in

10 Kota Terbesar di Indonesia, Salah Satunya Palangka Raya

pinterest/pinsinmapstravel.com

Kota Terbesar di Indonesia – Negara Indonesia terdiri atas pulau-pulau besar. Dalam pulau tersebut masih dibagi menjadi beberapa provinsi. Lebih mengecil lagi provinsi akan dibagi menjadi kabupaten dan kota. Bicara tentang kota di Negara Indonesia ternyata juga memiliki jumlah kepadatan penduduk yang berbeda-beda lho.

Bahkan luas dari kota-kota dari Negara Indonesia juga begitu beragam. Nah siapa sangka di Negara Indonesia terdapat setidaknya 10 kota terbesar. Kota besar yang ada di Negara Indonesia sendiri sebenarnya dilihat berdasarkan luas dan juga kepadatan penduduk.

Tentunya informasi kepadatan penduduk dari kota yang ada di Negara Indonesia ini akan juga lebih mempermudah kalian ketika akan berpindah domisili. Nah artikel ini akan memberikan penjelasan setidaknya ada 10 kota terbesar di Negara Indonesia.

Di bawah ini adalah ulasan selengkapnya terkait dengan 10 kota terbesar di Negara Indonesia.

1. Palangka Raya, Kalimantan

Kota Terbesar di Indonesia
pinterest/beingindonesian.tumblr.com

Jika dilihat berdasarkan dari segi luas wilayah, maka kota Palangka Raya termasuk ke dalam salah satu daftar kota terbesar di Indonesia. Selain itu kota Palangka Raya juga menjadi ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah.

Ketika era Presiden Soekarno kota Palangka Raya menjadi salah satu kandidat yang dapat digunakan untuk menggantikan Jakarta sebagai ibukota Indonesia. Bahkan dalam era Presiden Jokowi, kota Palangka Raya juga memiliki wacana akan dijadikan sebagai pengganti Jakarta sebagai ibu kota Palangka Raya.

Akibat dari kabar tersebut, harga properti di kota Palangka Raya menjadi naik hingga lima kali lipat kabarnya. Lalu untuk luas wilayah dari kota Palangka Raya adalah sekitar 2.679,52 kilometer persegi.

Membahas kota Palangka Raya rasanya tak lengkap jika tak mengulas hal menarik seperti destinasi wisata yang ada di kota tersebut. Nah jika kalian mengunjungi kota Palangka Raya bisa juga nih mampir ke beberapa rekomendasi wisata seperti Balai Taman Nasional Sebangau Kalimantan.

Lalu kalian juga bisa mengunjungi destinasi wisata lainnya seperti Museum Balanga, Bukit Doa Karmel Tangkiling, palangkaraya dan Tugu Kota Palangka Raya atau tugu Soekarno. Meski hanya beberapa namun sebenarnya banyak banget lho destinasi wisata dari Palangka Raya.

Selain itu kalian juga bisa lho mencoba beberapa makanan unik dari kota Palangka Raya seperti Jelawat Goreng, Wadi Patin, Juhu Umbut Rotan, Keripik Kelakai dan lain sebagainya.

2. Dumai, Riau

Kota Terbesar di Indonesia
pinterest/Faakhir Islam

Berikutnya Pada Kota Dumai yang juga masuk ke dalam daftar kota terbesar di Indonesia. Kota Dumai sendiri terletak di Provinsi Riau. Lebih tepatnya lagi, Kota Dumai terletak di pesisir pantai Sumatra bagian timur. Selain itu, Kota Dumai merupakan hasil dari pemekaran Kabupaten Bengkalis.

Luas dari Kota Dumai setidaknya adalah 1.727.385 kilometer persegi. Kelebihan yang bisa kalian dapatkan ketika memutuskan untuk tinggal di Kota Dumai adalah pada bagian infrastruktur yang begitu maju.

Bahkan saat ini ada infrastruktur seperti akses jalan tol dari Pekanbaru ke Dumai. Selain itu peluang investasi pada Kota Dumai terbilang cukup menjanjikan.

Jika kalian hanya sekedar berkunjung, maka kalian juga bisa lho mengunjungi ke beberapa destinasi wisata miliki Kota Dumai, Riau. Mulai dari destinasi Hutan Wisata Dumai, Pantai Purnama, Pantai Koneng yang menjanjikan pasir putih cantiknya dan beberapa destinasi wisata lainnya.

Sedangkan untuk wisata kuliner di Kota Dumai, kalian bisa mencoba mulai dari Gulai Udang, Bubur Lambuk, Gulai Asam Kuning, Asam Pedas Patin dan lain sebagainya.

