in

10 Pulau Terbesar di Indonesia Beserta Luas dan Letaknya

10 Pulau Terbesar di Indonesia Beserta Luas dan Letaknya – Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Jumlah pulau di Indonesia diperkirakan mencapai 17.504 pulau dan tentu tidak semua pulaunya berpenghuni. Sebagai negara kepulauan terbesar, pulau-pulau di Indonesia dilewati oleh garis khatulistiwa dan jaraknya mencapai seperdelapan keliling bumi!

Dari ribuan pulau tersebut, kepulauan di Indonesia kemudian dikelompokan menjadi delapan yaitu Kepulauan Sunda Besar of Sumatra atau Sumatera, Jawa, Sejauh Selatan Borneo atau Kalimantan, Celebes atau Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara, Bali, Maluku dan Papua.

Selain pengelompokan pulau, Indonesia juga memiliki 10 terbesar yang kelima pulaunya masuk sebagai pulau terbesar di Indonesia. Berikut penjelasannya.

10 Pulau Terbesar di Indonesia

Dari 17.504 pulau yang tersebar di Indonesia, ada sepuluh pulau terbesar di Indonesia. Lima diantaranya termasuk dalam gugusan pulau terbesar di Indonesia, berikut penjelasan lebih lanjutnya.

1. Papua

Pulau terbesar di Indonesia adalah Papua atau biasa disebut pula sebagai New Guinea atau Nugini dengan luas wilayah 785.753 km persegi. Selain sebagai pulau terbesar di Indonesia, Papua merupakan pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. Papua berada di 5°20?S 141°36?E atau berada di sebelah utara Australia. Papua berbatasan dengan Samudra Pasifik di bagian utara, kepulauan Maluku dan Laut Banda di sebelah barat, serta sebelah timur dengan laut Solomon dan Samudra Hindia serta Laut Arafuru di sebelah selatan.

Papua, terbagi menjadi dua wilayah yaitu bagian baratnya adalah wilayah Indonesia. Sedangkan bagian timur Papua merupakan wilayah negara Papua Nugini. Apabila dilihat melalui peta, pulau Papua memiliki bentuk menyerupai burung cendrawasih. Di Papua pula, terletak gunung tertinggi di Indonesia yaitu Puncak Jaya Wijaya dengan ketinggian 4.884 m.

Total penduduk yang berada di Papua ditaksir mencapai 3,6 juta jiwa penduduk dan memiliki beberapa suku di dalamnya yaitu suku Arfak, suku Dani, suku Asmat serta suku asli Papua lainnya. Papua memiliki dua provinsi yaitu, Papua serta Papua Barat.

Papua memiliki tujuh wisata populer yang menyuguhkan keindahan alamnya, ketujuh wisata tersebut adalah Kepulauan Raja Ampat, Lembah Baliem, Taman Nasional Lorentz, Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Taman Nasional Wasur, Danau Sentani dan Danau Paniai.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Papua juga memiliki makanan khas yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berani mencoba, yaitu cacing laut, papeda hingga ulat sagu.

2. Kalimantan 

Kalimantan atau Borneo merupakan pulau terbesar ketiga di dunia dan pulau terbesar kedua di Indonesia. Letaknya berada di 1°00?N 114°00?E atau sebelah utara Pulau Jawa dan sebelah barat Pulau Sulawesi. Total luas wilayah pulau Kalimantan sendiri adalah 743.330 km persegi.

Pulau Kalimantan memiliki julukan yaitu Pulau Seribu Sungai, karena memiliki banyak sungai yang mengalir di kepulauan ini. Pulau ini dikelilingi oleh Laut Natuna Timur di bagian barat dan utara-barat, Laut Sulu di bagian utara-timur, Selat Makasar dan Laut Sulawesi di timur dan Selat serta Pulau Jawa.

Sebagai pulau yang memiliki julukan seribu sungai, Kalimantan memiliki sungai-sungai terpanjang yaitu Sungai Kapuas dengan panjang 1143 km, Sungai Barito dengan panjang 880 km, Sungai Mahakam dengan panjang 980 km. Perlu diketahui, bahwa wilayah pulau Kalimantan terbagi dari Malaysia serta Brunei Darussalam.

Populasi penduduk pulau Kalimantan sendiri ditaksir mencapai 22 juta jiwa, termasuk dengan penduduk yang berasal dari Malaysia serta Brunei. Suku Dayak, Banjar, Melayu dan Kadazan merupakan suku-suku yang menempati wilayah pulau Kalimantan.

