. Banyak makanan khas Purwokerto yang dijual secara luas sebagai buah tangan atau oleh-oleh.

Bukan terkenal karena rasa makanan yang gurih dan lezat saja, tetapi makanan khas Purwokerto juga dikenal dengan harganya yang ramah di kantong untuk setiap satu porsi makanannya. Bahkan kamu bisa menikmati banyak makanan dengan tak perlu memikirkan uang di dompet.

Rekomendasi Makanan Khas Purwokerto

Masih penasaran dengan makanan khas Purwokerto? Berikut ini adalah macam-macam makanan khas Purwokerto yang wajib dicicipi.

Mendoan

makanan khas purwokerto
Sumber: resepedia.com

Mendoan merupakan makanan khas Purwokerto yang sangat terkenal. Makanan ini bisa ditemukan di berbagai daerah, tetapi kita tidak akan mendapatkan cita rasa yang paling lezat selain mencobanya langsung di Purwokerto.

Mendoan terbuat dari bahan dasar kedelai yang difermentasikan menjadi tempe, kemudian dipadu dengan adonan tepung. Meski mudah ditemukan di berbagai daerah, tetapi terdapat rasa yang khas dan unik dari mendoan ala Purwokerto. Selain menjadi buah tangan, Anda pun juga bisa menikmatinya secara langsung di Purwokerto.

Biasanya, untuk menikmati mendoan Purwokerto ini akan disajikan dengan kecap yang sudah diberi irisan cabai, sehingga rasanya menjadi pedas manis. Namun, ada juga yang memakannya dengan cabai rawit saja tanpa diberi tambahan kecap.

Selain itu, mendoan ini akan digoreng setengah matang agar hasilnya mendo. Kata mendoa dalam dalam Bahasa Indonesia berarti diartikan lembek. Oleh karena itu, jika diartikan, maka mendoan merupakan gorengan yang dimasak setengah matang, sehingga hasilnya lembek.

Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih dan renyah, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai camilan dan dimakan bersama keluarga atau teman-teman.

Klanting Purwokerto

makanan khas purwokerto
Sumber: Putra Travel

Klanting tergolong sebagai makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar ketela pohon. Bentuk dari klanting ini seperti angka delapan, dengan tekstur yang renyah dan gurih membuat cemilan ini cukup digemari oleh kebanyakan orang. Tidak hanya itu, makanan ini juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Purwokerto.

Camilan ringan yang terbuat dari singkong ini tentu menggugah selera. Rasanya yang asin gurih cocok untuk dijadikan cemilan saat bersantai. Adapun nama klanting ini dikarenakan bentuknya yang menyerupai anting, sehingga dikenal dengan nama klanting.

Kluban Purwokerto

makanan khas purwokerto
Sumber: Cendana News

Makanan khas selanjutnya dari Purwokerto adalah kluban. Kluban merupakan makanan khas Purwokerto yang bisa dibilang hampir mirip dengan salad. Makanan ini berfungsi sebagai pendamping nasi dan terbuat dari aneka macam sayuran seperti kangkung, bayam, kacang panjang, tauge, dan daun singkong. Berbeda dengan salad, makanan ini disajikan dengan cara direbus dan kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu sambal.

Adanya parutan kelapa menjadi keunikan tersendiri. Untuk penyajiannya sendiri Kluban biasanya disiram sambal kacang diatasnya, rasanya segar, agak manis, dan juga lezat. Pada umumnya Kluban dijual mulai dari Rp 3.000/porsi. Jadi tertarik untuk merasakan nikmatnya kluban?

Kraca

makanan khas purwokerto
Sumber: Detikcom

Kraca merupakan salah satu makanan khas yang unik dan wajib dicoba ketika kamu pergi ke Purwokerto. Makanan yang satu ini terbuat dari keong kecil dan rempah-rempah pilihan, biasanya dimasak dengan bumbu kuah pedas. Selain itu, kraca ini mudah sekali kita temukan di pinggiran jalan di daerah Purwokerto saat menjelang malam tiba.

Ingin mencoba makanan yang cukup ekstrim? Kraca adalah makanan khas yang cukup enak. Terbuat dari siput air yang dimasak selama 4-5 jam hingga matang. Bumbu rempah-rempah di dalamnya membuat masakan menjadi gurih dan nikmat.

Pada umumnya, kraca cukup laris apalagi pada saat di bulan Ramadhan dan biasanya dijadikan sebagai menu buka puasa. Meski begitu, kraca ini bisa juga ditemukan di pinggir jalan Purwokerto setiap hari.

Bukan hanya rasanya yang terkenal gurih, tetapi kraca juga dikenal dengan teksturnya yang lembut, sehingga mudah untuk dinikmati. Kraca ini dijual dengan harga mulai dari Rp 7.000/porsi.

Getuk Goreng

makanan khas purwokerto
Sumber: Detik Travel

Makanan khas yang satu ini cocok dijadikan sebagai oleh-oleh dan namanya adalah getuk goreng. Terbuat dari singkong dan dibumbui gula kelapa, sehingga menciptakan cita rasa yang manis dan gurih. Getuk goreng Sokaraja banyak ditemui di sepanjang jalan Purwokerto khususnya di Jalan Sudirman. Renyah di bagian luar dan lumer di dalam menjadi favorit banyak orang.