3. Tidore Kepulauan, Maluku Utara

Kota Terbesar di Indonesia
pinterest/dxnews.com

Selanjutnya ada Kota Tidore Kepulauan. Ya, kota tersebut juga masuk ke dalam salah satu daftar kota terbesar di Indonesia. Kota Tidore Kepulauan sendiri terletak pada Provinsi Maluku Utara. Kota Tidore Kepulauan memiliki luas sekitar 1.550,37 kilometer persegi.

Jika dilihat dari potensi alam yang cukup menakjubkan membuat Kota Tidore Kepulauan memiliki potensi peningkatan investasi properti.

Seperti yang dijelaskan jika Kota Tidore Kepulauan memiliki kekayaan alam yang cukup cantik. Maka tentunya banyak destinasi wisata yang tak boleh kalian lewatkan ketika mengunjungi Kota Tidore Kepulauan.

Mulai dari Pantai Cobo, Pulau Filonga, Pantai Tugu Lufa, Tanjung Rum, Pulau Dodola, Pulau Mare dan lain sebagainya. Setiap destinasi wisata yang ada pada Kota Tidore Kepulauan selalu menawarkan pemandangan yang tak bisa dipungkiri kecantikannya.

Lalu untuk wisata kuliner Kota Tidore Kepulauan yang bisa kalian coba adalah seperti Tela Gule, Asidah, Popeda, Sagu Lempeng, Kopi Dabe, Nasi Jaha dan beberapa makanan lainnya.

4. Subulussalam, Aceh

Kota Terbesar di Indonesia
www.andalastourism.com/tempat-wisata-subulussalam

Subulussalam juga masuk ke dalam deretan kota terbesar di Indonesia. Kota Subulussalam sendiri terletak pada Provinsi Aceh. Adanya Kota Subulussalam adalah karena adanya pemekaran yang terjadi pada tahun 2007.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Jika dilihat lebih dalam lagi, Kota Subulussalam terdiri dari 5 kecamatan dengan 82 desa. Lalu pada Kota Subulussalam juga memiliki kecamatan terbesar dan terkecil lho. Untuk kecamatan terbesar di Kota Subulussalam adalah Kecamatan Sultan Daulat. Sedangkan untuk kecamatan terkecil di Kota Subulussalam adalah Kecamatan Penanggalan.

Meski memiliki wilayah yang begitu besar, namun jika ingin berpindah wilayah. Maka Kota Subulussalam bisa dijadikan pilihan. Tak hanya memiliki potensi investasi properti yang berprospek saja. Namun harga beli hunian di Kota Subulussalam saat ini juga terbilang cukup terjangkau.

Luas wilayah dari Kota Subulussalam adalah sekitar 1.391,00 kilometer persegi. Dengan luas wilayah tersebut tentunya banyak destinasi wisata yang tak boleh kalian lewatkan.

Ketika kalian berada di Kota Subulussalam, Aceh. Kalian bisa mencoba mengunjungi Wisata Alam Penuntungan, Area Wisata Sidikalang, Silangit Singgersing, Kampong Namo Buaya dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk wisata kuliner yang bisa kalian coba ketika mengunjungi Kota Subulussalam adalah seperti Nditak, Martabak Kubang, Kopi Khop dan lain sebagainya.

5. Sorong, Papua

Kota Terbesar di Indonesia
pinterest/tripadvisor.ca

Sorong juga termasuk salah satu kota terbesar di Negara Indonesia. Dengan luas 1.105,00 kilometer persegi mampu menjadikan Kota Sorong sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia. Selain itu Kota Sorong juga terdiri dari satu kota dan 12 kabupaten.

Menariknya potensi alam di wilayah Kota Sorong juga tampak menakjubkan. Selain itu harga tanah pada Kota Sorong juga terbilang cukup terjangkau. Jadi cocok banget buat kalian yang ingin melakukan investasi properti jika dilihat berdasarkan potensi alam dan juga harga tanah yang diberikan.

Seperti yang dijelaskan jika Kota Sorong memiliki kekayaan alam yang cukup menakjubkan. Ke Kota Sorong tak mengunjungi destinasi wisata rasanya memang begitu kurang.

Nah kalian bisa lho mengunjungi beberapa destinasi wisata di Kota Sorong seperti Taman Wisata Alam Kota Sorong, Tembok Berlin, Pagoda Sapta Ratna, Puncak Arfak, Puncak Petik Bintang, Pulau Doom dan beberapa rekomendasi destinasi wisata Kota Sorong lainnya.

Lalu untuk wisata kuliner yang bisa kalian coba ketika berada di Kota Sorong adalah seperti Abon Gulung, Papeda, Udang Selingkuh, Kue Lontar, Keripik Keladi dan beberapa rekomendasi makanan khas Kota Sorong lainnya.