Pulau Kalimantan memiliki puncak tertinggi yang berada di Gunung Kinabalu dengan ketinggian mencapai 4.095 m di atas permukaan laut. Pulau ini juga memiliki lima provinsi yaitu Kalimantan, Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat serta Kalimantan Tengah.

3. Sumatera

Sumatera atau Andalas memiliki total luas wilayah 473.481 km persegi dengan total penduduk mencapai sekitar 57.940.351 juta jiwa pada tahun 2018. Sumatera berada di 0°00?N 102°00?E atau terletak di bagian barat gugusan kepulauan nusantara. Tepatnya di sebelah utara Teluk Benggala, timur Selat Malaka, selatan Selat Sunda, dan barat Samudra Hindia.

Kota-kota yang ada di pulau Sumatera dihubungkan oleh empat ruas jalan lintas, yaitu lintas tengah, lintas barat, lintas timur serta lintas pantai timur yang daerahnya melintang dari barat laut hingga tenggara Sumatera.

Sebagai pulau terbesar ketiga, Sumatera merupakan pulau yang kaya akan hasil buminya. Hasil bumi utama pulau Sumatera adalah tembakau, minyak bumi, sawit, bauksit, timah. batu bara sert gas alam.

Jumlah penduduk yang mendiami pulau Sumatera diperkirakan mencapai 58 juta jiwa penduduk. Mayoritas penduduk pulau Sumatera sendiri berasal dari suku Minangkabau, Batak, Melayu, Aceh, Rejang, Lampung serta Gayo.

Pulau Sumatera merupakan pulau di Indonesia yang memiliki jumlah provinsi terbanyak, yaitu sebanyak 10 provinsi. Kesepuluh provinsi tersebut adalah Aceh, Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu serta Lampung.

4. Sulawesi 

Pulau Sulawesi atau disebut pula sebagai pulau Celebes adalah pulau terbesar keempat di Indonesia. Total luas wilayah Pulau Sulawesi diperkirakan mencapai sekitar 174.600 km persegi dengan total jumlah penduduk kira-kira mencapai 20 juta jiwa.

Pulau Sulawesi terletak di 02°S 121°E, atau tepatnya di timur Kalimantan, barat Kepulauan Maluku, selatan Mindanao dan Kepulauan Sulu serta Filipina. Sulawesi juga merupakan pulau terbesar kesebelas di dunia. Pulau Sulawesi memiliki puncak tertinggi yaitu pada gunung Rantemario dengan ketinggian mencapai 3.478 meter di atas permukaan laut.

Bagian tengah Pulau Sulawesi ini bergunung-gunung dengan permukaan daratan yang kasar. Sehingga setiap daerah di Sulawesi pada dasarnya berjauhan dari satu sama lain dan lebih mudah dijangkau melalui laut dibandingkan melalui jalan darat.

Apabila dilihat melalui peta, Pulau Sulawesi memiliki bentuk pulau yang menyerupai huruf ‘K’. Penduduk dari Pulau Sulawesi sendiri berasal dari berbagai suku, yaitu Suku Toraja, Minahasa, Bugis, Buton, Mandar serta Bajau.

Ada enam provinsi yang berada di Pulau Sulawesi, yaitu provinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara serta Gorontalo.

5. Jawa

Pulau Jawa memiliki jumlah total wilayah 126.700 km persegi dan menjadi pusat industri serta perekonomian di Indonesia. Pulau Jawa juga merupakan pulau terpadat di Indonesia bahkan di dunia.

Menempati peringkat kelima sebagai pulau terbesar di Indonesia, Jawa memiliki jumlah penduduk mencapai sekitar 160 juta jiwa dan lebih dari setengah populasi di Indonesia berada di Pulau Jawa. Kepadatan penduduk di Jawa bahkan mencapai 1317 jiwa per kilometernya. Penduduk di pulau Jawa merupakan orang yang berasal dari suku Jawa, Betawi, Sunda, Baduy, Madura, Tengger serta suku-suku lainnya.

Pulau Jawa terletak di 7°29?30?S 110°00?16?E, tepatnya berbatasan dengan laut Jawa di Utara, Selat Sunda di barat, Selat Bali di timur serta Samudera Hindia di selatan. Pulau Jawa memiliki puncak tertinggi yang berada di Gunung Semeru dengan ketinggian mencapai sekitar 3.676 m di atas permukaan laut.