Getuk Goreng memiliki varian rasa seperti, original atau dengan gula aren, cokelat, dan bahkan rasa durian. Getuk Goreng cocok dijadikan oleh-oleh khas Purwokerto dan dijual dengan harga mulai dari Rp15.000/Kg. Jadi, apakah kamu pernah merasakan makanan getuk goreng ini?

Soto Sokaraja

makanan khas purwokerto
Sumber: Cookpad.com

Setiap daerah biasanya memiliki makanan khas berupa soto. Namun, soto di setiap daerah memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Jika di Jakarta ada soto Betawi, maka Purwokerto juga memiliki soto yang disebut dengan soto Sokaraja. Soto ini terbuat dari kuah kaldu daging sapi dengan ekstra rasa kacang di dalamnya membuat kudapan ini memiliki rasa yang khas.

Selain itu, soto sokaraja biasanya disajikan bersama ketupat dengan tambahan kerupuk diatasnya yang bermacam-macam serta sambal kacangnya yang khas. Makanan ini menjadi referensi yang wajib untuk dicoba jika berkunjung ke Purwokerto terutama bagi pecinta makanan berkuah.

Cimplung

makanan khas purwokerto
Sumber: Pikiran Rakyat.com

Makanan khas Jawa Tengah tak jauh dari rasa manis. Begitu juga pada cimplung. Makanan khas ini adalah singkong dengan campuran kelapa dan gula aren untuk pemanisnya. Cukup lezat untuk disantap saat sore hari sebagai camilan.

Cenil

makanan khas purwokerto
Sumber: Keluyuran

Cenil yang juga tergolong makanan khas Purwokerto ini memiliki tampilan yang unik dan cantik. Tampil dengan berbagai warna yang memikat serta memiliki tekstur yang kenyal, sehingga membuat makanan ini cukup digemari. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cemilan ini adalah singkong, tepung kanji, daun pandan dan kelapa yang diparut.

Selain itu, cenil ada yang disajikan dengan gula pasir atau ada juga yang disajikan dengan gula aren cair untuk sausnya. Jadi, kamu lebih suka cenil dengan pasir biasa atau dengan gula aren cair?

https://www.gramedia.com/products/conf-aroma-rasa-kuliner-indonesia-jajan-pasar-mini?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-aroma-rasa-kuliner-indonesia-jajan-pasar-mini?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Nopia

makanan khas purwokerto
Sumber: Pikiran Rakyat

Makanan khas ini adalah camilan berbahan dasar campuran tepung terigu yang diisi gula merah, dan dibakar menggunakan tungku khusus. Rasanya gurih dan jangan sampai melewati jajanan tradisional ini.

Tegean

makanan khas purwokerto
Sumber: Putra Travel

Sup sayur berkuah bening khas Purwokerto dan Banyumas ini bernama Tegean. Tegean merupakan sup berkuah bening dengan bahan dasar jagung muda, bayam, daun katuk kedelai hitam, dan wortel ditambah dengan racikan bumbu yang khas. Biasanya makanan ini disajikan bersama dengan daging sapi atau daging ayam.

Selain itu, Tegean biasa disajikan bersama dengan daging sapi atau daging ayam, sehingga rasanya segar dan gurih. Tegean cocok dijadikan santapan pendamping bersama nasi, sebagai menu makan siang. Harganya dijual mulai dari Rp10.000/porsi.

Es Badeg

makanan khas purwokerto
Sumber: Phinemo.com

Tidak hanya makanan, ada pula minuman segar yang cukup populer di Purwokerto, yaitu es badheg. Es ini terbuat dari sari bunga kelapa yang difermentasi. Rasanya manis alami dan cocok untuk dijadikan minuman penyegar.

Lumpia Boom

makanan khas purwokerto
Sumber: Cookpad.com

Lumpia khas Purwokerto ini memiliki perbedaan di ukuran yang cukup besar dengan isian yang lebih banyak. Lumpia ini bisa dijadikan sebagai lauk pauk bersama nasi, lalapan, dan dilengkapi dengan sambal.

Selain itu, makanan ini memang kaya akan bahan-bahan makanan lain seperti berbagai sayuran dan telur. Dinamakan lumpia boom karena isinya cukup menarik perhatian. Diisi dengan berbagai varian isi seperti ayam, bakso, jagung, jamur, udang, cumi, dan sebagainya. Ukurannya yang cukup besar, sangat pas untuk dijadikan oleh-oleh asli Purwokerto. Apakah kamu tertarik untuk membeli lumpia boom agar bisa dijadikan oleh-oleh?

Jenang Jaket

makanan khas purwokerto
Sumber: Kawanus.com

Jenang atau umumnya di daerah lainnya disebut dodol merupakan salah satu kuliner khas Purwokerto yaitu lebih sering disebut dengan nama jenang jaket. Makanan ini adalah makanan khas Purwokerto yang tak kalah menarik. Jenang jaket terbuat dari tepung ketan, santan kelapa dan gula merah, sehingga rasanya gurih, manis, yang diolah melalui proses panjang, aromanya khas serta warnanya menarik.