Kota Terbesar di Indonesia

6. Jayapura, Papua

Kota Terbesar di Indonesia
pinterest /500px.com

Papua tak hanya memiliki Sorong sebagai kota terbesarnya. Namun dilihat dari luas wilayahnya, Kota Jayapura juga termasuk ke dalam salah satu kota terbesar di Papua. Luas dari Kota Jayapura sendiri adalah 940,00 kilometer persegi.

Menariknya dari segi infrastruktur saja, Kota Jayapura tampak sangat maju. Mulai dari mall, hotel hingga resort sudah bisa ditemukan di Kota Jayapura. Tentunya para investor juga tahu jika Kota Jayapura memiliki potensi berkembang yang cukup menjanjikan.

Bahkan jika kalian ingin melakukan investasi juga bisa lho ke Kota Jayapura. Sebab dilihat dari kekayaan alam yang sangat cantik bisa mengundang para wisatawan datang ke Kota Jayapura. Jadi tak ada salahnya untuk menjadikan Kota Jayapura sebagai pilihan untuk investasi properti.

Ke Kota Jayapura tak lengkap jika tak mengunjungi destinasi wisatanya. Pasalnya dari seluruh Indonesia juga tahu jika Papua adalah rajanya kekayaan alam. Dan tentunya di Kota Jayapura sendiri juga banyak sekali destinasi wisata yang menawarkan keindahan tiada duanya di tempat lain.

Jika kalian berkunjung ke Kota Jayapura, maka beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa kalian kunjungi adalah seperti Danau Love atau Danau Imfote, Teluk Youtefa, Puncak Jayapura City, Air Terjun Cyclop, Pantai Tablanusu dan rekomendasi tempat wisata lainnya.

Kota Jayapura tak hanya menyediakan khas seperti Papeda saja. Namun banyak kuliner khas Kota Jayapura yang bisa kalian cicipi. Beberapa diantaranya adalah seperti Sate Ulat Sagu, Udang Selingkuh, Ikan Bungkus, Kue Bagea, Lempeng Sagu dan rekomendasi khas kuliner Kota Jayapura lainnya.

7. Samarinda, Kalimantan Timur

Kota Terbesar di Indonesia
pinterest/flickr.com

Berikutnya ada Kota Samarinda yang memiliki luas wilayah 718,00 kilometer persegi. Dengan luas wilayah tersebut menjadikan Kota Samarinda masuk ke dalam daftar kota terbesar di Indonesia. Kota Samarinda sendiri merupakan ibu kota dari Provinsi Kalimantan Timur.

Selain itu Kota Samarinda juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara. Kota Samarinda juga memiliki ikon terkenal yaitu Sungai Mahakam. Tak hanya itu saja, Kota Samarinda juga menjadi salah satu kota paling berkembang dengan pesat di Pulau Kalimantan.

Dilihat dari perkembangannya saja, tentunya Kota Samarinda juga menjadi salah satu kota yang bisa memiliki nilai properti yang semakin naik untuk ke depannya. Jadi jika kalian ingin melakukan investasi properti seperti pembangunan perumahan. Maka Kota Samarinda bisa masuk ke dalam daftar pilihan kalian.

Meski terkenal dengan Sungai Mahakam, namun sebenarnya Kota Samarinda memiliki banyak banget lho destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan ketika berada di kota tersebut.

Beberapa destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi ketika berada di Kota Samarinda adalah seperti Pulau Beras Basah, Teluk Lerong Garden, Jungle Water World, Desa Budaya Pampang, Air terjun Tanah Merah dan beberapa destinasi lainnya.

Tak hanya terkenal dengan destinasi wisata saja lho. Pasalnya Kota Samarinda juga memiliki deretan makanan Khas yang bisa kalian cicipi ketika berada di sana.

Beberapa makanan khas Kota Samarinda adalah seperti Ayam Cincane, Nasi Bekepor, Bubur Pedas, Soto Banjar, Gence Ruan, Pepes Kepiting, Sate Payau, Rojak Singkil dan beberapa makanan khas Kota Samarinda lainnya.

8. Batam, Kepulauan Riau

Kota Terbesar di Indonesia
pinterest/wendypua.com

Selanjutnya juga ada Kota Batam yang juga masuk ke dalam daftar kota terbesar di Indonesia. Kota Batam sendiri memiliki luas wilayah sekitar 715.00 kilometer persegi. Kota Batam terletak tepat di Provinsi Kepulauan Riau.

Dilihat dari bentuk geografisnya, Kota Batam terdiri atas lembah dan bukit. Namun tetap saja Kota Batam adalah kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau. Menariknya lagi Kota Batam juga menjadi salah satu kota yang berbatasan dengan Negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Selain itu Kota Batam juga memiliki perkembangan yang begitu pesat. Bahkan banyak orang melakukan investasi properti di Kota Batam. Jika kalian berminat, bisa juga menjadikan Kota Batam sebagai salah satu pilihan area investasi properti.

Menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia tentunya Kota Batam juga memiliki berbagai macam pilihan destinasi wisata. Beberapa wisata yang bisa kalian kunjungi ketika berada di Kota Batam adalah seperti Pantai Nongsa, Pantai Melur, Ocarina Park, Bukit Senyum, Pantai Marina, Kebun Raya Batam, Pulau Pelong, dan beberapa rekomendasi wisata lain yang ada di Kota Batam.

Tak hanya memiliki banyak destinasi wisata saja, namun Kota Batam juga memiliki makanan khas yang tak boleh kalian lewatkan ketika berada di Kota Batam.

Beberapa makanan Khas yang bisa kalian coba ketika berada di Kota Batam adalah seperti Bingka Bakar, Kek Pisang Villa, Kue Batang Buruk, Keripik Kari, Cokelat Rocklate, Kek Durian, Kek Buah Naga, Bilis Melon dan beberapa makanan khas Kota Batam lainnya.

Kota Terbesar di Indonesia

BACA JUGA:

  1. 10 Pulau Terbesar di Indonesia Beserta Luas dan Letaknya 
  2. 10 Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayahnya 
  3. 10+ Pulau Terluas di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia 
  4. 10 Kota Terindah di Dunia yang Wajib Dikunjungi 
  5. Fakta Unik Indonesia yang Harus Kamu Tahu

9. Padang, Sumatra Barat

Kota Terbesar di Indonesia
pinterest/travelokeh

Selanjutnya ada Kota Padang yang juga termasuk ke dalam salah satu kota terbesar di Indonesia. Kota Padang memiliki luas sekitar 694.96 kilometer persegi atau bisa dibilang juga jika besar Kota Padang adalah 1,65 persen dari luas Provinsi Sumatera Barat.

Ya, Kota Padang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Memiliki pengembangan yang begitu pesat menjadikan Kota Padang kerap digunakan untuk area bisnis properti yang begitu menguntungkan. Tak heran jika Kota Padang selalu masuk ke dalam list kota dengan prospek peningkatan nilai properti terbaik.

Mengunjungi Kota Padang tak lengkap jika tak mampir ke beberapa destinasi wisata unggulannya. Pasalnya Kota Padang tak hanya terkenal karena memiliki pengembangan infrastruktur yang cukup pesat saja. Namun dari segi destinasi wisata juga tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Beberapa destinasi wisata yang ada di Kota Padang adalah seperti Pantai Air Manis, Pantai Pasumpahan, Pantai Nirwana, Pantai Pasir Jambak, Air terjun Sarasah, Air Terjun Lubuk Hitam, Lubuak Paraku, Bukit Nobita, Danau Cimpago, Museum Adityawarman dan beberapa destinasi wisata lain yang ada di Kota Padang.

Tak hanya memiliki destinasi wisata saja, namun Kota Padang juga memiliki makanan khas yang tak boleh kalian lewatkan ketika berada di daerah tersebut.

Beberapa makanan khas Kota Padang yang bisa kalian cicipi adalah seperti Sate Padang, Rendang, Dendeng Balado, Dendeng Batokok, Soto Padang, Gulai Itiak, Gulai Tauco, Kalio Daging, Cancang, Teh Talua dan beberapa makanan khas Kota Padang lainnya.

Kota Terbesar di Indonesia

10. DKI Jakarta

Kota Terbesar di Indonesia
pinterest/pinsinmapstravel.com

Terakhir ada DKI Jakarta yang juga menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia. Luas wilayah DKI Jakarta sendiri adalah sekitar 664,01 kilometer persegi. DKI Jakarta sendiri saat ini menjadi ibu kota Negara Indonesia.

Menariknya DKI Jakarta adalah salah satu kota metropolitan dengan perkembangan infrastruktur yang begitu pesat lho. Tak heran jika banyak orang ingin berpindah lokasi domisili di DKI Jakarta. Bahkan banyak juga lho perusahaan pusat yang berada di DKI Jakarta.

DKI Jakarta juga memiliki beberapa destinasi wisata yang tak boleh kalian lewatkan ketika berada di sana. Diantaranya adalah seperti Taman Impian Jaya Ancol, Setu Babakan, Museum Fatahillah, Kota Tua Jakarta dan beberapa destinasi lainnya.

Lalu DKI Jakarta juga memiliki makanan khas yang bisa kalian coba seperti Kerak Telor, Nasi Uduk Betawi, Gado-gado Betawi, Semur Jengkol, Kue Cucur, Asinan Betawi, Kue Buaya, Soto Betawi dan beberapa makanan khas lainnya.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda