in

Fakta Unik Indonesia Yang Harus Kamu Tahu!

pixabay

Fakta Unik Indonesia – Indonesia atau bisa disebut dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia, selain itu Indonesia memiliki nama alternatif yaitu Nusantara. Negara ini terletak di Asia Tenggara. Secara lebih spesifiknya, Indonesia terletak di antara garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Oseania, bahkan Indonesia juga terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Dari Sabang di tanah Aceh hingga Merauke di tanah Papua, Indonesia terdiri dari berbagai suku, bahasa dan agama. Berdasarkan rumpun bangsa (ras), Indonesia terdiri dari masyarakat adat, yaitu Mongoloid Selatan/Austronesia dan Melanesia, dengan jumlah penduduk Austronesia terbesar, terutama di  Indonesia bagian barat. Lebih khusus lagi, suku  Jawa merupakan suku terbesar, dengan jumlah penduduk mencapai 42% dari total penduduk Indonesia.

Indonesia memiliki semboyan nasional, yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang memiliki arti “berbeda-beda, tetapi tetap satu”. Semboyan ini menggambarkan keragaman sosial budaya yang membentuk negara kesatuan. Selain padat penduduk  dan luas wilayah, Indonesia merupakan kawasan alam pendukung keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia.

beli sekarang

Buku ini hadir sebagai wawasan tentang tempat-tempat di Indonesia yang sangat cocok dijadikan tempat traveling. Dari Sabang hingga Merauke, dibahas secara tuntas mengenai wisata alam, sejarah, budaya, serta kuliner.

Dengan banyaknya keragaman dan kekayaan alam di Indonesia ini, tentu memiliki fakta-fakta unik yang mungkin belum pernah kamu tahu. Pada kesempatan kali ini, Gramedia akan memberikan beberapa fakta unik tentang Indonesia. Untuk tahu lebih lengkap mengenai fakta-faktanya, mari simak ulasan berikut.

1. Memiliki Hutan Bakau Terbesar di Dunia

Hutan bakau dikenal juga dengan nama hutan mangrove merupakan hutan yang tumbuh di perairan payau dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Ekosistem ini dapat mengurangi abrasi tanah yang disebabkan oleh air laut.

Di Indonesia, luas hutan mangrove mencapai 2,5 sampai 4,5 juta hektar. Hal ini membuat Indonesia berada di posisi sebagai negara dengan luas hutan mangrove terluas di dunia, yang kemudian disusul oleh Brazil, Nigeria dan Australia. Luas hutan mangrove Indonesia diperkirakan mencapai 25% dari total hutan mangrove yang ada di dunia.

2. Negara dengan Suku Bangsa Terbanyak di Dunia

Sebagai negara kepulauan yang memiliki penduduk dari Sabang sampai Merauke dan memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia memiliki suku bangsa terbanyak di dunia. Terhitung Indonesia memiliki lebih dari 740 suku bangsa di Indonesia,  270 di antaranya diketahui hanya ada di Pulau Papua. Selain itu, Indonesia juga merupakan negara dengan bahasa daerah terbanyak, dengan 583 dari 67 bahasa utama yang digunakan oleh berbagai suku bangsa di Indonesia.

3. Sebagai Negara Kepulauan Terbesar di Dunia

Kalian mungkin sudah sering mendengar fakta bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Namun apakah kalian tahu bahwa Indonesia bukan hanya negara kepulauan terbesar di dunia, tetapi beberapa pulau di Indonesia juga merupakan salah satu dari enam pulau terbesar di dunia.

Tiga pulau di Indonesia, Kalimantan, Sumatera dan Papua adalah salah satu dari enam pulau terbesar di dunia. Papua merupakan pulau terbesar ke-2 di dunia dengan luas wilayah 786 kilometer persegi, disusul  Kalimantan dengan luas wilayah 743 kilometer persegi pada urutan ke-4,  dan  Sumatera memiliki luas wilayah 443 kilometer persegi yang berada di posisi ke-6.

4. Memiliki Seorang Perancang Menara Tertinggi Pada Urutan Ke-6

Setiap negara selalu ingin melakukan sesuatu yang luar biasa untuk menunjukkan eksistensinya agar dapat menarik perhatian dunia. Inilah yang sedang dilakukan Malaysia. Pada tahun 1991, mereka berusaha membangun menara yang bisa menjadi penanda dari negara tersebut.

Pada tahun 1995, menara ini sekarang dikenal sebagai Menara Kuala Lumpur. Menara ini merupakan menara tertinggi ke-6 di dunia dengan tinggi mencapai 421 meter.

Menara yang megah ini memiliki sejarah tersendiri, khususnya bagi masyarakat Indonesia. Hal yang perlu kalian tahu adalah perancang menara ini adalah seseorang dari negara Indonesia, yaitu Ir. Achmad Moerdijat, lulusan ITB yang sudah 14 tahun bekerja di Malaysia. Meski sudah bekerja selama itu di Malaysia, dia tetap tidak mau melepaskan kewarganegaraan Indonesia dan tidak akan pernah mengubahnya.