Selain itu, tekstur dari jenang jaket ini lebih empuk. Rasanya manis dan gurih ini karena adanya tambahan wijen di atasnya.

Jalabiya

makanan khas purwokerto
Sumber: Kuliner kota

Jalabiya adalah singkong yang dibentuk menyerupai donat. Adanya isian gula merah membuat cita rasa yang lengkap sebagai makanan khas Purwokerto. Apakah kamu pernah mencobanya?

Sahoun

makanan khas purwokerto
Sumber: Cookpad.com

Makanan khas Purwokerto selanjutnya adalah sahoun. Menariknya, makanan satu ini terbuat dari bahan dasar soun, yaitu tepung beras dan aci yang kemudian diubah menjadi bentuk mi. Kemudian, olahan aci dan tepung beras itu dikukus dan dipotong-potong hingga menyerupai mi.

Jika dilihat sekilas, bentuk makanan ini mirip kwetiau, teksturnya kenyal. Sahoun ini disajikan dengan suwiran daging ayam, irisan daun bawang, sedikit kecap asin, lalu disiram dengan kuah kaldu yang gurih dan segar. Selain itu, makanan yang satu ini menjadi pelengkap yang pas di saat musim hujan.

Gesret

makanan khas purwokerto
Sumber: Dosen Wisata

Gesret adalah makanan khas Purwokerto yang rasanya enak dan perlu dicoba. Makanan ini terbuat dari singkong parut dengan saus gula merah dan gula Jawa yang dikukus. Rasa manis dari santapan ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Purwokerto.

Wajik Kletik

makanan khas purwokerto
Sumber: Portal Jember

Wajik kletik ini rasanya manis karena olahan gula Jawa di dalamnya. Wajik ini biasanya ada di acara-acara Jawa. Terlebih lagi, teksturnya kenyal dan cocok untuk disantap kapan pun.

Combro Purwokerto

makanan khas purwokerto
Sumber: Orami

Makanan khas Purwokerto berikutnya adalah combro. Makanan ini mungkin sudah cukup familiar. Namun, combro khas Purwokerto memiliki perbedaan dengan yang ada di wilayah lain yaitu berbentuk lonjong dan terbuat dari singkong yang diparut lalu dihilangkan kandungan airnya. Sebelum digoreng combro ini dilengkapi dengan adonan oncom di dalamnya yang lezat dan pedas.

Combro Purwokerto terbuat dari singkong yang diparut dengan isian bumbu yang khas. Biasanya, combro akan disantap dengan segelas teh hangat ataupun kopi. Selain itu, combro Purwokerto memiliki tekstur yang renyah dan sangat cocok dimakan sewaktu masih hangat. Combro Purwokerto dijual dengan harga mulai dari Rp1.000/biji.

Kampel

Kampel
Sumber: Sonora.id

Dalam bahasa lokal Banyumas, kampel berarti peluk. Makanan khas ini terdiri dari tahu, dage, dan tempe. Terlebih lagi, makanan ini bisa dibilang sangat pas disajikan di saat acara keluarga.

Lembutan

Lembutan
Sumber: Keepo me

Lembutan adalah makanan khas Purwokerto dengan bahan dasar ikan tawar. Biasanya, makanan ini disantap dengan aneka masakan berat. Rasa gurih dan asin dari ikan ini bisa dijadikan alternatif kerupuk.

Sate Bebek Tambak

Sate Bebek Tambak
Sumber: Cendananews

Nah, makanan khas yang satu ini adalah sate bebek tambak yang bisa dicicipi bersama keluarga. Sate ini terbuat dari daging bebek muda yang disajikan dengan bumbu kecap dan kacang. Rasa kenyal dari daging bebek menjadi keunikan makanan khas Purwokerto ini. Tertarik untuk mencobanya?

https://www.gramedia.com/products/seri-budaya-kuliner-citarasa-gula-dan-gudeg-di-jawa-tengah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/seri-budaya-kuliner-citarasa-gula-dan-gudeg-di-jawa-tengah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penutup

Pada dasarnya, makanan khas Purwokerto dikenal oleh masyarakat luas karena didukung dengan tempat wisata yang sangat indah, sehingga banyak wisatawan yang datang ke Purwokerto selain menikmati tempat wisata, tetapi juga menikmati makanan khasnya. Dengan begitu, liburan atau kunjungan ke Purwokerto akan terasa lebih nikmat dan tidak membosankan.

Makanan khas Purwokerto pastinya memiliki kelezatannya tersendiri. Meski begitu, umumnya, makanan khas Purwokerto ini cenderung memiliki cita rasa gurih yang bisa membuat kita ingin mencobanya berulang kali. Demikian pembahasan tentang makanan khas Purwokerto, setelah membaca artikel ini sampai selesai, apakah kamu ingin membuat makanan khas Purwokerto di rumah?

Grameds bisa mendapatkan informasi lebih seputar makanan Indonesia dengan membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Baca juga:

Written by M. Hardi