Pulau Jawa memiliki enam provinsi yang secara resmi tercantum secara administratif, keenam provinsi tersebut adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Nama Jawa berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti pulau. Pulau ini juga memiliki aksara tradisional yang hurufnya menyerupai aksara Thailand dan disebut dengan Hanacaraka. Aksara tradisional Jawa ini juga berkerabat dengan aksara Bali dan digunakan untuk menulis bahasa Jawa beserta sejumlah bahasa daerah lainnya, seperti bahasa Sasak dan bahasa Sunda.

Buku Yang Akan Membuatmu Lebih Mengenal Indonesia

#a. Ensiklopedia Indonesia Provinsi BALI

#b. A Journey to Java

#c. DKI Jakarta – Seribu Nusa Ibu Kota di Laut Jawa

#d. Explore Indonesia – Ensiklopedi Wisata Sejarah, Budaya, Alam dan Kuliner Indonesia

 

#e. Pesona Indonesia

6. Timor 

Pulau Timor di Indonesia terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Timor wilayah bagian Indonesia serta Pulau Timor bagian Republik Demokratik Timor Leste. Luas wilayah Pulau Timor sendiri mencapai sekitar 30.777 km persegi dengan letak pulau berada di 9°14?S 124°56?E.

Pulau Timor berbatasan dengan wilayah Australia di bagian selatan dan tenggara, berbatasan dengan Pulau Sulawesi di barat laut dan Sumba di barat. Sebelah barat laut Timor terletak Kepulauan Flores serta Alor dan di sebelah timurnya terletak Kepulauan Barat Daya termasuk daerah Wetar.

Nama Timor berasal dari bahasa Melayu, dan disebut sebagai pulau Timor karena lokasinya yang berada di paling timur kepulauan Sunda Kecil di Indonesia. Pulau ini memiliki legenda, bahwa dulunya Pulau Timor merupakan seekor buaya raksasa yang kemudian menjadi batu. Legenda tersebut berasal dari gunung-gunung yang berada di Pulau Timor berbentuk menyerupai punggung buaya.

7. Halmahera

Pulau Halmahera merupakan pulau terbesar yang terletak di Kepulauan Maluku dan bagian dari provinsi Maluku Utara. Letaknya berada di 0°36?N 127°52?E dan terletak di rantai gunung berapi aktif, meliputi Kepulauan Raja Ampat.

Karena terletak di rantai gunung berapi aktif Pulau Halmahera pun dikelilingi oleh pulau-pulau vulkanik yang berada di bagian barat, termasuk diantaranya adala Tidore, Ternate, Moti, Makian, Mare dan Sangihe. Serta, berdekatan pula dengan pulau non vulkanik yang terdiri dari pulau Bacan, Talaud, Kasiruta dan Obi. Namun, Pulau Halmahera sendiri termasuk dalam pulau vulkanik, walaupun aktivitas gunung berapinya tidak seluruhnya aktif di setiap wilayah.

Pulau Halmahera memiliki total luas wilayah sekitar 17.780 km persegi dan merupakan pulau terbesar ke 50 di dunia. Halmahera disebut pula sebagai Gilolo yang berarti pulau yang dihuni oleh suku Gilolo. Suku Gilolo sendiri adalah kerajaan tertua yang berada di Pulau Halmahera dan nama tersebut dipakai untuk menyebut pulau Halmahera. Karena sebelumnya pulau tersebut dikuasai oleh Kerajaan Gilolo.

Menurut sejarah, populasi di Pulau Halmahera berhubungan erat dengan pulau Ternate serta Tidore yang luas wilayahnya jauh lebih kecil. Pulau Halmahera dibagi menjadi lima kabupaten, yaitu Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Tengah dan Kabupaten Halmahera Utara.

8. Seram

Pulau Seram memiliki total luas wilayah sebesar 18.625 km persegi dengan panjang pulau sekitar 340 km dan lebar pulau mencapai 60 km. Pulau Seram memiliki titik tertinggi yang berada di Gunung Binaiya dengan ketinggian gunung mencapai 3.019 m di atas permukaan laut.

Pulau Seram berada di utara Pulau Ambon yang berada di Provinsi Maluku. Ada tiga kabupaten di pulau ini yaitu kabupaten Maluku Tengah, dan dua kabupaten hasil dari pemekaran yaitu kabupaten Seram Timur serta kabupaten Seram Barat.

Penduduk asli dari Pulau Seram adalah suku Alifuru, namun terdapat pula beberapa suku primitif lainnya seperti suku Hoaulu yang berada di bagian utara Pulau Seram. Namun, kini banyak penduduk pendatang yang berasal dari China hingga Arab.

Mayoritas penduduk Pulau Seram beragama Islam lalu, beberapa lainnya beragama Kristen Protestan dan Katolik dan beberapa masih memiliki kepercayaan animisme. Sementara itu, suku Manusela dan Naulu di Pulau Seram menganut kepercayaan sinkretisme Hindu yang dinamakan dengan Naurus.

9. Sumbawa

Pulau Sumbawa memiliki total luas wilayah sekitar 15.414 km persegi dan berada di jantung kepulauan Sunda Kecil di Indonesia. Pulau Sumbawa memiliki ketinggian tertinggi yang ada di Gunung Tambora dengan ketinggian mencapai 2.850 mdpl.

Pulau Sumbawa berada di provinsi Nusa Tenggara Barat dan berbatasan dengan Selat Atla di bagian barat, timur dengan Selat Sape, sebelah selatan dengan Samudra Hindia serta sebelah utara dengan Laut Flores.

Pulau Sumbawa memiliki keunikan berupa Pulau Bungin yang berada di wilayah kecamatan alas, kabupaten Sumbawa. Pulau Bungin adalah pulau terpadat dengan kepadatan 15.000 jiwa penduduk per km perseginya. Walaupun jumlah penduduknya tidak sebanyak pulau Jawa, namun Pulau Bungin menjadi lebih padat, karena total luas wilayah tidak sampai 8 hektare dan ditempati oleh 3000 jiwa.

10. Flores

Pulau terbesar terakhir di Indonesia adalah Pulau Flores dengan total luas wilayah mencapai 13.450 km persegi. Pulau Flores berada di sebelah timur pulau Komodo dan sebelah barat Lembata.

Pulau Flores dinamai dari bahasa Portugis yang berarti Bunga dan merupakan pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Nama Flores berasal dari kata cabo de flores yang memiliki arti Tanjung bunga. Penamaan pulau ini diberikan oleh S.M Cabot dan dipakai secara resmi sejak tahun 1636. Beberapa sumber menyebutkan, bahwa nama asli dari Pulau Flores adalah Nusa Nipa yang berarti pulau ular.

Pulau flores berada di 8°40?29?S 121°23?04?E dan masuk dalam gugusan kepulauan Sunda kecil bersama dengan Pulau Bali serta Pulau Nusa Tenggara Barat. Menurut sensus penduduk pada tahun 2007, penduduk di Pulau Flores mencapai 1,6 juta jiwa penduduk.

Seri Negeri Cincin Api: Bijak hidup di Pulau Gunung Api NTT
Seri Negeri Cincin Api

Penduduk di Pulau Flores terdiri dari pencampuran etnis Melayu, Portugis serta Melanesia. Adanya etnis Portugis di Pulau Flores, karena Pulau Flores pernah menjadi koloni dari Portugis. Sehingga, interaksi serta kebudayaan dari Portugis pun ikut tercampur pada kebudayaan asli penduduk Flores.

Sementara itu, ada sembilan suku besar di Pulau Flores, yaitu Suku Lio, Riung, Nage-Keo, Ngada, Maggarai, Ende, Larantuka atau Lamaholot, Sikka serta Lembata. Penduduk Pulau Flores memiliki lima bahasa daerah, namun menggunakan bahasa Melayu sebagai resmi atau bahasa ibunya.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Itulah penjelasan mengenai sepuluh pulau terbesar di Indonesia beserta total luas wilayah serta letaknya. Kesepuluh pulau tersebut, memiliki budaya maupun ciri khas yang berbeda-beda. Sehingga setiap pulau pun menjadi unik.

Oleh karena itu, Grameds dapat mempelajari lebih lanjut mengenai sepuluh pulau terbesar di Indonesia dengan membaca buku. Tentu saja, Grameds bisa membaca dan membeli buku dengan topik kepulauan di Gramedia karena sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu menyediakan buku berkualitas dengan topik menarik. Beli dan baca bukunya sekarang juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Fiska Rahma

Saya Fiska Rahma Rianda dan saya suka dunia menulis dan membaca memang menjadi hobi yang ingin disalurkan melalui sastra. Saya juga senang mereview buku dan tentang rekomendasi.

Kontak media sosial Linkedin saya Fiska Rahma