5. Peraih Thomas Cup Terbanyak

Piala Thomas atau Thomas Cup adalah sebuah penghargaan dari kejuaraan bulu tangkis internasional terbesar yang diadakan setiap dua tahun sekali. Dalam pertandingan ini, setiap negara mewakili satu tim putra yang terdiri dari tiga tunggal putra dan dua ganda putra.

Indonesia menjadi negara dengan piala Thomas terbanyak sejak diselenggarakan pada tahun 1949, kemudan disusul oleh China dan Malaysia. Tim Piala Thomas Indonesia  membawa kembali total 13 piala untuk pertama kalinya pada tahun 1958 dan terakhir pada tahun 2002.

6. Negara Yang Keluar dan Masuk di PBB

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) adalah organisasi global yang bertujuan untuk mencegah konflik antara negara-negara di dunia dan untuk secara tegas menghadapi negara besar agar tidak melakukan aksi militernya terhadap negara kecil.

Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang menggantikan peran Liga Bangsa-Bangsa, memiliki tugas yang sulit untuk menyatukan negara-negara yang bertikai ketika pertama kali didirikan. Indonesia sebagai salah satu anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa menuntut agar Perserikatan Bangsa-Bangsa bersikap adil dan netral dalam menyelesaikan sengketa antarnegara.

Presiden Sukarno, yang  mewakili Indonesia saat itu merasa tidak diterima. Hal ini menunjukkan bahwa usulan Sukarno untuk memindahkan markas besar PBB ke daerah nonblok untuk mencegah campur tangan negara adidaya ditolak. Faktanya, markas PBB berada di Amerika Serikat dan sebenarnya terlibat dalam Perang Dingin.

Sukarno menyatakan penarikan Indonesia dari PBB pada Januari 1965, hal ini dilakukan karena merasa bahwa PBB tidak bisa lagi bertindak adil atas perselisihan antara Indonesia dan Malaysia.

Namun, Indonesia kembali  ke Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 19 September 1966 sebagai anggota Konferensi urutan ke-60, setelah Soekarno digulingkan dan kekuasaan jatuh ke tangan Presiden Suharto.

7. Gamelan Masuk Pada Kurikulum Sekolah di Negara Maju

Gamelan merupakan seni budaya yang ada di Indonesia. Budaya ini berkembang di beberapa bagian Nusantara, yaitu Jawa, Sunda, Bali, dan Lombok.

Instrumen ini awalnya terbuat dari logam dan telah berubah bentuk hingga sekarang. Percaya atau tidak, gamelan ini berkembang tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di beberapa negara maju lainnya seperti Singapura, Amerika Serikat, Jepang, bahkan sampai ke Selandia Baru.

Di Singapura, Gamelan dan Keroncong telah menjadi bagian dari kurikulum  mereka. Saat ini, gamelan  wajib untuk dipelajari hampir setiap di setiap sekolah dasar di Singapura. Bahkan, hampir seluruh wilayah di Singapura terdapat alat musik asal Indonesia ini.

beli sekarang

Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi turis domestik maupun mancanegara. Keanekaragaman alam dan pesona pariwisata yang dimiliki Indonesia dari Sabang sampai Merauke menjadi daya tarik wisatawan. Melalui buku ini, kalian akan diajak untuk menjelajahi Indonesia.

8. Terdapat Patung Jendral Soedirman di Kementerian Pertahanan Jepang

Sebagai warga negara Indonesia maka kalian harus bangga pada diri sendiri. Hal ini dikarenakan patung Jenderal Soedirman, pahlawan kebanggaan Indonesia, kini berdiri di depan Kementerian Pertahanan Tokyo, Jepang.

Patung Jenderal Sudirman setinggi 4 meter ini merupakan satu-satunya patung pahlawan asing yang dipamerkan di Jepang. Hal ini tentu merupakan suatu kehormatan dan keistimewaan  bagi Indonesia.

Patung ini diresmikan pada 14 Januari 2011, patung ini merupakan hadiah dari Kementerian Pertahanan RI kepada Kementerian Pertahanan Jepang. Setelah diselidiki, patung itu didirikan untuk menghormati Jenderal Soedirman, seorang tokoh penting dalam sejarah Indonesia dan Jepang.

Dalam sejarahnya, Jenderal Soedirman pernah bergabung dengan Pembela Tanah Air (PETA), sebuah organisasi yang dibentuk oleh Jepang.

9. Indonesia Pernah Memproduksi Seragam Militer NATO

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Hal ini telah diakui secara internasional. Namun sayangnya, sumber daya manusianya belum dimanfaatkan secara maksimal.

Perusahaan PT. Sritex tekstil Solo yang bergerak pada bidang tekstil mampu menjadi produsen pakaian militer terkemuka. Tidak hanya seragam militer nasional seperti Tentara Nasional Indonesia (TNI), tetapi juga seragam militer  dunia internasional seperti North Atlantic Treaty Organization (NATO).

Perusahaan ini memprioritaskan tiga faktor utama, yaitu tentang kualitas, pengiriman tepat waktu, dan harga yang kompetitif yang memungkinkannya untuk terus tumbuh dan tetap bisa menghasilkan produk yang baik.

10. Presiden RI Ke-3 Pemegang 46 Hak Paten Aeronautika di Dunia

Mungkin kalian semua sudah tahu siapa presiden ke-3 Republik Indonesia. Presiden ketiga Republik Indonesia adalah Bacharuddin Jusuf Habiebie atau biasa dikenal dengan B. J. Habiebie, tentunya ia merupakan ilmuwan terpercaya di industri penerbangan.

Ia telah berhasil terdaftar sebagai pemilik 46 hak paten di bidang Aeronautika atau penerbangan .Aeronautika adalah penelitian, desain, dan studi manufaktur mesin atau teknologi penerbangan untuk mengoperasikan pesawat terbang dan rudal.

Oleh karena itu, B. J Habiebie dapat mendaftar sebagai pemegang hak paten berkat kontribusi teori baru yang ditemukan di bidang Aeronautika.

11. Terletak di Jalur Ring of Fire

Indonesia terletak pada jalur Ring of Fire atau Cincin Api. Dengan kata lain, negara ini terletak pada pertemuan dua lempeng tektonik. Karena Indonesia berada dalam posisi ini maka seluruh wilayah aktif secara tektonik dan  memiliki setidaknya 150 gunung berapi yang masih aktif. Beberapa di antaranya telah meletus atau erupsi dalam waktu yang belum lama ini.

12. Letusan Gunung Api Terbesar Terjadi di Indonesia

Indonesia pernah menjadi tempat dari letusan gunung terbesar di dunia. Letusan gunung yang terjadi adalah Gunung Tambora yang meletus pada 10 April 1815 dan tercatat sebagai letusan terbesar dan paling dramatis di dunia.

Letusannya mencapai ketinggian lebih dari 44 km, debunya menyebar di radius lebih dari 1.300 km yang menyebabkan ribuan orang tewas tidak hanya oleh letusan itu sendiri, tetapi juga oleh kelaparan dan gas beracun.

Abu vulkanik dari letusan ini telah berada di atmosfer selama berbulan-bulan hingga menyebabkan perubahan iklim global. Pada saat itu telah tercatat dalam sejarah Eropa yaitu “Tahun Tanpa Musim Panas” atau “the year without summer”. Hal ini dikarenakan langit Eropa gelap dan matahari tidak terlihat.

13. Negara Penghasil Rempah-Rempah

Indonesia terkenal dengan negara kaya akan rempah-rempah, yang merupakan bahan baku yang tak ternilai harganya. Dengan berbagai rempah-rempah yang ada, Indonesia terkenal dengan masakan khasnya yang bervariasi dari satu daerah ke daerah lainnya. Keanekaragaman masakan Indonesia yang didukung oleh sumber daya alam yang melimpah menjadikan negeri ini kaya akan hidangan daging, ikan, dan sayuran.

14. Memiliki Bunga Terbesar di Dunia

Bunga terbesar yang tumbuh di Indonesia adalah bunga Rafflesia Arnoldi yang memiliki diameter sebesar 110 cm dan berat sekitar 10 kg. Hal yang uniki dari bunga  ini adalah tidak memiliki klorofil seperti tumbuhan lain, sehingga tidak dapat membuat makanan atau proses fotosintesisnya sendiri.

Bunga ini juga memiliki ciri khas, yaitu baunya yang sangat menyengat, seperti bau daging busuk. Bau unik ini menarik bangkai dan lalat serta membantu proses penyerbukan. Oleh karena itu, bunga Rafflesia sering disebut bunga bangkai karena baunya yang menyengat.

15. Memiliki Hewan Purba Yang Masih Tersisa

Hal yang paling  istimewa dari Indonesia adalah memiliki kekayaan alam yang tak terbatas, tidak hanya pada spesies tumbuhan, tetapi juga pada satwa liar yang sangat langka, yaitu komodo. Komodo merupakan hewan purba terakhir di Indonesia yang  hanya dikembangbiakkan di Pulau Komodo atau Nusa Tenggara Timur.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Grameds, demikianlah artikel mengenai fakta unik tentang negara Indonesia. Tentunya dengan adanya berbagai fakta unik ini kita dapat semakin mengenal negara kita sendiri dan juga bangga dengan kekayaan alam serta keragaman budaya yang ada di Indonesia.

Bagi kalian yang ingin memperbanyak pengetahuan mengenai hal-hal yang ada di Indonesia atau bahkan ingin belajar ilmu lainnya, kalian bisa membeli bukunya di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan berbagai buku dengan kualitas yang baik. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

beli sekarang



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq